bulettin kir smk almas'udiyah edisi 01-januari-2013

44
KIR SMK Almas’udiyah Edisi 01•Januari 2013 I 1 Daftar Isi Daftar Isi………..……………………….. 01 Kata Pengantar……………………….. 02 Tropong Islami…………...………….. 03 A Bout SMK…………………………….. 08 Humor…………………………………….. 09 Puisi………………………………………... 10 Profil……………………………………….. 12 Opini…….………………………………... 14 Hot News………………………………... 17 Cerpen……………………………………. 21 Pondok Kita…………………………….. 29 Tips dan Trik……………………………. 31 Kotak Suara…………………………….. 33 Karikatur…………………………………. 35 TTS………………………………………….. 36 SMK dengan Wajah Baru……….. 37 Gallery SMK…………………………….. 38 Note…………………………………………42 Susunan Redaksi KIR SMK Almas’udiyah Pendiri Kepala Sekolah Sekolah Menengah Kejuruan Almas’udiyah Penasehat Moh. Abu Taszid S. Sos Ketua Redaksi Abd. Fatah Ali Chafi Sekretaris Redaksi Abul Hayat Bendahara Rahmatul Fawaiz Reporter Beni Fauroq Mimmatul Jannah Nur Jannah LayOuter Ali Muqaddas Karimatus Shalehah Editor Darso Miftahuddin Muchtar Nurul Azizah Pemasaran dan Humas Khotibul Umam Moh. Yunus Nur Aini Subali Alamat Redaksi Jl. K.H. Abd. Qahir Pramian Taman Sreseh Sampang Email : [email protected] Phone : 0818500509 082332386754

Upload: ibn-alfqir

Post on 16-Apr-2015

71 views

Category:

Documents


0 download

TRANSCRIPT

Page 1: Bulettin KIR SMK Almas'Udiyah Edisi 01-Januari-2013

KIR SMK Almas’udiyah Edisi 01•Januari 2013 I 1

Daftar Isi

Daftar Isi………..……………………….. 01

Kata Pengantar……………………….. 02

Tropong Islami…………...………….. 03

A Bout SMK…………………………….. 08

Humor…………………………………….. 09

Puisi………………………………………... 10

Profil……………………………………….. 12

Opini…….………………………………... 14

Hot News………………………………... 17

Cerpen……………………………………. 21

Pondok Kita…………………………….. 29

Tips dan Trik……………………………. 31

Kotak Suara…………………………….. 33

Karikatur…………………………………. 35

TTS………………………………………….. 36

SMK dengan Wajah Baru……….. 37

Gallery SMK…………………………….. 38

Note………………………………………… 42

Susunan Redaksi

KIR SMK Almas’udiyah

Pendiri Kepala Sekolah Sekolah Menengah

Kejuruan Almas’udiyah

Penasehat Moh. Abu Taszid S. Sos

Ketua Redaksi

Abd. Fatah Ali Chafi

Sekretaris Redaksi Abul Hayat

Bendahara

Rahmatul Fawaiz

Reporter Beni Fauroq

Mimmatul Jannah Nur Jannah

LayOuter

Ali Muqaddas Karimatus Shalehah

Editor

Darso Miftahuddin Muchtar

Nurul Azizah

Pemasaran dan Humas Khotibul Umam

Moh. Yunus Nur Aini Subali

Alamat Redaksi

Jl. K.H. Abd. Qahir Pramian Taman Sreseh Sampang

Email : [email protected]

Phone : 0818500509 082332386754

Page 2: Bulettin KIR SMK Almas'Udiyah Edisi 01-Januari-2013

2 I KIR SMK Almas’udiyah Edisi 01•Januari 2013

Kata Pengantar

Bismillahirrahmanirrahim Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Segala Puji bagi Allah, Tuhan Semesta Alam yang maha Pengasih Lagi maha penyayang. Shalawat beserta salam semoga tetap tercurahkan kepada gusti kita yakni Nabi termulia dan Nabi Terakhir Akhirus zaman, Nabi Muhammad SAW.

Alhamdulillah Kami dari tim Redaksi KIR ( Karya Ilmiah Remaja ) SMK Almas’udiyah, telah berhasil menerbitkan karya-karya para kalangan remaja dalam bentuk buletin untuk yang pertama kali, dengan bantuan dari para asatidz dan penasehat yang telah berperan aktif dalam mere-alisasikan bulletin tersebut. Kami ucapkan banyak-banyak terimaksih atas partisipasi beliau.Karena, tanpa beliau kami pasti tak dapat merealisasi-kannya. Mungkin ini tak begitu sempurna di mata publik, karna ini yang pertama kali dan dalam proses pembelajaran. Maka dari itu kami segenap tim redaksi mohon maaf sebesar-besarnya jika ada kesalahan dalam pen-yajian rubrik serta isi. Walaupun kami mungkin tak dapat merealisasi-kannya dengan baik, kami segenap tim akan berusaha dan menjadikannya lebih baik ke depan ini dengan semampu mungkin. Karna ini merupakan penghormatan dan amanat yang di berikan kepada kami serta dipercaya-kan sepenuhnya kepada kami.

Terimakasih atas bantuan yang telah diberikan oleh asatidz, penasehat tim dan kawan – kawan. Salam hangat untuk teman dan se-muanya.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

15 Januari 2013 Redaksi

Page 3: Bulettin KIR SMK Almas'Udiyah Edisi 01-Januari-2013

KIR SMK Almas’udiyah Edisi 01•Januari 2013 I 3

Jihad Jalan Kami (Definisi Jihad,

Tujuan, dan Hukumnya)

Hidup ini adalah perjuangan dan perjuanganlah yang membuat kita hidup. Jihad fi sabilillah meru-pakan puncak ajaran Islam. Se-hingga umat Islam yang melaksana-kannya akan mendapatkan kemu-liaan dan kejayaan di dunia dan surga Allah di akhirat. Sebaliknya mereka yang meninggal-kan jihad dan tidak terbersit sedikit-pun dalam hatinya untuk berjihad akan hina dan menderita di dunia serta mendapatkan siksa Allah di neraka. Jihad adalah satu-satunya jalan bagi umat Islam untuk meraih kejayaan Islam, merdeka dari penja-jahan dan meraih kembali tanah yang hilang.Ketika umat Islam lalai terhadap kewajiban, maka Allah akan menghinakan mereka. Rasu-lullah saw. bersabda,” Jika kalian telah berdagang dengan ‘Inah (sistem riba’), mengikuti ekor-ekor sapi (sibuk beternak), rela bercocok

tanam dan meninggalkan jihad, pasti Allah akan menimpakan kehi-naan

atas kalian. Allah tidak akan men-cabut kehinaan itu hingga kalian kembali ke ajaran agama kalian.” (HR Ahmad, Abu Dawud dan al-Baihaqi).

Imam Syahid Hasan al-

Banna berkata: Sesungguhnya umat

yang mengetahui bagaimana cara

membuat kematian, dan mengeta-

hui bagaimana cara meraih kema-

tian yang mulia, Allah pasti mem-

berikan kepada mereka kehidupan

mulia di dunia dan keni’matan yang

kekal di akhirat. Wahn (kelemahan)

yang menghinakan kita tidak lain

karena penyakit cinta dunia dan

takut mati. Maka persiapkanlah jiwa

kalian untuk amal yang besar, dan

Tropong Islami

Page 4: Bulettin KIR SMK Almas'Udiyah Edisi 01-Januari-2013

4 I KIR SMK Almas’udiyah Edisi 01•Januari 2013

semangatlah menjemput kematian

niscaya diberi kehidupan.Ketahuilah

bahwa kematian adalah kepastian

dan tidak datang kecuali satu

kali.Jika engkau menjadikannya di

jalan Allah, maka hal itu merupakan

keuntungan dunia dan ganjaran

akhirat.

Definisi Jihad (Pengertian Jihad)

Jihad secara bahasa berarti mengerahkan dan mencurahkan segala kemampuannya baik berupa perkataan maupun perbuatan. Dan secara istilah syari’ah berarti seo-rang muslim mengerahkan dan mencurahkan segala kemampu-annya untuk memperjuangkan dan meneggakan Islam demi mencapai ridha Allah SWT. Oleh karena itu kata-kata jihad selalu diiringi den-gan fi sabilillah untuk menunjukkan bahwa jihad yang dilakukan umat Islam harus sesuai dengan ajaran Islam agar mendapat keridhaan Al-lah SWT

Imam Syahid Hasan Al-Banna berkata, “Yang saya maksud dengan jihad adalah; suatu kewaji-ban sampai hari kiamat dan apa yang dikandung dari sabda Rasulul-lah saw.,” Siapa yang mati, sedang-kan ia tidak berjuang atau belum berniat berjuang, maka ia mati dalam keadaan jahiliyah”.

Adapun urutan yang paling bawah dari jihad adalah ingkar hati, dan yang paling tinggi perang men-gangkat senjata di jalan Allah. Di antara itu ada jihad lisan, pena, tan-gan dan berkata benar di hadapan penguasa tiran.

Dakwah tidak akan hidup kecuali dengan jihad, seberapa tinggi kedudukan dakwah dan caku-pannya yang luas, maka jihad meru-pakan jalan satu-satunya yang men-giringinya. Firman Allah,” Berjihad-lah di jalan Allah dengan sebenar-benarnya jihad” (QS Al-Hajj 78).

Dengan demikian anda se-

bagai aktifis dakwah tahu akan haki-

kat doktrin ‘ Jihad adalah Jalan

Kami.

Tujuan Jihad

Jihad fi sabilillah disyari’at-kan Allah SWT bertujuan agar syari’at Allah tegak di muka bumi dan dilaksanakan oleh manu-sia.Sehingga manusia mendapat rahmat dari ajaran Islam dan terbe-bas dari fitnah.Jihad fi sabilillah bu-kanlah tindakan balas dendam dan menzhalimi kaum yang lemah, tetapi sebaliknya untuk melindungi kaum yang lemah dan tertindas di muka bumi.Jihad juga bertujuan tidak semata-mata membunuh orang kafir dan melakukan teror terhadap mereka, karena Islam

Page 5: Bulettin KIR SMK Almas'Udiyah Edisi 01-Januari-2013

KIR SMK Almas’udiyah Edisi 01•Januari 2013 I 5

menghormati hak hidup setiap manusia.Tetapi jihad disyariatkan dalam Islam untuk menghentikan kezhaliman dan fitnah yang meng-ganggu kehidupan manusia. (QS an-Nisaa’ 74-76). Macam-Macam Jihad

Jihad fi Sabilillah untuk me-negakkan ajaran Islam ada be-berapa macam, yaitu:

1. Jihad dengan lisan, yaitu men-yampaikan, mengajarkan dan men-da’wahkan ajaran Islam kepada manusia serta menjawab tuduhan sesat yang diarahkan pada Islam. Termasuk dalam jihad dengan lisan adalah, tabligh, ta’lim, da’wah, amar ma’ruf nahi mungkar dan aktifitas politik yang bertujuan menegakkan kalimat Allah.

2. Jihad dengan harta, yaitu men-ginfakkan harta kekayaan di jalan Allah khususnya bagi perjuangan dan peperangan untuk menegakkan kalimat Allah serta menyiapkan ke-luarga mujahid yang ditinggal berji-had. Jihad dengan jiwa, yaitu memerangi orang kafir yang memerangi Islam dan umat Islam. Jihad ini biasa dise-but dengan qital (berperang di jalan Allah). Dan ungkapan jihad yang dominan disebutkan dalam al-Qur’an dan Sunnah berarti berper-ang di jalan Allah. Keutamaan Jihad dan Mati Syahid

Beberapa ayat Alquran memberikan keutamaan tentang berjihad. Di antaranya, (QS an-Nisaa’ 95-96)(QS as-Shaff 10-13).

Rasulullah SAW bersabda: Dari Abu Hurairah ra berkata, Rasu-lullah SAW ditanya: ”Amal apakah yang paling utama?” Rasul SAW menjawab: ”Beriman kepada Allah”, sahabat berkata:”Lalu apa?” Rasul SAW menjawab: “Jihad fi Sabilillah”, lalu apa?”, Rasul SAW menjawab: Haji mabrur”. (Muttafaqun ‘alaihi)Dari Anas ra, bahwa Rasulullah SAW bersabda: ”Pagi-pagi atau sore-sore keluar berjihad di jalan Allah lebih baik dari dunia seis-inya.” (Muttafaqun ‘alaihi)

Dari Anas ra bahwa nabi SAW bersabda: ”Tidak ada satupun orang yang sudah masuk surga ingin kembali ke dunia dan segala sesuatu yang ada di dunia kecuali orang yang mati syahid, ia ingin kembali ke dunia, kemudian terbunuh 10 kali karena melihat keutamaan syu-hada.” (Muttafaqun ‘alaihi)

”Bagi orang yang mati sya-hid disisi Allah mendapat tujuh ke-baikan:

1. Diampuni dosanya dari mulai tetesan darah per tama.

2. Mengetahui tempatnya di surga.

3. Dihiasi dengan perhi asan keimanan.

Page 6: Bulettin KIR SMK Almas'Udiyah Edisi 01-Januari-2013

6 I KIR SMK Almas’udiyah Edisi 01•Januari 2013

4. Dinikahkan dengan 72 istri dari bidadari.

5. Dijauhkan dari siksa kubur dan dibebaskan dari ketakutan di hari Kiamat.

6. Diletakkan pada kepalanya mahkota kewi bawaan dari Yakut yang lebih baik dari dunia seis inya.

7. Berhak memberi syafaat 70 kerabat nya.” (HR at-Tirmidzi)

Hukum Jihad Fi Sabilillah

Hukum Jihad fi sabilillah secara umum adalah Fardhu Ki-fayah, jika sebagian umat telah me-laksanakannya dengan baik dan sempurna maka sebagian yang lain. Terbebas dari kewajiban tersebut. Allah SWT berfirman:

“Tidak sepatutnya bagi orang-orang yang mu’min itu pergi semuanya (ke medan per-ang).Mengapa tidak pergi dari tiap-tiap golongan di antara mereka be-berapa orang untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang agama dan untuk memberi peringa-tan kepada kaumnya apabila mereka telah kembali kepadanya, supaya mereka itu dapat menjaga dirinya” (QS at-Taubah 122).

Jihad berubah menjadi Fardhu ‘Ain jika:

1. Muslim yang telah mukallaf sudah memasuki medan perang, maka baginya fardhu ‘ain berji-had dan tidak boleh lari. ”Hai orang-orang yang beriman,

apabila kamu bertemu dengan orang-orang yang kafir yang sedang menyerangmu, maka janganlah kamu membelakangi mereka (mundur).Barangsiapa yang mem-belakangi mereka (mundur) di waktu itu, kecuali berbelok untuk (siasat) perang atau hendak meng-gabungkan diri dengan pasukan yang lain, maka sesungguhnya orang itu kembali dengan mem-bawa kemurkaan dari Allah, dan tempatnya ialah neraka Jahan-nam.Dan amat buruklah tempat kembalinya.”(QS al-Anfal 15-16).

2. Musuh sudah datang ke wilayahnya, maka jihad menjadi fardhu ‘ain bagi seluruh pen-duduk di daerah atau wilayah tersebut . ”Hai orang-orang yang beriman,

perangilah orang-orang kafir yang di sekitar kamu itu, dan hendaklah mereka menemui kekerasan dari-padamu, dan ketahuilah, bahwa-sanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa.” (QS at-Taubah 123)

3. Jika pemimpin memerin-tahkan muslim yang mukallaf

Page 7: Bulettin KIR SMK Almas'Udiyah Edisi 01-Januari-2013

KIR SMK Almas’udiyah Edisi 01•Januari 2013 I 7

untuk berperang, maka baginya merupakan fardhu ‘ain untuk berperang. Rasulullah SAW ber-sabda: ”Tidak ada hijrah setelah futuh

Mekkah, tetapi yang ada adalah ji-had dan niat.Dan jika kamu diperin-tahkan untuk keluar berjihad maka keluarlah (berjihad).” (HR Bukhari) Kata-Kata Jihad

Khubaib bin Adi ra. berkata ketika disiksa oleh musuhnya, “Aku tidak peduli, asalkan aku terbunuh dalam keadaan Islam. Dimana saja aku dibunuh, aku akan kembali kepada Allah. Kuserahkan kepada Allah kapan saja Ia berkehendak. Setiap potongan tubuhku akan diberkatinya”.

Al-Khansa ra.berpesan kepada 4 anaknya mengantarkan mereka untuk jihad, “Wahai anak-anakku !Kalian tidak pernah berkhi-anat pada ayah kalian. Demi Allah, kalian berasal dari satu keturunan. Kalianlah orang yang ada dalam hatiku. Jika kalian menuju ke medan perang, jadilah kalian pahlawan. Berperanglah !Jangan kembali.Aku membesarkan kalian untuk hari ini”.

Abdullah bin Mubarak ber-kata pada saudaranya Fudail bin Iyadh yang sedang asyik ibadah di tahan suci,” Wahai ahli ibadah di dua tahan Haram, jika engkau meli-hat kami, niscaya engkau akan tahu

bahwa engkau hanya bermain-main dalam ibadah. Barangsiapa mem-basahi pipinya dengan air mata.Maka, leher kami basah den-gan darah”.

Demikianlah jihad adalah

satu-satunya jalan menuju kemu-

liaan di dunia dan di akhirat. Am-

punan Allah, surga Adn, Pertolon-

gan dan Kemenangan. Wallahu

a’lam bishawaab.

Page 8: Bulettin KIR SMK Almas'Udiyah Edisi 01-Januari-2013

8 I KIR SMK Almas’udiyah Edisi 01•Januari 2013

7 KEWAJIBAN SISWA DALAM KBM 1. Siswa sungguh- sungguh mengi-

kuti pelajaran 2. Siswa menyimak keterangan guru 3. Siswa bertanya pada saat yang

tepat 4. Siswa berani berpendapat 5. Siswa berkonsentrasi pada pokok

bahasan 6. Siswa berkeinginan menguasai

materi 7. Siswa berakhlak yang baik dan

berbicara yang sopan Disampaikan oleh: Dr.H.Moh kasim,SH,MM.{Pengawas dinas pendidikan kabupaten sampang}Dalam acara workshop yang dilaksanakan oleh SMK AL-MAS’UDIYAH Pada tgl 29 maret 2012. HARI PENUH SASTRA

Demi membangun jiwa sas-tra para pendidik SMK ALMAS’UDI-YAH dan sekitarnya.SMK almas’udi-yah mendatangkan sastrawan ter-baik diasean yang sudah tak asing lagi bagi kita yang sudah menjadi suri tauladan.Dialah”DZAWAWI IM-RAN”yang telah sudi hadir dalam acara pembrian buku laporan tang-gal 12 january 2012,dan dengan penuh semangat beliau memberi-kan pembelajaran bagaimana men-

jadi sastrawan terbaik,dengan kega-gahan jiwa,beliau melantunkan sa-jak-sajak puisi yang sangat meng-gugah jiwa. Ibu adalah puisi beliauyang menjadi medan magnet sastra, se-bab melalui ibu dan karya lainnya beliau tahun 2010/2011 di nobat-kan sebagai sastrawan terbaik se asia tenggara.

A Bout SMK

Page 9: Bulettin KIR SMK Almas'Udiyah Edisi 01-Januari-2013

KIR SMK Almas’udiyah Edisi 01•Januari 2013 I 9

Anak Pak Ustadz Disuatu hari ada anak pak ustad yang sedang maen judi dan waktu itu ada anak yang namanya ipul.

Dilain hari ipul bertemu dengan pak ustadz dan dia berbin-cang – bincang : Ipul : pak ustadz, tadi

saya melihat anak anda maen judi ……………

Pak ustadz : astaghfirullahal adzim

Ipul : tapi anak pak us-tadz manang lho pak……….

Pak ustadz :alhamdulillahirabbil alamin, mandher menang pole le’.kan nyaman engko’ soghi…..Wes gellu le’ engko’ ghi’ ka masjid.eh le’.ghi’ aduwe.eh male mennang pole…..

Ipul : aggho pak us-

tadz…………….Mon

ustadz jeman setiah

la bedhe.eh beih.

Superman Suatu hari baidi dan ayahnya non-ton film bersama……….. Baidi : ayah kenapa superman

bisa terbang……………..? Ayah :kalo’ Cuman bisa

nyupir,namanya supir-man…………

Baidi : 0….Terus dibajunya ke-napa ada huruf “S” yah………

Ayah : karna kalau pake’ “L” kege-dean, apalagi ukuran xl ……….

Baidi : 00……… jadi begitu

ceritanya ea

yah…………………….

Humor

Page 10: Bulettin KIR SMK Almas'Udiyah Edisi 01-Januari-2013

10 I KIR SMK Almas’udiyah Edisi 01•Januari 2013

Semangat Sahabat

Oleh Fitria

Sahabat,,,,,

Jangan bersedih karena sesuatau

yang tidak bisa kita dapatkan

Jangan menangis karena hal yang

tak pantas untuk ditangisi

Janganlah menyerah karena suatu

kegagalan

karena semua itu hanyalah ujian

kehidupan yang Allah berikan untuk

kita

Sahabat……..

Air matamu begitu berarti untuk

mereka yang senantiasa men-

yayangimu

Senyuman yang akan menguatkan

mereka dikala kesedihan mengham-

piri

Canda dan tawamu yang mereka

tunggu untuk meraih sebuah ke-

ceriaan

dan ketulusan hatimulah yang

mereka butuhkan

Sahabat , percayalah Allah selalu

ada dihati kita semua

Sahabat, yakinlah akan adanya hik-

mah kebaikan dibalik kehidupan ini

Sahabat , jadilah manusia yang

tegar dalammenjalani hidup

Sahabat, Ayolah bangkit untuk men-

jalani hidup yang lebih bermanfaat

Sahabat saling menyayangi dan

mengasihilah karena Allah,

sebab Allah akan selalu menjaga

langkah demi langkah di kehidupan

kita,,,,,,,,

Semangat akan selalu ada untuk

sahabat yang tak pernah menyerah

dengan suatu kegagalan,,,,,,,,,,,,,,,,,

Semangat Pemuda Oleh Ahmad Zerri Kuketuk pintu,biarkan jemari datang memandang keawan lepas dengan menantikan hujan yang terus mengguyur tak ada satupun yang tahu gore-sanmu Hentakan kakimu melangka pelan bagaikan jarum jam yang terus ber-putar datang dari negeri yang hilang Bergerak maju menghapus awan hitam melukis arah pelangi di cakrawali Ranting boleh rapu kayu boleh patah tapi semangatmu bagaikan kobaran api yang tak pernah padam

Puisi

Page 11: Bulettin KIR SMK Almas'Udiyah Edisi 01-Januari-2013

KIR SMK Almas’udiyah Edisi 01•Januari 2013 I 11

Semangat Air Mata Puisi Herutrian Kau yang disisiku Tanpa ucapkan sepatah kata Saat sedih, saat gembira Senyumanmu selalu di sampingku Dari tanganku, untuk hatimu Bila aku menoleh kau s’lalu ada Dari tanganku, untuk hatimu Suara tawa, air mata, semua men-jadi semangatku Peluh pun t’rus menetes Sampai lupa ku usap Tak kusadari warna langit dan musim berganti Berlalu begitu saja. Seuntai Kata Untuk Ibu Oleh hamir Betapa lama kesibukanmu dalam

mendidikku

Betapa besar kelelahanmu dalam

menjagaku

Betapa engkau rela menderita demi

kelegaan bagiku

Ibu....

Cinta kasihmu begitu kuat kau taut

Melengkapi hiasan sutra hidupku

Pengertian agung selalu mengalir

untukku

Membuatku tenang, tegar, bahagia

Kau tegakkan benteng sukmaku

Ibu...

kau tercipta begitu indah dalam

hidupku

Kesabaran dan ketulusan muliamu

meyakinkan ku

Tak seorangpun yang sempurna

Dalam menepih pengorbanan dan

perjuangan

Selain dirimu....

Senyumanmu yang tulus nan lem-

but

Tatapanmu yang sayu

Menjadi doa nan indah untukku

Kaulah ibuku

Yang selalu ku kenang

Akan cinta kasihmu, ibu...

Trimakasihku padamu

Doaku selalu menyertaimu

Dimanapun keberadaanmu

Ibuku tercinta....

Page 12: Bulettin KIR SMK Almas'Udiyah Edisi 01-Januari-2013

12 I KIR SMK Almas’udiyah Edisi 01•Januari 2013

MUKHLIS MAJDI S.Ag Bapak mukhlis majdi S,Ag lahir pada tanggal 16 juni 1970,beliau adalah keturunan dari Persia (Iraq-Iran) yang bernama mbah asyik . beliau seorang saudagar yang mer-antau ke daerah aceh dan menikahi seorang perempuan benama syari-fah.

Bapak mukhlis majdi pertama kali mengeyam pendidikan di SDN 1 Pengarengan , lulus tahun 1982 dan beliau melanjutkan pendidikannya di SLTP Jember tepatnya di MTs pondok pesantren lalang , namun tak bertahan lama, setelah naik ke kelas 2 MTs beliau pindah ke Madura, dengan bekal tekat yang kuat beliau pulang sendirian. 14 ta-

hun bermodalkan bungkus gudang garam surya yang di dalamnya ter-tulis “MUKHLIS MAJDI TUJUAN PEN-GARENGAN SAMPANG” dengan izin Allah beliau sampai ke tempat tu-juan dengan selamat . Pada awal tahun 1984 tepat-nya pada hari jum’at 20 dulhijah beliau menjadi salah satu santri ponpes “RAUDLATUL ULUM ARRAH-MANIYAH”. Pada saat itu beliau ma-sih sekolah SP (Sekolah Persiapan) yang saat ini di kenal dengan LATAS (Lajnah Tarbiyah Asasiyah), setelah lulus dari latas beliau melanjutkan di MTS Al Mas’udiyah. Ditengah per-juangannya tepatnya pada tahun 1986 ayahnya yang sangat di sayangi telah menghembuskan nafas terakhirnya. Pada tahun 1987 bapak Mukhlis Majdi ini lulus MTs yang pada saat itu kepala sekolah-nya bapak Moh. Bakri S. Sag. Dari tahun 1989-1991 beliau sekolah di Madrasah Aliyah Al Mas’udiyah yang pada saat itu kepala sekolah-nya adalah KH. CHALID EL BUSHAIRIY (Alm). Masa pengabdian beliau pada saat tahun 1992 beliau menjabat sebagai wali kelas 1B MI Al Mas’udi-yah, setelah beliau punya pengala-man mengajar satu tahu beliau langsung mendapat kepercayaan sebagai kepala MI Al Mas’uiyah se-lama satu tahun, lalu beliau melan-jutkan studynya di IAIN (Institut

Profil

Page 13: Bulettin KIR SMK Almas'Udiyah Edisi 01-Januari-2013

KIR SMK Almas’udiyah Edisi 01•Januari 2013 I 13

Agama Islam) SUNAN AMPEL Sura-baya selama empat tahun tepatnya pada tahun (1995-1999). Setelah beliau melanjutkan studi di IAIN SUNAN AMPEL Sura-baya, beliau kembali lagi ke Bumi Tasawwuf kebetulan pada saat itu beliau telah di percayai untuk men-jadi guru di MA Al Mas’udiyah se-lama satu tahun tepatnya pada ta-hun 1999. Pada tahun 2000-2004 beliau di lantik sebagai Kepala seko-lah MI Al Mas’udiyah, setelah beliau menjabat menjadi kepala sekolah MI ALMAS’UDIYAH beliau menjadi guru MA Al Mas’uadiyah selama satu tahun dan setelah satu tahun lamanya beliau menjadi guru MA Al Mas’udiyah beliau menjadi kepala sekolah lagi di MA ALMAS’UDIYAH selama empat tahun tepatnya pada tahun (2006-2010). Pada saat beliau menjadi kepala MA Al Mas’udiyah, beliau saat itu menjadi kepala BAU (Badan Administrasi Umum ) di STIRUA te-patnya pada tahun 2009 hingga saat ini. Pada tahun 2011 setelah beliau menjabat sebagai kepala MA Al-Mas’udiyah beliau di percayai seba-gai kepala sekolah SMK Al Mas’udi-yah hingga saat ini. Dalam penu-turannya sekaligus menjadi penutup perbincangan dengan Crew SMK Al Mas’udiyah, mengharap, di SMK Al Mas’udiyah bias sukses dalam pen-gabdiannya selamaa berada si Al-

ma’had Raudlatul ‘Ulum Arrahmani-yah.

Page 14: Bulettin KIR SMK Almas'Udiyah Edisi 01-Januari-2013

14 I KIR SMK Almas’udiyah Edisi 01•Januari 2013

SAATNYA IPNU-IPPNU DIKOREKSI Oleh : Moh.Abu Tazid, S.Sos

Terdapat dalam buku lama karya Hisrich R.D yang menyatakan bahwa organisasi merupakan sistem kebersatuan, kebersamaan antara keinginan dengan tindakan sehingga organisasi butuh tim pengarah, tim pelaksana, tim penanggung jawab serta yang terpenting adalah tim pengontrol, tujuan komponen tersebut dibangun agar memberi-kan senergisitas dan proporsionali-tas antar komponen sehingga dapat bekerja sama dengan teratur, kon-sisten serta bergerak pada ikon-ikon tertentu sesuai dengan tupoksi (tugas pokok dan fungsinya). Me-mandang teori tersebut penulis ber-maksud mengkorelasikan dengan organisasi Intra-sekolah di Lembaga Umum Al-Ma’had RUA yakni IPNU dan IPPNU, mengapa demikian?, ada hal yang tampaknya perlu dikaji kembali keberadaan dan posisinya sebagai front-stage instrument pengkaderan atau regenerasi pela-jar berwatak santri berjiwa Ke-NU-an. IPNU-IPPNU di Al-Ma’had RUA sendiri lahir sekitar tahun 2000/2001 dari gagasan Alm. K.H.Chalid El-Bushairy yang diamini oleh Bapak Abd.Kadir Fais, S.Pd yang menginginkan SMP Almas’udi-yah menjadi pelopor perubahan

Media berorganisasi di Bumi Al-Ma’had RUA. Akan tetapi, pada saat itu Osis yang diketuai Neng Millatul Islamiyah menolak inisiasi tersebut, sebab berdasarkan hasil kajian pen-gurus OSIS SMPA, IPNU-IPPNU tidak universal sebagai Organisasi Intra Sekolah. akhirnya ISLAH dari kedua kubu menyepakati adanya Jajak Pendapat dari semua siswa SMPA dan lebih dari 60 Persen dependent-voter menginginkan IPNU-IPPNU menjadi organisasi intra sekolah menggantikan OSIS. Setahun kemudian, langkah perubahan ini akhirnya diikuti MTs. Almas’udiyah dan MA Almas’udiyah yang juga akhirnya menerima IPNU-IPPNU sebagai replika pengkaderan generasi Al-Ma’had RUA yang berada di lembaga umum. Euforia IPNU-IPPNU terus terasa sebab IPNU-IPPNU seakan menjadi pri-madona baru ditengah semangat membangun jati diri, empat kompo-nen yang dijelaskan Hisrich serasa berjalan bak Panzer yang siap me-mandu generasi RUA menuju ger-bong cita-cita kaum Nahdliyin. Lem-baga sebagai tim pengarah sekaligus penanggung Jawab membentuk Pembina dari Asatidz sebagai terobosan mengawal IPNU-IPPNU sebagai Marking Power Lembaga, Siswa/I semangat menjadi pengurus anggota serta berusaha keras berd-edikasi terhadap organisasi dan

Opini

Page 15: Bulettin KIR SMK Almas'Udiyah Edisi 01-Januari-2013

KIR SMK Almas’udiyah Edisi 01•Januari 2013 I 15

lembaga, yang tak kalah penting pihak Yayasan dan Pengurus Al-Ma’had strong mengontrol perkem-bangan IPNU-IPPNU serta mendu-kung dari segi materil apalagi moril. Deru-sedan embrio IPNU-IPPNU di Bumi RUA semakin memuncak seiring diperhitung-kannya kekuatan PK.IPNU-IPPNU Almas’udiyah oleh PC.IPNU-IPPNU Kab. Sampang sebagai media re-gerasi pelajar berbasis pesantren. Banyak Kader IPNU-IPPNU yang mampu memosisikan diri sejajar dengan generasi muda di kabupaten Sampang melalui Lokomotif IPNU-IPPNU, tercatat ada beberapa nama Alumni IPNU-IPPNU Al-Mas’udiyah sejak tahun pengkaderan 2001 (Pengurus, anggota, Pembina) men-jadi pengurus IPNU-IPPNU cabang, diantaranya, Ali Ridlo Shofa, Mu-hammad Rokib, M.Kholil, Abu Yazid Al- Busthomi, Juwaini, Neng Nuris Syarifah dan lain-lain. Akan tetapi, saat ini arti Dua belas tahun IPNU-IPPNU berada di Al-Ma’had RUA perlu dikoreksi ke-beradaannya, tak jarang ada yang mengatakan IPNU-IPPNU meng-ganggu aktifitas pendidikan, pada-hal Menurut Muhibbin Syah (2002:10-14) Pendidikan tidak iden-tik dengan Sekolah, Sekolah hanya satu media dari 1 juta triliyun cara transformasi keilmuan. IPNU-IPPNU kurang representasi sebagai per-

panjangan tangan Lembaga, Hal yang paling penting IPNU-IPPNU menjadi tempat pemborosan keun-gan lembaga dengan segudang kegiatan yang masih autonom (kurang mandiri). Masalah IPNU-IPPNU semakin kompleks dan kronis dengan sistem pengawalan lembaga yang masiv bahkan cenderung anti-pasti melalui peran Pembina yang tidak optimal. Melihat beberapa realita

tersebut mungkin saatnya diu-

murnya yang ke-12 ini IPNU-IPPNU

di Al-Mas’udiyah perlu dikoreksi,

bahkan jika perlu dibekukan karena

belakangan ini menunjukkan grafik

penurunan yang drastis dari segi

kreatifitas dan inovasi melalui

terobosan-terobosan yang orisinil.

Raport IPNU-IPPNU juga perlu diko-

reksi Lembaga secara khusus, me-

lalui beberapa kata kunci (Key

Word), 1. Seberapa besar manfaat

IPNU-IPPNU di Lembaga, 2. Su-

dahkah IPNU-IPPNU menelurkan

generasi yang inovatif, 3. Terobosan

apa yang pernah dilakukan IPNU-

IPPNU, 4. Kontelasi keilmuan apa

yang pernah ditanamkan dalam

Mind-Set anggota, ini dari sisi pelak-

sana IPNU-IPPNU. Sekarang bagai-

mana dari pihak penyelenggara

(Lembaga), kata kuncinya adalah, 1.

Page 16: Bulettin KIR SMK Almas'Udiyah Edisi 01-Januari-2013

16 I KIR SMK Almas’udiyah Edisi 01•Januari 2013

Sudahkah lembaga memberikan ruang yang cukup untuk IPNU-IPPNU berkreatifitas, 2. Sudahkah Lembaga memberikan anggaran yang cukup pada kegiatan IPNU-IPPNU, 3. Sudahkah lembaga mem-berikan pembinaan secara intensif terhadap IPNU-IPPNU dan 4. Su-dahkah lembaga mengontrol den-gan aktif segala program IPNU-IPPNU. tampaknya beberapa dasar diatas sama-sama kurang terpenuhi dan tidak proporsional dengan teori berorganisasi pada umumnya. Sekali lagi, Jika realitanya demikian, untuk kondusifitas siklus dan irama pembelajaran di Al-Ma’had RUA, saatnya IPNU-IPPNU dikoreksi den-gan nilai “D” atau raport merah, sehingga penulis menyarankan IPNU-IPPNU saatnya dibekukan. Wassa-lam

Page 17: Bulettin KIR SMK Almas'Udiyah Edisi 01-Januari-2013

KIR SMK Almas’udiyah Edisi 01•Januari 2013 I 17

Hot News

Palestina Kelabui Mata-mata Israel Dua orang pemuda mengibarkan bendera Palestina saat berunjuk rasa mengutuk serangan

Israel terhadap warga sipil Gaza di luar gedung Konsulat Israel di San Francisco, California,

Kamis (15/11). (Reuters/Stephen Lam)

Tidak tersisanya lagi target serangan militer rezim Israel di Gaza memaksa mereka mengerahkan tim spionase untuk menentukan target baru, akan tetapi gerakan perla-wanan Palestina menyuplai Shabak dengan informasi-informasi salah, dan berhasil mengelabui mereka.

Kantor berita al-Majed, se-bagaimana dikutip Fars News mela-porkan, "Rezim Israel di tahun-tahun pasca perang tidak mampu meng-update database target serangannya di Gaza. Namun, mereka juga mengklaim memiliki database terkait informasi akurat

letak landasan peluncuran roket dan gudang persenjataan serta mar-kas pemimpin gerakan perla-wanan Palestina."

Pada saat yang sama, salah seorang aparat keamanan Gaza, Abu Ibrahim mengaku pernah di-minta oleh agen rahasia Israel, Sha-bak, dan sejumlah mata-matanya untuk mengidentifikasi letak lan-dasan peluncuran roket serta gu-dang-gudang senjata brigade-brigade perlawanan Palestina

. Dari salah satu percakapan seorang tentara Israel denganmata-matanya yang berhasil direkam

Page 18: Bulettin KIR SMK Almas'Udiyah Edisi 01-Januari-2013

18 I KIR SMK Almas’udiyah Edisi 01•Januari 2013

gerakan perlawanan Palestina, diketahui bahwa Shabak tidak mampu mengidentifikasi dengan akurat sasaran mereka di Gaza se-hingga dapat menghantamnya. Tentara Israel itu meminta mata-matanya untuk mulai ber-gerak di sekitar lokasi peluncuran-roket gerakan perlawanan Palesti-nadan mengidentifikasi tempat-tempat itu dengan tepat sehingga dapat dijadikan sasaran rudal-rudalnya.

Abu Ibrahim mengatakan

bahwagerakan Shabak di Gaza tidak

sederhana, pasalnya mata-mata

mereka yang berhasil ditangkap pe-

juang Palestina terhitung banyak.

Militer Israel Lancarkan 1500 Lebih

Serangan Udara ke Gaza [ 25/11/2012 - 11:31 ]

Nazaret – PIP: Militer Zionis

Israel mengumumkan bahwa Angka-tan Udara Zionis telah melancarkan lebih dari 1500 serangan udara ke Jalur Gaza sejak dimulai agresi yang mereka sebut “Pilar Awan” pada Rabu (14/11) lalu.

Jurubicara militer Zionis Israel kepada kantor berita Prancis mengatakan, “Sejak Rabu (14/110 Angkatan Udara telah melancarkan lebih dari 1500 serangan udara hingga Selasa (20/11) malam Rabu (21/11) tengah malam dan men-genai 1400 target di Jalur Gaza.”

Jurubicara militer Israel menambahkan, “Dari Jalur Gaza ditembakkan ke wilayah kami sejak dimulai opeasi militer sekitar 1466 roket dan jatuh di Israel sekitar 908 roket, sekitar 421 roket berhasil dihalau oleh sistem pertahanan anti misil Israel ‘Iron Dome’ (Kubah Besi).”

Dia melanjutkan, beberapa roket jatuh di laut dan tidak ditemu-kan.Dia menegaskan bahwa pada hari Rabu, ditembakkan ke arah Is-rael sebanyak 92 roket dan jatuh di Israel sekitar 42 roket.sebanyak 20 roket berhasil dihalau oleh sistem anti misil Israel Iron Dome.

Mengenai mobilisasi pasu-

kan, jurubicara militer Israelini men-

yatakan bahwa sebanyak 56 ribu

tentaran cadangan telah dikerahkan

untuk memperkuat fron selatan di

Page 19: Bulettin KIR SMK Almas'Udiyah Edisi 01-Januari-2013

KIR SMK Almas’udiyah Edisi 01•Januari 2013 I 19

perbatasan Jalur Gaza dari total 75

ribu tentara yang telah disetujui

dewan kabinet Israel untuk

dikerahkan. Demikian seperti dikuti

surat kabar Israel Ha’aretz edisi 23

November 2012. (asw)

Israel Berupaya Musnahkan Pen-

inggalan Islam di al Quds

[ 25/11/2012 - 11:11 ]

Alquds – PIP: Yayasan al Aqsha yang menangani masalah wakaf dan peninggalan islam di Pal-estina mengungkapkan adanya ren-cana zionis Israel untuk memus-nahkan “peninggalan Islam” di jalan Elwad di Kota Tua al Quds.

Dalam pernyataannya, Ahad (25/11), Yayasan al Aqsha menun-jukkan kekhawatirannya bahwa Is-rael sedang berusaha memus-nahkan penianggalan Islam di jalan Elwad di Kota Tua al Quds, yang menghubungkan ke masjid al Aqsha. Yayasan al Aqsha menyoroti adanya peningkatan pembongkaran batu di jalan terebut dan perluasan penggalian di sana, di bawah proyek

yang disebut Israel sebagai “renovasi dan pengembangan infra-struktur”.

Sejumlah penduduk Kota Tua di al Quds membenarkan bahwa salah satu tujuan dari proyek ini adalah memperkuat infrastruktur di jalan tersebut sebagai mukadi-mah untuk memperdalam proses penggalian di sepanjang bawah jalan Elwad, mulai dari daerah al Barak di sisi barat masjid al Aqsha hingga daerah Babul Amud.

Yayasan al Aqsha menjelas-kan bahwa masalah ini berkaitan dengan batu bersejarah Islam yang dibongkar oleh penjajah Zionis Is-rael dan dipindahkan ke gudang otoritas arkeologi Zionis untuk ke-mudian dimanfaatkan dalam proyek-proyek yahudisasi.

Dalam konteks terkait, Yayasan al Aqsha mengingatkan adanya biat penjajah Zionis Israel melaksanakan proyek yahudisasi di sekitar masjid al Aqsha dalam waktu dekat, di antaranya adalah proyek meyahudikan situs-situs dan jalan-jalan di sekitar masjid al Aqsha dan penggunaan nama-nama Yahudi sebagai ganti nama-nama asli Arab, serta rencana perluasan dan pendir-ian taman arkeologi seluas 22 hek-tar di atas tanah Palestina dekat pintu barat masjid al Aqsha di sisi barat daya masjid, di samping ren-cana perluasan pembangunan per-

Page 20: Bulettin KIR SMK Almas'Udiyah Edisi 01-Januari-2013

20 I KIR SMK Almas’udiyah Edisi 01•Januari 2013

mukiman di daerah Rasul Amud yang menghadap masjid al Aqsha. Sejak lebih dari dua pekan penjajah

Zionis Israel sudah mulai melakukan

proses penggalian, pembuldoseran

dan pembongkaran batu di jalan

Elwad yang merupakan salah satu

jalan utama yang menghubungkan

antara Babul Amud – salah satu ger-

bang penting al Quds Lama – den-

gan daerah al Barak, sisi barat mas-

jid al Aqsha. Dari jalan ini bercabang

sejumlah lorong yang menghubung-

kan ke pintu-pintu masjid al Aqsha

dari sisi barat. (asw)

2020 Kawasan Gaza Tidak Layak

Huni

28 Aug 2012

Kawasan Gaza tidak lagi layak dihuni pada 2020 nanti, kec-uali diambil langkah drastis untuk memperbaiki pasokan air, listrik, kesehatan, dan pendidi-kan.Demikian kesimpulan laporan PBB atas kondisi kawasan Palestina tersebut yang diumumkan.

“Saat ini kondisinya sudah sulit, apalagi pada 2020 nanti.Harus diambil langkah-langkah segera agar Gaza tetap bisa ditempati,” kata Maxwell Gaylard, koordinator ban-tuan kemanusiaan PBB.

“Harus ada tindakan untuk meningkatkan kebutuhan pokok, seperti air bersih, listrik, pendidikan, kesehatan, dan beberapa aspek lain,” tambah Gaylard.

Warga yang tinggal di kawa-san Gaza mencapai 1,6 juta jiwa dan diperkirakan akan bertambah 500.000 dalam delapan tahun ke depan, 51 persen di antaranya beru-sia di bawah 18 tahun. Perekonomian tak bergerak

Dalam lima tahun terakhir Gaza mengalami blokade Israel. Gaza dikuasai Hamas, kelompok Palestina yang menolak perjanjian damai permanen dengan Israel, se-jak 2007.

Hamas dan Israel terlibat perang selama tiga pekan pada Januari 2009 dan Israel sejauh ini menolak desakan internasional un-tuk mencabut blokade terhadap Gaza.

Kawasan ini tidak memiliki bandar udara maupun pelabuhan laut dan sering terlibat kontak sen-jata dengan militer Israel.

Laporan PBB menyebutkan,

blokade Israel membuat perekono-

mian Gaza nyaris tak bergerak.

Page 21: Bulettin KIR SMK Almas'Udiyah Edisi 01-Januari-2013

KIR SMK Almas’udiyah Edisi 01•Januari 2013 I 21

SETAN GAUL

Siang itu di sekolah pada jam istirahat.

“woy!!” teriak sasa yang sengaja mengagetkan teman-temannya yang sedang asik men-yantap makanan mereka masing-masing.Hingga membuat Dodi, Pu-tra dan Nadiatersendak.

“sasaaaaa!kapan sih gak buat kita-kita kaget melulu? Untung gak ada yang punya penyakit jan-tung!Kalau ada gimana coba? Bisa mati di tempat tuhh sa!” cerocos Nadia tak henti. “mati?kuburin terus yasinin deeh,rempong sih lu Nad,haha peace Dodi,peace Putradan peace Nadiaa,orang ganteng dan orang cantik gak boleh marah!hahaha”

ujar sasa yang tak ada habisnya meledek teman-temannya itu.

“udah deh nad,lo ngasi tau sasa, sama kaya ngomong sama patung tau gak!” bentak Dodi ke-mudian.

“cieee Dodi ngambeek, oke fine gak gua ajak lo ke tempat foto-grafi yang paling kereeen!” rayu sasa dan sontak membuat dodi lu-luh

“eh jangan!gua gak ngam-bek kok sa!ajak ya sa, ajak ya sa,sasa baik, cantik deeh!” maklum lah bila dodi begitu fanatic apabila mendengar fotografi atau sekedar tempat fotografi, karena sejak kecil dia memang telah menyukai dunia fotografi.

“haha, luluh juga kan lo!iya-iya santai bro,pasti gua ajak!”

“nah itu baru bestprend gua!” ujar dodi dengan bangganya kemudian melanjutkan menikmati semangkok mieayam yang telah di pesannya. Putra serta Nadia hanya bisa menggelengkan kepala men-yaksikan aksi kocak kedua sahabat mereka itu.

Cerpen

Page 22: Bulettin KIR SMK Almas'Udiyah Edisi 01-Januari-2013

22 I KIR SMK Almas’udiyah Edisi 01•Januari 2013

“lo mau tau dod dimana tempatnya?” ujar sasa. “dimana?dimana?kasi tau doong!biar gua bisa kesana sendiri tanpa lo!”

“dimana-dimana-dimana?” dengan rasa tanpa bersalah sasa berdendang menyanyikan lagu yang lagi hits ayu ting-ting. “suara lo fales udah gak usah pake nyanyi segala!” ledek Dodi

“sialan loooo, tempaaatnya ituu di kuburaan, ntar kan lo bisa foto-foto sodara lo sendiri dis-ana,haha, kabuuuuuur!” dengan lincahnya sasa keluar dari tempat duduknya dan segera lari menghin-dari amukan Dodi.sedangkan Putra dan Nadia hanya tertawa geli, se-dangkan Dodi memperlihatkan wa-jah devilnya :D *kereeen.

Dengan tergesa-gesa sasa berlari menaiki anak tangga yang jumlahnya begitu banyak, maklum ruang kelas sasa memang berada di lantai dua. Lima menit yang lalu bel telah berbunyi pertanda untuk ma-suk dan berganti jam pelajaran, karna kelamaannya sasa di kantin hingga membuat dia terlambat dan harus segera cepet sebelum guru maple datang.

Sasa menarik nafas berat saat sampai depan ruang kelas X

IPA2, ya itu adalah kelas sasa!dengan perlahan sasa menyentuh dan memegang gagang pintu kelas lalu mendorongnya perlahan.Sontak membuat para siswa dan siswi yang sedang melangsungkan KBM itu terkejut dan serempak mereka menoleh ke arah sasa.Hingga mem-buat sasa malu dan tak sengaja memperlihatkan pipinya yang merah itu.

“sasa lagi!sasa lagi!kamu,kamu…”

“lagunya coboy junior ya pak judulnya kamu atau lagunya killingmeinside pak judulnya juga kamu,ternyata bapak pecinta lagu pop juga ya,haha” cerocos sasa yang memotong pembicaraan pak Budi tentang dirinya.

“tidak!saya tidak suka lagu pop,tapi metal dan korea!” ujar pak Budi membenarkan omongan sasa.

“Widihh bapak keren sum-paah,baru kali ini loh pak saya lihat ada bapak-bapak tua suka korea lagi.Kereeen pak!” mendengar ce-lotehan sasa. Semua siswa dan siswi tanpa kecuali pun tertawa terbahak-bahak,begitu juga sasa yang tersenyum nyengir di hadapan pak Budi yang terlihat sangat marah. “sasaaaaaa!kamu saya hukum

Page 23: Bulettin KIR SMK Almas'Udiyah Edisi 01-Januari-2013

KIR SMK Almas’udiyah Edisi 01•Januari 2013 I 23

membersihkan kamar mandi sampai soree!!Saya lihat tidak bersih,kamu tidak saya perbolehkan pulang!!Sekarang keluar dari jam saya!!” semua siswa dan siswi menutup telinganya erat-erat ketika pak Budi berteriak dan cengo saat sasa den-gan santainya berkata “oke pak!beres bisa di atur” sedangkan pak Budi hanya menggelangkan kepala.

Dengan langkah malas sasa memberatkan niatnya untuk jalan ke kamar mandi.Dalam benaknya daripada cape-cape bersihin kamar mandi mending nongkrong di kan-tin. Namun sasa berfikir untuk kedua kalinya kalau dia nongkrong di kantin dan pak Budi tau, huku-mannya pasti akan di tambah dua kali lipat dan sasa tidak ingin hal itu terjadi. Segera ia membuang jauh-jauh angan– angannya itu.

“eh ada santi sama sinta di kamar mandi?ngapain lo berdua?hayoo satu kamar mandi lagi?jangan-jangan lo berduaa ihh!” le-dek sasa pada santi dan sinta.

“ihh endak. Kita ndak ngapa-ngapain kok sa,ndak boleh ber-fikiran negative ah,kata mbok ku di kampong ndak baik loh!” ujar sinta dengan logat jawanya yang masih dan amat kental.

“haha,wong jowo wong jowo!eh lo berdua tadi ngomongin apa?gua denger kuntilanak pocong gitu!di datengin baru tau rasa lo hayoo” ujar sasa sembari menakut-nakutin kedua gadis polo situ.

“kan di facebok lagi heboh hantu punya facebook sa,memangnya kamu ndak tau?ih serem sa!” ujar santi sembari me-megang lengan kembarannya, sinta dengan erat.

“Alah lo berdua mau aja di kadalin sama orang.Itu fb pasti ada yang buat.Masa iya si kunti punya fb.Kereen gilaa dong ini dunia.haha”

“ihh kamu ndak percaya sa?ntar kalau hantunya ada di samping kamu gimana sa?” Tanya santi den-gan polosnya.

“iya gua minta’in tuh nick-name facebooknya,username twit-ternya,sama kalau ada pin bbnya da gua invite.Hahaha. Udah lo berdua pergi sana!”

“loh memangnya kamu dis-ini amu ngapain sa?”

“kepo benget sih lu cumi kembar!zzzz pergi pergi!” ucap sasa sembari mendorong santi dan sinta keluar dari kamar mandi. “huhhh..”

Page 24: Bulettin KIR SMK Almas'Udiyah Edisi 01-Januari-2013

24 I KIR SMK Almas’udiyah Edisi 01•Januari 2013

desis kedua anak kembar itu.

“Haha,dasar anak polos mau aja giitu di tipu sama hal begi-tuan!buat gua mah gak ngaruh woy!haha” sesaat setelah kata-kata itu terlontar,tiba-tiba pintu kamar mandi tertutup.Padahal tidak ada angin saat itu. Lampu kamar mandi pun menjadi terang redup terang redup,begitu seterusnya.kejadian itu membuat sasa sedikit merinding. “woy siapa aja yang di luar dan sen-gaja ngunciin gua!kalo ketemu gua cekek lu pada!” teriak sasa,namun tetap tidak ada sahutan dari yang di luar. Tiba-tiba keran dari kamar-mandi 2 menyala.Saat sasa melihat-nya tidak ada siapa-siapa di dalam-nya.Saat sasa hendak berkaca tanpa dia sadari.Kaca itu memperlihatkan sosok perempuan berambut pan-jang yang tepat menutupi seluruh wajahnya serta mengenakan baju putih.Sesaat perempuan itu menampakkan wajahnya dan sasa pun lari terbirit-birit untuk keluar dari kamar mandi.

“bener deeh dod, put, nad gua liat sendiri kuntilanak itu di kamar mandi!sumpah wajahnya serem banget kaya wajahnya Dodi.haha peace.Ihh gilaa.Terus ya waktu di kamar mandi juga gua ketemu cumi kembar si sinta sama santi.Gua ngobrol tentang setan

sebelumnya. Makanya kali ya itu setan datang!Siaaaaal” cerocos sasa yang membuat ketiga temannya itu tertegun.

“bentar deh bentar sa!lo bilang tadi lo ngobrol sama santi sama sinta?lo ga salah liat apa?atau lo emang uda gila?” ucap Putra sembari melihat sasa begitu dalam.

“sialan lo!gua masih waras lah put!”

“lo ga inget apa?si sinta sama santi kan uda deact!Mereka meninggal karna kecelakaan tepat seminggu yang lalu!” sambung Dodi.

“astaganaga.Iya gua baru ke inget kalo sinta sama santi uda meninggal!terus yang ngobrol sama gua tadi di kamarmandi siapa dong!astaga merinding lagi nih gua!” ke-luh sasa.

“lo sih aneh-aneh sa.Apa aja emang yang lo omongin tentang kuntilanak itu?” tanya nadia pena-saran.

“Elah gua tuh cuma ngeyel gak adanya setan-setan begitu do-ang!terus kemarin sinta sama santi bilang katanya setan sekarang tuh pada gaul punya fb, twitter, bbm, ya gua ledekin sekalian.Mau aja ditipu

Page 25: Bulettin KIR SMK Almas'Udiyah Edisi 01-Januari-2013

KIR SMK Almas’udiyah Edisi 01•Januari 2013 I 25

begituan!” cerocos sasa yang tak ada hentinya.

“Ucapan lo tuh sa yang ha-rusnya di jaga!kemarin juga gitu kan lo sama pak Budi yang ngebuat lo harus di hukum!makanya kalau ngo-mong itu di jaga jangan asal keluar dari mulut dan endingnya elo juga kan yang nyesel” ujar nadia yang lelah melihat tingkah sahabatnya satu itu.

“yaelah kata siapa gua nyesel nad?malahan gua penasaran sama kuntilanak yang kemarin itu?gua punya rencana buat nemuin kuntilanakitu lagi dan yang pasti ngajak kalian bertiga!gak ada ko-mentar dan kalian harus mau!titik!” ujar sasa dengan niatnya yang menggebu-gebu dan dengan ter-paksa dodi, putraserta nadia men-gangguk dengan permintaan saha-batnya itu.

Malam itu dan tepat den-gan malam jum’at kliwon.Menurut pepatah orang jaman dulu jum’at kliwon adalah dimana setan-setan akan berkeliaran.Tepat sekitar pukul 21.30 sasa, dodi, putra, maupun nadia melaksanakan misi mereka kemarin saat diskusi di salah satu café.Malam itu suasana sekolah benar-benar sepi tak berpen-ghuni.Tidak ada satu lampu dari

sudut manapun yang bersinar.Yang ada hanya sinar bintang.Perlahan sembari mengambil gerak gerik yang tepat, mereka bertiga berjalan mendekati gerbang sekolah yang masih di gembok itu.Dengan sigap putra mengeluarkan setangkai ka-wat untuk membuka gembok terse-but.

“Put lo uda siap-siap tern-yata?atau lo kebiasaan ma-ling.Haha” ledek dodi ketika putra mencoba membuka gembok itu.

“sialan lo!emang uda gua siapin ini dari rumah.Udah gua duga.Lo bertiga gak akan bawa per-siapan yang matang!” perjelas pu-tra.

“Astaga putra.Kita kesini buat ngungkapin setan.Bkan buat tamasya.Jadi lo bawa tas ransel is-inya apa’an?” tanya sasa penasaran dengan mengangkat alis kanannya tajam.

“ada kawat nih, paku, palu, bawang, minuman, makanan!”

“Putra lo kata kita mau camping apa?” bentak nadia ke-mudian. “ini semua buat penangkal kuntilanak dodol semuaa lo pada!” bentak putra kemudian. “udah-udah jangan rebut!biarin da pada

Page 26: Bulettin KIR SMK Almas'Udiyah Edisi 01-Januari-2013

26 I KIR SMK Almas’udiyah Edisi 01•Januari 2013

pendirian putra sendiri.Barangkali dia bener.Noh gerbang uda ke-buka.Ayo kita ngejalanin misi kita.Buat nadia lo coba cari ke ruang kelas XIPS1-3. Dodi lo cari ke taman belakang. Lo put cari ke ruang UKS terus ruang guru.Nah gua tetap ke kamar mandi.Tempat dimana gua ngeliat itu setan.Lu pada hati-hati yeh!” dengan sigapnya mereka ber-empat berlari menuju tempat yang telah di tentukan. Begitu juga den-gan dodi yang harus menyelidiki dan mencari di taman belakang sekolah. Memang taman itu sekarang tak berpenghuni malahan di buat untuk gudang bangku/meja yang sudah rusak/tak terpakai.

“Kenapa harus gua sih yang dapet bagian di taman belakang?ini sih bukan taman lagi.Tapi gu-dang.Bihh debu, kotor, uda pasti. Ini setan nongkrong di tempat begin-ian..Fiuhh” keluh dodi ketika dia sampai di tempat tujuannya.

“ehh mba kunti, mas po-cong, dek tuyul martuyul nongol kenapa?biar tugas gua cepet selesai terus pulang terus ngebo da gua. Keluar woy keluar!”teriak dodi sem-bari menyalakan handycamenya dan terus memutar badannya di sekitar taman.

Perlahan camera dodi mem-

perlihatkan sosok putih tepat berada di bawah pohon cam-era.Dodi mencoba mengejar bayan-gan itu.Namun setiap dodi mengejar bayangan tersebut selalu hilang. Dan tanpa di duga bayangan terse-but tepat beradadi depan muka dodi sekitar 8cm dan sempat mem-buat dodi hampir pingsan.Dengan tenaga yang ada dodi berlari dan terus berlari menjauhi pocong tersebut.

Begitu juga dengan cerita putra.”Eh kunti keluar lu. Gua udah bawa bawang dan gua gak akan ta-kut ngeliat lo. Keluar lo! Lo jangan pernah ganggu hidup gua sama te-men-temen gua lagi ngerti!” saat putra hendak mengambil bawang dari tas ranselnya dan ketika dia hendak berdiri.Dari bawah dia lihat seseorang berbaju putih mengayang di udara.Saat putra melihat ke arah atas ternyata sosok itu adalah kunti-lanak. Putra lari dengan cepatnya hingga ia lupa telah meninggalkan tas ranselnya.

Dan pada akhirnya mereka berempat bertemu di mana tempat sasa melaksanakan aksinya.Dodi, putra dan nadia tampak lelah.Nafas mereka pun tampak tak menentu. Namun sasa masih berdiam diri te-pat di depan kamar mandi.

Page 27: Bulettin KIR SMK Almas'Udiyah Edisi 01-Januari-2013

KIR SMK Almas’udiyah Edisi 01•Januari 2013 I 27

“kalian bertiga?”ujar sasa. “sa?lo belum ngelakuin apa-apa?sedangkan kita udah ngos-ngosan gini!ga sportive banget lu sa!tau gini gua ogah bantuin lo!” omel dodi ketika melihat sasa hanya berdiam diri.

“Diem deh lo dod!lo gak tau kan apa yang daritadi gua lakuin disini!kalian bertiga denger hal yang aneh gak dari kamar mandi?coba dengerin deeeh!” suruh sasa.Dengan hati-hati putra, dodi, nadia mendekatkan telinga mereka ke ambang pintu kamarmandi.

“Gua denger lagu Jessie yang price tag” ujar putra kemudian “gua denger lagu yang biasanya buat shuffle dance.Mirip banget”. “iya gua juga sa” ujar nadia dan dodi.

“Tuh kan.Apa yang gua denger berarti emang gak salah?yang ada di pikiran kalian jangan-jangan sama lagi yang ada di pikiran gua..jangan-jangaan..” ujar sasa dengan keringat dingin. “buka sa.Buka pintunya.Disini cuma lo yang berani!”. “iyaiya gua buka” perlahan tangan sasa telah menyen-tuh gagang pintu dan dengan sangat hati-hati sasa membuka pintu kamar mandi itu daaannn yang ada dalam kamarmandi itu benar-benar

membuat dodi, sasa, nadia dan pu-tra cengo dan terkejut. Ada kunti-lanak lagi shuffle dance.Ada juga pocong yang shuffle dance dan joget ala boyband-boyband jaman sekarang dan gak mau kalah si tuyul juga joget ala cherrybelleamaz-ing.Hal ini membuat sasa yang pal-ing keras ambisinya terdiam dan termenung.

“heh kalian kalo mau ikutan dance dan seru-seruan bareng kita ketok pintu kenapa?bikin kaget aja!” bentak si kunti kemudian yang menghentikan dancenya.

“ma..maa..maaf mbak kunti..kit..kita gak..gakmau cari gara-gara kok. Dam..damai mbak!” ujar sasa terbata-bata dengan cengiran kuda khasnya itu.

“eh kalian bertiga tadi ke-napa kabur woy?kita gak nakutin kalian kok.Justru kita mau kasih tau kalian nickname facebook, user-name twittersama pin bb kita-kita.Ya gak cong?” cerocos kunti-lanak tersebut.Si pocong hanya mangguk-mangguk sembari loncat-loncat pertanda jawaban iya.

“ka..ka kalian punya fb, twitter, dan bb?” ujar nadia ter-bengnganga.

Page 28: Bulettin KIR SMK Almas'Udiyah Edisi 01-Januari-2013

28 I KIR SMK Almas’udiyah Edisi 01•Januari 2013

“Woy kita ini KSG woy.Kumpulan Setan Gaul. Jan-gankan fb, twiiter, bb, android, iphone, dan ipad kita juga punya mamen!nih fb gua : “MbaAgKuntiLcelaLowcieenthaPocongg4ever” nih twitter gua “@kuntiL_pocoNg4ever” nih pin bb gua. Jangan lupa di invite yee “KVNT154Y4NGP0C0NG” “iy iy iyaa ntar di invite deh ya. Ntar di follow deh ya.

Guys kayaknya kita haruss kab..kaburrrrrrr” ujar sasa sembari menggeret ketiga sahabtnya untuk kabur dari tempat yang menurutnya tak wajar itu.

“Lah cemen banget malah

kabur. Woy follow gua yaa. Ayo

cong lanjut shuffle dancenya!” ujar

si kuntilanak itu sembari menya-

lakan kembali mp3 2ne1 – I’m the

best :D dan mereka semua pun den-

gan asiknya dance dan joget-joget

ala korea.

Page 29: Bulettin KIR SMK Almas'Udiyah Edisi 01-Januari-2013

KIR SMK Almas’udiyah Edisi 01•Januari 2013 I 29

Latar Belakang

Penyelenggaraan kesehatan mempunyai tujuan untuk mencapai kemampuan hidup sehat bagi setiap manusia. Adanya kemampuan hidup sehat merupakan syarat utama bagi tercapainya derajat kesehatan yang optimal, yang selanjutnya mengha-silkan sumber daya manusia yang berkualitas.

Anak usia sekolah yang

mencakup kelompok 7 tahun sam-pai dengan 20 tahun merupakan kelompok rawan khususnya berada dalam masa pertumbuhan. Inten-sitas pembinaan menuju terben-tuknya perilaku hidup se-hat.Pembinaan kesehatan tersebut perlu dilaksanakan di pondok pesantren RUA.

Pertumbuhan dan perkem-

bangan santri RUA itu salah satunya di pengaruhi oleh penyajian makanan sehat .penyajian makanan sehat perlu diperhatikan dengan baik agar santri tidak mengalami gangguan pertumbuhan dan perkembangan.Namun, di pondok pesantren RUA masih belum mem-perhatikan makanan sehat untuk para santri.

Hal tersebut dapat dilihat di kantin RUA.Kantin RUA kurangnya

menjual makanan sehat. Contoh-nya; nasi nya sering ada “kapang”nya (Bahasa Madura), dan lauk pauknya yang digunakan kurang menjamin kesehatan san-tri.sehingga banyak para santri yang mengeluh dengan keadaan kantin yang seperti ini. Realita tersebut perlu adanya tindakan dari pihak pondok pesantren RUA( pengurus RUA dan penjaga Kantin RUA ) salah satunya mengfungsikan petugas kantin dalam menyajikan makanan yang sehat dengan hal tersebut per-tumbuhan dan perkembangan san-tri tidak terabaikan.

Berdasarkan hal diatas pe-maparan tentang peran petugas kantin, makanan sehat dan petum-buhan dan perkembangan santri. Pemaparan tersebut dimaksudkan untuk mengetahui pentingny pen-jualan makanan sehat di kantin RUA yang mengetahui pertumbuhan dan perkembangan para santri RUA.

Pengertian Makanan Sehat

Makanan sehat adalah makanan yang memenuhi syarat kesehatan dan jika di konsumsi ti-dak menimbulkan penyakit. Seperti nasi yang kurang baik jangan dikon-sumsi karena banyak mengandung penyakit dan tidak ber-gizi.Sedangkan makanan bergizi

Pondok Kita

Page 30: Bulettin KIR SMK Almas'Udiyah Edisi 01-Januari-2013

30 I KIR SMK Almas’udiyah Edisi 01•Januari 2013

adalah makanan yang mengandung zat-zat yang diperlukan oleh tubuh dalam jumlah memadai.

Selain itu makanan sehat dapat diartikan makanan yang ber-agam, bergizi dan berimbang serta di konsumsi.Makanan bergizi tidak harus berupa makanan yang ber-harga, mahal dan lezat. Tetapi yang terpenting adalah zat-zat yang ter-kadung didalamnya .

Fungsi Makanan Bagi Tubuh

Fungsi makanan bukan hanya sekedar untuk menghilang-kan rasa lapar, tetapi lebih utama adalah untuk mendapatkan tenaga, mendapatkan zat-zat pembangun bagi sel-sel tubuh manusia dan khususnya dikalangan santri RUA yang memiliki aktivitas fisik yang cukup padat . Hal ini dikarenakan jika santri tidak menjaga pola makanan sehat, santri akan ter-ganggu dan penyakit sangatlah mu-dah menyerang tubuh santri RUA .

Kesimpulan

Berdasarkan pemaparan di atas dapat disimpulkan sebagai berikut ;

1. Peran petugas kantin dalam menyajikan makanan sehat.

2. Makanan sehat adalah makanan yang beragam, bergizi, berimbang serta aman bila dikonsumsi .

3. Fungsi makanan bukan hanya untuk menghilangkan rasa lapar , tetapilebih utama adalah untuk mendapatkan tenaga. mendapat-kan zat-zat pembangun bagi sel-sel tubuh .

SARAN

Setelah mengetahui pentingnya makanan sehat untuk memacu pertumbuhan dan perkem-bangan santri RUA, Kami sebagai santri RUA memberikan saran seba-gai berikut:

1. Melarang santri memakan makanan yang kurang menjamin kesehatan bagi santri.

2. Petugas kantin RUA yang mem-produksi makanan yang sebelum-nyua kurang baik segera diper-baiki.

3. Pengurus pondok pesantren dalam bidang kesehatan dan ke-bersihan harus berperan aktif dalam mendukung program kanti RUA dalam penyajian makanan sehat.

Page 31: Bulettin KIR SMK Almas'Udiyah Edisi 01-Januari-2013

KIR SMK Almas’udiyah Edisi 01•Januari 2013 I 31

TRICK INTERNET GRATIS XL SUPER

Xensasi CDMA October 23 2012

Hallo semuanya..... dimana pun berada, bagaimana kabarnya hari ini sob? Hari ini saya menghadirkan satu trik terbaru yaitu trik internet gratis xl di paket Super Xensasi CDMA. Trik ini saya dapat awalnya dikarenakan trik combo gila tidak suport download di opera mini 4.2, dan akhirnya saya pun bertekad pindah paket dari Combo gila ke paket super xensasi cdma, dan langsung mengecek titik kelemahan xl sehingga sampai akhirnya saya pun bisa berinternet gratis sepuasnya, browsing, download, dan upload, super

maknyus.... OK sob tanpa perlu panjang

lebar ceritanya, langsung sajapada tahap-tahap trik internet gratisnya:

1. Sobat pindah paket nelpon terle-bih dahulu ke paket SUPERXensasi CDMA

2. Setting Hp : Standar XL 3. Setting Handler Opera mini han-

dler 4.2 ( Tapi Opera Mini Han-dlernya Download Sendiri Yah. Bisa temen cari melelui google.Yang penting fersinya betul): Proxy type : Host Proxy Server : 0.facebook.comyang lain standart saja tidak perlu di ubah

inilah trick internet gratis xl

super maknyus untuk brownsing, download, upload dan lain-lain tanpa malak, trick ini masih belum beredar, dan bagi sobat yang ingin share ke teman-teman silahkan di share. Sumber: http://barlians.pun.bz

Demikian dulu trik internet

gratis xldari Kami, silahkan

digunakan dan dishare buat teman-

teman lainnya dan semoga berman-

faat.

Tips dan Trik

Page 32: Bulettin KIR SMK Almas'Udiyah Edisi 01-Januari-2013

32 I KIR SMK Almas’udiyah Edisi 01•Januari 2013

Trick Internet Gratis Via Pc/Laptop |

Trik Internet Gratis Xl October182012

Hallo semuanya.... Saha-

batku yang baik hati dan bijaksana...

Bagaimana kabarnya sob? Tentu

dalam keadaan sehat sehat saja ya?

Kali ini saya akan share trick inter-

net gratis xl via pc/laptop/notebook

siapa tahu saja di antara sahabatku

yang baik hati dan bijaksana punya

PC/Laptop atau Notebook bisa

menggunakan cara ini untuk ber-

internet secara gratis tentu saja

tanpa paket dan tanpa batas.

Berikut langkah-langkahnya sob:

Setting Modem :

APN : www.xlgprs.net

Dial up dan yang lainnya biarkan

standar saja

Setting Mozila Firefox :

PROXY : 69.195.138.144 Port : 80

Caranya, masuk tools => options =>

advanced => network => setting

pilih manual proxy configuration,

masukan proxy dan port di atas,

centang Use this proxy server for all

protocols.

Cara browsing, url pertama yang

harus dikunjungi http://123.xl.co.id

kemudian masukan alamat url situs

favorit sobat pada kotak yang sudah

disediakan tanpa http://www. Con-

toh: http://www.facebook.com ma-

sukan : facebook.com

OK, demikian dulu trick internet

gratis xl dari saya, mudah mudahan

dapat bermanfaat buat semuanya

dan bagi sobat yang ingin share trick

ini, silahkan saja, asalkan sertakan

link sumbernya : http://

barlians.pun.bz

Catatan :

Sewaktu waktu Trik Ini Pasti akan di

ketahui (Celah Pembobolannya) oleh

pihak yang bersangkutan. Maka dari

itu jika tidak terealisasi /sukses wala-

lau sudah betul atas aturan setin-

gannya, maka kemungkinan besar

telah di ketahui dan trik ini sepe-

nuhnya tidak bisa sigunakan lagi.

Page 33: Bulettin KIR SMK Almas'Udiyah Edisi 01-Januari-2013

KIR SMK Almas’udiyah Edisi 01•Januari 2013 I 33

Assalamualaikum……. Bener gak sih SMK ngeluarin

trobosan terbaru sebuah bulle-

tin?????.....Saya harap kakak KIR

slalu konsisten dalam penerbi-

tannya

SEMANGKA” semangat kakak”

BY: Alexsist

Waalaikum salam…….

Alhamdulillah benar…….saya mohon

partisipasinya ya..Doa dan dukun-

gan kalian adalah sumber semangat

bagi kami

Om Suastiasto……..

Piye kabare kakak KIR???.....Ae mo

nanya ne …..Boleh gak kita ngirim

karya karya kita gitu???......

BY:JONIEZ “H2H”

Om Santi Santi……

Alhamdulillah apik apik kabeh .. Bo-

leh dong,bukankah KIR di adakan

untuk menampung hasil imajinasi

kalian , jadi jangan berhenti

berkarya oke

Assalamualaikum……

Aku mau nanya Cuma agak menyim-

pang….

Menurut kakak kakak KIR yang di

prioritaskan dalam tulisan seperti

puisi ataupun lainnya itu apa???...

BY:THANK OUR

Waalaikum Salam……

Menurut kami yang di prioritaskan

dalam sebuah tulisan itu karakter

dan penjiwaan yang ada di dalam-

nya, makanya jika menulis jangan

asal, gunakan perasaan dan letak-

kan dirimu dalam tulisan yang kamu

buat agar tulisanmu terasa hidup.

Assalamualaikum….

Hai kakak2 KIR…….. pha kabar nich?

pasti baik donk……….Saya Cuma

mau mengusulkan , ge mana kalau

majalah kirnya dikasih zodiac…….Itu

sich Cuma usulan,kalau kakak2 ke-

beratan tidak apa-apa kok…….

By: Aku

Kotak Suara

Page 34: Bulettin KIR SMK Almas'Udiyah Edisi 01-Januari-2013

34 I KIR SMK Almas’udiyah Edisi 01•Januari 2013

Waalaikum Salam……

Alhamdulillah kami baik – baik saja

kok.Terimakasih atas usulannya,

Insya Allah akan kami bicarakan

terdahulu dalam agenda rapat KIR.

Assalamualaikum….

Selamat siang kak…. Karna saya nu-

lisnya siang jadi saya ngucapin itu.

Saya mau kasih usulan nich buat-

crew KIR……….Gemana kalau salah

satu rubriknya mangandung pembe-

lajaran……..?

yang pastinya sesuai dengan jurusan

kita……….

Terimakasih………..

By:putry celurit

Waalaikum Salam……

Siang……..

Ea …… dalam edisi bulan ini sudah

ada, insya allah setiap terbitnya

kami pastikan akan tetap

ada…….Terimakasih atas usu-

lannya………

Pengumuman Bagi para temen-temen yang mau mensertakan karya-karyanya dalam karya ilmiah remaja atau mau mem-beri krirtik dan saran silahkan hubungi kami di, Email: [email protected] atau bisa melalui Kotak Suara Yang telah Kami sediakan. Catatan: Karya boleh berupa file atau tulis tangan. Redaksi

Page 35: Bulettin KIR SMK Almas'Udiyah Edisi 01-Januari-2013

KIR SMK Almas’udiyah Edisi 01•Januari 2013 I 35

Karikatur

Page 36: Bulettin KIR SMK Almas'Udiyah Edisi 01-Januari-2013

36 I KIR SMK Almas’udiyah Edisi 01•Januari 2013

Mendatar 1. Jam besar di tengah kota London.

3.Negri yang pernah menjadi pato-

kan peradaban masa lalu yang kini

hilang. 5. Orang yang tinggal di

daerah kutub. 6. Alat pembayaran

yang sah. 8. Perpaduan. 10. Negara

yang tidak pernah dijajah. 12. Tem-

pat tinggal. 14. Ikan kecil yang hidup

berkelompok. 15. Tanda tangan.

16.Nama lain Uni Soviet (sekarang).

18. Berdusta. 20. Tempat tidur.

Menurun 1.Tukar menukar. 2. Upacara kema-

tian di daerah bali. 4. Negara

terkecil di Dunia. 7. Pekerjaan yang

berhubungan dengan mesin. 9. He-

wan pemakan daging (sebutan ). 11.

Selesai. 13. Pulau yang terkenal

akan pantainya yang indah nan ek-

sotis. 17. Umur. 19. Masa depan

(Bhs. Inggris).

TTS

Bagi yang bisa menjawab dengan benar akan mendapatkan kenang-kenangan dari Crew KIR SMK Al Mas’udiyah. Kirimkan ke Redaksi atau melalui kotak suara yang dis-ediakan dengan menyertakan identitas lengkap atau Foto Copy KTS yang berlaku. Selambat-lambatnya 3 hari setelah penerbi-tan dan penentuan pemenang dilakukan dengan cara di undi.

Page 37: Bulettin KIR SMK Almas'Udiyah Edisi 01-Januari-2013

KIR SMK Almas’udiyah Edisi 01•Januari 2013 I 37

Moh. Ansori Ketua Mapan

(Mjajalah Papan) SMK Almas’udiyah Angkatan Pertama

(2012-2013)

Abd. Fatah Ali Chafi Ketua KIR

(Karya Ilmiah Remaja) SMK Almas’udiyah Angkatan Pertama

(2012-2013)

Misyati Ketua IPPNU

(Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama’) SMK Almas’udiyah Angkatan Kedua

(2012-2013)

Luluk Mukarromah Ketua PMR

(Palang Merah Remaja) SMK Almas’udiyah Angkatan Pertama

(2012-2013)

Mujiburridwan Ketua IPNU

(Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama’) SMK Almas’udiyah Angkatan Kedua

(2012-2013)

SMK Dengan Wajah Baru

Page 38: Bulettin KIR SMK Almas'Udiyah Edisi 01-Januari-2013

38 I KIR SMK Almas’udiyah Edisi 01•Januari 2013

= Galeri SMK Al Mas’udiyah =

Kunjungan Dinas Pendidikan Kab. Sampang (Bapak Abi Kusno dan TIM

Penyatuan Visi antara Lembaga den-gan Komite Sekolah (HM. Muktafa Mukyan Hasbullah, SP., M. Si

Partisipasi MA Al Mas’udiyah dan SMK Al Ma’udiyah dalam Olimpiade MMJ (Madura Mencari Juara)

Pose Bersama siswa/I SMK Al Ma’udi-yah dalam Olimpiade MMJ (Madura Mencari Juara)

D. Zawawi Imron di SMK Al Mas’udiyah dalam acara Festival Budaya dan Pa-rade Puisi.

D. Zawawi Imron bersama Pengasuh (KH. Abdul Mu’in Mu’thi) dan Pengu-rus Iqbal RUA.

Page 39: Bulettin KIR SMK Almas'Udiyah Edisi 01-Januari-2013

KIR SMK Almas’udiyah Edisi 01•Januari 2013 I 39

Diklat praktik merakit SMK Al Mas’udiyah, siswa tampak sibuk merakit PC untuk aplikasi keilmuan dibidang Kejuruan.

Diklat praktik merakit SMK Al Mas’udiyah dibimbing oleh Ust. Fah-rur Rozi, A.Md, Muchlas Sholihin, A.Md dan Sanosi Ali Ghafi, S.Kom.

Siswa SMK Al Mas’udiyah tampak khid-mat mengikuti jalannya acara MAKE-STA 2011-2012.

Siswi SMK Al Mas’udiyah tampak khidmat mengikuti jalannya acara MAKESTA 2011-2012.

Workshop pengarahan KBM oleh Dr. Kasim, M.Pd., MH (Pengawas Kab. Sampang).

Pengarahan dari pihak YAPENMAS oleh Bapak Saiful Bahri, SH., LLM dalam Workshop KBM.

Page 40: Bulettin KIR SMK Almas'Udiyah Edisi 01-Januari-2013

40 I KIR SMK Almas’udiyah Edisi 01•Januari 2013

Apresiasi pihak SMK Al Mas’udi-yah kepada Bapak Halwani, BA terhadap pengabdiannya di dunia pendidikan khususnya di RUA.

Start KIRAP ADIPURA dari Desa Labang ke Kantor kecamatan Sreseh.

Pose bersama siswa SMK Al Mas’udiyah dengan Polisi dalam acara KIRAP ADIPURA yang dilak-sanakan oleh Bupati Sampang

Pembacaan TATIB dalam Rapat Ang-gota IPNU-IPPNU oleh PC. IPNU-IPPNU Kab. Bampang.

Penyematan Jasket secara simbolistik kepada pengurus harian IPNU-IPPNU dan Personil Kelas dalam HARDIKNAS.

Page 41: Bulettin KIR SMK Almas'Udiyah Edisi 01-Januari-2013

KIR SMK Almas’udiyah Edisi 01•Januari 2013 I 41

Pose bersama siswa/I SMK Al Mas’udi-yah dengan Teller Bank Jatim Sampang dalam pembuatan Rekening BKM.

Kunjungan SMK Al Mas’udiyah di SMKN 2 Sampang bersama pengurus OSIS.

Pengkondisian MAKESTA PK.IPNU Ter-padu 2012-2013.

Pelantikan dan sumpah jabatan PK.IPPNU dalam acara MAKESTA Ter-padu Ke-XI.

KIR SMK Almas’udiyah

mengucapkan

Selamat Tahun Baru

2013 M Semoga di tahun ini menjadi lebih baik dari yang sbelumnya

amin ya rabbal ‘alamin

Page 42: Bulettin KIR SMK Almas'Udiyah Edisi 01-Januari-2013

42 I KIR SMK Almas’udiyah Edisi 01•Januari 2013

Note

………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………….

…………………………………………………………………………………….....

.....................................................................................................................................

.....................................................................................................................................

.....................................................................................................................................

.....................................................................................................................................

.....................................................................................................................................

………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………….

…………………………………………………………………………………….....

.....................................................................................................................................

.....................................................................................................................................

.....................................................................................................................................

.....................................................................................................................................

.....................................................................................................................................

………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………….

…………………………………………………………………………………….....

.....................................................................................................................................

.....................................................................................................................................

.....................................................................................................................................

.....................................................................................................................................

.....................................................................................................................................

………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………….

…………………………………………………………………………………….....

.....................................................................................................................................

.....................................................................................................................................

.....................................................................................................................................

.....................................................................................................................................

.....................................................................................................................................

………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………….

…………………………………………………………………………………….....

.....................................................................................................................................

.....................................................................................................................................

.....................................................................................................................................

.....................................................................................................................................

.....................................................................................................................................

………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………….

…………………………………………………………………………………….....

Page 43: Bulettin KIR SMK Almas'Udiyah Edisi 01-Januari-2013

KIR SMK Almas’udiyah Edisi 01•Januari 2013 I 43

.....................................................................................................................................

.....................................................................................................................................

.....................................................................................................................................

.....................................................................................................................................

.....................................................................................................................................

………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………….

…………………………………………………………………………………….....

.....................................................................................................................................

.....................................................................................................................................

.....................................................................................................................................

.....................................................................................................................................

.....................................................................................................................................

………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………….

…………………………………………………………………………………….....

.....................................................................................................................................

.....................................................................................................................................

.....................................................................................................................................

.....................................................................................................................................

.....................................................................................................................................

………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………….

…………………………………………………………………………………….....

.....................................................................................................................................

.....................................................................................................................................

.....................................................................................................................................

.....................................................................................................................................

.....................................................................................................................................

………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………….

…………………………………………………………………………………….....

.....................................................................................................................................

.....................................................................................................................................

.....................................................................................................................................

.....................................................................................................................................

.....................................................................................................................................

………………………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………………….

…………………………………………………………………………………….....

.....................................................................................................................................

.....................................................................................................................................

.....................................................................................................................................

.....................................................................................................................................

Page 44: Bulettin KIR SMK Almas'Udiyah Edisi 01-Januari-2013

44 I KIR SMK Almas’udiyah Edisi 01•Januari 2013