borang s2 pai

Click here to load reader

Post on 06-Aug-2015

861 views

Category:

Documents

16 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

BORANG AKREDITASI PROGRAM STUDI MAGISTER PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS ISLAM NUSANTARA BANDUNG 2012

Borang Akreditasi Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam UNINUS

1

BORANG PROGRAM STUDI IDENTITASProgram Studi (PS) Unit Pengelola Program Studi Perguruan Tinggi Nomor SK Pendirian Tanggal SK Pendirian Pejabat Penandatangan SK Pendirian : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

: PASCASARJANA UNIVERSITAS ISLAM NUSANTARA : UNIVERSITAS ISLAM NUSANTARA : DJ.I/385/2010 : 15 Juni 2010

: Prof. Dr. Achmad Sanusi, SH., MPA.

Bulan & Tahun Dimulainya Penyelenggaraan : 15 Juni 2010 Alamat Progam Studi No. Telepon No. Faksimili Homepage dan E-mail : Jl. Soekarno Hatta No. 530 Bandung : 022-7509759 : 022-7509656 : http://www.pascapai.uninus.ac.id

Borang Akreditasi Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam UNINUS

2

IDENTITAS PENGISI BORANG PROGRAM STUDI

Nama NIDN Jabatan Tanggal Pengisian Tanda Tangan

: Dr. Nurrohman, MA. : : Ketua Prodi Magister Pendidikan Agama Islam : 12-04-2012:

Nama NIDN Jabatan Tanggal Pengisian Tanda Tangan

: Aan Daryana, SE, M.M.Pd. : : Sekretaris Jurusan Prodi Pendidikan Agama Islam : 12-04-2012 :

Nama NIDN Jabatan Tanggal Pengisian Tanda Tangan

: Abdul Kholik : : Kabag TU Prodi Magister Pendidikan Agama Islam : 12-04-2012 :

Nama NIDN Jabatan Tanggal Pengisian Tanda Tangan

: ...................................................................... : ...................................................................... : ...................................................................... : :

--

Borang Akreditasi Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam UNINUS

3

STANDAR 1. VISI, MISI, TUJUAN DAN SASARAN, SERTA STRATEGI PENCAPAIAN1.1 Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran, serta Strategi Pencapaian 1.1.1 Mekanisme penyusunan visi, misi, tujuan dan sasaran Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam UNINUS serta pihak-pihak yang dilibatkan

Visi, Misi, tujuan dan sasaran Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Nusantara, disusun dengan mengacu pada Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Program Pascasarjana Universitas Islam Nusantara, di mana Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Program Pascasarjana Universitas Islam Nusantara (PPs Universitas Islam Nusantara) sendiri diturunkan dari Visi Universitas Islam Nusantara yang tercantum di dalam Statuta Universitas Islam Nusantara. Penyusunan visi, misi, tujuan dan sasaran pada program studi Magister Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Nusantara, dilakukan melalui tahapan-tahapan yang melibatkan segenap stakeholder atau pemangku kepentingan Internal seperti dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa; maupun eksternal seperti alumni, pengguna lulusan, dan sebagainya.

Visi Program Studi Dengan tetap berpedoman pada Visi PPs Universitas Islam Nusantara, yaitu: Dalam kurun waktu sepuluh tahun program Program Pascasarjana Universitas Islam Nusantara memiliki keunggulan institusional dengan komitmen keilmuan, keahlian dan profesionalisme, dijiwai keimanan dan ketaqwaan terhadap Allah SWT serta kejujuran dan keterbukaan maka Visi Program Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam adalah: Dengan menjunjung tinggi keimanan, kejujuran dan keterbukaan dalam kurun waktu lima tahun Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam menjadi salah satu lembaga pendidikan unggulan, diterima dan mendapat pengakuan dari stakeholders, serta menjadi rujukan bagi program studi sejenis.

Borang Akreditasi Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam UNINUS

4

Misi Program Studi Misi Umum: 1) Mengembangkan ilmu Pendidikan Agama Islam melalui kajian pustaka, penelitian lapangan, penelitian dan pengabdian kepada dan kegiatan kegiatan ilmiah lainnya; 2) Menghasilkan ilmuwan dan tenaga pendidikan professional yang mampu melakukan pengembangan ilmu dan melaksanakan tugas kependidikan dalam berbagai jalur, jenjang, jenis dan lingkup pendidikan; 3) Bekerjasama dengan berbagai instansi pemerintah dan swasta dalam mengembangkan pendidikan, berperan serta dalam pengembangan masyarakat dibidang pendidikan. Misi Khusus: 1) Menghasilkan ilmuwan dan pendidik agama Islam yang professional dalam bidang lingkup pendidikan makro dan meso, pada berbagai jalur, jenjang dan jenis pendidikan tingkat satuan pendidikan, kota/ kabupaten dan provinsi. 2) Mengembangkan pendidikan agama Islam yang berbasis kearifan lokal dan berwawasan kebangsaan. Tujuan Program Studi Tujuan Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Nusantara adalah sebagai berikut: 1) Menyiapkan lulusan sebagai anggota masyarakat ilmiah yang mandiri, memiliki kemampuan akademik dan profesional untuk bersaing dalam situasi yang makin kompleks, berperilaku yang menunjukkan keteladanan, dapat mengambil keputusan secara tepat, berprestasi dalam menerapkan dan menularkan ilmu dan teknologi dalam bidang manajemen pendidikan. 2) Melahirkan lulusan yang mampu menampilkan diri dengan pemikiran yang strategis, inovatif, kontekstual dan transformatif, dengan kinerja profesional dan wawasan kreatif dalam kerjasama tim serta memiliki kepribadian unggul, berdasarkan manajemen strategis dan manajemen mutu terpadu.

Borang Akreditasi Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam UNINUS

5

Sasaran dan Strategi Pencapaian Sasaran Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam adalah menyiapkan lulusan sebagai anggota masyarakat ilmiah yang mandiri, memiliki kemampuan akademik dan profesional untuk bersaing dalam situasi yang makin kompleks, berperilaku yang menunjukkan keteladanan, dapat mengambil keputusan secara tepat, berprestasi dalam menerapkan dan menularkan ilmu dan teknologi dalam bidang manajemen pendidikan. Strategi dasar yang dikembangkan adalah strategi diferensiasi, yang berarti Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam berupaya menunjukkan perbedaan dengan program studi sejenis yang berada di perguruan tinggi lain. Strategi membangun diferensiasi ini dilakukan dengan pendekatan mutu sebagai modus existence PPs UNINUS dan Program S-2 Magister Pendidikan Agama Islam. Ada 4 aspek yang diperhatikan dalam strategi peningkatan mutu yang dilakukan Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam yang terfokus pada kepuasan pelanggan/stakeholders internal dan eksternal, yaitu: 1. 2. 3. 4. Keputusan diambil berdasarkan fakta Melakukan perbaikan berkelanjutan Kebermutuan menjadi komitmen setiap orang yang berada dalam organisasi Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam, dan Berfokus pada proses-proses yang berjalan dalam organisasi.

Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam melakukan upaya-upaya perbaikan kualitas yang dimulai dengan perubahan/ penyempurnaan visi, misi dan tujuan program studi. Selanjutnya dilakukan perbaikan dan penyempuranaan bidang-bidang yang harus ditambah dan dikurangi, serta pengembangan norma, standar, pedoman dan manual untuk bidang-bidang yang harus dibuat. Peningkatan kapasitas kelembagaan dilakukan melalui tiga jalur yaitu sistem, kebijakan dan sumberdaya manusia. Pengembangan/ penyesuaian tersebut dilakukan dengan memperhatikan kondisi dan perubahan pada lingkungan eksternal dan internal. Pilihan strategi dengan memperhatikan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman serta usia dan tingkat perkembangan Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam UNINUS adalah strategi konsolidasi. Dengan strategi ini, Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam UNINUS berusaha mendayagunakan kekuatan/kelebihan yang dimilikinya untuk mengatasi kelemahan dan menghindari ancaman. Meski demikian, sampai tingkat tertentu, Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam UNINUS juga memanfaatkan peluang yang tersedia. Pemanfaatan peluang itu lebih dilihat dalam kerangka sebagai upaya menghindari ancaman.

Borang Akreditasi Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam UNINUS

6

1.2

Sosialisasi

Agar dapat dipahami dan dilaksanakan dengan baik, visi, misi, tujuan dan sasaran Program Magister Pendidikan Agama Islam tersebut didokumentasikan di dalam beberapa dokumen tercetak seperti: Pedoman Pascasarjana Universitas Islam Nusantara (diterbitkan setiap tahun dan dibagikan secara cuma-cuma), dan Rencana Pengembangan Program Pascasarjana Universitas Islam Nusantara, serta dokumen elektronik di website http://www.pascapai.uninus. ac.id Selain itu, upaya penyebaran atau sosialisasi visi, misi dan tujuan Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam UNINUS secara partisipatif melibatkan seluruh civitas akademika (dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan). Sejak awal para mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan diberikan gambaran berkenaan dengan visi, misi dan tujuan Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam UNINUS. Hal ini dimaksudkan agar visi, misi dan tujuan Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam UNINUS menjadi milik, dapat dipahami dan didukung oleh seluruh pemangku kepentingan program studi.

Borang Akreditasi Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam UNINUS

7

STANDAR 2. TATA PAMONG, KEPEMIMPINAN, SISTEM PENGELOLAAN, DAN PENJAMINAN MUTU2.1 Sistem Tata Pamong a. Nilai Dasar Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Nusantara membangun dan mengembangkan diri dengan berkomitmen terhadap nilai-nilai dasar yang mencakup: 1) Nilai keislaman (nilai teologis) yang bersumber dari al-Quran dan alHadist. 2) Nilai-nilai kebangsaan yang menjadi acuan normatif pengembangan kebijakan pendidikan di Indonesia. 3) Nilai-nilai profesional, baik profesionalisasi pengelola maupun profesionalisasi lulusan. Dengan mengacu pada nilai teologis, nilai teleologis, nilai logis, nilai etis, dan nilai estetis. Tata pamong yang dituju adalah bersifat: - Kredibel, di mana ditandai dengan adanya kode etik dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan, dimana semua sikap dan perilaku