pelajaran sekolah sabat ke-2 triwulan 4 2015

9
www.gmahktanjungpinang.org Adapted from : www.fustero.es Pelajaran 2 untuk 10 Oktober, 2015

Upload: david-syahputra

Post on 13-Apr-2017

52.341 views

Category:

Spiritual


0 download

TRANSCRIPT

Page 1: Pelajaran Sekolah SABAT ke-2 Triwulan 4 2015

www.gmahktanjungpinang.orgAdapted from : www.fustero.es Pelajaran 2 untuk 10 Oktober, 2015

Page 2: Pelajaran Sekolah SABAT ke-2 Triwulan 4 2015

KRISIS

DI DALAM

Yosua hingga Salomo

± 1400 – 931 BC

Kerajaan yang

terbagi

± 931 – 586 BC

DI LUAR

Babilon

PENYEBAB

Kesalahan-

kesalahan

Sikap dan

tingkah laku

Page 3: Pelajaran Sekolah SABAT ke-2 Triwulan 4 2015

Sejak Yosua Hingga Salomo“Mereka meninggalkan TUHAN, Allah nenek moyang mereka yang telah membawa mereka keluar dari tanah Mesir, lalu mengikuti allah lain, dari antara allah bangsa-bangsa di sekeliling mereka, dan sujud menyembah kepadanya, sehingga mereka menyakiti hati TUHAN.” (Hakim 2:12)PENYEBAB KRISIS SOLUSI DARI

ALLAH

Zaman Hakim-hakim

Meninggalkan ALLAH dan menyembah berhala-berhala.

Salomo meninggalkan ALLAH dan menyembah dewa-dewa kafir

± 1400 – 1050 BC

Ia mengutus para Hakim untuk melepaskan mereka. Ia juga menyatukan kerajaan mereka.

± 1050 – 931 BC

Ia membagi kerajaan mereka. Ia mengizinkan mereka menderita akibat perbuatan mereka sendiri.Zaman Kerajaan Israel Belum Terbagi

Page 4: Pelajaran Sekolah SABAT ke-2 Triwulan 4 2015

KERAJAAN YANG TERBAGI“Sesudah menimbang-nimbang, maka

raja membuat dua anak lembu jantan dari emas dan ia berkata kepada mereka: "Sudah cukup lamanya kamu pergi ke Yerusalem. Hai Israel, lihatlah sekarang allah-allahmu, yang telah menuntun engkau keluar dari tanah Mesir.!’” (1 Raja-raja 12:28)

Israel dengan cepat berpaling dari ALLAH dan mulai menyembah anak lembu jantan dari emas yang didirikan oleh Yerobeam. Tidak ada seorangpun Raja di Israel yang takut akan ALLAH. Akhirnya, Shalmaneser, Raja Assyiria menghancurkan kerajaan tersebut.

Setelah Salomo mati, 12 suku terbagi menjadi 2 kerajaan:

2. Kerajaan Selatan, Yehuda. 2 suku diperintah oleh Rehabeam, Putra Salomo.

1. Kerajaan Utara, Israel. 10 suku yang diperintah oleh Yerobeam.

Page 5: Pelajaran Sekolah SABAT ke-2 Triwulan 4 2015

“Ia (Amon) melakukan apa yang jahat di mata TUHAN seperti yang telah dilakukan Manasye, ayahnya. Amon mempersembahkan korban kepada segala patung yang dibuat Manasye, ayahnya, dan beribadah kepada patung-patung itu.” (2 Tawarikh 33:22) Hampir semua Raja-raja

Kerajaan Selatan (Yehuda) takut akan ALLAH.Meskipun demikian, kemurtadan menyebar ke seluruh kerajaan mereka sejak keruntuhan Kerajaan Utara (Israel).2 Raja yang paling jahat adalah:

Manasye dan Amon (2 Tawarikh 33: 9, 22).ALLAH mengutus nabi-nabi-Nya untuk menghindarkan mereka dari akibat-akibat dosa mereka.

KERAJAAN YANG TERBAGI

Page 6: Pelajaran Sekolah SABAT ke-2 Triwulan 4 2015

KRISIS Dari Luar: BABILON“Dan sekarang, Aku menyerahkan segala

negeri ini ke dalam tangan hamba-Ku, yakni Nebukadnezar, raja Babel; juga binatang di padang telah Kuserahkan supaya tunduk kepadanya.” (Yeremia 27:6) ALLAH tidak meninggalkan umat-

Nya selama krisis itu.Tetapi, mereka harus sepenuhnya taat kepada rencana ALLAH agar mereka dapat kembali memiliki persekutuan yang seutuhnya dengan-Nya.ALLAH mulai menundukkan semua bangsa kepada Babilon sejak mereka mengalahkan Mesir di Karkemis pada 605 BC.ALLAH menggunakan Yeremia untuk memberitahukan kepada Bangsa Yehuda agar menyerah kepada Babilon.Namun mereka tidak percaya bahwa ALLAH akan menggenapi Firman-Nya. Selama 20 tahun, mereka tidak mau bertobat, sejak Raja Yoyakim hingga Zedekia.

Page 7: Pelajaran Sekolah SABAT ke-2 Triwulan 4 2015

KESALAHAN-KESALAHAN“Sebab dua kali umat-Ku berbuat jahat: mereka meninggalkan Aku, sumber air yang hidup, untuk menggali kolam bagi mereka sendiri, yakni kolam yang bocor, yang tidak dapat menahan air.” (Yeremia 2:13)

ALLAH menjanjikan perlindungan dan kesehjateraan jika umat-Nya setia kepada-Nya (Yeremia 2:2-3). Namun, mereka meninggalkan ALLAH (“Sumber Air yang Hidup”) dan menyembah berhala (“kolam yang bocor”).

“Para imam tidak lagi bertanya: Di manakah TUHAN?’” “Orang-orang yang melaksanakan hukum tidak

mengenal Aku lagi.” “para gembala mendurhaka terhadap Aku.” “Para nabi bernubuat demi Baal, mereka mengikuti apa

yang tidak berguna.”

Apa yang dilakukan oleh para pemimpin mereka (Yeremia 2:8)?

Page 8: Pelajaran Sekolah SABAT ke-2 Triwulan 4 2015

“Lintasilah jalan-jalan Yerusalem, lihatlah baik-baik dan camkanlah! Periksalah di tanah-tanah lapangnya, apakah kamu dapat menemui seseorang, apakah ada yang melakukan keadilan dan yang mencari kebenaran, maka Aku mau mengampuni kota itu.” (Yeremia 5:1)

Mereka mengabaikan amaran ALLAH. Mereka tidak merenungkan perbuatan jahat mereka. Mereka tidak menyesali pikiran mereka yang dipenuhi dosa.Sebuah peringatan yang keras bagi kita, bagaimana hubungan kita dengan ALLAH saat ini? Apakah agama hanya sebuah formalitas? Sudahkah kita menyerahkan seluruh hati kita kepada ALLAH? Apakah kita hidup di dalam TUHAN setiap hari?

SIKAP DAN TINGKAH LAKU

Bangsa Israel berpikir bahwa mereka adalah bangsa yang baik sehingga ALLAH tidak akan pernah menghukum mereka. (Yeremiah 2:23).Ada perkataan menyatakan: “Ini bait TUHAN” (Yeremia 7:4). Semuanya baik-baik saja. Apakah selama mereka menyembah ALLAH di Bait-Nya, apapun perbuatan mereka yang lain tidak menjadi masalah?

Page 9: Pelajaran Sekolah SABAT ke-2 Triwulan 4 2015

E.G.W. (Selected Messages, book 2, cp. 53, pg. 400)