asuhan keperawatan keluarga dewasa dengan masalah kesehatan prioritas 2003

12
ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA DEWASA DENGAN MASALAH KESEHATAN PRIORITAS DI INDONESIA DISUSUN OLEH KELOMPOK 3 1.ALVIAN SAPUTRA 2.ARLINI 3.AZRINA MELANITRA 4.DWI ANGGA PRAMANA PUTRA 5.ERFANSYAH 6.IRMA SUSANTI 7.PRADIPTO SAKSONOPUTRO 8.SATRIA DWI PRIANGGA 9.SURYANA DIARMAN

Upload: pradipto-saksono-putro

Post on 29-Jun-2015

733 views

Category:

Documents


1 download

TRANSCRIPT

Page 1: ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA DEWASA DENGAN MASALAH KESEHATAN PRIORITAS 2003

ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA DEWASA DENGAN MASALAH KESEHATAN PRIORITAS DI

INDONESIA

DISUSUN OLEH KELOMPOK 3

1.ALVIAN SAPUTRA2.ARLINI3.AZRINA MELANITRA4.DWI ANGGA PRAMANA PUTRA5.ERFANSYAH6.IRMA SUSANTI7.PRADIPTO SAKSONOPUTRO8.SATRIA DWI PRIANGGA9.SURYANA DIARMAN

Page 2: ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA DEWASA DENGAN MASALAH KESEHATAN PRIORITAS 2003

DEFENISI KELUARGA

Keluarga adalah sekumpulan orang dengan ikatan perkawinan, kelahiran, dan adopsi yang bertujuan untuk menciptakan, mempertahankan budaya, dan meningkatkan perkembangan fisik, mental, emosional, serta sosial dari tiap anggota keluarga(Duvall dan Logan 1986 ).

Keluarga adalah dua atau lebih individu yang hidup dalam satu rumah tangga karena adanya hubungan darah, perkawinan, atau adopsi. Mereka saling berinteraksi satu dengan yang lain, mempunyai peran masing-masing dan menciptakan serta mempertahankan suatu budaya.( Bailon dan Maglaya.1978 ).

Keluarga merupakan unit terkecil dari masyarakat yang terdiri dari kepala keluarga dan beberapa orang yang berkumpul dan tinggal di suatu tempat di bawah satu atap dalam keadaan saling ketergantungan. (Departemen Kesehatan RI.1988 ).

Page 3: ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA DEWASA DENGAN MASALAH KESEHATAN PRIORITAS 2003

Ciri-ciri Keluarga Indonesia

Suami sebagai pengambil keputusan Merupakan suatu kesatuan yang utuh Berbentuk monogram Bertanggung jawab Pengambil keputusan Meneruskan nilai-nilai budaya bangsa Ikatan kekeluargaan sangat erat Mempunyai semangat gotong-royong

Page 4: ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA DEWASA DENGAN MASALAH KESEHATAN PRIORITAS 2003

PERANAN ANGGOTA KELUARGA

Peranan ayah :Ayah sebagai suami dari istri, berperanan sebagai pencari nafkah, pendidik, pelindung, dan pemberi rasa aman, sebagai kepala keluarga, sebagai anggota dari kelompok sosialnya, serta sebagai anggota masyarakat dari lingkungannya

Peranan ibu :Sebagai istri dan ibu dari anak-anaknya, ibu mempunyai peranan untuk mengurus rumah tangga, sebagai pengasuh dan pendidik anak-anaknya, pelindung dan sebagai salah satu kelompok dari peranan sosialnya, serta sebagai anggota masyarakat dari lingkungannya, disamping itu juga dapat berperan sebagai pencari nafkah tambahan dalam keluarganya.

Peranan anak :Anak-anak melaksanakan peranan psiko-sosial sesuai dengan tingkat perkembangannya, baik fisik, mental, sosial dan spiritual.

Page 5: ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA DEWASA DENGAN MASALAH KESEHATAN PRIORITAS 2003

TAHAP-TAHAP PERKEMBANGAN KELUARGA

Tahap I: Keluarga pemula.

Tahap II: Keluarga yang sedang mengasuh anak.

Tahap III: Keluarga Dengan Anak Usia Pra Sekolah.

Tahap IV: Keluarga Dengan Anak Usia Sekolah.

Tahap V : Keluarga Dengan Anak Remaja.

Tahap VI : Keluarga Yang Melepaskan Anak Usia Dewasa Muda.

Tahap VII : Orangtua Usia Pertengahan.

Tahap VIII: Keluarga Dalam Masa Pensiun dan Lansia

Page 6: ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA DEWASA DENGAN MASALAH KESEHATAN PRIORITAS 2003

TAHAP VI : KELUARGA YANG MELEPASKAN ANAK USIA DEWASA

MUDA.

Permulaan dari fase kehidupan keluarga ini ditandai oleh anak pertama meninggalkan rumah orang tua dan berakhir dengan “rumah kosong”, ketika anak terakhir meninggalkan rumah. Tahap ini dapat singkat atau agak panjang, tergantung pada berapa banyak anak yang ada dalam rumah atau beberapa banyak anak yang belum menikah yang masih tinggal dirumah setelah tamat dari SMA dan perguruan tinggi. ( Mitchell-et-al, 1989).

Page 7: ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA DEWASA DENGAN MASALAH KESEHATAN PRIORITAS 2003

CONT,,,,,

Fase ini ditandai oleh tahun tahun puncak persiapan dari dan oleh anak-anak untuk kehidupan dewasa yang mandiri. Orang tua, karena mereka membiarkan anak mereka pergi, melepaskan 20 tahun peran sebagai orang tua dan kembali pada pasangan perkawinan mereka yang asli. (Duvall,1977).

Page 8: ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA DEWASA DENGAN MASALAH KESEHATAN PRIORITAS 2003

CONT,,,,

Usia pertengahan awal ,yang merupakan usia rata-rata di mana para orangtua melepaskan anak mereka yang tertua ditandai sebagai masa kehidupan yang “terperangkap”: terperangkap antara tuntutan-tuntutan kaum muda dan harapan-harapan dari mereka yang lebih tua dan terperangkap antara dunia kerja dan tuntutan yang bersaing dan keterlibatan keluarga. Mereka senantiasa mengetahui bahwa mereka adalah para pembuat keputusan negara; mereka yang mengambarkan kualitas umum kehidupan dalam masyarakat ini .masyarakat tergantung kepda kepemimpinan dan produktivitas dari orang yang berasal dari golongan usia pertengahan (kerchoff,1976).

Page 9: ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA DEWASA DENGAN MASALAH KESEHATAN PRIORITAS 2003

TUGAS KELUARGA YANG MELEPASKAN ANAK USIA DEWASA MUDA.

1. Memperluas siklus keluarga dengan memasukkan anggota keluarga baru yang didapatkan melalui perkawinan anak-anak.

Sebagaimana keluarga membantu anak tertua dan melepaskan diri, orangtua juga menbantu anak mereka yang lebih kecil agar mandiri, dan ketika anak laki-laki atau perempuan yang “dilepas” menikah, tugas keluarga adalah memperluas siklus keluarga dengan memasukkan anggota keluarga baru lewat perkawinan dan menerima nilai-nilai dan gaya hidup dari pasangan itu sendiri.

Page 10: ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA DEWASA DENGAN MASALAH KESEHATAN PRIORITAS 2003

2. MELANJUTKAN UNTUK MEMPERBAHARUI DAN MENYESUAIKAN KEMBALI HUBUNGAN PERKAWINAN.

Leshan(1973) memandang tahap ini sebagai tantangan bagi hubungan perkawinan. Ketika anak-anak meninggalkan rumah, perkawinan menghadapi moment kebenaran ; apakah ada cukup kekuatan untuk mempertahankannya tanpa alasan kedudukan sebagai orang tua. Masa ini biasanya jauh lebih sulit bagi wanita daripada pria.

Page 11: ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA DEWASA DENGAN MASALAH KESEHATAN PRIORITAS 2003

3. MEMBANTU ORANGTUA LANJUT USIA DARI PIHAK SUAMI MAUPUN ISTRI.

Tugas perkembangan penting lainnya dari keluarga dengan usia pertengahan adalah membantu mertua dari suami dan istri yang lanjut usia dan sakit-sakitan. Meskipun perawatan orang tua yang lanjut usia atau tidak mandiri bukanlah fungsi yang diharapkan dari keluarga Amerika dengan pengecualian pada beberapa kelompok etnis, suami dan istri diharapkan membantu dan menyokong anggota keluarga yang lebih tua semaksimal mungkin. Aktivitas tersebut dapat dilakukan dalam berbagai bentuk mulai dari menelpon secara rutin hingga bantuan vinansial, transportasi, dan mengunjungi serta merawat orang tua mereka di rumah

Page 12: ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA DEWASA DENGAN MASALAH KESEHATAN PRIORITAS 2003

MASALAH-MASALAH KESEHATAN PADA KELUARGA DENGAN ANAK USIA DEWASA

MUDA

Masalah utama kesehatan meliputi masalah komunikasi kaum dewasa muda dengan orang tua mereka; masalah-masalah transisi peran bagi suami istri, masalah orang yang memberikan perawatan ( bagi orangtua lanjut usia) dan munculnya kondisi kesehatan kronis apa factor-faktor yang berpengaruh seperti tingkat kolesterol tinggi, obesitas, dan tekanan darah tinggi. Keluarga berencana bagi remaja dan dewasa muda tetap penting. Masalah-masalah menopause dikalangan wanita umum terjadi efek-efek yang dikaitkan dengan kebiasan minum, merokok yang lama dan praktik diet semakin lebih jelas. Terakhir, perlunya strategi promosi kesehatan dan “gaya hidup yang sehat” menjadi lebih penting bagi anggota keluarga yang dewasa.