rpp peluang pertemuan 1dan 2 kelas 7 kur 2013

13
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) PELUANG Nama Sekolah : MTs Raudlatul Huda Mata Pelajaran : MATEMATIKA Kelas/Semester : VII-A / 2 Materi Pokok : PELUANG Alokasi Waktu : 5 x 40 menit (2 kali pertemuan) A. Kompetensi Inti 1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. 2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya. 3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata. 4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori. B. Kompetensi Dasar danIndikator No . KompetesiDasar Indikator 1. 1.1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. 2. 2.1 Menunjukkan sikap logis, kritis, analitis, konsisten dan teliti, bertanggung 2.1.1Membiasakan sikap mandiri dan teliti dalam mengerjakan pekerjaan rumah.

Upload: umar-fauzi

Post on 08-Jan-2017

395 views

Category:

Education


6 download

TRANSCRIPT

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

PELUANG

Nama Sekolah : MTs Raudlatul Huda

Mata Pelajaran : MATEMATIKA

Kelas/Semester : VII-A / 2

Materi Pokok : PELUANG

Alokasi Waktu : 5 x 40 menit (2 kali pertemuan)

A. Kompetensi Inti1.Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.2.Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,

gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

3.Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

4.Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B. Kompetensi Dasar danIndikator

No. KompetesiDasar Indikator1. 1.1 Menghargai dan

menghayati ajaran agama yang dianutnya.

2. 2.1 Menunjukkan sikap logis, kritis, analitis, konsisten dan teliti, bertanggung jawab,renponsif dan tidak mudah menyerah dalam pemecahan masalah.

2.1.1Membiasakan sikap mandiri dan teliti dalam mengerjakan pekerjaan rumah.

3. 2.2 Menunjukkan perilaku ingin tahu dalam melakukan aktivitas di rumah, sekolah, dan masyarakat sebagai wujud implementasi penyelidikan faktor bilangan.

2.2.1 Membiasakan sikap berani bertanya, berpendapat, mau mendengar pendapat orang lain.

4. 2.3 Memiliki sikap terbuka, santun, objektif, menghargai pendapat dan karya teman dalam interaksi kelompok maupun aktivitas sehari-

hari.5. 3.10 Menemukan peluang

empiric dari data luaran (output) yang mungkin diperoleh berdasarkan sekelompok data.

3.10.1 Memiliki pengalaman belajar untuk menemukan ilmu pengetahuan dari pemecahan masalah nyata.

3.10.2 Menemukan konsep ruang sampel.3.10.3 Menemukan definisi peluang suatu

kejadian.3.10.4 Menentukan peluang suatu kejadian

C. Tujuan PembelajaranMelalui proses mengamati, menanya, mengumpulkandanmengolahinformasi, sertamengkomunikasikanhasilmengolahinformasidalampenugasanindividudankelompok, pesertadidikdapat:1. Menunjukkan rasa ingintahu, tanggungjawabdalamkelompok, danpercayadiri.2. Menemukan konsep ruang sampel.3. Menentukan titik sampel dari suatu kejadian tunggal.4. Menentukan ruang sampel dari suatu kejadian tunggal.5. Menentukan titik sampel dari suatu kejadian majemuk.6. Menentukan ruang sampel dari suatu kejadian majemuk.7. Menentukankonseppeluang yang melibatkanpesertadidikdengankehidupansehari-hari.8. Menentukanpeluangsuatukejadian.

D. Materi PembelajaranTitik sampel adalah hasil yang mungkin terjadi dari suatu percobaan.Ruang sampel adalah himpunan semua titik sampel, disimbolkan dengan S.Kejadian majemuk adalah kombinasi percobaan dengan menggunakan ruang sampel yang ada.Peluang suatu kejadian A adalah hasil begi banyak titik sampel dalam A dengan banyak anggota ruang sampel suatu percobaan.

Dirumuskan: P(A) = n( A)n (S)

n(A) = Banyak titik sampel kejadian An(B) = Banyak titik sampel dari suatu percobaan

E. MetodePembelajaranPendekatan : SaintifikModel Pembelajaran : Kooperatif learningMetode : Diskusikelompok, tanyajawab,danpenugasan

F. Media, Alat, dan SumberPembelajaran1. Media danAlat/Bahan:

Papantulis, spidol, dadu, koin, kartudanlembarpengamatan.2. Sumber Pembelajaran:

a. Buku Matematika pegangan guru PERMENDIKBUD 2013.b. Buku Matematika pendamping siswakelas VII MGMP Tulungagungkurikulum

2013.G. Langkah-langkahKegiatanPembelajaran

Pertemuan ke 1 (3 x 40 menit), dari 4 Pertemuan :

Kegiatan Deskripsi KegiatanAlokasi Waktu

Pendahuluan 1. Guru melakukan pembukaan dengan memberikan salam pembuka dan mengajak peserta didik berdo’a untuk memulai pembelajaran.

10 menit

2. Guru memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin.

3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.

4. Guru memberikan motivasi terkait materi ajar dalam hubungannya dengan kejadian nyata.

Kegiatan Inti 1. Peserta didik membentukkelompokheterogen yang beranggotakan 4 – 5 orang peserta didik.

2. Guru mengingatkantentangbanyaksisipadadadudankoin, sertabanyakkartupadakartubridge.

3. Peserta didik diminta melakukan percobaan pelemparan sebuah dadu, pelemparan sebuah koin, dan pengambilan sebuah kartu secara acak dan diamati bersama kelompok masing-masing,serta mencatatnya. (Mengamati)

4. Guru mengamatipeserta didik dalamberdiskusipadamasing-masingkelompok.

5. Dari pelemparan sebuah dadu ada beberapa kemungkinan yang terjadi, sebutkan! Dari pelemparan sebuah koin ada beberapa kemungkinan yang terjadi, sebutkan!Dari pengambilan sebuah kartu secara acak dari setumpuk kartu bridge, ada beberapa kemungkinan yang terjadi, sebutkan!(Menanya)

6. Guru membimbingpeserta didikmenyusun pengertian ruang sampel dan titik sampel dari suatu percobaan.

7. Peserta didik mencoba berbagai kemungkinan yang terjadi dari percobaan pelemparan sebuah dadu, sebuah koin, dan pengambilan sebuah kartu secara acak. (Mencoba)

8. Peserta didik menyajikan hasil beberapa percobaan dengan kelompok lain. (Menyajikan)

9. Peserta didik berdiskusi pada percobaan sebelumnya. (Menalar)

10. Peserta didik menyimpulkan dari hasil diskusi dalam kelompoknya. (Membentukjejaring)

11. Setiap kelompok secara bergantian mempresentasikan hasildiskusinya di depankelas. (Mengkomunikasikan)

Catatan : Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap : disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan.

100menit

Penutup 1. Peserta didik dengan bimbingan guru, membuat ringkasan tentang materi yang telah dipelajari.

2. Guru meminta peserta didik untuk mempelajari materi selanjutnya di rumah, pada buku Matematika pendamping siswa kelas VII MGMP Tulungagung.

3. Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap semangat dalam belajar.

4. Guru mengucapkan salam untuk mengakhiri pembelajaran.

10 menit

Pertemuan ke 2 (2 x 40 menit), dari 4 pertemuan:

Kegiatan Deskripsi KegiatanAlokasi Waktu

Pendahuluan 1. Guru melakukan pembukaan dengan memberikan salam pembuka dan mengajak peserta didik berdo’a untuk memulai pembelajaran.

2. Guru memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin.

3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.

4. Guru memberikan motivasi terkait materi ajar dalam hubungannya dengan kejadian nyata.

10 menit

Kegiatan Inti 1. Peserta didik membentukkelompokheterogen yang beranggotakan 4 – 5 orang peserta didik.

2. Guru mengingatkan tentangruang sampel dan titik sampel (pada pertemuan sebelumnya).

3. Peserta didik (per kelompok) diminta untuk membaca dan mempelajari materi tentang peluang pada buku Matematika pendamping siswa kelas VII MGMP Tulungagung halaman 271. (Mengamati)

4. Guru mengawasidanmemberiarahankepadapesertadidikapabilaadapermasalahandalammempelajarimateri.

5. Peserta didik didorong untuk mengajukan pertanyaan mengenai peluang suatu kejadian yang telah dipelajari dari buku pendamping siswa maupun dari sumber lain. (Menanya)

6. Peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawab pertanyaan teman lain atau memberi tanggapan atas pertanyaan atau tanggapan teman lain. (Menanya)

7. Peserta didik diarahkan untuk mempelajari contoh-contoh soal, contoh kasus dan alternatif penyelesaiannya baik pada buku pendamping siswa(halaman 271) maupun sumber lain. (Mengamati, menalar)

8. Peserta didikdiminta untuk mengerjakan soal-soal

60menit

pada buku pendamping siswakelas VII MGMP Tulungagung halaman 271 dan 272 (Lembar Kerja Siswa) secara individual. (Menalar, Mencoba)

9. Beberapa peserta didik menjelaskan hasil penyelesaian dari soal-soal tersebut di depan kelas secara bergantian. (Mengkomunikasikan)

10. Guru memberi arahan apabila ada kesalahan dalam penjelasan peserta didik.

11. Guru memberikan 1 soal tes tertulis untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta didik terhadap materi yang telah dipelajari.

Catatan : Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap : disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan.

Penutup 1. Peserta didik dengan bimbingan guru, membuat ringkasan tentang materi yang telah dipelajari.

2. Guru meminta peserta didik untuk mempelajari materi selanjutnya di rumah, pada buku Matematika pendamping siswa kelas VII MGMP Tulungagung.

3. Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap semangat dalam belajar.

4. Guru mengucapkan salam untuk mengakhiri pembelajaran.

10 menit

H. Penilaian 1.Teknik penilaian:  Pengamatan, penugasan, dan tes tertulis.2. Prosedur penilaian:No. Aspek yang dinilai Teknik

PenilaianWaktu Penilaian

1. Spiritual a. Selalubersyukur.b. Bersungguh-sungguhdalammengikuti

proses pembelajaran.

Pengamatan

Selamapembelajaran

2. Sikapa. Terlibat aktif dalam pembelajaran.b. Bekerjasama dalam kegiatan kelompok.c. Toleran terhadap proses pemecahan

masalah yang berbeda dan kreatif.

Pengamatan

Selama pembelajaran dan saat diskusi

3. Pengetahuana. Menentukan titik sampel dari suatu

kejadian tunggal.b. Menentukan ruang sampel dari suatu

kejadian tunggal.c. Menentukan titik sampel dari suatu

Penugasan dan tes tertulis

Penyelesaian tugas individu dan kelompok

No. Aspek yang dinilai Teknik Penilaian

Waktu Penilaian

kejadian majemuk.d. Menentukan ruang sampel dari suatu

kejadian majemuk.e. Menentukanpeluangsuatukejadian.

4. Keterampilana. Terampil menerapkan konsep/prinsip dan

strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan materi ajar.

Pengamatan

Penyelesaian tugas(individu dankelompok)dan saat diskusi

3. Instrumenpenilaiandanpedomanpenskoran:

Tes tertulis

No. Soal Penyelesaian Skor

1. Padapelemparansebuahdadu, tentukanpeluang :a. munculnyaangkalebihkecildari 7.b. munculnyamatadadubermataganjil.

a. A=1,2,3,4,5,6n(A)= 6S=1,2,3,4,5,6n(S)= 6

P(A)= 66 = 1

b. A = 1,3,5n(A) = 3

P(A) = 36 =

12

1

1

1

1

1

1

1

Total skor (skor maksimal) 7

Penghitungannilaiakhirdalamskala 0-100

Nilaiakhir = perole h an skorskor maksimal x 100

Mengetahui, Pagelaran Utara, 10 Juli 2015 Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran

MUHAMAD YUSUP,S.Pd.I UMAR FAUZI,S.PdNIP. NIP.

LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP

Mata Pelajaran : MatematikaKelas/Semester : VII/1Tahun Pelajaran : 2015-2016Waktu Pengamatan :

Indikator sikap aktif dalam pembelajaran.

1. Kurang baik, jika menunjukkan sama sekali tidak ambil bagian dalam pembelajaran.2. Baik, jika menunjukkan sudah ada usaha ambil bagian dalam pembelajaran tetapi belum

ajeg/konsisten. 3. Sangat baik, jika menunjukkan sudah ambil bagian dalam menyelesaikan tugas kelompok

secara terus menerus dan ajeg/konsisten.

Indikator sikap bekerjasama dalam kegiatan kelompok.

1. Kurang baik, jika sama sekali tidak berusaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok.

2. Baik, jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum ajeg/konsisten.

3. Sangat baik, jika menunjukkan adanya usaha bekerjasama dalam kegiatan kelompok secara terus menerus dan ajeg/konsisten.

Indikator sikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.

1. Kurang baik,jika sama sekali tidak bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.

2. Baik,jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif tetapi masuih belum ajeg/konsisten.

3. Sangat baik, jika menunjukkansudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif secara terus menerus dan ajeg/konsisten.

Bubuhkan tanda √ pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.

No. Nama Siswa

Sikap

Aktif Bekerjasama Toleran

KB B SB KB B SB KB B SB

1.

2.

3.

4.

Keterangan:

KB : Kurang baik

B : Baik

SB : Sangat baik

LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN KETERAMPILAN

Mata Pelajaran : Matematika

Kelas/Semester : VII/2

Tahun Pelajaran : 2015-2016

Waktu Pengamatan :

Indikator terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan sudut berpelurus dan sudut berpenyiku.

1. Kurangterampil, jika sama sekali tidak dapat menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan materi ajar.

2. Terampil, jika menunjukkan sudah ada usaha untuk menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan materi ajar tetapi belum tepat.

3. Sangat terampill,jika menunjukkan adanya usaha untuk menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan materi ajar dan sudah tepat.

Bubuhkan tanda √ pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.

No. Nama Siswa

Keterampilan

Menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah

KT T ST

1.

2.

3.

4.

5.

6.

Keterangan:

KT : Kurang terampil

T : Terampil

ST : Sangat terampil