pelajaran sekolah sabat ke-5 triwulan ii 2014

14
KRISTUS DAN HUKUM SABAT Pelajaran 5 untuk 3 Mei 2014 www.gmahktanjungpinang. org Adapted from : www.fustero.es Markus 2:27 Lalu kata Yesus kepada mereka: "Hari Sabat diadakan untuk manusia dan bukan manusia untuk hari Sabat, 2:28 jadi Anak Manusia adalah juga Tuhan atas hari Sabat."

Upload: david-syahputra

Post on 04-Dec-2014

11.327 views

Category:

Spiritual


1 download

DESCRIPTION

Pelajaran Sekolah Sabat ke-5 Triwulan II 2014

TRANSCRIPT

Page 1: Pelajaran Sekolah Sabat ke-5 Triwulan II 2014

KRISTUS DAN HUKUM SABAT

Pelajaran 5 untuk 3 Mei 2014www.gmahktanjungpinang.

orgAdapted from : www.fustero.es

Markus2:27 Lalu kata Yesus kepada mereka: "Hari Sabat diadakan untuk

manusia dan bukan manusia untuk hari Sabat,2:28 jadi Anak Manusia adalah juga Tuhan atas hari Sabat."

Page 2: Pelajaran Sekolah Sabat ke-5 Triwulan II 2014

YESUS dan Hari SABAT

PENCIPTA PENJAGA

Waktu Istirahat dan

Ibadah

Waktu untuk Bersukacita

Waktu untuk Penyembuh

an

PENEBUS

Page 3: Pelajaran Sekolah Sabat ke-5 Triwulan II 2014

Asal Mula Hari SABAT“Tetaplah ingat hari Sabat dan kuduskanlah, seperti yang diperintahkan oleh TUHAN, Allahmu,... Sebab haruslah kauingat, bahwa engkau pun dahulu budak di tanah Mesir dan engkau dibawa keluar dari sana oleh TUHAN, Allahmu dengan tangan yang kuat dan lengan yang teracung; itulah sebabnya TUHAN, Allahmu, memerintahkan engkau merayakan hari Sabat. "(Ulangan 5:12-15)

Tidak seperti 9 hukum lainnya, Hukum Hari SABAT memiliki 2 makna peringatan: Pembebasan dari Dosa (Keluar dari Mesir, Ulangan 5:12-15) dan peringatan akan penciptaan (Keluaran 20:11)

Page 4: Pelajaran Sekolah Sabat ke-5 Triwulan II 2014

Asal Mula Hari SABATKeluaran 20:11 “Sebab enam hari lamanya TUHAN menjadikan langit dan bumi, laut dan segala isinya, dan Ia berhenti pada hari ketujuh; itulah sebabnya TUHAN memberkati hari Sabat dan menguduskannya”

Hari Sabat diberikan kepada umat manusia pada saat penciptaan dan, setelah manusia jatuh ke dalam dosa, ia menjadi simbol penebusan yang diperoleh oleh Kristus.

Page 5: Pelajaran Sekolah Sabat ke-5 Triwulan II 2014

Dan lagi Tuhan berkata: "Apabila engkau tidak menginjak-injak hukum Sabat dan tidak melakukan urusanmu pada hari kudus-Ku; apabila engkau menyebutkan hari Sabat 'hari kenikmatan', dan harikudus Tuhan 'hari yang mulia', apabila engkau menghormatinya. . . maka engkau akan bersenang-senang karena Tuhan." Yesaya 58:13, 14. Bagi mereka yang menerima Sabat itu sebagai tanda kuasa Kristus untuk menjadikan dan kuasa penebusan Nya, itu akan menjadi kesukaan. Melihat Kristus di dalamnya, mereka sendiri akan bersuka di dalam Dia. Sabat itu menunjukkan mereka kepada pekerjaan menjadikan selaku bukti dari kuasa Nya di dalam penebusan. Sedang kita memikirkan damai yang ada di Eden, Sabat itu memberitahu damai yang akan dikembalikannya melalui Juruselamat. Setiap benda di dalam alam ini mengulangi undangan Nya: "Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu." Matius 11:28.

E.G.W. (Kerinduan Segala Zaman, pasal 29)

Page 6: Pelajaran Sekolah Sabat ke-5 Triwulan II 2014

Waktu Istirahat dan BeribadahKejadian 2:2,3 Ketika Allah pada hari ketujuh telah menyelesaikan pekerjaan yang dibuat-Nya itu, berhentilah Ia pada hari ketujuh dari segala pekerjaan yang telah dibuat-Nya itu. Lalu Allah memberkati hari ketujuh itu dan menguduskannya, karena pada hari itulah Ia berhenti dari segala pekerjaan penciptaan yang telah dibuat-Nya itu.

Alkitab menggambarkan Yesus sebagai Sang Pencipta: “Oleh Di dalam Dialah telah diciptakan segala sesuatu" (Kolose 1:16) Sebagai Pencipta, Ia beristirahat

pada hari Sabtu dan mengundang Adam dan Hawa untuk bergabung

dengannya dalam istirahat dan ibadah.

Undangan itu juga diberikan kepada kita yang hidup di ke

abad ke-21 ini, mengundang kita untuk menikmati waktu untuk

beristirahat dan beribadah.

Page 7: Pelajaran Sekolah Sabat ke-5 Triwulan II 2014

Hari apa yang dianggap para rasul sebagai hari untuk bertemu danberibadah bersama? Apakah

mereka di bertemu di Hari Minggu untuk menghormati kebangkitan YESUS, ataukah mereka tetap bertemu pada Sabtu, sebagai penghormatan kepada Penciptaan dan dan

penebusan?

Pada hari Sabat

mereka pergi ke rumah ibadat,

lalu duduk di situ.

(Kis 13:14)

“...mereka diminta

untuk berbicara tentang

pokok itu pula pada hari Sabat berikutnya.” (Kis 13:42)

“Pada hari Sabat berikutny

a datanglah

hampir seluruh kota itu

berkumpul untuk

mendengar firman

Allah. (Kis 13:44)

“Pada hari Sabat

kami ke luar pintu gerbang

kota. Kami

menyusur tepi

sungai dan

menemukan tempat sembahyang Yahudi,

yang sudah

kami duga ada di

situ; (Kis 16:13)

“Seperti biasa

Paulus masuk ke

rumah ibadat itu. Tiga hari

Sabat berturut-turut ia

membicarakan

dengan mereka bagian-bagian

dari Kitab Suci.” (Kis

17:2)

“Dan setiap

hari Sabat Paulus

berbicara dalam rumah ibadat

dan berusaha meyakinkan orang-

orang Yahudi

dan orang-orang

Yunani.” (Kis 18:4)

Waktu Istirahat dan Beribadah

Page 8: Pelajaran Sekolah Sabat ke-5 Triwulan II 2014

Waktu untuk BersukacitaMarkus 2:27,28 “Lalu kata Yesus kepada mereka: "Hari Sabat diadakan untuk manusia dan bukan manusia untuk hari Sabat,jadi Anak Manusia adalah juga Tuhan atas hari Sabat."

Page 9: Pelajaran Sekolah Sabat ke-5 Triwulan II 2014

Waktu untuk BersukacitaNamun Yesus mengamati bahwa peraturan yang tak terhitung jumlahnya untuk memelihara hukum-hukum ini membuat hari Sabat menjadi hari yang ditakuti, bukannya menjadi hari sukacita dan persekutuan dengan Sang Pencipta.

Yesus berkata bahwa hari Sabat dibuat untuk kepentingan manusia, dan bukan sebaliknya. Artinya, hari Sabat tidak dibuat untuk disembah, tapi untuk memberikan kesempatan bagi kita untuk menyembah TUHAN. Ini adalah hadiah untuk semua manusia, dan tidak dimaksudkan untuk mengekang kita, namun untuk memberikan kelegaan dan penghiburan.

Page 10: Pelajaran Sekolah Sabat ke-5 Triwulan II 2014

" Untuk memelihara kesucian SABAT , kita tidak perlu terjebak di antara dinding-dinding yang menghalangi kita dari pemandangan alam yang indah , udara segar maupun keindahan langit . Kita tidak sepatutnya membiarkan beban dan transaksi komersial mengalihkan perhatian pikiran kita dari hari Sabat Tuhan yang telah dikuduskan . Kita tidak sepatutnya membiarkan pikiran kita memikirkan hal-hal yang bersifat duniawi. Tapi pikiran tidak dapat ditenteramkan, dihidupkan dan diangkat jika terkunci hampir sepanjang hari di antara dinding gereja dengan mendengarkan khotbah panjang dan membosankan juga doa formalitas.

E.G.W. (Testimonies for the Church, Volume 2, pg. 516)

Page 11: Pelajaran Sekolah Sabat ke-5 Triwulan II 2014

" Hari Sabat Tuhan telah disalahgunakan jika kita memperlakukannya dengan cara demikian. Tujuan ia dilembagakan tidak tercapai . Hari Sabat diadakan untuk manusia, untuk membuang pikiran duniawi, untuk merenungkan kebenaran dan kemuliaan Allah.

Adalah penting bagi umat Allah bertemu untuk membicarakan hal itu , untuk bertukar pikiran dan ide-ide tentang kebenaran dalam Firman-Nya , .... tidaklah patut kita menjalaninya dengan bermalas-malasan dan kurangnya minat terhadapnya"

E.G.W. (Testimonies for the Church, Volume 2, pg. 516)

Page 12: Pelajaran Sekolah Sabat ke-5 Triwulan II 2014

Waktu PenyembuhanMarkus 3:4 Kemudian kata-Nya kepada mereka: "Manakah yang diperbolehkan pada hari Sabat, berbuat baik atau berbuat jahat,

Markus 13:14 Tetapi kepala rumah ibadat gusar karena Yesus menyembuhkan orang pada hari Sabat, lalu ia berkata kepada orang banyak: "Ada enam hari untuk bekerja. Karena itu datanglah pada salah satu hari itu untuk disembuhkan dan jangan pada hari Sabat." Tunggu sampai Minggu untuk disembuhkan tidak melanggar hari Sabat?

Menanggapi tuduhan orang Farisi bahwa Yesus melanggar Sabat dengan menyembuhkan, ia mengingatkan mereka, "Bapa-Ku bekerja sampai sekarang, maka Aku pun bekerja juga." (Yohanes 5:17).

Markus 3:1-6Lukas 13:10-17

Yohanes 5:1-9

Yohanes 9:1-14

Page 13: Pelajaran Sekolah Sabat ke-5 Triwulan II 2014

Masa Depan Hari SABAT

“Sebab sama seperti langit yang baru dan bumi yang baru yang akan Kujadikan itu, tinggal tetap di hadapan-Ku, demikianlah firman TUHAN, demikianlah keturunanmu dan namamu akan tinggal tetap.Bulan berganti bulan, dan Sabat berganti Sabat, maka seluruh umat manusia akan datang untuk sujud menyembah di hadapan-Ku, firman TUHAN.” (Yesaya 66:22-23)

Page 14: Pelajaran Sekolah Sabat ke-5 Triwulan II 2014

"Pada awalnya, Bapa dan Anak telah beristirahat pada hari Sabat setelah pekerjaan penciptaan-Nya.

“Demikianlah diselesaikan langit dan bumi dan segala isinya." (Kejadian 2:1), Sang Pencipta dan

semua makhluk surgawi bersukacita penuh hikmat dalam pemandangan yang mulia. "pada waktu bintang-bintang fajar bersorak-sorak bersama-

sama, dan semua anak Allah bersorak-sorai" Ayub 38:7 ... Ketika pemulihan segala sesuatu terjadi,

seperti yang difirmankan Allah dengan mulut nabi-nabi-Nya yang kudus, sejak dahulu kala," SABAT, hari di mana Kristus beristirahat di makam Yusuf akan tetap menjadi hari istirahat dan sukacita.

Langit dan bumi akan bersatu dalam pujian pada hari Sabat, sementara bangsa yang diselamatkan

dengan sukacita menyembah Allah dan Anak Domba "E.G.W. (Maranatha, the Lord is coming, December 29)