$325$1 - laporan inventarisasi gas rumah kaca dan mpv 2018 iii - shqxuxqdqhplvlvhehvdu -xwd7rq&2...

Download $325$1 - Laporan Inventarisasi Gas Rumah Kaca dan MPV 2018 iii - SHQXUXQDQHPLVLVHEHVDU -XWD7RQ&2 HDWDX

Post on 18-Feb-2020

1 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

  • LAPORAN INVENTARISASI GAS RUMAH KACA DAN MONITORING, PELAPORAN VERIFIKASI TAHUN 2018

    KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN

    DIREKTORAT JENDERAL PENGENDALIAN PERUBAHAN IKLIM

    DIREKTORAT INVENTARISASI GAS RUMAH KACA DAN MPV

  •  

    Laporan Inventarisasi Gas Rumah Kaca dan MPV 2018 i -

    Laporan Inventarisasi Gas Rumah Kaca (GRK) dan Monitoring, Pelaporan, Verifikasi (MPV) Tahun 2018 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim Direktorat Inventarisasi Gas Rumah Kaca, Monitoring, Pelaporan dan Verifikasi 2019

  •  

    Laporan Inventarisasi Gas Rumah Kaca dan MPV 2018 ii -

    Ringkasan Eksekutif Pada periode pertama, target Nationally Determined Contribution (NDC) Indonesia adalah mengurangi emisi sebesar 29% dengan upaya sendiri dan menjadi 41% dengan dukungan kerja sama internasional dari kondisi tanpa ada aksi (business as usual) pada tahun 2030. Komitmen NDC Indonesia untuk periode selanjutnya ditetapkan berdasarkan kajian kinerja dan harus menunjukkan peningkatan dari periode selanjutnya. Guna pelaksanaan kegiatan monitoring dan evaluasi terhadap target yang tertuang dalam NDC tersebut, perlu dilakukan upaya untuk memberikan gambaran lengkap tentang data dan informasi pencapaian komitmen Indonesia secara berkala, yang kredibel dengan mengikuti kaidah Clarity, Transparency, Understanding (CTU) dan diakui di tingkat internasional. Hal ini penting, karena pada gilirannya capaian komitmen Indonesia akan diakumulasikan dengan capaian dari Negara Pihak lainnya untuk mendapatkan gambaran pencapaian global sebagai bagian dari proses global stocktaking.

    Untuk itu telah disusun berbagai regulasi/pedoman untuk mendukung pelaksanaan Inventarisasi Gas Rumah Kaca (GRK) dan Measurement, Reporting dan Verification (MRV) baik berupa pedoman teknis maupun pengaturan kelembagaannya. Sebagai gambaran dalam mendukung pelaksanaan inventarisasi GRK dan MRV telah disusun dua buku yakni Panduan Penyusunan Metodologi Penghitungan Penurunan Emisi dan/ atau Peningkatan Serapan GRK (Perdirjen PPI Nomor 09 Tahun 2018) dan Buku Pedoman Penjaminan dan Pengendalian Mutu (Quality Control/ Quality Assurance) Inventarisasi GRK Indonesia (Perdirjen PPI Nomor 10 Tahun 2018). Sebagai aksi nyata pelaksanaan mandat yang tertuang dalam regulasi tersebut, telah disusun secara berkala Laporan Inventarisasi GRK dan Monitoring, Pelaporan dan Verifikasi (MPV) Nasional. Laporan ini secara garis besar memotret tentang data dan informasi profil emisi GRK yang meliputi (1). Nilai emisi baseline periode 2010-2030; (2). Penghitungan inventarisasi GRK tahun 2010 – 2017; (3). Capaian angka penurunan emisi GRK yang diperoleh dari pengurangan angka emisi baseline tahun 2017 dan penghitungan inventarisasi GRK tahun 2017; dan (4). Capaian penurunan emisi GRK terverifikasi dari aksi mitigasi yang dilakukan oleh Kementerian/Lembaga pada tahun 2015-2017. Selain itu juga disajikan informasi terkait regulasi/panduan serta upaya tindaklanjut perbaikan ke depan (plan of improvement). Hasil perhitungan inventarisasi GRK nasional yang tertuang dalam laporan ini menunjukkan tingkat emisi GRK di tahun 2017 menjadi sebesar 1.150.772 Gg CO2e, atau meningkat sebesar 124.879 Gg CO2e dibanding tingkat emisi tahun 2000. Sedangkan kontribusi penurunan emisi secara nasional pada tahun 2017 terhadap target yang ditetapkan dalam NDC tahun 2030 adalah sebesar 24,7% dari target

  •  

    Laporan Inventarisasi Gas Rumah Kaca dan MPV 2018 iii -

    penurunan emisi sebesar 834 Juta Ton CO2e atau 29% dari BAU. Kontribusi dimaksud berasal dari sektor energi sebesar 7,30%, sektor IPPU sebesar 0,02%, sektor kehutanan sebesar 17,54%, sektor pertanian -0,25%, dan sektor limbah sebesar 0,03%. Laporan ini disusun dengan melibatkan Kementerian/Lembaga terkait, BAPPENAS, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian serta Pemerintah Daerah, dengan tujuan untuk memberikan gambaran yang lengkap kepada seluruh pemangku kepentingan terhadap pencapaian komitmen Indonesia dalam aksi menanggulangi dampak perubahan iklim. Selain itu, semua proses yang dilakukan dalam penyusunan laporan ini dapat dijadikan sebagai pijakan awal dalam mewujudkan pilar “Kebijakan Satu Data GRK” yang merupakan salah satu dari Sembilan Strategi Implementasi NDC.

  •  

    Laporan Inventarisasi Gas Rumah Kaca dan MPV 2018 iv -

    SAMBUTAN

    Nationally Determined Contribution (NDC) merupakan jantung dari Paris Agreement yang tercapai dalam konferensi COP21 tahun 2015 lalu. NDC merupakan perwujudan dari upaya setiap negara untuk mengurangi emisi dan beradaptasi terhadap dampak perubahan iklim. NDC Indonesia menggambarkan transisi dan komitmen peningkatan aksi menuju pembangunan rendah emisi dan berketahanan iklim periode 2015-2019 yang menjadi landasan untuk menentukan tujuan lebih ambisius pasca-2020 dalam rangka pencegahan kenaikan temperature global sebesar 2oC dan berupaya membatasi kenaikan temperature global sebesar 1,5oC dibandingkan masa pra-industri.

    Dalam konteks penurunan emisi Gas Rumah Kaca (GRK), telah dilakukan aksi mitigasi perubahan iklim oleh berbagai pihak, pemerintah, masyarakat dan dunia usaha, dimana seluruh aktivitas terkait aksi mitigasi terekam dalam Sistem Registri Nasional Pengendalian Perubahan Iklim (SRN PPI) sedangkan tingkat dan status emisi GRK telah termonitor dalam Sistem Informasi GRK Nasional yang Sederhana, Mudah, Akurat, Ringkas dan Transparan (SIGN SMART). Guna mendukung sistem dalam penyediaan kebutuhan data dan informasi yang kredibel dengan mengikuti kaidah Clarity, Transparency, Understanding (CTU) dan diakui di tingkat internasional, telah disusun dua buku yakni Panduan Penyusunan Metodologi Penghitungan Penurunan Emisi dan/ atau Peningkatan Serapan GRK dan Buku Pedoman Penjaminan dan Pengendalian Mutu (Quality Control/ Quality Assurance) Inventarisasi GRK Indonesia.

    Dari semua modalitas yang tersedia baik berupa pembangunan sistem informasi maupun regulasi tersebut, telah menghasilkan data dan informasi secara berkala berupa profil emisi GRK dan capaian target emisi GRK terverifikasi yang terhimpun ke dalam Laporan Inventarisasi GRK dan Monitoring, Pelaporan dan Verifikasi (MPV).

    Diharapkan laporan ini dapat digunakan dalam melakukan monitoring dan evaluasi progres implementasi NDC menuju pencapaian komitmen target penurunan emisi sebesar 29% dari BAU 2030 dengan upaya sendiri, dan sampai dengan 41% dengan bantuan internasional.

    Ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada semua pihak atas kontribusi dalam penyediaan data hingga tersusunnya Laporan Inventarisasi GRK dan MPV Tahun 2018. Semoga sumbangsih pemikiran untuk langkah perbaikan kedepan akan terus terjalin guna mewujudkan komitmen Indonesia menuju pencapaian NDC 2030.

    Jakarta, Maret 2019 Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dr. Ir. Siti Nurbaya, M.Sc

  •  

    Laporan Inventarisasi Gas Rumah Kaca dan MPV 2018 v -

    KATA PENGANTAR

    Kerangka waktu periode komitmen I (pertama) implementasi NDC dimulai pada tahun 2020 dan secara regular dilakukan pembaharuan (update) lima tahun sekali sesudahnya sesuai dengan Paris Agreement. Untuk itu diperlukan upaya pemantauan yang mencakup kerangka waktu tahun 2017-2019 (pra-2020) dan tahun 2020-2030 (pasca-2020).

    Upaya monitoring dan evaluasi terhadap capaian penurunan emisi secara berkala telah dilakukan dengan membandingkan emisi Baseline dan tingkat emisi dari hasil penghitungan inventarisasi Gas Rumah Kaca (GRK). Perolehan angka penurunan emisi GRK tersebut selanjutnya diterjemahkan kedalam bentuk aksi mitigasi

    yang telah dilakukan oleh Kementerian/ Lembaga, dunia usaha, maupun penanggungjawab aksi lainnya yang selanjutnya dilakukan proses MRV (Measurement, Reporting and Verification). Sebagaimana laporan tahun sebelumnya, Laporan Inventarisasi GRK dan Monitoring, Pelaporan dan Verifikasi (MPV) secara garis besar mencakup data dan informasi Profil emisi GRK yang meliputi: 1. Nilai emisi baseline periode 2010-2030, dimana nilai emisi baseline pada tahun 2017

    sebesar 1.860 Juta ton CO2e; 2. Data penghitungan inventarisasi GRK tahun 2010 – 2017 yang menunjukkan angka pada

    tahun 2017 sebesar 1.151 Juta ton CO2e; 3. Capaian angka penurunan emisi GRK yang diperoleh dari pengurangan angka emisi

    baseline tahun 2017 dan penghitungan inventarisasi GRK tahun 2017 yakni sebesar 709 Juta ton CO2e;

    4. Capaian penurunan emisi GRK terverifikasi dari aksi mitigasi yang dilakukan oleh Kementerian/ Lembaga pada tahun 2015-2017 sebesar 350,73 Juta ton CO2e.

    Selain data dan informasi profil emisi, juga disajikan informasi terkait regulasi/ panduan serta upaya tindak lanjut perbaikan kedepan (plan of improvement). Diharapkan laporan ini dapat dijadikan sebagai acuan dalam mempercepat proses dan memberikan gambaran lengkap tehadap pencapaian komitmen Indonesia di tataran global. Ucapan terima kasih disampaikan kepada berbagai pihak yang berkontribusi dalam penyusunan Laporan ini. Jakarta, Maret 2019 Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim Dr. Ir. Ruandha Agung Sugardiman, M.Sc

  •  

    Laporan Inventarisasi Gas Rumah Kaca dan MPV 2018 vi -

    Laporan Inventarisasi Gas Rumah Kaca (GRK) dan Monitoring, Pelaporan, Verifikasi (MPV) Tahun 2018.

    TIM PENYUSUN

    Pengarah: Ruandha Agung Sugardiman Penanggungjawab: Joko Prihatno Penyusun: 1.