pt pp (persero) tbk laporan tahunan 2012

Download PT PP (Persero) Tbk Laporan Tahunan 2012

If you can't read please download the document

Upload: anestejaningrum

Post on 15-Oct-2015

785 views

Category:

Documents


0 download

TRANSCRIPT

  • laporan manajemenmanagement reportS

    0218 LAPORAN DEWAN KOMISARISReport From The Board of Commissioners32 LAPORAN DIREKSIReport From The Board of Directors

    44PERNYATAAN PERTANGGUNGJAWABAN LAPORAN TAHUNAN 2012Management Responsibility of 2012 Annual Report

    46PEMBAHASAN RENCANA & STRATEGI TAHUN 2012 DAN TAHUN 2013Review on Planning & Strategy of 2012 and 2013

  • PT PP (Persero) Tbk Laporan Tahunan 201218

    Drs. Gembong Prijono, M.ScKomisaris Utama / Komisaris Independen

    President Commissioner / Independent Commissioner

    LAPORAN DEWAN KOMISARISREPORT FROM THE BOARD OF COMMISSIONERS

  • Annual Report 2012 PT PP (Persero) Tbk 19

    tahun 2012 memberi catatan yang gemilang bagi kinerja perSeroan. pendapatan perSeroan meningkat Sangat baik dibandingkan rata-rata umumnya peruSahaan lain yang juga bergerak di Sektor konStrukSi. dewan komiSariS menghargai langkah-langkah yang dilakSanakan jajaran direkSi dalam melakSanakan pengembangan uSaha dan berbagai Strategi ekSpanSi. dewan komiSariS mendukung penuh diverSifikaSi uSaha yang ditempuh oleh perSeroan. dalam jangka panjang, Strategi ini akan dapat menyeimbangkan kinerja perSeroan Sehingga tidak bergantung pada biSniS konStrukSi Saja

    the year 2012 Saw a Splendid record for the companyS performance. itS income increaSe Significantly compared to the average of other companieS in the conStruction Sector. the board of commiSSioner appreciateS StepS that were taken by the board of directorS in buSineSS expanSion aS well aS variouS expanSion StrategieS. we fully Support the buSineSS diverSification that the company undergone through. in the long term, thiS Strategy can provide balance to the companyS performance, So that it will not Solely be dependant on conStruction buSineSS

  • PT PP (Persero) Tbk Laporan Tahunan 201220

    Pemegang Saham dan Pemangku KepentinganYang Terhormat,

    mewakili dewan komisaris, kami mengucapkan puji syukur kepada tuhan yang maha esa, yang telah memberikan karunia-nya yang cukup besar kepada kita semua, sehingga apa yang kita targetkan dapat terwujud bahkan melampaui ekspektasi perseroan. dalam hal ini, dewan komisaris telah melaksanakan fungsi pengawasan dan pemberian masukan kepada direksi sesuai aturan pada undang-undang nomor 40 tahun 2007 mengenai perseroan terbatas, undang-undang no. 19 tahun 2003 tentang bumn serta peraturan perundangan-undangan lainnya seperti yang diatur oleh otoritas pasar modal.

    dalam rentang waktu tiga tahun terakhir, kita menyaksikan Perseroan tumbuh sangat cepat dan signifikan. Ini menjadi sejarah yang sangat penting di dalam tubuh perseroan. pt pp (persero) tbk berhasil membukukan pertumbuhan signifikan dan kinerja memuaskan. Semuanya bisa terjadi berkat berbagai upaya yang dilakukan seluruh karyawan dan jajaran direksi dalam menerapkan strategi yang tepat dengan target yang terukur.

    Kondisi Global dan Makro Ekonomi IndonesiaSecara umum, tahun 2012 merupakan tahun yang menggembirakan bagi perekonomian negara kita, meski perekonomian global, terutama di eropa dan amerika Serikat (aS) tengah mengalami krisis. pertumbuhan ekonomi indonesia di tahun 2012 berada di atas angka pertumbuhan ekonomi dunia, serta ekonomi negara-negara sedang berkembang lainnya, termasuk china dan india, yang mengalami penurunan tingkat pertumbuhan ekonomi. rata-rata pertumbuhan perekonomian kita mencapai 6% dan ini menjadi catatan kebanggaan tersendiri di negeri ini.

    keadaan ini didukung oleh indikator-indikator makro yang solid di antaranya: inflasi yang cederung stabil pada level kisaran sasaran 4,5% 1%; konsumsi domestik yang tinggi; aliran investasi asing yang meningkat; kinerja perdagangan yang membaik; kurs yang bergerak pada level fundamental; pasar modal juga dalam keadaan baik dilihat dari index Harga Saham Gabungan (IHSG) yang menyentuh level 4.300; menurunnya angka pengangguran; dan stabilnya sistem keuangan serta fungsi intermediasi perbankan. komponen-komponen inilah yang mampu membangun kinerja dan daya tahan ekonomi indonesia terus kuat di tengah tingginya ketidakpastian ekonomi global.

    Laporan Dewan Komisaris Report From The Board of Commissioners

    Dear Shareholders and Stakeholders,

    on behalf of the board of commissioners, we would like to praise god all mighty because only with his grace that we have accomplished, even exceeded the Companys target. the board of commissioners has conducted monitoring function and provide inputs to the Board of directors in accordance with law no. 40/2007 regarding limited-liability company, law no.19/2003 regarding State owned enterprise and other regulations by the stock market authority.

    In the last three years, we have seen the fast growth in the Company in a significant manner. This becomes an important history. pt pp (persero) tbk has recorded a significant growth and satisfactory performance. All of which due to the efforts by all employees and board of directors in implementing the right strategy with measurable targets.

    Global Condition and Indonesia Macro Economygenerally, 2012 is an exciting year for our countrys economy, despite the crisis happening in global economy such as in europe and the united States of america. indonesia economic growth in 2012 is above the world economy growth, while other developing countries economy, including china and india, are experiencing a decline in their economic growth rate. Our country has achieved an average of 6% economic growth and this has become something we can all be proud of.

    this state of the country is supported by solid macro indicators such as: a relatively stable inflation around 4.5% 1%; high domestic consumption; increasing foreign investment; improving commerce performance; exchange rate in fundamental level; the stock market is also in good condition based on Jakarta Composite Index level that reached 4,300; decreasing unemployment; and a stable financial system as well as banking intermediate function. these components are what built a strong indonesia economy in terms of performance and resilience, amidst the high uncertainty of global economy.

  • Annual Report 2012 PT PP (Persero) Tbk 21

    pertumbuhan perekonomian indonesia ini sudah selayaknya menjadi catatan untuk awal kebangkitan sesungguhnya. apalagi di tahun ini, kita banyak mendapat pengakuan dari berbagai pihak. keyakinan indonesia untuk menjadi negara maju ini didukung pula dengan program pemerintah yang merumuskan program mp3ei (masterplan percepatan dan perluasan perekonomian indonesia 2011-2025), yang bertujuan untuk mewujudkan indonesia mandiri, maju, adil dan makmur.

    Semua mesin ekonomi indonesia terus tumbuh, ini terlihat dari apbn dan apbd yang menunjukkan pertumbuhan yang terus terjadi. begitu juga dengan gdp dan gnp, ekspor dan impor yang mengalami kenaikan, dan cadangan devisa yang meningkat. perekonomian negara kita yang stabil didukung fundamental indonesia yang kuat tetap menjadi daya tarik investor asing dalam menanamkan modalnya. Hal ini terlihat dari meningkatnya jumlah investor asing yang menanamkan modalnya di indonesia dalam beberapa tahun belakangan ini. mereka melihat peluang bisnis di indonesia masih menjanjikan.

    iklim perekonomian indonesia yang sangat kondusif ini menjadi pemicu tumbuhnya industri properti, infrastuktur dan konstruksi yang meyakinkan sepanjang tahun 2012. Sektor konstruksi turut membukukan kenaikan kinerja yang mengagumkan. tingkat pertumbuhan ekonomi yang baik, meningkatnya indeks penjualan eceran bahan bangunan, angka pertumbuhan kredit lebih dari 20%, penyaluran kredit konstruksi yang sudah mencapai angka rp10 triliun atau tumbuh 70%, turunnya tingkat suku bunga, dan meningkatnya daya beli masyarakat, menjadi faktor utama indikasi bangkitnya bisnis tersebut.

    melalui program mp3ei, pemerintah fokus memperbaiki infrastruktur di indonesia, khususnya wilayah timur, yang dianggarkan 50% dari anggaran infrastruktur pemerintah. infrastruktur dan konstruksi menjadi fokus perhatian pemerintah, karena secara tidak langsung infrastruktur memiliki korelasi yang positif dengan pertumbuhan ekonomi. dalam apbn 2012, pemerintah mengalokasikan belanja modal sebesar rp168,2 triliun di mana sebagian besar akan digunakan untuk menunjang pembangunan infrastruktur. Sementara itu, dalam rancangan anggaran negara tahun 2013, dialokasikan sebesar rp193,8 triliun dan pemerintah membutuhkan investasi sebesar US$250 miliar untuk mengembangkan infrastruktur.

    Investasi ini dibutuhkan untuk membangun infrastruktur listrik dan energi, jalan, jalur kereta api, bandar udara dan pelabuhan laut, serta sistem teknologi informasi dan

    indonesia economic growth should become the basis of a true resurrection. Especially this year where we received acknowledgement from various parties. Indonesias belief to become an advanced country is also supported by the governments Indonesia Economic Master Plan (mp3ei) for 2011-2025 which aim to make indonesia as an independent, advance, fair and prosperous country.

    all of indonesia economic engine continue to grow, this can be seen from state and local budget which show growth continuously. So do gdp and gnp, increasing export and import, and increasing foreign exchange reserves. Our countrys stable economy coupled with strong fundamentals is the main draw for foreign investors. This is apparent from the increasing number of foreign investment in Indonesia in the last couple of years. they see promising business prospect in indonesia.

    A condusive Indonesia economic condition sparks growth in property, infrastructure, and construction industries which have been convincing in 2012. The construction sector also recorded a remarkable increase in performance. good economic growth, increase in building materials retail index, credit growth exceeding 20%, construction credit reaching rp10 trillion or 70% growth, decreasing interest rate, increasing purchasing power of consumers, become the main factors indicating the rise of this business.

    Through MP3EI program, the government is focus in improving Indonesia infrastructure, specifically in the eastern part of the country, which accounted 50% of the governments infrastructure budget. Infrastructure and construction are the focus of the government because indirectly infrastructure has a positicve correlation with economic growth. In 2012 State Budget, the government allocated capital expenditure as much as rp168.2 trillion where most of which will be used to support infrastructure development. In the meantime, in State Budget 2013, a Rp193.8 trillion budget is allocated and the government requires a US$250 billion worth of investment to develop infrastructure.

    This investment is required to build electricity and energy, road, railway track, airport and harbor, and information technology system and communication infrastructures. in

  • PT PP (Persero) Tbk Laporan Tahunan 201222

    komunikasi. rencananya pada tahun 2013, pemerintah akan menambah 15 bandara baru, memperpanjang kapasitas jalan yang sudah ada sepanjang 4.278 kilometer, membangun 559 kilometer jalan baru, serta membangun rel kereta api baru sepanjang 380 kilometer.

    kestabilan perekonomian indonesia akan terus berlanjut. proyeksi pertumbuhan ekonomi indonesia di tahun 2013 akan melebihi dari angka 6%. kondisi pertumbuhan ekonomi yang positif jelas akan sangat menguntungkan bagi perseroan. apalagi dengan adanya mp3ei membuka kesempatan perluasan bidang jasa terutama jasa epc dan Investasi. Perseroan pun yakin tetap akan menjadi yang terdepan dalam bisnis infrastruktur dan konstruksi.

    Evaluasi Kinerja Bisnis dan Finansial 2012tahun 2012 memberi catatan yang gemilang bagi kinerja perseroan. pendapatan perseroan meningkat sangat baik dibandingkan rata-rata umumnya perusahaan lain yang juga bergerak di sektor konstruksi. dewan komisaris berharap, angka pertumbuhannya akan terus terjadi pada tahun 2013. peningkatan akan terjadi di berbagai lini bisnis perseroan seiring dengan makin meningkatnya infrakstruktur dan perangkat manajemen.

    memperhatikan perkembangan tersebut, maka dewan komisaris menghargai langkah-langkah dan strategi yang dilaksanakan jajaran direksi ptpp dalam melaksanakan pengembangan usaha dan berbagai strategi ekspansi. dewan komisaris mendukung sepenuhnya kesepakatan manajemen untuk mengupayakan pengembangan bidang usaha perseroan. dalam jangka panjang pengembangan tersebut akan dapat menyeimbangkan kinerja perseroan yang sampai saat ini masih bergantung pada bisnis konstruksi.

    meskipun perseroan tetap memegang kunci bisnis utama di bidang jasa konstruksi, namun perseroan masih memandang perlu untuk melakukan upaya diversifikasi usaha di berbagai bidang. Sejalan dengan langkah-langkah pengembangan yang dilaksanakan, perusahaan perlu melakukan investasi yang cukup besar. Dewan Komisaris mendukung penuh diversifikasi bisnis yang ditempuh oleh perseroan.

    untuk mendukung hal tersebut, perseroan juga menggarap beberapa proyek seperti pembangkit tenaga listrik, jalan Tol dan Investasi Properti yang telah memberikan kontribusi pendapatan. pertambangan juga menjadi proyek yang dilirik perseroan karena menunjukkan gairah yang prospektif. perseroan juga telah melakukan transformasi model usaha, yaitu ke energi dan infrastruktur.

    Laporan Dewan Komisaris Report From The Board of Commissioners

    2013, the government is planning to build 15 new airports, extend existing road capacity as much as 4,278 kilometres, build 559 kilometres of new road, and build railway track as long as 380 kilometres.

    indonesias stable economy shall continue. this countrys economic growth projection in 2013 will exceed the 6% mark. A positive economic growth will have benficial effect for the company. in addition the mp3ei opens up chances of expansion in the service area specifically EPC service and Investment. The Company is certain that it will remain at the forefront of infrastructure and construction business.

    Evaluation of Business and Financial Performance in 2012The year 2012 has been impressive for the Companys performance. Its revenue increase extremely well compared to the average of other companies in the construction sector. the bord of commissioners hopes this growth will continue in 2013. improvement will occur in the Companys various business lines as infrastructure and management tools will also grow.

    In consideration of those developments, the Board of commissioners appreciates the steps and strategy undertaken by ptpp boad of directors in implementing business expansion and various expansion strategies. We fully support the business diversification that the Company undergone through. in the long term, this strategy can provide balance to the Companys performance, so that it will not only be dependant on construction business alone.

    although the companys main business is still in the construction service sector, it sees the need to diversify its business in various sectors. To implement the necessary steps for expansion, the Company will require significant number of investment. The Board of Commissioners fully support the Companys effort to diversify its business.

    In line with that, the Company is also involved in several projects such as electricity power plant, toll road, and Property Investment which have contributed to the revenue. mining is also a project the company has been looking into as it shows good prospect. the company has also implemented business transformation towards energy and infrastructure.

  • Annual Report 2012 PT PP (Persero) Tbk 23

    di bidang jasa konstruksi, bangunan gedung merupakan sektor yang paling besar kontribusinya yaitu sebesar 55%, disusul proyek epc seperti pembangkit tenaga listrik 16,9%, pelabuhan 11%, jalan dan jembatan 10%. pada tahun 2012, dalam rentang waktu satu tahun pendapatan yang sudah dicapai melewati rp8,00 triliun, dibandingkan pendapatan yang diperoleh di tahun 2011 sebesar rp6,23 triliun. ini adalah keberhasilan yang telah dicapai perseroan dalam rentang waktu satu tahun. kenaikannya cukup besar hingga mencapai nilai rp1,77 triliun atau 28%.

    Penerapan Strategi Pertumbuhan 2012tantangan yang dihadapi perseroan sangat berat. dewan komisaris mengharapkan jajaran direksi dapat terus meningkatkan laba perseroan. berbagai strategi tengah digodok dan berbagai upaya terus dilakukan. dalam menerapkan strategi pengembangan usahanya, perseroan mengacu pada sasaran yang ditetapkan dalam rencana jangka panjang perusahaan (rjpp) tahun 2009-2013, serta rencana kerja dan anggaran perusahaan (rkap) tahun 2012.

    Strategi yang diterapkan perseroan berfokus pada usaha inti (Core Business) jasa konstuksi yang menargetkan segmen pemerintah serta proyek rancang bangun dan Engineering Procurement & Construction (epc). Selain itu, perseroan menerapkan strategi investasi, dengan melaksanakan investasi strategis pada proyek infrastruktur, yakni di bidang energi terutama pembangkit tenaga listrik, properti, dan jalan tol. dewan komisaris juga mendukung sepenuhnya penerapan strategi di bidang keuangan. karena strategi ini telah memperlihatkan hasil yang memadai dengan upaya manajemen dalam pencairan piutang.

    direksi dan dewan komisaris pun menerapkan lebih gencar lagi tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance - gcg). prinsip transparansi dan akuntabilitas menjadi prinsip yang harus mendukung kinerja perseroan guna memperkuat pengelolaan usaha yang berhati-hati dan bijaksana. terbukti penguatan gcg menghasilkan dampak yang sangat positif dan nilai kepercayaan yang lebih.

    perseroan juga mencanangkan konsep hijau melalui Green Construction, sebagai bagian dari kepedulian perseroan terhadap lingkungan, dan sebagai bentuk kontribusi perusahaan dalam melestarikan alam. konsep ini pun menjadi nilai tambah bagi perseroan dalam pengerjaan semua proyek. penerapan hemat dalam konsep hijau justru memberikan dampak investasi yang lebih baik lagi bagi perseroan.

    Building Construction Service is the area with the most contribution with 55%, followed by epc project such as electricity power plans 16.9%, harbour 11%, road and bridge 10%. In 2012, revenue exceeded Rp8.00 trillion, compared to 2011 revenue of Rp6.23 trillion. This is the Companys achievement within one year. And it is a significant increase of rp 1.77 trillon or 28%.

    Growth Strategy Implementation in 2012the challenge this company faces is not an easy one. the board of commissioners expects the board of directors to continue maintaining the Companys profit. Several strategies are being discussed and several actions have been put in place. in implementing strategy to expand its business, the company is guided by its long term plan (rjpp) for the year 2009-2013, and the company working and budget plan (rkap) of 2012.

    the strategy was focused on core business of construction Service which has the target market of government and build & deign project and Engineering Procurement & Construction (epc). in addition, the company also implemented investment strategy by putting strategic investment on infrastructure project that are in the area of energy especially electricity power plant, property and toll road. the board of commissioners also fully supports strategy implementation in the financial sector. Since this strategy has shown adequate result in management effort in claiming its account receivables.

    the board of directors and board of commissioners also implemented a more strictly Good Corporate Governance (gcg). transparency and accountability are principals that support the companys performance to strengthen its business management cautiously and wisely. gcg improvement has been proven to bring positive impact and increase trust level.

    the company also initiated green concept through green Construction, as part of its responsibility to the environment and also its contribution in nature preservation. This concept has become an added value for the Company in its entire projects. Savings in the green concept provided better investment implications for the Company.

  • PT PP (Persero) Tbk Laporan Tahunan 201224

    keberhasilan perusahaan tak terlepas dari sumber daya manusia (Sdm) yang dimiliki perseroan. Sdm di jajaran direksi perseroan telah menjadi tolak ukur keberhasilan kinerja perseroan. karena itulah, dewan komisaris sangat mendukung upaya jajaran direksi untuk melakukan penguatan Sdm di seluruh lini bisnis perseroan. dengan penguatan Sdm yang unggul dan memiliki kompetensi tinggi, strategi serta inovasi yang tepat sesuai bisnis yang dijalankan perseroan, dapat terus meningkat dan mempertahankan pertumbuhan kinerja.

    perolehan proyek baru sebagai cermin dari keberhasilan perseroan menunjukkan kinerja yang juga luar biasa. tahun 2011 keberhasilannya yang sudah sangat baik, berlanjut ke tahun 2012 yang mengalami pencapaian kenaikan laba bersih sebesar 28,91% menjadi rp309,68 miliar, dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar rp240,22 miliar. dewan komisaris sangat optimis, pencapaian kinerja 2013 akan terus naik mengingat kondisi perekonomian negara kita tetap stabil, bahkan diperkirakan dengan pertumbuhan yang akan terus naik hingga 6,6% sampai 6,8%.

    Perseroan secara intens terus memotivasi kinerja seluruh lini perusahaan. upaya yang sudah dilakukan secara berkelanjutan termasuk meningkatkan skill dan kompetensi karyawan, melalui lembaga pendidikan dan pelatihan sehingga pada akhirnya akan berdampak pada kesejahteraan seluruh karyawan.

    Fungsi Pengawasan dan Kegiatan Komite di Bawah Dewan Komisarisdewan komisaris ptpp menerima dengan baik pencapaian manajemen yang telah dilakukan pada 2012. berbagai upaya yang dilakukan manajemen menunjukkan bahwa perseroan telah berupaya semaksimal mungkin menjalankan tugas-tugasnya dengan baik.

    dewan komisaris akan terus mengawal dan mengawasi perubahan budaya dan praktik manajemen serta mendorong proses transformasi perusahaan yang memiliki kinerja tinggi dan fokus pada pencapaian nilai agar terpelihara dengan baik kepercayaan pemegang Saham dan para stakeholder pada umumnya.

    dewan komisaris percaya, bahwa jajaran manajemen akan tetap fokus pada keunggulan yang dimiliki perseroan dan apa yang telah dicapai saat ini, akan menjadi dasar-dasar yang kuat bagi kemajuan perseroan di masa mendatang. dewan komisaris telah melakukan pengawasan yang cukup ketat kepada perseroan, baik secara internal maupun eksternal. dalam melaksanakan proses pengawasan dan pengendalian perusahaan, dewan komisaris melakukan peninjauan lapangan, evaluasi terhadap kinerja dan jalannya perseroan, baik kinerja operasional maupun keuangan.

    Laporan Dewan Komisaris Report From The Board of Commissioners

    the companys success is also due to its human resources. Within the Board of Directors, the Human Resources have become a benchmark for the companys successful performance. thefore the board of commissioners fully supports the efforts by the Board of Directors to improve the companys human resources in each of its business line. with excellent human resources and high competence, the right strategy and innovation for its business, can continue to increase and maintain its growth performance.

    acquirement of new project symbolizes the companys successful performance. the success in 2011 continues in 2012 with an increase of net profit as much as 28.91% to rp309.68 billion, compared to the same period last year of rp240.22 billion. the board of commissioners is optimistic that 2013 performance will continue to improve considering our countrys stable economy, which is expected to see the growth of 6.6% to 6.8% mark.

    The Companys rigourously motivates performance in all its line-ups. Efforts that have been implemented sustainably include improving employees skill and competence, through education and training institution so that the result will be felt on employees welfare.

    Supervision Function and Committee Activity Under the Board of Commissionersptpp board of commissioners hereby accepts management accomplishments in 2012. Several efforts from the management have shown that the Company has done its best to achieve its obejctives.

    The Board of Commissioners will continue to supervise changes in management culture and practice, as well encouraging transformation process so that the company can achieve high performance and focus on value addition in order to maintain shareholder and stakeholder trust.

    The Board of Commissioners believes that management will remain focus on the companys excellence and its achievement, so as to become strong foundations for the companys growth in the future. the board of commissioners has conducted strict supervision to the Company, both internally and externally. On its supervisory and monitoring role, the Board of Commissioners conduct site visit, and evaluation on the Companys performance, whether it is operational or financial.

  • Annual Report 2012 PT PP (Persero) Tbk 25

    Satuan pengawasan internal atau Spi yang telah dibentuk, merupakan satuan pengawasan yang langsung bertanggungjawab kepada direktur utama. pembentukan Spi dilakukan secara independen guna membantu pengawasan secara menyeluruh dan terstruktur. di luar pengawasan internal, perseroan juga menerapkan pengawasan eksternal yang dibantu komite audit untuk mengawasi kebijakan yang dilakukan jajaran direksi.

    komite audit membantu dewan komisaris dalam mengupayakan independen auditor dan diyakini hasil audit yang dikeluarkan mencerminkan kinerja perseroan yang transparan dan akuntabel. terlebih dengan adanya pengawasan ini tentu akan semakin membuat kinerja perseroan dilakukan secara hati-hati dan profesional. Secara terus menerus, dewan komisaris meminta kepada jajaran direksi untuk terus meningkatkan kualitas kerja perseroan, baik dalam perencanaan maupun implementasinya agar hasil kinerja perseroan dapat diterima oleh seluruh pelanggan maupun pemangku kepentingan.

    Tata Kelola Perusahaan yang Baik dan Kepedulian pada Masyarakatberbagai upaya yang telah dilakukan perseroan bertujuan untuk memperkuat citra, baik di mata pemangku kepentingan maupun masyarakat umum. Semuanya dapat tercermin dalam implementasi tata kelola perusahaan yang baik (gcg) dan dilaksanakan secara berkesinambungan, antara lain melalui pemberdayaan fungsi komite-komite di bawah dewan komisaris yang terdiri dari komite audit. implementasi praktik gcg di tubuh perseroan sudah berjalan sejak tahun 2004 dan penerapannya terus berlanjut.

    GCG pun menjadi perwujudan visi Perseroan untuk menjadikan perseroan sebagai perusahaan konstruksi dan Investasi terdepan yang memberikan nilai tambah kepada pemangku kepentingan. penerapan gcg diintensifkan melalui pengembangan budaya perusahaan yang positif dan selalu menjunjung tinggi etika bisnis. penguatan gcg ini telah ditunjukan dengan semakin meningkatnya skor implementasi gcg secara berkelanjutan sejak 2004, yang dilakukan asesmen oleh badan pengawasan keuangan dan pembangunan (bpkp).

    asesmen gcg perseroan di tahun 2011 dilaksanakan pada awal tahun 2012 dan telah selesai pelaporannya pada 27 maret 2012. hasilnya, perseroan mampu mencatat hasil nilai komposit index dari asesmen gcg di tahun 2011 sebesar 83,77. pada tahun 2009 sebesar 82,62. peningkatan skor yang terjadi di tahun 2011 ini mencerminkan bahwa pelaksanan gcg telah berjalan sesuai aturan yang berlaku dan semakin baik dari tahun ke tahun.

    Internal Control Unit (SPI) has been set up as a supervisory unit which report directly to the president director. Spi was set up independently so that it would be able to conduct supervision in a structured and holistically. In addition to internal supervision, the Company also enacts external supervision through Audit Committee which monitors policies from the board of directors.

    the audit committee assists the board of commissioners in providing independent auditor and the audit report produced reflect the Companys transparent and accountable performance. With this supervision in place, the company will become more cautious and professional in its performance. continuously the board of commissioners has asked the board of directors to continue the companys working quality, either in planning or in implementation so that its performance would be accepted by all customers and stakeholders.

    Good Corporate Governance and Community Interest

    Several efforts have been put in place to improve positive image in the eyes of stakeholders and general public. all of which can be achieved through continuous implementation of Good Corporate Governance (GCG), among others through empowering functions of committees under the board of commissioners consisted of audit committee. gcg implementation within the company has been ongoing since 2004 and has continued ever since.

    GCG is the representation of the Companys vision to become a leading Contruction and Investment company which provides added value to stakeholders. GCG implementation is intensified through development of positive corporate culture and upholding business ethics. This GCG improvement is shown through continuous GCG implementation score since 2004, conducted by board of Supervisors Finance and Development (BPKP).

    the 2011 gcg assessment of the company is conducted early 2012 and completed the report on march 27th, 2012. the result is an 83.77 composite index score of the 2011 gcg assessment. in 2009, it was 82.62. the increase in score in 2011 shows that gcg has been implemented accordingly and seen an improvement year after year.

  • PT PP (Persero) Tbk Laporan Tahunan 201226

    implementasi gcg yang semakin membaik dari tahun ke tahun, tercermin dalam rangkuman nilai asesmen gcg perseroan selama tahun 2004-2007, 2009 dan 2011 sebagai berikut:

    TahunYear

    Nilai Asesmen GCGGCG Assessment Score

    2011 83,77

    2009 82,62

    2007 80,19

    2006 79,38

    2005 78,46

    2004 75,89

    perseroan pun selalu berupaya untuk terus meningkatkan praktik gcg sekaligus juga meningkatkan kepedulian terhadap masyakarat sekitar. Sebagai bentuk dari pelaksanaan komitmen tanggung jawab sosial, perseroan melaksanakan program Corporate Social Responsibility (cSr) serta program kemitraan dan bina lingkungan (pkbl) sesuai peraturan menteri negara bumn nomer per-05/mbu/2007, tanggal 27 april 2007 juncto per-20/mbu/2012 tanggal 27 desember 2012, semuanya dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta menjadikan masyarakat mampu memperbaiki kualitas hidup secara mandiri.

    Sepanjang tahun 2012, perseroan telah menyalurkan dana program kemitraan sebesar rp8.198.100.000 (delapan miliar seratus sembilan puluh delapan juta seratus ribu rupiah) atau sebesar 116% dari rencana kerja anggaran (rka) tahun 2012 sebesar rp7.045.000.000 (tujuh miliar empat puluh lima juta rupiah). Sedangkan untuk program bina lingkungan tahun 2012 telah disalurkan dana sebesar rp4.079.332.108 (empat miliar tujuh puluh sembilan juta tiga ratus tiga puluh dua ribu seratus delapan rupiah) atau sebesar 62% dari rencana kerja anggaran (rka) tahun 2012 sebesar rp6.593.679.356 (enam miliar lima ratus Sembilan puluh tiga juta enam ratus tujuh puluh sembilan ribu tiga ratus lima puluh enam rupiah).

    Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan dalam melaksanakan kinerjanya, salah satu sasaran utama yang dicapai perseroan adalah menciptakan iklim kerja yang mendukung baik dari segi sarana, kondisi kerja, maupun keselamatan kerja. program keselamatan dan kesehatan kerja telah berfungsi dengan baik dan terkomunikasikan kepada seluruh lapisan individu yang terlibat pada proyek konstruksi.

    Laporan Dewan Komisaris Report From The Board of Commissioners

    An annual improvement of GCG implementation can be seen from the scoring during 2004-2007, 2009, and 2011 as follows:

    The Company continues its effort to improve GCG practice as well as improving our relationship with the surrounding community. as a form of its commitment to social responsibility, the company put in effect programs on corporate Social responsibility (cSr) and partnership and Environment Development Program (PKBL) in accordance to State owned enterprise minister regulation no. per-05/mbu/2007, dated april 27th, 2007 juncto per-20/mbu/2012 dated december 27, 2012, all of which are implemented to improve peoples welfare and empower them to live independently.

    during 2012, the company has channeled as much as rp8,198,100,000 (eight billion one hundred ninety eight million one hundred thousand rupiah) of partnership program funding or as much as 116% from the 2012 work plan Budget (RKA) which totaled Rp7,045,000,000 (seven billion forty five million rupiah). While for the 2012 Environment Development Program, the Company has channeled as much as Rp4,079,332,108 (four billion seventy nine million three hundred thirty two thousand one hundred andeight rupiah) or 62% of the 2012 work plan budget (rka) which totaled at Rp6,593,679,356 (six billion five hundred ninety three million six hundred seventy nine three hundred fifty six rupiah).

    Workplace Health, Safety, and the Environmentin conducting its performance, one of the main goals that the Company strives to achieve is to create a working environment with supportive facilities, working condition, or work safety. the work health and safety program has functioned well and communicated to each layer of individuals involved in construction project.

  • Annual Report 2012 PT PP (Persero) Tbk 27

    perseroan menyadari bahwa industri konstruksi merupakan sebuah industri yang memiliki risiko kecelakaan cukup besar, karena itulah perseroan meminimalkannya melalui program keselamatan dan kesehatan kerja melalui pembentukan budaya kerja yaitu salah satunya budaya keselamatan dan kesehatan kerja serta lingkungan.

    perseroan telah menetapkan dan menerapkan prinsip-prinsip keselamatan dan kesehatan kerja dan lingkungan (k3l) sebagai standar kerja yang berlaku bagi seluruh unit kerja dari kantor pusat, cabang hingga proyek-proyeknya. perseroan juga menerapkan konsep Green Construction yang menjadi salah satu wujud kepedulian perseroan pada lingkungan dan pembangunan yang berkesinambungan. hal ini menjadi terobosan yang menjadikan perseroan unggul dalam persaingan usaha.

    dewan komisaris melihat program ini telah berjalan dengan baik. bahkan, berkat penerapan program ini secara efektif, perseroan menerima penghargaan k3 dari kementerian tenaga kerja dan transmigrasi berdasarkan surat keputusan menteri tenaga kerja dan transmigrasi no.kep/25/men/ii/2012 tertanggal 12 februari 2012. penghargaan ini diberikan, karena perseroan telah melaksanakan program k3, dimana dari 5.917.392 jam kerja karyawannya terhitung sejak tanggal 1 januari 2010 hingga 10 desember 2012 tanpa mengalami (nihil) kecelakaan kerja.

    Pembagian Dividen perseroan mencatat peristiwa yang sangat penting di tahun 2012. Perseroan telah melaksanakan pembagian dividen tahun buku 2011 dengan nilai rasio sebesar 30% dari laba bersih tahun 2011 yang mencapai rp240,22 miliar. adapun nilai total dividen yang dibagikan Perseroan mencapai Rp72,07 miliar. Sedangkan nilai dividen per saham adalah rp14,88. pembagian ini sesuai keputusan rapat umum pemegang Saham tahunan yang berlangsung 15 mei 2012, dan dilaksanakan pada pertengahan juni 2012 atau sebulan setelah disepakatinya pembagian dividen.

    Pembagian dividen telah diatur dalam jadwal, sebagai berikut:1. Tanggal cum dividen di pasar reguler dan pasar

    negosiasi: 7 juni 20122. Tanggal ex dividen di pasar reguler dan pasar negosiasi:

    8 juni 20123. Tanggal cum dividen di pasar tunai: 12 Juni 20124. Tanggal ex dividen di pasar tunai: 13 Juni 20125. tanggal daftar pemegang saham yang berhak atas

    dividen tunai: 12 Juni 20116. Tanggal pembayaran dividen: 15 Juni 2012

    the company realizes that construction industry is an industry with high risk of accidents, which is why the company tries to minimize it through work health and safety program and developing a working culture consisting of work health and safety culture including the environment.

    the company has determine and implement work health, Safety and the Environment (K3L) principals as a working standard that applies to all working unit from the central Office, Branches and its projects. The Company also applies green construction concept which has become a symbol of its attention towards the environment and sustainable development. This has become a breakthrough that puts the company ahead in business competition.

    the board of commissioners sees an appropriate managment of this program. through its program effectiveness, the Company received K3 award from the ministry of workforce and transmigration based on its letter no. kep/25/men/ii/2012 dated february 12th, 2012. this award was given due to the Company implementation on k3 program. it was noted that there was no working accident, from 5,917,392 employees working hours dated january 1st, 2010 to december 10th, 2012.

    Dividend Payoutthe company recorded an important milestone in 2012. it conducted dividend payout of the 2011 financial year with the ratio of 30% from the 2011 net profit of Rp240.22 billion. The value of dividend payout is Rp72.07 billion. While the dividend value per share is Rp14.88. This payout is stipulated based on the annual Shareholders meeting in may 15, 2012 and conducted on mid june 2012 or one month after the decision.

    Dividend payout schedule is as follows:1. Date for cum dividend in regular and negotiation market:

    june 7, 20122. Date for ex dividend in regular and negotiation market:

    june 8, 20123. Date for cum dividend in cash market: June 12, 20124. Date for ex dividend in cash market: June 13, 20125. Date for registration of shareholders entitle of dividend

    paying: june 12, 20116. Date for dividend paying: June 15, 2012

  • PT PP (Persero) Tbk Laporan Tahunan 201228

    Perubahan Komposisi Dewan Komisaris di Tahun 2012

    perseroan telah mengubah struktur atau susunan dewan komisaris melalui rapat umum pemegang Saham yang dilaksanakan pada tanggal 16 mei 2012 dan dikuatkan akta pernyataan rupS no. 68 tanggl 16 mei 2012 serta sesuai surat menteri negara bumn no Sr-212/mbu/2012 tanggal 25 april 2012. hasil keputusan rupS telah menyetujui pemberhentian secara hormat hendrianto notosugondo sebagai komisaris utama. kami mengucapkan terima kasih atas dedikasi hendrianto notosugondo kepada perseroan. berkat pimpinan beliau dalam memberikan pengawasan atas kinerja jajaran manajemen, perseroan mampu tumbuh dan dapat menghasilkan peningkatan laba perseroan. rupS juga telah mengangkat gembong prijono sebagai komisaris utama merangkap komisaris independen, winarno sebagai komisaris, dan timbul tambunan sebagai komisaris. perseroan berharap dengan adanya perubahan susunan dewan komisaris ini dapat memperkuat struktur organisasi semakin solid, kuat dan meningkatkan kinerja sesuai harapan.

    Penghargaan dan SertifikasiSebagai hasil dari kerja keras jajaran direksi, perseroan memperoleh pengakuan dari beberapa institusi yang menganugerahkan dan menyematkan perseroan sebagai yang terbaik dan terdepan di industri infrakstruktur. pada bulan desember 2012, kementerian pekerjaan umum memberikan penghargaan karya konstruksi 2012, penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi dan motivasi Pemerintah kepada pelaku jasa konstruksi melalui evaluasi kinerja terbaik di bidang pelaksanaan konstruksi. melalui proyek Jetty dan Conveyor jembayan, perseroan meraih juara i untuk kategori karya konstruksi, yakni kategori untuk suatu penemuan/pengembangan sistem konstruksi yang mempunyai manfaat tertentu/khusus/nilai tambah bagi suatu produk konstruksi.

    Penutupdewan komisaris menyampaikan ucapan selamat atas prestasi yang mengagumkan dari seluruh jajaran direksi dan karyawan. atas nama dewan komisaris, kami menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada jajaran direksi dan seluruh karyawan pt pp (persero) tbk atas dedikasi dan kerja keras yang telah menghasilkan pencapaian kinerja yang unggul dan prestasi yang membanggakan bagi perseroan.

    Laporan Dewan Komisaris Report From The Board of Commissioners

    Changes in the Board of Commissioners Composition in 2012the company has amended the structure or composition of the board of commissioners through general Shareholder meeting (gSm) in may 16th, 2012 and enforce by gSm Statement deed no. 68 dated may 16th, 2012 and in accordance with State owned enterprise minister letter no Sr-212/mbu/2012 dated april 25th, 2012. the general Shareholder meeting has agreed to respectfully dismiss hendrianto notosugondo as the president commissioner. We would like to convey our appreciation toward his dedication to the Company. His leadership in supervising the management performance, the company was able to grow and increare its profit. The General Shareholder meeting has also appointed gembong prijono as president commissioner and independent commissioner, winarno as commissioner, and timbul tambunan as commissioner. the company hopes with these changes in the board of commissioners can strengthen the organization structure to be more solid, strong and improve performance as expected.

    Award and Sertificationas the result of the board of directors hard work, the Company has received acknowledgement from various institutions that awarded it as the best and leading company in infrastructure industry. in december 2012, ministry of public works awarded the company with karya konstruksi 2012, as the form of appreciation and motivation from the government to construction service players by evaluating the best performance in construction. through jetty and Conveyor Bridge Project, the Company received First place in karya konstruksi category, which is the category for discovery/development of construction system that has specific/distinctive/added value benefit for a construction product.

    Closingthe board of commissioners would like to congratulate on the successful performance of the board of directors and employees. on behalf of the board of commissioners, we express our highest reward to the board of directors and all pt pp (persero) tbk employees for their dedication and hard work which have resulted in an excellent performance that the company can be proud of.

  • Annual Report 2012 PT PP (Persero) Tbk 29

    Drs. Gembong Prijono, M.ScKomisaris Utama / Komisaris Independen

    President Commissioner / Independent Commissioner

    atas nama dewan komisarison behalf of the board of commissioners

    kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintah, seluruh pemegang saham dan pemangku kepentingan atas kepercayaan dan dukungannya, kepada manajemen dan seluruh karyawan atas dedikasi dan kerja-kerasnya. kami yakin ptpp dengan dukungan dan semangat dari para klien, mitra kerja, mitra usaha, para pemasok, akan tumbuh besar dan tetap terdepan dalam industri bisnis ini.

    perseroan akan semakin berkembang dan tumbuh secara berkelanjutan. harapan kami, perseroan mampu bertahan dan berkembang dalam mewujudkan visi dan misinya serta dalam menjalankan strategi usaha yang ditetapkan dengan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi bangsa dan negara. dengan ridho dari allah Swt, semua akan berjalan dengan baik, sesuai rencana dengan berlandaskan kerja cerdas, kerja keras dan melakukan yang terbaik.

    we would also like to wish our appreciation to the government, shareholders, and stakeholders for their trust and support, to the management and all employees for their dedication and hardwork. We believe PTPP with the support and spirit of its clients, work partners, business partners, suppliers, will continue to grow and be at the forefront in this business industry.

    the company will grow sustainably. our hope is that the Company will survive and develop in realizing its Vision and mission, as well as in implementing business strategy that has been set to provide benefits as much as possible for the country and nation. with gods grace and blessing, all can be done according to plan, based on smart work and hard work, and doing our best.

  • PT PP (Persero) Tbk Laporan Tahunan 201230

    Laporan Dewan Komisaris Report From The Board of Commissioners

  • Annual Report 2012 PT PP (Persero) Tbk 31

    Eddy Purwanto, SE, MPAKomisarisCommissioner

    Drs. Timbul Tambunan, MMKomisarisCommissioner

    Ir. Winarno M.Eng.ScKomisarisCommissioner

    Husein Thaib, S.IP Komisaris/ Komisaris IndependenCommissioner/ Independent Commissioner

    Ir. DaryatnoKomisaris Commissioner

    Drs. Gembong Prijono, M.ScKomisaris Utama/Komisaris IndependenPresident Commissioner/Independent Commissioner

    1

    1

    2

    24

    4

    3

    3

    5

    5

    6

    6

    Board Of Commissioners

    Dewan Komisaris

  • PT PP (Persero) Tbk Laporan Tahunan 201232

    LAPORAN DIREKSIBOARD OF DIRECTORS REPORT

    Ir. Bambang Triwibowo Direktur Utama

    President Director

  • Annual Report 2012 PT PP (Persero) Tbk 33

    pertumbuhan perSeroan menunjukkan kinerja yang Sangat poSitif. laba perSeroan meningkat 28,91%, Senilai rp309,68 miliar. kontrak baru yang berhaSil dicapai SebeSar rp19,47 triliun. pendapatan naik 28% menjadi rp8 triliun dari tahun Sebelumnya SebeSar rp6,23 triliun. tidak hanya menggarap proyek infraStruktur Sebagai proyek inti, perSeroan juga mengerjakan beberapa proyek lainnya dan menyumbangkan kontribuSi pertumbuhan kinerja perSeroan. pencapaian ini diikuti dengan kinerja keuangan yang Sehat dan keunggulan kinerja yang kompetitif. apa yang telah dicapai perSeroan merupakan haSil dari dukungan Semua pihak dan penerapan Strategi yang tepat SaSaran, termaSuk dukungan dari pemerintah melalui berbagai kebijakannya yang berupaya meningkatkan nilai dari induStri pembangunan infrakStuktur di indoneSia

    the companyS growth haS Shown a very poSitive performance. profit haS riSen 28.91%, or rp309.68 billion. the company alSo poSted rp19.47 trillion of new contractS. revenue haS increaSed by 28% to rp8 trillion from previouS year of rp6.23 trillion. not only relying on infraStructure project aS a core project, the company alSo executed other projectS that contribute to itS performance growth. Such achievement iS followed by good financial performance and competitive advantage. what haS been achieved by the company iS the reSult of Support from all StakeholderS and application of the right Strategy, including governmentS Support through itS variouS policieS which focuS on increaSing value of infraStructure development induStry in indoneSia

  • PT PP (Persero) Tbk Laporan Tahunan 201234

    Pemegang Saham dan Pemangku Kepentingan yang Terhormat,

    tahun 2012 merupakan tahun yang menggembirakan bagi indonesia. kondisi perekonomian bangsa kita terus membaik dibandingkan tahun sebelumnya. perekonomian indonesia tumbuh di atas angka 6,3%. perekonomian yang kondusif dan stabil didukung peningkatan ekonomi domestik yang tetap tinggi, menjadi momentum penting bagi perseroan untuk tetap tumbuh, berkembang, bahkan selalu terdepan di industri konstruksi, epc, properti dan industri lain yang kita masuki.

    goyahnya perekonomian global, terutama di amerika Serikat dan eropa, tidak menjadikan perekonomian indonesia menjadi stagnan. indonesia mampu bertahan dari gejolak ekonomi yang melanda negara-negara adidaya tersebut. perkembangan kondisi global dan terjaganya indikator-indikator pertumbuhan menempatkan indonesia pada posisi yang kuat dalam percaturan ekonomi global. dalam konteks regional kawasan asia tenggara, pertumbuhan ekonomi indonesia paling tinggi bila dibanding negara lain dalam kelompok aSean 5 (indonesia, thailand, malaysia, filipina, dan vietnam) yang hanya tumbuh sekitar 5,4%. di antara negara di kawasan asia, pertumbuhan ekonomi indonesia berada di bawah china, tetapi telah melampaui india.

    pertumbuhan ekonomi indonesia banyak disumbang oleh pertumbuhan yang terjadi hampir di semua sektor ekonomi. Sektor konsumsi domestik di negara-negara asia termasuk indonesia, menjadi salah satu pengaman dalam menjaga ketahanan ekonomi secara keseluruhan dan berlindung terhadap dampak krisis secara langsung. ke depannya, pertumbuhan ekonomi indonesia masih akan ditopang oleh permintaan domestik yang cukup kuat dan potensi ekspor yang membaik. hal tersebut juga didukung oleh masih cukup kuatnya sumber pertumbuhan ekonomi daerah, khususnya di kawasan timur indonesia (kti) dan jawa.

    pertumbuhan ekonomi indonesia yang diukur berdasarkan kenaikan produk domestik bruto (pdb) pada 2012 mencapai 6,23% dibandingkan realisasi 2011 karena peningkatan di semua sektor ekonomi. kinerja perekonomian indonesia yang kondusif tidak terlepas dari upaya-upaya yang dilakukan pemerintah. berbagai sektor mengalami peningkatan, termasuk pada sektor konstruksi yang turut membukukan kenaikan kinerja.

    adapun sektor yang mengalami pertumbuhan tertinggi terjadi pada sektor pengangkutan dan komunikasi yang mencapai 9,98%, diikuti oleh Sektor perdagangan, hotel, dan restoran 8,11%, Sektor konstruksi 7,50%. pertumbuhan yang positif itu, terjadi pada sektor konstruksi tumbuh

    LAPORAN DIREKSIBOARD OF DIRECTORS REPORT

    Dear Shareholders and Stakeholders,

    the year 2012 has been a graceful year for indonesia. our nations economy continuously improving from previous year. Indonesia economic growth is above 6.3%. A conducive and stable economy, coupled with high increase in domestic economy, built an important momentum for the Company to continue to grow, develop, even to be the forefront in construction, epc, property and other industries we venture into.

    global economy uncertainty, including in the united States and europe, does not translate into a stagnant Indonesia economy. Indonesia able to survive from economic turbulences that are affecting those first world countries. those global conditions, added with stable growth indicators have put Indonesia in a strong position within the global economy environment. In South East asia, indonesias economic growth is the highest amongst the aSean 5 (indonesia, thailand, malaysia, philippine and vietnam) which only see around 5.4% growth. amongst asian countries, indonesias economic growth is still below Chinas but above Indias.

    almost all economic sectors contributed to indonesia economic growth. domestic consumption sector in asian countries including indonesia has become one of the buffers in maintaining the overall economic resilience, as well as from crisis direct implication. in the future, indonesia economic growth will still be sustained by strong domestic demands and improving export potential. In addition, local economic growth, specifically in Eastern Part of Indonesia (EPI) and Java, will also play its part.

    indonesia economic growth, which is measured from its gross domestic product (gdp) increase in 2012, is able to reach 6.23% compared to 2011 figure because of growth within all economic sectors. Government through its efforts also plays a part in the conduciveness of this country economic performance. various sectors experienced improvement, including construction sector which saw improve in performance.

    Sectors that experienced highest growth were shipment and communication with 9.98%, followed by trade, hotel and restaurant sector with 8.11%, and construction Sector with 7.50%. Positive growth occurred in construction sector with 4.02% growth, electricity, gas and clean water

  • Annual Report 2012 PT PP (Persero) Tbk 35

    4,02%, sektor listrik, gas dan air bersih tumbuh 3,34%, sektor perdagangan, hotel dan restoran tumbuh 2,74%, sektor pengangkutan dan komunikasi tumbuh 2,00%, sektor jasa-jasa tumbuh 1,96%, sektor industri pengolahan tumbuh 1,41%, sektor keuangan, real estat, dan jasa perusahaan tumbuh 1,23%, dan sektor pertambangan dan penggalian tumbuh sebesar 0,20%. kinerja sektor bangunan (konstruksi) yang mencapai 7,50% ini mengindikasikan masih tingginya kegiatan investasi, terlihat dari berbagai realisasi proyek investasi baik pemerintah maupun korporasi swasta. pertumbuhan di sektor konstruksi ini seiring dengan program masterplan percepatan dan perluasan pembangunan ekonomi indonesia (mp3ei) yang dicanangkan pemerintah dari 2011 hingga 2025. Saat ini rata-rata pertumbuhan sektor kontrusksi per tahun mencapai 6%-7%.

    meningkatnya pertumbuhan ekonomi negara kita, menjadikan indonesia sebagai salah satu negara yang berhasil meraih predikat Layak Investasi. Terjadinya krisis ekonomi eropa dan amerika Serikat menjadikan indonesia sebagai pasar alternatif yang sangat menjanjikan bagi investor asing. Masih kuatnya ekonomi Indonesia menunjukkan sentimen yang positif bagi proyeksi pengerjaan proyek-proyek perseroan. keadaan yang positif ini akan menguntungkan bagi kinerja perseroan dan menjadi peluang yang bagus untuk meningkatkan kinerja serta pendapatan.

    Kinerja dan Posisi Keuangan 2012tahun ini, perseroan mencatat peningkatan pendapatan secara signifikan. Tahun 2012 menjadi periode yang penting bagi ptpp, untuk melangkah lebih jauh dalam mengekspansi pasar dan memperluas proyek-proyek di bidang energi. perseroan telah tumbuh dan unggul secara kualitas dalam beragam bisnis. berbagai milestone telah kita lewati dan memberikan pondasi yang kuat untuk melangkah di tahun berikutnya. perseroan telah mencapai serta menerapkan berbagai strategi dalam menjalankan roda bisnis.

    atas kerjasama yang baik antar jajaran direksi dan dewan komisaris, target yang telah ditetapkan manajemen berhasil dicapai perseroan, bahkan melebihi target perseroan. kondisi yang terus menunjukkan kinerja yang baik diharapkan terulang di tahun 2013. pencapaian ini tentu membutuhkan kerja keras, dengan semangat mengusung tata kelola perusahaan yang baik (gcg) yang didukung manajemen. Selain itu, dalam melaksanakan proses kinerja, langkah direksi tak terlepas dari visi dan misi yang diemban perseroan untuk tetap menjadikan semangat keterbukaan informasi dan akuntabilitas dalam pengelolaan perseroan.

    with 3.34% growth, trade, hotel and restaurant with 2.74% growth, shipment and communication sector with 2.00% growth, services sector with 1.96% growth, manufacturing industry sector with 1.41% growth, financial, real estate and corporate service sector with 1.23% growth, and mining and excavation sector with 0.20% growth.

    construction sector performance of 7.50% indicates that there is still high investment, which can be seen through the realization of investment project whether from the government of private corporation. This growth in the construction sector is in-line with indonesia economic Master Plan (MP3EI) which the government initiated for the period from 2011 to 2025. Currently the average growth of the construction sector is around 6%-7% annually.

    increase in our countrys economic growth has made Indonesia as one of the countries that successfully received an Investment Grade. Economic crisis in Europe and the united States of america has positioned indonesia as a promising alternative market for foreign investor. Indonesias strong economy has shown its impact in the form of positive sentiments towards the companys marketings projection. This positive environment will benefit the Company and provide excellent opportunity to increase our performance and revenue.

    Performance and Financial Statements 2012This year the Company recorded a significant increase in revenue. The year 2012 is an important period for PTPP to move forward in market expansion and diversify our projects in the energy sector. the company has grown and excels in quality within various businesses. We have gone through several milestones which provided us with the strong foundation for next year. the company has accomplished and applied several strategies in running our business.

    We have surpassed the target laid down by management through good cooperation between the board of directors and the board of commissioners. a condition which shows good performance that we expect to achieve again in 2013. Such achievement requires hard work and the spirit to implement Good Corporate Governance (GCG) practice which has the support from management. in addition the board of directors remains true with the companys vision and mission of implementing information transparency and accountability practice in managing the company and its performance processes.

  • PT PP (Persero) Tbk Laporan Tahunan 201236

    Sepanjang tahun 2012, perseroan mencatat laba bersih sebesar rp309,68 miliar, naik 28,91% dibandingkan periode 2011 sebesar rp240,22 miliar. kenaikan pendapatan sebesar 28,43%, dari rp6,23 triliun pada 2011 menjadi rp8,00 triliun pada 2012. kontrak baru juga meningkat sebesar 57%. hasil pencapaian ini disumbangkan dari proyek Engineering, Procurement, & Construction (epc) sekitar 17%. perseroan juga membangun pembangkit listrik di jambi, pltg duri riau untuk 100 mw, pltu 2x7 mw-lampung, dan pltg talang duku 65 mw di Sumatera Selatan.

    Sejak tahun 2010 dan 2011, proyek Engineering, Procurement, & Construction (epc) telah dilakukan penggarapannya oleh perseroan. dalam rentang waktu 2 tahun, perkembangan proyek epc sudah menunjukkan kontribusi laba kotor 14% dari total laba kotor perseroan. Sedangkan konstruksi saat ini masih menjadi penyumbang terbesar bagi pendapatan perseroan hingga 81,58%. fokus perseroan dalam mendapatkan laba harus dibuktikan dengan kinerja keuangan khususnya dalam surplus cash flow.

    Strategi Pertumbuhan dan Prospek Bisnispencapaian yang sudah melewati target, baik laba dan pendapatan perseroan, tidak serta merta menjadikan perseroan lantas berpuas diri. direksi berharap, kinerja tersebut akan lebih baik lagi pada tahun 2013. tahun 2013, akan menjadi tahun yang penuh tantangan bagi perseroan. di tahun ini pula, perseroan menargetkan perolehan kontrak baru sebesar rp19,7 trilliun, dengan target penjualan rp10,60 trilliun atau naik sebesar 32,45% dibandingkan tahun 2012. Sedangkan untuk pertumbuhan laba bersih perseroan menargetkan kenaikan sebesar 20% dibandingkan tahun 2012.

    guna mencapai target-target tersebut, berbagai upaya untuk meningkatkan pertumbuhan perseroan dan penerapan strategi terus dilakukan. Salah satunya adalah menciptakan bisnis yang berkelanjutan yang merupakan sebuah keharusan. perseroan terus menerus membangun sustainaibility agar roda bisnis terus berputar dan semakin berkembang di masa mendatang.

    untuk bidang bisnis yang memerlukan keahlian khusus, perseroan juga telah membentuk Strategic partnership dengan Specialist, sementara itu untuk bidang infrastruktur, perseroan sudah memiliki pengalaman selama lebih dari setengah abad. Untuk bidang Investasi akan difokuskan pada proyek-proyek infrastruktur dan Power Plant. Selanjutnya, saat ini perseroan juga telah mengembangkan investasi dalam pembangunan apartemen dan hotel.

    Laporan Direksi Board of Directors Report

    during 2012, the company recorded rp309.68 billion of net profit, a 28.91% increase compared to 2011 number of Rp240.22 billion. An increase in revenue as much as 28.43%, from rp6.23 trillion in 2011 to rp8.00 trillion in 2012. new contract has also risen as much as 57%. the engineering, procurement, & construction (epc) project contributed 17% to this achievement. The Company also built power plant in jambi, duri riau gas power plant (pltg) for 100 mw, Steam power plant (pltu) 2x7 mw-lampung and talang duku pltg 65 mw in South Sumatra.

    Since 2010 and 2011, the company has initiated engineering, procurement & construction (epc) project. Within two years, EPC project development has shown a 14% contribution to the Companys gross profit. While construction remains as our largest revenue contributor as much as 81.58%. The Companys focus in obtaining profit must be proven with financial performance, specifically in cash flow surplus.

    Growth Strategy and Business ProspectAlthough we have surpassed our target, including the Companys profit and revenue, we do not stand idle. The Board of Directors would like to improve 2012 performance in 2013. it will be a year full of challenges in 2013 for the Company. In this same year, we have placed a target for new contract with the value of Rp20.62 trillion, with sales value of Rp10.60 trillion or an increase of 32.45% compared to 2012. For net profit, the target that we want to pursue is a 20% increase compared to 2012.

    In order to achieve those targets, we have put in place several efforts to increase the Companys growth and execution of strategy. One of which is developing a necessary sustainable business. the company pursues development of sustainability so that our business can continue to run and grow in the future.

    In supporting business that required specific expertise, the company has also set up Strategic partnership with Specialist, in the meantime we already have half century of experience in the infrastructure field. For the Investment area, we will be focusing on infrastructure projects and power plant. furthermore, the company is now also expanding its investment in apartment and hotel construction. Using vacant land owned by us in various locations, prospect of

  • Annual Report 2012 PT PP (Persero) Tbk 37

    pemanfaatan tanah kosong yang dimiliki perseroan di beberapa wilayah menjadikan prospek properti ini terus menggeliat dan menampakkan hasil investasi yang menguntungkan. kelihaian perseroan dalam memanfaatkan aset sangat menguntungkan bagi perseroan sendiri.

    Investasi strategis telah dirancang untuk menciptakan peluang bisnis konstruksi dan epc. langkah-langkah yang menjadi bagian dari strategi untuk terus bertumbuh, antara lain program efisiensi, riset dan pengembangan untuk membangun inovasi, melakukan manajemen risiko, membangun keuangan yang sehat, serta menciptakan tata kelola perusahaan yang baik atau Good Corporate Governance.

    Pengembangan Human Capitalperseroan sangat fokus menargetkan strategi dan prospek bisnis tersebut di atas, didukung dengan kemampuan, kompetensi dan pengalaman dalam menggarap proyek-proyek. langkah ini menjadi pijakan bagi perseroan untuk mencapai kemajuan yang lebih baik di masa mendatang, dengan didukung kualitas sumber daya manusia (Sdm) yang unggul dan kompeten. Sdm sebagai aset unggulan dari perseroan terus menunjukkan tingkat profesionalitas yang semakin tinggi. Secara berkelanjutan perseroan menerapkan program-program pengembangan Sdm termasuk peningkatan produktivitas dan kesejahteraan karyawan.

    melalui upaya manajemen dalam pengelolaan PP University, SDM Perseroan terus ditingkatkan kualitasnya. Selain training internal, PP University juga membuka kesempatan bagi perusahaan lain untuk melakukan pelatihan. kegiatan tersebut bahkan mendatangkan keuntungan bagi perseroan walau keuntungan tersebut bukan tujuan utama dari adanya PP University.

    Selain menciptakan SDM berkualitas melalui PP University, upaya merekrut kader-kader Sdm unggulan dilakukan di luar lingkungan perseroan. perekrutan mencakup fasilitasi dari kampus-kampus ternama, memilah Sdm yang memiliki kompetensi tinggi dan memenuhi kebutuhan industri. inilah langkah strategis perseroan dalam merekrut kader unggulan Sdm di perseroan.

    Dari segi inovasi, Perseroan terus melakukan pembaharuan. Inovasi yang telah diterapkan Perseroan, antara lain adalah konsep Green Construction. konsep ini menjadi salah satu inovasi yang terus ditumbuhkan di dalam setiap proyek. adanya kumpulan bank data engineering (bde) yang

    these properties continue to thrive and show profitable return on investment. The Companys ingenious ways to manage its assets proves to be beneficial for the Company itself.

    Strategic investment has been developed to create opportunities in construction and epc business. part of the strategy is steps to continue growth through among others programs on efficiency, research and innovation development, conducting risk management, secure financial condition, and implementing Good Corporate Governance.

    Human Capital Developmentour main focus is on the strategy and business prospect mentioned above, supported with capability, competence and experience in working on projects. this step is a stepping stone for the Company to achieve better progress in the future, with the support of excellent and competent human resources. human resources as the companys leading asset has continue to show high level of professionalism. We implemented Human Resources development programs such as increasing productivity and employees welfare in a sustainable manner.

    Through PP University, management continues its effort in increasing human resources quality. besides internal trainings, PP University also provides opportunity for other companies to conduct trainings. Such activities even generate income for us, although income is not PP University main objective.

    in addition to producing quality human resources through PP University, efforts in recruiting excellent people from outside the company are being conducted. recruitment includes facilitating reputable universities, selecting high competence human resources and match with the industrys requirements. this is our strategic step in recruiting excellent human resources for the company.

    In terms of innovation, the Company continues to conduct improvement. Example of our innovation among others is green construction concept. this concept has become our innovation that is being applied in every project. engineering data bank (edb) which contains hundreds of

  • PT PP (Persero) Tbk Laporan Tahunan 201238

    saat ini isinya mencapai ratusan metode konstruksi telah menjadi panduan bagi manajer proyek di setiap daerah dalam pelaksanaan proyek yang berlandaskan pada inovasi tersebut.

    Dengan inovasi, Perseroan jelas akan mendapatkan keuntungan yang maksimal dan melalui bde ini pula, penyebarannya terakses ke setiap proyek perseroan di seluruh nusantara. panduan dari bde ini juga akan menguntungkan bagi jenjang karir manajer dalam mengembangkan karirnya di perseroan. aset Sdm yang terus berinovasi menjadi keunggulan Perseroan dalam pengembangan bisnis. Setiap tahunnya, perseroan memberikan Award bagi tim proyek berprestasi yang mampu menunjukkan inovasi teknik serta kinerja yang sangat memuaskan.

    Tata Kelola Perusahaan Yang Baikdalam menjalankan roda bisnis, perseroan berpedoman pada prinsip tata kelola perusahaan yang baik (gcg), dan hal ini menjadi mutlak dilakukan perseroan. Secara konsisten, perseroan menerapkan prinsip-prinsip gcg dalam kegiatan usahanya. perseroan memiliki keyakinan yang kuat bahwa dengan penerapan tata kelola perusahaan yang baik akan meningkatkan kinerja perseroan, memperkokoh kepercayaan serta meningkatkan nilai bagi pemegang saham dan pemangku kepentingan lainnya.

    Sebagai perusahaan publik, penerapan gcg diselaraskan dengan dinamika bisnis yang terjadi. gcg diimplementasikan secara terintegrasi dengan pengelolaan kepatuhan, manajemen risiko dan pengendalian internal. penerapan prinsip-prinsip gcg dalam organisasi perseroan berlandaskan pada komitmen untuk menciptakan perusahaan yang transparan dan terpercaya melalui manajemen bisnis yang dapat dipertanggungjawabkan. kepercayaan menjadi hal utama yang ingin diraih perseroan. dengan konsep gcg yang mengedepankan transparansi dan akuntabilitas, maka perusahaan mendapatkan hasil yang positif sekaligus menjamin pertumbuhan perseroan yang berkesinambungan dalam jangka panjang. penguatan gcg dalam hal ini dimaksudkan agar penerapan gcg senantiasa melekat dan selaras dengan tuntutan bisnis saat ini.

    upaya perseroan untuk menerapkan prinsip-prinsip gcg di seluruh elemen perusahaan dilakukan melalui sosialisasi yang berkesinambungan kepada seluruh karyawan hingga evaluasi serta monitoring. hal ini menunjukkan kesungguhan jajaran direksi untuk fokus dalam penerapan gcg di tubuh perseroan. Sehingga, berdasarkan hasil penilaian yang dilakukan oleh pihak independen, scoring implementasi gcg perseroan selalu menunjukkan trend kenaikan dari tahun ke tahun. ini membuktikan bahawa gcg telah menyatu dalam budaya kerja perseroan.

    Laporan Direksi Board of Directors Report

    construction method has become a manual for project Manager in every area in conducting project based on that innovation.

    With innovation, we were able to obtained maximum profit and through EDB, it provides access to innovation to the companys projects across the country. guideline manual from EDB also benefits Managers in their individual career path in the company. human resources that continue to innovate become our advantage in business development. Annually we give an award for accomplished Project Team that can show technical innovation and satisfying performance.

    Good Corporate Governancein managing the business, we abide to good corporate Governance (GCG) Principal, and this is a must do in our company. consistently, the company applies gcg principals in its operation. We have the strong belief that by applying gcg, we will also increase the companys performance, establish trust and increase value for our shareholders and stakeholders.

    as a public company, gcg implementation is matched with the surrounding business dynamics. gcg is being implemented in an integrated manner with compliance management, risk management and internal control. implementing gcg principals within this company organization is built upon the commitment to create a transparent and trusted company through business management with accountability.

    Trust is the main thing that the Company strives to gain. with a gcg concept that put forward transparency and accountability, we obtained positives results while at the same time guarantees the companys growth in a sustainable manner. Strengthening gcg is meant so that the implementation can remain attach and in-line with current business demands.

    the companys effort in implementing gcg principals in all elements is conducted through continuous socialization to all employees up to evaluation and monitoring. This shows the board of directors sincerity to focus in implementing gcg within the organization. the result, according to independent party assessment, our gcg implementation scoring has always shown an increasing trend from year to year, this shows that gcg is embedded in the companys working culture.

  • Annual Report 2012 PT PP (Persero) Tbk 39

    Manajemen Risiko yang Terukur dan Bijaksanaperkembangan yang terjadi pada perseroan, dengan menjadi sebuah Perusahaan Publik, merupakan motivasi bagi manajemen perseroan dalam menghadapi tantangan yang lebih besar dan kompleks. akan tetapi tuntutan perubahan tersebut tak hanya memunculkan peluang, tetapi juga risiko. apabila dibiarkan maka risiko akan memiliki peluang yang sangat besar untuk menjadi penyebab tidak tercapainya tujuan dan misi perseroan. akibat tidak tercapainya tujuan dan misi perseroan, maka akan timbul ketidakpercayaan publik terhadap perseroan dan akibat yang jauh lebih fatal adalah terhentinya roda bisnis.

    karena itulah, keberadaan manajemen risiko menjadi hal yang mutlak. perseroan telah mengambil langkah-langkah strategis sejak dini guna menghadapi timbulnya potensi risiko usaha yang bisa muncul. langkah-langkah strategis ditempuh, antara lain berupa upaya perbaikan sistem manajemen risiko menjadi lebih efektif dengan tetap berpedoman pada tiga tahapan standar yaitu Identifikasi resiko, perencanaan dan Strategi, serta Monitoring, mitigasi dan Evaluasi.

    manajemen risiko diperlukan untuk mengoptimalkan penggunaan sumber daya terbatas yang dimiliki perseroan. untuk proyek-proyek regular perseroan, manajemen risiko dilakukan di masing-masing unit kerja berdasarkan peran dan fungsinya selaku risk owner. Sedangkan untuk bisnis investasi serta proyek-proyek dengan tingkat kompleksitas dan potensi resiko yang tinggi, pelaksanaan manajemen risiko dilakukan oleh tim manajemen risiko yang dibentuk berdasarkan keputusan direksi no 033/Sk/pp/dir/2011 tanggal 14 oktober 2011 tentang pembentukan tim manajemen risiko perseroan.

    Manajemen risiko yang ada perlu dievaluasi secara periodik melalui aktifitas pengendalian (internal control). kehati-hatian dalam menjalankan pengembangan bisnis baru, juga menjadi langkah strategis yang diterapkan manajemen. dengan manajemen risiko, penggodokan bisnis baru dilakukan agar prinsip kehati-hatian terus berjalan. termasuk ketika perseroan memasuki bidang oil dan gas.

    Perubahan Komposisi DireksiSepanjang tahun 2012 tidak ada perubahan susunan direksi.

    Measureable and Fair Risk Managementwhen the company became a public company, the management is motivated in facing larger and more complex problems. the demands resulting from that change brought opportunities, but they also brought risks. Should those risks be ignored, it may become an obstacles preventing the Company to achieve its objectives and mission. Should that happened, the public might not trust us anymore and a more fatal consequence is the business will stop running.

    to that end, risk management must be applied. we have taken early strategic steps to face potential risks that could happen in the future. those steps among others are improvement in Risk Management system to become more effective but still grounded on three standard stages which are Risk Identification, Planning and Strategize, and Monitoring, Mitigation and Evaluation.

    risk management is required to optimize the companys limited resources. for our regular projects, risk management is implemented in each working unit based on its role and function as risk owner. While for the investment business and projects with high level of complexity and risk potential, Risk management is conducted by the risk management team which is established through the board of directors decision no. 033/Sk/pp/dir/2011 dated october 14th, 2011 regarding establishment of the companys risk management team.

    Our existing Risk Management need to be evaluated periodically through internal control. precaution in developing new business is also a strategic step that the management implemented. with risk management, assessment of new business with precaution, remain to be implemented. including when we enter the oil and gas sector.

    Changes to Board of Directors Compositionduring 2012 there is no changes in the composition of board of directors.

  • PT PP (Persero) Tbk Laporan Tahunan 201240

    Kontribusi Membangun Tanggung Jawab Sosial Perusahaan yang KonsistenSudah selayaknya keberhasilan perseroan juga dapat dinikmati oleh masyarakat sebagai bentuk tanggungjawab perusahaan. kewajiban perseroan memenuhi tanggung jawab sosialnya dibuktikan dengan kepedulian perseroan terhadap masyarakat dan lingkungan serta keberlanjutan pembangunan. perseroan memiliki komitmen agar keterlibatan perusahaan dalam peningkatan kualitas hidup masyarakat dan lingkungan dapat dilakukan secara lebih sistematis dan menjadi bagian integral dari bisnis perusahaan melalui kegiatan Corporate Social Responsibility (cSr). pelaksanaan kegiatan tanggung jawab sosial senantiasa dilakukan secara tepat kelola agar tepat sasaran, antara lain dengan melaksanakan pasar murah penjualan 2.500 (dua ribu lima ratus) paket sembako subsidi perseroan yang diperuntukan bagi masyarakat kurang beruntung, pelaksanaan donor darah, serta beberapa bantuan untuk para korban bencana alam.

    Sebagai perusahaan bumn, perseroan turut berupaya didalam pengentasan kemiskinan dan penciptaan lapangan kerja melalui pembinaan usaha mikro dan kecil (umk) dalam kerangka program kemitraan dan bina lingkungan (pkbl), yang diatur dengan peraturan menteri negara bumn no.per-05/mbu/2007 tanggal 27 april 2007 juncto per-20/mbu/2012 tanggal 27 desember 2012.

    dalam hal lingkungan, perseroan telah mencanangkan konsep Green Construction, dimana telah menjadi keharusan untuk dilaksanakan di setiap kegiatan perseroan, terutama di proyek konstruksi dan menjadi salah satu keunggulan bersaing. proyek Green Building yang telah diselesaikan maupun yang sedang dalam tahap konstruksi diantaranya: kantor kedutaan besar Singapore, kantor kedutaan besar austria, kantor pusat kementerian pekerjaan umum, kantor pusat dahana dan kantor pusat jasamarga, gedung fisipol uin tahap iii, kejaksaan ri ceger, serta Jakarta Automated Air Traffic Service (JAATS). Melalui konsistensi dan komitmennya terhadap pelaksanaan Green Construction, di tahun 2012 perseroan berhasil menorehkan sejumlah prestasi melalui penghargaan yang diterima dari tingkat nasional maupun internasional.

    Laporan Direksi Board of Directors Report

    Contribution in Establishing Consistent Corporate Social Responsibilitythe success that our company enjoys should also be experienced by the communities as part of our companys responsibilities. Our obligation as a company is to fulfill our social responsibility through our attention towards the community and environment, as well as sustainable development. The Company is committed to be involved in increasing the communities quality of life and environment in a systematic and integrated part of our business with Corporate Social Responsibility (CSR) activities. Implementation of these activities is managed properly so it will affect the right people and environment. Examples of this such as conducting affordable market selling 2,500 (two thousand five hundred) package of nine kinds of basic needs provided by the Company for the disadvantage people, blood donor, and several aid for natural disaster victims.

    as State owned enterprise, the company also participated in poverty eradication and establishment of jobs through coaching of micro and Small businesses (umk) through our Partnership and Environment Development Program (PKBL) which is regulated by State owned enterprise ministrial decree no. per-05/mbu/2007 dated april 27th, 2007 juncto per-20/mbu/2012 dated december 27th, 2012.

    In terms of environment, the Company has established the green construction concept, which is a necessity to be implemented in every activities, especially in construction project, thus it has become one of our competitive advantages. Several of the Green Building Projects that we have completed or still ongoing are: Singapore Embassy, Austria Embassy, Public Work Ministry Office, Dahana Head Office and Jasamarga Head Office, State Islam University (uin) Social and political Science faculty building Stage III, Ceger State Prosecutor, Jakarta Automated Air Traffic Service (JAATS). Due to its consistency and commitment to green construction implementation, the company was rewarded with several national and international awards in 2012.

  • Annual Report 2012 PT PP (Persero) Tbk 41

    Apresiasitahun 2012 telah berhasil dilalui perseroan dengan kinerja yang membanggakan. pencapaian ini adalah hasil dari kegigihan dan optimisme perseroan dalam menghadapi tantangan yang ada. berbagai tantangan tersebut, baik internal maupun ekseternal telah dihadapi dengan komitmen tinggi. kami menyampaikan terima kasih kepada seluruh karyawan yang memiliki andil besar dan berperan tinggi dalam pencapaian kinerja 2012. Seluruh pencapaian ini berkat hasil kerja keras dan dedikasi para karyawan ptpp yang telah memberikan kontribusi yang positif kepada perseroan.

    keberhasilan yang telah kita capai, tak terlepas dari peran serta dewan komisaris, pemegang saham, stakeholder dan pemangku kepentingan. atas segala saran, nasihat, dukungan dan kepercayaan, sehingga pada tahun 2012 kita dapat terus melaksanakan berbagai pengembangan dan tumbuh melampaui target yang ditetapkan. kami menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kerja sama dan dukungan serta kepercayaan yang telah diberikan kepada kami. kami berharap kerjasama ini dapat terus berjalan dan berlangsung demi tercapainya prestasi-prestasi yang membanggakan.

    ir. bambang triwibowo Direktur Utama

    President Director

    atas nama direksi,on behalf of the board of directors,

    Acknowledgementsthe company has gone through 2012 with performance we can be proud of. This achievement is the result of the companys persistency and optimism in facing challenges that were in front of us. those challenges, either internal or external, have been overcome with high level of commitment.

    We would like to say thank you to all employees who have played major part in our 2012 performance. all of this is because of ptpp employees hard-work and dedication which have positive contribution to the Company.

    our accomplishments, is also due to participations from the board of commissioners, shareholders, and stakeholders. For all their recommendations, advice, support and trust, that we were able to conduct various improvement and grew beyond the set target in 2012. We would like to give our utmost appreciation for cooperation, support and trust that have been given to us. We hope this cooperation can continue to achieve further accomplishments.

  • PT PP (Persero) Tbk Laporan Tahunan 201242

    Ir. Bambang Triwibowo Direktur UtamaPresident Director

    Ir. Tumiyana, MBADirektur Keuangan Director of Finance

    Laporan Direksi Board of Directors Report

  • Annual Report 2012 PT PP (Persero) Tbk 43

    Board Of Directors

    Direksi

    Ir. Wayan KariokaDirektur Teknik & Pemasaran Director of Engineering and Marketing

    Ir. Ketut Darmawan Direktur Operasi Director of Operations

    Ir. Harry Nugroho, MM Direktur EPC & Pengembangan Usaha Director of EPC & Business Development

  • PT PP (Persero) Tbk Laporan Tahunan 201244

    Dewan Komisarisboard of commiSSionerS

    Eddy Purwanto, SE, MPA Drs. Timbul Tambunan, MM Ir. Winarno, M.Eng.Sc

    Komisaris Utama & Komisaris IndependenPresident Commissioner & Independent Commissioner

    Ir. Daryatno Husein Thaib, S.IPKomisaris

    CommissionerKomisaris & Komisaris Independen

    Commissioner & Independent Commissioner

    Surat pernyataan anggota dewan komiSariS dan direkSi tentang tanggung jawab ataS laporan tahunan 2012 pt pp (perSero) tbk.

    kami yang bertanda tangan di bawah ini menyatakan bahwa semua informasi dalam laporan tahunan pt pp (persero) tbk tahun 2012 telah dimuat secara lengkap dan bertanggung jawab penuh atas kebenaran isi laporan tahunan perusahaan.

    demikian pernyataan ini dibuat dengan sebenarnya.

    april, 2013

    Drs. Gembong Prijono, M.Sc

    KomisarisCommissioner

    KomisarisCommissioner

    KomisarisCommissioner

    PERNYATAAN PERTANGGUNGJAWABAN LAPORAN TAHUNAN 2012Management Responsibility of 2012 Annual Report

  • Annual Report 2012 PT PP (Persero) Tbk 45

    Ir. Tumiyana, MBA Ir. Harry Nugroho, MMDirektur KeuanganDirector of Finance

    Direktur EPC & Pengembangan Usaha Director of EPC and Business Development

    Ir. Bambang TriwibowoDirektur Utama

    President Director

    Ir. Ketut Darmawan Ir. Wayan KariokaDirektur Operasi

    Director of OperationsDirektur Teknik & Pemasaran

    Director of Engineering and Marketing

    board of commiSSionerS and board of directorS Statement on the reSponSibility of the 2012 annual report of pt pp (perSero) tbk.

    we, the undersigned, testify that all information contained in the 2012 annual report of pt pp (persero) tbk have been presented in their entirety, and assume full responsibility for the accuracy of the contents of the companys annual report.

    this statement is hereby made in all truthfulness.

    april, 2013

    KomisarisCommissioner

    Direksiboard of directorS

  • PT PP (Persero) Tbk Laporan Tahunan 201246

    RENCANA & STRATEGI TAHUN 2012 DAN TAHUN 2013Planning and Strategy 2012 and 2013

    laju pertumbuhan ekonomi indonesia yang cukup menggembirakan, mencapai 6% di tahun 2012, membawa pengaruh yang sangat signifikan terhadap pertumbuhan dan perkembangan pt pp (persero) tbk. Stabilitas pertumbuhan ekonomi ini dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh perseroan, sehingga perseroan berhasil membukukan kinerja yang sangat baik dan mampu menjadi salah satu perusahaan terdepan di industri kontruksi. perseroan berhasil mencatatkan pertumbuhan yang strategis dengan pencapaian kenaikan laba bersih sebesar 28,91% menjadi rp309,68 miliar di tahun 2012, dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar rp240,22 miliar.

    Pertumbuhan tersebut didorong besarnya kontribusi divisi usaha konstruksi. Divisi konstruksi menyumbangkan 81% pendapatan dan laba Perseroan. Sementara itu, divisi engineering, procurement, & construction (epc) dan divisi Properti masing-masing menyumbangkan 17% dan 2%. Sedangkan dari segmen owner (pemilik proyek) komposisinya adalah sebesar 81% dari segmen pemerintah dan bumn, serta 19% dari segmen swasta.

    peningkatan pendapatan perseroan juga ditopang oleh perolehan kontrak baru. perseroan berhasil memperoleh kontrak baru sebesar rp19,47 triliun dan nilai tersebut berhasil melampaui target kontrak baru tahun 2012 sebesar rp16,80 triliun. keberhasilan lainnya ditujukan dari peningkatan ratarata nilai kontrak proyek baru sebesar 15% dari rp71 miliar ditahun 2011 menjadi rp82 miliar per proyek.

    kontrak-kontrak baru tersebut, antara lain educity apartment Surabaya, landmark pluit, bandara kualanamu; pembangkit listrik tenaga panas bumi (pltp) muara labuh Sumatera dan proyek epc pembangkit listrik tenaga mesin gas (pltmg) 100 mw di duri pekanbaru, Sumatera, jalan papua dan perolehan terbesar dari pt pelindo ii untuk proyek pelabuhan new tanjung priok atau kalibaru sebesar rp8,2 triliun.

    di bidang epc perseroan telah melaksanakan beberapa proyek power plant, yaitu pltg 65 mw talang duku palembang, pltu 2x7 mw lampung tengah, pltgu 3x40 mw kdl cilegon, pltmg 100 mw duri riau, serta pltmg 90 mw Sei gelam jambi yang merupakan proyek listrik tenaga mikro gas pertama di indonesia yang rencana proses pengerjaannya akan selesai pada mei 2014. epc bidang pertambangan yang telah dilaksanakan, antara lain jetty, Barge loader & Conveyor Jembayan, Serakaman Sebuku, serta berau coal Suaran, ketiganya berlokasi di kalimantan.

    Untuk hasil investasi pada pembangkit PLTG 65 MW Talang duku palembang, perseroan turut memberikan sumbangsih listrik pada acara Sea games di beberapa waktu lalu, dan recurring income dari proyek tersebut terealisasi pada tahun 2012.

    the indonesian economic growth has experienced quite encouraging trend, achieving 6% in 2012, brought a significant influence for the growth and development of PT pp (persero) tbk. the stability of economic growth was utilized sufficiently by the Company, by successfully recorded a very good performance and strives as one of the best company in construction industry. the company posted a strategic growth by achieving an increase in net profit of 28,91% to rp309.68 billion in 2012, compared to rp240.22 billion in the same period of last year.

    This was driven by business growth of Construction division. Construction division contributed 81% of the Company revenue and profit. Meanwhile, Engineering, Procurement, & Construction (EPC) and Property division each contributed 17% and 2%. while the composition from owner segment (project owner), are 81% of Government and SEO segment, and 19% from private segment.

    The increase in revenue also supported by new contracts acquisition. the company successfully obtained new contracts with value of Rp19.47 trillion which exceeded the new contract target in 2012 amounting rp16.80 trillion. the other success story also shown from the increase of the average new contract value by 15% from Rp71 billion in 2011 to rp82 billion per project.

    the new contracts included educity apartment Surabaya, landmark pluit, kualanamu airport; geothermal power plant (pltp) muara labuh Sumatera and epc project of gas engine power plant (pltmg) 100 mw at duri pekanbaru, Sumatera, Jalan Papua and the biggest achievement from pt pelindo ii, for Seaport new tanjung priok project or Kalibaru with value of Rp8,2 trillion.

    On EPC, the Company had executed several Power Plant projects, included pltg 65 mw talang duku palembang, pltu 2x7 mw lampung tengah, pltgu 3x40 mw kdl cilegon, pltmg 100 mw duri riau, and pltmg 90 mw Sei gelam Jambi, which is the first micro gas power plant project in indonesia and planned to be completed by may 2014. for the Mining, included the Jetty, Barge loader & Conveyor jembayan, Serakaman Sebuku, also berau coal Suaran, three of them are located in kalimantan.

    On the investment of power plant PLTG 65 MW Talang Duku Palembang, the Company also contributed in providing the electricity on the Sea Games event some time ago, and the recurring income of the project had been realized in 2012.

  • Annual Report 2012 PT PP (Persero) Tbk 47

    partisipasi perseroan dalam pembangunan infrastruktur yang cukup besar antara lain ditunjukkan dengan pembangunan 7 (tujuh) bandar udara, yaitu bandara Sepinggan balikpap