laporan observasi sekolah.doc

Download Laporan Observasi Sekolah.doc

Post on 26-Dec-2015

388 views

Category:

Documents

120 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

laporan hasil observasi di sekolah mengenai permasalahan di sekolah pengantar ilmu pendidikan

TRANSCRIPT

LAPORAN OBSERVASI SEKOLAH

SMA AL- USWAH SEMARANG

Disusun untuk memenuhi Tugas Akhir Pendidikan Lingkungan Hidup

OLEH

DEFRIANTO ALFIKA PUTRA

4411409015

JURUSAN BIOLOGI

FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

2013

KATA PENGANTAR

Puji syukur Alhamdullilah yang sebesar-besarnya kehadirat Allah SWT dan junjungan kita Nabi Muhammad SAW, yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga akhirnya penulis dapat menyelesaikan penyusunan serta penulisan laporan kegiatan observasi di yayasan pondok AL-Uswah

Laporan kegiatan observasi sekolah ini tidak akan pernah terwujud tanpa bantuan dan bimbingan dan bantuan dari berbagai pihak.Semoga Yang Mahakuasa memberikan yang terbaik dan Ridho-Nya kepada kita semua di kehidupan sekarang dan yang akan datang.

Penulis sadar bahwa kesempurnaan hanya milik Allah SWT dan penulis juga menyadari masih banyak kekurangan dari penulisan laporan ini, tetapi ini merupakan perwujudan usaha untuk menjadi yang lebih baik. Oleh karena itu penulis mengharapkan kritik, saran maupun bimbingan demi penyempurnaan pembuatan laporan-laporan lainnya dimasa yang akan datang.

Dan akhirnya penulis berharap, semoga laporan praktek kerja lapangan ini dapat bermanfaat bagi semua pihak.

Semarang, 29 Oktober 2011

Defrianto Alfika Putra

4411409015

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL.............................................................................................. i

HALAMAN PENGESAHAN................................................................................ ii

ABSTRAK............................................................................................................. iii

KATA PENGANTAR........................................................................................... iv

DAFTAR ISI......................................................................................................... .v

DAFTAR LAMPIRAN..........................................................................................vii

BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang................................................................................ 1

B. Tujuan dan Manfaat ....................................................................... 3

C. Tempat dan Pelaksanaan................................................................. 4

D. Metode Pengumpulan Data............................................................. 4

E. Sistematika Penulisan.......................................................................5

BAB II TINJAUAN PUSTAKA

A. Gambaran Umum Balai Besar Teknologi Pencegahan Pencemaran Industri.............................................................................................7

B. TDS................................................................................................ ..7

C.PLANKTON....................................................................................9

BAB III METODOLOGI

A. Alat dan Bahan...............................................................................11

B. Cara Kerja.......................................................................................12

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN

A. Hasil................................................................................................13

B. Pembahasan....................................................................................13

BAB V PENUTUP................................................................................................17

DAFTAR PUSTAKA............................................................................................18

A. Pendahuluan

Pendidikan lingkungan hidup (PLH) merupakan upaya mengubah perilaku dan sikap yang dilakukan oleh berbagai pihak atau elemen masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan kesadaranmayarakat tentang nilai-nilai lingkungan dan isu permasalahan lingkungan yang pada akhirnya dapat menggerakkan masyarakat untuk berperan aktif dalam upaya pelestarian dan keselamatan lingkungan untuk kepentingan generasi sekarang dan yang akan datang. Pendidikan lingkungan hidup mempelajari permasalahan lingkungan khususnya masalah dan pengelolaan pencemaran, kerusakan lingkungan serta sumber daya dan konservasinya.

Di Indonesia telah ada kerjasama antara Menteri LH dengan Mendiknas, serta Menteri Agama tentang kebijaksanaan PLH. Kemudian menyusul Surat Edaran Direktur Jendral Manajemen Dasar dan Menengah No.5555/C/C5/TU/2005 tentang pelaksanaan pendidikan lingkungan hidup pada jenjang pendidikan dasar dan menengah. Dengan surat ini diharapkan jajaran pendidikan di tingkat provinsi, kota dan kabupaten dapat segera menindaklanjuti dengan menyusun program, strategi dan materi PLH untuk diaplikasikan sejak SD. Berbagai permasalahan memang banyak dihadapi, mulai dari padatnya kurikulum, pelatihan yang belum merata, SDM belum siap untuk menyediakan materi/ bahan ajar dan alat.

Pendidikan dan pembinaan rasa tanggung jawab ini merupakan tugas penting dari berbagai pihak, terutama dibidang pendidikan. Melalui pendidikan di sekolah siswa-siswi diperkenalkan dengan lingkungan hidupnya, memperoleh pengetahuan dasar dan permasalahan tentang lingkungan (Seumahu 1981). Pendapat ini terus dan banyak didukung (Megantara, dkk. 2001; Proyek KLH Diknas 2004; Sutrisno 2005). Pemerintah Kabupaten Cilacap setiap tahunnya menjelang awal masuk sekolah, melakukan pembinaan terhadap siswa-siswi SMP dan SMA tentang lingkungan yang dikoordinir oleh Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup. Hal ini telah disadari karena pembelajaran lingkungan hidup merupakan upaya untuk mengubah perilaku dan sikap yang dilakukan oleh berbagai pihak atau eleman masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan kesadaran tentang konsep lingkungan dan isu permasalahan lingkungan sehingga dapat berperan aktif dalam upaya keselamatan dan pelestarian untuk kepentingan generasi sekarang danyang akan datang (Sunarno 2006). Dengan melihat masih banyaknya sampah (domestik, industri, transportasi) di sungai, pantai; penebangan liar pohon tanpa penanaman kembali, pengambilan secara berlebihan sumber daya tak terbarukan, mengingatkan kepada kita bahwa pendidikan lingkungan hidup (PLH) masih sangat diperlukan. Bahkan harus secara terus menerus disampaikan kepada semua lapisan, sampai kesadaran akan pentingnya kualitas yang baik dari lingkungan telah dimiliki oleh sebagian besar bangsa ini. Untuk warga kota Semarang teruskan kegiatan resik-resik kutho sebagai budaya warga Semarang. Untuk Dinas Pendidikan Kota semarang teruskan KPDL-nya dan kembangkan tidak saja di SD tetapi, SMP sederajat serta SMA sederajat.

Berdasarkan pernyataan diatas, maka dilakukan observasi di SMA AL- USWAH untuk mengetahui lingkungan dan fasilitas apa saja yang ada didalamnya.

B. Pembahasan

1. Yayasan Pondok Pesantren Al- Uswah

Yayasan pondok pesantren Al Uswah didirikan oleh KH. M. Muchlisin (Alm). Dan sekarang diasuh oleh KH. M. Thoyyib Farchany Al-Hafidz, yang merupakan putera tertua almarhum. Pesantren Al-Uswah berlokasi di desa Pakintelan kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Yakni di sebuah pegunungan sejuk perbatasan Kota Semarang.

Yayasan Pondok pesantren ini terdiri dari:

SMP

Pesantren

SMA

SMA Al-Uswah baru ditinggalkan oleh kepala sekolahnya (Al-Maghfurlah H. Drs. Hasbullah) yang sangat disiplin memimpin sekolah, pemimpin yang sangat dihormati dan disegani oleh siswa maupun guru, namun pengganti beliau juga tak kalah hebat. Meskipun Kepala sekolah Al-Uswah semarang seorang wanita, namun beliau selalu tegas dalam menegakkan kedisiplinan.

TPQ

Salah satu wadah bagi anak-anak usia SD dan TK untuk belajar baca tulis Al-Quran di bawah asuhan para ustadz yang ahli dalam mendidik siswa-siswinya. TPQ Al-Uswah, berkat kepemimpinan Ibu Nyai Hj. Muslimah dijadikan sebagai salah satu TPQ yang berhasil mendidik anak-anak dalam membaca Al-Quran dengan baik. Dan yang lebih penting lagi,gratisalias tanpa dipungut biaya bulanan. cukup membayar pendaftaran Rp.20.000,-.

Majelis Talim

Majlis Talim merupakan salah satu pendidikan untuk umum yang dilaksanakan setiap hari Ahad pagi pukul 10.00. sebelum acara dimulai, selalu didahului dengan mujahadah Yasin Tahlil. Doa untuk para leluhur yang telah kembali kepada Allah. Setelah itu dilanjutkan dengan kajian tafsir Al-Quran. Majlis ini diampu langsung oleh KH. M. Thoyyib Farchany (Pengasuh Pondok Pesantren Al-Uswah). Meskipun majlis ini diutamakan bagi kalangan lanjut usia, namun tidak tertutup untuk semua kalangan. Seluruh santri Al-Uswah diwajibkan untuk mengikutinya.

2. Visi dan Misi

a. V I S I

KOKOH DALAM IMAN DAN TAKWA ( IMTAK )

MAJU DALAM ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI ( IPTEK )

b. M I S I

Menerapkan dan mengamalkan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari dalam rangka membentuk mental spiritual dan kepribadian muslim yang kokoh berdasarkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Melaksanakan kegiatan pembelajaran yang mengintegrasikan nilai-nilai iman dan takwa (imtak) dengan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek).

Melaksanakan upaya-upaya untuk meningkatkan Standar Ketuntasan Belajar Minimal (KKM), peningkatan implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS), dan melaksanakan pengembangan sekolah menuju terlaksananya Standar Peningkatan Mutu (SPM).

Melaksanakan monitoring dan evaluasi terhadap kinerja guru dan tenaga kependidikan serta pengembangan profesionalisme guru dan tenaga kependidikan.

Melaksanakan pengembangan lingkungan sekolah menuju terciptanya lingkungan b