pelajaran sekolah sabat ke 9 triwulan 1 2017

9
ROH KUDUS DAN JEMAAT Pelajaran 9 untuk 4 Maret 2017 Diadaptasi dari www.fustero.es www.gmahktanjungpinang.org

Upload: david-syahputra

Post on 21-Mar-2017

1.655 views

Category:

Spiritual


1 download

TRANSCRIPT

Page 1: Pelajaran sekolah sabat ke 9 triwulan 1 2017

ROH KUDUS DAN JEMAAT

Pelajaran 9 untuk 4 Maret 2017

Diadaptasi dari www.fustero.eswww.gmahktanjungpinang.org

Page 2: Pelajaran sekolah sabat ke 9 triwulan 1 2017

Selain bekerja dalam diri setiap masing-masing kita, ROH KUDUS juga berperan aktif dalam jemaat.ROH KUDUS menjaga kesatuan jemaat agar jemaat tersebut dapat memenuhi tujuan ia dibentuk.

Dipersatukan dengan KRISTUS.Dipersatukan melalui Baptisan.Dipersatukan melalui Firman ALLAH.Dipersatukan dalam Iman dan Doktrin.Dipersatukan dalam Misi dan Pelayanan.

Page 3: Pelajaran sekolah sabat ke 9 triwulan 1 2017

DIPERSATUKAN DENGAN KRISTUS

“…yang dibangun di atas dasar para rasul dan para nabi, dengan Kristus Yesus sebagai batu penjuru. Di dalam Dia tumbuh seluruh bangunan, rapi tersusun, menjadi bait Allah yang kudus, di dalam Tuhan. Di dalam Dia kamu juga turut dibangunkan menjadi tempat kediaman Allah, di dalam Roh.” (Ef. 2:20-22)ROH KUDUS bekerja dalam setiap diri kita untuk menuntun kita kepada YESUS sehingga kita dapat memperoleh pembenaran dan penyucian, dan di atas segalanya, agar kita dapat hidup bersatu dengan KRISTUS.Ia menjadikan kita “BATU YANG HIDUP” (1 Petrus 2:5) dalam proses tersebut. Jika kita semakin bersatu dengan KRISTUS, maka hubungan kita dengan saudara-saudarapun akan semakin dekat.Oleh karena itulah, kita dipersatukan dalam komunitas umat percaya, menjadi bagian dari suatu bangunan yang utuh, “tempat kediaman Allah, di dalam Roh.”

Page 4: Pelajaran sekolah sabat ke 9 triwulan 1 2017

“Karena itu, sebagai orang-orang pilihan Allah yang dikuduskan dan dikasihi-Nya, kenakanlah belas kasihan, kemurahan, kerendahan hati, kelemahlembutan dan kesabaran. Sabarlah kamu seorang terhadap yang lain, dan ampunilah seorang akan yang lain apabila yang seorang menaruh dendam terhadap yang lain, sama seperti Tuhan telah mengampuni kamu, kamu perbuat jugalah demikian. Dan di atas semuanya itu: kenakanlah kasih, sebagai pengikat yang mempersatukan dan menyempurnakan. Hendaklah damai sejahtera Kristus memerintah dalam hatimu, karena untuk itulah kamu telah dipanggil menjadi satu tubuh. Dan bersyukurlah thankful.”

Kolose 3:12-15

Bagaimanakah sepatutnya orang-orang yang satu dengan Kristus hidup agar kita dapat menjadi salah satu di antaranya?

Page 5: Pelajaran sekolah sabat ke 9 triwulan 1 2017

DIPERSATUKAN MELALUI BAPTISAN“Sebab dalam satu Roh kita semua, baik orang Yahudi, maupun orang Yunani, baik

budak, maupun orang merdeka, telah dibaptis menjadi satu tubuh dan kita semua diberi minum dari satu Roh.” (1 Kor. 12:13)

Baptisan adalah suatu tindakan di hadapan umum (bahkan di hadapan alam semesta) yang menunjukkan bahwa seorang umat percaya kini menjadi bagian dari tubuh Kristus (Mat. 28:19).1. Sebagaimana KRISTUS dikubur,

kehidupan lama kita juga dikubur.2. Sebagaimana KRISTUS

dibangkitkan, kita dilahirkan kembali kepada suatu kehidupan yang baru, “agar jangan kita menghambakan diri lagi kepada dosa.”Kita membuang kehidupan dunia

dan kehidupan dosa kita, kita bertekad untuk hidup dalam persekutuan dengan KRISTUS dan jemaat-Nya untuk selama-lamanya.

Menurut Roma 6:4-6, apakah makna dari baptisan itu?

Page 6: Pelajaran sekolah sabat ke 9 triwulan 1 2017

DIPERSATUKAN MELALUI FIRMAN ALLAH “Kuduskanlah mereka

dalam kebenaran; firman-Mu adalah kebenaran.”

(Yohanes 17:17)

Ia menggerakk

an umat percaya

untuk lebih mengenal

YESUS(Yoh. 5:39).

Ia menolong kita untuk

membedakan kebenaran

dengan kepalsuan

(Kisah 17:11).

Ia Adalah Inti dari setiap

kebangunan dan

reformasi rohani

(Yesaya 8:16).

Bagaimanakah Firman ALLAH menguatkan persatuan umat percaya?

ROH KUDUS mengilhami Alkitab. Oleh karena itu, Ia akan membawakan kesatuan baik dengan Firman Yang Hidup

(KRISTUS) maupun dengan Firman Yang Tertulis (ALKITAB)

Page 7: Pelajaran sekolah sabat ke 9 triwulan 1 2017

DIPERSATUKAN DALAM IMAN DAN DOKTRIN

“… beritakanlah apa yang sesuai dengan ajaran yang sehat.” (Titus

2:1)

“Satu TUHAN, satu iman, satu Baptisan.” (Efesus 4:5)

Doktrin adalah keyakinan yang diterima oleh Jemaat. Persatuan jemaat membutuhkan kesatuan dalam doktrin.YESUS menasehatkan kita untuk menguji “entah ajaran-Ku ini berasal dari Allah.” (Yohanes 7:17)Jemaat yang mula-mula memelihara “pengajaran rasul-rasul .” (Kisah 2:42)Rasul Paulus menasehatkan kita untuk memberitakan “apa yang sesuai dengan ajaran yang sehat.” (Titus 2:1)Doktrin yang digunakan ROH KUDUS untuk mewujudkan kesatuan dalam jemaat dilandaskan atas Alkitab: "Carilah pengajaran dan kesaksian!" Siapa yang tidak berbicara sesuai dengan perkataan itu, maka baginya tidak terbit fajar.” (Yesaya 8:20)

Page 8: Pelajaran sekolah sabat ke 9 triwulan 1 2017

DIPERSATUKAN DALAM MISI DAN PELAYANAN“Ketika tiba hari Pentakosta, semua orang percaya berkumpul di satu tempat.” (Kisah 2:1)

Bertekun dalam pengajaran rasul-rasul dan dalam persekutuan. Dan mereka selalu berkumpul untuk memecahkan roti dan berdoaTetap bersatu, dan segala kepunyaan mereka adalah kepunyaan bersama

Membagikan harta mereka kepada yang memerlukan

Sehati, mereka berkumpul tiap-tiap hari dalam Bait Allah

Makan bersama-sama dengan gembira dan dengan tulus hati

Memuliakan ALLAH

Disukai oleh semua orang

Hasil mula-mula tercurahnya ROH KUDUS ke atas jemaat yang bersatu adalah suatu khotbah misionaris (3.000 orang menerima baptisan)Suatu jemaat yang bersatu tidak boleh terbatas pada dinding bangunan fisiknya, ia harus pergi ke luar untuk melayani masyarakat.Bagaimanakah umat Kristen yang mula-mula mempertahankan persatuan mereka

setelah Pentakosta? (Kisah 2:42-47)

Page 9: Pelajaran sekolah sabat ke 9 triwulan 1 2017

E.G.W. (God’s Amazing Grace, July 22)