pelajaran sekolah sabat ke-5 triwulan 2 2016

9
Pelajaran 5 untuk 30 April, 2016 www.gmahktanjungpinang. org Adapted from : www.fustero.es Matius 11:12 Sejak tampilnya Yohanes Pembaptis hingga sekarang, Kerajaan Sorga diserong dan orang yang menyerongnya mencoba menguasainya.

Upload: david-syahputra

Post on 15-Apr-2017

32.192 views

Category:

Spiritual


5 download

TRANSCRIPT

Page 1: Pelajaran Sekolah Sabat ke-5 Triwulan 2 2016

Pelajaran 5 untuk 30 April, 2016

www.gmahktanjungpinang.org

Adapted from : www.fustero.es

Matius 11:12 Sejak tampilnya Yohanes

Pembaptis hingga sekarang, Kerajaan Sorga diserong dan orang yang menyerongnya mencoba

menguasainya.

Page 2: Pelajaran Sekolah Sabat ke-5 Triwulan 2 2016

Ada suatu peperangan di antara kekuatan-kekuatan yang tidak kelihatan di dalam Alkitab yang digambarkan

dalam Kitab Matius juga. Peperangan tersebut terkadang kelihatan. Pekan ini kita akan belajar

tentang:

Perang Yang Tidak

Kelihatan: Setan

melawan KRISTUS

Perang Yang

Kelihatan: Perjuangan Yohanes Pembapti

s

Perang yang

Dimenangkan:

Kemenangan telah

dijaminkan.

Page 3: Pelajaran Sekolah Sabat ke-5 Triwulan 2 2016

Perang yang Tidak Kelihatan“Kita tahu, bahwa kita berasal dari Allah dan seluruh dunia berada di bawah kuasa

si jahat”(1 Yohanes 5:19)

YESUS dituduh menyembuhkan orang “Dengan Beelzebul, penghulu setan....” YESUS menggunakan kesempatan itu untuk berbicara tentang 2 kerajaan, yaitu Kerajaan ALLAH dan Kerajaan Setan (Matius 12:24-30).

Kedua kerajaan itu adalah nyata meskipun kita tidak dapat melihatnya. Masalahnya ialah bahwa kita sedang berada di wilayah musuh.Kita adalah warga kerajaan ALLAH, kita berada di pihak KRISTUS. Oleh karena itu,“... perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan ... penghulu-penghulu dunia yang gelap ini.” (Efesus 6:12).

Page 4: Pelajaran Sekolah Sabat ke-5 Triwulan 2 2016

Perang yang

Kelihatan

“Sejak tampilnya Yohanes Pembaptis hingga sekarang, Kerajaan Sorga diserong dan orang yang menyerongnya mencoba menguasainya.” (Matius 11:12)

Ketika di penjara, Yohanes mengirimkan dua muridnya untuk memastikan apakah YESUS Adalah Mesias yang dijanjikan itu.YESUS menunjukkan “Tanda Pengenal Ke-MESIAS-an” kepada mereka dan mengirimkan kata-kata semangat kepada Yohanes untuk memercayainya. Ia tidak berusaha untuk melepaskan Yohanes dari penjara. Kemudian, YESUS memuliakan iman Yohanes di hadapan orang banyak.Orang banyak dapat menikmati kerajaan Surga yang YESUS sedang beritakan namun Yohanes tidak, karena ia sedang berada di penjara. Itulah sebabnya YESUS berkata, “namun yang terkecil dalam Kerajaan Sorga lebih besar dari padanya [mendapat kesempatan untuk mendengar tentang Kerajaan Surga].” (Matius 11:11).

Page 5: Pelajaran Sekolah Sabat ke-5 Triwulan 2 2016

PERANG YANG KELIHATAN“Sejak tampilnya Yohanes Pembaptis hingga sekarang, Kerajaan Sorga diserong dan orang yang menyerongnya mencoba menguasainya.” (Matius 11:12)YESUS mengakhiri kata-kata-Nya tentang Yohanes oleh mengatakan ucapan yang mengundang pertanyaan dalam Matius 11:12. Apakah yang Ia maksudkan?Mari kita bandingkan bagaimana kalimat tersebut diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris dengan versi yang berbeda:“Dan sejak saat Yohanes Pembaptis mulai berkhotbah hingga sekarang, Kerajaan Surga telah maju dengan penuh tekanan, dan orang-orang kuat/kasar sedang menyerangnya.” (New Living Translation)

“Sejak zaman Yohanes Pambaptis hingga sekarang kerajaan Surga telah menderita kekerasan, dan orang-orang kuat/kasar merebutnya .” (New English Translation)

Page 6: Pelajaran Sekolah Sabat ke-5 Triwulan 2 2016

Kata Kerja Bahasa Yunani βιαζεται (biazetai) dapat memiliki arti baik “maju dengan penuh tekanan” maupun “menderita kekerasan.”Kata Bahasa Yunani βιασται (biastai) dapat memiliki arti baik “orang kuat atau bersemangat” maupun “orang yang melakukan kejahatan.”

maju dengan penuh

tekanan

Orang kuatUmat percaya yang kuat

(imannya) membuat Kerajaan ALLAh maju

dengan penuh tekananOrang yang melakukan kejahatan

Kerajaan ALLAH maju dengan penuh tekanan, namun orang yang jahat

menghentikannya

Menderita kekerasan

Orang kuatKerajaan ALLAH menderita kekerasan dan hanya orang

yang kuat (imannya) lah yang dapat memperolehnya

Orang yang melakukan kejahatan

Kerajaan ALLAH menderita kekerasan dari orang-orang yang melakukan kejahatan

Kita dapat mengartikan ayat tersebut dalam cara-cara yang berbeda oleh menggabungkan terjemahan-terjemahannya:

Page 7: Pelajaran Sekolah Sabat ke-5 Triwulan 2 2016

Kisah Yohanes Pembaptis adalah suatu pasal dalam peperangan ini.Kita juga sedang hidup dalam bagian pasal-pasal dari peperangan tersebut. Untuk menjadi tetap setia kepada YESUS tidak pernah menjadi suatu hal yang mudah untuk dilakukan.Ada banyak peperangan yang sedang terjadi dalam kehidupan kita setiap harinya. Musuh selalu mengancam untuk mempengaruhi keputusan dan tindakan kita.

“Jangan kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk

membawa damai di atas bumi; Aku datang bukan

untuk membawa damai, melainkan

pedang.” (Matius 10:34)

Bagaimanapun kita mengartikan ayat tersebut, namun hal yang pasti: Ada suatu Peperangan yang nyata dan kita sedang terlibat dalam peperangan tersebut.

Page 8: Pelajaran Sekolah Sabat ke-5 Triwulan 2 2016

Akhir peperangan ini ditentukan di kayu Salib. Kemenangan YESUS adalah mutlak, setan akhirnya dikalahkan.Dia sadar akan hal itu, jadi dia “telah turun… dalam geramnya yang dahsyat, karena ia tahu, bahwa waktunya sudah singkat.” (Wahyu 12:12). Dia adalah “singa yang mengaum-ngaum” (1Petrus 5:8) yang masih dapat menyakiti kita.

Dia menggunakan pencobaan-pencobaan yang paling licik dan halus untuk merampas kesetiaan kita dan membuat kita kehilangan kerajaan kekal.

PERANG YANG DIMENANGKAN

“Karena anak-anak itu adalah anak-anak dari darah dan daging, maka Ia juga menjadi sama dengan mereka dan mendapat bagian dalam keadaan mereka, supaya oleh kematian-Nya Ia memusnahkan dia, yaitu Iblis, yang berkuasa atas maut.” (Ibrani 2:14)

Yang menjadi pertanyaan kunci adalah: Berada di pihak manakah kita?

Page 9: Pelajaran Sekolah Sabat ke-5 Triwulan 2 2016

E.G.W. (Our High Calling, October 6)