kelompok 2 perorangan dan komunikasi kelompok

Download Kelompok 2 Perorangan Dan Komunikasi Kelompok

Post on 07-Dec-2015

22 views

Category:

Documents

5 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

qwfc

TRANSCRIPT

  • KOMUNIKASI Perorangan &Komunikasi kelompokKelompok 2 :Sapuwan (2015.09)Junaidi (2015.10)Wayan (2015.11)dr. A.Kholid(2015.12)Katon (2015.13)Dr. Indah (2015.14)Romadhon (2015.15)Royzet (2015.16)

  • UMUMKom Orang atau Pok manusia dapat Ekspresi gagasan, perasaan,harapandankesan Sesama sehingga paham gagasan, perasaan dan kesan

  • UMUMKIP Antara Dua Orang komunikasi dari seseorang ke orang lain, dua arah interaksi verbal dan nonverbal yang menyangkut saling berbagi informasi dan perasaan.KIP Antara Tiga Orang/ lebih menyangkut komunikasi dari orang ke beberapa oarng lain (kelompok kecil). Masing-masing anggota menyadari keberadaan anggota lain, memiliki minat yang sama dan/atau bekerja untuk suatu tujuan.

  • Definisi dan Pendekatan KAPKAP (Komunikasi Antar Pribadi) komunikasi yang berlangsung dalam situasi tatap muka antara dua orang atau lebih, baik secara terorganisasi maupun pada kerumunan orang (Wiryanto, 2004)

    Komunikasi Interpersonal (KIP) interaksi orang ke orang, dua arah, verbal dan non verbal. Saling berbagi informasi dan perasaan antara individu dengan individu atau antar individu di dalam kelompok kecil (Febrina, 2008)

  • KAPEfektivitas KAPlima ciri efektifitas KAP sebagai berikut (1)Keterbukaan (openess) (2)Empati (empathy) (3)Dukungan (supportiveness) (4)Rasa positif (positiveness) (5)Kesetaraan (equality)

  • KAPDavid Berlo (1997) mengembangkan konsep empati menjadi teori komunikasi. Empat tingkat ketergantungan komunikasi adalah :peserta komunikasi memilih pasangan sesuai dirinyatanggapan yang diharapkan berupa umpan balikindividu mempunyai kemampuan untuk menanggapiterjadi pergantian peran untuk mencapai kesamaan pengalaman dalam perilaku empati.

  • Manfaat lain dari Komunikasi Interpersonal adalah:memahami lebih mendalam sikap/perilaku diri sendiriBelajar membuka diri pada orang lainMengetahui dunia luar/ memahami lingkungan dengan baik (objek, kejadian-kejadian orang lain)Menciptakan dan memelihara hubungan menjadi lebih bermaknaMengubah sikap dan perilakuBermain dan mencari hiburanMembantu orang lain.

  • FUNGSI KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI

    a)Meningkatkan hubungan insane (human relations).b)Menghindari dan mengatasi konflik pribadi.c)Mengurangi ketidakpastian sesuatu.d)Berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan orang lain

  • KOMUNIKASI KELOMPOKInteraksi tatap muka antara tiga orang atau lebih dengan tujuan yang telah diketahui, seperti berbagi informasi, pemecahan masalah yang mana anggota-anggotanya dapat mengingat karakteristik pribadi anggota yang lain secara tepat. (Michael Burgoon, 1978).

  • MEDIA YANG DIGUNAKAN

  • Komunikasi Massa

    pesan yang disampaikan tidak ditujukan pada satu orang saja, tetapi bagi semua orang /khalayak

  • Penyuluhan kesehatankegiatan pendidikan yang dilakukan dengan cara menyebarkan pesan, menanamkan keyakinan, sehingga masyarakat tidak saja sadar, tahu dan mengerti, tetapi juga mau dan bisa melakukan suatu anjuran yang ada hubungannya dengan kesehatan

  • Tujuan penyuluhan kesehatangabungan berbagai kegiatan dan kesempatan yang berlandaskan prinsip-prinsip belajar untuk mencapai suatu keadaan, dimana individu, keluarga, kelompok atau masyarakat secara keseluruhan ingin hidup sehat, tahu bagaimana caranya dan melakukan apa yang bisa dilakukan, secara perseorangan maupun secara kelompok dan meminta pertolongan

  • Pendidikan kesehatan

    suatu proses perubahan pada diri seseorang yang dihubungkan dengan pencapaian tujuan kesehatan individu, dan masyarakat

  • Tujuan pendidikan kesehatanTercapainya perubahan perilaku individu, keluarga dan masyarakat dalam membina dan memelihara perilaku hidup sehat dan lingkungan sehat, serta berperan aktif dalam upaya mewujudkan derajat kesehatan yang optimal.Terbentuknya perilaku sehat pada individu, keluarga, kelompok dan masyarakat yang sesuai dengan konsep hidup sehat baik fisik, mental dan sosial sehingga dapat menurunkan angka kesakitan dan kematian.