fillet 4 edisi februari 2013

20
The FISH Bulletin 4TH EDITION FEBRUARY 2013 Untuk kalangan sendiri

Upload: fish

Post on 06-Mar-2016

222 views

Category:

Documents


2 download

DESCRIPTION

Fillet edisi 4 yang terbit bulan Februari 2013.

TRANSCRIPT

Page 1: Fillet 4 edisi Februari 2013

The FISH Bulletin 4th edition February 2013 Untuk kalangan sendiri

Page 2: Fillet 4 edisi Februari 2013

Art

02

“Ini

adala

h ga

mba

r da

ri an

ime B

lack

Roc

k Sh

oote

r, di

gam

bar

men

ggun

akan

pen

sil

4H, 2

B, d

an 8

B”- N

ichola

s Val

len

Page 3: Fillet 4 edisi Februari 2013

Hi semua! Fillet kembali lagi dengan tema ‘Friend-ship’ beserta semangat Valentine’s Day yang masih segar terasa. Tentunya sebagai murid-murid di sekolah, banyak momen-momen manis yang Fishers lewatkan bersama teman-teman yang membuat hidup ini terasa manis seperti coklat.

Karena itu jangan ragu untuk mengekspresikan kasih kita kepada orang yang kita sayangi, ya! Fillet kali ini pun dengan bangga menampilkan beberapa karya kontributor-kontributor baru dan kolom-kolom baru seperti kolom ‘Pengalaman’ dan ‘Kucing Galau’. Selamat membaca dan terus berkarya, ya!

03

Dari reDaksi

Daftarisi

like & follow us:

@fishstudyhouse

FISH

fish study house

Ayo BerkreAsi!

FISH - Filial Intelligence Study House is a tuition center located in Puri Indah. Fillet - The FISH bulletin - is a magazine that supplements the activities and aims to be a channel for creativity of all Fishers. All rights reserved. Any suggestions or comments, please send to: [email protected]

reDaksiChristyEditor

ivanOperational Manager

Fillet membuka kesempatan untuk kalian berkreasi sebagai kontributor di Fillet edisi berikutnya yang akan terbit sekitar tengah tahun ini. Fishers bisa membuat artikel kreatif menarik berupa cerpen, komik, ilustrasi, profil tokoh berprestasi, liputan kegiatan sekolahmu, pengalamanmu, humor, sharing ten-tang sains dan sebagainya (your imagination is your limit!). Tunggu tanggal mainnya dan ingat, ada hadiah menarik untuk artikel yang dimuat!

HIGHLIGHT:

VALeNTiNe’s DAy5 HADiAH

PENGALAMAN:

koNser PerTAMA

KOMIK:

iNDo HiGH

ENTREPRENEUR:

ViCky & Cookies

PROFIL:

oTNieL reVAN

INSPIRASI:

5 orANG BoDoH

PERISTIWA FISH

7

8

10

11

12

13

4

Artworks:

Kelly RahardjaSt. Laurensia kelas 9@kellyrahardjaa

Nicholas VallenIPEKA Puri kelas 10@nvallenDeviantART - starz8zstar

Articles:

Evelyn Jevon Johari IICS kelas 11@evelyn_j_j

Janice MichaelaIPEKA Puri kelas 10@janice_michaela

Nathania AmandaIPEKA Puri kelas 10@mandanata

CoNTriBUTors:

Dance like there’s nobody watching, love like you’ll never be hurt. -William W. Purkey

FILIAL INTELLIGENCE STUDY HOUSE

Page 4: Fillet 4 edisi Februari 2013

Why I love Valen-

tine's Day

Valentine’s Day is one of my favorite days. In my opinion these are the reasons that make Valentine’s Day one of the best days of the year:

Firstly, I love the candy and Valentines I get from classmates at school. The highlight of Valentine’s Day in my school is when all our classmates hand out their Valentines to everyone. My Valentines are handmade, and I usually include candy in each packet. I think my Valentines are some of the best ones, and all the other kids seem to like my Valentines too. I also receive candies from other kids in the class, and they are yummy in my tummy.

Secondly, everyone is excited and joyful. At school, everyone has a smile on his or her faces and looks forward to Valentine’s Day candy. Sometimes the classrooms are decorated with Valentine’s Day decorations, making everything even more cheery. With such great decorations and so many happy people it is easy to get excited about Valentine’s Day.

Thirdly, there are many Valentine’s Day sales at stores. Recently, I have been more interested in the many Valentine’s Day sales at the stores rather than the candies since I cannot eat most of them because of my braces. It is when there are lots of opportu-nities to get good deals at the stores. As my birthday is in January I wait to spend my birthday money on Valentine’s Day because of all the sales. I like to get video games that I can play on my Wii – like Super Mario or Wii Sports Resort.

Valentine’s Day is the best. There is candy for everyone, sales in the stores, and happy kids! With all this what’s not to like about Valentine’s Day?

04

Out OF the 365 days in a year, we have one day to express our feelings to people we love. It is Valentine’s Day. The traditional Western holiday has grown to be observed in many countries around the globe. Love fills the sky, red is seen everywhere, and bows, arrows and hearts are hanging on the ceiling.

As couples exchange traditional gifts of flowers and chocolate, they fuel a robust industry all around the world. In the United States, for example, Valentine’s Day spending this year is expected to reach nearly US$16 billion. Valentine’s Day was first introduced to Japan in 1936 and has become widely popular. However, be-cause of a translation error made by a chocolate company, only women buy Val-entine chocolates for their spouses, boyfriends, or friends. In fact, it is the only day of the year many single women will reveal their crush on a man by giving him chocolate. The men don’t return the favor until White Day, a type of “answer day” to Valentine’s Day, which is on March 14.

Even though Valentine’s Day is meant for couples, anyone who does not have a special someone can celebrate it too. After all it is a day about ‘love’, so why specify it to couples only? We should also remember our parents, siblings, friends, class-mates, and anyone we are in contact with who have helped us in one way or an-other. This may be a good time to show that we care about the,.

And also, giving love shouldn’t only happen in one day, it must be done 24 hours a day, 7 days a week, 52 weeks a year or simply every day. Love and be loved, a simple rule to be applied in our everyday life. So let us enjoy Valentine’s Day but don’t for-get to keep spreading the love everyday even after that!

HIGHLIGHT

Valentine's Day

by Evelyn J.J.

for everyone, everyday!

Page 5: Fillet 4 edisi Februari 2013

bunga

05

5 Hadiah Di Hari Kasih Sayang: Hadiah di hari Valentine berupa cokelat memang tradisi kuno, namun tetap saja

di hari kasih sayang tersebut kita saling memberikan cokelat kepada orang yang kita sayangi. Sebagian dari kita membeli cokelat, dan sebagian lagi membuat cokelat tersebut sendiri agar lebih spesial.

Mengapa harus cokelat? Salah satu alasannya mungkin karena cokelat melam-bangkan sebuah kehangatan dalam jiwa. Di beberapa negara seperti India dan Jepang cokelat dianggap sesuatu yang sangat berharga. Sejak saat itu, cokelat identik dengan Hari Valentine sebagai cara untuk mengekspresikan perasaan tulus terhadap orang yang dicintai. Dengan cokelat, ungkapan “I LOVE YOU!” ter-gambar dengan jelas.

Selain makanan yang dianggap sebagai penghilang stres, makanan ini da-pat membuat kita merasa bahagia. Semua ekspresi kebahagiaan, kesenangan, cinta, fantasi, dan ketergantungan berasal dari kandungan flavonoid, sejenis antioksidan yang terbukti memiliki manfaat kesehatan. Semuanya menyukai cokelat, baik milk chocolate, dark chocolate, cokelat dengan campuran kacang, atau cokelat truffle. Semuanya dapat menyampaikan pesan cinta kita di Hari Valentine ini.

Meski cokelat tidak bertahan lama, ingatan terhadap si pemberinya akan ber-tahan lama dalam ingatan. Permen cokelat pertama diciptakan pada 1860-an oleh seorang pria bernama Cadbury. Ia juga yang untuk pertama kalinya me-masarkan cokelat dalam kotak berbentuk hati untuk perayaan Hari Valentine di tahun yang sama.

Setelah cokelat, hadiah kedua yang tak kalah spesial saat Valentine adalah bunga. Biasanya bunga ini diberikan kepada lawan jenis yang kita sayangi. Ada berbagai macam jenis bunga dan setiap bunga memiliki arti tersendiri. Disaat Valentine’s Day paling tepat adalah mawar atau rose karena mawar memiliki arti ‘I Love You’.

Beberapa bunga dan maknanya:Bunga gladiol berarti ‘sedang patah hati’, bunga lily berarti ‘keinginan untuk memperbaiki hubungan’, bunga violet berarti ‘tidak bisa kuterima cintamu.’

Bunga mawar pun beraneka ragam jenis dan warnanya. Arti warna dari bunga mawar:Mawar merah: Cinta dengan rasa menghargai yang tinggi.Mawar kuning: Fleksibelitas, kebebasan.Mawar pink: Terima kasih dan rasa syukur yang mendalam.Mawar putih: Ketulusan cinta dan peduli dengan orang lain.Di saat Valentine ini memilih bunga adalah pilihan tepat untuk mengungkapkan perasaan kita. Bukan hanya dengan melalui kata-kata, namun warna bunga pun dapat berbicara, karena warna bunga akan menunjukkan warna ‘hati’ kita.

cokelat

by Janice Michaela

Page 6: Fillet 4 edisi Februari 2013

06

PENGALAMAN

kartu ucapan

Beberapa dari kita yang tidak menyukai kerumitan dapat memberikan suatu kar-tu ucapan di hari Valentine ini sebagai tanda perhatian. Kartu ucapan berkesan lebih universal , misalnya dengan memberikan kartu ucapan yang dibuat sendiri kepada orang tua atau saudara kita. Membuat kartu ucapan juga lebih spesial dibandingkan membeli kartu ucapan yang sudah jadi.

Meskipun kita lebih memilih membeli kartu ucapan, tidak perlu sampai mem-beli kartu ucapan yang paling mahal. Bagaimana cara kita memberikan kartu ucapannya yang lebih penting. Jika kita hanya memberi dengan senyuman dan mengecup kedua pipi orang tua kita, tentulah berbeda dengan hanya memberi-kan kartu ucapannya dengan biasa saja.

Kartu ucapan juga bisa kita berikan kepada teman dekat kita. Memberikan kar-tu ucapan kepada teman kita dan memasukan kata-kata yang bermakna akan mempererat hubungan persahabatan kita.

boneka

Keempat, kado yang dapat kita berikan saat hari Valentine ini adalah boneka. Tidak hanya anak-anak yang akan senang mendapat hadiah berupa boneka, perempuan muda dan dewasa tidak akan menolak hadiah menggemaskan ini. Biasanya, boneka yang banyak dipilih saat Valentine adalah teddy bear. Mengge-maskan dan membuat orang yang kita berikan selalu mengingat kita.

Memang biasanya boneka lebih menekankan perasaan ke lawan jenis, terutama seorang pria yang ingin memberikan tanda sayang kepada wanita yang dicin-tainya. Tetapi boneka juga dapat kita berikan kepada saudara kita yang masih kecil, atau teman gereja kita yang menyukai boneka. Mereka pasti akan gembira mendapatkan sesuatu yang mereka sukai.

perhatian

Berikan perhatian kepada setiap orang yang kita sayangi. Cara ini bahkan lebih mudah dibandingkan dengan memberikan kartu ucapan. Dengan membuatkan sarapan pagi kepada orang tua dan saudara kita, lalu mengecup kedua pipi orang tua kita saat sebelum berangkat ke sekolah adalah salah satu bentuk perhatian kita. Saat di malam hari, buatkan segelas cokelat hangat untuk orang tua dan luangkan waktu untuk berbincang dengan menanyakan bagaimana pekerjaan-nya hari ini. Kita juga dapat menawarkan diri untuk memijitkan orang tua kita, karena pasti ia lelah setelah seharian bekerja. Perhatian yang kecil ini di hari kasih sayang tidak akan terbayar oleh apapun juga.

Menelpon dan menanyakan kabar dari oma atau opa juga merupakan bentuk perhatian kita bagi mereka. Ingat saat kecil, mereka adalah yang tak kalah ber-peran dalam merawat kita selain orang tua. Jika memungkinkan, sempatkan mampir ke tempat tinggalnya mereka dan bawakan makanan yang mereka sukai. Oma atau opa kita pasti akan lebih menyayangi kita lagi.

Kepada teman dekat, kita juga bisa memberikan perhatian kecil, dengan me-nawarkan pulang bersama kepada teman yang rumahnya searah dengan kita, atau dengan membawakan bekal kepada teman kita yang biasanya tidak mem-bawa makanan ke sekolah. Bisa juga dengan saat pelajaran yang kita sudah menguasainya, bantu teman kita yang belum bisa dan mengajarinya sampai ia bisa.

Kita juga dapat membagikan arti hari kasih sayang ini kepada orang yang tidak kita kenal, misalnya dengan menyumbang baju kita yang masih bagus dan layak pakai ke panti asuhan, juga dengan memberikan sedekah bagi orang yang me-minta di pinggir jalan. Bayangkan rasa senangnya para anak kecil yang menda-pat uang dua puluh ribu, meskipun uang dengan sejumlah demikian tidak terlalu berarti bagi kita.

Ingat, memberikan perhatian kecil ini bukan hanya dilakukan saat Valentine saja, tetapi setiap saat. Sebenarnya, hari kasih sayang itu setiap hari. Selain memi-liki efek semakin disayang oleh orang di sekitar kita, kita pun juga akan senang bila melihat orang di sekitar kita senang karena kita. Jadi jangan memberikan perhatian-perhatian kecil saat Valentine saja, tapi juga dilakukan setiap saat.

Page 7: Fillet 4 edisi Februari 2013

07

YOLO*! Pengalaman Konser Pertamaby Nathania Amanda

Hai FISHERS! Namaku Amanda. Aku tertarik untuk menceritakan salah satu pengalaman aku kepada kalian.

Jadi aku mau menceritakan salah satu pengalaman YOLO aku sewaktu aku hidup di dunia ini. Waktu itu tanggal 14 November 2012, aku diberi kesempatan sama Tuhan untuk nonton Owl City. Awalnya, sih, sekitar 4 bulan sebelum konser tersebut, aku udah bener-bener mau serius hafal semua lagu Owl City di album barunya.

Tapi karna aku belajar, kerjain tugas, dan buat PR, aku jadi ga sempet hafal semua lagunya. Satu-satunya lagu yang aku hafal adalah ‘Good Time’. Kalo gitu mengapa aku nonton Owl City? Satu-satunya alasan kenapa aku nonton sebetulnya gara-gara salah satu temen aku ngajak. Aku kasihan melihat dia taun lalu ketika Owl City konser, dia nonton cuma berdua sama temennya. Jadi tahun 2012 kemarin itu aku ikut, deh. Nah, aku mau cerita waktu aku di stadium tennis indoor Senayan-nya. Sesampainya aku disana, aku langsung nemuin banyak calo-calo yang jual tiket Owl City tersebut. Nah, waktu lagi ngantri untuk masuk ke dalam stadium-nya, ada seorang reporter serta cameraman mendatangi kami. Nah, karna norak dan baru pertama kali nonton konser, langsung deh aku dan yang lain nyanyi ‘Good Time’ sambil di-record oleh si cameraman. Jujur sebetulnya aku malu...

Sewaktu aku masuk stadium tenis indoor Senayan, aku langsung buru-buru lari supaya mendapatkan tempat paling depan. Nah, aku sama Gracellyne, salah satu temanku, beruntung. Kami benar-benar menyelaki banyak orang sehingga tempat aku dan Gracellyne bisa dikatakan lumayan depan. Nah, sewaktu konser berlangsung, aku hanya loncat-loncat walaupun aku tidak tahu lagunya. Untungnya, Ayleen, salah satu temanku memiliki albumnya sehingga aku meminjam buku liriknya dan membawanya sewaktu konser. Jadi, sewaktu Ayleen, Gracellyne dan yang lain bernyanyi, aku mencoba melihat liriknya dengan susah payah sampai konser selesai.

Keesokan harinya, Ayleen, sedang menge-stalk video-video konser Owl City di Jakarta tersebut. Seketika pula, ia mendapati ada kami yang sedang berdiri. Dan Ayleen berkata bahwa terdapat aku sedang berdiri dan melihat lirik di tengah keramaian konser tersebut. Dan hal itu sangat memalukan. Sekian cerita salah satu pengalaman YOLO-ku. Semoga kalian tidak meniru perbuatanku. Salam SPARTANSSSS!

Kucing Galau @kucinggalauauau

Siap menjawab pertanyaan galau para Madam dan Mister.

Ikuti saya di Twitter untuk terusbertanya dan mendapatkan update!

Dear Kucing Galau,Saya adalah seorang anak SMA di salah satu sekolah swasta termuka di Indonesia. Suatu hari

saya bangun pagi dan menemukan ada sebuah bintil merah yang bertengger di hidung saya. Bintil merah ini sangat betah bermukim, dan saya jadi sangat malu karena teman-teman di sekolah mulai menunjuk-nunjuk, berbisik-bisik dan menertawai saya. Bagaimana saya menghilangkan bintil ini?

- Mister X, Jakarta

Kucing Galau yang budiman,Saya mau tanya gimana, sih, cara bangun pagi? Soalnya saya susah banget bangun pagi walaupun udah pasang alarm 3 biji.

- Madam B

Mister X yang gundah, Bintil merah tersebut tak lain, tak bukan dan tak salah lagi bernama jerawat. Untuk mengatasi, pakailah salep

jerawat setelah mandi. Untuk mencegah timbulnya jerawat lebih lanjut, tidurlah yang cukup, minumlah yang banyak, dan jangan stres-stres ya...

Madam B yang pengantuk,Bangun pagi memang me-merlukan motivasi lebih. Setiap alarm Anda berbunyi disarankan Anda langsung

loncat-loncat di pinggir ranjang supaya segar. Kalau masalah terus berlanjut, disarankan Anda mencari pertolongan orang rumah untuk menyiram Anda de-ngan seember air dingin.

PENGALAMAN

*an acronym for “you only live once”. Similar to carpe diem, it implies that one should enjoy life, even if that entails taking risks.

Page 8: Fillet 4 edisi Februari 2013

CO

MIC

S

08

Page 9: Fillet 4 edisi Februari 2013

“In the sweetness of friendship let there be laughter, and sharing of pleasures.” - Kahlil Gibran.

Page 10: Fillet 4 edisi Februari 2013

10

ENTREPRENEUR

Sejak kapan kamu memulai usaha jualan cookies ini?Liburan kenaikan kelas ke kelas 9. Pertengahan tahun 2012.

Apa yang membuat kamu punya ide?Waktu itu aku sama mami pergi beli kue liat-liat kue di toko roti, terus aku liat ada cookies lucu-lucu trus aku pikir mau jualan, ah, buat tambah-tambah uang jajan gitu sekalian bantuin ortu.

Apa yang memotivasi kamu untuk menjalankan ide kamu?Mau bantu ortu plus tambah uang jajan.

Dengan umur kamu sekarang, apa challenge-nya?Kalo ada pesenan tapi di hari yang sama harus belajar buat ulangan besok itu ngatur waktunya susah

Bagaimana cara kamu mengatur waktu antara usaha dengan sekolah?Tugas sekolah dicicil dari jauh-jauh hari. Kalo ulangan, ya, paling pulang sekolah bikin terus serahin manggang dan packaging sama cici atau mbak.

Vicky’s

Cookies

Suka duka selama ini?Sukanya: dapat uang tambahan; dukanya: jadi sibuk, capek, waktu main berkurang.

Apa harapan kamu ke depannya?Supaya usaha aku dan mami bisa makin besar.

Mana yang lebih penting antara mengembangkan hobi dan sekolah?Dua-duanya, karena keputusan yang aku sudah ambil harus di pertanggungjawabkan.

Apakah bisnis ini mau kamu kembangkan?Iya.

Pesan buat teman- teman kamu satu generasi?Jangan pernah sekali- sekali coba bikin usaha kalau kamu tidak bisa mengatur waktu kamu dengan baik, apalagi kalau kamu punya banyak les karena bisa jadi sibuk banget. Bertanggungjawablah untuk segala keputusan yang kamu buat dan berpikir dulu sebelum kamu mengambil suatu keputusan.

Inovasi yang membedakan cookies kamu?Aku akan usahakan kalau ada orang pesen, cookiesku itu enak dan fresh.

Respon dari orang- orang bagaimana?Ya, kadang ada yang abis nyicipin terus besokannya dia pesen.

Impian kamu apa?Usaha cookies ini bakal terus berjalan sampe mencapai titik yang paling sukses dan pastinya cita-citaku menjadi psikolog juga tercapai.

BIODATA VICKY

Nama : Catharina VictoriaTgl Lahir : 28 Februari 1998

Kelas : 9Sekolah : IPEKA Puri

13 Questionsfor Vicky

FISH Entrepreneur kita kali ini adalah Vicky (15 tahun) yang mempunyai usaha membuat cookies.

Page 11: Fillet 4 edisi Februari 2013

otnielrevanwiDjaja

11

In this interview, Otniel shares his experience of being a mentor at FISH and reflects on the valuable lessons and insights he obtains along the way.

kenapa bisa ngajar? Awalnya coba-coba, karena sudah SMA jadi cari kerja yang kecil-kecilan. SMA kan lebih bebas dari SMP sehingga ingin cari pengalaman. Di samping itu bisa nambah uang jajan juga. Aku pertama orangnya tidak pede, jadi motivasi lain adalah ingin belajar supaya pede karena kepercayaan diri pasti dibutuhkan dalam masyarakat ke depannya.

sejak kapan kamu ngajar? Mulai ngajar dari kelas 1 SMA. Pertama- tama coba ngomong ke Ko Ivan tentang keinginan untuk ngajar. Di saat itu Ko Ivan support dan kasih kesempatan, tentunya dengan membuka pandangan, bahwa keputusan yang diambil ini bukan sekedar akan mendapatkan uang saku saja, tetapi ada hal-hal yang harus dikorbankan juga. Dan tentu saja time management sangat diperlukan.

Pengalaman yang didapat dari mengajar?Menjadi orang yang lebih pede, dan cepat akrab dengan orang lain. Tadinya aku orangnya tidak cepat akrab dengan orang baru. Tapi dari sini kalau tidak akrab dengan murid, kan, jadi tidak enak ngajarnya. Jadi dengan tuntutan ini lama- lama jadi terbiasa untuk bertemu orang baru.

kesulitan yang dialami?Mengajar berarti bertemu dengan anak dengan berbagai tipe, dan tiap tipe anak ada cara pendekatan tersendiri. Jadi dari sini belajar juga mengenai tipe-tipe dari

PROFIL

orang. Hal yang lain adalah mengenai materi yang harus diajarkan. Semakin tinggi kelas yang diajar, maka harus belajar lagi.

Gimana cara atur waktu dengan sekolah?Kebetulan aku adalah tipe dengan waktu belajar malam. Jadi pulang sekolah langsung pulang, sempatkan tidur sebentar, lalu mengajar. Nah biasanya kan pulang ngajar jam 8 atau 9, jadi pas waktunya untuk belajar. Kalau dulu sebelum ngajar, biasanya pulang tidak jelas ngapain sambil nunggu waktu belajar. Jadi wasting time.

apakah ngajar mengganggu hobi kamu?Pertama-tama mengajar berasa jadi sibuk, tetapi lama-lama menikmati malah jadi kebiasaan. Hobi yang tadinya mungkin setiap hari, dikurangi dan digeser ke hari yang lain. FISH juga ada acara olahraga yaitu sports day jadinya ada ajang untuk nyalurin hobi kita juga. Intinya apa yang dikorbankan ternyata sangat-sangat sebanding dengan apa yang kita dapatkan.

kamu harus belajar pelajaran orang lain, buang waktu ga?Ngga kok. Malah gak tau kenapa belajar pelajaran orang lain membuat kita lebih cepat ngerti pelajaran yang diajarkan di sekolah. Bahkan asiknya, kadang-kadang bahan yang kita ajarkan ke murid dipakai di sekolah. Jadi lebih mantap.

setelah kamu jadi guru, ada perubahan dalam diri kamu ga?Lebih menghargai orang. Karena berasa posisi dari kedua belah pihak. Sebagai guru dan murid. Sebagai cowo tadinya, kan, bodo amat, ga tau bagaimana stres-nya guru pas ngajar muridnya. Berubah cara pandang terhadap guru.

Misalnya aku ngajarin pelajaran sulit. Yang murid aku mungkin sulit ngerti. Nah pas di sekolah guru aku ngejelasin sesuatu yang sulit juga. Karena aku pernah berada dalam

situasi yang itu, secara ga langsung itu membuat aku lebih cepat mengerti.

Mana lebih penting kerja atau sMa? Tetep harus SMA. Diprioritaskan yang menjadi tanggung jawab utama. Untuk anak seumur kita, hal di samping sekolah adalah sambilan. Tetapi kita harus menjadi anak muda yang penuh inovasi, bagaimana kita bisa imbangin rutinitas kita dengan hal lain yang bermanfaat.

nyesel ga? ada pesan buat teman- teman generasi kamu?Ga ada penyesalan. Pesan untuk teman- teman, ada pengalaman banyak itu efek banget. Kalau kita udah start duluan, kita bakal lebih mantep dalam segi pengalaman. Manfaatin kebebasan SMA dengan positif dengan kegiatan yang berguna.

sipp! sukses terus, niel!

BioDATA oTNieLNama : Otniel Revan WidjajaTgl Lahir : 25 Januari 1995Kelas : 12 IPASekolah : IPEKA PuriLanjut ke : Universitas Bina NusantaraHobi : Basket, drum

Otniel behind the drums!

Page 12: Fillet 4 edisi Februari 2013

12

1. ADAM KHOO

Dia orang Singapura. Waktu kecil, ia adalah penggemar berat games dan TV. Dalam sehari ia bisa berjam-jam di depan TV, baik untuk main Play Station maupun nonton TV. Adam Khoo dikenal sebagai anak bodoh. Ke-tika kelas empat SD, ia dikeluarkan dari sekolah. Ia pun masuk ke SD terburuk di Singapura. Ketika akan masuk SMP, ia ditolak oleh enam SMP terbaik di sana. Akhirnya, ia bisa masuk ke SMP terburuk di Singapura. Namun lama kelamaan keadaannya membaik karena cemoohan teman-temannya, hingga akhirnya ia memperoleh kesuksesan di dunia bisnis. Prestasi Adam di dunia bisnis ditandai pada saat Adam berusia 26 tahun. Ia telah memiliki empat bisnis dengan total nilai omset per tahun US$20 juta. Kisah bisnis Adam dimulai ketika ia berusia 15 tahun ketika ia berbisnis music box. Bisnis berikutnya adalah bisnis training dan seminar. Pada usia 22 tahun, Adam Khoo adalah trainer tingkat nasional di Singapura. Klien-kliennya adalah para manager dan top manager perusahaan-perusahaan di Singapura. Bayarannya mencapai US$10.000 per jam.

2. ALBERT ENSTEIN

Siapa yang belum tahu Albert Einstein? Dialah il-muwan yang hidup di abad 20 yang terkenal dengan teori relativitasnya. Dia juga salah satu peraih Nobel Prize. Siapa sangka dia adalah seorang anak yang terlambat berbicara dan juga mengidap autisme. Waktu kecil dia juga suka lalai dengan pelajaran.

3. ARISTOTLE ONASSIS

Di sekolah ia bodoh dan suka mencari perkara. Tidak aneh kalau ia diusir dari beberapa sekolah. Ia pa- ling sering menduduki ranking terbawah di kelasnya. Salah seorang gurunya berkata:“Teman-teman sekelas memuja dia, tetapi guru-guru dan keluarganya berputus asa. Selagi ia masih muda, dengan mudah orang dapat melihat bahwa dia akan menjadi seorang di antara mereka yang akan menghancurkan diri sama sekali atau sukses secara gilang-gemilang.” Walaupun rapornya di sekolah jauh dari bagus, bakatnya untuk ber-dagang dan mencari uang telah tampak sejak dini. Akhirnya dia menjadi seorang milyuner.

4. THOMAS ALVA EDISON

Suatu hari, seorang bocah berusia 4 tahun, agak tuli dan bodoh di sekolah, pu-lang ke rumahnya membawa secarik kertas dari gurunya. ibunya membaca ker-tas tersebut, “Tommy, anak ibu, sangat bodoh. Kami minta ibu untuk mengelu-arkannya dari sekolah.” Sang ibu terhenyak membaca surat ini, namun ia segera membuat tekad yang teguh, “anak saya Tommy, bukan anak bodoh. saya sendiri yang akan mendidik dan mengajar dia.” Tommy kecil adalah Thomas Alva Edi-son yang kita kenal sekarang, salah satu penemu terbesar di dunia. Dia hanya bersekolah sekitar 3 bulan, dan secara fisik agak tuli, namun itu semua ternyata bukan penghalang untuk terus maju. Siapa yang sebelumnya menyangka bahwa bocah tuli yang bodoh sampai-sampai diminta keluar dari sekolah, akhirnya bisa menjadi seorang genius? Salah satu faktor pendukungnya adalah ibunya! Ya, Nancy Edison, ibu dari Thomas Alva Edison, tidak menyerah begitu saja dengan pendapat pihak sekolah terhadap anaknya.

INSPIRASI

5 ORANG BODOH YANG MENJADI SUKSES DIDUNIAby Nathania Amanda

1

2

3

4

5

5. CHRIS GARDNER

Sudah pernah nonton film atau baca buku Pursuit of Happyness ? Itulah kisah nyata kehidupan Christoper Paul Gardner yang diperankan oleh Will Smith. Pa-hit manisnya kehidupan tampaknya sudah dirasakan olehnya. Kehilangan tempat tinggal, ditinggal istri, ditangkap polisi, kesulitan membayar kredit, semuanya sudah dirasakan. Dia bukanlah orang berpendidikan tinggi tapi dia terus berusaha dan berjuang, Kini dia menjadi seorang milyuner sukses, motivator, entrepeneur dan filantropis. Sekarang dia mempunyai Gardner Rich & Co, sebuah perusahaan pialang saham.

Jadi, kita sebagai penerus bangsa, jangan mau kalah sama mereka. Kita harus lebih rajin belajar. Kalian mau kan jadi sukses? Ayo kita belajar. Nimba ilmu setinggi-tingginya. Biar dunia tau kalau kita juga bisa sukses. GOOD LUCK GUYS!

Page 13: Fillet 4 edisi Februari 2013

Batik Day di FISH

Dalam rangka memperingati Hari Batik nasional, pada tanggal 2 Oktober 2012 FISH Team memakai batik pada saat mengajar. FISH Team yang berpartisipasi pada hari itu adalah Aryo Setjahusada, Juwita Johanna, Michelle Putri, Otniel Revan, Stacey Devina, Ivan Kabul, dan Heidi Kabul. Melihat orang-orang ini berbatik pada hari itu merupakan pemandangan yang tidak biasa (tetep kece pastinya, hehehe). Semoga ini bisa jadi wujud bakti FISH terhadap Indonesia! Love Indonesia by loving the culture!

PERISTIWA

Aryo (foto atas, kanan) dan Otniel (foto kanan) dalam balutan kameja batik.

FISH ID CARD WILL DECLARE YOU AS A FISH MEMBER!

setiap anggota FisH akan menDapatkan FisH iD. Para mentor akan mendapatkan ID dengan warna hitam, dan Fishers akan mendapat-kan ID dengan warna biru muda. ID yang kalian dapat akan tertera nama serta barcode. Nah, FISH ID ini ke depannya akan digunakan untuk sarana absensi, dengan cara menscan barcode yang ada di masing- masing kartu kalian ketika datang les. Oleh karena itu, boleh dibiasakan untuk membawa ID Card setiap kali datang les.

Setelah barcode di-scan, identitas Fisher akan tampil di monitor seperti terlihat di bawah ini.

FISH ID Fishers

FISH ID Mentor

Page 14: Fillet 4 edisi Februari 2013

14

inilaH suasana persiapan uts anak kelas 10. Persiapan kali ini sedikit berbeda karena dilakukan dalam bentuk kuliah umum. Jadi seluruh anak kelas 10 dikumpulkan dibawah arahan Aryo Setjahusada dan Ivan Kabul. Suasana ini adalah suasana persiapan untuk UTS bidang studi matematika. Semua berjuang, berusaha yang terbaik, untuk hasil yang terbaik. Persiapan berlangsung mele-lahkan, tetapi juga sangat menyenangkan. Perjuangan mental dan penuh keringat hari itu ditutup dengan yang manis, yaitu melaku-kan pemanjaan mulut dengan martabak coklat keju. Asiknyaaa!!!

It’s Time to Face The Giant (again)!

Asiknya belajar bareng!!!

Anak SMP dan SD pun juga ikut serius belajar:)

Another more recent lecture session

Page 15: Fillet 4 edisi Februari 2013

Iko Vs FabianSama-sama nendang!

15

Hai teman- teman sekalian! Aku mau cerita salah satu pengalaman yang seru sewaktu aku les di FISH. Jadi suatu hari FISH ngadain kaya FISH sports day gitu deh. Terus kebetulan waktu itu aku ikut main basket. FISH ngadain sports day itu di lapangan Permata Buana. Aku seneng bgt soalnya selain bisa main basket, bisa nyuci mata dikit. Nah, aku kan main- main gitu, terus seru banget, deh, main sama temen- temen. Terus abis aku main, aku nontonin cowo-cowo FISH yang 6 packs main basket. Mereka main seru banget, aku nontoninnya aja kaya ga stop. Mereka main supeeerr cepet dan seru. Pokoknya aku seneng banget bisa ikut sports day yang diadain FISH. Selain sehat bisa cuci mata, deh, pokoknya!!! Kalo bisa sebulan sekali, ya, Ko Ivan diadainnya :D

Kesebelasan Fishers mengabadikan momen sebelum bertanding.

Selain basket dan futsal, Fishers pun juga bermain badminton bersama.

FISH Sports Day’s Photos

Pengalaman FISH

Sports Day by Nathania Amanda

Page 16: Fillet 4 edisi Februari 2013

Banyak hal- hal menarik yang terjadi selama proses recording berlangsung. Misalnya Jason yang selalu tertawa di saat-saat tertentu, sampai-sampai dia sempat berinisiatif untuk menunggu di WC ketika giliran yang lain recording (tidak jadi, sih).

Disamping itu, tentunya ini suatu pengalaman yang tidak akan dilupakan oleh mereka bertiga. Bagaimana kita berlatih terhadap sesuatu hal, dan bagaimana kita harus bisa menyalurkan hal tersebut supaya dapat dinikmati orang lain. Karena ketika kita memutuskan untuk menyimpan ilmu kita tetap anteng dalam “kamarnya”, di saat itulah kita kehilangan kesempatan bagi kita untuk maju. So, apapun idemu, apapun ilmumu, pikirkan bagaimana caranya agar dapat berguna bagi orang lain. Sekian!

Link 1 (Tanah Air): http://www.youtube.com/watch?v=RJIR6nsSlB4

Link 2 (Another song played for Mothers’ Day 2010): http://www.youtube.com/watch?v=Wlort6fHjiw&feature=plcp

dapat dikatakan inilah “prOject besar” yang kedua bagi Fish guitar ensemble. Setelah sebelumnya membuat sebuah video musik bertemakan hari ibu yang cukup merangsang produksi air mata yang melebihi biasanya, kali ini giliran event 17 Agustus tahun 2012 yang dipilih untuk menunjukkan rasa nasionalis dari ketiga anak ini. Ya, mereka adalah Andre Darmawan (17 tahun), Jocelyn Tjahjono (13 tahun), Jason Tjahjono (12 tahun). Dalam project ini, mereka bertiga memilih lagu nasional yaitu “Tanah Air” dan tentu saja dengan aransemen musik yang membuat warna baru pada lagu tersebut. Dan yang membuat makin spesial, kali ini project mereka direkam di Stefan Wan Recording Studio.

Persiapan yang dilakukan Andre, Jason, dan Jocelyn kurang lebih dilakukan selama 1 bulan. Persiapan dimulai dengan “comot-comot” lagu, ngelamun (terkadang perlu untuk mendapatkan ide), pembagian tugas, serta berlatih aransemen baru. Latihan-latihan yang sudah dilakukan akhirnya membawa mereka ke hari H perekaman lagu. Senang bercampur tegang dirasakan mereka karena ini adalah untuk pertama kalinya mereka akan rekaman di tempat sebuah tempat recording langsung. Wahh berasa jadi kaya artis pastinya. Hehehe...

Dengan pengarahan dari Stefan Wan, akhirnya recording dilakukan dalam dua sesi. Tawa, deg-degan, tegang, semua perasaan bercampur menjadi satu. Dan akhirnya... SELESAI! Wah benar- benar lega dan puas akhirnya kerja keras selama ini sudah berbuah hasil. Tidak mau melewatkan momen yang berharga ini, maka setelah recording yang sangat menguras keringat ini dilakukan tidak lupa mereka berfoto-foto. Hehe.

PERISTIWA - MUSIK

FISH Guitar Ensemble for Indonesia!

jocelyn jasonandre

Page 17: Fillet 4 edisi Februari 2013

17

LAPORAN JOLLYTUNES

Kumpul Kumpul perdana diadakan pada tanggal 30 September 2012 pukul 15.00. Satu persatu Jollies (murid Jollytunes-red.) berdatangan dengan ceria sambil menunggu teman-teman lain berdatangan. Suasana heboh, canda dan tawa terjadi setelah Jollies sudah berkumpul.

Kini saatnya untuk memulai acara! Semua deg-degan, siapa yang akan dipanggil untuk main pertama kali. Oh, ternyata tidak ada yang mau jadi yang pertama. Memang saya sudah mempersiapkan sebuah lagu untuk membuka acara, yaitu opening 21th Century Theme. Setidaknya lagu ini memang mereka sering dengar.

Oke, selanjutnya permainan dari Jollies. Satu persatu mereka maju, memberi hormat dan memainkan lagu yang sudah dipersiapkan. Kebanyakan lagu yang dimainkan adalah lagu favorit mereka. Setiap tiga peserta ada selingan seperti menonton video lagu Ode to Joy yang dibawakan oleh boneka Muppet yang kemudian dinyanyikan bersama. Selingan selanjutnya adalah permainan duet: piano dan saxophone. Jollies memperhatikan dengan seksama permainan saxophone yang dibawakan oleh Ivan Kabul, namun tidak sadar bahwa saya memainkan piano dengan posisi badan terbalik. Akhirnya Jollies sadar juga.

Selain permainan solo, ada juga permainan duet kakak beradik. Permainan duet sebenarnya sangat membantu dalam meningkatkan kekompakan dan kemampuan saling mendengarkan.

Acara hampir usai, saya mengadakan games yang membuat Jollies berpikir sangat keras. Kemudian kami juga tidak lupa untuk foto bersama serta bagi-bagi goody bag dan sertifikat.

Demikian acara Kumpul Kumpul pada hari ini. Tunggu kabar tentang Kumpul Kumpul selanjutnya :) Terus berlatih, ya, Jollies...!

Heidi Kabul

kumpulkumpul 30 September 2012

Permainan saxophone Ivan dan piano terbalik Heidi

Para Jollies berpose sebelum acara usai.

Page 18: Fillet 4 edisi Februari 2013

Di suatu hari di bulan Februari baru-baru ini tiap Fisher diberikan sebuah gelang karet hijau dengan tulisan putih Spartans dan FISH. Kira-kira apa artinya, ya? Sebelum dibagikan kepada para Fishers yang sudah berkumpul malam itu, Ko Ivan memberikan sebuah pidato singkat tentang arti dari gelang ini. Berikut cuplikannya:

“Rubber band ini aku bagikan sebagai souvenir anniversary FISH yang ke-3, dan aku harapkan benda ini bisa jadi suatu reminder bagi kita semua tentang suatu hal. FISH mengambil suatu slogan ‘Spartans’ dan hal tersebut aku harapkan punya arti dan nilai yang bisa kita pegang dalam setiap langkah di kehidupan kita. Ketiga hal tersebut adalah:

Hard willingness to learn, like an unbreakable rock: ba-•gaimana kita punya suatu keinginan untuk terus belajar.Dream high, like an eagle fly: bagaimana kita berani un-•tuk terus bermimpi dan kejar terus apa yang jadi mimpi kita.And eternal spirit, like the Spartans!: kegagalan adalah •hal yang biasa, tetapi ketika kita tidak berhenti di titik itu dan bangkit, disaat itulah kita menjadi luar biasa.

Setiap kali kalian membaca apa yang tertulis pada benda ini, ingat dan pegang terus ketiga prinsip tersebut. ke-hidupan yang berhasil bukanlah kehidupan tanpa kegagalan, melainkan sebuah kehidupan yang bisa mengkonversikan sebuah kegagalan menjadi suatu nilai yang membuat hidup kita lebih maju. Live your life, Spartans!”

Seperti itulah bunyi pesannya. Kemudian pem-bagian dimulai dengan pemakaian gelang secara simbolis kepada wakil Fishers, Michael Hanam. Upacara ini pun diak-hiri dengan berkumpul dan meneriakkan slogan SPARTANS!

Hard willingness to learn,like an unbreakable rock;

Dream high, like an eagle fly;And eternal spirit like the SPARTANS!

FISH 3rd Anniversary

spartans Bracelet

18

PERISTIWA - HOT NEWS

Ko Ivan menjelaskan filosofi di balik semangat SPARTANS sebelum membagikan gelang.

Page 19: Fillet 4 edisi Februari 2013

ADVERTS

19

Chinese Bilingual Learning Centre

Online Chinese course with native teacher

It’s always fantastic to learn language from its own people! With the help of great technology, Chinese Bilingual Learning Centre presents an online Chinese course via Skype. Learning Chinese is awesome, it’s cool, and you will learn it from uber-cool teacher here! (“No Bahasa” policy is guaranteed!) .

Native Chinese Instructor (No Bahasa is possible )

Private Class Flexible Schedule Online Class International Network and many more!

Interested? Feel free to contact our sales representative from Singapore, and….. he is in Jakarta now!

Leonard Bunsen +6287782012751 or +6585084550

26C32709 [email protected]

SPARTANSSSS!!!!!!!

Page 20: Fillet 4 edisi Februari 2013

Jl. Meruya Ilir N

o.5,Kebon Jeruk - Jakarta Barat

5847279 - 5860090

Wahana G

roup is a one stop service which offers

integrated solution in visual comm

unication & printing

SP

ESIA

L PR

OM

O

3 B

ULA

N*