rpp peluang pertemuan 3 dan 4 kelas 7 kur 2013

20
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) PELUANG (PERTEMUAN ke 3 – 4, dari 4 PERTEMUAN ) Nama Sekolah : MTs RAUDLATUL HUDA Mata Pelajaran : Matematika Kelas / Semester : VII / Dua Materi Pokok : Peluang a) Nilai empirik kejadian majemuk dan kisaran peluang. b) Peluang komplemen suatu kejadian. Alokasi Waktu : 5 jp @ 40 menit ( 2 x pertemuan ) Pertemuan ke : 3 – 4, dari 4 pertemuan. A. Kompetensi Inti 1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. 2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya. 3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata. 4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori. B. Kompetensi Dasar dan Indikator No Kompetensi Dasar Indikator 1 1.1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. 1.1.1 Bersemangat dalam pembelajaran matematika. 1.1.2 Serius dalam pembelajaran matematika.

Upload: umar-fauzi

Post on 08-Jan-2017

210 views

Category:

Education


8 download

TRANSCRIPT

Page 1: Rpp peluang pertemuan 3  dan 4 kelas 7 kur 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)PELUANG

(PERTEMUAN ke 3 – 4, dari 4 PERTEMUAN )

Nama Sekolah : MTs RAUDLATUL HUDAMata Pelajaran : MatematikaKelas / Semester : VII / DuaMateri Pokok : Peluang a) Nilai empirik kejadian majemuk dan kisaran peluang. b) Peluang komplemen suatu kejadian.Alokasi Waktu : 5 jp @ 40 menit ( 2 x pertemuan ) Pertemuan ke : 3 – 4, dari 4 pertemuan.

A. Kompetensi Inti1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,

gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B. Kompetensi Dasar dan IndikatorNo Kompetensi Dasar Indikator1 1.1 Menghargai dan menghayati

ajaran agama yang dianutnya.1.1.1 Bersemangat dalam pembelajaran matematika.1.1.2 Serius dalam pembelajaran matematika.

2 3.2 Memiliki sikap terbuka, santun, objektif, menghargai pendapat dan karya teman dalam interaksi kelompok maupun aktivitas sehari-hari.

3.2.1 Memiliki sikap terbuka dalam memberi / menerima kritik/saran orang lain. 3.2.2 Menghargai pendapat/karya orang lain.

3 4.9 Melakukan percobaan untuk menemukan peluang empirik dari masalah nyata serta menyajikannya dalam bentuk tabel dan grafik

4.9.1. Menentukan nilai peluang empirik suatu kejadian majemuk. 4.9.2. Menuliskan kisaran nilai peluang.4.9.3. Menyajikan data hasil percobaan dalam tabel. 4.9.4. Menentukan peluang komplemen suatu kejadian .

C. Tujuan Pembelajaran KI 1 dan KI 2 Peserta didik :

1.1.1 bersemangat dalam pembelajaran matematika.

Page 2: Rpp peluang pertemuan 3  dan 4 kelas 7 kur 2013

1.1.2 serius dalam pembelajaran matematika.3.2.1 menghargai pendapat/karya orang lain.3.2.2 memiliki sikap terbuka dalam memberi/menerima kritik/saran orang lain.

KI 3 dan KI 4

Pertemuan ke 3 Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat :

4.9.1. Menentukan nilai peluang empirik suatu kejadian majemuk. 4.9.2. Menuliskan kisaran nilai peluang. 4.9.3. Menyajikan data hasil percobaan dalam tabel.

Pertemuan ke 4 Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran, peserta didik dapat : 4.9.4. Menentukan peluang komplemen suatu kejadian

D. Materi Pembelajaran a) Nilai empirik kejadian majemuk dan kisaran peluang. b) Peluang komplemen suatu kejadian.

E. Metode Pembelajaran Pendekatan saintifik.

F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran a) Media 1. Koin. 2. Dadu bersisi 6 b) Alat dan bahan 1. 2. c) Sumber Belajar 1. Buku siswa halaman162-169, dan buku guru halaman 428-436. 2. Buku matematika pendamping untuk SMP kelas VII.

G. Langkah-Langkah pembelajaran. Pertemuan ke 3, dari 4 Pertemuan ( 2 jp / 80 menit )

a. Pendahuluhan ( 10 menit ) 1) Guru mengucapkan salam, peserta didik menjawabnya, dilanjutkan dengan mengkondisi kan siswa untuk siap mengikuti pembelajaran. 2) Dengan tanya jawab, guru mengingatkan kembali tentang peluang suatu kejadian . 3) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. 4) Guru menyampaikan lingkup materi dan kegiatan pembelajaran, dan menegaskan pelaksanaan penilaian. 5) Siswa membentuk kelompok, dengan bimbingan Guru.

b. Kegiatan Inti ( 60 menit )1) Mengamati

a) Peserta didik diminta mengamati permasalahan yang berkaitan dengan konsep peluang pada buku pendamping halaman 276 bagian D, dan pada buku siswa kelas 7 halaman 166 ( masalah 4.3 ).

Page 3: Rpp peluang pertemuan 3  dan 4 kelas 7 kur 2013

2) Menanya a) Secara berpasangan, peserta didik diminta untuk menuliskan beberapa pertanyaan terkait dengan permasalahan yang telah diamati pada buku pendamping maupun buku siswa.

3) Menggali Informasi a) Peserta didik secara berpasangan diminta membaca dan memahami serta mengerjakan lembar LKS pada buku pendamping halaman 273 s/d 276. b) Peserta didik secara berpasangan berdiskusi dan melakukan percobaan untuk melengkapi tabel 4.6 , tabel 4.7, dan tabel 4.8 ( buku siswa kelas 7 halaman 163 s/d 164 ). 4) Mengolah data (informasi) a) Secara berkelompok, peserta didik mencoba untuk menyelesaikan beberapa persoalan yang telah diamati yaitu pada buku pendamping halaman 276 bagian D, dan pada buku siswa kelas 7 halaman 166 ( masalah 4.3 ). 5) Mengkomunikasikan a) Salah satu peserta didik mempresentasikan hasil diskusinya / pekerjaannya. b) Peserta didik lainnya merespon atas presentasi yang disajikan, misal bertanya, mengkonfirmasi, melengkapi informasi, ataupun tanggapan lainnya. c) Guru memberi umpan balik atau konfirmasi.

b. Penutup ( 10 menit ) 1. Peserta didik bersama guru membuat kesimpulan tentang penentuan peluang empirik dari suatu kejadian, dan kisaran nilai peluang. 2. Setiap kelompok diberikan perolehan penghargaan berkaitan dengan aktivitas kelompok. 3. Untuk penguatan, peserta didik diberi tugas mandiri (PR) pada buku siswa halaman 167 ( melengkapi tabel 4.11). 4. Guru menyampaikan materi pembelajaran berikutnya, agar siswa mempersiapkan untuk pertemuan selanjutnya. 5. Guru menutup pembelajaran dengan mengucap salam. Pertemuan ke 4, dari 4 Pertemuan ( 3 jp / 120 menit )

a. Pendahuluhan ( 10 menit ) 1) Guru mengucapkan salam, peserta didik menjawabnya, dilanjutkan dengan mengkondisi kan siswa untuk siap mengikuti pembelajaran. 2) Dengan tanya jawab, guru mengingatkan kembali tentang peluang suatu kejadian . 3) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. 4) Guru menyampaikan lingkup materi dan kegiatan pembelajaran, dan menegaskan pelaksanaan penilaian. 5) Siswa membentuk kelompok, dengan bimbingan Guru.

b. Kegiatan Inti ( 60 menit )1) Mengamati

a) Peserta didik diminta mengamati permasalahan yang berkaitan dengan konsep peluang komplemen suatu kejadian, pada buku pendamping halaman 279 bagian E, nomor 1 s/d 4. 2) Menanya a) Secara berpasangan, peserta didik diminta untuk menuliskan beberapa pertanyaan terkait dengan permasalahan yang telah diamati pada buku pendamping.

Page 4: Rpp peluang pertemuan 3  dan 4 kelas 7 kur 2013

3) Menggali Informasi a) Peserta didik secara berpasangan diminta membaca dan memahami serta melengapi jawaban(pada titik-titik) pada buku pendamping halaman 277 s/d 279. b) Sebagai penguatan, Peserta didik secara berpasangan berdiskusi mengerjakan soal- soal latihan pada buku pendamping halaman 279, bagian D. AYO BERLATIH.

4) Mengolah data (informasi) a) Secara berkelompok, peserta didik mencoba untuk menyelesaikan beberapa persoalan yang telah diamati yaitu pada buku pendamping halaman 279 bagian E. 5) Mengkomunikasikan a) Salah satu peserta didik mempresentasikan hasil diskusinya / pekerjaannya. b) Peserta didik lainnya merespon atas presentasi yang disajikan, misal bertanya, mengkonfirmasi, melengkapi informasi, ataupun tanggapan lainnya. c) Guru memberi umpan balik atau konfirmasi. b. Penutup ( 10 menit + 40 menit / uji materi )

1. Peserta didik bersama guru membuat kesimpulan tentang penentuan peluang empirik dari suatu kejadian, dan kisaran nilai peluang. 2. Setiap kelompok diberikan perolehan penghargaan berkaitan dengan aktivitas kelompok. 3. Peserta didik dikondisikan menempati posisi seperti semula ( tidak berkelompok ), untuk kegiatan Ulangan Harian ( 40 menit ). 4. Guru menutup pembelajaran dengan mengucap salam.

H. Penilaian 1. Sikap spiritual a. Teknik penilaian : Observasi dan Penilaian Diri. b. Bentuk Instrumen : Lembar Observasi dan Lembar Penilaian Diri. c. Kisi- kisi :

No Butir nilai Indikator Jumlah butir Instrumen

1 Menghargai dan mengha yati ajaran agama yangdianutnya.

Bersemangat dalam pembelajaran metematika.

1

Serius dalam pembelajaran metematika.

1

Jumlah 2 d. Instrumen : Lembar Observasi (lampiran ) dan Lembar Penilaian Diri (lampiran ). e. Petunjuk Penghitungan skor (lampiran ).

2. Sikap Sosial a. Teknik penilaian : Observasi dan Penilaian Diri. b. Bentuk Instrumen : Lembar Observasi dan Lembar Penilaian Diri. c. Kisi- kisi :

No Butir nilai Indikator Jumlah butir Instrumen

1 Memiliki sikap Memiliki sikap terbuka dalam 1

Page 5: Rpp peluang pertemuan 3  dan 4 kelas 7 kur 2013

terbuka, menghargai pendapat

memberi / menerima kritik/saran orang lain.

dan karya orang lain Menghargai pendapat/karya orang lain.

1

Jumlah 2 d. Instrumen : Lembar Observasi (lampiran ) dan Lembar Penilaian Diri (lampiran ). e. Petunjuk Penghitungan skor (lampiran ). 3. Pengetahuan a. Teknik penilaian : Tes b. Bentuk Instrumen : Uraian c. Kisi- kisi :

No Butir Nilai IndikatorJumlah butir

InstrumenMelakukan percobaan untuk menemukan peluangempirik dari masalah nyataserta menyajikannya dalam bentuk tabel dan grafik.

Menentukan nilai peluang empirik suatu kejadian majemuk

1 (a,b)

Menentukan peluang komplemen suatu kejadian

2

    Jumlah 4 d. Instrumen : Lihat (lampiran ) e. Petunjuk (rubrik) penskoran dan penentuan nilai : Lihat (lampiran ).

4. Ketrampilan a. Teknik penilaian : Proyek. b. Bentuk Instrumen : Lembar penilaian Proyek. c. Kisi- kisi :

No

Butir Nilai IndikatorJumlah butir

InstrumenMelakukan percobaan untuk menemukan peluangempirik dari masalah nyataserta menyajikannya dalam bentuk tabel dan grafik.

Menentukan nilai peluang empirik suatu kejadian majemuk

1

Menentukan peluang komplemen suatu kejadian

1

    Jumlah 2 d. Instrumen : Lihat (lampiran ) e. Petunjuk (rubrik) penskoran dan penentuan nilai : Lihat (lampiran ).

Pagelaran Utara,10 Juli 2015Mengetahui, Kepala MTs RAUDLATUL HUDA Guru Mata Pelajaran

MUHAMAD YUSUP, S.Pd.I UMAR FAUZI,S.PdNIP. NIP.

Page 6: Rpp peluang pertemuan 3  dan 4 kelas 7 kur 2013

LAMPIRAN

INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL( LEMBAR OBSERVASI)

A. Petunjuk umum 1. Instrumen penilaian sikap apiritual ini berupa lembar observasi. 2. Instrumen ini diisi oleh guru yang mengajar peserta didik yang dinilai.

B. Petunjuk pengisian. Berdasarkan pengamatan Anda selama dua minggu terakhir, nilailah sikap setiap peserta didik Anda dengan memberi skor 4,3,2, atau 1 pada lembar observasi dengan ketentuan sebagai berikut:

4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

C. Lembar Observasi

LEMBAR OBSERVASI

Kelas : ………………….Semester : …………………..Tahun Pelajaran : …………………..Tanggal Pengamatan : …………………..

Butir nilai : Menghargai dan mengha yati ajaran agama yangdianutnyaIndikator sikap : 1. Bersemangat dalam pembelajaran metematika.

2. Serius dalam pembelajaran metematika.

Skor IndikatorNama Peserta spiritual (1-4) Jumlah Skor Tuntas/

No Didik Indikator Indikator Perolehan Akhir Tidak1 2 skor Tuntas

1. Adi 3 4 7 (7:8)x4=3,5 Tuntas2. Budi 3 3 6 (6:8)x4=2,5 Tuntas3. Cahya 4 2 6 (6:8)x4=2,5 Tuntas4. Dani 3 3 6 (6:8)x4=2,5 Tuntas5. Dst ...

Page 7: Rpp peluang pertemuan 3  dan 4 kelas 7 kur 2013

LAMPIRAN

PENTUNJUK PENENTUAN NILAI SIKAP

1. Rumus perhitungan skor akhir.

Skor akhir ¿Jumlah perolehanskor

skor maksimalx4

2. Kategori nilai sikap peserta didik didasarkanpada permen dikbud No 81A Tahun 2013 yaitu

Sangat Baik : apabila memperoleh skor : 3,33 < skor ≤ 4,00 Baik : apabila memperoleh skor : 2,33 < skor ≤ 3,33Cukup : apabila memperoleh skor : 1,33 < skor ≤ 2,33Kurang : apabila memperoleh skor : skor ≤ 1,33

INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL( LEMBAR PENILAIAN DIRI)

A. Petunjuk umum 1. Instrumen penilaian sikap apiritual ini berupa lembar penilaian diri. 2. Instrumen ini diisi oleh peserta didik untuk menilai dirinya sendiri.B. Petunjuk pengisian. Berdasarkan perilaku kalian selama dua minggu terakhir, nilailah sikap diri kalian sendiri. dengan memberi tanda centang (V) di kolom skor 4,3,2, atau 1 pada lembar penilaian diri dengan ketentuan sebagai berikut:

4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Page 8: Rpp peluang pertemuan 3  dan 4 kelas 7 kur 2013

C. Lembar Penilaian Diri

LEMBAR PENILAIAN DIRI

Kelas : ………………….Semester : …………………..Tahun Pelajaran : …………………..Tanggal Pengisian : …………………..Butir nilai : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.Indikator sikap : 1. Bersemangat dalam pembelajaran metematika. 2. Serius dalam pembelajaran metematika.

No PernyataanSkor

Perolehan

SkorNilai

Tuntas /

1 2 3 4 skor akhirTdk Tuntas

1. Saya bersemangat dalam       4 4      

  pembelajaran matematika.     

(7:8) X 4    

2. Saya serius dalam         3        pembelajaran matematika.     3            Jumlah         7      

Peserta Didik,

.

Page 9: Rpp peluang pertemuan 3  dan 4 kelas 7 kur 2013

LAMPIRAN

INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SOSIAL( LEMBAR OBSERVASI)

A. Petunjuk umum 1. Instrumen penilaian sikap sosial ini berupa lembar observasi. 2. Instrumen ini diisi oleh guru yang mengajar peserta didik yang dinilai.

B. Petunjuk pengisian.Berdasarkan pengamatan Anda selama dua minggu terakhir, nilailah sikap setiap peserta didikAnda dengan memberi skor 4,3,2, atau 1 pada lembar observasi dengan ketentuan sebagai berikut:

4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

C. Lembar Observasi

LEMBAR OBSERVASI

Kelas : ………………….Semester : …………………..Tahun Pelajaran : …………………..Tanggal Pengamatan : …………………..

Butir nilai : Memiliki sikap terbuka, menghargai pendapat dan karya orang lainIndikator sikap : 1. Memiliki sikap terbuka dalam memberi / menerima kritik/saran

orang lain. 2. Menghargai pendapat / karya orang lain.

Skor IndikatorNama Peserta Spiritual (1-4) Jumlah Skor Tuntas/

No Didik Indikator Indikator Perolehan Akhir Tidak1 2 skor Tuntas

1.2.3.4.5. Guru Mata Pelajaran,

. NIP.

Page 10: Rpp peluang pertemuan 3  dan 4 kelas 7 kur 2013

LAMPIRAN

PENTUNJUK PENENTUAN NILAI SOSIAL

1. Rumus perhitungan skor akhir.

Skor akhir ¿Jumlah perolehanskor

skor maksimalx4

2. Kategori nilai sikap peserta didik didasarkanpada permen dikbud No 81A Tahun 2013 yaitu :

Sangat Baik : apabila memperoleh skor : 3,33 < skor ≤ 4,00 Baik : apabila memperoleh skor : 2,33 < skor ≤ 3,33Cukup : apabila memperoleh skor : 1,33 < skor ≤ 2,33Kurang : apabila memperoleh skor : skor ≤ 1,33

INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SOSIAL ( LEMBAR PENILAIAN DIRI)

A. Petunjuk umum 1. Instrumen penilaian sikap sosial ini berupa lembar penilaian diri. 2. Instrumen ini diisi oleh peserta didik untuk menilai dirinya sendiri.

B. Petunjuk pengisian.

Berdasarkan perilaku kalian selama dua minggu terakhir, nilailah sikap diri kalian sendiri. dengan memberi tanda centang (V) di kolom skor 4,3,2, atau 1 pada lembar penilaian diri dengan ketentuan sebagai berikut:

4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Page 11: Rpp peluang pertemuan 3  dan 4 kelas 7 kur 2013

C. Lembar Penilaian Diri

LEMBAR PENILAIAN DIRI

Kelas : ………………….Semester : …………………..Tahun Pelajaran : …………………..Tanggal Pengisian :……………………

Butir nilai : Memiliki sikap terbuka, menghargai pendapat dan karya orang lainIndikator sikap: 1. Memiliki sikap terbuka dalam memberi / menerima kritik/saran orang lain.

2. Menghargai pendapat / karya orang lain.

No PernyataanSkor Perolehan Skor

NilaiTuntas /

1 2 3 4 skor akhirTdk Tuntas

1.

Saya memiliki sikap terbuka dalam memberi/ menerimakritik / saran orang lain.

      4 4     

      

(7:8) X 4    

2.Saya menghargai pendapat / karya orang lain.

        3     

      3            Jumlah         7      

Peserta Didik,

.

Page 12: Rpp peluang pertemuan 3  dan 4 kelas 7 kur 2013

LAMPIRAN

INSTRUMEN PENILAIAN PENGETAHUAN

Soal

1. Sebuah kotak berisi 3 bola merah dan 5 bola biru. Sebuah bola diambil secara acak (pengambilan tanpa pengembalian), tentukan peluang bahwa yang terambil bola berwarna : a) biru (pada pengambilan pertama). b) merah (pada pengambilan kedua).

2. Jumlah penduduk suatu desa 6.000 jiwa, peluang terserang penyakit flu/influensa 0,08. Tentukan berapa orang yang berpeluang tidak terserang flu?

3. Peluang turun hujan di bulan Nopember 0,6. Perkiraan, berapa hari tidak turun hujan pada bulan tersebut?

Pedoman penskoran penilaian pengetahuan.Tolong temen-temen buat rubrik penskoran sendiri. Terimakasih.

LAMPIRAN

INSTRUMEN PENILAIAN KETRAMPILAN( Tugas Proyek )

Untuk masing-masing kelompok, lakukan percobaan mengetoskan dua buah dadu secara bersamaan sebanyak 36 kali, dan amati angka yang muncul pada permukaan dadu. Buat tabelnya untuk pasangan angka yang muncul berjumlah kurang dari 8.

a. Berdasarkan tabel, tentukan peluang empirik muncul pasangan angka berjumlah ganjil.

b. Tentukan peluang empirik muncul pasangan angka berjumlah lebih dari atau sama dengan 8.