majalah ababil edisi 5 juli 2010

38
Majalah ababil edisi 5 Juli 2010

Upload: azizahfirmansyah1988

Post on 28-Jun-2015

121 views

Category:

Documents


7 download

TRANSCRIPT

Page 1: Majalah Ababil Edisi 5 Juli 2010

Majalah ababil edisi 5 Juli 2010

Page 2: Majalah Ababil Edisi 5 Juli 2010

Majalah ababil edisi 5 Juli 2010

MMMMMMMMMMM

Assalamualaikum warahmatullahiwabarakatuh

Alhamdulillah, kami masih diberi kesempatan bersilaturahmi ke hadapan andamelalui majalah ababil edisi ke lima. Semoga apa yang telah dan akan kamisampaikan bermanfaat adanya dan diridhoi Allah SWT. Awal jumpa kita akandimulai dengan bahasan mengenai rasa takut Rasulullah SAW kepada Allah SWT,dilanjutkan kisah mengenai Bilal Bin Rabah RA. Meniti Seni mengulas sec arasingkat mengenai seni komik dan pemanfaatannya sebagai media dakwah.Muslimatika menelusuri hal ikhwal seputar pernikahan, di mana sunnah iniseringkali kurang diperhatikan dewasa ini, dilengkapi mitos seputar pernikahandini. Telah sampai kepada kami sebuah sumbangan cerpen dari penulis remajadengan prestasi segudang Akhi Dirman, yang alhamdulillah cerpen yang iatawarkan berhubungan pula dengan masalah pernikahan. Cerpen yang sudahlama ia tulis ini, dipercaya untuk pertama kali dipublikasikan di majalah ababil, semoga kebaikannya dibalas oleh Allah SWT dan kami berharap diantarapembaca masih banyak yang akan turut serta berpartisipasi menyumbangkankaryanya.

LSD ( Lawan Sistem Dajjal ) melanjutkan bahasan terdahulu dengan fokus kepadamedia dan bagaimana hal tersebut merubah sudut pandang kita, dengan sihirsebagai contoh. Kami tutup jumpa kita dengan sms silaturahmi dengan banyakpesan , kata mutiara diantaranya dari para sahabat. Bentang Puisi absen dariedisi ini karena keterbatasan halaman d an kami memohon maaf karenanya. Besarrasa syukur kami untuk Allah SWT, shalawat dan salam kepada Rasulullah SAWdan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kami. Segalakelalaian dan kesalahan datang dari kami dan kebenaran Allah SWT lah asal nya.

Wassalam…

MMMMMMMMMMM

Page 3: Majalah Ababil Edisi 5 Juli 2010

Majalah ababil edisi 5 Juli 2010

Aisyah RA bercerita “ Apabila terjadi awan gelap, angin topan, dansebagainya maka wajah Rasululllah SAW yang penuh nur akan berubahpucat karena takut. Kadangkala beliau berada di dalam atau keluar sambilterus membaca do’a yang artinya : “ Ya Allah , sesungguhnya akumemohon kepadaMu kebaikan angin i ni dan kebaikan yang berada didalamnya dan kebaikan yang dikirim karenanya Dan aku berlindungkepadaMu dari keburukan angin ini dan keburukan padanya dankeburukan yang dikirim karenanya ” Pernah pula Aisyah RA menanyakan “Ya Rasulullah, semua orang suka jika melihat awan mendung sebagaipertanda akan turun hujan tetapi mengapa engkau se perti ketakutan ? “Maka jawab beliau “ Wahai Aisyah bagaimana aku akan senang jikabelum dipastkan di dalamnya tidak akan turun adzab . Kaum ‘Ad telah

diadzab oleh Allah dengan keadaan seperti ini, ketika melihat awan h itam mereka senang ,mereka mengangggap akan turun hujan padahal itu adalah pertanda adzab Allah SWT kepadamereka.” Nadhr Bin Abdullah RA bercerita “ pada masa hidup Anas RA tiba tiba pernah terjadihari menjadi gelap maka aku segera menjumpai Anas dan bertanya kepadanya apakah inipernah tejadi di jaman Rasulullah SAW,” jawabnya “ Aku berlindung kepada Allah jika anginterjadi sedikit kencang pada zaman Rasulullah SAW kami segera pergi ke masjid karena takutakan terjadi kiamat” Abu Darda’ RA juga bercerita jika terjadi angin ribut Rasulullah SAW akancemas dan segera pergi ke masjid, demikianlah sekilas riwayat yang menggambarkanketakutan Nabi kita Muhammad SAW terhadap Allah SWT. Pertanda – pertanda alam dijadikanbeliau sebagai wahana Dzikrullah. Saat banyak musibah dan bencana alam menimpa kita,teringatkah kita pada masjid ? Terbersitkah di hati kita untuk be r istighfar atau berdo’a ?

“ Dia-lah Tuhan yang memperlihatkan kilat kepadamu untuk menimbulkanketakutan dan harapan, dan Dia mengadakan awan mendung. Dan guruh itubertasbih dengan memuji Allah, ( demikian pula ) para malaikat karena takut kepada -Nya, dan Allah melepaskan halilintar, lalu menimpakannya kepada siapa yang Diakehendaki, dan mereka berbantah -bantahan tentang Allah, dan Dia -lah Tuhan YangMaha keras siksa-Nya. ( QS Ar Ra’d 12 – 13 ) ”

Semoga terjemah ayat di atas bisa mengingatkan kita, ba hkan malaikat yangsenantiasa patuh kepada Allah SWT pun memiliki rasa takut kepada Allah SWTsedangkan manusia tak sedikit jumlahnya yang gemar membangkang dan melawanperintah Allah SWT tanpa rasa takut.Takut dan cemas sering berhubungan erat. Saat seseorang merasa takut akansesuatu, maka ia akan merasakan kecemasan . Rasa cemas merupakan sesuatuperasaan gelisah terhadap sesuatu yang besar kemungkinannya akan terjadi.Perasaan cemas berhubungan dengan harapan seseorang dalam menghadapi sesuatuyang mengerikan atau menakutkan bagi dirinya. Sedangkan rasa takut merupakanrespon terhadap sesuatu bahaya yang timbul pada saat itu juga, karenanya rasa takutdianggap juga sebagai instink kehidupan yang revolusioner.

Page 4: Majalah Ababil Edisi 5 Juli 2010

Majalah ababil edisi 5 Juli 2010

Saat kita merasa takut, reaksi psikolog is kita sesungguhnya membantumemobilisasi tubuh untuk bereaksi terhadap penyebabnya. Takut kepada AllahSWT termasuk ajaran Islam yang utama Dan telah diperintahkan oleh Allah SWT untukmemurnikannya hanya untukNya, Allah SWT berfirman :

“ Sesungguhnya mereka itu tidak lain hanyalah syaitan yang menakut -nakuti ( kamu )dengan kawan-kawannya karena itu janganlah kamu takut kepada mereka, tetapitakutlah kepadaKu, jika kamu benar -benar orang yang beriman.”( QS Ali ‘Imran : 175 )

Dewasa ini kita dapat merasakan bahwa rasa takutkepada Allah SWT tergantikan oleh banyak rasatakut yang sebenarnya dilarang bagi kita untukmelestarikannya. Kita begitu patuh kepada atasansekalipun apa yang ia kemukakan adalah hal yangsalah, cemas akan terputusnya hubungan kerja,padahal Allah SWT Maha Pemberi Rezeki . Kitadengan enteng mengatakan kebohongan seakan –akan Allah SWT tuli dan buta terhadap setiap ucapankita, padahal Allah SWT Maha Mengetahui . Kitamenzalimi orang, berbuat kerusakan, danmenganggap enteng dosa – dosa, padahalmenganggap enteng dosa menurut para ulama lebihbesar mudaratnya ketimbang si dosa itu sendiri,bukankah apa yang kita anggap remeh belum tenturemeh nilainya di sisi Allah SWT ? Mentang -mentang Allah SWT tidak kelihatan, kitabersimaharajalela seenaknya, memang saat kita

melanggar larangan Allah SWT , kita seringkali tidak lantas kontan diadzab misalnyadisambar petir, atau ditenggelamkan dalam – dalam ke dasar laut. Mentang - mentangAllah SWT Maha Lembut, dan tidak memberi hujan uang d ari langit, saat kitamenerima rezeki kita lupa bahwa hakikatnya Allah SWT lah yang memberikannyakepada kita.

Rasulullah SAW adalah manusia yang sangatlah dekat dengan Allah SWT namun beliautetaplah memiliki rasa takut kepadaNya. Rasa takut beliau menga lir di dalam jiwa,dihayati sepenuhnya dan dimanifestasikan dalam tindakan. Suatu ketika saat beliaumelewati puing – puing perkampungan kamu Tsamud ditutupinyalah wajah dandipercepatnya langkah unta, sabda beliau : “ Kita harus segera melewati tempat ini .Menangislah dan tanamkan rasa takut setiap melewati tempat orang – orang zalim.Semoga adzab tersebut tidak diturunkan ke atas kalian sebagaimana telah diturunkanke atas mereka ” Kita kini alih – alih menangis, terpikirkan menangis saja mungkintidak terlintas, banyak tempat yang terkena bencana alam malah dijadikan t ujuanwisata dan rekreasi melihat reruntuhan dan penderitaan orang lain . Tempat tempatmaksiat yang tersohor, Las Vegas misalnya malah ingin dijadikan tempat melancong.Allah SWT telah berjanji bahwa Ia tidak akan mengazab suatu kaum di manaRasulullah SAW berada ( silahkan simak QS Al Anfaal 33 ) dan selama kaum itumeminta ampun, namun jika ada awan gelap, angin topan ataupun fenomena alamlainnya maka beliau teringat kaum – kaum terdahulu yang telah diazab Allah SWT.Suatu ketika diriwayatkan terjadi gerhana matahari dan Rasulullah SAW segeramendirikan shalat Kusuf yang panjang sampai sebagian yang mengikuti shalat beliauterjatuh pingsan.

“ takutlah kepadaKu, jika kamu benar-benar orang yang beriman “

Page 5: Majalah Ababil Edisi 5 Juli 2010

Majalah ababil edisi 5 Juli 2010

Beliau shalat seraya menangis dan berdo ’a. ” Ya Rabb, bukanlah Engkau telah berjanjibahwa Engkau tidak akan menyiksa mereka selagi aku masih bersama mereka. Danberjanji tidak akan mengadzab mereka selama mereka sibuk beristigfar “ KemudianRasulullah SAW berkhotbah “ Jika kalian mengalami gerhana matahari atau bulan,segeralah shalat dengan rasa takut. Seandainya kalian mengetah ui keadaan hariakhirat seperti yang aku lihat, niscaya kalian akan sedikit tertawa dan banyakmenangis. Jika terjadi lagi seperti ini, dirikanlah shalat, berdo ’a dan bersedekahlah “.Tentunya Rasulullah SAW bukannya meragukan janji Allah SWT , namun demikianlahsikap seorang hamba sejati kepada Khaliqnya , meskipun hamba itu adalah NabiNya,RasulNya , manusia terpilih yang disayangiNya.

Para sahabat Rasulullah SAW, sebagaimana beliau juga memahami betul bahwa rasatakut mahluk kepada Penciptanya, adalah sebuah landasan dasar dalam Islam.Kita dapat mengetahui dari berbagai riwayat tentang mereka.Abu Bakar RA suatu ketika membandingkan dirinya dengan kambing yang menuru tnyaalangkah senangnya, berlari larian, makan tidur di dunia namun tak dikenai hisab. Iaberanggapan alangkah beruntungnya kambing itu ketimbang dirinya.Sekalipun Rasulullah SAW telah bersabda bahwa Abu Bakar RA ini adalah ahli surgabahkan orang yang paling dahulu dari umat Islam yang akan memasukinya, seringkaliAbu Bakar RA berkata “ Seandainya aku menjadi rumput yang akan dimakan hewan”atau “ Seandainya aku hanya menjadi rambut seorang mukmin “ .Umar Bin Khattab RA dikisahkan pernah kedapatan berucap pada dirinya sendiri, saatmulai digelari Amirul Mukminin ” Umar Bin Khattab Amirul Mukminin? Wah wah ..haianak Khattab takutlah engkau pada Allah atau kamu akan diazab ” Di kala lain beliauberucap “ Seandainya aku hanya sehelai rambut di tubuh Abu Bakar “ , dan Umar RAyang dikenal keras itu mudah tumpah air matanya jika mengingat dosa - dosanya dimasa lampau sebelum memeluk Islam.Utsman Bin Affan RA, sahabat dan menantu Rasulullah SAW jika mandi di tempatgelap tetaplah ia merasa malu kepada Allah SWT. Dari mana rasa malu yang tinggi itutimbul tentunya juga dari rasa takutnya kepada Allah SWT. Tentang ibadah Imam AliRA, 'Urwah bin Zubair mengemukakan sebuah riwayat yang berasal dari Abu Darda ’RA sebagai berikut :“ Pada suatu hari aku menyaksikan Ali bin Abi Thalib RA berada di halaman rumahseorang yang penuh dengan pepohonan. Ia mengasingkan diri dari orang lain danbersembunyi di sela-sela batang kurma yang sangat lebat : "Aku mencari-cari diasampai agak jauh. Kukira pasti ia sudah berada di rumahnya lagi. Tiba tiba akumendengar suara ratap sedih: 'Ya Allah, Tuhanku, betapa banyaknya dosa yangkarena kebijaksanaan-Mu tidak Engkau balas dengan murka -Mu. Betapa pulabanyaknya dosa yang karena kemurahan -Mu tidak Engkau gugat. Ya Allah, Tuha nku,bila sepanjang umur aku berbuat dosa kepada -Mu dan sangat banyak dosaku tercatatdalam shuhuf, maka aku tidak mengharap sesuatu selain pengampunan -Mu dan akutidak mendambakan sesuatu kecuali keridhaan -Mu'…"" Suara ratap sedih itu sangat menarik per hatianku. Jejaknya kutelusuri. Ternyatasuara itu adalah suara Ali bin Abi Thalib RA. Aku lalu bersembunyi dan menunduk agarjangan sampai diketahui olehnya. Kulihat ia sedang berruku' beberapa kali di te ngahkegelapan malam. Kemudian ia berdo ’a sambil menangis dan mengeluh sedih kehadhirat Allah SWT. Di antara munajat yang diucapkannya ialah: " Ya Allah, Tuhanku,tiap kurenungkan keampunan-Mu, terasa ringanlah kesalahanku. Dan tiap kuingatmurka-Mu yang dahsyat, terasa sangat besarlah dosa kesalahan ku."Kata Abu Darda’RA lebih lanjut: " Ia lalu tenggelam di dalam tangis. Makin lamasuaranya tidak kudengar lagi. Kufikir mungkin ia tertidur nyenyak karena terlalubanyak bergadang. Dini hari ia hendak kubangunkan untuk shalat subuh. Ia kudekati,ternyata ia tergeletak seperti sebatang kayu.

“ Seandainya aku hanya menjadi rambut seorang mukmin “

Page 6: Majalah Ababil Edisi 5 Juli 2010

Majalah ababil edisi 5 Juli 2010

Ia kugerak-gerakkan dan kubalik - balik, tetapi sama sekali tidak berkutik. Kuduga iawafat. Lalu aku mengucap: Innaa lillahi wa innaa ilaihi raaji'uun. Aku cepat -cepat larike rumahnya untuk memberi tahu keluargany a." Setelah mendengar keteranganku,Siti Fatimah RA. hanya bertanya: " Hai Abu Darda’, dia kenapa dan bagaimanakeadaannya? ". Sesudah kujelaskan keadaan Imam Ali RA, Siti Fatimah RA.memberitahu kepadaku, bahwa "…dia sedang pingsan, karena sangat takut kepadaAllah! ".

Mari kita simak..Resapi…..Rasakan dengan kesungguhan……Kita telah banyak tahu bagaimana luar biasanya ahlak, pengetahuan dan amalanRasulullah SAW dan para sahabat , namun tidak luput mereka ini dari rasa takutterhadap Allah SWT. Apalah kita ini dibanding mereka ? Apa yang telah kita raihselama ini bisa jadi tak sampai setitik debu dibanding mereka….Betapa para manusia pilihan ini tetap merendah diri, jauh dari takabur dan sungguhtakut mereka terhadap Allah SWT. Terkadang kita meneriakkan nama Allah SWTnamun tangan kita berbuat kerusakan di saat yang bersamaan. Nama Allah SWT yangMaha Mulia sering kita ucapkan sembarangan , kadang terlalu lantang, terlalu tergesa –gesa, jauh dari khidmat. Padahal kita takut sembarangan menyebut n ama pimpinan,atasan atau orang tua kita. Al Qur an telah mengingatkan kita bagaimana semestinyaadab manusia kepada Allah SWT termasuk dalam menyebut namaNya. Perhatikanlahterjemah ayat yang menerangkan bahwa saat menyebut nama Allah SWT , hendaknyaada rasa takut mengiringi

“ Dan sebutlah ( nama ) Tuhanmu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasatakut, dan dengan tidak mengeraskan suara, di waktu pagi dan petang, danjanganlah kamu termasuk orang -orang yang lalai. ( QS : Al A'raaf 205 )”

Umumnya, manusia merasa takut kala berhadapan dengan sesuatu yang lebih besardari dirinya, mari kita perhatikan skala perbandingan yang kami cuplik dari bukuMardibros mengenai shalat. Manusia , sebagaimana kita ini hidup di planet yang kitasebut bumi , berbanding bumi yang sedemikian luas, maka manusia ini tak ubahnyasekedar titik debu yang amat sangat kecil. Bumi sendiri bagai titi k kecil puladibandingkan matahari.

“ dia sedang pingsan,karena sangat takut kepada Allah!".

Page 7: Majalah Ababil Edisi 5 Juli 2010

Majalah ababil edisi 5 Juli 2010

Matahari sendiri bagai sekedar titik di galaksi bima sakti, dan ga laksi bima sakti itu baksekedar titik pula dibanding gugusan galaksi lain yang bertebaran di seantero jagad.Sedangkan Allah Maha Besar dan Maha Mengetahui , takkan luput apapun daripengawasanNya, sekecil apapun kita. Apakah tak pantas kita takut kepadaNya ?Tak patutkah kita cemas bahwa segala tingkah kita kelak akan dimintaipertanggungjawaban olehNya ?

Alkisah, seorang ulama menyuruh murid – muridnya menyembelih ayam tanpa terlihatsiapapun. Maka berceritalah para murid di mana dan bagaimana mereka me nyembelihayam yang diberikan si ulama. Ada yang menyembelih di gua, di lembah, di kamarmandi, dan tempat sepi lainnya. Ada yang mengikat paruh si ayam agar tidak berkotekkotek, malah ada pula yang menyuntikkan bius hingga si ayam kelenger duluansebelum disembelih. Kesemuanya merasa tugas itu sudah diselesaikan dengan rapijali, barang bukti aman tersembunyi , tidak pula ada saksi.Namun mendengar laporan mereka semua betapa kecewanya si ulama, selama iniajaran agama yang ia sampaikan malah jadi terasa sia – sia.

“ Wahai anak – anakku, bagaimana kalian semua merasa tidak ada yang menyaksikanperbuatan kalian…Sedangkan Allah SWT Maha Melihat lagi Maha Mengetahuisekalipun apa yang tersimpan di dalam hati “ ungkapnya penuh duka.Saudara saudari yang kami cintai, sangat patutlah kita menanamkan rasa takutkepada Allah SWT yang Maha Besar , Maha Mengetahui dan perlulah kita cemas,khawatir kalau – kalau amalan ternoda rasa sombong atau riya’ barang setitik dantidak diterimaNya. Dalam sebuah riwayat, Aisyah RA berkata: “ Saya bertanya kepadaRasulullah mengenai ayat ini

“Dan orang-orang yang memberikan apa yang telah mereka berikan, dengan hati yangtakut, ( karena mereka tahu bahwa ) sesungguhnya mereka akan kembali kepadaTuhan mereka[ ( QS Al - Mu’minun : 60 )“

Apakah mereka orang-orang yang berzina, mencuri dan minum khamar ? ”

“ hati mereka takutamalan mereka tidak diterima “

Page 8: Majalah Ababil Edisi 5 Juli 2010

Majalah ababil edisi 5 Juli 2010

Rasulullah SAW menjawab : “ Bukan, wahai puteri Abu Bakar, mereka adalah orang -orang yang berpuasa,membayar zakat, dan shalat sedangkan hati mereka takut amalan mereka t idakditerima.” ( HR At-Tirmidzi )Demikianlah sekilas bagaimana rasa takut pada Allah SWT akan menghalangi kita darikesewenangan , menjaga dari maksiat, menyadarkan akan hakikat, juga menguatkaniman. Dalam Al Qur an telah disebutkan rasa takut padaNya adalah ciri keimanan

" Sesungguhnya orang-orang yang beriman itu, ialah mereka yang apabila disebutkannama Allah, maka hati mereka itu gemetar / menjadi ketakutan , juga apabila ayat-ayatNya dibacakan kepada mereka, maka bertambahah keimanan mereka dan danhanya kepada Tuhanlah mereka bertawakkal. " ( QS Al- Anfaal : 2 )

Adapun rasa takut yang naluriah dan lumrah seperti rasa takut pada binatangbuas, musuh dan kejahatannya serta semacamnya menurut Syaikh Abdur Rahmanbin Hasan adalah tidak tercela dan haruslah dijadikan motivasi memperbaiki diri.Sedangkan untuk orang - orang yang berhasil menanamkan rasa takut kepada AllahSWT, berbahagialah !!! Karena dari Ibnu Abbas RA, telah disampaikannya bahwa : "Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda : Ada dua macam mata yang tidak akandisentuh oleh neraka, yaitu mata yang menangis karena ketakutan kepada Allahdan mata yang pada malam hari menjaga - musuh datang - dalam melakukanpeperangan fi-sabilillah. " ( HR At Tarmidzi )

Alhamdulillah, masih banyak berita gembira untuk manusia yang memiliki rasa takutmendalam terhadap Allah SWT, diantaranya :Telah diriwayatkan dari Abu Hurairah RA ia berkata : “ Aku mendengar Rasulullah SAWbersabda : “ Ada tujuh golongan yang bakal dinaungi oleh Allah di bawah naungan-Nya, pada hari yang tidak ada naungan kecuali naungan-Nya, yaitu: Pemimpin yangadil, pemuda yang tumbuh dengan ibadah kepada Allah ( selalu beribadah ), seseorangyang hatinya bergantung kepada mesjid ( selalu melakukan shalat jamaah di dalamnya), dua orang yang saling mengasihi di jalan Allah, keduanya berkumpul dan berpisahkarena Allah, seorang yang diajak perempuan berkedudukan dan cantik ( untukberzina ), tapi ia mengatakan : “ aku takut kepada Allah “, seseorang yangmemberikan sedekah kemudian me rahasiakannya sampai tangan kanannya tidak tahuapa yang dikeluarkan tangan kirinya dan seseorang yang berzikir ( mengingat ) Allahdalam kesendirian, lalu meneteskan air mata dari kedua matanya.” ( HR BukhariMuslim,dan lainnya ).Pernah pula diceritakan kala didatangkan seorang hamba pada hari kiamat nanti yangmana sangat beratlah timbangan kejahatannya, dan ia telah diperintahkan untukdimasukkan ke dalam neraka. Maka salah satu daripada rambut -rambut matanyaberkata, "Wahai Tuhanku, RasulMu Nab i Muhammad SAW telah bersabda, barangsiapa yang menangis karena takut kepada Allah SWT maka Allah SWTmengharamkanmatanya itu ke neraka dan sesungguhnya aku menangis kerana amat takut kepada -Mu." Akhirnya Allah SWT mengampuni hamba itu dan menyelamatkannya dari a pineraka berkat sehelai rambut yang pernah menangis k arena takut kepada Allah SWTMalaikat Jibril mengumumkan, telah selamat Fulan bin Fulan sebab sehelai rambut.Dalam kisah lain ada seorang pendosa yang menjelang wafatnya minta agar tubuhnyasaat mati dibakar habis dan abunya ditebarkan ke segenap penjuru, maka ketika AllahSWT menanyainya mengapa ia melakukan itu, jawabnya semata – mata takut akanAllah SWT, Allah SWT pun mengampuninya. Kisah lain lagi bercerita bahwa air matapara pendurhaka yang menangis karena takut akan Allah SWT akan disiramkanRasulullah SAW untuk memadamkan api neraka atas izin Nya. Wallahu a’lam.

“ Perasaan malu - adalahsalah satu cabang dari keimanan “

Page 9: Majalah Ababil Edisi 5 Juli 2010

Majalah ababil edisi 5 Juli 2010

Telah bersabda Rasulullah SAW“ Barangsiapa takut kepada Allah SWTniscaya seluruh mahluk akan takutkepadanya. Sebaliknya jika ia takut kepadaselain Allah, niscaya seluruh mahluk akanmembuatnya takut ”beliau juga sering berdo’a" Ya Allah anugerahilah kepada kami duabuah mata yang menangis karena takutkepada-Mu, sebelum tidak ditemui lagi airmata."

Dan Al Qur an yang kebenarannya terjamin sepanjang zaman juga memuat kabargembira antara lain

“ Dan bagi orang yang takut akan saat menghadap Tuhannya ada dua syurga “( QS Ar Rahmaan : 46 )

“ Dan didekatkanlah syurga itu kepada orang -orang yang bertakwa pada tempat yangtiada jauh ( dari mereka ). Inilah yang dijanjikan kepadamu, ( yaitu ) kepada setiaphamba yang selalu kembali ( kepada Allah ) lagi memelihara ( semua peraturan-peraturan-Nya ) ( Yaitu ) orang yang takut kepada Tuhan Yang Maha Pemurahsedang Dia tidak kelihatan ( olehnya ) dan dia datang dengan hati yang bertaubat “( QS Qaaf : 31- 33 )

Telah mengalir air mata kita untuk berbagai hal, untuk kesedihan , juga kebahagiaan .Telah hinggap rasa takut dalam diri kita, takut akan kemiskinan, ke laparan, kematiandan lain – lainnya.Pernahkah air mata kita menetes semata karena ketakutan kita kepada Allah SWT ?Jika belum maka adalah saatnya kita berusaha tunduk khidmat dan menyadari diri….Betapa kita ini kecil dan Allah Maha BesarBetapa kita ini lemah dan Allah Maha PerkasaBetapa kita ini kotor dan Allah Maha SuciBetapa kita ini zalim dan Allah Maha BenarBetapa kita ini kasar dan Allah Maha LembutBetapa kita ini lalai dan Allah Maha MengetahuiBetapa kita ini sombong dan hanya Allah lah ya ng berhak untuk sombongSemoga batin kita tergetar dan sadar, hingga terbenam dalam - dalam kepatuhankepadaNya karena seorang yang menyadari takut akan patuh pada apa yangditakutinya. Semoga Allah SWT mengampuni kita. Amin …

“ Katakanlah : Sesungguhnya aku takut akan siksaan hari yang besar jika akudurhaka kepada Tuhanku." ( QS Az Zumar : 13 )

“ Dan bagi orang yang takutakan saat menghadap Tuhannya ada dua syurga “

Page 10: Majalah Ababil Edisi 5 Juli 2010

Majalah ababil edisi 5 Juli 2010

Bilal bin Rabah RA

Panas terik menjelang, di atas pasir gurun yang bagaikanmendidih, tangan dan kakinya terikat dan dibentangkan,tak cukup dera dan hujan cambukan, batu besar pundihimpitkan pada pria berkulit hitam yang tetap teguhmengucap “ Ahad, ahad “ “ Allah lah Tuhan YangMaha Esa “. Tauhid terus menerus ia katakan, meskisiksaan terus menerus ditimpakan. “ Ahad, ahad ahad !“. Suara lantang yang lahir dari ketulusan jiwa menyambutagamanya. Agama yang tidak membedakan warna kulitdan status. Agama yang membebaskan manusia dari

perbudakan antar sesamanya. Paksaan untuk meninggalkan agamanya danmenghina Rasulullah SAW tidak diindahkannya. Tak ada keraguan barang secuilmenunjukkan keIslamannya yang kala itu mengundang marabahaya . Karenanya, dariorang – orang seperti pria hitam tahan uji ini lah generasi berikut dapatmemperoleh pelajaran dan tauladan. Nama pria hitam itu adalah Bilal Bin Rabah.

Bilal Bin Rabah RA diriwayatkan berasal dari Hasbyi ( Ethiopia), ia tumbuh di Mekkahsebagai seorang hamba sahaya milik anak -anak yatim keluarga Bani Abdud Dar yangberada di bawah asuhan Umaiyah bin Khalaf. Ayahnya bernama Rabah, sedangkanibunya bernama Hamamah, seorang budak wanita berkulit hitam yang tinggal diMekah. Pada saat datangnya Islam, ia termasuk dalam kelompok yang pertama -tama memeluk Islam, ia tergerak masuk Islam saat mendengar diskusi para kaumkafir Quraisy tentang Rasulullah SAW dan agama yang dibawanya. Kala itu parapemeluk Islam memang tidak semuanya memiliki pelindung dan keluarga, sepertihalnya juga Ammar Bin Yasir RA atau Shuhaib RA. Maka siksaan demi siksaandihadapi Bilal RA hari demi hari dengan tabah . Tak rela lidahnya memungkiri hidayahyang telah ia peroleh. Apabila usai menyiksanya di gurun maka Umayyah seringmengikat lehernya dengan tali lalu menyerahkannya kepada anak - anak untukmereka seret berkeliling kota Mekah.

Allah SWT menolong Bilal RA dengan perantaraan Abu Bakar RA setelah dia membeliBilal RA seharga sekitar 9 uqi yah emas. Seusai transaksi, Umayyah berkata kepadaAbu Bakar, “ Sebenarnya, kalau engkau menawar sampai satu uqiyah -pun, maka akutidak akan ragu untuk menjualnya.” Abu Bakar RA membalas, “ Seandainya engkaumemberi tawaran sampai seratus uqiyah -pun, maka aku tidak akan ragu untukmembelinya.” Di kemudian hari Umar Bin Khattab RA menyebut peristiwa ini dengan“ Abu Bakar adalah guru kita yang telah membebaskan guru kita ( Bilal ) “ . Bilal RAmenempuh hidupnya sebagai manusia merdeka, ia menjadi sahabat dekat RasulullahSAW yang juga ikut hijrah ke Madinah. Ketabahan Bilal RA seringkali diceritakan olehRasulullah SAW kepada sahabat yang lain agar dapat diteladani.

Ketika Rasulullah SAW selesai membangun Masjid Nabawi di Madinah danmenetapkan adzan, maka Bilal RA lah yang ditunjuk sebagai orang pertama yangmengumandangkan adzan dalam sejarah Islam. Biasanya, setelahmengumandangkan adzan, Bilal RA berdiri di depan pintu rumah Rasulullah SAWseraya berseru, “Hayya ‘alashsholaati hayya ‘alashsholaati…( Mari melaksanakanshalat, mari meraih kemenangan….)”

“..Sahabat – sahabatku bagai bintang di langit,yang manapun kamu ikuti kamu akan beroleh petunjuk..”

Page 11: Majalah Ababil Edisi 5 Juli 2010

Majalah ababil edisi 5 Juli 2010

Sampai kini, di beberapa tempat di Indonesia dan daerahlainnya akan kita dapati bahwa sebagian masjidmenggunakan nama Bilal sebagai sebutan penyer u adzandan bukan memakai istilah muadzin.

Lalu, ketika Rasulullah SAW keluar dari rumah dan Bilal RA melihat beliau, segeralahia melantunkan iqamat. Pada masa penaklukan Mekkah Bila l RA pula lah yangmenyuarakan adzan di atas Ka’bah. Tentunya tidak semua pihak bergembira, masihbanyak mereka yang baru memeluk Islam atau terpaksa menerima Islam gerammelihat kejadian ini. Seorang budak bersuara di atas Ka’bah !!! Sebuah musibahbesar dan hal memalukan bagi sebagian masyarakat Quraisy. Pada masa ituperbudakan masih marak dan banyak kaum kafir menganggap bahwa manusia punyahak memperbudak manusia lainnya. Seiring waktu, kebiasaan jahiliyah berupaperbudakan terkikis atas izin Allah SWT melalui perjuangan Rasulullah SAW dan parasahabat, serta para mujahid pendahulu kita. Bilal RA telah lama berpulang, namunnamanya masih dikenang.

Dalam sebuah riwayat suatuketika, Najasyi, Raja Habasyah,menghadiahkan tiga tombakpendek yang termasuk barang-barang paling istimewa miliknyakepada Rasulullah SAW.Rasulullah SAW mengambil satutombak, sementara sisanyadiberikan kepada Ali bin AbuThalib RA dan Umar Bin KhattabRA, tapi tidak lama kemudian,beliau memberikan tombak itukepada Bilal RA. Sejak saat itu,selama Rasulullah SAW hidup,Bilal RA selalu membawa tombakpendek itu ke mana-mana. Iamembawanya dalam kesempatan

dua shalat ‘Id ( Idul Fitri dan Idul Adha ), dan shalat istisqa’ ( shalat memohon turunhujan ), dan menancapkannya di hadapan beliau saat melakukan shalat di luarmasjid.

Bilal RA juga sangat berkhidmat kepada Rasulullah SAW dan membantu beliaumengurusi keperluannya. Pada suatu ketika Bilal RA ditanya “ Bagaimanakah biayakeperluan Rasulullah SAW ? “ Maka jawabnya “ Rasulullah SAW tidak pernahmenyimpan sesuatu untuk esok hari. Akulah yang mengurusnya. Sudah menjadikebiasaan Rasulullah SAW jika beliau didatangi seorang yang ke laparan maka bilatidak ada biaya atau sesuatu yang diberikan, beliau akan berkata kepadaku “Pinjamlah dari siapa saja agar dapat memberi makan orang itu “ Lalu akan kupenuhikeperluan orang itu dengan berutang ”.

Kita tahu bahwa Rasulullah SAW tidak senang menolak permintaan orang, siapapunyang membutuhkan makanan, pakaian atau dalam kesempitan maka R asulullah SAWdengan senang akan berupaya keras menolongnya, meski dengan berutang. Kita dimasa kini, jangankan berutang untuk orang lain, dalam kelapangan pun seri ngkalikita dihinggapi rasa enggan meringankan beban sesama. S uatu ketika Bilal RAsempat berutang kepada orang musyrik untuk kep erluan Rasulullah SAW menolongumatnya. Sampai saat menjelang penagihan rupanya Bilal RA tidak memperolehuang untuk membayar hutangnya, dan ia diancam akan dijadikan budak jika tak bisamelunasinya. Dengan bersedih Bilal RA menceritakan hal itu kepada Rasulullah SAW.

“ Rasulullah SAW tidak pernah menyimpan sesuatuuntuk esok hari. Akulah yang mengurusnya”

Page 12: Majalah Ababil Edisi 5 Juli 2010

Majalah ababil edisi 5 Juli 2010

Ia kemudian meminta izin dari Rasulullah SAW untuk pergi berikhtiar melunasihutangnya dan berjanji akan segera datang saat Rasulullah SAW membutuhkan.Namun keesokan harinya rupanya Allah SWT memberikan karuniaNya melalui hadiahuntuk Rasulullah SAW dari pimpinan kaum Fadak. M aka hutang Bilal RA dapatdilunasi dan ia juga membantu Rasulullah SAW memb agi bagikan barang - baranghadiah itu kepada yang memerlukan. Dan Rasulullah SAW tidak kunjung pula ngsampai barang – barang itu habis dibagikan tak bersisa. Di saat kita sibuk berlombamenumpuk harta, maka ingatlah kebiasaan Nabi junjungan kita ini, Muhammad BinAbdullah, Rasulullah SAW yang lebih mementingkan kepentingan umatnya dan taksuka menyimpan nyimpan harta. Menimbun harta dan menggunakannya untukkepentingan diri sendiri adalah salah satu pemicu kebencian orang terhadap kita.Maka tak heran, jika banyak orang menc intai Rasulullah SAW yang berbudi pekertiluhur dan sangat memahami hal ini , Bilal RA sangat mencintai beliau dan jugakeluarganya.

Pernah pada satu hari Rasulullah SAW bersama sejumlah sahabat berada dalammasjid menunggu kedatangan Bilal RA, yang akan mengumandangkan adzansebagaimana biasa dilakukan sehari -hari. Namun tak seperti biasa Bilal RA belumjuga datang, Ketika Bilal RA akhirnya terlambat datang, ditegurlah ia dan ditanya apasebabnya. Maka dijelaskanlah oleh Bilal RA

" Aku baru saja datang dari rumah Fatimah. Ia sedang menggi ling tepung. Al Hasan,puteranya yang masih bayi, diletakkan dalam keadaan menangis keras. Kukatakankepadanya " Manakah yang lebih baik, aku menolong anakmu itu, ataukah aku sajayang menggiling tepung". Ia menyahut : " Aku kasihan kepada anakku ". Gilingan itusegera kuambil lalu aku menggiling g andum. Itulah yang membuatku datangterlambat! "

Rasulullah SAW kemudian berkata: " Engkau mengasihani dia dan Allah mengasihanidirimu ”

Dalam sebuah hadits yang masyhur diceritakan pula keutamaan lain Bilal RADari Abu Hurairah RA bahwasanya Rasululla h SAW berkata kepada Bilal RA :

" Hai Bilal, beritahukanlah kepadaku, suatu amalan yang paling engkau harapkanpahalanya serta yang engkau amalkan dalam Islam, karena sesungguhnya akumendengar suara derap kedua terumpahmu di mukaku di dalam syurga." Bilal RAmenjawab : " Aku tidak melakukan sesuatu amalan yang lebih kuharapkan di sisikuselain kalau habis bersuci dalam waktu malam ataupun siang, melainkan aku tentubersembahyang dengan sucianku itu, sebagaimana yang ditentukan untukku – Dansetiap habis berwudhu' lalu melakukan shalat sunnah wudhu'." ( Muttafaq 'alaih )

Inilah salah satu amalan yang secara konsisten dan te ratur dilakukan oleh Bilal RA, iamenjaga tubuhnya dari hadas besar maupun kecil dan senantiasa berwudhu’menyucikan tubuh dan melakukan shalat sunnah wudhu. Adakah diantara kita maumencontohinya ?

Suatu hari, Bilal RA pergi bermaksud meminang dirinya dan saudaranya secarabersamaan kepada dua wanita, Bilal RA berkata kepada kedua orang tua wanitatersebut : “ Saya adalah Bilal dan ini adalah saudara saya, seorang budak dariHasbyi, kami pernah tersesat namun kemudian mendapatkan hidayah dari Allah,kami tadinya seorang budak kemudian Allah memerdekakan kami, jika engkaumenikahkan kami maka segala puji hanyalah untuk Allah, namun jika ditolak makatidak ada daya dan upaya kecuali karena Allah ”. Akhirnya mereka dinikahkan.

“..karena sesungguhnya aku mendengarsuara derap kedua terumpahmu di mukaku d i dalam syurga”

Page 13: Majalah Ababil Edisi 5 Juli 2010

Majalah ababil edisi 5 Juli 2010

Makam Bilal RA

Demikianlah Bilal RA , keutamaan – keutamaan diri tidak menjadikannya sombongdan takabur, ia tetap seorang Bilal yang tabah dan rendah hati. Kala Rasulullah SAWwafat, Bilal RA juga mengumandangkan adzan. Saat itu Jenazah Rasulullah SAW,belum dimakamkan, ketika sampai pada kalimat, " Asyhadu annaMuhammadarrasulullah " Tangis penduduk Madinah yang mengantar jenazahRasulullah SAW pecah…. Seakan langitpun sampai terbelah. …

Kemudian setelah, Rasulullah SAW telah dimakamkan, Abu Bakar RA meminta BilalRA untuk melantunkan adzan. " Adzanlah wahai Bilal, " perintah Abu Bakar RA. Makaucap Bilal RA " Jika engkau dulu membebaskan demi kepentinganmu, maka akuakan mengumandangkan adzan. Tapi jika demi Allah kau dulu membebaskan aku,maka biarkan aku menentukan pilihanku."" Demi Allah, aku benar-benar membelimu untuk Allah, dan aku memerdekakanmujuga karena Allah," kata Abu Bakar RA." Maka biarkan aku memilih pilihanku, " pinta Bilal RA." Sungguh, aku tak ingin adzan untuk seorang pun sepeninggal Rasulullah," lanjutnya. Kecintaannya pada Rasululah SAW membuatnya tak sanggup menahan tangis.

Suatu malam, jauh sepeninggal Rasulullah SAW,Bilal RA bermimpi dalam tidurnya. Dalam mimpinyaitu, Bilal RA bertemu dengan Rasulullah SAW. " Bilal,sudah lama kita berpisah, aku rindu sekalikepadamu," demikian Rasulullah SAW berkata dalammimpi. " Ya, Rasulullah, aku pun sudah teramatrindu ingin bertemu dan mencium harum aromatubuhmu," kata Bilal RA masih dalam mimpinya.Keesokan harinya, ia menceritakan mimpi tersebutpada salah seorang sahabat lainnya , dengan segerahampir seluruh penduduk Madinah mengetahu kisahmimpi Bilal RA Menjelang senja, penduduk Madinahbersepakat meminta Bilal RA mengumandangkanadzan Maghrib, padahal Bilal RA sudah cukup lamatidak menjadi muadzin semenjak Rasulullah SAWtiada. Akhirnya, Bilal RA pun menerima dan bersediamenjadi muadzin kali itu. Maka bercucuranlah tangisdari hampir seluruh penduduk Madinah mengenangRasulullah SAW. Demikian juga yang terjadi saatBilal RA menetap di Darya ( dekat Damaskus ) iamengumandangkan adzan atas permintaan Umar Bin

Khattab RA saat berkunjung ke sana. Menjelang wafatnya sekitar 20 H/641 M BilalRA seringkali mengulang – ulang ucapan , “ Besok kita akan bertemu dengan parakekasih ( Rasulullah SAW dan para sahabatnya ) ”

Salam kepadamu yang penuh ketabahan

Salam kepadamu pengumandang adzan

Salam kepadamu pengobar suara kemenangan

Bersama kekasihmulah insyaAllah kelak kau dikumpulkan

" Sungguh, aku tak ingin adzanuntuk seorang pun sepeninggal Rasulullah “

Page 14: Majalah Ababil Edisi 5 Juli 2010

Majalah ababil edisi 5 Juli 2010

KOMIK SEBAGAI MEDIA DAKWAHSebagaimana musik, terdapat kubu yang ber beda pendapat mengenai seni melukis danmenggambar dalam Islam . Ada yang me larang dan ada yang membolehkan. Jikadiklasifikasikan akan diperoleh 4 pendapat besar mengenai ini Pertama, mereka yangmelarang membuat gambar makhluk bernyawa, termasuk juga dalam bentuk kartun ataupunfoto. Kedua, mereka yang beranggapan bahwa yang dilarang adalah yang wujudnya bisadiraba ( trimatra/3 dimensi ) seperti relief atau patung. Kelompok ini berpendapat bahwagambar dan lukisan atau foto tidaklah dilarang. Ketiga, pendapat bahwa boleh membuatgambar makhluk bernyawa asal saja dalam rupa yang tidak memungkinkan makhluk ituhidup, misalkan membuat patung sebatas dadanya saja atau membuat gambar yang telahdistilisasi atau terpotong / tidak lengkap . Dan terakhir, mereka yang berpendapat bahwatidak ada larangan membuat gambar atau patung apapun sejauh motifnya tidak untukdisembah. Hujjah mereka adalah larangan yang dahulu merujuk pada suasana, keadaan, danwaktu hadits itu muncul yaitu pada permulaan Islam, di mana paganisme masih menjadianutan kaum jahiliyah. Meskipun ke empat pendapat ini saling ber beda namun ada pulakesepakatan bahwa menggambar bahkan membuat mainan berupa patung untuk keperluananak - anak diperbolehkan Apa yang dibolehkan untuk digambar dan dilukis juga memilikibatasan dalam estetika Islam, seperti dilarang menggambar Rasulullah SAW secara fisik, danlain – lainnya. Bicara soal komik tentunya tidak aka n lepas dari soal gambar menggambarbaik si gambar bersifat realis ataupun kartun. Maka penyampaian ini, sebagaiman apenyampaian rubrik meniti seni sebelum – sebelumnya adalah pembahasan tokoh, fenomenaseni yang ada sedikit banyak berhubungan dengan umat Islam. Dengan Nama Allah YangMaha Pengasih Lagi Maha Penyayang , kami memulai bahasan ini, semoga bermanfaat

Komik secara definisi menurut Scott McCloud, adalahgambar gambar serta lambang – lambang lain yangterjukstaposisi ( berdekatan, bersebelahan , sebuahistilah yang sulit dalam sekolah seni ) dalam turutantertentu untuk menyampaikan informasi dan/ataumencapai tanggapan estetis bagi pembacanya. ScottMcCloud adalah komikus yang melambung namanyadengan buku Understanding Comics yang menjadisebuah pengantar memahami komik sebagai senimentakjubkan.

Dasar munculnya seni komik sampai masa kini kononberawal jauh dari masa silam, di mana manusia zamandahulu menceritakan sebuah peristiwa m elalui gambar– gambar ( kadangkala dibarengi tulisan ) dalam gua.Selain itu, tata cara serupa juga digunakan pada reliefcandi, permadani ataupun media lainnya. Penemuan

kertas dan mesin cetak menunjang lajunya pembentukan komik sebagaimana yangkita kenal sekarang ini. Konon bapak komik modern adalah Rudolphe Topf fer yangterkenal dengan cerita bergambar bergaya satire ( sindiran ) dengan menggunakangaya gambar kartun dan panel pembatas, Ia juga menyelaraskan kata – kata dengangambar sehingga saling mendukung satu sama lain. Karyanya adalah yang pertamadi Eropa, namun Toppfer sendiri gagal menyadari seluruh potensi temuannya danmenganggapnya sebagai hiburan dan hobi yang sepele.

MENITISENI

Page 15: Majalah Ababil Edisi 5 Juli 2010

Majalah ababil edisi 5 Juli 2010

Gundala Putera Petir, Tokohrekaan Hasmi yang boleh jadisosok superhero paling populerdi masanya, tokoh ini sampaidifilmkan di layar lebar.Hasmi mengaku Gundaladiinspirasi tokoh dari DC ComicsAmerika, The Flash, dan agarbernuansa lokalditambahkanlah sayap alatokoh wayang di topengnya

Kebanyakan dari kita seringkali menganggap komik sebagai sesuatu yang murahan,bacaan anak – anak dan sebuah karya biasa saja, Pa dahal secara seni komikmemiliki estetika dan disiplin ilmu yang bukannya mudah dipraktekkan. Dasar komikyang terdiri dari gambar dan kata – kata juga membuatnya menjadi sebuah mediayang bisa menggambarkan berbagai hal. Melalui komik, sebuah dunia ditawa rkanuntuk disimak secara visual. Baik berdasarkan kenyataan maupun sekedar khayalansi pembuat. Sistem - sistem visual lain seperti televisi, foto, film, poster, lukisan jugakaligrafi, model pakaian, desain interior rumah dan kantor, sticker, dan lainnya kinisemakin menjadi aspek penting dalam kehidupan, termasuk di dalam masyarakatmuslim. Entah ia diproduksi untuk tujuan estetika, simbolik, ritual, politik , ideologi,atau pun tujuan - tujuan praktis lainnya, bahasa visual diyakini di masa kini sebagaialat komunikasi antar manusia yang efektif dan manusiawi, terlebih kepada remajadan anak.

Komik menjadi sangat beragam mulai dari komik edukasi sampai komik cabul yangmemuat adegan - adegan tidak senonoh. Komik sebenarnya telah lama beranjak kearah audiens yang lebih luas, ia tidak lagi milik anak – anak saja, di Amerikamisalnya akan ditemui cap rating yang menunjukkan apakah komik itudiperuntukkan pembaca dewasa ( berdasarkan usia ) remaja atau semua umur.Kedewasaan sebuah komik, kacaunya sering di asosiasikan dengan tampilnyakekerasan dan seks yang intens, hal ini pernah disindir Grant Morrison seorangpenulis komik kenamaan asal Inggris. Padahal sebuah komik dewasa seharusnyamenuntut keluasan wawasan dan keterbukaan pikiran . Tak dipungkiri, tingkat seksdan kekerasan akan otomatis menjadikan sebuah komik diperuntukkan untukpembaca dewasa, sebagaimana pelabelan pada media lain seperti film.

Di Indonesia komik lokal sebenarnya pernahmengalami kejayaan, dan menjadi tuan rumah dinegeri sendiri pada era 60 an sampai 80an. Nama –nama tokoh terkenal dalam dunia ini diantaranyaHasmi ( pereka tokoh Gundala), Wid NS ( Godam )Nono ( Tira ), Ganes TH ( Si Buta Dari Gua Hantu ),Djair ( Jaka Sembung ), Man ( Mandala ) dll, temayang mereka tawarkan adalah fiksi dengan jagoansuperhero sebagai tokoh utama dengan ceritaberfokus pada upaya pemberantasan kejahatan ataucerita silat. Genre lain seperti komik roman percintaansempat hadir namun kurang diminati. Nama – namalain bisa disebutkan seperti RA Kosasih yangberkosentrasi dalam komik perwayangan atau fiksibergaya 1001 malam seperti Gina karya Gerdi WK ,yang dahulu juga banyak membuat ilustrasi untukmajalah Bobo dan buku kisah – kisah Islam dan ParaNabi. Masih banyak nama – nama lain yang mewarnaiperkembangan komik tanah air masa lalu.

Di era dahulu ini kita juga mudah sekali memperolehkomik - komik mengenai kepahlawanan tokoh - tokohIslam atau kisah para nabi yang dicetak oleh pen erbit- penerbit kecil dengan harga relatif murah,sayangnya keberadaan komik jenis ini kalah bersaingdengan komik silat dan superhero.

MENITISENI

Page 16: Majalah Ababil Edisi 5 Juli 2010

Majalah ababil edisi 5 Juli 2010

Seiring mekarnya media komunikasi visual lain, kini komik baik di belahan duniamanapun menjadi sebuah media yang berusaha bertahan di tengah gempuran kaset,cd, vcd ataupun dvd. Sebagaimana karya seni lainnya komik turut mewakilipandangan si pembuat, ataupun siapa saja yang terlibat di dalamnya. Pandangan itusedikit banyak akan tersampaikan kepada pembacanya. Anak – anak adalah kategoripembaca yang rentan dan mudah terpengaruh, perhatikanlah bahwa saat merekamenyukai Naruto, gerak gaya ataupun dandanannya akan mereka tiru .

Jepang, negara di mana komik menjadi sebuah industri danbudaya, memiliki komik - komik yang kaya akan tema, mulaidari tukang masak sampai tokoh sejarah diko mikkan dengangaya yang digemari berbagai kalangan dari anak – anak priadan wanita sampai orang dewasa Indonesia. Selain biayaproduksi yang lebih murah daripada komik Eropa atau Amerika,komik Jepang yang lazim disebut manga memiliki variasi genreyang sangat variatif, bandingkan saja dengan komik Amerikayang umumnya menampilkan kisah superhero, Eropa yang

berkutat di petualangan, detektif dan fiksi ilmiah atau Cina yang isinya kebanyakankung fu dan laga. Dominasi manga di pasaran komik Indonesia dapat dipantau daridata bahwa di Toko Buku Gramedia saja sekitar 20-25% produk yang dijualnyaberupa komik, bahkan top seller yang mencapai angka penjualan 100 - 200 buahtiap bulannya adalah komik. 90% pasaran komik yang dijual berasal dari luar negeri,80% diantaranya adalah manga. Umumnya sebuah manga yang populer akan segeradiangkat dalam bentuk film baik berupa animasi ( anime ) atau menggunakanmanusia sebagai pemeran dan efek – efek canggih ( tokusatsu ).

Budaya dan kepercayaan Jepang dimana mayoritas penduduknya beragama shinto (pemuja matahari ) tentunya termuat dalam sebuah manga sedikit banyak,diantaranya tak jarang yang bertentangan dengan Islam. Mungkin karenaditampilkan lewat gambar kartun kita seringkali kurang mawas diri akanpertunjukkan seks dan kekerasan yang mampir di panel komik. Jika kita maumembuka lembaran – lembaran komik yang sering dibaca anak maupun remajabukan tak mustahil kita akan kita menemui bahwa banyak pula adegan ataupundialog yang terasa melampaui batas untuk dijadikan konsumsi mereka. Dapatdiambil contoh seperti Sinchan yang sarat dengan kata – kata dan perilaku cabul,kekerasan membludak dalam Naruto, ritual – ritual sihir pada serial misteri, atauromantisme berlebihan dalam serial cantik untuk remaja putri.

Bisa jadi ini jugalah salah satu sebab timbul lagi komik yang ditujukan untukmengenalkan Islam dan menjadi sarana dakwah. Di antara berbagai produksi buku -buku Islam, jenis komik - komik Islam sebenarnya perlu diberi perhatian. DiIndonesia yang menekuni hal ini diantaranya Penerbit Mizan dan Asy-Syamil.Keduanya berbasis di Bandung. Mizan telah sangat dikenal sebagai penerbit buku-buku Islam, dan ia juga telah cuku lama merambah ke media komik. Merekamemproduksi berbagai jenis dan seri komik seperti komik ibadah, komik 1001malam, komik petualangan, komik remaja, komik remaja muslim, komik petualangananak, komik Islam for teens, komik nabi, seri komik Islam dll. Selain Penerbit Mizandan Asy-Syamil tentu ada pula penerbit - penerbit lain yang berkecimpung di bidangini, meski nama mereka belum terlalu bergaung.

Maka melalui penerbit – penerbit seperti itulah komik, sebagaimana musik atau senilainnya dapat menjadi media dakwah bagi senimannya.

MENITISENI

Page 17: Majalah Ababil Edisi 5 Juli 2010

Majalah ababil edisi 5 Juli 2010

Ditampilkanlah kepahlawanan para sahabat, sejarah Islam, kisah - kisahmengandung hikmah juga fiksi yang mengusung semangat Islam. Kegemaran anak -anak membaca komik sangat tinggi, namun antusias itu sayangnya tidak dibarengipersediaan komik yang sesuai kebutuhan mereka, te rlebih yang bermanfaat danmembawa semangat tauhid. Jika kita perhatikan tokoh - tokoh fiksi populer dalamkomik meski umumnya baik budi namun seringkali dinampakkan sangat tidakbertuhan. Tokoh – tokoh penerbit besar Amerika Seperti DC Comics, Supermanmisalnya, banyak mengucapkan nama dewa dewa d ari planet asalnya Krypton.Batman, seringkali tidak menampakkan kepercayaan kepada T uhan sama sekali aliasdiduga keras seorang atheis . Banyak pula tokoh superhero menggunakanperlambangan dewa - dewa dalam mitologi yunani seperti Wonder Woman, kelompokTeen Titans, dll. Tentu saja tidak semuanya demikian , beberapa tokoh digambarkansebagai orang nasrani yang taat seperti Night Cr awler atau Dare Devil dari MarvelComics. Dari Jepang muatan faham agama Buddha atau agama penyembah mataharimuncul dengan intens. Virgin Comics, sebuah nama yang belum lama go publicnamun sudah berskala internasional menampilkan tokoh tokoh yang didasari kisah –kisah agama Hindu. Islam sendiri dalam komik mancanegara banyak digambarkansecara negatif, apalagi semenjak peristiwa 911.

Sebuah gebrakan yang cukup bergaung secara internasional yang dilakukan seorangmuslim adalah dari Dr. Naif Mutawa yang kelahiran Kuwait . Ia aslinya seorang ahlikejiwaan dan meraih gelar MBA dari Columbia University . Awalnya ia memimpikanpara superhero muslim dalam perjalanan taxi di tahun 2003 bersama adiknya Samardi London. Maka terciptalah “ The 99”. Meski belum mendapatkan keuntungan daripenjualan komik tersebut, Mutawa telah mendapatkan dukungan dana sebesar $ 23juta yang sebagian besar berasal dari bank Islam Bahrain. Dibentuklah TeshkeelCompany untuk mengusung komik ini . Salah satu nama yang ditarik untuk ilustra toradalah John McCrea, pemenang Eisner Award untuk ilustrasinya di seri komik Hitmankeluaran DC Comics Amerika. Eisner Award adalah penghargaan khusus untuk komikdi Amerika , diambil dari nama Will Eisner tokoh k omik revolusioner berkebangsaanYahudi.

Komik "The 99" sendiri, menceritakan tentang pahlawan-pahlawan super yangmendapat kekuatan dari permata nur yang diciptakan di Baghdad, Irak pada tahun1258 Masehi. Mereka bersatu untuk menciptakan dunia yang damai dan sejahteramelawan tokoh antagonis bernama Rughal. Isi komik itu diilhami ajaran agama Islamdan mengambil inspirasi dari 99 nama Allah SWT ( asmaul husna )

MENITISENI

Page 18: Majalah Ababil Edisi 5 Juli 2010

Majalah ababil edisi 5 Juli 2010

Mutawa bukan satu –satunya yangmendapat kritik soalhijab, dari Dubai adaRima K seorangpengarang ceritaanak – anak dengankomiknya “ TheAdventures of Iman “mendapat kritikserupa.

Serunya, tokoh - tokoh komik ini berasal berbagai negara,seperti Raqib ( Kanada ), Widad ( Filipina ), Jami ( Hongaria ),Soora ( AS ), Darr ( AS) , Hadya ( Inggris ), Noora ( EmiratArab ), Fatah ( Indonesia ) dan lain – lain. Namun meskiMutawa menciptakan tokoh pahlawan berdasarkan Islam, dalamkisahnya tidak pernah diceritakan seorang tokoh membaca AlQur an ataupun melaksanakan shalat. Selain itu, tidak semuatokoh wanita dalam komik itu mengenakan hijab. Hal - hal yangdikemukakan para kritikus Mutawa klarifikasi dengan ucapan "Kisah Islam lambat laun menjadi kisah tentang apa yangseharusnya tidak dilakukan, bukan apa yang seharusnyadilakukan. Saya ingin membawa kembali ide tentang kebaikandan toleransi, " katanya lebih lanjut ." Saya tidak berniatmenjual agama. Saya berniat menjual ide tentang persamaanmanusia.". Mutawa juga sadar meski suri tauladan umat Islamadalah Rasulullah SAW dan para sahabat namun parapendahulu itu bukanlah tokoh fiktif atau superhero yang manadigilai anak – anak masa kini. Terlepas dari kritik – kritik ituMutawa telah berusaha menyampaikan sesuatu yang Ia anggapbermanfaat bagi anak – anak dan menjadi nafas segar ditengah banjirnya produksi komik dunia.

Uniknya, meskipun bukan dari karyaseniman muslim. Salah seorang tokohdalam X Men generasi baru yang menggunakan panggilan Dust,menampilkan sosok seorang muslim ah yang positif. Tokoh rekaanGrant Morrison dan Ethan Van Sciver ini juga menjadi salah satutokoh favorit para pecinta komik X Men, kemampuan supernyaadalah mengendalikan debu/pasir. Tokoh fiktif yang bernama asliSoraya Qaadir ini mengenakan hijab yang menutup seluruh tubuhkecuali sepasang matanya, dalam sebuah dialog Dustmenerangkan bahwa ia mengenakannya karena ia menyukaikesederhanaan hijab dan juga melindungi tubuh dari pandangan

jahil para pria, dapat pula ditemui adegan dimana Dust melakukan shalat danmemberikan petuah ( meski , tentu saja porsi utama tokoh superhero adalah berbakuhantam ). Hal ini sebenarnya patut menjadi renungan bagi komikus yang inginmerancang tokoh fiktif heroik muslim. Kita masih bisa berharap bahwa langkah yangdipelopori Mutawa akan menginspirasi dan dikembangkan lebih baik oleh generasiberikut. Tidak pula mustahil langkah itu akan dimulai dari Indonesia….

Karya – karya komikus lokal semakin hari semakin baik dan negara ini adalah negaradengan jumlah umat Islam terbesar. Komik berpotensi untuk tidak sekedar menjadimedia hiburan, namun juga dapat memberikan manfaat. Sebuah komik yang dominannilai kebaikannya meski dibuat o leh seorang non muslim bisa jadi lebih bermanfaatbagi khalayak ketimbang komik yang dibuat seorang muslim namun isinya tidakkeruan. Langkah – langkah seniman muslim yang ihsan dalam karya – karyanya bisakita harapkan menjadi pemicu untuk tumbuhnya gener asi yang lebih baik. Penyusunsendiri berpendapat bahwa keteladanan Rasulullah SAW dan para sahabat, semangatjihad dan tabligh, ajakan ber amar ma’ruf nahi munkar bisa saja disampaikan melaluitokoh fiktif, dan pada tahapan tertentu komik memang menjadi m edia yang efektif.

Allah Maha Mengetahui….Semoga bermanfaat

MENITISENI

Page 19: Majalah Ababil Edisi 5 Juli 2010

Majalah ababil edisi 5 Juli 2010

CEPAT MENIKAH….KENAPA OGAH ?Pernikahan merupakan sebuah fase kehidupan baru setiapmanusia. Hampir setiap orang di usianya yang matang dankondisi psikisnya normal mendambakan menikah dengancalon pedamping yang diidamkannya. Adalah patut bagiseorang muslim memperhatikan masalah ini karena :

Besar dan utamanya kedudukan pernikahan dalam Islam,Allah SWT telah berfirman, yang terjemahannya adalah

“ Dan diantara tanda-tanda kekuasaan-Nya adalah Dia menciptakan untukmu istri -istri dari jenismu sendir , supaya kamu cenderung dan merasa tentram kepadanya ,dan dijadikan-Nya diantara kamu rasa kasih sayang .Sesungguhnya pada yangdemikian itu benar- benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfik ir ” (QS. ArRum : 21)

Hal ini juga dapat terlihat dari pengumpulan hadits hadits yang berkenaandengannya. Bahkan Abu Daud dan beberapa ulama lain meletakkan bab pernikahansetelah bab keimanan, shalat, puasa , dan haji. Pernikahan menurut ulama dan ahl ifiqih didahulukan dari ibadah sunnah lainnya, sebagian bahkan bependapat lebihdidahulukan ketimbang naik haji yang merupakan salah satu rukum Islam

- Rasulullah SAW sendiri memiliki perhatian besar terhadap masalah ini , salah satutandanya adalah sabda beliau “ Barang siapa menikah, maka dia telah menguasaiseparuh agamanya, karena itu hendaklah ia bertaqwa kepada Allah dalammemelihara yang separuhnya lagi “ ( HR Al Hakim ). " Barang siapamenggembirakan hati istri, ( maka ) seakan -akan menangis takut kepada Allah.Barang siapa menangis takut kepada Allah, maka Allah mengharamkan tubuhnyadari neraka. Sesungguhnya ketika suami istri saling memperhatikan, maka Allahmemperhatikan mereka berdua dengan penuh rahmat. Manakala suami merengkuhtelapak tangan istri, maka berguguranlah dosa - dosa suami- istri itu dari sela -sela jarinya." ( HR.Maisarah bin Ali dari Ar -Rafi' dari Abu Sa'id Al-Khudzri RA ).Selain itu menikah merupakan jalan hidup para nabi dan rasul sebagaimanadifirmankan Allah SWT

“ Dan sesungguhnya Kami telah mengutus beberapa rasul sebelum kamu dan Kamimemberikan kepada mereka istri - istri dan keturunan.” ( QS Ar-Ra’d : 38)

Manfaat – manfaat pernikahan yang disusun Abdul Malik Al Qasim, penulis buku “Menikahlah, Allah Akan Memberimu Rezeki “ mencantumkan antara lain :

1. Melaksanakan perintah Allah SWT ,Rasulullah SAW bersabda “ Wahai para pemuda, jika kalian mampu ( untuk menikah ) maka menikahlah “ ( Muttafaq ‘alaih )

2. Menjaga diri dan melindungi kedua pasangan3. Dengan pernikahan akan tercip ta rasa cinta, kasih sayang dan ikatan antara suami

istri yang akan mewujudkan terbentuknya masyarakat ya ng saling berhubungan4. Mendapatkan keturunan yang baik dan terjadinya proses regenerasi.

Page 20: Majalah Ababil Edisi 5 Juli 2010

Majalah ababil edisi 5 Juli 2010

5. Mendapat pahala bagi suami istri dari pemberian nafkah , menjaga diri, salingmembantu, saling berkata baik, dan menjaga kemungkaran, sebagaimana sabdaRasulullah SAW “ Tidak ada yang lebih baik yang diterima seseorang selain darihasilnya bekerja dengan tangannya sendiri. Dan, apa yang dinafkahkan untukdirinya, keluarga, anak dan pembantunya merupakan sedekah baginya “

6. Pahala dari melahirkan anak, sabar menghadapinya, mendidik anak denganpendidikan yang baik, dan menjadikan mereka pembela agama Allah. Jugamendapat pahala yang besar apabila bersabar atas meningga lnya anak.

7. Sebab memperoleh rezeki. Rasulullah SAW bersabda “ Ada tiga golongan yang akanmendapat pertolongan Allah SWT, disebutkan salah satunya untuk mereka yangmenikah karena ingin menjaga kehormatan “ ( HR AT Tirmidzi )

8. Wanita akan mendapat pahala yang sebanding dengan laki – laki yang berjihadkarena ketaatannya kepada suami dan melaksanakan kewajiban terhadapkeluarganya.

9. Menjaga kehormatan, menjaga pandangan, menenangkan jiwa dan menentramkanbatin.

Sekalipun lebih banyak lagi manfaat yang bis a diuraikan dan mungkin belum kitaketahui, namun fenomena terlambat menikah atau memilih hidup membujangmemang terjadi dari hari ke hari, berbagai faktor menjadi pemicunya . Mari kita cobasimak bersama beberapa faktor yang terdeteksi dan mencari solusinya s atu persatu

1. TUNTUTAN YANG BERLEBIHAN DARI INDIVIDU ATAU KELUARGA

Di masa krisis ekonomi kini, untuk mencukupi diri saja terasa sulit bagi para priaapalagi harus menghidupi si istri kelak plus anak – anak. “ Boro boro untuk kasimakan anak orang , untuk diri sendiri saja sudah kewalahan “ adalah alasan kliseyang sering dilontarkan. Memang, t untutan harus mapan secara financial seringkalidijadikan kriteria utama, secara sederhana simak saja acara penjodohan ala televisi “Take Me Out “ yang kini lagi ngetop, rata – rata pihak wanita menginginkan calonsuami yang mapan dalam artian kaya raya bukan buatan. Tuntutan ini seringkalibukan hanya diminta pihak calon istri namun juga keluarganya. Angka rupiah yangmelambung tinggi untuk biaya pesta harus diak ui sebagai salah satu hal yang takkalah mencekam. Sebenarnya jawaban untuk masalah ini sudah secara jelasdisampaikan oleh Allah SWT

“ Dan nikahkanlah orang - orang yang sendirian diantara kamu, dan orang -orangyang layak ( menikah ) dari hamba -hamba sahayamu yang lelaki dan hamba - hambasahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin , Allah akan memampukan merekadengan karunia-Nya. Dan Allah Maha luas ( pemberian -Nya ) lagi MahaMengetahui.” ( QS An Nuur : 32 )

Ini adalah janji Allah SWT, janganlah sampai kita mengingkarinya. Menikah adalahsalah satu sebab terbukanya pintu re zeki. Tidak sedikit mereka yang menikahmendadak diberi kemudahan dalam berikhtiar dan mencukupi keluarganya, takjarang pula mereka yang boros menjadi pandai mengatur keuangan semenja kmenikah. Rasulullah SAW pernah pula bersabda " Bukan golonganku orang yangmerasa khawatir akan terkungkung hidupnya karena menikah kemudian ia tidakmenikah " ( HR Thabrani )

Page 21: Majalah Ababil Edisi 5 Juli 2010

Majalah ababil edisi 5 Juli 2010

Rezeki tentu tidak lantas muncul dari balik bantal, tetaplah harus ada ikh tiar yangihsan untuk mendapatkannya namun mari kita yakini , karena Allah Maha Kuasa, dikala kesempitan Allah SWT akan melapangkan, dan kelapangan tidak bisa dinilai darijumlah rupiah. Materi berlimpah sungguh tak sebanding nilainya di akhirat dengansifat qana’ah. Qana’ah mendatangkan kebaikan sedangkan harta yang melimpahseringkali berujung fitnah. Ingatlah pula bahwa kemiskinan yang sering dijadikanalasan adalah hal yang relatif, ada orang yang sudah punya rumah, mobil, danperniagaan yang lancar namun tetap saja merasa dirinya itu miskin.

Ketika ada seorang pria melamar wanita maka acapkali yang pertama ditanyakanadalah apa pekerjaannya dan berapa penghasilan atau gajinya. Dan karenapenghasilan yang kurang besar, banyak para pria yang tidak diterima lamarannya,padahal tidak seharusnya demikian. Ada pula permasalahan jika si anak adalah anakyang baik dan berbakti, biasanya si orang tua berat hati melepas karena masih inginmendapat perhatian atau pelayanan darinya. Kepada para orang tua hendaknyaingatlah pesan Rasulullah SAW “ Jika orang yang kamu setujui agama dan ahlaknyadatang melamar kepadamu, maka nikahkanla h dia dengan anak perempuanmu “ (HR At Tirmidzi ).

Tuntutan tentu saja tidak hanya secara materi, baik dari ke dua belah pihak ada pulatuntutan mulai dari tinggi badan sampai masalah kesukuan. Tuntutan tidak hanyadatang dari pribadi namun juga orang tua, saudara saudari, ataupun handai taulan.Ada syarat fisik seperti kecantikan, ketampanan, atau syarat keturunan, juga syaratkekayaan yang kadangkala teramat berlebihan . Maka perlulah ditetapkan kriteriayang wajar dan masuk akal. Demikian pula soal tuntutan syarat yang berhubungandengan agama, misalnya : harus sudah naik haji 10 kali atau harus keturunan ulamatertentu, bisa juga diketegorikan ke hal yang berlebihan.

Persyaratan agama yang terlalu longgar juga belum tentu membawa kebaikan ,misalnya : asal di KTP tertera Islam saja . Bagi seluruh pihak pentinglah dilakukanpemantauan sejauh memungkinkan akan ahlak, perilaku dan kebiasaan. Hal ini tidakperlu resmi seperti surat kelakuan baik dari Polri, banyak contoh cara memantauahlak seseorang seperti menanyakan kepada tetangga, tempat ia bekerja atausahabatnya. Biaya pernikahan juga semestinya sewajarnya saja, kalaulah biayawalimah dan mahar itu harus lah besar, niscaya Rasulullah SAW telahmengharuskannya. Kenyataannya Islam tidak pernah memberatkan masalah ini .Walimah tidak diwajibkan dan boleh diadakan meski hanya dengan seekor kambing ,mahar boleh saja berupa hafalan Qur an . Penting sekali bagi kedua belah pihakmemberi kemudahan dan bukan tuntutan yang berlebihan.

2. PENGARUH DARI LUAR YANG MERUGIKAN

Selain dari dalam diri dan keluarga pengaruh dari luar juga sa ngat berpengaruhdalam masalah ini. Baik itu dari tetangga, kerabat, teman atau sesama pemuda,padahal mereka kadangkala mereka ini bukanlah orang -orang yang faham ilmusyar’i. Orang-orang tersebut memberikan pertimbangan -pertimbangan yang kurangproporsional dan contoh yang buruk, misalnya sahabat yang selalu mengeluhkansusahnya kehidupan setelah menikah akan membuat sahabatnya otomatis merasakendor semangat untuk menikah.

Page 22: Majalah Ababil Edisi 5 Juli 2010

Majalah ababil edisi 5 Juli 2010

Jika kita mengalami kerusakan padamobil tentu kita akan membawanya ahlireparasi mobil, bukan ahli reparasihandphone. Karenanya adalah perlubertanya kepada para ahli yang fahambetul masalah ini. Konsultasi pada paraahli, baik ahli agama ataupun konsulta sipernikahan yang profesional dapatmembantu pemahaman akanpernikahan. Selain itu media massasering pula memberikan stigma negatifdengan menampilkan acara-acara yangmenggambarkan permasalahan -permasalahan rumah tangga,pertengkaran suami istri, antara istri

dengan keluarga suami dan lain -lain. Kasus nikah cerai dan perselingkuhan paraselebritis dan figur publik yang sering diekspos membuat lembaga pernikahan yangsemestinya sesuatu yang sakral lambat laun bisa diangap sekedar gurauan dan alatlegitimasi syahwat. Maraknya tempat - tempat hiburan yang berdampak negatifditambah dengan sarana transportasi dan telekomunikasi yang tidak dimanfaatkandengan benar menjadikan fitnah semakin tersebar di mana - mana. Maka tak jarangpemuda atau pemudi asyik dan terlena dengan semua itu, sehingga tidak adaperhatian sama sekali terhadap pernikahan. Mereka merasa mendapat penggantisunnah menikah ini, padahal manfaat nikah sebenarnya lebih banyak daripada apayang mereka kerjakan. Kerjasama masyarakat untuk saling memberi informasimengenai pemuda - pemudi yang siap menikah, dirasakan pula masih kurang . jugalangkanya mereka yang rela memberikan bantuan kepada saudara, teman ataukerabatnya yang membutuhkan biaya pernikahan . Asy-Syaikh Abdul Aziz bin Baz danSyaikh Muhammad bin Shalih al -Utsaimin- memperbolehkan penyaluran dana zakatuntuk membantu para fakir miskin yang membutuhkan biaya pernikahan ( khususuntuk membayar mahar dan biaya pernikahan saja ).

Adalah sangat diperlukan contoh yang positif, dorongan serta kemudahan bagimereka yang belum menikah agar termotivasi melakukannya. Dibolehkan bagi orangtua untuk menawarkan anak perempuan nya kepada pria yang shaleh ( contoh :seperti yang dilakukan Umar RA kepada Abu Bakar RA dan Utsman RA perihalputrinya Hafsah, Hafsah kemudian diperistri oleh Rasulullah SAW ). Juga bagiseorang wanita menawarkan dirinya kepada pria yang shaleh ( Sepert i dalamriwayat, ada seorang wanita yang menawarkan dirinya kepada Rasulullah SAW,namun kemudian akhirnya wanita itu disunting seorang sahabat ) , hal ini menurutsahabat Anas Bin Malik RA, adalah baik adanya. Dibolehkan pula menyampaikankahendak dipinang melalui orang lain seperti apa yang Abu Bakar RA sampaikankepada Ali RA mengenai Fatimah RA, putri Rasulullah SAW. Mari kita simak kisahterjalinnya pernikahan dua insan kesayangan Rasulullah SAW ini, semoga dapat kitaambil hikmahnya…

Pada suatu hari Abu Bakar RA, Umar bin Khattab RA. dan Sa'ad Bin Mu'adz RAbersama-sama Rasulullah SAW duduk dalam mesjid beliau. Pada kesempatan itudiperbincangkan antara lain persoalan puteri Rasulullah SAW, Fatimah Az Zahra RA.Saat itu beliau bertanya kepada Abu Bakar RA : " Apakah engkau bersediamenyampaikan persoalan Fatimah itu kepada Ali bin Abi Thalib ?" Abu Bakar RA punmenyatakan kesediaanya. Ia beranjak untuk menemui Ali Bin Abi Thalib RA.

Page 23: Majalah Ababil Edisi 5 Juli 2010

Majalah ababil edisi 5 Juli 2010

Sewaktu Ali RA melihat datangnya Abu Bakar RA dengan tergopoh - gopoh danterperanjat ia menyambutnya, kemudian bertanya : " Anda datang membawa beritaapa ? ". Setelah duduk beristirahat sejenak, Abu Bakar RA. segera menjelaskanpersoalannya: " Hai Ali, engkau adalah orang pertama yang beriman kepada Allahdan Rasul-Nya serta mempunyai keutamaan lebih dibanding dengan orang lain.Semua sifat utama ada pada dirimu. Demikian pula engkau ada lah kerabat RasulullahSAW Beberapa orang sahabat terkemuka telah menyampaikan lamaran kepadabeliau untuk dapat mempersunting puteri beliau. Lamaran itu oleh beliau semuanyaditolak. Beliau mengemukakan, bahwa persoalan puterinya diserah kan kepada AllahSWT Akan tetapi, hai Ali, apa sebab hingga se karang engkau belum pernahmenyebut-nyebut puteri beliau itu dan mengapa engkau tid ak melamar untuk dirimusendiri? Kuharap semoga Allah dan Rasul -Nya akan menahan puteri itu untukmu."

Mendengar perkataan Abu Bakar RA, mata Ali RA berlinang - linang. " Hai AbuBakar, anda telah membuat hatiku goncang yang se mulanya tenang. Anda telahmengingatkan sesuatu yang sudah kulupakan. Demi Allah, aku memangmenghendaki Fatimah, tetapi yang menjadi penghalang satu -satunya bagiku ialahkarena aku tidak mempunyai apa-apa." Abu Bakar RA terharu dan berkata: " Hai Ali,janganlah engkau berkata seperti itu. Bagi Allah dan RasulNya dunia dan seisinya inihanyalah ibarat debu bertaburan belaka! " Maka berangkatlah Ali RA untukmeminang Fatimah RA. Saat berjumpa Rasulullah SAW, Ali RA menundukkan kepala,malu hendak mengutarakan isi hatinya, maka Rasulullah SAW mendahului berkata "Hai Ali nampaknya engkau mempunyai suatu keperluan. Katakanlah apa yang adadalam fikiranmu. Apa saja yang engkau perlukan, akan kauperoleh dariku! "

Mendengar kata-kata Rasulullah SAW yang sangat membesarkan hati itu, mak aAli RA membernaikan diri berkata " Maafkanlah, ya Rasulullah Anda tentu ingatbahwa anda telah mengambil aku dari paman anda, Abu Thalib dan bibi anda,Fatimah binti Asad, di kala aku masih kanak -kanak dan belum mengerti apa-apa.Sesungguhnya Allah telah memberi hidayat kepadaku melalui anda juga. Dan anda,ya Rasulullah, adalah tempat aku bernaung dan anda jugalah yang menjadiwasilahku di dunia dan akhirat. Setelah Allah membesarkan diriku dan sekarangmenjadi dewasa, aku ingin berumah tangga ; hidup bersama seorang isteri.Sekarang aku datang menghadap untuk melamar puteri anda, Fatimah. YaRasulullah, apakah anda berkenan menyetujui dan menikahkan diriku dengan dia? "Wajah Rasulullah SAW nampak berseri-seri. Sambil tersenyum beliau berkata kepadaAli RA : " Hai Ali, apakah engkau mempunyai suatu bekal mas kawin? ''

" Demi Allah ", jawab Ali RA dengan terus terang, " Anda sendiri mengetahuibagaimana keadaanku, tak ada sesuatu tentang diriku yang tidak anda ketahui. Akutidak mempunyai apa - apa selain sebuah baju besi, sebilah pedang dan seekorunta." " Tentang pedangmu itu, " kata Rasulullah SAW " Engkau tetapmembutuhkannya untuk melanjutkan perjuangan di jalan Allah. Dan untamu ituengkau juga butuh untuk keperluan mengambil air bagi keluargamu da n juga engkaumemerlukannya dalam perjalanan jauh. Oleh ka rena itu aku hendak menikahkanengkau hanya atas dasar mas kawin sebuah baju besi saja. Aku puas menerimabarang itu dari tanganmu. Hai Ali engkau wajib bergembira, sebab Allah 'Azza wa jallasebenarnya sudah lebih dahulu menikahkan engkau di langit sebelum akumenikahkan engkau di bumi! " Inilah versi riwayat yang diceritakan Ummu SalmahRA. Demikianlah kemudahan Rasulullah SAW dalam menikahkan putrikesayangannya.

Page 24: Majalah Ababil Edisi 5 Juli 2010

Majalah ababil edisi 5 Juli 2010

3. KEBIASAAN BERPACARAN YANG KELEWATAN

Jika seorang pemuda mengikat hubungan dengan pemudi sebelum menikah, makapada dasarnya sama saja dengan menjerumuskan diri ke dalam bahaya dankesulitan. Hal ini juga berdampak kepada si gadis, ketika akan dilamar, makamungkin dia menolak dengan alasan telah ada hubungan dengan pemuda lain .Kebiasaan pacaran yang kebablasan sudah menjadi budaya yang mengerikan danmasih berlangsung entah sampai kapan. Berdasarkan survey konon lebih dariseparuh remaja usia dini dan masih bersekolah di sekola h tingkat menengah telahmelakukan hubungan seks sebelum menikah. Sungguh memprihatinkan….Karenanya.alangkah baiknya jika mereka yang sudah menjalin hubungan tidak menunggununggu dengan alasan yang dibuat – buat dan segera melangsungkan pernikahan.

Rasulullah SAW pernah berkata kepada Ali RA :” Hai Ali, ada 3 perkara yang jangankamu tunda-tunda pelaksanaannya, yaitu Shalat apabila tiba waktunya, Jenazahapabila sudah siap penguburannya, dan wanita bila menemukan pria sepadan yangmeminangnya “ ( HR Ahmad )

Pernikahan telah kita ketahui akan menjaga kesucian fajr ( kemaluan ) dariperzinaan. Pernikahan juga dapat melahirkan perasaan tentram ( sakinah ), cinta (mawaddah ) dan kasih sayang ( rahmah ) dalam hati, juga memperbanyak jumlahumat Islam.

Kepada yang belum menikah hendaknyameluruskan niat, bahwa pernikahan tidaklahhanya menjadi ajang pelampiasan syahwat namunadalah sebuah ibadah yang mulia, Bahwaketurunan bukanlah untuk suatu kebangga anbelaka namun untuk melahirkan insan - insanyang bermanfaat untuk agama. Tidak inginkahmuncul dari keturunan kita generasi pembangunagama yang tangguh dan handal ? Tidak inginkahkita memiliki anak shaleh yang mendoakan orangtuanya yang mana adalah amalan yang tidakterputus meski kita telah meninggal ?

Luruskanlah niat :

Karena Allah,

Karena kita ingin beroleh ridhoNya,

Karena kita adalah mahluk lemah, yang tak bisa ingkar dari fitrah kita….

Kemudian apabila telah bulat tekad, maka mari berusahalah dan bertawakkallahkepada Allah SWT semata. Sesungguhnya Allah SWT menyukai orang - orang yangbertawakkal kepadaNya. Mari bersegera menjaga kehormatan kita sebagai mahlukAllah SWT yang sejatinya mulia , dan membantu saudara – saudara kita yang belummenikah menjaga kehormatan mereka ….

Page 25: Majalah Ababil Edisi 5 Juli 2010

Majalah ababil edisi 5 Juli 2010

PERNIKAHAN DINI :

TIDAK SEBURUK YANG DIKIRABatas umur perkawinan di Indonesia telahditetapkan dalam pasal 7 ayat ( 1 ) UU No. 1Tahun 74, yaitu perkawinan hanya diijinkanjika pihak pria sudah mencapai umur 19 tahundan pihak wanita sudah mencapai umur 16tahun. Dalam Islam tidak ada batasan sepertiini, karena tingkat kedewasaan seseorangtidak bisa dinilai dari sekedar usianya. Tidakdipungkiri perkawinan yang sukses pastimembutuhkan kedewasaan tanggung jawabsecara fisik maupun mental, untuk bisa

mewujudkan harapan yang ideal dalam kehidupan berumah tangga. ZakiyahDaradjat mendefinisikan remaja sebagai anak yang ada pada masa peralihan darimasa anak-anak menuju usia dewasa pada masa peralihan ini biasanya terjadipercepatan pertumbuhan dalam segi fisik maupun psikis . Baik ditinjau dari bentukbadan, sikap, cara berpikir dan bertindak mereka bukan lagi anak -anak. Mereka jugabelum dikatakan manusia dewasa yang yang memiliki kematangan pikiran Jikadefinisi ini dipegang maka sebenarnya sebelum usia 19 tahun bagi pria , atau 16tahun bagi wanita kemungkinan ia telah beralih secara fisik dan mental menjadidewasa telah terbuka.

Karena itulah alasan bahwa remaja belum cukup matang untuk mengembantanggung jawab perlulah dikaji kembali ukuran kedewasaan itu sendiri. Dalamriwayat yang populer kita mengetahui bahwa Rasulullah SAW menikahi Aisyah RApada usia 9 tahun. ( menurut studi dalam The Ancient Myth Exposed oleh T.O.Shanavas , di Michigan. usia 9 tahun Aisyah RA ini ternyata tidak bisadipertanggungjawabkan , studi kritis ini bisa dibaca di internet dan banyak di muatdalam berbagai situs, salah satunya http://armansyah.swaramuslim.net ) Terlepasdari benar tidaknya usia Aisyah RA yang 9 tahun itu, Rasulullah SAW bisa dijamintidak akan menikahi seseorang yang belum dewasa. Perlu diingat, secara psikologisdan biologis wanita umumnya lebih cepat mencapai masa kedewasaan ketimbangpria. Di masa lalu nenek moyang kita umumnya melakukan pernikahan saat merekaberusia relatif muda.

Patut pula dipertimbangkan kondisi masa kini yang tidak kondusif untuk meraihkedewasaan : Bagaimana seseorang anak menjadi dewasa jika terus menerusdimanja secara berlebihan ?Bagaimana seseorang akan teguh dalam kedewasaan jika ia diberondong kebiasaanbermain - main dan bergelimang dalam hal – hal yang melalaikan ?Bagaimana mereka akan memilih bertindak dewasa sementara contoh – contoh yangmereka lahap setiap hari adalah sikap kekanak – kanakan ?

Inilah diantaranya sebab – sebab tidak adanya keseriusan seseorang di dalammengemban tanggungjawab hidup, mereka merasa amat berat dan lemahmenghadapi kehidupan, apalagi kehidupan rumah tangga. Karena mereka tumbuhdan terbiasa dalam kondisi santai, serba enak , serba ada.

MENEROBOS MITOS

Page 26: Majalah Ababil Edisi 5 Juli 2010

Majalah ababil edisi 5 Juli 2010

Bila menikah dikhawatirkan akan mempengaruhi prestasi belajar dan m empengaruhipersiapan masa depan, masalah ini sesungguhnya tergantung dari manajemenwaktu. Karenanya pernikahan dini dalam artian : pernikahan yang dilakukan priadan wanita muda usia adalah berbahaya , perlu diluruskan maknanya.

Jika alasan biologis seperti rahim yang belum sempurna atau mas alah fisik lainnyayang mengganggu , hal ini juga tidak bisa dikambinghitamkan pada usia, karena polahidup seperti makan, berolahraga, beristirahat menentukan pula kondisi biologisseseorang. Malah beberapa riset bahwa anak dari ayah yang berusia tua memilikikecenderungan penyakit dyslexia ( sulit membaca ) suka pusing atau dwarfisme (kekerdilan ) mendukung bahwa pernikahan lebih baik dilakukan di usia muda.

Awal perkawinan pada remaja dan dewasa muda bermanfaat dalam banyak hal.Tentu saja tidak semua dari mereka yang matang untuk menghadapi dengantanggung jawab, tetapi bersama-sama sebagai pasangan mereka dapatmenyelesaikan banyak masalah mereka. Orang - orang muda yang seriusmembangun hubungan biasanya lebi h memilih untuk mengadakan pernikahan untukhubungan mereka. Mereka lebih memilih untuk menikah karena mereka merasabahwa setelah mengenal satu sama lain , pernikahan akan membantu memastikanbahwa mereka tetap akan bersama. Perlulah kita saling mengingatkan bahwa usiayang paling utama untuk menikah adalah di masa muda. Alangkah indah jawabanyang disampaikan oleh seseorang ketika ditanya, “ Kapan usia yang tepat untukmenikah? Maka ia menjawab, “ Kapan selayaknya seseorang itu makan? “ Makaorang tentu akan menjawab “ ketika ia lapar ”. Demikian pula ketika seorang remajatelah melewati masa baligh, maka itulah waktu yang cocok untuk menikah karenatuntutan kebutuhan fitrah dan sebagai penjagaan dari berbagai perilaku negati f.

Pernikahan yang segera di lakukan dapat memberi manfaat diantaranya :- DUKUNGAN MENTALMenimbang bahwa sering kali remaja terpaksa meninggalkan rumah mereka atau‘dilepas’ dari rumah. Mereka menemukan pasangan dimana mereka dapat berbagipenderitaan dan kesulitan. Banyak remaja yang di rumah barangkali tidak begitubertanggung jawab karena orangtua mereka dapat mengurus semuanya. Di sisi lain,orang - orang yang membangun rumah tangga mereka sendiri harus bertanggungjawab karena mereka harus mengatur urusan mereka tanpa bergantu ng penuh padaorang tua. Beberapa remaja mungkin pula menghadapi banyak masalah di rumah,seperti orangtua mereka mungkin tidak mengerti dan peduli. Bahkan, merekamungkin secara emosional dan fisik ‘ disalahgunakan ’ oleh orang tua mereka.Bukan hal yang aneh jika terkadang anak ‘diprogram’ orang tua untuk mewarisiusaha, dijadikan boneka untuk kepentingan keluarga, malah ada pula yang tegadizalimi orang tuanya sendiri. Pernikahan menolong anak menjauhi lingkungan yangtidak kondusif bagi perjalanan hidup. Dan umur mereka yang muda menjadikanpasangan muda lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya.- DUKUNGAN FINANSIALMelalui pernikahan, seseorang menjadi anggota masyarakat yang produktif. Merekamulai berusaha dalam sebuah pernikahan untu k mempertahankannya. Bahtera ituakan mereka arungi semenjak dini dan semakin lama mereka akan semakin banyakmakan asam garam dan bijaksana dalam menjalaninya. Ingatlah kembali bahwasalah satu sebab terbukanya pinti reseki adalah dengan menikah .

Karenanya, menurut hemat penyusun, pernikahan dini bukanlah hal yangmenakutkan, hal yang lebih menakutkan adalah membiarkan putra putri kitabertambah usia tanpa menjadikan mereka muslim yang dewasa. Wallahu a’lam.

MENEROBOS MITOS

Page 27: Majalah Ababil Edisi 5 Juli 2010

Majalah ababil edisi 5 Juli 2010

BIARKAN KUNCUPNYA MEKAR DALAM JIWA

Akhi Dirman Al-Amin

Biarkan aku menjadi hembusan anginMenghantarkan jiwa dalam kalbu

Biarkan aku menjadi cahaya

Kan terangi jiwamuMenjelma kasih sayang, utuh!Sebab, aku sayang kamu, dear…

14 September 2003

Ukhti…,Setiap kali menatap wajahmu, kau tahu?! Aku seperti melihat rembulan yang bulatsempurna memancarkan cahaya bagi gelapnya malam yang pekat. Terlebih jilbabpanjang yang menutupi rambutmu, semakin memancarkan aura islam yang begitu indahterpancar dalam dirimu.

Dan tak akan ada habis-habisnya kata – kata pujian yang terlontar padamu.Matamu yang sebening embun itupun selalu kau tundukkan agar tak tampak lintasanhati.

Sungguh, Ukhti, bukan untuk memuji jika kukatakan keterusterangan ini padamu,tapi lebih untuk meyakinkanmu, bahwa engkaulah satu dari sedikit cahaya yangdiciptakan Allah untuk menerangi dunia yang penuh dusta dan kemaksiatan ini.

Tidakkah kau tersanjung, atas rasa cinta -Nya yang demikian besar padamu?!

Ukhti…,Kau tahu?! Tidak semua wanita dilimpahi -Nya dengan hidayah dan kekuatan im an

sepertimu. Allah adalah sahabat bagi mereka yang beriman. Dia membawa mereka darikegelapan menuju cahaya. (QS. Al-Baqarah : 257)

Lihatlah, Ukhti. Lihatlah di sekitar kita saja, tak perlu kau layangkan pandanguntuk melihat jauh ke Jakarta, dimana akan kau temukan artis-artis yangmempertontonkan aurat hanya untuk meraih kemegahan dunia. Ada juga wanita –wanita yang menjual diri hanya untuk selembar kesenangan sesaat. Naudzubillah mindzalik…

Sekali lagi, tak perlu melihat jauh -jauh, Ukhti. Ada beberapa gadis mudaseusiamu yang rela membuka jilbab hanya untuk mendapatkan peran kecil dalampementasan drama yang hanya ditonton oleh orang -orang sekampung.

“Barangkali sikap artis-artis itu bisa dimaklumi…” Ujar seorang teman dengannada getir.Tapi, semua itu tak pantas dimaklumi, bukan?! Tak bisa! Karena semuaitu telah melanggar batas-batas yang syar’i. Bahwa selayaknya seorang wanitamempertahankan izzah mereka.

Engkau sependapat denganku, bukan?!

Kadangkala, aku ingin marah, Ukhti. Ingin sekali aku marah, karena merekaseperti mempermainkan akidah islam yang begitu mulia.

SINGKATCERITA

Page 28: Majalah Ababil Edisi 5 Juli 2010

Majalah ababil edisi 5 Juli 2010

Dan entah kegilan apa yang rasuki jiwaku, sehingga berani menawarkan ‘virus’itu padamu. Padahal, sesungguhnya, aku bukanlah Arjuna meminta simpati.

Mungkin segala itu, karena gejolak j iwa yang menggebu, bahwa sudah fitrahcinta itu ada.

Maka, ketika surat merah jambu penuh virus itu kuserahkan padamu, berbagaiperasaan berkecamuk dalam dadaku; marah karena aku tak bisa ghadul bashar,meskipun ada juga perasaan yang tak bisa kubohongi: s esuatu yang bergerak cepatdalam dadaku. Bintik-bintik kecil yang membuat hidupku lebih bermakna.

CINTA! Ya, Cinta!

16 September 2003

Aku bukanlah orang bodoh yang buta agama. Aku aktivis! Namaku senantiasatertulis dalam proposal-proposal kegiatan dakwah, begitu jua kau!

Aku tahu batas-batas hubungan lelaki dan perempuan yang syar’i. Bahwa akutak boleh berduaan denganmu atau sekedar menyentuh tanganmu.

Aku sadar akan hal itu!

Maka, andai kau tahu, aku hanya ingin menjagamu. Sebab bagiku, engkauadalah mutiara dan aku tak ingin kau berkeping.

Karena itu, biarkan aku menjagamu dari noda dunia, karena Allah semata…

20 September 2003

Hari ini aku seperti terbang. Sepucuk suratmu seolah pupuk urea yangbangkitkan kembali kreativitasku yang telah mati.

Hanya sebaris kalimat…,

Jika kita memang bisa saling menjaga, aku rela kau jadikan bagian daridirimu. Semata karena Allah…

Sungguh! Aku seperti menjadi manusia bersayap, mengepak, terbang tinggi kegumpalan awan dan atmosfer.

Sepenggal kalimat itu, kau tahu?!, kucetak indah ditembok kamarku. Ku bacatiap malam, sebelum aku terlelap dalam tidur.

29 September 2003

Ada yang mekar dalam jiwaku. Aku tak tahu, harus bersyukur ataukahmempertebal istigfarku?!

Bersyukur karena hatimu yang telah mampu kutaklukan. Ya! Kau yang hadirdengan jubah panjang yang membuat lelaki iseng segan menggoda atau sekedarmenyiulimu dengan keisengan yang tak wajar.

Kau yang terlihat sempurna. Bahkan beberapa teman di Remas yang padaawalnya hanya memakai jilbab ‘Senin Kamis’, semakin mant ap dan istiqomahberjilbab.

Kau yang membuat mata dunia tersentak, karena kau tak peduli orang -orangyang berkata, bahwa sebenarnya kau bisa menjadi bintang sinetron dengan wajahmuyang anggun, apabila kau membuka jilbabmu..

“Allah tidak menanyakan popular itas atau harta yang dimiliki, melainkantakwa!” Ujarmu selalu. Setiap itu pula, ku simpan kekaguman dalam jiwaku.

SINGKATCERITA

Page 29: Majalah Ababil Edisi 5 Juli 2010

Majalah ababil edisi 5 Juli 2010

30 September 2003

Katakanlah aku lelaki brengsek atau gila, aku akan terima. Tapi tolong, jangankatakan aku mempermainkanmu.

Demi Allah, itu tak akan pernah kulakukan.

Engkau tahu?!

Kata-katamu yang kutulis di tembok kamarku itu, seolah menjulurkan lidahraksasa ke wajahku. Dan seolah-olah mengolok-olok kemunafikanku.

Bukan!

Bukan seperti ini yang kuinginkan, sebab bukan sehelai baju yangkutanggalkan, melainkan sehelai kulit yang kucabik dengan kedua tanganku sendiri.

Tidak! Dengarkanlah aku! Aku sadar aku khilaf. Dan ternyata aku tidak begitukuat untuk mensuplay hatiku agar tetap bisa istiqomah. Bahwa aku manusia biasa,bukan malaikat!

Aku letih. Hari-hari dakwahku makin terkubur, karena niatku yang terseok. Akutelah salah jalan dan seharusnya tak kutawarkan ‘virus’ itu padamu.

Untuk yang satu ini, aku mohon maaf, jika sekelumit virus itupun telahmenggerogoti hatimu yang bening.

Ini salah, Ukhti…

Selama ini, kita selalu berbicara panjang lebar menyuarakan pada junior kitauntuk selalu ghodul bashar. Untuk menjaga pandangannya dari apa yang takseharusnya belum syah dan halal untuk mereka lihat. Sementara kita sendiri?!

Ukhti, cobalah selami hubungan kita selama ini. Terus terang, Ukhti, akumerasa sangat berdosa padamu, lebih -lebih pada Allah. Kita berpacaran, padahalkita sepenuhnya sadar, bahwa dalam Islam tak ada istilah pacaran. Aku rasa,engkapun telah mengerti hal itu dan tak perlu k ujelaskan lagi, bukan?!

Aku malu pada Allah, Ukhti. Malu sekali…

Kuncup itu telah mekar dalam jiwaku. Tumbuh subur seperti jamur di musimhujan.

Maka, barangkali ini saat yang tepat bagi kita untuk berpisah. Untukmenenggok kembali jalan sesat yang kita ja lani.

Jangan menangis, Ukhti… sebab seharusnya kita tertawa, karena belumterlampau jauh kita tersesat. Sebab Dia sangat menyayangi kita, sehingga masihdiberinya setitik kesadaran.

Maka, tertawalah, Ukhti…

3 Oktober 2003

“Jangan pisahkan jenazah kami. Bi arkan kami seperti ini. Kuburkan kamidalam satu tempat dan biarkan kami berpelukan selamanya. Mungkin ini jalanterbaik untuk membuktikan cinta kami.” *

Kau tahu, Ukhti?!

Kata-kata itu tertulis dalam sebuah surat yang ditemukan oleh anggota PolisiDiraja Malasya, ketika menyelidiki sebuah kasus bunuh diri yang dilakukan olehsepasang remaja Malasya.

SINGKATCERITA

Page 30: Majalah Ababil Edisi 5 Juli 2010

Majalah ababil edisi 5 Juli 2010

Kedua remaja belia itu ditemukan tewas setelah keracunan gas CO 2. Merekamengunci diri dalam mobil dengan mesin dihidupkan dan mengalirkan gas dariknalpon ke dalam mobil melalui sebuah selang.

Bukankah pernah kukatakan padamu; tertawalah! Tertawalah, Ukhti. Diamemang sangat menyayangi kita. Tidakkah kau tersanjung dan ingin membalascinta-Nya yang demikian tulus?!

Percayalah, Dia-lah puncak segala cinta!

Maka, bukan untuk menyakiti hatimu, jika aku katakan; relakanlah akumenjadi Ikhwan! Sebab, sudah saatnya bagi kita untuk membersihkan hati kita daricinta semu yang penuh virus dan semoga cinta tertinggi kita hanya untuk Allah,sebab hanya ialah yang patut dicintai.

10 Oktober 2003

Kau tahu, Ukhti. Malam ini, ketika memandangi bintang – bintang yangberpendar, juga rembulan yang bulat sempurna. Ku lihat di sana ada wajahmu.Entah! Betapa sulit bagiku untuk melupakan wajahmu, barangkali sesulit melupakanroman wajahku sendiri yang telah kukenal dan setiap hari kulihat di buramnyacermin.

Aku harus jujur padamu, matia-matian kubunuh kuncup yang mekar dalam jiwaini, tapi aku tak pernah sanggup Ukhti… tak pernah bisa!

Maka, kubiarkan saja ia mekar agar kuncup nya menjadi bunga. Bukan! Bukanuntuk kutawarkan kembali padamu seperti dulu, karena aku akan menjadi orangyang sangat bodoh jika melakukan kesalahan yang sama untuk kedua kalinya.

Kita telah dewasa, Ukhti…

Maka, jika kau setuiu, ingin kutawarkan sebuah h ubungan yang insya Allahdiridhoi oleh-Nya.

Jika kau memiliki perasaan yang sama; maukah kau menikah denganku?!***

Dorowila, 21 januari 2004* Dikutip dari Annida Jumbo edisi Oktober 2003

( Untuk seorang Ukhti yang sempat mengisi sebuah bilik di hat iku : Relakan aku menjadi Ikhwan… )

SINGKATCERITA

Page 31: Majalah Ababil Edisi 5 Juli 2010

Majalah ababil edisi 5 Juli 2010

TENTANG PENULIS

Akhi Dirman Al-Amin Lahir di desa Rato Dorowila Kabupaten Bima - NTBpada tanggal 3 Oktober 1982, dari pasangan M.Amin Bakar dengan SitiSalmah.Mulai menulis sejak SD, namun mempublikasikan n askahnya barupada saat menduduki bangku SMA. Beberapa kali diundang dalam acarabudaya terutama untuk membacakan puisi – puisinya, mementaskandrama/teater, juga untuk menjadi pembicara dan juri lomba. Ia menulismulai dari puisi Tahun 2006, bersama bers ama 14 novelis muda se-AsiaTenggara bergabung dalam Mastera (Majelis sastra Asia Tenggara : Novel)sebagai wakil Indonesia.Atas dedikasinya dalam pembuatan film indie dan

kepenulisan, tahun 2007 meraih penghargaan berupa Beasiswa Unggulan dari Biroperencanaan dan kerja sama luar negeri Depdiknas Pusat.Beberapa kali mendapatpenghargaan dalam lomba kepenulisan tingkat nasional.Karya -karyanya tersebar di berbagaimedia massa Nasional dan Lokal Seperti; Majalah sastra Horison, Annida, Sabilli , Al – Izzah,Deep Smile File dan hampir di semua media lokal di NTB.

Menulis beberapa lakon Theater yang dipentaskan bersama Theater Al -Amin (RemajaMasjid Al-Amin), Sanggar Pasapu Monca, dan Sanggar SMAN 1 Madapangga, antara lain;“Aceh itu, Sunyi itu, Luka itu ”(2001), “Dongeng Kelabu Tentang Ayah” (2002), “TopengKaca”(2003), “Balada Lima Orang Muda” (2003), “Meniti Jejak Rasulullah” (2003), ”Taubat”(2003), “Jejak-jejak Darah” (2003), “Tak Ada Cinta Untuknya di Dunia” (2003), “ManusiaBatu Yang Mencari Bening Cahaya” (2004), “Wadu Ntada Rahi (Drama Kolosal Bima)”(2004), “Menggapai Hidayah” (2004), “Dukaku, Dukamu, Duka Indonesia (Do’a Buat Acehdan Sumut)” (2005), “Kami Rindu Baginda Rasul (2005) dan Surat Cinta Buat Pohon – PohonMeranggas (2006), Renungan Kermatian (2007), Ngena Ura (2007), Cermin (2007), DalamCinta, Ijinkan Kami Mengenangmu (2007), Safi’i dan Fatimah (2008). Sebagian besardisutradainya sendiri, sekaligus turut bermain.

Bukunya yang telah terbit antara lain “Negeri Air Mata” (Kumpulan cerpen, 2005), “Ketikakata Menjelma Cahaya” (Antologi puisi, 2005), “Kisah Laut, Jibril dan Presiden” (KumpulanCerpen, 2005), Dzikir – Dzikir Sunyi (Kumpulan Cerpen, 2006) Bima…, Cinta Ini Untukmu(Kumpulan Puisi, 2006), Lingi (Novel, 2006), Sebab Cinta Tak Harus Berkata (Novel, 2008),Meremas Sampah Menjadi Emas (Essay), Dzikir Batu – Batu (Kumpulan Puisi Palestina) danBicara Cinta (Kumpulan puisi, 2008). Insya Allah beberapa lainnya dalam proses penerbitan.

Saat ini, selain menulis lagu -lagu nasyid. Lagu-lagu ciptaannya terdapat dalam albumsoundtrack Lingi, Album Al-Ikhwan “Renungan (Nasyid dan Puisi) dan soundtrack drama radioWadu Ntanda Rahi, juga telah membuat 3 film indie, Lingi (2005, kerja sama FLP NTBdengan Foscoom Multimedia), Seperti Penyair (2006, Kerjasama FLP NTB dengan YayasanTaawun), Surat Cinta Berwarna Merah (Biro Perencanaan dan Kerja Sama Luar NegeriDepdiknas Pusat, 2007) dan Biarkan Sepi Menari (2010). Lakon dramanya Wadu Ntada Rahiawal 2008, disandiwara radiokan di RRI Mataram.

Kini, selain beraktifitas sebagai Ketua Forum Lingkar Pena (FLP) Wilayah NTB, PengurusMasjid Al-Amin, Pj. Dakwah Remaja Masjid Al - Amin, Pemred Majalah Cahaya (FLP NTB &Remas Al-Amin), juga adalah Pengurus BKPRMI (Badan Komunikasi Pemuda Remaja MasjidIndonesia) Kecamatan Bolo, bergabung dengan sanggar Pasapu Monca pada divisi sastra danTheater, penyiar Q-Rana RBC FM, lead vokal Tim Nasyid Al – Ikhwan, Pimpinan SanggarSMAN 1 Madapangga, Pembina Olimpiade Komputer dan tentu saja, tetap menulis!

Saat ini tinggal di Bima dengan alamat E-Mail: [email protected] , dia juga bisadikunjungi di blognya www.akhidirman.multiply.com

SINGKATCERITA

Page 32: Majalah Ababil Edisi 5 Juli 2010

Majalah ababil edisi 5 Juli 2010

Alhamdulillah, sekilas apa yang kami sebut sebagai “Sistem Dajjal “ yang berlangsung di era akhir zaman inidalam skala global telah kami sampaikan. Kita sadari,begitu para pemimpin dan politisi terpengaruh danterkendali, maka hukum negara dan struktur politik dapatberubah sesuai kahendak . Agar dapat menjalankanrencana mereka untuk membentuk sebuah pemerintahanglobal, terlebih dahulu mereka harus menaklukan massadan melenyapkan pihak oposisi yang menghalangi.Pengendalian total terhadap semua aspek kehidupan umatmanusia haruslah dijalankan dengan seksama agaragenda “ Sistem Dajjal “ ini berjalan lancar Struktur-struktur dan lembaga-lembaga Internasional, baik politik,

mau pun ekonomi, sosial, budaya, pendidikan, militer dan bidang -bidang penting lainnya hampirseluruhnya kita ketahui, tidaklah tergenggam betul di ta ngan Umat Islam. Karenanya, “ SistemDajjal “, dalam riset kami, dengan leluasa mencapai detail hingga rumah – rumah kita sendiridan kita hadapi setiap hari. “ Sistem Dajjal “ mendompleng dalam berbagai ha l yang kita lakoni,menjalar, menginfiltrasi setiap persendian kehidupan. Keberadaannya tidaklah karena partisipasisebagian golongan saja, namun diantara kita, umat Islam turut pula mengembang biakkansistem ini baik secara sadar maupun tidak.

Senjata utama “ Sistem Dajjal “ salah satunya adalah media massa, TV, radio, koran,majalah , buku, internet juga piranti lunak yang membanjiri kehidupan kita di zamanmodern, kesemuanya tak luput dari pengaruh sistem ini. Sampailah Ia berkecamuk didalam pikiran kita , perang terhadap agama telah dimulai di sana….

Mc. Luhan, penulis buku Understanding Media : The Extensive of Man, menyebutkanbahwa media massa adalah perpanjangan alat indera kita. Dengan media massa kitamemperoleh informasi tentang benda, orang atau tempat yang belum pernah kita lihatatau belum pernah kita kunjungi secara langsung. Realitas yang ditampilkan mediamassa bagaimanapun, adalah realitas yang sudah diseleksi. Media massa berperansebagai gatekeeper alias penjaga gerbang informasi. Media m assa menyaring berita,tulisan, artikel yang akan dilempar pada khalayak , memberinya bobot tertentu denganruang penempatan dalam surat kabar, pemilihan jam tayang , frekuensi pemuatan, danlain-lain. Secara teori, media massa seharusnya bersikap netral, ti dak berpihak padakelompok manapun. Namun pada kenyataannya setiap media massa baik cetak maupunelektronik telah memiliki sudut pandang tertentu terhadap suatu kejadian dan carapenyampaian informasi pada publik.

Allah SWT telah memperingatkan kita agar meneliti kebenaran suatu berita terutamajika ia datang dari orang – orang yang fasik, dalam kenyataannya banyak diantara kitamenelan mentah – mentah begitu saja apa yang disodorkan media. Bahkan, sesuatupada awalnya mungkin sulit kita terima ( sebagaimana banyak temuan yang padamulanya ditakuti dan dijauhi) karena terus menerus disosialisasikan dengan cara - caramenarik dan tepat , akhirnya lambat laun kita menjadi terbiasa dengan hal itu. Saat in iIslam perlahan - lahan fondasinya dibobol sedikit demi sedikit, aqidah diinvasi dandiinjeksi dengan berbagai hal yang menjauhkan kita dari agama.

Jika sekelompok kecil manusia penganut “ Sistem Dajjal “ dapat begitu berpengaruhterhadap laju politik dan ekonomi dunia maka tak mengherankan jika kontrol mediamassa internasional umumnya dalam kendali mereka juga.

Page 33: Majalah Ababil Edisi 5 Juli 2010

Majalah ababil edisi 5 Juli 2010

Fu`ad bin Sayyid Abdurrahman ar -Rifa’i dalam bukunya Yahudi dalam Informasi danOrganisasi, menunjukkan bagaimana kaum Yahudi memperkuat pengaruhnya lewatdominasi kantor berita, media massa, per filman, keuangan dan lembaga dunia.Dalam soal berita contohnya kantor berita terbesar dunia, Reuters, Associated Press,International News Service, atau United Press International . Selain media cetak,beberapa konglomerat Yahudi berhasil merambah dunia br oadcasting. Di jalur ini adaAmerican Broadcasting Companies ( ABC ), Columbia Broadcasting System ( CBS ),National Broadcasting Company ( NBC ), dan Cable News Network ( CNN ).

Dunia hiburan yang masih adahubungan dengan media massa jugataklepas dari aksi mereka. Sebut sajaPerusahaan film Fox Company milikWilliam Fox, Golden Company (SamuelGolden), Metro Company (Lewis Mayer),Warner & Bross Company (HarnyWarner), serta Paramount Companymilik Hod Dixon. Dua perusahaanproduksi film terbesar di dunia, MCAdan Universal Pictures, keduanyadimiliki oleh satu perusahaan, SeagramCo. Ltd. yang sekaligus juga raksasaprodusen minuman keras. Luasnyaketerlibatan orang-orang Yahudi diindustri ini membuktikan bahwa merekasangat mendominasi perfilman Ame rika

dan karena Amerika sering dijadikan tolak ukur trend, gaya hidup dan lain – lainnyamaka apa yang terkenal di sana akan terkenal juga di sebagian besar dunia. Tercatatpula beberapa media yang berada di bawah kontrol Yahudi seperti ; The New YorkTimes The Wall Street Journal, dan The Washington Post. The Times , The DailyExpress, The News Chronicle, The Daily Mail, The Observer, The Mirror, koran TheSun dan The Times Selain itu ada juga Majalah Time, Newsweek, U.S. News & WorldReport, dan masih banyak lagi.

Yang menjadi masalah adalah bahwa sebagian besar bangsa Yahudi kini menganutfaham Talmudian , banyak diantara mereka telah meninggalkan ajaran Nabi Musa ASdan menjadi penyokong besar gerakan Zionisme. Selain mereka, media massa jugabanyak dikelola orang – orang non muslim, pengaruhnya sedemkian kuat sehinggapola yang mereka anut diadaptasi oleh para pekerja di bidang ini yang muslim. Tentusaja tidak semua berita atau sajian mereka dipenuhi hal – hal bathil, namun dengankendali semapan itu mereka memiliki peluang besar menutupi kebenaran dengankepalsuan atau mencampur adukkannya. Mereka yang mengabdikan karyanya untukmenunjang “ Sistem Dajjal “ akan menempuh berbagai cara, kentara atautersembunyi, secara halus atau paksa.

Bahasan kali ini akan mengungkap sedikit demi sedikit paradigma , sudut pandangkita yang beralih dan berubah terhadap apa yang diajarkan Islam. Dengan NamaAllah Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang, mari kita simak propaganda “Sistem Dajjal “ di sekitar kita….

Page 34: Majalah Ababil Edisi 5 Juli 2010

Majalah ababil edisi 5 Juli 2010

SIHIR : SEBUAH CONTOH PERUBAHAN PANDANGAN

Dalam sebuah tulisan Wahid bin Abdissalam Baali mengenai sihir dapat kita tinjau Sihirdalam Istilah Syari’at, diantara definisinya adalah :

Fakhruddin ar-Razi mengemukakan, “ Menurut istilah Syari’at, sihir hanya khususberkenaan dengan segala sesuatu yang sebabnya tidak terlihat dan digambarkan tidakseperti hakikat yang sebenarnya, serta berlangsung melalui tipu daya.”Ibnu Qudamah al-Maqdisi mengatakan, “ Sihir adalah ikatan-ikatan, jampi-jampi,perkataan yang dilontarkan secara lisan maupun tulisan, atau melakukan sesuatu yangmempengaruhi badan, hati atau akal orang yang terkena sihir tanpa berinteraksilangsung dengannya. Sihir ini mempunyai hakikat, diantaranya ada yang bisamematikan, membuat sakit, membuat s eorang suami tidak dapat mencampuri istrinyaatau memisahkan pasangan suami istri, atau membuat salah satu pihak membencilainnya atau membuat kedua belah pihak saling mencintainya.”Ibnul Qayyim mengungkapkan, “ Sihir adalah gabungan dari berbagai pengar uh ruh-ruhjahat, serta interaksi berbagai kekuatan alam dengannya.”

Sulap meski berbeda dengan sihir adalah juga memalingkan kenyataan, meski sulapmelibatkan teknologi dan tehnik yang jauh berbeda dan ditujukan untuk hiburan. Dalamstudi resmi di barat sulap dibedakan dengan sihir ( sulap = magic, sedangkan sihir =magik ). Tulisan ini dibuat agar kita dapat lebih mencermati masalah sihir.

Sihir salah satu cirinya adalah dapat dipelajari, karenanya ia berbeda sekali denganmukjizat yang diberikan Allah SWT kepada para Nabi dan Rasul atau karamah yangsering diberitakan / ditunjukkan oleh para wali. Sihir terlarang bukan hanya kepadapara biang keladi alias tukang sihir namun juga p ada yang mempercayai,menggunakan, atau meminta bantuan kepada para ahlin ya. Tukang sihir di Indonesiaumum kita kenal sebagai dukun, baik dukun santet yang biasa menyakiti korbannyasecara fisik, dukun pelet yang biasa menanamkan rasa suka kepada seseorang , danberbagai praktek perdukunan lainnya.

Anehnya hal – hal yang terlarang ini berseliweran dengan leluasa dan prakteknyadianggap sah – sah saja. Tidak hanya berdiam di kaki bukit atau dusun terpencil , paradukun kini hadir lewat televis i dan beriklan melaluinya, bahkan turut serta jadi pemainsinetron. Mereka juga menjadi figur publik yang dikenal dan dipercayai malahdikagumi . Termasuk kepada praktek perdukunan adalah para peramal an nasib, jodohatau rezeki. Patut diingat bahwa Rasulullah SAW dalam riwayat, melakukan peramalannamun hal ini adalah apa yang dianugrahkan Allah SWT dengan tata cara yang tidaksama dengan para ahli nujum yang kita kenal dewasa ini dan anugrah kepada beliaunamun tidak dititahkan kepada umatnya untuk diikuti, tidak semua yang dilakukanRasulullah SAW harus diikuti umatnya ( sebagaimana umat Islam diperbolehkanbersyair namun Rasulullah SAW tidak ber syair, Rasulullah SAW tidak menerimasedekah namun membolehkan umatnya menerima sedekah dan lain - lain ).

Al Qur an juga menjelaskan hal ikhwal seputar sihir diantaranya

Page 35: Majalah Ababil Edisi 5 Juli 2010

Majalah ababil edisi 5 Juli 2010

“ Dan mereka mengikuti apa yang dibaca oleh syetan -syetan pada masa kerajaanSulaiman ( dan mereka mengatakan bahwa Sulaiman itu mengerjakan sihir ),padahal Sulaiman tidak kafir ( tidak mengerjakan sihir ). Mereka mengajarkan sihirkepada manusia dan apa yang diturunkan ke pada dua orang malaikat di negeriBabil yaitu Harut dan Marut, sedang keduanya tidak mengajarkan ( sesuatu )kepada seorang pun sebelum mengatakan:"Sesungguhnya kami hanya cobaan (bagimu ), sebab itu janganlah kamu kafir'. Maka mereka mempelajari dari ked uamalaikat itu apa yang dengan sihir itu mereka dapat menceraikan antara seorang (suami ) dengan istrinya. Dan mereka itu ( ahli sihir ) tidak memberi mudharatdengan sihirnya kepada seorang pun kecuali dengan izin Allah. Dan merekamempelajari sesuatu yang memberi mudharat kepadanya dan tidak memberimanfaat. Demi, sesungguhnya mereka telah meyakini bahwa barangsiapa yangmenukarkan ayat ( kitab Allah ) dengan sihir itu, tiadalah baginya keuntungan diAkhirat, dan amat jahatlah perbuatan mereka menjual d irinya dengan sihir, kalaumereka mengetahui."

( QS Al-Baqarah :102 )

Ayat tadi telah menjelaskan bahwa sihir adalah halyang mengakibatkan seseorang menjadi kafir.Namun, kini sihir menempati porsi yang cukupbanyak dalam tayangan , seperti sinetron untukanak - anak misalnya, seringkali melibatkan sihirini dan ia tidak selalu ditampilkan sebagai hal yangnegatif. Dampak tayangan mistis dan sihir, tenungdan seputarnya menurut sebuah survey dapatmengakibatkan hal hal seperti :

- Menjadikan seseorang cenderung menjadiirrasional

- Fatalistik , gampang menyerah kepada nasib

- Kegoyahan iman

- Melemahkan etos kerja

Tak pelak lagi, tokoh penyihir paling populer masa kini adalah tokoh fiktif rekaan JKRowling Harry Potter . Mulai dari novel ia merambah ke l ayar lebar, dan berbagaimerchandise yang laku keras. JK Rowling pernah menuntut ilmu di University OfExeter selama 4 tahun. Jika kita lihat mo tto universitas ini sendiri adalah LucemSequimur yang kalau diingriskan menjadi “ We Follow The Light.” ( Kami MengikutiCahaya ) Mungkin rata-rata orang akan menganggap “ light “ itu adalah ilmu tetapidalam bahasa pagan, umumnya “ light “ sering diasosiasikan dengan Lucifer/ Iblis.

Page 36: Majalah Ababil Edisi 5 Juli 2010

Majalah ababil edisi 5 Juli 2010

Universitas tersebut juga menawarkan pengajian okultisme dan Paganisme kepadamahasiswanya.

Seringkali tayangan yang memuat hal berbau sihir menunjukkan bahwa apa yang kitaingini dapat diperoleh dengan sihir, asal mengacungkan tongkat dan mantra. Mari kitasimak dan pelajari lebih sungguh – sungguh, dalam kehidupan kita tawaran jasaberbau sihir masih bertebaran dan mungkin diantara kita ada yang sempatmenggunakannya atau mempercayainya. Alasan hanya layanan hiburan memangsering ditampilkan, namun perlukah kita akan hiburan yang membalikkan sesuatuyang bathil menjadi sesuatu yang haq ?

Ramalan, jampi – jampi, penanaman benda benda mistik akan membuat orangtersugesti. Sugesti adalah pengaruh yang dapat menggerakkan hati. Sugesti ini bisamembuat orang menjadi reaktif karena terlalu percaya kepada ramalan dan akanmempengaruhi tingkah laku, sikap, dan keyakinan. Dapat pula muncul depresi karenasibuk memikirkan sesuatu yang belum terjadi sampai lupa kewajiban hari ini,Bergantung dan berharap pada selain Allah SWT sangatlah berat konsekuensinya,karena berarti menyekutukan keyakinan kepada Allah SWT dan ini adalah syirik. AllahSWT lewat utusan - utusanNya telah melawan sihir secara jelas , kita bisa simak dariAl Qur an perihal Nabi Musa AS melawan para tukang sihir Fir aun ataupun riwayatlain.

Ingatlah pesan Rasulullah SAW

" Dari Imran bin Hushain RA, ia berkata: 'Rasulullah SAW bersabda : 'Bukan termasukgolongan kami yang melakukan atau meminta tathayyur ( menentukan nasib sialberdasarkan tanda-tanda benda, burung dan lain-lain ), yang meramal atau yangmeminta diramalkan, yang menyihir atau meminta disihirkan dan barangsiapamendatangi peramal dan membenarkan apa yang ia katakan, maka sesungguhnya iatelah kafir terhadap wahyu yang diturunkan kepada Muhammad SAW "

( HR. Al-Bazzaar, dengan sanad jayyid )

Islam sendiri tidak mengenal adanya sihir putih dan hitam , sihir adalah terlaranguntuk dipraktekkan. Kami tidak menyeru anda sekalian bergegas membakar buku –buku Harry Potter dan sejenisnya, atau memburu para dukun lantas membakarmereka hidup – hidup. Pelajarilah lebih jauh dari berbagai sumber, agar terhindar daritipu dayanya dan kami mengajak anda sekalian untuk meninggalkannya . Lawanlahpropaganda ini dengan langkah yang dapat kita lakukan bersama yaitu :

Menolak menggunakan jasa layanan para dukun , peramal, dan kroni –kroninya juga menanamkan pada generasi tua, muda dan belia mengenaibahaya sihir dan ajakan menjauhinya.

“ Sistem Dajjal “ sudah melontarkan peluru – peluru untuk menembus iman kita,membocorkan dan mengurainya sampai habis tak bersisa. Sihir hanyalah salah satuyang mereka tampilkan secara positif , sedikit banyak ia akan berpengaruh jika tidakmulai kita sadari, maka aqidah harus kuat terlindung dan dipagari. Semoga Allah SWTmenguatkan kita semua…

InsyaAllah kita kan berjumpa dalam ulasan bulan de pan….SALAM PERLAWANAN !!!

Page 37: Majalah Ababil Edisi 5 Juli 2010

Majalah ababil edisi 5 Juli 2010

“ Manusia ( di dunia terbuai dalam ) tidur jika telah meninggal dunia , mereka akanterjaga “ ( Imam Ali Bin Abi Thalib RA )

“ Barangsiapa banyak omongannya, niscaya banyak kesalahannya “ ( Umar Bin KhattabRA )

“ Tidak ada aktivitas yang dikerjakan anak Adam yang lebih dapat menye lamatkandirinya dari neraka melebihi amalan dzikrullah “ ( Mu’adz Bin Jabal RA )

“ Penyakit ilmu adalah lupa “ ( Ibnu Mas ‘Ud RA )

“ Ajarilah anakmu memanah, berenang dan menungang kuda “ ( Umar Bin Khattab RA)

“ Barangsiapa tutur katanya lembut , maka harus disayangi “( Imam Ali Bin Abi ThalibRA )

“ Jika engkau berada di sore har i, jangan menunggu pagi hari , jika engkau berada di pagihari, janganlah menunggu sore hari . Beramallah saat engkau sehat sebelum datangsakitmu dan kehidupanmu untuk kematianmu “ ( Ibnu Umar RA )

“ Belajarlah dan belajarlah untuk mendapatkan sakinah ( ketananga n ) dan al hilmu (kelembutan ) rendah hatilah terhadap guru kalian “( Umar Bin Khattab RA )

“ Tidaklah engkau berbicara dengan suatu kaum de ngan objek pembicaraan yang tidaktercerna daya tagkap mereka , kecuali akan berubah menjadi fitna h bagi sebagian mereka“ ( Ibnu Mas ‘Ud RA )

“ Belajarlah sebelum memimpin “ ( Umar Bin Khattab RA )

“ Sebaik baik kebajikan adalah yang paling segera dilakukan “ ( Al Abbas Bin AbdulMuththalib RA )

“ Berdzikirlah kepada Allah karena itu adalah obat ja nganlah englau sibukmembicarakan orang karena itu adalah penyakit ” ( Umar Bin Khattab RA )

“ Seandainya rasa takut dan penghara pan seorang mukmin ditimbang niscaya akanberimbang “ ( Mutharrif Bin Syikhir )

“ Ilmu adalah gudang kekayaan dan kuncinya ialah bertanya “ ( Ibnu Syihab Az Zuhri )

“ Barangsiapa menyembunyikan rahasianya, niscaya akan menguasai dirinya “ ( ImamSyafi’I )

“ Pertolongan Allah SWT untuk hambaNya lebih baik dari pertolongannya terhadapdirinya “ ( Wuhaib Bin Al Ward )

“ Diam adalah hikmah namun hanya sedikit yang melakukannya “ ( Lukman Al Hakim )

“ Lisan yang berakhlak adalah pena kebenaran “ ( Pesan para sufi )

Sms silaturahmi

Page 38: Majalah Ababil Edisi 5 Juli 2010

Majalah ababil edisi 5 Juli 2010

Siapapun anda dan bagaimanapun caranya - jangan berhenti ber amar ma’ruf nahi munkar dan tinggikanlah selaluIslam di jiwa dan di dunia. Salam dan dukungan selalu dari Majalah ababil , syukur kami kepada Allah SWT danterima kasih kepada semua yang telah mendukung penyebaran majalah ini, http://duniadownload.com , http://ebooks-islam.blogspot.com , http://scribd.com , http://ebookhost.blogspot.com , http://pustaka-ebook.com/ ,http://www.akhirzaman.info/ , http://1khilafah.wordpress.com , http://www.perpusonline.net serta pihak pihak lain yangtidak dapat kami sebutkan satu persatu, Majalah ababil dapat didownload dihttp://www.4shared.com/file/246113248/90337ff5/Majalah_Ababil_Edisi_1_Maret_2.html ( Edisi 1 )http://www.4shared.com/document/aCIcNEdM/Majalah_Ababil_Edisi_2_April_2.html ( Edisi 2 )http://www.4shared.com/document/KFGFjuA -/Majalah_Ababil_Edisi_3_Mei_201.html ( Edisi 3 )http://www.4shared.com/document/iUPRkUeE/Majalah_Ababil_Edisi_4_Juni_20.html ( Edisi 4 )Majalah ababil bisa dihubungi di [email protected]