kata pengantar survey ikm taruna gembala mandiri tahun 2015

Upload: baihaqi-bin-muhammad-daud

Post on 08-Jan-2016

8 views

Category:

Documents


0 download

DESCRIPTION

IKM Survey

TRANSCRIPT

HASIL SURVEI INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT

[SURVEI INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT PADA KELOMPOK PAKAN TERNAK TARUNA GEMBALA MANDIRI]Periode 2015

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan Kehadirat Allah SWT yang telah memberikan Rahmat dan Hidayah-Nya, sehingga kami dapat melaksanakan Survei Kepuasan Masyarakat pada Kelompok Pakan Ternak Taruna Gembala Mandiri kampung Paya Bedi, kecamatan Rantau, kabupaten Aceh TamiangDalam rangka pelaksanaan program tanggung jawab sosial perusahaan, PT Pertamina EP-Field Rantau wajib melakukan survey indeks kepuasan masyarakat. Survey yang dilakukan bertujuan untuk melihat sejauhmana tingkat kepuasan yang diterima oleh anggota penerima manfaat dari program CSR sekaligus memberikan ruang partisipatif bagi masyarakat bagi keberlanjutan program ini.

Survey IKM yang dilakukan pada tahun ini merupakan survey IKM pertama terhadap pelaksanaan program CSR PT Pertamina EP-Field Rantau. Survey IKM ini merupakan bagian dari kegiatan pendampingan yang dilakukan oleh mitra PT Pertamina EP-Field Rantau melalui LP2K yang mendapatkan amanah untuk melakukan pendampingan terhadap kelompok pakan ternak Taruna Gembala Mandiri selama satu tahun kedepan. Dalam survey IKM ini LP2K telah melakukan wawancara kepada 12 anggota kelompok dengan latar profesi yang berbeda-beda dimulai dari tanggal 25-27 Agustus 2015.Pertanyaan-pertanyaan yang muncul dalam lembaran pertanyaan merujuk kepada Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor Kep/25/M.Pan/2/2004 tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat pada Unit Pelayanan Instansi Pemerintah dan swasta. Hasil akhir survey IKM tahun 2015 ini diharapkan menjadi bahan masukan dalam rangka peningkatan keupayaan dan penguatan kelompok terhadap program CSR yang digulirkan pada kelompok tersebut. Survey IKM yang dilakukan memberikan gambaran terkini sejauhmana program CSR tersebut memberikan dampak signifikan terhadap kemajuan kelompok dan menjadi proses pembelajaran pada masa yang akan datang.MeIalui hasil survei ini, diharapkan agar menjadi motivasi dalam peningkatan kualitas pelayanan kepada Kelompok Pakan Ternak Taruna Gembala Mandiri melalui program CSR sekaligus mewujudkan tata kelola organisasi yang responsif, partisipatif, akuntabel dan mandiri.

Kami mengucapkan banyak terima kasih atas dukungan semua pihak terutama Kelompok Pakan Ternak Taruna Gembala Mandiri yang menjadi responden ketika survey dilakukan.Akhirnya harapan kami agar laporan akhir ini dapat bermanfaat bagi kelompok terkait dengan pelaksanaan program CSR yang sedang berlangsung di tengah kelompok.

DAFTAR ISI

Kata Pengantar... i

Daftar Isi ............................................................................................... iiiDaftar Tabel ..

v

1. Latar Belakang. 1 2 Tujuan Kegiatan....... 2 3 Manfaat Kegiatan... 3

4 Sasaran Kegiatan

3

5 Jadwal Kegiatan..

4

6 Metodologi

4

7 Unsur Indeks Kepuasan.

4

8 Hasil yang ingin dicapai........ 6

9 Hasil Pengukuran IKM pada Kelompok Pakan Ternak Taruna Gembala Mandiri.

6

10 Evaluasi Unsur Terlemah10

11 Kesimpulan dan Rekomendasi

11

LEMBAR LAMPIRAN.....................14 1. Rekapitulasi Hasil Survey IKM pada Kelompok Pakan Ternak Taruna Gembala Mandiri Tahun 2015................................

142. Hasil Perhitungan Survey IKM pada Kelompok Pakan TernakTaruna Gembala Mandiri...................

143. Dokumentasi Kegiatan............................................................15DAFTAR TABEL

Tabel 1. Kategorisasi Mutu Pelayanan

7Tabel 2. Hasil Survey IKM pada Kelompok Pakan Ternak Taruna Gembala Mandiri Tahun 2015.............................. 7Tabel 3. Nilai Rata-rata (NRR) 14 Unsur Pelayanan Tahun 2015................... 8Tabel4. Nilai Rata-rata (NRR) 14 Unsur Pelayanan Tahun 2015................... 9Tabel 5.Unsur Pelayanan Terlemah/Di bawah rata-rata pada Kelompok Pakan Ternak Taruna Gembala Mandiri Tahun 2015............................... 10

Langsa, 2 September 2015

Direktur LP2K

ISWANTARA ADI NUGRAHA

PAGE iv