slide ikd 2014

30
KEANEKARAGAMAN KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP DAN MAKHLUK HIDUP DAN PERSEBARANNYA PERSEBARANNYA Disusun oleh Disusun oleh kelompok 6 kelompok 6 : : ANNISA KHAIRINA 1308356 ANNISA KHAIRINA 1308356 INDAH PUSPITA 1305555 INDAH PUSPITA 1305555 SUPRIADI 1308108 SUPRIADI 1308108 SUHENDRI 1302755 SUHENDRI 1302755

Upload: jessie-pearson

Post on 25-Nov-2015

35 views

Category:

Documents


7 download

TRANSCRIPT

  • KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP DAN PERSEBARANNYADisusun oleh kelompok 6:ANNISA KHAIRINA 1308356 INDAH PUSPITA 1305555SUPRIADI 1308108 SUHENDRI 1302755

  • KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP DAN PERSEBARANNYA 1. Keanekaragaman Makhluk Hidup 2.Persebaran Makhluk Hidup dan sejarah perkembangan manusia 3.Teori evolusi

  • 1. Keanekaragaman Makhluk Hidup1.1.Sistem Klasifikasi:Untuk dapat mengklasifikasikan dengan seksama perlu adanya susunan sistematik Caranya setiap spesies ( hewan dan tanaman) diberi nama dua kata.

  • Kata pertama adalah nama genus, dimana huruf pertama nya harus ditulis dengan huruf besar.Kata kedua adalah petunjuk spesiesMisal : Homo sapiens Spesies adalah kumpulan tanaman atau hewan yang mempunyai banyak persamaan dan dapat mengadakan perkembangbiakan satu sama lain.Familia adalah kumpulan spesies yang mempunyai banyak persamaan

  • 1.2 Dunia Tanaman dan HewanSemua organisme hidup dibagi menjadi 2 bagian : Dunia tanaman dan dunia hewan Kemudian dibagi lagi dalam : Phylum, kelas, ordo, Familia, genus, spesies dan ras( varietas tanaman ).

  • 1.3Dunia TumbuhanDunia tumbuhan dibagi menjadi beberapa divisi atau PhylumEicher( 1983) membagi dunia tumbuhan menjadi 2 kelompok besar yaitu : 1.Cryptogamae ( Tumbuhan rendah): a. divisi Thallophytab. Divisi Bryophytac. Divisi Pteridophyta2.Phanerogamae (Tumbuhan Tinggi ): a. Divisi Spermatophyta 1.Klas Gymnospermae2.Klas Angiospermae.

  • Dunia Tumbuhan Dibagi menjadi 5 devisi : Divisi Schizophyta ( bakteri dan ganggang biru)divisi Thallophyta ( ganggang, jamur, lumut kerak) Divisi Bryophyta (tumbuhan lumut) Divisi Pteridophyta (tumbuhan paku) Divisi Spermatophyta ( tumbuhan bunga / berbiji)a.Subdivisi Gymnospermae ( biji terbuka )b. Subdivisi Angiospermae ( biji tertutup)1. Klas Dicotyledoneae ( dikotil)2. Klas Monocotyledoneae( monokotil)

  • Divisi 1: Thallophyta

    Merupakan tanaman yang sederhana ada Uniseluler dan multiselulerDibagi menjadi 2 subdivisi Yaitu : Ganggang dan Jamur Ganggang : Mempunyai klorofil sehingga dapat membuat makanan sendiri Dibagi menjadi 4 kelas yaitu : ganggang hijau, ganggang biru, ganggang merah, ganggang coklat.Jamur : Tidak mempunyai klorofil, tidak dapat membuat makanan sendiri, tergantung dengan organisme lain, maka jamur sering sebagai parasit disebut sebagai parasit, sedangkan yang hidup pada organisme yang mati disebut saprofit.

  • Divisi 2 : Briophyta Divisi ini adalah tanaman dengan daun yang sederhana dan bagian yang menyerupai akar dan batang. Briophyta ( lumut) dibagi menjadi 2 : Lumut hati dan lumut daun.

  • Divisi 3 : Pterodophyta Pada tingkatan yang lebih majuSudah mempunyai banyak daun dan akar yang sebenarnyaBerkembang biak dengan spora .

  • Divisi 4 : Spermatophyta tumbuhan yang paling maju Berkembang biak dengan biji, mempunyai sistem perakaran yang luas untuk menyerap air dan mineral.Subdivisi 1: Gymnospermae. Tanaman berbelah, biji terbukaSubdivisi 2 : Angiospermae , merupakan subdivisi yang paling tinggi tingkatannya. 1. Klas Dicotyledoneae ( dikotil) tanaman berbelah biji 2 Tulang daunnya menyiripFamilia : Leguminosae, Compositae, Labiatae, Solanacea2. Klas Monocotyledoneae( monokotil)Tanaman berbelah satuTulang daun panjang dan sejajar atau tersusun berdekatan satu sama lain.Familia : Liliaceae, Orchidachiae, Gramineae,Palmae,Musaceae,

  • 1.4 Dunia Hewan Terdiri atas : Avertebrata( tidak mempunyai Tulang belakang) 2.Vertebrata ( mempunyai tulang belakang)

  • Phylum 1 : Protozoa Adalah hewan bersel satu yang hanya dapat dilihat dengan menggunakan mikroskop.Antony van Leeuwenboek orang pertama yang membuat diskripsi tentang protoplasma sebagi bentuk sederhana dari hewan . Protozoa menggenang di danau dan dilaut.

  • Kelas 1 : Sarcodina Genus : Amuba adalah suatu bentuk yang sederhana , tidak mempunyai bentuk tertentu. Waktu mencari makan makanan dikelilingi dan dicernakan oleh Vakuola makanan.Kelas 2 : Infusoria Genus Paramecium . Mempunyai rambut-rambut getar disebut silia, bagian luar sel digunakan untuk bergerak, Mempunyai 2 Vakuola kontraktif untuk mengeluarkan sisa cairan dan vacuola makanan untuk mencernakan makanan.

  • Kelas 3 : Mastigophora Euglena mempunyai cambuk yang panjang disebut Flagelium, mempunyai klorofil, tidak mempunyai kulit, bergerak dengan flagel tidak mempunyai dinding sel. Kelas 4 : Sporozoa golongan parasit, ada yang didalam tubuh manusia. Kuman penyakit

  • Phylum 2 : Porifera Termasuk hewan bunga karang, bunga laut,Phylum 3 : CoelenterataTermasuk bunga laut Phylum 4:PlathelmintesContoh : cacing gepengPhylum 5:NemathelmintesContoh : Cacing bundarPhylum 6 :Annelida Cacing dengan struktur yang sudah maju Contoh cacing tanah

  • Phylum 7 : Echinodermata Contoh bintang lautPhylum 8 : Molluska Binatang bertubuh lunak , biasanya dibungkus kerang .Phylum9 : Arthropoda Merupakan Avertebrata yang paling komplek Mempunyai tiga pasang kaki atau lebih Contoh : Crustaceae ( udang karang ) Myriapoda berbentuk seperti cacing Arachoineda ( kepiting )Insecta Phylum 10 : Chordata Hemi chordataUrochordataCepalochordataVertebrata.

  • Ciri-ciri VertebrataSISTEM Syaraf sudah maju, perkembangannya dengan otak yang besar diliputi dengan rongga tengkorak, mempunyai endoskelet yang terdiri atas Akial skelet termasuk tengkorak dan tulang belakangApendecular skelet termasuk tulang bahuPectoral dan gelang punggung ( pelvic) Jantung yang beruang-ruang.Sistem sirkulasi sudah maju beserta darah merahnyaSusunan tulang belakang ( medulus spinalis)Rongga badan satu berisi sistem syaraf, yang satu berisi rongga lainnya.

  • Vertebrata terdiri dari 5 kelas 1. Ikan ( picses).2.Amphibi ( amphibia)3. Reptil( reptilia)4.Burung ( aves)5.Hewan menyusui ( mamalia).

  • Mamalia :

    Tak bergigi : Lumba-lumbaBerkantong : KangguruPengerat : TikusPemakan seranggga : landakBersayap ; kelelawarPemakan daging : harimau, anjing,Pemakan tumbuhan : sapi, kuda, kerbauPrimata : kera, orang utan, manusia.

  • Klasifikasi manusia Dunia : HewanPhylum : ChordataKelas : MamaliaOrdo :PrimataFamili : HomidaeGenus : HomoSpesies : Homo Sapiens

  • Faktor yang menentukan adanya Variabilitas Geografik mahluk hidup di permukaan bumi1)Faktor lingkungan, terdiri dari lingkungan biotik yaitu tanah, air, temperatur dan iklim ditempat tersebut Lingkungan abiotik adalah lingkungan antara mahluk hidup itu sendiri adalah lautan dan selat.

  • 2) Faktor SejarahMenurut sejarah geografi bumi ini hanya terdiri dari satu samudra dan satu benua . Kemudian retak dan bergeser secara sangat perlahan membentuk benua, samudera dan lautan.

  • 3)Faktor hambatan penyebaranTerdiri dari daratan untuk mahluk penghuni lautan yaitu daratan/ benua yang menyempit seperti Amerika tengah. Bagi mahluk penghuni daratan hambatannnya lautan

  • Geografi tumbuhan Variasi pantai tropik menuju kutub sama dengan variasi dari pantai tropik ke puncak gunung yaitu :Daerah tropis berhutan lebatDaerah subtropis berhutan agak menipisDaerah Lebih dingin padang rumput, hutan cemara, pakisDaerah dekat kutub terdiri dari tundra dan lumutDaerah kutub tak ada tumbuhan.

  • Geografi Hewan1 Eropa dan Asia Utara disebut : Palaeartic dihuni antara lain : bison, rusa 2.Afrika dan Arab disebut Ethiophian dihuni antara lain Gajah Afrika, Jerapah, Gorila 3. Australia dan sekitarnya dihuni kangguru, koala, wombat4.India sampai Indonesia sisebut daerah Oriental dihuni oleh antara lain Harimau, Gajah, Kerbau .5. Daerah Amerika Utara dan sekitarnya disebut Nearctic dihuni oleh Bison, rusa rein yang disebut Caribau 6. Daerah Amerika Selatan disebut Neotropical dihuni antara lain oleh Tapir dan monyet.

  • 6.2.Persebaran Makhluk Hidup dan sejarah perkembangan manusiaDarwin menyatakan bahwa manusia adalah keturunan dari mahluk yang bukan manusia menimbulkan banyak reaksi pro dan kontra.Manusia adalah spesies biologiKekuatan yag utama yang mengarahkan evolusi manusia adalah intelegensinya, kemampuan menggunakan bahasa dengan segala macam simbul, budaya yang digunakan oleh manusia

  • Sifat ordo PrimataMeskipun Linneaus bukan seorang ahli evolusi, tetapi ia telah menempatkan manusia (Homo sapiens) dengan betul di dalam ordo Primata, kelas mamalia dari subfilum vertebrata. Bila kita bandingkan sifat-sifat (fenotipe) yang dipunyai oleh familia kera (Pongidae) dengan manusia,

  • Primata

    Hidup di hutan dan meman-jat.Ibu jari tangan dan kaki dapat dikatupkan dengan jari-jari yang lain, suatu hal yang sangat menguntungkan untuk hewan yang memanjat dan berlompatan di pohon-pohon. Kebanyakan primata mempergunakan tangan dan kakinya untuk memegang sesuatu.

  • V0lume otak primata 600ccManusia 1230 ccTulang dahi menonjol Tulang dahi manusia membentuk sudut yang tajam Rahang bawah manusia membentuk dagu yag tajam Primata Tangan kera lebih panjang dari tangan manusia.