pendidikan sosiologi

Click here to load reader

Post on 27-Oct-2015

31 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

untuk download gratis

TRANSCRIPT

PROPOSAL

PERMOHONAN BANTUAN DANA OBSERVASI MATA KULIAH PENDATAAN SOSIAL

PENDIDIKAN SOSIOLOGI ANTROPOLOGI

UNIVERSITAS SEBELAS MARET

SURAKARTA 2010

BAB I

PENDAHULUAN

Assalamualaikum Wr.Wb

I. Latar belakangSegala puji bagi Allah SWT yang telah menciptakan nafas (diri) dan menyempurnakan ciptaan-Nya, yang telah mengilhamkan kedurhakaan dan ketaqwaan, dan memuji orang-orang yang senantiasa mengagungkan ajarannya.

Shalawat serta salam semoga senantiasa tercurah pada junjunan nabi besar kita, nabi Muhammad SAW beserta keluarga dan para sahabatnya, serta kita semua sebagai umatnya.Rahmat yang senantiasa harus disyukuri oleh setiap insan manusia ialah ketika ia memiliki kemampuan untuk berpikir dan mempunyai akal yang tidak dimiliki oleh makhluk lainnya. Inilah yang menjadi tolak ukur pula manusia senantiasa mempunyai derajat yang lebih tinggi dan dimuliakan oleh Allah SWT.

Kemampuan akal dan pikir, tentu tidak akan berguna jika kita tidak bisa meng aktualisasikannya. Maka agar kemampuan yang luar biasa ini dapat terfungsikan secara maksimal, manusia harus mencari jalan untuk mencurahkan segala pemikirannya tidak hanya teori belaka. Salah satu jalan yang dapat membantu mengasah keterampilan manusia ialah dengan cara Studi Lapangan .

Dengan Studi Lapangan, kita dapat menuangkan segala pemikiran kita, apa yang dirasakan, apa yang dipikirkan dan apa yang ingin kita kita ketahui secara nyata . Dalam konteks observasi ini, yang terpenting adalah ketika orang tersebut mau dan mampu untuk mengaktualisasikan kemampuan yang telah dianugerahkan Allah SWT kepadanya sebagai seorang manusia.

BAB IIDASAR DAN TUJUAN KEGIATANI. Dasar Pemikiran

Mahasiswa sebagai insan akademis yang senatiasa dituntut untuk bisa mengaktualisasikan kemampuan yang telah dianugerahkan Tuhan tersebut, tentu memiliki rasa tanggungjawab yang tinggi untuk dapat mewujudkannya serta menghasilkan suatu yang brilian dan dapat membangun dunia.

Kelas Pendidikan Sosiologi Antropologi Universitas Sebelas Maret , tentu memiliki latar belakang yang kuat untuk menghasilkan insan pemuda/i yang mempunyai kepedulian akan tuntutan dunia komunikasi yang semakin canggih baik pada dunia Pendidikan maupun dunia Hubungan Masyarakat.

Hal ini, akan terwujud dengan harmonis pula, bila mahasiswa pendidikan sosiologi antropologi tersebut memiliki rasa tanggungjawabnya, bukan hanya sebagai manusia yang diberikan kemampuan berpikir, tetapi juga menyandang predikat sebagai mahasiswa yang aktif dan terampil dengan mengadakan dan melakukan sebuah kegiatan Observasi.Mata kuliah pendataan sosial budaya ingin merealisasikan studi lapangan tersebut dalam bentuk kegiatan Observasi sebagai bagian dari tugas perkuliahan yang harus terpenuhi. Namun karena keterbatasan pendanaan kegiatan ini menjadi sedikit terhambat, maka kami memohon bantuan dana kepada Kaprodi pendidikan sosiologi antopologi universitas sebelas maret, agar semangat dalam membangun keterampilan mahasiswa tersebut tidak terhambat dan terabaikan.

II. Maksud dan Tujuan1) Mengembangkan bakat serta kemampuan mahasiswa dalam wadah yang edukatif

2) Menghadirkan sarana yang mumpuni bagi seluruh mahasiswa UNS umumnya dan untuk mahasiswa Pendidikan Sosiologi Antropologi khususnya untuk aktif, kritis, dan dinamis dalam kemajuan teknologi pendidikan serta kepekaan dalam mengolah data dan hubungan masyarakat.3) Menciptakan motivasi yang berkesinambungan seluruh mahasiswa Pendidikan Sosiologi Antropologi untuk terus mengasah kemampuan sehingga tidak hanya menjadi seorang yang pandai berteori tetapi juga dapat menjadi manusia yang ulet dan terampil.4) Membangun Mahasiswa Pendidikan Sosiologi Antropologi yang berkarakter kuat dan cerdas

Dengan adanya kerjasama serta bantuan yang maximal dari Kaprodi, tentu akan menjadi modal semangat yang lebih untuk terus meningkatkan daya kreatifitas ,keterampilan dan pengalaman yang nantinya akan membangun insan akademis yang mampu bersaing dengan dunia pendidikan dan masyarakat .

LEMBAR PENGESAHANPERMOHONAN BANTUAN DANA OBSERVASI MATA KULIAH PENDATAAN SOSIAL

No

: 01/UNS/SOSANT/ 16/09/2010Sifat : PentingPerihal

: Permohonan Bantuan Dana Observasi (Mata Kuliah Pendataan Sosial)Kepada

Yth. Kaprodi Pendidikan Sosiologi Antropologi Di lingkungan Universitas Sebelas Maret Di Surakarta

Assalamualaikum Wr. Wb.

Kami segenap mahasiswa pendidikan sosiologi antropologi kelas B angkatan 2009 memberitahukan bahwa Mahasiswa sebagai insan akademis senatiasa dituntut untuk bisa mengaktualisasikan kemampuan yang telah dianugerahkan. Kegiatan perkuliahan didalam kelas saja kurang mampu memaximalkan kemampuan bersosialisasi mahasiswa. untuk itu, mata kuliah pendataan sosial budaya mengadakan kegiatan observasi sebagai bagian dari tugas lapangan yang akan dapat menambah keterampilan dan kepekaan mahasiswa dalam bidang pengolahan data kemsayarakatan . Namun karena keterbatasan dalam pendanaan, kegiatan observasi ini menjadi terhambat. Oleh karena itu ,kami memohon bantuan dana untuk 36 mahasiswa sosiologi antropologi kelas B kepada Kaprodi agar kegiatan yang bermafaat ini dapat berjalan lancar.

Sebagai bahan pertimbangan kami lampirkan :

1. anggaran pendanaan2. susunan kepanitiaan Demikian proposal ini kami ajukan atas terkabulnya permohonan kami, kami ucapkan terima kasih yang setulus-tulusnya. Amin

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Surakarta, september 2010

BAB IIIPENUTUP

Puji syukur kami panjatkan kehadirat allah SWT, yang telah melimpahkan segala rahmat, taufik dan hidayah-NYA. sehingga kami dapat menyelesaikan proposal ini dengan baik dan lancar. Proposal ini kami susun dengan maksud untuk mempermudahkan dalam persiapan pelaksanaan kegiatan OBSERVASI untuk tugas mata kuliah pendataan sosial budaya mendatang disamping memberikan gambaran yang jelas mengenai pelaksanaan kegiatan OBSERVASI yang akan dilaksanakan.Kami menyadari bahwa dalam menyusun proposal ini pasti banyak kekurangan,oleh karena itu kami selaku Panitia mohon maaf yang setulus tulusnya .selain itu kami juga menampung dan menunggu saran dan kritik dari semua pihak penyusun untuk tahun-tahun mendatang.

Akhirnya, semoga Kegiatan OBSEVARSI kali ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses sesuai dengan yang kami rencanakan dan semoga menjadi kepuasan tersendiri bagi semua yang terlibat didalamnya.Amin.Surakarta , 16 September 2010

PANITIA

Lampiran 1

RENCANA ANGGARAN DANAPEMASUKAN NoSumber dana Jumlah

1Iuran 36 mahasiswa @ Rp 25.000,-Rp 900.000,-

2Kas kelas Rp. 72.000,-

3Bantuan dari prodiRp. 1.080.000,-

Jumlah totalRp. 2.052.000,-

PENGELUARAN NoUraianVolumeHarga satuanJumlah

1Penyusunan instrumen36Rp3000 Rp108.000

2Penggandaan instrumen36Rp2000Rp72.000

3Surat ijin penelitian36Rp1000Rp36.000

4Perjalanan 36Rp 30.000Rp1.080.000

5ATK36Rp5000Rp180.000

6Pengumpulan dan analisis data36Rp2000Rp72.000

7Penyusunan laporan36Rp 5000Rp180.000

8Seminar kelas36Rp 4000Rp144.000

9Penggandaan laporan36Rp5000Rp180.000

10

11

Jumlah2.052.000,-

Lampiran 2

SUSUNAN KEPANITIAAN

Ketua Pelaksana

ARDANA___

NIM K8409007

Mengetahui,

Dosen Pengampu

Dr. ZAINI ROHMAD

NIP

Sekretaris

RINDRA S

NIM K8409054

Proposal Permohonan Bantuan Pendanaan kegiatan Observasi

Proposal Permohonan Bantuan Pendanaan kegiatan Observasi