pelajaran sekolah sabat ke 3 triwulan 2 2017

8
Pelajaran 3 untuk 15 April 2017 Diadaptasi dari www.fustero.es www.gmahktanjungpinang.org 1 Petrus 2:9 Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib:

Upload: david-syahputra

Post on 12-Apr-2017

251 views

Category:

Spiritual


2 download

TRANSCRIPT

Page 1: Pelajaran sekolah sabat ke 3 triwulan 2 2017

Pelajaran 3 untuk 15 April 2017

Diadaptasi dari www.fustero.es

www.gmahktanjungpinang.org

1 Petrus 2:9 Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari

Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib:

Page 2: Pelajaran sekolah sabat ke 3 triwulan 2 2017

1 Petrus 2:1-3. Kehidupan Kristen. 1 Petrus 2:4-8. Batu-batu yang

hidup. 1 Petrus 2:9-12. Umat ALLAH.

Umat Perjanjian. Umat yang kudus. Umat yang menerangi.

Dalam 1 Petrus 2:1-12, Rasul Petrus menjelaskan ciri-ciri umat ALLAH, para imamat yang harus menerangi dunia.

Page 3: Pelajaran sekolah sabat ke 3 triwulan 2 2017

KEHIDUPAN KRISTEN 1 Petrus 2:1-3

“Karena itu buanglah segala kejahatan, segala tipu muslihat dan segala macam kemunafikan, kedengkian dan fitnah.Dan jadilah sama seperti bayi yang baru lahir, yang selalu ingin akan air susu yang murni dan yang rohani, supaya olehnya kamu bertumbuh dan beroleh keselamatan, jika kamu benar-benar telah mengecap kebaikan Tuhan.” (1 Petrus 2:1-3)Buangkanlah dari diri kita segala…

• Kejahatan dan segala tipu muslihat .

• Macam kemunafikan.

• Kedengkian.• Fitnah.

Marilah mencari …

• Makanan rohani dari Firman ALLAH sama seperti yang baru lahir yang selalu ingin akan air susu yang murni.

• Bertumbuh dan beroleh keselamatan.

• Mengecap kebaikan TUHAN.

Kita patut bersyukur kepada ALLAH karena kita dapat membuang segala perilaku yang buruk dan mengisinya dengan studi Firman ALLAH yang bermanfaat untuk: “Mengajar, menyatakan kesalahan, memperbaiki kelakuan dan mendidik orang dalam kebenaran.” (2 Timotius 3:16).

Page 4: Pelajaran sekolah sabat ke 3 triwulan 2 2017

BATU-BATU YANG HIDUP

1 Petrus 2:4-8

“Dan datanglah kepada-Nya, batu yang hidup itu, yang memang dibuang oleh manusia, tetapi yang dipilih dan dihormat di hadirat Allah.Dan biarlah kamu juga dipergunakan sebagai batu hidup untuk pembangunan suatu rumah rohani, bagi suatu imamat kudus, untuk mempersembahkan persembahan rohani yang karena Yesus Kristus berkenan kepada.” (1 Petrus 2:4-5)YESUS Adalah Batu Penjuru; Ia Adalah Landasan dan Penopang gereja.“Bangunan” tersebut terdiri atas batu yang hidup (Kita) yang memberikan persembahan rohani yang berkenan kepada ALLAH.

Hidup yang suci (Roma 12:1) Pujian-pujian (Ibrani 13:15) Perbuatan baik dan menolong sesama (Ibrani 13:16) Persembahan materi yang mencerminkan kasih dan

kesucian dari orang yang memberikannya (Filipi 4:18)

Persembahan apakah yang berkenan kepada ALLAH?

Page 5: Pelajaran sekolah sabat ke 3 triwulan 2 2017

UMAT PERJANJIAN 1 Petrus 2:9-12

“Diambilnyalah kitab perjanjian itu, lalu dibacakannya dengan didengar oleh bangsa itu dan mereka berkata: "Segala firman TUHAN akan kami lakukan dan akan kami dengarkan.’” (Keluaran 24:7)ALLAH membuat perjanjian dengan Bangsa Israel di Sinai. Ia sedang memperbaharui perjanjian yang pernah Ia buat dengan Abraham, Ishak dan Yakub (Kejadian 15:18; 17:21; Keluaran 2:24).Perjanjian tersebut adalah perjanjian bersyarat. Jika mereka mematuhi perjanjian tersebut, mereka akan menerima berkat-berkat perjanjian tersebut. Jika mereka tidak mematuhinya, maka mereka tidak akan mendapatkannya. (Keluaran 11).

Lalu Petrus memperkenalkan Gereja Kristen sebagai ahli waris perjanjian itu — “kamu, yang dahulu bukan umat Allah, tetapi yang sekarang telah menjadi umat-Nya.”Kita adalah para imam sang Raja (YESUS KRISTUS). Kita bertanggungjawab untuk menjaga dan menyuarakan perjanjian tersebut.

Page 6: Pelajaran sekolah sabat ke 3 triwulan 2 2017

BANGSA YANG KUDUS1 Petrus 2:9-12

• ALLAH telah membuat hak istimewa dan kewajiban bangsa Yahudi menjadi bagian bagi umat Kristen.

Bangsa yang terpilih

• Umat KRISTEN adalah para imam, sehingga mereka harus mempersembahkan “Persembahan Rohani” yang disebutkan dalam 1 Peter 2:5 kepada ALLAH.

Imamat yang rajani

• Gereja adalah umat yang harus menunjukkan karakter ALLAH Yang Kudus di dunia.

Bangsa yang kudus

• KRISTUS menebus Gereja dengan darah-Nya. Ia menganggap mereka sebagai milik kepunyaan-Nya yang sangat berharga.

Umat Kepunyaan

ALLAH

“Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib.” (1 Petrus 2:9)

Page 7: Pelajaran sekolah sabat ke 3 triwulan 2 2017

UMAT YANG MENYINARI 1 Petrus 2:9-12

“Milikilah cara hidup yang baik di tengah-tengah bangsa-bangsa bukan Yahudi, supaya apabila mereka memfitnah kamu sebagai orang durjana, mereka dapat melihatnya dari perbuatan-perbuatanmu yang baik dan memuliakan Allah pada hari Ia melawat mereka.” (1 Petrus 2:12)Karena kita adalah ahli waris Perjanjian Israel, kitapun bertanggungjawab untuk menggenapi misi mereka.Israel diberikan “menjadi terang untuk bangsa-bangsa” (Yesaya 42:6), jadi kitapun dipanggil untuk menyampaikan Siapakah ALLAH itu dan segala apa yang telah Ia lakukan bagi kita melalui YESUS KRISTUS.Pekerjaan itu memiliki 2 aspek:

1. KHOTBAH: “supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia yang telah memanggil kamu…” (1 Peter 2:9).

2. PERBUATAN: “dari perbuatan-perbuatanmu yang baik dan memuliakan Allah…” (1 Petrus 2:12).

Page 8: Pelajaran sekolah sabat ke 3 triwulan 2 2017

E.G.W. (Counsels on Stewardship, section 15, cp. 67, p. 346)