laporan hibah wikimedia indonesia utk sekretariat negara 2015

28
LAPORAN HIBAH PERKUMPULAN WIKIMEDIA INDONESIA 2 0 1 5

Upload: wikimedia-indonesia

Post on 14-Apr-2017

253 views

Category:

Education


0 download

TRANSCRIPT

Page 1: Laporan Hibah Wikimedia Indonesia utk Sekretariat Negara 2015

LAPORAN HIBAH PERKUMPULAN

WIKIMEDIA INDONESIA

2 0 1 5

 

Page 2: Laporan Hibah Wikimedia Indonesia utk Sekretariat Negara 2015

  2

Judul buku “Laporan Wikimedia Indonesia 2015” disusun sebagai laporan tambahan pemutakhiran Hibah Ford Foundation periode 2013-2015. Didukung oleh Kementrian Koordinasi Kesejahteraan Rakyat PNPM Pusaka. Hak Cipta © 2015 CC-BY-SA 4.0 Siska Doviana. Gambar sampul ilustrasi Bebaskan Pengetahuan oleh William Arya. Anda diperbolehkan untuk berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial. Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini. Lisensi dibawah Creative Commons CC-BY-SA 4.0 Seluruh materi yang terdapat dalam publikasi ini berada di bawah lisensi Creative Commons Attribution Share-Alike (CC-BY-SA) 4.0. Anda dapat menyalin, memodifikasi, dan membagikannya dengan syarat selalu mencantumkan sumber dan menyatakan perubahan yang anda lakukan (bila ada). Publikasi ulang untuk materi yang terkadung didalamnya harus dilakukan di bawah lisensi serupa. Keterangan lebih lanjut mengenai lisensi CC-BY-SA: http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/legalcode

Page 3: Laporan Hibah Wikimedia Indonesia utk Sekretariat Negara 2015

  3

Pengantar

Laporan ini dibuat untuk Kementrian Sekretariat Negara, Kementrian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, dan Kementrian Dalam Negeri sebagai pemenuhan syarat hibah yang diturunkan dari Ford Foundation. Berdasarkan surat tertanggal 29 Januari 2014 bernomor B-1218/ Kemsetneg/ Setmen/ KTLN/ KL.05/ 01/2014 mengenai Bantuan the Ford Foundation kepada Wikimedia Indonesia dengan program "to provide small grants that support innovation in the field of media and technology in Indonesia”. Program ini menyediakan hibah untuk individu, kelompok, dan organisasi di bidang media dan teknologi. Program ini didukung oleh Kementrian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat dengan surat tertanggal 13 November 2013 nomor B 2196/KMK/D.VII/XI/2013 sebagai salah satu prioritas kegiatan Kemenko Kesra yaitu PNPM pusaka yang secara umum bertujuan untuk menjaga dan melestarikan budaya Indonesia. Laporan mengenai hibah telah dikirimkan pada tanggal 6 Januari 2015 kepada Kementrian Koordinasi Kesejahteraan Rakyat dan Kementrian Sekretariat Negara. Laporan ini berisi tambahan terbaru (pemutakhiran) per 20 September 2015.

Page 4: Laporan Hibah Wikimedia Indonesia utk Sekretariat Negara 2015

  4

Page 5: Laporan Hibah Wikimedia Indonesia utk Sekretariat Negara 2015

  5

 

   

 

 

 

Page 6: Laporan Hibah Wikimedia Indonesia utk Sekretariat Negara 2015

  6

Daftar isi

6 Daftar isi 7 Wikimedia Indonesia 8 Struktur Organisasi 9 Latar Belakang 9 Sejarah Proyek Wikimedia Indonesia 2010-2013 11 Proposal Kegiatan Wikimedia Indonesia 2013-2014 12 Proyek 12 Kompetisi Menulis Bebaskan Pengetahuan 2014 13 Pelestarian Bahasa Daerah 13 Wikipedia Raksa Bahasa Sunda 14 "Kampuang nan Dakek di Jari: Standardisasi Penulisan

Bahasa Minangkabau dalam Jaringan Internet" 16 Wiki Mrebawani: Wikipédia Mangreksa Basa Jawa lan

Mumpuni 17 Digitalisasi 17 Perpustakaan Digital Wikimedia Indonesia: Bebaskan

Pengetahuan 18 Digitalisasi Karya Jawa Cetak Koleksi Museum

Tamansiswa Dewantara Kirti Griya, Yogyakarta 20 Pemetaan Digital Kalimantan 21 Cipta Media Seluler 24 Penerima Hibah Cipta Media Seluler 28 Penutup 28 Publikasi 28 Ucapan Terima Kasih

Page 7: Laporan Hibah Wikimedia Indonesia utk Sekretariat Negara 2015

  7

Wikimedia Indonesia

Wikimedia Indonesia adalah perkumpulan yang mendorong pertumbuhan, pengembangan, dan penyebaran pengetahuan dalam bahasa Indonesia serta bahasa lain yang dipertuturkan di Indonesia secara bebas dan gratis.

Beberapa dari sejumlah pengguna terdaftar Wikipedia bahasa Indonesia sangat militan dan mereka tanpa disuruh "berlomba" menulis artikel, berbagi pengetahuan. Sumbangan orang-orang itu bahkan mengalahkan profesor-profesor di sejumlah universitas di negeri ini yang mungkin belum pernah menulis secuil pun artikel untuk ensiklopedia.

– Koran Tempo,14 Maret 2009 ”

Mereka membuktikan Indonesia memiliki semangat kerja sukarela untuk menghasilkan karya besar yang ikut dicatat dunia. Lebih dari sekadar web log, atau Multiply, ataupun Friendster, bahkan lebih dari sekedar kerja birokrasi pemerintah, inilah candu dunia maya yang harus mendapat dukungan: Wikipedia. – Kompas, 26 Desember 2006

Wikimedia Indonesia didirikan pada 5 September 2008 sebagai perkumpulan yang mendorong pertumbuhan, pengembangan, dan penyebaran pengetahuan dalam bahasa Indonesia dan bahasa lain yang dipertuturkan di Indonesia secara bebas dan gratis! Pendirinya merupakan sukarelawan aktif Wikipedia bahasa Indonesia yang vokal mengadvokasikan perlunya pengetahuan bebas untuk publik melalui media dan berbagai seminar.

Sebagai organisasi berbadan hukum, Wikimedia Indonesia menjadi identitas para sukarelawan untuk bertemu, mengumpulkan dana, dan membangun proyek sehingga memungkinkan misi membebaskan pengetahuan dilakukan secara teroganisir, terencana dengan target yang jelas. Saat didirikan Wikimedia Indonesia menjadi bagian dari jaringan Wikimedia Foundation dan ke-30 mitra lokalnya di seluruh dunia. Misi membebaskan pengetahuan adalah usaha global yang memberikan alternatif cara untuk menjembatani kesenjangan pengetahuan karena ketiadaan akses ataupun ketersediaan informasi itu sendiri.

 

Page 8: Laporan Hibah Wikimedia Indonesia utk Sekretariat Negara 2015

Struktur Organisasi Wikimedia Indonesia terdiri atas Dewan Pengawas, Dewan Pengurus, dan Pelaksana Kegiatan (Proyek). Struktur organisasi ini dibuat berdasarkan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga yang telah disahkan oleh Kementrian Hukum dan HAM pada bulan September 2011 & dikukuhkan oleh Berita Negara No.

Dewan Pengawas Adalah perwakilan anggota dan bertugas mengawasi kinerja Dewan Pengurus dalam hal operasional harian dan manajemen penggunaan dana untuk mencapai tujuan perkumpulan yang tercantum dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga. Keputusan Dewan Pengawas adalah suara kolektif dari seluruh anggotanya dan bukan suara individu, serta didiskusikan dalam Rapat Dewan Pengawas yang dapat menghasilkan Memorandum dan/ atau Resolusi bila diperlukan.

Dewan Pengurus Adalah anggota perkumpulan terpilih yang bertanggung jawab dalam melaksanakan aktivitas perkumpulan dan melakukan pertimbangan penggunaan dana organisasi untuk mencapai tujuan perkumpulan.

Pelaksana Kegiatan Adalah individu yang diangkat oleh Rapat Dewan Pengurus untuk melaksanakan kegiatan tertentu sesuai dengan jangka waktu kegiatan yang telah ditetapkan. Pelaksana Kegiatan bertanggung jawab kepada Dewan Pengurus.

 

Page 9: Laporan Hibah Wikimedia Indonesia utk Sekretariat Negara 2015

  9

Proyek

Upaya-upaya Wikimedia Indonesia yang dilakukan oleh Pelaksana Kegiatan dan Anggota Dewan Pengurus dibalut dalam istilah proyek. Proyek-proyek ini bisa murni upaya sukarelawan, separuh sukarelawan dan separuh berbiaya, ataupun murni profesional (berbayar).

Latar  belakang  Sejarah Proyek Wikimedia Indonesia (2010-2013) Perkumpulan Wikimedia Indonesia memulai upaya mereka dengan jangkauan keluar kecil-kecilan tanpa dana dengan menghadiri undangan oleh universitas-universitas di Jakarta sebagai pembicara ataupun undangan dari pemerintah via Kementrian Komunikasi dan Informatika. Pada tahun 2010 Wikimedia Indonesia meluncurkan proyek pertama yang dikelola secara profesional (bukan berbasiskan sukarelawan), yaitu kompetisi menulis, “Bebaskan Pengetahuan 2010”. Upaya ini dilakukan dengan menjangkau 10 Universitas yang tersebar di wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Depok sebagai mitra. Sementara untuk pendanaannya perkumpulan menggunakan pendekatan kemitraan kreatif publik-swasta melalui hibah dan sponsor untuk mendapatkan dana menggaji panitia, membiayai hadiah, transport, dan membayar dosen sebagai juri. Kompetisi menulis ini berhasil memperoleh Rp. 150 juta atau setara dengan USD 15.000 untuk menggelar proyek dengan durasi tujuh bulan dimana dana didapat dari tiga organisasi; Wikimedia Foundation, Ford Foundation Indonesia dan Pertamina. Sebagai hasilnya peserta berhasil menciptakan lebih dari 1.500 artikel berkualitas tinggi dalam kompetisi 72 hari, sehingga jumlah pembaca meningkat dalam bahasa Indonesia Wikipedia dari 1,5 juta pembaca per bulan menjadi 1,7 juta per bulan setelah kompetisi berlangsung. Pada bulan November 2010, Wikimedia Foundation memberi gelar Wikimedia Indonesia sebagai model penerima teladan dari lima belas asosiasi lokal penerima hibah di seluruh dunia. Sepanjang tahun 2011 dan 2012 Wikimedia Indonesia menyelenggarakan kompetisi di Wikipedia bahasa Jawa bertemakan “Papat Limpad” (empat yang terhebat). Panitia lokal dari Semarang dilatih dan dibayar selama satu tahun, untuk melakukan jangkauan ke universitas universitas di Jawa yang memiliki jurusan bahasa Jawa. Konten berbahasa Jawa di Wikipedia bahasa Jawa terus dipompa melalui Sementara upaya dengan Ford Foundation di fokuskan kepada transparansi dana untuk perbaikan media di Indonesia demi kesetaraan sosial.

Page 10: Laporan Hibah Wikimedia Indonesia utk Sekretariat Negara 2015

  10

Proyek

Upaya-upaya Wikimedia Indonesia yang dilakukan oleh Pelaksana Kegiatan dan Anggota Dewan Pengurus dibalut dalam istilah proyek. Proyek-proyek ini bisa murni upaya sukarelawan, separuh sukarelawan dan separuh berbiaya, ataupun murni profesional (berbayar).

Sejarah Proyek Wikimedia Indonesia (2010-2013) Di tahun 2011 Wikimedia Indonesia bersama tiga organisasi meluncurkan Cipta Media Bersama: hibah perbaikan media di Indonesia oleh inisiatif publik sebesar satu juta dolar A.S. Sebagai proyek pendanaan terbuka pelaporan penggunaan dana penerima hibah menggunakan sistem media wiki yang transparan dan dapat diakses dalam jaringan (online). Di tahun yang sama Wikimedia Indonesia juga menjadi payung organisasi upaya penerjemahan dan pengadaptasian lisensi karya cipta bersama (Creative Commons) pada hukum hak cipta di Indonesia. Creative Commons adalah lisensi hak cipta berbagi yang diperuntukkan untuk karya cipta digital daring (online) sebagai upaya menjembatani hak cipta penuh yang kaku dalam penerapannya. Dengan adanya internet, berbagi pengetahuan bisa dilakukan dengan lebih cepat apabila ada lisensi yang membebaskan pencipta untuk melakukan hal tersebut. Diadaptasinya lisensi ini di Indonesia menjadi pengakuan bahwa Indonesia kini dapat menjadi bagian dalam gerakan proaktif di dunia, menciptakan karya karya yang bebas untuk dibagikan dan disebarluaskan. Lisensi memungkinkan musik, karya sastra, buku pelajaran, film pendek dan layar lebar, artikel blog, foto, dan segala karya lain yang diperuntukkan sebagai digital dibuat untuk dibagikan dengan bebas menggunakan medium daring (online). Peluncuran Creative Commons Indonesia dilakukan pada 10 November 2012 di Jakarta bertepatan dengan diadakannya Konferensi Asia Pasifik Creative Commons. Acara ini juga dibuka oleh Direktur Hak Cipta, Desain Tata Letak Sirkuit Terpadu dan Rahasia Dagang, Yuslisar Ningsih dan Kat Walsh, Penasihat Hukum Creative Commons dan Ketua Dewan Pengawas Wikimedia Foundation di depan 150 peserta nasional dan Asia Pasifik yang datang dengan beasiswa perjalanan.

Page 11: Laporan Hibah Wikimedia Indonesia utk Sekretariat Negara 2015

  11

Proyek

Upaya-upaya Wikimedia Indonesia yang dilakukan oleh Pelaksana Kegiatan dan Anggota Dewan Pengurus dibalut dalam istilah proyek. Proyek-proyek ini bisa murni upaya sukarelawan, separuh sukarelawan dan separuh berbiaya, ataupun murni profesional (berbayar).

Proposal Kegiatan Wikimedia Indonesia (2013-2014) Menilai kebutuhan dan permintaan dari masyarakat umum, Wikimedia Indonesia ingin mendorong inovasi pembelajaran sumber bebas dan upaya lokal yang menjamin ketersediaan informasi secara lokal oleh orang lokal. Kami percaya membangun kapasitas dengan melakukan pemberdayaan dan inisiasi upaya upaya lokal, seperti mendigitalisasi sumber berbahasa Indonesia dan bahasa-bahasa daerah, merupakan kunci untuk mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan untuk merancang, memelihara, dan mengelola infrastruktur dan layanan informasi, komunikasi, dan teknologi. Dengan memberdayakan komunitas-komunitas pendukung Wikipedia bahasa lokal, Wikimedia Indonesia secara langsung mendukung bakat lokal dan menciptakan akses informasi di daerah pedesaan atau perkotaan terpinggirkan . Inovasi, pendekatan terbuka, tanpa pandang bulu dan berkelanjutan untuk belajar dan melokalkan konten merupakan elemen kunci untuk menjamin akses pada pengetahuan berkualitas yang dibutuhkan, dapat diandalkan, dan aplikatif pada kehidupan bermasyarakat. Kami yakin ada kebutuhan mendesak untuk mendigitalisasi konten lokal agar tersedia di web, dan menciptakan lingkungan partisipasi masyarakat dengan menyediakan sampel (contoh) digitalisasi dan akses terbuka untuk partisipasi publik menggunakan sumber daya gratis, baik menggunakan sumber domain publik, atau lisensi terbuka karya cipta bersama (Creative Commons). Berdasarkan upaya upaya yang telah dilakukan sebelumnya, Wikimedia Indonesia mengidentifikasi tantangan-tantangan untuk membebaskan pengetahuan dan kesetaraan informasi agar terjadi perubahan sosial yang berkeadilan menjadi kegiatan 2013-2014. Tantangan-tantangan yang diidentifikasi ini disimpulkan menjadi dua kegiatan utama yang menjadi bagian dari proposal hibah ini, yaitu: (1) Pelestarian budaya Indonesia melalui digitalisasi konten. (2) Memajukan pelayanan publik media terbuka dengan mendanai inisiatif media dan program hibah skala kecil terbuka untuk umum “Cipta Media Seluler”. Perubahan sosial menggunakan medium telepon genggam.

Page 12: Laporan Hibah Wikimedia Indonesia utk Sekretariat Negara 2015

  12

 Penyerahan  hadiah  pada  Hari  Kebangkitan  Nasional  

Proyek

Upaya-upaya Wikimedia Indonesia yang dilakukan oleh Pelaksana Kegiatan dan Anggota Dewan Pengurus dibalut dalam istilah proyek. Proyek-proyek ini bisa murni upaya sukarelawan, separuh sukarelawan dan separuh berbiaya, ataupun murni profesional (berbayar).

Dalam rentang tahun 2013-2015 Wikimedia Indonesia telah melakukan sebanyak 15 proyek dalam skala internasional, nasional, dan lokal; berpartisipasi dalam 17 macam kegiatan yang diselenggarakan organisasi mitra; serta melakukan aktivitas-aktivitas organisasi rutin seperti penerimaan anggota baru, penyelenggaraan Rapat Umum Anggota, melakukan pemilihan Ketua Umum, dan pemilihan Dewan Pengawas. Garis besar proyek-proyek yang dilakukan oleh Wikimedia Indonesia adalah pada bidang Media, Teknologi, dan Pusaka Indonesia Kompetisi menulis Bebaskan Pengetahuan 2014

Kompetisi Menulis di Wikipedia digagas oleh Wikimedia Indonesia dan dirancang sebagai acara terintegrasi berupa pelatihan, uji ketahanan, upaya pengkayaan artikel berkualitas dalam bahasa-bahasa yang dipertuturkan di Indonesia dalam ranah internet. Perayaan atas semangat sukarelawan membebaskan pengetahuan dilakukan dengan menambah jumlah artikel berkualitas melalui kompetisi antar universitas dengan melatih peserta yang belum mengenal wiki menjadi penulis dalam jaringan internet yang handal dengan memberikan insentif hadiah sebagai motivasi. Dengan dukungan dari Kemenkokesra dan berada dibawah naungan program PNPM Pusaka, para peserta kompetisi diminta untuk menuliskan mengenai budaya Indonesia. Tulisan terbaik adalah artikel “Sendratari Ramayana Prambanan” yang dibuat pada bulan Mei 2014, pada bulan Desember 2014 telah dibaca lebih dari 9.200 orang. Hal ini membuktikan bahwa informasi budaya Indonesia dicari dan dibaca di internet. “Bebaskan Pengetahuan 2014” telah berhasil memperoleh lebih dari 3.506 artikel ensiklopedia dalam waktu 72 hari dan melipat gandakan jumlah kontributor sangat aktif dalam rentang waktu tersebut.

Page 13: Laporan Hibah Wikimedia Indonesia utk Sekretariat Negara 2015

  13

Proyek

Upaya-upaya Wikimedia Indonesia yang dilakukan oleh Pelaksana Kegiatan dan Anggota Dewan Pengurus dibalut dalam istilah proyek. Proyek-proyek ini bisa murni upaya sukarelawan, separuh sukarelawan dan separuh berbiaya, ataupun murni profesional (berbayar).

Sementara peserta mendapat pelajaran; (1) kolaborasi menggunakan perangkat wiki; (2) melatih intuisi dalam menulis artikel ensiklopedia dalam bahasa Indonesia; (3) mendapatkan pengakuan atas kegigihan mereka dalam berkontribusi melalui sertifikat dari Wikimedia Indonesia dan Wikimedia Foundation (U.S.). Pemenang dari kompetisi menulis ini didaulat untuk terbang ke London, Inggris untuk menghadiri konferensi internasional Wikimania 2014. Upaya ini diliput lebih dari 17 pemberitaan media daring, baik dari internal kampus hingga media arus utama.

Seluruh biaya pelaksanaan program ini memakan dana total hingga 250 juta rupiah yang sebagian besar didapatkan dari hibah Ford Foundation. Dr. Ir. Sujana Royat Deputi Menko Kesra Bidang Koordinasi

Penanggulangan Kemiskinan ikut menandatangani sertifikat bagi para peserta yang berhasil menyelesaikan kompetisi yang diharapkan berguna bagi perjalanan karirnya kelak.

Kompetisi ini dipersiapkan pada bulan Oktober 2013 dan diselesaikan pada bulan Juli 2014. Dengan selesainya kompetisi Wikipedia Bahasa Indonesia, pada bulan Oktober 2014 upaya Wikipedia Bahasa Sunda mulai dipersiapkan dengan serius di Jakarta. Pelestarian Bahasa Daerah Wiki Sabanda: Wikipedia Raksa Bahasa Sunda

Wikipedia Raksa Bahasa Sunda disingkat Wiki Sabanda adalah proyek pemeliharaan (pelestarian) bahasa Sunda menggunakan permainan daring bertingkat di Wikipedia.

Pada setiap tingkat permainan para penulis Wikipedia bahasa daerah diiming imingi hadiah agar terus berkontribusi dan berkolaborasi. Hadiah bervariasi mulai dari voucher pulsa seluler, novel Bahasa Sunda, kamus, hingga komputer jinjing sebagai hadiah utama.

 

 

Page 14: Laporan Hibah Wikimedia Indonesia utk Sekretariat Negara 2015

  14

Pelestarian Bahasa Daerah

Sejak mendapatkan dana hibah di tahun 2011 Wikimedia Indonesia telah berusaha melestarikan Bahasa Daerah melalui upaya revitalisasi komunitas bahasa daerah melalui Wikipedia bahasa Sunda dan Jawa.

Pelestarian Bahasa Daerah Wiki Sabanda: Wikipedia Raksa Bahasa Sunda Setelah diluncurkan pada bulan November 2014 upaya ini mulai menampakkan hasil pada Juli 2015 dengan bertambahnya pengguna aktif (26 pengguna) dan pengguna sangat aktif (6 pengguna) yang mulai berjejaring.

Upaya revitalisasi untuk Bahasa Sunda baik berupa pemeliharaan maupun pencarian sukarelawan telah dilakukan tiga kali oleh Wikimedia Indonesia. Dalam rentang waktu 2011-2014 melalui upaya Sundapedia pada 2011, digitalisasi dokumen “Kamus Inggris-Sunda” di Wikisumber (Wikisource) pada tahun 2012 dan Wiki Sabanda pada tahun 2014. "Kampuang nan Dakek di Jari: Standardisasi Penulisan Bahasa Minangkabau dalam Jaringan Internet"

Sarasehan Bahasa Minangkabau adalah sebuah proyek kerjasama Wikimedia Indonesia dan Pusat Pengembangan dan Pelindungan, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Acara ini

berbentuk diskusi dengan beberapa narasumber dengan peserta dari berbagai latar berlakang. Tema yang diangkat dalam acara ini adalah "Kampuang nan Dakek di Jari: Standardisasi Penulisan Bahasa Minang dalam Jaringan Internet". Acara ini mendiskusikan dialek Minangkabau yang akan digunakan sebagai standardisasi dalam penulisan daring di Wikipedia, dan dalam penulisan luring.

 

 

 

Page 15: Laporan Hibah Wikimedia Indonesia utk Sekretariat Negara 2015

  15

Pelestarian Bahasa Daerah

Sejak mendapatkan dana hibah di tahun 2011 Wikimedia Indonesia telah berusaha melestarikan Bahasa Daerah melalui upaya revitalisasi komunitas bahasa daerah melalui Wikipedia bahasa Sunda dan Jawa.

Wikimedia Indonesia dan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa sepaham bahwa bahasa daerah adalah perekat dari budaya daerah itu sendiri. Namun, bahasa daerah juga harus dapat dibawa ke masa depan dan mengikuti arus globalisasi dan teknologi. Apabila tidak bisa mengikuti, berarti bahasa tersebut akan punah. Kerjasama berbagai pihak yang peduli perlu digalakkan demi mengembangkan dan membina warisan budaya Indonesia, yang dalam hal ini adalah bahasa Minangkabau. Selama ini pengguna Wikipedia bahasa Minangkabau yang mengalami kesulitan dalam menentukan dialek baku untuk

digunakan saat menulis dan berkontribusi dalam Wikipedia. Untuk mengatasi hal tersebut, diadakanlah pertemuan berbentuk diskusi ini untuk bertanya-jawab dan menentukan satu dialek bahasa Minangkabau yang baku, untuk digunakan dalam penulisan daring dan luring. Acara yang dilaksanakan pada 29 Juli 2015 dihadiri oleh 27 peserta dan 7 pembicara. Dr. Sugiyono (Kepala Pusat Pelindungan dan Pengembangan Bahasa) dalam pembukaannya menyampaikan tema, “Menyelamatkan Aset Kebahasaan Indonesia” menuturkan bahwa daerah merupakan aset seseorang, dan perlu dilindungi dan diteruksan ke generasi selanjutnya agar identitasnya tidak hilang. Bahasa Melayu di Indonesia merupakan bahasa Indonesia, dan tidak sama dengan bahasa Melayu di Malaysia dan Brunei Darussalam. Kesimpulan acara adalah agar komunitas memilih didialek Agam-Tanah Datar dan Padang yang akan dikaji lagi. Selain standarisasi pembahasan berlanjut pada kemungkinan mengabadikan khaszanah budaya Minangkabau melalui wikipedia dan proyek mitra seperti kamus wiki, sumber wiki, dan gudang berkas wiki commons.

 

 

Page 16: Laporan Hibah Wikimedia Indonesia utk Sekretariat Negara 2015

  16

Pelestarian Bahasa Daerah Sejak mendapatkan dana hibah di tahun 2011 Wikimedia Indonesia telah berusaha melestarikan Bahasa Daerah melalui upaya revitalisasi komunitas bahasa daerah melalui Wikipedia bahasa Sunda dan Jawa.

Wiki Mrebawani: Wikipédia Mangreksa Basa Jawa lan Mumpuni

Proyek Wiki Mrebawani adalah kegiatan yang bertujuan memelihara dan melestarikan bahasa Jawa dalam bentuk teks (tulisan dan multimedia) melalui situs web Wikipedia Bahasa Jawa. Mangreksa dalam bahasa Jawa berarti 'memelihara' dan mumpuni berarti ‘unggul’. Mrebawani juga mempunyai arti lain yaitu

‘memberikan daya atau upaya’. Upaya ini dirancang dalam bentuk permainan daring berjenjang. Selain melestarikan bahasa Jawa, para peserta juga belajar berkomunitas, berjejaring, serta bekerjasama dimana penghargaan menanti pada setiap jenjangnya. Tim inti dibentuk pada bulan September 2015 dan proyek direncanakan berakhir pada 15 Januari 2017. Persiapan proyek cukup panjang dan rumit, dimulai dari pembentukan panitia, rapat standarisasi penulisan bahasa Jawa, dan pemilihan kamus bahasa Jawa sebagai rujukan. Kemudian panitia mulai menyiapkan halaman-halaman permainan yang akan menjadi halaman awal informasi bagi peserta mengenai aturan dan penghargaan dalam permainan ini.

Namun, walaupun rumit, panitia yang dihubungi bersemangat dalam ikut berkontribusi melestarikan Bahasa Jawa, mulai dari mendesain logo, menentukan jadwal, dan menyisihkan waktu pribadi untuk menghadiri pelatihan panitia yang diadakan di Yogyakarta.

 

 

Page 17: Laporan Hibah Wikimedia Indonesia utk Sekretariat Negara 2015

  17

Digitalisasi Upaya digitalisasi adalah upaya yang baru dirintis sejak 2012, melalui digitalisasi karya cetak Wikimedia Indonesia berharap bahwa akses pada pengetahuan dalam bahasa Indonesia dan bahasa daerah lainnya yang sulit diakses dapat diatasi sedikit demi sedikit.

Perpustakaan Digital Wikimedia Indonesia: Bebaskan Pengetahuan

Meneruskan upaya digitalisasi WMID yang dirintis pada tahun 2012. Pada awal 2013 Wikimedia Indonesia membeli mesin digitalisasi “Rakit Sendiri” (Do It Yourself) dari Latvia. Mesin kemudian dibawa oleh mitra WMID yaitu Ketua Wikimedia Estonia dari Latvia ke Hongkong, RRC kemudian dari

Hongkong dibawa ke Jakarta oleh Sekretaris Jendral Ivonne Kristiani pada bulan Agustus 2013. Walaupun perakitan berjalan cepat, namun pengoperasian mesin dengan perangkat lunak terbuka membutuhkan waktu yang cukup lama. Kontributor Wikipedia bahasa Aceh dan pemenang kaji-baca kamus bahasa Inggris-Sunda di tahun 2012, Rachmat Wahidi, di rekrut dan didatangkan ke Jakarta untuk mulai mengoperasikan mesin digitalisasi pada bulan Oktober 2014. Dibantu oleh ahli pemograman berkebangsaan Australia dan anggota Wikimedia Indonesia, John Vandenberberg, mesin mulai dioperasikan penuh di akhir Oktober 2014.

 

 

 

Page 18: Laporan Hibah Wikimedia Indonesia utk Sekretariat Negara 2015

  18

Digitalisasi Upaya digitalisasi adalah upaya yang baru dirintis sejak 2012, melalui digitalisasi karya cetak Wikimedia Indonesia berharap bahwa akses pada pengetahuan dalam bahasa Indonesia dan bahasa daerah lainnya yang sulit diakses dapat diatasi sedikit demi sedikit.

Karena pekerjaan untuk mengkaji baca dalam jaringan (online) tidak membutuhkan kemampuan untuk mendengar – dimana pelaku harus fokus terhadap apa yang dilihat pada layar komputer dan internet – Wikimedia Indonesia membuka lowongan untuk penyangga tuna runggu untuk melamar pekerjaan ini. Empat orang penyangga tuna runggu diwawancara dan dua orang direkrut untuk pekerjaan ini. Wikimedia memperkerjakan 2 orang tuna rungu sebagai asisten pemindaian dan membayar 8 orang penguji baca dan satu dari mereka difabel tuna rungu. Kini mesin memasuki tahap eksperimen berbagai kualitas pemindaian sebelum kemampuannya dipublikasikan dan mesin direplikasi di Indonesia. Sebanyak 152 buku sudah dipindai dan diunggah, dengan total 6.087 halaman telah dikaji baca. Digitalisasi Karya Jawa Cetak Koleksi Museum Tamansiswa Dewantara Kirti Griya, Yogyakarta

Pada bulan Mei 2015, Wikimedia Indonesia bekerja sama dengan Museum Tamansiswa Dewantara Kirti Griya, Yogyakarta, sepakat mendigitalisasi koleksi, upaya yang diprakarsai anggota Wikimedia Indonesia kebangsaan Kanada, Chris Woodrich yang sedang menuntut ilmu di Yogyakarta. Teks cetak sudah diproduksi di Nusantara sejak pertengahan abad ke-19, dan dapat

ditemukan dalam pelbagai bahasa daerah. Karya-karya yang dicetak dalam periode itu, antara lain, karya-karya agung yang ditranskripsi dari naskah tulis dan diperjualbelikan untuk peminat bahasa, sastra, dan budaya daerah. Namun, karena cuaca Indonesia yang panas dan lembab, teks-teks cetak awal ini banyak yang mudah rusak dan mulai rapuh, sehingga banyak yang justru lebih terawat di Belanda. Kalaupun lembaga di Indonesia memiliki koleksi teks cetak awal, seringkali teks terlalu rapuh untuk dibaca. Karena tidak dapat diakses dengan mudah, sehingga ajaran dan nilai budaya yang terkandung dalam teks-teks tersebut seakan hilang. Padahal teks cetak awal merupakan merupakan saksi sejarah percetakan dan kebudayaan Indonesia

 

 

Page 19: Laporan Hibah Wikimedia Indonesia utk Sekretariat Negara 2015

  19

Digitalisasi Upaya digitalisasi adalah upaya yang baru dirintis sejak 2012, melalui digitalisasi karya cetak Wikimedia Indonesia berharap bahwa akses pada pengetahuan dalam bahasa Indonesia dan bahasa daerah lainnya yang sulit diakses dapat diatasi sedikit demi sedikit.

Digitalisasi Karya Jawa Cetak Koleksi Museum Tamansiswa Dewantara Kirti Griya, Yogyakarta Dengan koleksi 800 teks berbahasa Jawa dan 328 teks berbahasa Melayu; yang sebagian besar warisan dari pendiri Taman Siswa, Ki Hadjar Dewantara. Wikimedia Indonesia merancang proyek, tidak hanya digitalisasi, namun menyebarluaskan teks tersebut melalui internet.

Dengan ini, diharapkan agar teks tersebut dapat dilestarikan, dan membantu teks dibaca oleh masyarakat luas, serta peneliti dan peminat bahasa dan sastra Jawa, sehingga nilai kebudayaan teks dapat dilestarikan dan disosialisasi. Hingga bulan September 2015 telah 108 naskah berhasil dipindai dan 62 diantaranya disebarluaskan diinternet dengan bebas dan gratis. Karya karya yang berhasil didigitalisasi dibagi dalam tiga kategori lisensi; 1) lisensi domain publik dimana akses bebas karena hak cipta sudah tidak berlaku lagi, 2) lisensi domain publik di A.S. (dimana server Wikipedia bahasa Inggris berada) karena hak cipta dianggap sudah masuk domain publik menurut undang-undang A.S. dan; 3) Masih berhak cipta, dimana hasil pindaian ditaruh pada perpustakaan digital Wikimedia Indonesia.

Hingga kini upaya ini masih berlangsung dan diperkirakan rampung pada bulan Desember 2015.

 

 

Page 20: Laporan Hibah Wikimedia Indonesia utk Sekretariat Negara 2015

  20

Digitalisasi Upaya digitalisasi adalah upaya yang baru dirintis sejak 2012, melalui digitalisasi karya cetak Wikimedia Indonesia berharap bahwa akses pada pengetahuan dalam bahasa Indonesia dan bahasa daerah lainnya yang sulit diakses dapat diatasi sedikit demi sedikit.

Pemetaan Digital di Kalimantan Pada akhir tahun 2013 Wikimedia Indonesia dan Pemetaan Terbuka Untuk Kemanusiaan (HOT OSM) membuat modul pemetaan untuk OSM dan pembuatan artikel bot di Wikipedia Bahasa Indonesia dan Bahasa Banjar melalui pelatihan oleh mitra organisasi yang berada di Kalimantan.

Proyek ini direncanakan dimulai pada bulan Agustus 2014 dan selesai pada akhir Desember 2015. Sejak September 2014 paduan untuk pemetaan digital mulai disusun, sementara penyuntingan untuk Wikipedia dimulai pada September 2015. Masuk bulan Juni 2015, kompetisi pemetaan OSM pertama kali dilaksanakan di Samarinda. Kompetisi dengan durasi 37 hari yang jatuh pada bulan puasa dirasa berat oleh peserta. Namun walaupun berat, kompetisi ini berhasil memetakan sebanyak 5.025 bangunan dan 140 jalan. Jumlah ini mengalami peningkatan, sebelum kompetisi, kini menjadi 12.478 di bulan Agustus setelah kompetisi selesai. Mengikuti suksesnya kompetisi yang berhadiah total 7,5 juta rupiah di Samarinda, di bulan Oktober 2015 kompetisi serupa dilakukan di Balikpapan. Banyak peserta bersyukur dengan pelatihan pemetaan karena merasa hasil pemetaan sangat dibutuhkan di Kalimantan Timur mengingat informasi tentang fasilitas umum sulit untuk didapatkan.

 

 Arief Rahman praktek lapangan

pemetaan digital OSM

 

Page 21: Laporan Hibah Wikimedia Indonesia utk Sekretariat Negara 2015

  21

Cipta Media Seluler

Proyek Wikimedia Indonesia bersama dengan ICT Watch dan Ford Foundation berupa hibah terbuka yang mengajak individu/ komunitas/ organisasi memunculkan inisiatif-inisiatif untuk perubahan sosial yang lebih adil melalui penggunaan teknologi seluler. Hibah CMS memiliki fokus spesifik pada teknologi ponsel dengan tiga kategori pengajuan (1) Produksi dan penyampaian konten; (2) Pengembangan perangkat lunak (software) dan aplikasi; (3) Infrastruktur dan perangkat keras (hardware)

Cipta Media Seluler Hibah terbuka yang mengajak individu/ komunitas/ organisasi memunculkan inisiatif-inisiatif untuk perubahan sosial yang lebih adil melalui penggunaan teknologi seluler. Hibah Cipta Media Seluler (CMS) memiliki fokus spesifik pada teknologi ponsel dengan tiga kategori pengajuan: (1) Produksi dan penyampaian konten; (2) Pengembangan perangkat lunak (software) dan aplikasi; (3) Infrastruktur dan perangkat keras (hardware). Hibah dengan fokus seluler ini diluncurkan menimbang kelompok-kelompok masyarakat sipil ‐ termasuk media independen dan LSM ‐ selama ini lambat dalam mengembangkan inisiatif yang mengeksplorasi potensi platform-platform seluler dibandingkan dengan platform-platform lainnya seperti video, radio dan situs web. Para pelaku industri, di sisi lain, telah memanfaatkan potensi sektor seluler, namun memperlakukan kelompok penghasilan ekonomi rendah umumnya sebagai konsumen semata, tak menghiraukan potensi mereka sebagai produsen konten, yang bisa dimungkinkan untuk menghasilkan pengetahuan dalam lingkup ekonomi informasi.

Kelompok-kelompok aktivis yang bergerak dibidang keadilan sosial pun hanya sedikit memiliki hubungan dengan komunitas pengembang perangkat lunak sehingga jumlah kerja sama antar keduanya sangat minimal. Dengan diluncurkannya program hibah, diharapkan para penggiat perubahan sosial untuk masyarakat yang lebih adil mulai berpikir untuk menggunakan teknologi secara lebih aktif pada upaya mereka.

 

 Ilustrasi  perbandingan  jumlah  pengguna  

internet,  media  seluler  &  seluler    

Page 22: Laporan Hibah Wikimedia Indonesia utk Sekretariat Negara 2015

  22

Cipta Media Seluler

Proyek Wikimedia Indonesia bersama dengan ICT Watch dan Ford Foundation berupa hibah terbuka yang mengajak individu/ komunitas/ organisasi memunculkan inisiatif-inisiatif untuk perubahan sosial yang lebih adil melalui penggunaan teknologi seluler. Hibah CMS memiliki fokus spesifik pada teknologi ponsel dengan tiga kategori pengajuan (1) Produksi dan penyampaian konten; (2) Pengembangan perangkat lunak (software) dan aplikasi; (3) Infrastruktur dan perangkat keras (hardware)

Diluncurkan pada bulan Januari 2014, CMS yang merupakan gabungan dari upaya Wikimedia Indonesia, ICT Watch, dan Ford Foundation mengadakan: promosi keliling, melakukan survey kebutuhan, menyebarluaskan berbagai

informasi berupa video, infografis, dan tulisan tulisan inspirasi mengenai; (1) isu dalam bidang seluler di Indonesia; (2) inspirasi mengenai upaya upaya sosial di bidang seluler; (3) melakukan tanya jawab baik secara daring (online) maupun tatap muka via promosi keliling. Menginjak bulan April 2014 saat pendaftaran hibah ditutup, tim CMS melakukan penjurian pada lebih dari 368 ide yang masuk dari publik. Pada bulan Juni 2014 lima orang Tim Seleksi Akhir indepen yang dianggap ahli dalam bidang budaya, media dan teknologi mengumumkan 12 penerima hibah total Rp. 7,681,454,000 (tujuh milyar enam ratus delapan puluh satu juta empat ratus lima puluh empat ribu rupiah). Berdasarkan permohonan hibah Wikimedia Indonesia ke Ford Foundation dengan total jumlah USD 810,427 porsi hibah untuk publik mencapai 60% dari total hibah, menjadikan upaya hibah kembali ini penting bagi Wikimedia agar tujuan-tujuan keadilan sosial untuk hidup yang lebih baik tercapai.

 Promosi  keliling  CMS  di  14  kota  di  Indonesia  

 

 

Page 23: Laporan Hibah Wikimedia Indonesia utk Sekretariat Negara 2015

  23

Penerima hibah Cipta Media Seluler

Berikut adalah ke-12 penerima hibah Cipta Media Seluler: 1. Gerakan Desa Membangun Rp 700.000.000 (Tujuh

Ratus Juta Rupiah) dengan upaya “Desa 2.0: Sistem Tata Kelola Sumber Daya Desa”. Pembiayaan akan digunakan untuk membangun 1.000 situs web desa dan melatih serta memberdayakan perangkat desa serta warganya untuk ikut mengisi kontennya. Upaya ini diantaranya mengklaim Portal Desa Patimuan (Kec. Patimuan, Kab. Cilacap - Jawa Tengah) yang memberitakan mengenai tanggul yang kondisinya kritis memiliki efek berantai dan berhasil membuat tanggul tersebut diperbaiki dan mendapat perhatian pemerintah pusat lebih cepat. Upaya ini berlangsung mulai 4 September 2014 hingga 4 Desember 2015.

2. Remotivi Rp.700.000.000 (Tujuh Ratus Juta Rupiah) dengan upayanya “Rapotivi”. Pembiayaan akan digunakan untuk membuat aplikasi dan mendidik masyarakat melapor tayangan TV yang tidak mendidik ke Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Aplikasi seluler rapotivi untuk android telah diunduh lebih dari 1.000 kali, hasil laporan menunjukkan bahwa TV yang paling banyak diadukan oleh masyarakat adalah TransTV. Tidak berhenti disana, Remotivi giat membuat infografis, komik, dan rekap aduan yang menginformasikan dan mendidik masyarakat mengenai sepak terjang pertelevisian Indonesia yang notebene menggunakan frekuensi publik dan memiliki tanggung jawab menyiarkan acara-acara yang bermutu. Upaya ini berlangsung mulai dari 4 September 2014 hingga 31 Desember 2015.

 

 

 

Page 24: Laporan Hibah Wikimedia Indonesia utk Sekretariat Negara 2015

  24

3. Radio Komunitas

Marsinah FM dari FBLP (Forum Buruh Lintas Pabrik) Rp.502.648.000 (Lima Ratus Dua Juta Enam Ratus Empat Puluh Delapan Ribu Rupiah) dengan upaya mengembangkan daya jangkau, isi/materi radio komunitas buruh perempuan yang akan disiarkan (streaming) daring (online) menggunakan teknologi seluler. Radio Marsinah FM giat mengadvokasikan masalah yang banyak menimpa buruh perempuan di KBN Cakung, mulai dari rendahnya kualitas hidup, masalah keluarga dan anak dari buruh perempuan, hingga jeratan rentenir pada upah mereka. Upaya mereka berlangsung mulai 20 Agustus 2014 hingga 1 Desember 2015.

4. Komunitas Sanggar Saujana Rp 780.050.000 (Tujuh Ratus Delapan Puluh Juta Lima Puluh Ribu Rupiah) dengan upaya “Mitra Kerja Penyandang Disabilitas”. Pembiayaan akan digunakan untuk merancang aplikasi seluler yang akan menghubungkan penyandang disabilitas pencari kerja dan pemberi kerja dan mengakses informasi kesempatan kerja khusus difabel. Aplikasi “Kerjabilitas” diluncurkan pada 23 Maret 2015, sejumlah video dokumenter motivasi singkat diproduksi untuk menyemangati para penyandang cacat untuk mencari kerja, dan beberapa artikel dan buku suara diproduksi. Upaya dimulai pada 20 Agustus 2014 hingga 21 Oktober 2015

5. Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (Pengurus Wilayah

Maluku Utara) Rp.700.000.000 (Tujuh Ratus Juta Rupiah) dengan upaya “Monitoring Hutan Adat Suku Tobelo Dalam Dodaga”. Pembiayaan akan digunakan untuk pelatihan penggunaan seluler dalam mengawasi penggunaan hutan adat menggunakan ushaidi, OpenStreet Map, dan laporan SMS warga. Pada 25 Agustus 2015 peta hutan adat yang telah dikumpulkan secara digital diserahkan pada Pemerintah Kabupaten. Upaya ini dimulai pada 4 Agustus 2014 hingga 24 Oktober 2015.

 

 

 

Page 25: Laporan Hibah Wikimedia Indonesia utk Sekretariat Negara 2015

  25

6. The Wahid Institute mendapatkan Rp700.000.000 (Tujuh

Ratus Juta Rupiah) dengan upaya “m-Pantau Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan”. Pembiayaan akan digunakan untuk mendirikan dan melatih jaringan Wahid Institute dalam melakukan pemantauan kasus-kasus serta konflik kebebasan beragama dan berkeyakinan (KBB) di Indonesia menggunakan seluler melalui SMS gateway dan ushaidi. Upaya ini dimulai pada 4 September 2014 dan berlangusng hingga 1 Desember 2015.

7. Perkumpulan YPBB mendapatkan Rp 710.500.000 (Tujuh Ratus Sepuluh Juta Lima Ratus Ribu Rupiah) dengan upaya “Peta Persampahan Bandung”. Pembiayaan akan digunakan untuk membangun piranti lunak berbasiskan situs web, aplikasi seluler, serta serta SMS gateway dimana masyarakat bisa berpartisipasi dan berkontribusi data untuk sistem persampahan berbasis masyarakat. Pada 5 Juni 2015 situs BebasSampah.ID diluncurkan dengan konten peta, video, dan artikel artikel mengenai upaya agar Bandung bebas sampah. Upaya berlangsung sejak 20 Agustus 2014 – 1 Desember 2015.

8. Handri Santoso dari Universitas Surya mendapatkan Rp700.000.000 (Tujuh Ratus Juta Rupiah) dengan upaya “Pusat Pelatihan Jaringan Nirkabel OpenBTS”. Pembiayaan akan digunakan untuk membeli peralatan OpenBTS, menyusun modul bersumber terbuka, memberikan pelatihan, serta membiayai beasiswa peserta pelatihan yang ingin menerapkan system komunikasi seluler GSM berbasis OpenBTS pada daerah 3T (Terluar, Terdepan, dan Tertinggal). Universitas Surya telah melakukan dua kali pelatihan system Open BTS untuk umum, dan kini modul modul mulai ditautkan di internet sehingga dapat diunduh dengan bebas tanpa biaya. Upaya dimulai 14 Agustus 2014 hingga 15 Desember 2015.

 

 

 

Page 26: Laporan Hibah Wikimedia Indonesia utk Sekretariat Negara 2015

  26

9. LSM Sempugi via Andi Rahmat Munawar mendapatkan Rp 340.950.000 (Tiga Ratus Empat Puluh Juta Sembilan Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah) dengan upaya “Ringtone & Wallpaper Sempugi”. Pembiayaan akan digunakan untuk mengadakan lomba foto, lomba aransemen lagu daerah, revitalisasi situs web, perekaman dengan kualitas tinggi untuk ringtone, survey dan wawancara sesepuh budaya, pembuatan wallpaper kata kata bijak dan pantun seluler disertai dengan malam penghargaan budaya. Upaya telah dimulai sejak 14 Agustus 2014 dan diselesaikan pada 5 Maret 2015.

10. Mulyana Sandi mendapatkan Rp 464.686.000 (Empart Ratus Enam Puluh Empat Juta Rupiah Enam Ratus Delapan Puluh Enam Ribu Rupiah) dengan upaya “Aplikasi Kepramukaan Android”. Pembiayaan akan digunakan untuk pembelian peralatan, melakukan survey pengguna seluler dan android pramuka di Sukabumi, pembuatan aplikasi pramuka, seminar, lokakarya, dan pembuatan materi. Upaya dimulai pada 4 Agustus 2014 dan masih berlangsung hingga 31 Desember 2015.

11. Perkumpulan Jujur Bicara (JUBI) mendapatkan Rp 801.485.000 (Delapan Ratus Satu Juta Empat Ratus Delapan Puluh Lima Ribu Rupiah) dengan upaya “Situs Laporan Warga Papua Berbasis SMS”. Pembiayaan akan digunakan untuk pembelian peralatan, pembuatan situs, evaluasi, sosialisasi & kampanye. Teknologi yang digunakan adalah menggunakan SMS dalam menghimpun berita dari masyarakat di Papua dan kemudian memverifikasi berita tersebut. Upaya dimulai pada 4 Agustus 2014 dan masih akan berlangsung hingga 31 Desember 2015.

 

 

 Aplikasi  PanduApps  di  GooglePlay  

Page 27: Laporan Hibah Wikimedia Indonesia utk Sekretariat Negara 2015

  27 P E R K U M P U L A N W I K I M E D I A I N D O N E S I A Centerflix Boutique Office • Jl. Danau Toba No. 104 Bendungan Hilir • Jakar ta 10210 • Indonesia E-mail: [email protected] • www.wikimedia.or.id

 

12. Sarinah mendapatkan Rp 625.000.000 (Enam Ratus Dua Puluh Lima Juta Rupiah) dengan upaya “Solidaritas.net Media Center”. Pembiayaan akan digunakan untuk penyewaan tempat pelatihan, peralatan operasional, dan pelatihan jurnalistik untuk masalah masalah perburuhan terutama di wilayah Cikarang, Jawa Barat. Salah satu program unggulan, yaitu Tanya Jawab via seluler baik dengan SMS/ WhatsApp/Facebook terjadi terutama apabila adanya pelanggaran perjanjian bersama antara buruh dan pengusaha, perubahan perjanjian kerja, hingga pemutusan kontrak karena hamil. Upaya Solidaritas.net dimulai pada 4 Agustus 2014 hingga 5 Agustus 2015.

Konstruksi  dari  SMS  menjadi  berita  di  Papua  

 

   

Cuplikan  gambar  situs  tanya-­‐jawab  Solidaritas.net  

Page 28: Laporan Hibah Wikimedia Indonesia utk Sekretariat Negara 2015

  28

Penutup Upaya “Media, Teknologi, dan Pustaka Indonesia” yang diusung oleh Wikimedia Indonesia sepanjang tahun 2013-2015 telah menghasilkan banyak pembelajaran berharga. Beberapa publikasi dari pembelajaran ini kini sedang melalui tahap desain dan pendaftaran penerbitan. Kami berharap pembelajarannya dapat berguna bagi masyarakat luas

Publikasi • Paduan Pemetaan Digital Open Street Map oleh Tim

Humanitarian Open Street Map (ISBN 978-602-72890-3-1untuk versi cetak, dan ISBN 978-602-72890-4-8 untuk versi lunak diunduh via internet)

• Paduan Penyuntingan Manual Wikipedia bahasa Indonesia oleh Siska Doviana dan Vanessa Winona (masuk tahap desain)

• (EN) Cipta Media: Evaluation and Learning Report oleh Annie Sloman (menunggu ISBN)

• (ID) Cipta Media: Evaluasi dan Pembelajaran oleh Annie Sloman

• Konten Terbuka: Pedoman Praktis Penggunaan Lisensi Creative Commons oleh Dr. Til Keutzer (ISBN 978-602-72890-0-0 untuk versi cetak, dan ISBN 978-602-72890-1-7 untuk versi lunak diunduh via internet)

Ucapan terima kasih Kami sangat berterima kasih atas persetujuan yang diberikan oleh Kementrian Sekretariat Negara untuk penerimaan bantuan dana yang diberikan oleh Ford Foundation dan didukung oleh Kementrian Koordinasi dan Kesejahteraan Rakyat (KESRA) untuk program PNPM Pusaka. Berdasarkan pengalaman kami dalam memanfaatkan dana ini, kerja yang telah kami lakukan mendapat banyak apresiasi dan masukan agar dapat direplikasi oleh pihak lain. Kami telah melakukan banyak pertemuan dan konsultasi dengan berbagai pihak termasuk dengan Badan Bahasa dan Badan Ekonomi Kreatif, dan kami harap pengalaman kami dapat bermanfaat bagi negara dan bangsa. Hormat saya, Siska Doviana Ketua Umum Wikimedia Indonesia

 

P E R K U M P U L A N W I K I M E D I A I N D O N E S I A Centerflix Boutique Office • Jl. Danau Toba No. 104 Bendungan Hilir • Jakar ta 10210 • Indonesia E-mail: [email protected] • www.wikimedia.or.id