pelajaran sekolah sabat ke-7 triwulan 4 2015

9
KRISIS BERLANJUT www.gmahktanjungpinang.org Adapted from : www.fustero.es Lesson 7 for November 14, 2015 Yeremia 9:24 Tetapi siapa yang mau bermegah, baiklah bermegah karena yang berikut: bahwa ia memahami dan mengenal Aku, bahwa Akulah TUHAN yang menunjukkan kasih setia, keadilan dan kebenaran di bumi; sungguh, semuanya itu Kusukai, demikianlah firman TUHAN."

Upload: david-syahputra

Post on 15-Feb-2017

51.441 views

Category:

Spiritual


3 download

TRANSCRIPT

Page 1: Pelajaran Sekolah SABAT ke-7 Triwulan 4 2015

KRISIS BERLANJUT

www.gmahktanjungpinang.org

Adapted from : www.fustero.es Lesson 7 for November 14, 2015

Yeremia 9:24 Tetapi siapa yang mau bermegah, baiklah bermegah karena yang berikut: bahwa ia memahami dan mengenal Aku, bahwa Akulah TUHAN yang menunjukkan kasih setia, keadilan dan kebenaran di bumi; sungguh, semuanya itu Kusukai, demikianlah firman TUHAN."

Page 2: Pelajaran Sekolah SABAT ke-7 Triwulan 4 2015

Penyebab Kejatuhan Yehuda:• Dusta dan

Kesombongan (Yer. 9)• Penyembahan Berhala

(Yer. 10:1-15)

Bagaimana Mencegah Kejatuhan:• Sebuah panggilan

untuk bertobat (Yer. 26:1-6)

Respon Yehuda:• Sebuah ancaman mati

(Yer. 26:7-15)• Yeremia dibebaskan

(Yer. 26:16-24)

Page 3: Pelajaran Sekolah SABAT ke-7 Triwulan 4 2015

DUSTA DAN KESOMBONGAN

“Sekiranya kepalaku penuh air, dan mataku jadi pancuran air mata, maka siang malam aku akan menangisi orang-orang puteri bangsaku yang terbunuh!” (Yeremia 9:1)Mengapa Yeremia begitu

bersedih hati?Bangsa Yehuda akan segera dihukum, sebenarnya mereka dapat menghindari malapetaka itu, namun mereka tidak mau bertobat dan tidak mau mendengarkan amarannya. (Lukas 19:41-44).Apakah yang menjadi Dosa-dosa bangsa

Yehuda?• “Yang seorang menipu yang lain, dan tidak seorang pun berkata benar; mereka sudah membiasakan lidahnya untuk berkata dusta; mereka melakukan kesalahan dan malas untuk bertobat.” (Yer. 9:5).

DUSTA

• “Janganlah orang bijaksana bermegah karena kebijaksanaannya, janganlah orang kuat bermegah karena kekuatannya, janganlah orang kaya bermegah karena kekayaannya.” (Yer. 9:23).

KESOMBONGAN

Page 4: Pelajaran Sekolah SABAT ke-7 Triwulan 4 2015

E.G.W. (Counsels to Parents, Teachers, and Students; section 2; cp. 9; pg. 66)

Page 5: Pelajaran Sekolah SABAT ke-7 Triwulan 4 2015

PENYEMBAHAN BERHALA“Janganlah biasakan dirimu dengan tingkah langkah bangsa-bangsa, ...Sebab yang disegani bangsa-bangsa adalah kesia-siaan. Bukankah berhala itu pohon kayu yang ditebang orang dari hutan, yang dikerjakan dengan pahat oleh tangan tukang kayu.’” (Yer.10:2-3)Umat ALLAH meniru semuanya yang dilakukan oleh bangsa kafir.

Apakah pantas untuk mengikuti kebiasaan dan kepercayaan yang tiada tujuannya dibandingkan dengan percaya dan mematuhi satu-satunya ALLAH Yang Maha Kuasa?

Besar dan perkasa (6) Sia-sia (8,15)Layak dihormati dengan rasa takut

(7)Tidak perlu dihormati dengan rasa takut

(5)Benar (10) Pendusta (14)

ALLAH Yang Hidup (10) Akan binasa (15)Bumi Goncang karena murka-Nya

(10)Tidak dapat berbuat jahat atau baik

(5)Menciptakan dunia dengan kuasa-Nya (12)

Tidak menciptakan langit atau bumi (11)

Mengatur ciptaan dengan suara-Nya (13) Tidak dapat berbicara (5)

ALLAH ILAH/BERHALAYEREMIA 10

Page 6: Pelajaran Sekolah SABAT ke-7 Triwulan 4 2015

SEBUAH PANGGILAN UNTUK BERTOBAT“Mungkin mereka mau mendengarkan dan

masing-masing mau berbalik dari tingkah langkahnya yang jahat, sehingga Aku menyesal akan malapetaka yang Kurancangkan itu terhadap mereka oleh karena perbuatan-perbuatan mereka yang jahat.” (Yeremia 26:3)Ada sebuah pesan yang jelas di setiap bagian Alkitab: Bertobatlah dengan sungguh-sungguh: ALLAH akan mengampunimu: (2 Tawarikh 6:37-39; Yehezkiel 14:6; Matius 3:2; Lukas 24:47; Kisah Para Rasul 17:30).

“Oleh karena kasih-Nya kepada dunia ini Yesus menunda kedatangan-Nya,

agar orang-orang yang berdosa mempunyai kesempatan mendengar

amaran dan memperoleh perlindungan pada-Nya sebelum murka Allah

dicurahkan ke dunia ini.”E.G.W. (The Great Controversy, cp. 26, pg. 458)

ALLAH masih sabar dan setia untuk mengampuni kita.

Kita semua berdosa dan pantas mati. Namunpun demikian, ALLAH telah menyediakan sebuah jalan untuk kita melalui Salib.

Page 7: Pelajaran Sekolah SABAT ke-7 Triwulan 4 2015

“Lalu sesudah Yeremia selesai mengatakan segala apa yang diperintahkan TUHAN untuk dikatakan kepada seluruh rakyat itu, maka para imam, para nabi dan seluruh rakyat itu menangkap dia serta berkata: "Engkau harus mati!’” (Yeremia 26:8)

Yeremia mengukuhkan nubuatannya dan memanggil mereka kembali untuk bertobat. (ay. 12-13).Ia menantikan keputusan para hakim agar menghakiminya dengan hati nurani yang bersih. Jika mereka membunuhnya, mereka akan menumpahkan darah orang yang tak bersalah. (ay. 14-15).Kita harus menunjukkan keberanian yang serupa ketika orang lain mendakwa kita oleh karena iman kita kepada ALLAH.

Yeremia menubuatkan kehancuran Bait Suci dan Yerusalem, sehingga ia diancam untuk dibunuh. Sebuah penghakiman terhadap sang nabipun dilaksanakan. (ay. 10).

SEBUAH ANCAMAN HUKUMAN MATI

Page 8: Pelajaran Sekolah SABAT ke-7 Triwulan 4 2015

“Lalu berkatalah para pemuka dan seluruh rakyat itu kepada imam-imam dan nabi-nabi itu: "Orang ini tidak patut mendapat hukuman mati, sebab ia telah berbicara kepada kita demi nama TUHAN, Allah kita.’” (Yeremia 26:16)Beberapa orang masih memiliki

pertimbangan yang sehat.Mereka memahami bahwa pekabaran yang mengancam itu bukan berasal dari Yeremia, namun dari ALLAH. Jadi mereka meminta kepada para hakim untuk membebaskan sang nabi.Mereka berargumen bahwa nabi-nabi lain juga bernubuat dengan cara seperi itu di masa lalu.

Gamaliel membela para rasul seperti itu beberapa abad kemudian. Ia berkesimpulan demikian: “mungkin ternyata juga nanti, bahwa kamu melawan Allah.” (Kisah 5:39).

YEREMIA DIBEBASKAN

Page 9: Pelajaran Sekolah SABAT ke-7 Triwulan 4 2015

E.G.W. (The Great Controversy, cp. 26, pg. 459)