pedoman pengisian ijazah smk 2011

15
I. PETUNJUK UMUM 1. Bingkai blangko Ijazah SMK kombinasi warna hijau, kuning, dan hitam. 2. Ijazah diisi oleh panitia yang dibentuk Kepala Sekolah. 3. Ijazah ditulis dengan tulisan yang baik, benar, jelas, rapi, dan bersih dengan menggunakan tinta hitam yang tidak mudah luntur dan tidak mudah terhapus. 4. Jika terjadi kesalahan dalam pengisian, ijazah tidak boleh dicoret, ditimpa, atau di tip- ex dan harus diganti dengan blangko yang baru. 5. Ijazah yang salah dalam pengisian disilang dengan tinta warna hitam pada kedua sudut yang berlawanan pada halaman depan dan belakang dan dimusnahkan dengan berita acara yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah. 6. Jika terdapat sisa blangko Ijazah di sekolah dikembalikan ke Dinas Pendidikan Provinsi dengan berita acara yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah. 7. Daftar mata pelajaran dan kompetensi utama SMK untuk setiap kompetensi keahlian disiapkan oleh Direktorat Pembinaan SMK dalam aplikasi CD dan WEB. 8. Dilarang melakukan perubahan substansi software aplikasi ini dengan pertimbangan apapun. 9. Bila ada kompetensi yang belum tercantum pada kompetensi utama tersebut di atas dan sekolah mengajarkannya maka dapat menambahkannya pada dua baris terakhir 10. Sebelum memilih kompetensi keahlian yang akan dicetak pastikan bahwa ijazahnya ditandatangani kepala sekolah menggunakan NIP atau tidak. 11. Sebelum melakukan pencetakan pastikan sesuai jumlah peserta dan kompetensi keahlian, cetaklah dahulu 1 (satu) lembar pada kertas kosong kemudian periksa kebenaran isi dan kualitas cetakan. Selanjutnya minta persetujuan pada pejabat yang berwenang untuk melanjutkan proses pencetakan selanjutnya. 12. Pastikan bahwa ijazah yang akan dicetak sesuai kompetensi keahlian dan jumlah siswa yang lulus ujian pada tahun pelajaran 2010/2011. II. PENGISIAN HALAMAN DEPAN IJAZAH SMK 1. Pengisian Program Studi Keahlian ditulis sesuai dengan program studi keahlian yang ditempuh pemilik ijazah selama pembelajaran di sekolah (lihat dapat terlampir). 2. Pengisian Kompetensi Keahlian ditulis sesuai dengan kompetensi keahlian yang ditempuh pemilik ijazah selama pembelajaran di sekolah (lihat dapat terlampir) 3. Pengisian nama pemilik Ijazah ditulis dengan huruf capital sesuai dengan yang tercantum pada Ijazah/STTB yang diperoleh dari jenjang sebelumnya, atau sesuai akte/dokumen kelahiran yang sah apabila terdapat kekeliruan pengisian pada Ijazah/STTB sebelumnya.

Upload: rianys

Post on 17-Dec-2015

71 views

Category:

Documents


12 download

DESCRIPTION

Pedoman Pengisian Ijazah SMK 2011

TRANSCRIPT

  • I. PETUNJUK UMUM

    1. Bingkai blangko Ijazah SMK kombinasi warna hijau, kuning, dan hitam.2. Ijazah diisi oleh panitia yang dibentuk Kepala Sekolah.3. Ijazah ditulis dengan tulisan yang baik, benar, jelas, rapi, dan bersih dengan

    menggunakan tinta hitam yang tidak mudah luntur dan tidak mudah terhapus.

    4. Jika terjadi kesalahan dalam pengisian, ijazah tidak boleh dicoret, ditimpa, atau di tip-ex dan harus diganti dengan blangko yang baru.

    5. Ijazah yang salah dalam pengisian disilang dengan tinta warna hitam pada kedua sudutyang berlawanan pada halaman depan dan belakang dan dimusnahkan dengan beritaacara yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah.

    6. Jika terdapat sisa blangko Ijazah di sekolah dikembalikan ke Dinas PendidikanProvinsi dengan berita acara yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah.

    7. Daftar mata pelajaran dan kompetensi utama SMK untuk setiap kompetensi keahliandisiapkan oleh Direktorat Pembinaan SMK dalam aplikasi CD dan WEB.

    8. Dilarang melakukan perubahan substansi software aplikasi ini dengan pertimbanganapapun.

    9. Bila ada kompetensi yang belum tercantum pada kompetensi utama tersebut di atas dansekolah mengajarkannya maka dapat menambahkannya pada dua baris terakhir

    10. Sebelum memilih kompetensi keahlian yang akan dicetak pastikan bahwa ijazahnyaditandatangani kepala sekolah menggunakan NIP atau tidak.

    11. Sebelum melakukan pencetakan pastikan sesuai jumlah peserta dan kompetensikeahlian, cetaklah dahulu 1 (satu) lembar pada kertas kosong kemudian periksakebenaran isi dan kualitas cetakan. Selanjutnya minta persetujuan pada pejabat yangberwenang untuk melanjutkan proses pencetakan selanjutnya.

    12. Pastikan bahwa ijazah yang akan dicetak sesuai kompetensi keahlian dan jumlah siswayang lulus ujian pada tahun pelajaran 2010/2011.

    II. PENGISIAN HALAMAN DEPAN IJAZAH SMK

    1. Pengisian Program Studi Keahlian ditulis sesuai dengan program studi keahlian yangditempuh pemilik ijazah selama pembelajaran di sekolah (lihat dapat terlampir).

    2. Pengisian Kompetensi Keahlian ditulis sesuai dengan kompetensi keahlian yangditempuh pemilik ijazah selama pembelajaran di sekolah (lihat dapat terlampir)

    3. Pengisian nama pemilik Ijazah ditulis dengan huruf capital sesuai dengan yangtercantum pada Ijazah/STTB yang diperoleh dari jenjang sebelumnya, atau sesuaiakte/dokumen kelahiran yang sah apabila terdapat kekeliruan pengisian padaIjazah/STTB sebelumnya.

  • 4. Pengisian tempat dan tanggal lahir pemilik Ijazah sesuai dengan yang tercantum padaIjazah/STTB yang diperoleh dari jenjang sebelumnya, atau sesuai akte/dokumenkelahiran yang sah apabila terdapat kekeliruan pengisian pada Ijazah/STTBsebelumnya.

    5. Pengisian nomor induk pemilik ijazah sesuai dengan nomor induk siswa yangtercantum pada Buku Induk.

    6. Pengisian nomor peserta terdiri atas 14 (empat belas) digit, 1 (satu) digit berisiinformasi jenjang pendidikan, 2 (dua) digit berisi informasi kode provinsi, 2 (dua) digitberisi informasi kode kabupaten/kota, 3 (tiga) digit berisi informasi kode sekolah, 3(tiga) digit berisi informasi kode urut peserta, dan 1 (satu) digit berisi informasivalidasi (sesuai dengan nomor peserta yang tertera di SKHUN). Contoh : 4 11 02 21 428 215 2.

    7. Pengisian nama tempat dan tanggal penerbitan Ijazah adalah nama kabupaten/kotatempat penerbitan, diikuti dengan tanggal dan bulan penerbitan Ijazah sesuai dengantanggal pengumuman kelulusan Ujian.

    8. Pengisian nama kepala sekolah adalah kepala sekolah satuan pendidikan masing-masing dan dibutuhkan tanda tangan. Bagi kepala sekolah yang pegawai negeri sipil(PNS) diisi NIP, sedangkan bagi kepala sekolah yang bukan PNS diisi garis/strip (----).

    9. Stempel yang digunakan adalah stempel sekolah satuan pendidikan masing-masing.

    III. PENGISIAN HALAMAN BELAKANG IJAZAH SMK

    1. Pengisian nama pemilik Ijazah ditulis dengan huruf capital sesuai dengan yangtercantum pada Ijazah/STTB yang diperoleh dari jenjang sebelumnya, atau sesuaiakte/dokumen kelahiran yang sah apabila terdapat kekeliruan pengisian padaIjazah/STTB sebelumnya.

    2. Pengisian tempat dan tanggal lahir pemilik Ijazah sesuai dengan yang tercantum padaIjazah/STTB yang diperoleh dari jenjang sebelumnya, atau sesuai akte/dokumenkelahiran yang sah apabila terdapat kekeliruan pengisian pada Ijazah/STTBsebelumnya.

    3. Pengisian nomor induk pemilik ijazah sesuai dengan nomor induk siswa yangtercantum pada Buku Induk.

    4. Pengisian nomor peserta terdiri atas 14 (empat belas) digit, 1 (satu) digit berisiinformasi jenjang pendidikan, 2 (dua) digit berisi informasi kode provinsi, 2 (dua) digitberisi informasi kode kabupaten/kota, 3 (tiga) digit berisi informasi kode sekolah, 3(tiga) digit berisi informasi kode urut peserta, dan 1 (satu) digit berisi informasivalidasi (sesuai dengan nomor peserta yang tertera di SKHUN). Contoh : 4 11 02 21 428 215 2.

  • 5. Pengisian nilai rapor dari semester 3, 4, dan 5.

    6. Pengisian nilai mata pelajaran pada ujian sekolah terdiri atas:a. Pengisian nilai rata-rata rapor diisi dengan rentang 0 10 dengan dua desimal di

    belakang koma.

    b. Pengisian nilai ujian sekolah diisi dengan rentang nilai 0 10 dengan dua desimaldi belakang koma.

    c. Pengisian nilai sekolah diisi dengan rentang nilai 0 10 dengan dua desimal dibelakang koma.

    d. Pengisian nilai rata-rata diisi dengan rentang nilai 0 10 dengan dua desimal dibelakang koma.

    7. Pengisian nilai mata pelajaran pada ujian nasional terdiri atas:a. Pengisian nilai rata-rata rapor diisi dengan rentang 0 10 dengan dua desimal di

    belakang koma.

    b. Pengisian nilai ujian sekolah diisi dengan rentang nilai 0 10 dengan dua desimaldi belakang koma.

    c. Pengisian nilai sekolah diisi dengan rentang nilai 0 10 dengan dua desimal dibelakang koma.

    d. Pengisian nilai rata-rata diisi dengan rentang nilai 0 10 dengan dua desimal dibelakang koma.

    e. Pengisian nilai Teori Kejuruan diisi dengan nilai yang diperoleh peserta uji padatanggal 15 Maret 2011 ujian Nasional SMK dengan rentang nilai 0 10 dengandua desimal di belakang koma.

    f. Pengisian nilai Praktik Kejuruan diisi dengan nilai yang diperoleh peserta uji padatanggal 16 Februari 2011 14 Maret 2011 Ujian Nasional SMK dengan rentangnilai 0 10 dengan dua desimal di belakang koma.

    g. Pengisian nilai Ujian Nasional Kompetensi Keahlian diisi dengan pembobotan 30%nilai Teori Kejuruan ditambah pembobotan 70% nilai Praktik Kejuruan denganrentang nilai 0 10 dengan dua desimal di belakang koma.

    8. Pengisian nilai Standar Kompetensi diisi dengan nilai yang diperoleh siswa melaluiujian Harian, ujian Tengah Semester, ujian Akhir Semester, dan/atau ujian padapembelajaran Standar Kompetensi tersebut dengan rentang nilai 0 10 dengan duadesimal di belakang koma.

    9. Pengisian nama tempat dan tanggal penerbitan Ijazah adalah nama kabupaten/kotatempat penerbitan, diikuti dengan tanggal dan bulan penerbitan Ijazah sesuai dengantanggal pengumuman kelulusan Ujian

  • 10. Pengisian nama kepala sekolah adalah kepala sekolah satuan pendidikan masing-masing dan dibutuhkan tanda tangan. Bagi kepala sekolah yang pegawai negeri sipil(PNS) diisi NIP, sedangkan bagi kepala sekolah yang bukan PNS diisi garis/strip (----).

    11. Stempel yang digunakan adalah stempel sekolah satuan pendidikan masing-masing.

    IV. PERSYARATAN DAN PROSEDUR PENCETAKAN HALAMAN BELAKANGIJAZAH

    A. PRASYARAT PENCETAKAN1. Spesfikasi KomputerMinimal Komputer Pentium III 1 GHz Memory SDRAM 128 MB Kapasitas harddisk 200 MB CD-ROM Sistem Operasi Microsoft Windows XP SP1 Adobe Reader 8 (disertakan installernya dalam CD) WinRAR (disertakan installernya dalam CD)

    Ideal Komputer Pentium Dual Core 2 GHz Memory DDR2 512 MB Kapasitas harddisk 200 MB DVD-ROM Sistem Operasi Microsoft Windows 7 Adobe Reader 8 (disertakan installernya dalam CD) WinRAR (disertakan installernya dalam CD)

    2. Spesifikasi PrinterMinimal Printer A4 Inkjet monochrome dengan resolusi 300 dpi

    Ideal Printer A4 Laser Jet dengan resolusi 600 dpi3. Kompetensi OperatorMinimal Menguasai sistem operasi Windows XP Menguasai Adobe Reader 8 Menguasai WinRAR

    Ideal Menguasai sistem operasi Windows 7 Menguasai Adobe Reader 8 Menguasai WinRAR Berpengalaman mengoperasikan perangkat lunak sejenis

  • B. PEMBUKAANAPLIKASIDALAMCD1. Pastikan program winRAR, Adobe Reader, dan driver printer yang akan digunakan telah

    terinstall

    2. Buka CD dengan Explorer

    3. Kopi file [nama propinsi].rar kemudian di-paste di folder yang diinginkan

    4. Klik kanan file [nama propinsi].rar kemudian pilih menu Extract Here

    5. Setelah itu akan muncul form entri password (PIN) sepanjang 5 karakter yang diisikansesuai kode Provinsi tempat penerbitan ijazah. Kemudian klik OK

    6. Maka pada folder yang sama dengan file [nama propinsi].rar akan muncul folder [namapropinsi] yang berisi paket soal teori kejuruan.

  • 7. Klik ganda folder tersebut dan di dalamnya akan terdapat 2 Folder yaitu Folder denganNIP dan tanpa NIP dan file webuser.txt (mengenai file ini akan dibahas dalam bagian C APLIKASI WEB langkah nomor 3)

    8. Klik folder dengan NIP untuk mencetak blangko halaman belakang ijazah yangmencantumkan isian NIP pada tanda tangan kepala sekolah dan tanpa NIP untukmencetak blangko halaman belakang ijazah yang tidak mencantumkan isian NIP padatanda tangan kepala sekolah

    9. Klik ganda kompetensi keahlian yang diinginkan maka nanti akan paket tersebut akanterbuka dengan aplikasi Adobe Reader

  • 10. Pilih menu File Print atau klik Ctrl+P pada keyboard untuk membuka form printing

    11. Setelah fungsi print diklik maka akan muncul tampilan printer seperti di bawah ini.

    Pilihlah printer yang sudah ready dipakai pada pilihan properties. Jika ingin mencetakbanyak kilk pada copies kemudian isi angka yang akan dicopy.

  • 12. Pastikan bahwa page scaling berada pada None

    13. Pastikan bahwa page size adalah ukuran kertas A4

    Setelah pilihan di penuhi klik pada tombol OK

    C. PEMBUKAAN APLIKASI WEB

    1. Aplikasi web via Internet bisa digunakan sebagai alternatif jika CD rusak atau terdapatkompetensi keahlian yang belum terdapat dalam CD

    2. Aplikasi web dapat diakses dengan mengklik halaman http://ijazah.ditpsmk.net padabrowser

    3. Isikan username dan password kemudian tekan Enter pada keyboard atau klik tombollogin.

    Nama user dan password bisa diperoleh dari dalam CD (file [nama propinsi].rar webuser.txt) atau dengan menghubungi contact person (bapak Junus Simangunsong) atauemail ke [email protected]

    4. Pada tampilan mula (default) akan terlihat daftar file format halaman belakang ijazah tiapkompetensi keahlian dengan NIP.

  • 5. Klik daftar tersebut untuk membuka file dan menampilkannya dalam browser

    6. Untuk menyimpan file di dalam komputer tekan Ctrl + S pada keyboard

  • 7. Menu lainnya terdapat di bagian atas antara laina. Halaman belakang dengan NIP (daftar file halaman belakang ijazah tanpa NIP)b. Halaman belakang tanpa NIP (daftar file halaman belakang ijazah tanpa NIP)c. Kebutuhan pencetakan (daftar kebutuhan pencetakan)

    8. Klik menu KELUAR pada sudut kanan atas untuk keluar dari sistem dengan aman

    9. Langkah pencetakan sama seperti bagian B PEMBUKAAN APLIKASI DALAM CDlangkah 9 sampai dengan 13

  • DAFTAR KOMPETENSI KEAHLIAN SMKTAHUN PELAJARAN 2010/2011

    NO.

    Program Studi Keahlian No. Program/Kompetensi Keahlian Kode

    1 Teknik Survei dan Pemetaan 1 Teknik Survei dan Pemetaan 10142 Teknik Bangunan 2 Teknik Gambar Bangunan 1023

    3 Teknik Konstruksi Bangunan 10324 Teknik Konstruksi Batu dan Beton 10495 Teknik Konstruksi Baja 10586 Teknik Pekerjaan Finishing 10677 Teknik Konstruksi Kayu 10768 Teknik Furnitur 1085

    3 Teknik Plambing dan Sanitasi 9 Teknik Plambing dan Sanitasi 10944 Teknik Ketenagalistrikan 10 Teknik Instalasi Tenaga Listrik 1103

    11 Teknik Distribusi Tenaga Listrik 111212 Teknik Listrik Industri 113813 Teknik Pemanfaatan Tenaga Listrik 114714 Teknik Transmisi Tenaga Listrik 115615 Teknik Pembangkit Tenaga Listrik 116516 Teknik Otomasi Industri 1743

    5 Teknik Elektronika 17 Teknik Audio Video 117418 Teknik Elektronika Industri (4 tahun) 118319 Teknik Elektronika Industri 119220 Teknik Elektronika Komunikasi 120921 Teknik Mekatronika 1707

    6Teknik Pendingin dan TataUdara 22 Teknik Pendingin dan Tata Udara 1218

    7 Teknik Mesin 23 Teknik Pengelasan 122724 Teknik Fabrikasi Logam 123625 Teknik Pengecoran Logam 124526 Teknik Pemesinan 1254

    27 Teknik Pemeliharaan MekanikIndustri 1263

    28 Teknik Gambar Mesin 1272

    8 Teknik Otomotif 29Teknik Otomotif KendaranRingan/Teknik Mekanik Otomotif 1289

    30 Teknik Otomotif Alat Berat 129831 Teknik Perbaikan Bodi Otomotif 130732 Teknik Otomotif Sepeda Motor 131633 Teknik Ototronika 1752

    9 Teknologi Pesawat Udara 34 Pemesinan Pesawat Udara 132535 Konstruksi Rangka Pesawat Udara 133436 Konstruksi Badan Pesawat Udara 134337 Airframe dan Powerplant 1352

    38 Pemeliharaan dan PerbaikanInstrumen Elektronika Pesawat Udara 1369

  • DAFTAR KOMPETENSI KEAHLIAN SMKTAHUN PELAJARAN 2010/2011

    NO.

    Program Studi Keahlian No. Program/Kompetensi Keahlian Kode39 Kelistrikan Pesawat Udara 137840 Elektronika Pesawat Udara 1387

    10 Teknik Perkapalan 41 Teknik Konstruksi Kapal Baja 139642 Teknik Pengelasan Kapal 140543 Teknik Instalasi Pemesinan Kapal 141444 Kelistrikan Kapal 1423

    45 Teknik Gambar Rancang BangunKapal 1432

    46 Teknik Konstruksi Kapal Kayu danFiberglass 1449

    47 Interior Kapal 145811 Teknologi Tekstil 48 Teknik Pemintalan Serat Buatan 1485

    49 Teknik Pembuatan Benang 149450 Teknik Pembuatan Kain 150351 Teknik Penyempurnaan Tekstil 151252 Teknik Produksi Pakaian Jadi/Garmen 1529

    12 Teknik Grafika 53 Persiapan Grafika 153854 Produksi Grafika 1547

    13 Geologi Pertambangan 55 Geologi Pertambangan (3 tahun) 155656 Geologi Pertambangan (4 tahun) 1565

    14 Instrumentasi Industri 57 Kontrol Proses 157458 Kontrol Mekanik 1583

    59 Teknik Instrumentasi Logam danGelas 1592

    15 Teknik Kimia 60 Kimia Industri (3 tahun) 160961 Kimia Industri (4 tahun) 161862 Kimia Analisis (3 tahun) 162763 Kimia Analisis (4 tahun) 1636

    16 Pelayaran 64 Nautika Kapal Niaga 164565 Teknika Kapal Niaga 165466 Nautika Kapal Penangkap Ikan 166367 Teknika Kapal Penangkap Ikan 1672

    17 Teknik Perminyakan 68 Teknik Pemboran Minyak 1716

    69 Teknik Pengolahan Minyak, Gas danPetrokimia 1725

    70 Teknik Produksi Perminyakan 173418 Teknik Industri 71 Teknik dan Manajemen Transportasi 176919 Teknik Telekomunikasi 72 Teknik Jaringan Akses 2027

    73 Teknik Suitsing 203674 Teknik Transmisi Telekomunikasi 204575 Teknik Transmisi (4 tahun) 2054

    20Teknik Komputer danInformatika 76 Teknik Komputer dan Jaringan 2063

    77 Rekayasa Perangkat Lunak 2072

  • DAFTAR KOMPETENSI KEAHLIAN SMKTAHUN PELAJARAN 2010/2011

    NO.

    Program Studi Keahlian No. Program/Kompetensi Keahlian Kode78 Multimedia 208979 Animasi 2116

    21 Teknik Broadcasting 80Teknik Produksi dan PenyiaranProgram Radio 2098

    81 Teknik Produksi dan PenyiaranProgram Pertelevisian 2107

    22 Kesehatan 82 Keperawatan 301483 Keperawatan Gigi 302384 Analis Kesehatan 303285 Farmasi 304986 Farmasi Industri 3067

    23 Perawatan Sosial 87 Perawatan Sosial 305824 Seni Rupa 88 Seni Murni 4018

    89 Seni Patung 403690 Seni Lukis 405491 Desain Komunikasi Visual 4347

    92 Desain Produksi Interior danLandscaping 4472

    25 Desain dan Produksi Kria 93 Desain dan Produksi Kria Tekstil 406394 Desain dan Produksi Kria Kulit 407295 Desain dan Produksi Kria Keramik 408996 Desain dan Produksi Kria Logam 409897 Desain dan Produksi Kria Kayu 4107

    26 Seni Pertunjukan 98 Seni Musik Non Klasik 412599 Seni Musik Klasik 4365100 Seni Tari Jawatimuran 4134101 Seni Tari Makasar 4143102 Seni Tari Minang 4152103 Seni Pedalangan Yogyakarta 4169104 Seni Pedalangan Surakarta 4178105 Seni Pedalangan Jawatimuran 4187106 Seni Pedalangan Bali 4196107 Seni Tari Sunda 4205108 Seni Tari Bali 4214109 Seni Tari Surakarta 4223110 Seni Tari Yogyakarta 4232111 Seni Tari Banyumasan 4249112 Seni Karawitan Jawatimuran 4258113 Seni Karawitan Makassar 4267114 Seni Karawitan Minang 4276115 Seni Karawitan Sunda 4285116 Seni Karawitan Surakarta 4294117 Seni Karawitan Yogyakarta 4303

  • DAFTAR KOMPETENSI KEAHLIAN SMKTAHUN PELAJARAN 2010/2011

    NO.

    Program Studi Keahlian No. Program/Kompetensi Keahlian Kode118 Seni Karawitan Bali 4312119 Seni Karawitan Banyumasan 4329120 Seni Teater 4392

    27 Pariwisata 121 Usaha Perjalanan Wisata 4409122 Akomodasi Perhotelan 4418

    28 Tata Boga 123 Jasa Boga 4427124 Patiseri 4436

    29 Tata Kecantikan 125 Kecantikan Kulit 4445126 Kecantikan Rambut 4454

    30 Tata Busana 127 Busana Butik 446331 Mekanisasi Pertanian 128 Mekanisasi Pertanian 505832 Agribisnis Produksi Tanaman 129 Pembibitan Tanaman 5085

    130 Agribisnis Tanaman Perkebunan 5183131 Budidaya Tanaman Sayuran 5165132 Budidaya Tanaman Buah Semusim 5174133 Budidaya Tanaman Pangan 5218

    134 Agribisnis Tanaman Pangan danHoltikultura 5263

    135 Agribisnis Pembibitan Tanaman danKultur Jaringan 5272

    33 Agribisnis Produksi Ternak 136 Agribisnis Ternak Ruminansia 5094137 Agribisnis Ternak Unggas 5103138 Perawatan Kesehatan Ternak 5254139 Agribisnis Aneka Ternak 5298

    34Agribisnis ProduksiSumberdaya Perairan 140 Budidaya Ikan Air Payau 5112

    141 Budidaya Ikan Air Laut 5236142 Budiaya Ikan Air Tawar 5023143 Agribisnis Rumput Laut 5067

    144 Teknik Budidaya dan PengolahanPerikanan 5227

    145 Agribisnis Perikanan 528935 Kehutanan 146 Kehutanan 512936 Agribisnis Hasil Pertanian 147 Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian 5032

    148 Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan 5049

    149 Teknologi Pengolahan Hasil PertanianNon Pangan 5138

    150 Pengawasan Mutu Hasil Pertanian 515637 Penyuluhan Pertanian 151 Penyuluhan Pertanian 524538 Keuangan 152 Akuntansi 6018

    153 Perbankan 6027154 Perbankan Syariah 6036

    39 Administrasi 155 Administrasi Perkantoran 604540 Tata Niaga 156 Pemasaran 6054