pelajaran sekolah sabat ke-1 triwulan i 2016

9
www.gmahktanjungpinang.org Adapted from : www.fustero.es Pelajaran 1 untuk 2 Januari 2016 Wahyu 7:10 “Keselamatan bagi Allah kami yang duduk di atas takhta dan bagi Anak Domba!”

Upload: david-syahputra

Post on 15-Apr-2017

57.107 views

Category:

Spiritual


2 download

TRANSCRIPT

Page 1: Pelajaran Sekolah SABAT ke-1 Triwulan I 2016

www.gmahktanjungpinang.orgAdapted from : www.fustero.es Pelajaran 1 untuk 2 Januari 2016

Wahyu 7:10“Keselamatan bagi Allah kami yang duduk di atas

takhta dan bagi Anak Domba!”

Page 2: Pelajaran Sekolah SABAT ke-1 Triwulan I 2016

Kwartal ini kita akan belajar tentang akibat dari “Pemberontakan Setan” dan bagaimana ALLAH mematahkannya dengan “Rencana Keselamatan”Kita juga akan belajar tentang asal mula peperangan di Surga antara ALLAH dan Setan hingga perkembangan antara kebaikan dengan kejahatan.PEMBERONTAKA

N1. Dari Lusifer menjadi

Setan2. Penguasa dunia ini

PENEBUSAN1. Peperangan di Surga2. Peperangan di Salib

3. Peperangan Zaman ini

Page 3: Pelajaran Sekolah SABAT ke-1 Triwulan I 2016

Dari Lusifer Menjadi Setan“Wah, engkau sudah jatuh dari langit, hai Bintang Timur, putera Fajar, engkau sudah dipecahkan dan jatuh ke bumi, hai yang mengalahkan bangsa-bangsa!” (Yes. 14:12)Yesaya 14:4-23 dan Yehezkiel 28:1-19 memberitahu kita tentang asal mula dan nasib Setan dalam sebuah nubuatan yang mulanya ditujukan bagi raja-raja Babel dan Tirus.Setan digambarkan sebagai “Bintang Timur”, indah dan sempurna.Bagaimanakah dosa dapat masuk ke dalam makhluk yang sempurna tersebut?Ia merasa bahwa dirinya layak diperlakukan seperti ALLAH oleh karena kemuliaannya. Ia ingin dimuliakan sama seperti ALLAH (Yesaya 14:12; Yehezkiel 28:17).

Alkitab tidak menguraikan secara rinci tentang asal mula dosa, ia hanya menyatakan: “Engkau tak bercela… sampai terdapat

kecurangan padamu.” (Yehezkiel 28:15).

Page 4: Pelajaran Sekolah SABAT ke-1 Triwulan I 2016

E.G.W. (The Great Controversy, cp. 29, pg. 492)

Page 5: Pelajaran Sekolah SABAT ke-1 Triwulan I 2016

PENGUASA DUNIA INI“Tidak banyak lagi Aku berkata-kata dengan kamu, sebab penguasa dunia ini datang dan ia tidak berkuasa sedikit pun atas diri-Ku.” (Yoh 14:30)Bagaimanakah setan menjadi “Penguasa dunia ini”?ALLAH menjadikan Adam dan Hawa sebagai penguasa atas bumi ini. Setan merampas posisi itu ketika ia menipu mereka di taman Eden. (Kejadian 1:28; 3:4-6).Setan merebut hak untuk mewakili bumi di suatu Pertemuan di Surga untuk suatu waktu. (Ayub 1:6-7).

Namun, ia dikalahkan oleh Sang Raja (YESUS) di Kayu Salib. Saat ini, kita sedang menantikan ALLAH mengembalikan kuasa atas bumi tersebut kepada kita. Hal itu akan terjadi ketika “makhluk itu sendiri juga akan dimerdekakan dari perbudakan kebinasaan dan masuk ke dalam kemerdekaan kemuliaan anak-anak Allah.” (Roma 8:21).

Page 6: Pelajaran Sekolah SABAT ke-1 Triwulan I 2016

“Maka timbullah peperangan di sorga. Mikhael dan malaikat-malaikatnya berperang melawan naga itu, dan naga itu dibantu oleh malaikat-malaikatnya.” (Wahyu 12:7)

Di surga, terjadilah suatu peperangan. ALLAH dan para malaikat yang setia mengalahkan Setan (naga) dan para malaikat-Nya. Mereka terbuang dari surga dan peperanganpun berlanjut ke bumi.

Setan berupaya membunuh Yesus

ketika Ia masih seorang bayi (ay. 4).

Ia menggunakan Roma kekafiran untuk

menganiaya Jemaat yang mula-mula (ay. 13).

Ia “membanjiri ” Gereja dengan orang-orang yang tidak bertobat

dan berusaha untuk membinasakannya selama 1,260

tahun (ay. 14-16).

Saat ini ia mencoba untuk membinasakan umat yang

sisa (ay. 17).Beberapa peperangan tersebut tertulis dalam Wahyu 12.

PEPERANGAN DI SURGA

Page 7: Pelajaran Sekolah SABAT ke-1 Triwulan I 2016

PEPERANGAN DI SALIB“Lalu kata Yesus kepada

mereka: "Aku melihat Iblis jatuh seperti kilat dari langit.’” (Lukas 10:18)

Kerajaan Setan mulai jatuh ketika 70 murid mulai memberitakan Kerajaan ALLAH.YESUS memperoleh kemenangan bagi kita pada saat Ia mati di Salib. Ia “melucuti pemerintah-pemerintah dan penguasa-penguasa ... dalam kemenangan-Nya atas mereka (Kolose 2:15).Ini adalah sebuat titik peristiwa yang penting. Kemenangan bukanlah milik kita, namun milik YESUS. Kita hanya dapat menjadi Pemenang atas Setan jika kita berpegang teguh kepada-Nya.

Page 8: Pelajaran Sekolah SABAT ke-1 Triwulan I 2016

“Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya kamu beroleh damai sejahtera dalam Aku. Dalam dunia kamu menderita penganiayaan, tetapi kuatkanlah hatimu, Aku telah mengalahkan dunia.” (Yoh. 16:33)Iblis dikalahkan, meskipun saat ini ia

masih “berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya.” (1 Petrus 5:8).Dengan jelas YESUS menjelaskannya: Selama kita hidup, kita akan selalu mengalami penderitaan oleh karena akibat dosa.Jika kita lemah, ingatlah tulisan Paulus; “Karena kita mempunyai banyak saksi, bagaikan awan yang mengelilingi kita” (Ibrani 12:1): Habel, Henokh, Nuh, Abraham, Sarah, Musa, Rahab, ... (Ibrani 11).Sama seperti mereka, kita juga dapat menang, kita hanya perlu tetap memiliki “mata yang tertuju kepada Yesus, yang memimpin kita dalam iman” (Ibrani 12:2).

Peperangan Zaman

Ini

Page 9: Pelajaran Sekolah SABAT ke-1 Triwulan I 2016

E.G.W. (Steps to Christ, cp. 8, pg. 72)