most i 2013 2014

44
Magazine of Saint Agnes EDISI I 2013-2014

Upload: hari-satiman

Post on 06-Apr-2016

253 views

Category:

Documents


10 download

DESCRIPTION

Magazine of Saint Agnes (Majalah SMA Katolik Santa Agnes) Surabaya

TRANSCRIPT

Page 1: MOST I 2013 2014

Magazine of Saint Agnes

EDISI I 2013-2014

Page 2: MOST I 2013 2014

Non scholae, sed vitae discimus

Kita belajar bukan untuk sekolah melainkan untuk hidup.

Adagium ini berasal dari surat-surat Seneca Muda, Epistulae morales ad Lucilium CVI, 12.

Seneca adalah filsuf dan pujangga Romawi

yang hidup antara 4 SM - 65 M.

Page 3: MOST I 2013 2014

1

AKTUAL

Magazine of Saint Agnes Edisi I 2013-2014

H ymne guru berkumandang di Ruang Guru (25/11/2013). Para pengurus OSIS mem-persembahkan itu usai upacara Hari Guru. "Bagi saya, peringatan Hari Guru ini, berarti

bagi saya meneladani sikap dan pengabdian mereka, agar mereka selalu bisa jadi teladan bagi murid-muridnya," tutur seorang siswa. Terlihat rasa semangat yang kemudian menjelma menjadi buliran-buliran air mata karena haru. Beberapa guru-guru tampak haru dan berkaca-kaca menikmati lantunan lagu Terima Kasih Guruku. (*)

Page 4: MOST I 2013 2014

2

Magazine of Saint Agnes Edisi I 2013-2014

Tim Redaksi

Pelindung : Sr Ludovica SSpS MEd, Pembina : Hariyanto, Koordinator : Christofer Chandra (X6/7), Sekretaris : Patricia T (XIIPA4/23), Anggota : Jovita Louisa S (X1/19), Christofer Chandra (X6/7), Priskilla Nindy (X6/22), Agnes Maria (XI Bhs/1), Rosabella P (XIIPA1/21), Stefani W (XIIPA2/22), Flora Claudya (XIIPA4/12), Karen Selly (XIIPA4/14), Novia Effendi (XIIPS1/7), Saras (XIIPS2), Fanny (XIIPS1), Oktavia J (XIIPS), Priscilla (X4/24), Kezia T (X3/15), Velicia Ade (XIIPS2/31).

Untuk Kalangan Sendiri

SPESIAL

S aya alumnus SMA St Agnes, masuk Juli 1964. Saya datang dari SMP IMKA Surabaya dan memilih se-

kolah ini. Waktu itu, isi sekolahnya cewek semua. Ada saja kekon-yolan di sekolah ini. Waktu pelajaran agama, Rm Evan Mensvoort CM (alm) menerangkan 'Agama yang benar', dengan santainya saya bertanya : "Apakah agama Katolik itu Agama yang Benar? Jawaban beliau mem-buat saya diam dan berhenti cen-gengesan.

"Belum tentu," tukasnya. "Kamu sendiri harus mengala-minya." Saya terdiam benar, dan kemudian berkonsentrasi dalam pelajaran. Sekian tahun kemudian, tepatnya 1969, saya dipermandi-kan. Ketika saya bekerja di Unika Widya Mandala, saya kem-bali bertemu Romo Mensvoort.

Saya mengucapkan terima kasih karena dia telah menjadikan saya Katolik. Saya terpanggil seperti sekarang, karena saya jadi murid SMA St Agnes (1964-1967). Terima kasih sekolahku, engkau mempersiapkan dan men-jadikan saya seperti sekarang ini. Terima kasih semua guru-guruku. (*)

Oleh : Irene R Adhikusuma

Page 5: MOST I 2013 2014

3

FOKUS

Magazine of Saint Agnes Edisi I 2013-2014

J ordhie Beally Korhua, itulah nama panjangnya, yang mengggemari BMX dan yoyo. Cowok kelahiran Jayapura ini

mengaku telah tertarik dengan yoyo sejak kelas 5 SD. Ia mengaku menyukai yoyo karena pada saat itu yoyo sedang naik daun, sehingga ia tertarik un-tuk memelajari beberapa teknik bermain yoyo. Sampai saat ini, Jordhie telah memelajari kurang lebih 30 teknik yoyo, dan yang paling dikua-sai adalah teknin doble triangle. Ketika ditanya siapa yang berjasa mengajarkan teknik-teknik yoyo, ia mengatakan bahwa kakaknyalah yang selama ini men-gajarinya. Selain itu, TV dan internet turut berperan dalam proses bela-jarnya. “Ya, kalau nggak ada yoyo dan nggak ada yang ngajarin,” ka-tanya saat tim MOST bertanya mengenai kesulitan belajar yoyo. Lima buah yoyo masih ser-ing digunakan, tapi sudah lebih dari itu. Jordhie mengumpulkan yoyo sejak TK. Yoyo yang menjadi fa-voritnya adalah yoyo butterfly dan yoyo untuk looping.

Setiap orang itu jenius. Tapi jika anda menilai seekor ikan lewat kemampu-annya memanjat pohon, maka sepanjang hidup akan meninggalkan kesan ikan adalah bodoh." Itu adalah kutipan dari Albert Einsten yang seharusnya bisa mem-buat Anda mampu menemukan hobi. Setiap orang memiliki kelebihan, namun banyak yang belum menemukan apa itu kelebihannya. Hobi bisa menjadi cara untuk mencari tahu apa bakat anda dan apa yang benar-benar anda suka kerjakan. Tak hanya itu, mereka juga memiliki keuntungan, apa saja?

Laporan : Rosabella, Saras

Cowok ini mengaku harga yoyo yang pertama dibeli Rp 30.000 sampai Rp 50.000 dan yoyo ter-mahalnya Rp 275.000. Kegemarannya bermain yoyo ini mengantarkan Jordhie tergabung dalam komunitas Fly Yoyo Club Surabaya. Sayangnya ia belum pernah mengikuti kejuaraan yoyo. Namun cowok ini beberapa kali tampil di acara-acara sekolah untuk menunjukkan kebolehannya bermain yoyo. Eittsss…. Jangan salah, walau cowok berkulit putih ini tidak pernah mengikuti kejuaraan yoyo, ia pernah beberapa kali mengikuti kejuaraan BMX. BMX juga merupakan salah satu hobinya saat ini, ia mulai me-nekuni dunia BMX sejak kelas 10, dan bergabung dalam Bike Acad-emy Adrenaline Park Surabaya. Anak kelas XI IPA 1 ini mengatakan, belajar teknik-teknik BMX di Bike Academy Adrenaline Park Surabaya itu. Sampai sekarang masih belajar teknik-teknik BMX agar semakin mengua-sai, dan dapat memenangkan ke-juaraan. (*)

Page 6: MOST I 2013 2014

4

FOKUS

Magazine of Saint Agnes Edisi I 2013-2014

C owok berkacamata yang bernama Effendy kelas XI IPA 1 men-gaku bahwa dirinya menguasai beberapa trik sulap. Sulap ia lakukan untuk membuat orang lain senang dan tertarik untuk melihat trik-trik sulap yang ia lakukan.

Meski banyak kesulitan saat ia melakukan trik sulap, namun ia tidak pernah menyerah. Effendy selalu mengatasi halangan itu dengan terus ber-latih. Ketika ditanya mengenai trik sulap yang pertama kali ia kuasai, ia menjawab trik sulap angka. Cowok ini belajar dari orang lain yang juga memiliki hobi yang sama, tetapi ilmunya tidak pernah berhenti di situ. Effendy juga sering bela-jar dari internet dan buku-buku yang ia beli. Ketika membaca trik baru, Effendy mengaku langsung melatih ke-mampuannya kembali. Meski telah belajar sulap selama empat tahun tetapi ia merasa belum ahli. (*)

Laporan : Octavia, Veve Empat Tahun

Belum Ahli

David Copperfield

Untung Rugi

Hobi B

anyak orang punya hobi tertentu. Tentu saja, pili-han hobi itu sudah me-lalui proses. Ada yang

sekadar sebagai pengisi waktu tapi ada yang membuatnya menjadi profesi di kemudian hari. Tapi, apa saja keuntungan dan kerugian dari sebuah hobi? Hobi bisa mengalihkan ke-hidupan yang serbasibuk dan kacau. Hobi adalah aktivitas yang tulus kamu sukai, sehingga pikiran kamu tercurah ke sana dan mem-bantu sejenak melupakan banyak hal berat. Misalnya, membuat sketsa dari pensil, melukis dan merajut. Ketika melakukan itu, kamu seolah tidak berpikir tentang hal lain karena begitu fokus. Ini cara yang sehat untuk rehat sebentar dan membuat santai dan bahagia. Hobi memberi kesempatan untuk selalu tumbuh dan mende-

wasa. Hobi memberi kamu jalan mengeksplorasi bakat dan mencari tahu keistimewaan kamu. Selain itu, menyingkap kualitas pribadi kamu. Merajut dan membuat sketsa mengasah kreativitas seka-ligus kesabaran untuk detail. Hobi bisa mengeluarkan hasrat tersembunyi kamu sehingga membuat kamu, sebagai pribadi lebih menarik. Hobi membuka pintu segala jenis kesempatan sosial. Ada klub, tim terkait hobi yang bisa kamu kunjungi,. Ada yang rajin menekuni hobi melukis di atas gelas. Awalnya untuk hadiah teman dan kerabat. Mereka inilah yang kemudian ter-tarik untuk membeli. Itu bisa ter-jadi pada siapa pun. Jadi, selama kamu menemukan sesuatu yang menarik, kamu bisa menemukan cara untuk menghasilkan. Omong-omong apa hobi kamu, sudahkah kamu memilikinya? (*)

Page 7: MOST I 2013 2014

5

Magazine of Saint Agnes Edisi I 2013-2014

FOKUS

Laporan : Christofer Chandra

G ame online identik dengan hobi para co-wok. Salah satu cowo Stag yang hobi per-

mainan ini, sebut saja Filippo Pusura dari X6 yang akrab disapa Pipo. Ia tak segan mengeluarkan uang kira-kira Rp 200.000 per bulan untuk memenuhi hobinya dalam bermain Dota 2. Pipo yang sering menghabiskan waktu luangnya dengan bermain game online ini, imenghabiskan waktu kurang lebih 2 jam setiap kali bermain Dota 2. “Tapi, aku pernah main terus tanpa berhenti selama 13 jam,” katanya kepada MOST. Sebagai hobi, Pipo juga memiliki alat pendukung, yakni sebuah mouse khusus, seharga Rp 650.000.

Siswa lain yang hobi game online adalah Angger, siswa kelas X5. Beda dengan Pipo yang lebih suka game Dota 2, ia lebih suka bermain game Ayo dance. Kira-kira uang yang dike-luarkan Angger per bulanya ham-per sama dengan Pipo, Rp 200.000. Sedangkan kelengkapan perangkatkeras atau yang biasanya disebut hardware milik Angger-

ini jauh lebih banyak. Ada mouse seharga Rp 500.000, papan key-board seharga Rp 600.000, dan sebuah headset Rp 200.000. Peralatan itu wajib diguna-kan Angger setiap kali meme-menuhi hobi bermain game online, antara 2 jam dan paling lama 24 jam. (*)

Page 8: MOST I 2013 2014

6

FOKUS

Magazine of Saint Agnes Edisi I 2013-2014

B anyak film asing muncul, di antaranya anime. Penyuka anime mulai bermunculan dan se-

makin banyak, khususnya pelajar. Ada level newbie, anime lovers, otaku, dan yang ekstrem nijikon dan hikikomori (jatuh cinta pada dunia 2D hingga menikahi boneka karakter dari anime).

“Aku suka tokoh Lucy Heartfilia dan Natsu Dragneel dari anime Fairytail. Kalau dari anime Clannad, aku suka Okazaki To-moya dan Furukawa Nagisa,” lan-jut penggemar Detektif Conan ini. Suka nonton anime mem-berikan beberapa keuntungan. Mereka tak hanya menikmati alur cerita, tetapi jbelajar dari film.

Penyuka anime di sekolah kita antara lain Kelvin Yapola (XIA1), Ivonny (XIS2), Daniel Mahendra (XIA3), dan Reginacelli (XIA4). Mereka ini mengenal sejak SD dan tahu dari televisi. Ketertarikan itu dilanjut dengan kebiasaan menggambar tokoh favorit. “Aku suka anime awalnya suka bahasa Jepang, terus suka kebudayaannya, ngeliat anime sekaligus suka dunia fantasi,” kata Reginacelli. Genre dan tokoh yang ada dalam anime juga beraneka macam. Untuk genre biasanya ada kehidupan sekolah, fantasi, petu-alangan, dan misteri.

Menurut Kelvin dan Daniel, mereka juga bisa belajar Bahasa Inggris dalam writing, listening, dan reading, karena kalau baca se-caronline biasanya dalam Bahasa Inggris. “Yang negatif mungkin ka-dang-kadang kalau lagi nonton anime suka lupa belajar,” tukas Ivon. Sebagian besar penyuka anime menggambar tokoh favorit-nya di sebuah kertas. “Selama ini, banyak sih yang gak suka aku gam-bar-gambar anime, mereka ngang-gap ini gak penting padahal kan ini gak buat mereka rugi,” tambah Ivon. (*)

Laporan : Karen, Patricia, Flora

Khas Jepang ANIME adalah animasi khas Jepang, dicirikan melalui gambar-gambar warna-warni yang menam-pilkan tokoh dalam berbagai macam lokasi dan cerita, yang di-tujukan pada beragam jenis penon-ton. Anime dipengaruhi gaya gam-bar manga, komik khas Jepang. Kata anime tampil dalam bentuk tulisan dalam tiga karakter katakana a, ni, me, ang merupakan bahasa serapan "Animation" dan diucapkan sebagai "Anime-shon". Anime pertama yang men-capai kepopuleran yang luas Astro Boy karya Ozamu Tezuka pada tahun 1963. (*)

Page 9: MOST I 2013 2014

7

RENUNGAN

Magazine of Saint Agnes Edisi I 2013-2014

“Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan men-dapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu. Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan

setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan.” Matius 7:7-8

T uhan mengharapkan agar kita dapat melakukan semua yang bisa kita kerjakan dan Dia akan

melakukan hal yang tidak bisa kita kerjakan. Ketika Yesus pergi untuk membangkitkan Lazarus dari ke-matian, Dia berkata kepada orang banyak, “Angkat batu itu” (Yohanes 11:39). Dia bisa saja menggulingkan batu itu dengan kuasaNya, atau Dia bisa saja membuat Lazarus berjalah menembus batu itu. Lalu mengapa harus mereka yang men-gangkat batu tersebut? Mengangkat batu dan memindahkannya dari pintu kubu-ran merupakan hal yang dapat mereka kerjakan pada saat itu. Mereka tidak dapat membangkit-kan Lazarus dari kematian, tapi mereka dapat memindahkan batu itu. Yesus berkata bahwa kita harus meminta, mencari dan men-getuk. “Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu. Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan

setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan.” Tapi kalau kita tidak men-cari, kita tidak akan menemukan. Mungkin sembilan dari 10 pintu yang kita coba, terkunci semuanya. Kita hanya perlu mencari satu pintu terbuka. Kita harus melaku-kan yang dapat kita kerjakan. Kita tidak dapat hanya duduk dan berkata, “Tuhan, bu-kakan jalan bagiku!” Tuhan ber-harap agar kita tidak sekedar ber-doa saja, tetapi juga untuk keluar, mengerjakan sesuatu dan mencari terus.

Jika kita melakukan hal yang terbaik dan mematuhiNya, Tuhan akan melakukan segalanya bagi kita. Dia akan membuat hal-hal yang luar biasa yang tidak pernah kita bayangkan sebelumnya. (*) Doa Penutup: Tuhan, tolonglah kami untuk mengingat pesan penting ini. Tolong kami untuk mempunyai iman yang teguh di dalam Engkau, sekaligus juga memiliki keberanian untuk melakukan hal-hal yang da-pat kami kerjakan dan terus ber-jalan maju.

Page 10: MOST I 2013 2014

8

Magazine of Saint Agnes Edisi I 2013-2014

K isah menyentuh dari Jerman ini membukti-kan masih ada orang jujur di planet ini. Seo-rang sopir taksi mengembalikan uang Rp 3,8 miliar tertinggal di sebuah tas di jok be-

lakang taksi dikemudikannya. Tas itu milik pasangan tua lupa terbawa saat turun dari kendaraan itu. Surat kabar the Huffington Post melaporkan, Sabtu (2/11/2013), Thomas Guntner terkejut saat melihat sebuah tas kain di jok belakang taksinya, 20 menit setelah mengantarkan seorang pasangan tua. Dia memang menjemput pasangan itu dari se-buah bank. Guntner segera melapor ke kantor utama-nya untuk mendapatkan nama penumpang serta alamat jelasnya.

.

Setelah mengetahui nama dan alamat jelas penumpang itu, Guntner pun melesat ke rumah dimaksud. Tern-yata pasangan tua itu telah menunggu di depan rumah. "Saya benar-benar kaget dia kembali. Saya benar-benar sangat berterima kasih padanya. Dia lelaki yang berd-edikasi pada pekerjaannya," ujar penumpang perem-puan tidak disebutkan namanya ini. Meski sangat berjasa besar namun Guntner tidak menginginkan apa pun sebagai imbalan. Dia men-gaku merasa senang melihat mereka bersyukur dan mempercayainya. Menurutnya kepercayaan seseorang lebih bernilai ketimbang harta. (*)

Dikenal dengan nama Captain Manchester, pria ini menjadi sosok superhero ber-kostum yang melakukan kebai-kan pada orang-orang di seki-tarnya. Seperti halnya super-hero, identitas pria ini masih menjadi misteri. Setelah kehi-langan pekerjaan, pria ini mulai sering berjalan-jalan di sekitar Manchester untuk membantu orangtua membawakan belan-jaan dan mengambil sampah yang dibuang sembarangan di jalan. Pekerjaannya tak seperti superhero di film-film, tapi sama-sama demi kebaikan.

Ketika ditanya apa kekuatan su-pernya, pria ini menjawab "kebaikan," seperti dilansir oleh Huffington Post (01/10). Pria ini mengatakan, dua temannya mengetahui kegiatannya ini. Namun seperti superhero lain, dia juga memiliki kehidupan ganda karena dia mengatakan, kekasihnya tak mengetahui apa yang dilaku-kannya. Lantas, sampai kapan dia akan menjadi superhero untuk kota Manchester? "Aku tak yakin berapa lama, tapi aku selalu menik-mati membantu orang lain.” Sesungguhnya manusia me-mang memiliki kekuatan super yang sangat hebat, yaitu kebaikan dalam dirinya. Sudahkan kalian menolong seseorang hari ini? (*)

INSPIRASI

S eorang pria di Inggris men-gubah waktu-waktu luangnya setelah kehilangan pekerjaan menjadi hal yang

bermanfaat.

Page 11: MOST I 2013 2014

9

Magazine of Saint Agnes Edisi I 2013-2014

GALERI

S MAK Santa Agnes Sura-baya memperoleh best five mading of the spot De-teksi 2k13 yang diselengga-

rakan pada 8-17 November 2013. Tim terdiri dari lima personel yakni Dicky (XII-IPS1), Valeria (XII -IPS1), Claudia (XII-IPS1), Cynthia (XII-IPS2), dan David (XI-BHS). (*)

T ahun 2013, SMAK Santa Agnes tidak bisa mengulang kejayaan event Deteksi 2k12. Kali ini, tidak banyak lomba yang diikuti. Sekolah hanya mengirim tiga kategori, Mading on the Spot, Jour-nalist Blog Competition dan Papercraft.

Papercraft diwakili Felicia (XII IPA) dan jurnalis mengirim Priskilla Nindy (X6/22) sebagai writer dan Jovita Louisa S (X1/19) sebagai foto-grafer. Kerja keras 10 hari belum berbuah baik karena kompetisi jurnalis yang sangat ketat. Tapi tulisan Priskilla sempat masuk ’Blog of the Day’. Tapi apapun hasilnya, bisa bertahan dalam lomba yang menguras energi dan banyak mengorbankan waktu belajar ini menjadi pengalaman berharga. Tidak setiap anak dapat memeroleh kesempatan langka ini. (*)

Sempat Masuk Blog of The Day

Mading of the Spot

Deteksi 2k13

Page 12: MOST I 2013 2014

10

Magazine of Saint Agnes Edisi I 2013-2014

GALERI

Oleh : Monika Sutikno (XII-BHS)

S aint Agnes Choir (SAC) mengikuti Lomba paduan Suara (Karangturi Choir Game 2013) di Semarang. Kegiatan berlangsung lima, pada 26- 29 September 2013. SAC lolos ke babak final dan memperoleh medali perak (Juara V). Perjalanan jauh ke Semarang,

disusul latihan intensif selama di sana dan hal-hal yang menuntut kekom-pakan, menyisipkan kesan dalam hidup saya. Dengan bimbingan pelatih kami, Anakletus Arens, kami bernyanyi dengan maksimal. Pengalaman dalam tim ini tak akan pernah saya lupakan. Terimakasih teman-teman. (*)

S aya akrab di panggil Chen-chen. Pengalaman saya mengikuti ajang DBL Dance Competition sangat

tak terlupakan. Dan perjuangan kita akhirnya membuahkan hasil the best three (terbaik ketiga). Tim bernama LTC (Like This Crew), terdiri dari 10 per-

sonel : Sheila, Veronica Kurnia, Veronica Susanto, Ellen Asalie, Kristina Rumuy,Valeria Griselda, Jeaniffer Felicia, Cynthia Amanda, Bella Imantasia, saya sendiri dan pelatih tercinta Gabriella Sunur. Tim dan pelatih yang solid, capek bareng,s eneng bareng, sedih bareng, gokil bareng. Keber-samaan dan momen itu pasti ada

masalah, tapi akhirnya dapat ber-

jalan dengan lancar. (*)

Page 13: MOST I 2013 2014

11

Magazine of Saint Agnes Edisi I 2013-2014

Oleh : Christofer Chandra Yahya (X6/7)

CERPEN

N amaku Chandra, seo-rang pemuda yang sedang melakukan perjalananhidup dalam

mencari jatidiri. Kisah ini berawalk etika aku baru duduk di bangku SMP, Kelakuanku itu sangat ber-beda 180 derajat dari ulahku bi-asanya. Aku yang biasanya cukup diam, rajin, dan patuh terhadap orangtua berubah menjadi seorang yang onar saat aku mengenal ketiga kawanku ini. Yang per-tama, Radith. Dia cowokbertubuh atletis dan memilikiwajah yang cukup tampan. Sikapnya mesum dan onar sering membuat siapa saja risih terhadapnya. Yang kedua Dharma. Sikap-nya sangat bertolak belakang den-gan namanya. Sikapnya yang ber-andalan dan onar memang ser-ingkali diperingati namun se-mua itu tak digubrisnya.

Dan, yang terakhir Ronald, seo-rang yang sangat suka dengan kekerasaan dan juga perkelahian. Sejak duduk di kelas 7 SMP, aku merasa tak ada yang lain dari kehidupanku sejak SD, yang biasa saja. Yang berbeda hanya cara belajar dan tingkat kesulitan pela-jaran saja. Saat itu aku yang baru masuk ke sekolah langsung menca-lonkan diri menjadi ketua kelas. Hasilnya, aku memperoleh jabatan sebagai ketua kelas. Di masa aku menjabat sebagai ketua kelas, aku selalu menjaga sikap sehingga teman-temanku, sangat menghargaiku. Ketika di sekolah, ada pemilihan ketua dan anggota OSIS, aku tertarik dan mendaftar-kan diri sebagai calon ketua OSIS. Aku mengajak temankuYohanes untuk menjadi wakilku.

Yohanes yang akhirnya mau, den-gan sigap mengajaku mempersiap-kan kampanye. Kampanye yang kusiapkan bersama Yohanes sudah sangat matang. Hari demi hari, aku dan Yohanes mengampanyekan visi dan misi kami dari kelas ke kelas. Dan akhirnya, hari yang kami tunggu dating, yaitu detik-detik pemilihan ketua OSIS.

Page 14: MOST I 2013 2014

12

CERPEN

Magazine of Saint Agnes Edisi I 2013-2014

Sang pembawaa cara yang bukan lain guru bahasa Indone-sia, Bu Yuni membuka acara dengan mengatakan : ”Ya, pada hari ini kita memiliki tiga calon ketua OSIS yang baru, yaitu Cha-Yo (Chandra-Yohanes) dari kelas 7 dan yang kedua Kar-No (Karyo-Novi) dari kelas 8 dan yang terakhir San-Ji (Sanjaya-Jimmy) dari kelas 8,” ujarnya. Setelah itu, kami berbagi visi dan misi. Aku yang awalnya gugup jadi percaya diri setelah-menyampaikan visi dan misi kami. Akhirnya, tiba saatnya pemungutan suara. Lalu, para guru menghitung suara. Pengu-muman pemenang ketua OSIS dibacakan Bapak Herlambang, Wakasek Kesiswaan. “Perolehan suaradari ketiga calon dalah ….”. Dengan suara yang lantang, Pak Herlam-bang meneruskan kalimatnya : ”Pasangan Cha-Yo 34 persen, pasangan San-Ji 29 persen dan pasangan Kar-No 35 persen. Ada 2 persen tidak sah. Makan, pasangan Karyo dan Novi yang akan menjadi ketua OSIS yang baru. Mari kita ucapkan se-lamat.” Pak Herlambang mem-beri ucapan selamat, disusul Bu Yuni dan guru-guru lain. Selama prosesi itu terdengar riuh ren-dah suara murdi. “Yeah, hidup Kar-No.” Setelah kejadian itu, ada rasa bangga karena aku bisa ikut pesta demokrasi di sekolah. Waktu kemudian cepat berlalu.

“Chan, sini aku ajak kamu mencuri,” kata Dharma. Dan, den-gan tegas aku menolak. Tapi, Ronald dan Radith lantas berkata,”Dasar kamu me-mang bukan laki-laki. Kamu itu pengecut.” Karena tidak enak, akhirnya aku ikut aksi buruk mereka. Awalnya berhasil dan gampang. Aku larut dan menik-mati. Lama-lama itu menjadi kebi-asaan kami.

Beberapa bulan, kami sekelas din-yatakan naik kelas. Sejak itu aku mulai bergaul dengan Dharma, Radith, dan Ronald. Aku mulai sering bolos sekolah, merokok, berkata-kata kotor,dan juga tawuran. Ini semua karena kebodohanku yang mudah terhasut oleh kata-kata dan ajakan mereka. Suatu saat mereka menga-jakku ke sebuah tempat, di mana banyak orang merokok dan mi-num-minuman keras.

Suatu hari kami akhirnya ketahuan mencuri sebuah telepon genggam. Kami dikejar warga. Walau cukup lama berlari, kami tertangkap dan dihajar. Beberapa bogem mentah dari tangan men-ghujani wajah kami hingga memar dan biru lebam. Beberapa pukulan mendarat di tubuh kami. “Kamu anak mana, berani-beraninya mencuri di daerah sini,” tanya seorang bapak yang menghajar kami. “Maaf Pak, tolong jangan bawa kami ke polisi,” pinta Radith memelas.

“Kami tidak akan bawa kalian ke polisi, awas kalau men-curi lagi. Kami akanseret kalian ke penjara,” lanjut bapak tadi. “Ya pak, kami janji tak mengulangi per-buatan,” sahut Ronald sambil menangis. Setelah kejadian itu kami mulai frustrasi dan hamper gila karena dikeluarkan dari sekolah dan dimarahi habis-habisan oleh orangtua kami masing-masing. Akhirnya, kami menta kehidupan kami menjadi lebih baik, mening-galkan kebisaan-kebiasaan kami.

Page 15: MOST I 2013 2014

13

Magazine of Saint Agnes Edisi I 2013-2014

Kami mengisi dengan hobi positif, membuat mobil bertenaga matahari. Kami memperoleh dana-dari Paman Radith yang memper-cayai kami. Mobil kami rakit se-lama setahun lebih setengah bulan, setelah kami keluar dari sekolah. Kami namakan RRDC Solar Car, yang menjadi mobil bertenaga matahari pertama yang dibuat di Indonesia. Kami yakin, cara kami ini mengharumkan nama bangsa, karena kami generasi frustrasi. (*)

MUSIK

T aylor Swift tidak tampil menyanyi dalam 'American Music Awards', Minggu

(24/11/2013), tapi ia berulangkali naik panggung karena menyabet empat penghargaan, 'Artist of the Year'. Penyanyi country berusia 23 tahun itu menyisihkan Justin Timberlake, Rihanna, Bruno Mars dan Macklemore & Ryan Lewis untuk memenangkan kategori artis tahun ini yang ketiga kalinya. Selain itu, putri Andrea

Gardnera (ibu rumah tangga) men-yabet kategori artis pop/rock per-empuan, artis country dan album country favorit untuk 'Red', yang diluncurkan pada 2012. Nominasi dan pemenang American Music Awards dipilih publik, yang memasukkan suara lewat twitter. Penghargaan dibagi-kan dalam acara tiga jam di Los Angeles, diselingi aksi Katy Perry, Lady Gaga, Miley Cyrus dan Chris-tina Aguilera dan lain-lain.

Taylor Alison Swift, begitu nama lengkapnya, lahir 13 Desember 1989. Pada 2006, ia merilis single debut "Tim McGraw", disusul al-bum debutnya dan album lainnya Fearless (2008), Speak Now (2010). Swift tercantum dalam Guinness Book Of World Re-cords tahun 2012 sebagai Fastest Selling Digital Album by a Female Artist untuk albumnya Speak Now, dan Most Simultaneous US Hot 100 Hits by a Female Artist. (*)

CERPEN

Page 16: MOST I 2013 2014

14

Magazine of Saint Agnes Edisi I 2013-2014

MUSIK

S etelah Gangnam Style, Har-lem Shake, kini giliran de-mam Gwiyomi melanda dunia khususnya daerah

Asia. Gwiyomi adalah gaya imut dengan memainkan jari. Gaya imut ini dipopulerkan oleh Hari yang juga penyanyi lagu Gwiyomi. Lirik lagu Gwiyomi itu berkisah tentang seorang wanita yang meminta pacarnyanya untuk tidak meninggalkannya dengan bergaya gwiyomi. Yang membuat lagu ini mu-dah mendapat perhatian kaum remaja karena gerakan / tarian yang dipamerkan saat menyampai-kan lagu ini seiring dengan lirik. Gwiyomi adalah sejenis permainan aegyo. Apa sih aegyo itu? Aegyo berasal dari karakter Cina "cinta" (ae) dan "indah" (gyo). Tetapi, gerakan Gwiyomi itu berasal dan pertama popular di Korea Selatan, dan kini sudah mu-lai berjamur ke Cina, Thailand, Filipina, Malaysia, Indonesia, dan negara lainnya. Arti aegyo itu sendiri

Oleh : Karen, Flora

adalah tingkah laku seseorang yang lucu, menyenangkan, menarik, dan sering kali berkaitan dengan ting-kah laku kekanak-kanakan. Mung-kin kata dalam bahasa Indonesia yang bisa menggambarkan aegyo adalah "imut". Gwiyomi dilakukan dengan gerakan atau tarian yang dipersembahankan juga bersifat "lucu" seperti gerakan jari menunding ke pipi, dua jari dari tangan kiri dan kanan diangkat

kekepala, membentuk bentuk hati dengan jari dan diakhiri dengan mencium enam jari. Banyak orang mengupload video dirinya yang melakukan Gwiyomi. Bahkan, termasuk artis seperti Sunny SNSD, Tifanny SNSD, Sehun EXO, Jung Yong Hwa CNBLUE. (*)

Page 17: MOST I 2013 2014

15

Magazine of Saint Agnes Edisi I 2013-2014

FILM

P enjahat kuat mengancam keselamatan penduduk New York. Penjahat itu bernama Maxwell “Max”

Dillon atau Electro (Jamie Foxx). Ia punya kekuatan mutan, dapat mengendalikan medan listrik, seba-gai pertahanan sekaligus senjata. Peter Parker, karakter di-balik Spiderman secara tak sengaja bertemu teman lama, Harry Osborn (Dane DeHaan). Melalui Harry, Peter menemukan berbagai petunjuk masa lalu yang berhubun-gan dengan riset dan kematian orangtuanya. Selain Andrew Garfield dan Emma Stone, dalam sekuel kali ini sutradara Marc Webb menghadirkan wajah baru, seperti Jamie Foxx, Shailene Woodley, Dane DeHaan, Colm Feore, Paul Giamatti dan Sally Field. Film produksi Columbia Pictures (Sony) ini rencananya diputar serentak 2 Mei 2014. Seperti film pertamanya, selain dalam bentuk 2D, film ini bisa dinikmati dan berisi efek fantastis dalam format 3D. (*)

Page 18: MOST I 2013 2014

16

Magazine of Saint Agnes Edisi I 2013-2014

GALERI

L ayanan Orientasi Se-kolah (LOS) berlang-sung 15-17 Juli 2013. Dimulai pukul 06.30

hingga 13.00 WIB. Sebelumnya digelar Pra-LOS pada 13 Juli 2013. LOS menggantikan isti-lah MOS (Masa Orientasi Se-kolah). Penggunaan kalimat LOS bertujuan menghilangkan stigma tentangperploncoan. Ada empat hal yang menjadi titik berat LOS. Di antaranya, membuat lingkungan sekolah menjadi nyaman bagi siswa baru, meny-iapkan student movement, baik itu kegiatan pelestarian ling-kungan, sosial, serta mem-bekali pengetahuan tentang penggunaan internet yang se-hat, kreatif dan inovatif. (*)

Page 19: MOST I 2013 2014

17

Magazine of Saint Agnes Edisi I 2013-2014

GALERI

S r Ludovica SSps membuka pameran pendidikan, Sabtu (7/9/2013) pukul 07.00 WIB. Sesudah mengucap-

kan selamat datang dan terima kasih serta memukul gong, dilan-jutkan sambutan dari perwakilan peserta, oleh Rektor Universitas Widya Kartika Surabaya. Kegitan pameran pendidi-kan merupakan salah satu kegiatan rutin setiap tahun. Tujuannya, memberikan kemudahan akses informasi bagi para siswa-siswi sebelum memilih perguruan tinggi, terutama untuk Kelas XII. Jumlah peserta pameran pendidikan tahun 2013 ada 21 perguruan tinggi, tidak hanya dari Surabaya tapi juga dari luar Sura-baya. Untuk informasi, pameran ini rutin setiap tahun dan dbiasanya dilaksanakan bulan September. (*)

1. Surya University, 2. Universitas Ciputra, 3. Universitas Widya Mandala Surabaya, 4. Universitas Pelita Harapan, 5.

Raffles, 6. Universitas Widya Kartika, 7. Universitas Atmajaya Jakarta, 8. STTS, 9. STIKOM, 10. Lassale College, 11. Akademi

Pariwisata Majapahit / Tristar Institut, 12. Universitas Sura-baya, 13. Universitas Prayangan Bandung, 14. Universitas Budi

Mulia, 15. Universitas Kristen Petra, 16. IBMT, 17. Sekolah Tinggi Pariwisata Bali, 18. Institut informatika Indonesia (IKADO), 19. Prasetya Mulya, 20. Shoguan University

21. OTTIMO Culinary.

Peserta :

Page 20: MOST I 2013 2014

18

Magazine of Saint Agnes Edisi I 2013-2014

GALERI

I spent the past Thursday- Sunday participating in a village live-in pro-gram through Panisa’s (exchange student from Thailand) school, SMAK St. Agnes. The school invited all the Surabaya exchange stu-dents to go with them. Claudia and I arrived at the train station. We

were undoubtedly apprehensive, but more than happy to miss a few days of our own schools in favor of adventure. And what an adventure it was! Watching the city drop away out the windows of the train, was marvelous. Mopeds and cars were replaced by goats wandering dirt tracts between houses with traditional clay roof tiles. Musicians and vendors walked the aisles of the train; calls of “nasi goreng” and “kopi, kopi, mei” mixed with Javanese singing and twangy, out of tune, guitars. Claudia and I slept, answered the never ending “What are you doing here? Why do you look different than I do?” questions, heard yells and whispers of “Bule” (Indonesian word for foreigner, not my name as some people seem to think) and pretended to sleep so we didn’t have to answer anymore questions. I lived with a local family and two girls from St. Agnes. Bapak sells toys in Blitar, and Ibu stays at home with their son Farrell. Bapak and Ibu’s house was small but elegant, tall, with a high ceiling and pillars on the front porch. The kitchen was off the back of the house with a dirt floor and rectangular concrete pit for cooking. The next day I went with a friend’s host-mom to pick food for her cow and had similar experience. Dirt path through a dry forest, only to find myself overlooking a beautifully terraced, verdant farm. An Eden to my eyes, accustomed to the city, starved of undeveloped sights. And I loved it. I loved the village, and working in the sun.

Watching women carry baskets

Page 21: MOST I 2013 2014

19

Magazine of Saint Agnes Edisi I 2013-2014

Semua Ada

Waktunya

R etret diadakan di rumah Syalom Jl Hassanudin 15 Batu, l 4-16 November 2013. Acara retret

menarik dengan pembicara romo yang seru. Materi-materi yang diberi-kan sangat berguna, seperti materi meraih kebahagiaan, mengatasi hambatan yang ada, visi misi masa depan dan sebagainya. Juga terda-pat berbagai game menghibur un-tuk melengkapi acara. Yenny Fabiola dari kelas XII IPS1 mengaku sangat menikmati acara retret apalagi materi tentang mengenali hambatan diri sendiri. “Saya jadi tahu, bahwa semua ada waktunya sehingga beban yang saya rasakan menjadi hilang,” ka-tanya. Lain lagi dengan Yuviena Hendra, siswi kelas XII IPS1 ini menyukai materi tentang visi misi masa depan. “Soalnya di Surabaya saya sibuk jadi nggak bisa mikirin itu,” akunya. Selain materi, siswa-siswi kelas XII mengunjungi biara ke-susteran. Helena sangat senang ketika mendapat penjelasan ten-tang aktivitas suster-suster. suster-suster karmel, seperti membuat hosti dan baju romo. "Sungguh luar biasa dapat bertahan dengan cara hidup seperti itu," tukas Regina Adeline dari kelas XII-BHS. Walau retret telah selesai siswa kelas XII tidak akan melu-pakan kegiatan tiga hari dua malam yang penuh refleksi itu. (*)

Laporan : Patricia L

S aya tinggal di kediaman Bapak Suprihatin yang memiliki tiga anak. Kalau siang panas tapi udaranya

sejuk membuat orang mengantuk. Kalau malam sangat dingin. Saya senang tinggal di rumah itu. Banyak pepohonan di sekitar rumah seperti kelapa, nangka, cokelat dan pohon pisang. Untuk kali pertama dalam hidup, saya bisa menghabiskan enam ke-lapa dalam satu hari. Akibatnya, selesai makan dan minum, saya berkali-kali harus

pergi ke kamar kecil. Tentu saja itu mengganggu kegiatan saya yang membantu Bapak dan Ibu mem-buat mainan untuk dijual esok harinya. Ada boneka lucu, dengan bentuk monyet, kucing, kelinci. Saya juga iut membantu member-sihkan halaman rumah. Tinggal tiga hari membuat saya mendapatkan suasana yang berbeda dari keseharian di Sura-baya. (Novia C)

GALERI

I can’t even lift on their backs up steep hillsides, because that’s what needs to be done. And seeing stars! Oh, the glory of stars; it never occurred to me that some people can’t see them until I ar-rived in Surabaya and became one of those people. As incredible as the farms and nature were, as seems to be the case in Indonesia, the people made my time in village truly memorable. Jalan- jalan (walking)

with friends, playing sepak bola (soccer) with them, and talking with Bapak and Ibu. So I left the village the way I arrived, like a cow, in the back of the truck. Crying for people I’d known for four days. A little smarter than when I arrived; which is how I plan to leave Indo-nesia in ten months: crying and a little smarter then when I walked into the Jakarta airport just over a month ago. (Izzyka)

Page 22: MOST I 2013 2014

20

Magazine of Saint Agnes Edisi I 2013-2014

GALERI

Page 23: MOST I 2013 2014

21

Magazine of Saint Agnes Edisi I 2013-2014

GALERI

Page 24: MOST I 2013 2014

22

Magazine of Saint Agnes Edisi I 2013-2014

CERPEN

Oleh : Fransiska Winda Winarto (XII IPA)

A ku Hana, siswi biasa yang masih duduk di bangku sekolah menen-gah pertama. Siang itu,

aku dan teman-teman sekelas menerima pelajaran ekonomi mengenai globalisasi. “Globalisasi adalah proses mendunia yang membawa suatu negara ke dunia internasional, suatu ruang tanpa batas” kata Pak Ray, guru eko-nomiku. “Globalisasi yang terjadi di Indonesia mampu membawa bangsa Indonesia ke dalam perkembangan besar, menjadikan Inodnesia lebih maju terutama dalam bidang teknologi” tambah-nya. Namun yang muncul pada benakku saat itu pertanyaan besar, bertentangan dengan yang dikata-kan Pak Ray. Aku berpikir, Indone-sia bukan mengikuti arus glob-alisasi, tapi salah satu korban glob-aliasi. Bagaimana bukan, hampir seluruh warga negara Indonesia

lebih mencintai produk luar negeri dibanding produk dalam negeri. Hal ini terbukti ketika aku memlihat gaya hidup teman-temanku di sekolah. Doni, Brenda, Eci dan teman-temanku yang lain memang orang kaya, dan mereka mampu untuk membeli sepatu bermerek terkenal seperti Nike, Adidas, Converse, dan Reebok. Hanya sedikit dari temanku ini yang mau memakai sepatu pro-duksi negeri sendiri seperti Bata. Bukankah ini menjadi bukti Indo-nesia belum siap mengikuti glob-alisasi? Bukankah ini berarti Indo-nesia hanya menjadi korban glob-alisasi? Dan bukankah maksud dari globalisasi yang diharapkan bagi Indonesia sebenarnya adalah ke-berhasilan Indonesia membawa produk dalam negerinya menjadi trend internasional?

“Sedang mikir apa sih Han?” tanya Victoria teman se-bangku sekaligus teman dekatku. “Oh..h.. tidak Vic, bukan apa-apa kok.” jawabku agak kaget. “Lha kok dari tadi kamu ngelamun? Mikir apaan sih?” tanya Victoria lagi. “Biar aku ceritakan sepulang sekolah aja” bisikku karena Pak Ray mulai melihat bahwa kami sibuk sendiri. Setiap harinya, aku dan Victoria selalupergi dan pulang bersama, karena rumah kami dekat. Bisa dibilang kami bertetangga, karena rumahku dan rumahnya hanya berselisih tiga rumah. Dalam perjalanan pulang, Victoria kembali menanyaiku men-genai hal yang sudah membuatnya penasaran sejak jam pelajaran Pak Ray usai. “Ayo cerita Han! Hayyoo tadi mikirin apa? Cowok ya? Ciy-eee”. “Hush! Ngaco aja. Ini loh,

Page 25: MOST I 2013 2014

23

CERPEN

Magazine of Saint Agnes Edisi I 2013-2014

tadi aku mikirin kata-kata Pak Ray soal globalisasi di Indonesia tadi” “Ohh itu, aku juga mikirin lagi! Emang keren, Indonesia sekarang pesat banget perkembangannya. Semua-semua bisa diakses dengan mudah, gadget bertebaran dimana-mana” “Bukan itu poin ku Vic, tapi aku justru mikir kalo Indonesia ini korban globalisasi” “Korban? Gimana bisa coba?” “Sekarang coba deh kamu pikir, apa bener Indonesia itu ikut arus globalisasi kalau semua-semua yang dipake sama orang Indonesia itu produk luar? “We O We! Wow! Genius lo Han! Gue aja ga mikir sampe sana. Emang bener sih apa kata lo. Tapi kita juga ga bisa berbuat apa-apa. Orang-orang pasti mikirnya kita cuman bocah, dan mereka ga akan dengerin omongan kita” kata Victoria yang kagum pada pemikiran Hana. “Benernya gue udah mikirin tentang hal ini dari lama. Tapi gue ga pernah ungkapin hal ini ke siapa aja, termasuk ke orang tua gue. Gue bener-bener pengen ngerubah Indonesia. Itu udah jadi cita-cita gue mulai kelas 2 SMP. “Hmmm.. Gimana ya... kalo gue bisa, gue pasti bantu lo Han!” “Gue sih niatnya mau bikin esai atau apalah trus gue muat ke ko-ran, supaya semua orang di Indo-nesia bisa baca. Tapi gue butuh bantuan banyak orang kayak Pak Ray, dan Bu Indah. Jadinya, bahasa tulisan gue enak dibacanya.” “Ide bagus tuh. Jadi mau mulai kapan nih?” “Niatnya ntar malem gue mau browsing-browsing lagi trus besok mulai konsultasi ke Pak Ray dan Bu Indah tentang ini. Lo mau kan bantuin gue kan? Plisss”

Victoria mengangguk. Tanda bahwa ia setuju untuk membantuku. Tak terasa obrolan seru ini mengantar kami sampai di depan pintu pagar. Aku melambai-kan tangan padanya dan segera masuk rumah.

Tak sabar untuk segera mewujudkan mimpiku, aku segera berlari ke kamar dan menaruh tas sekolah. Segera kubuka laptop dan mulai mencari artikel yang dapat

mendukung esaiku ini.

Keesokan harinya, saat istirahat, aku dan Victoria berlari menuju ruang guru untuk mene-mui Pak Ray. Kusampaikan segala pemikiranku yang sudah ku per-bincangkan dengan Victoria, di-tambah bukti-bukti konkret yang menunjukkan bahwa selama ini Indonesia menjadi salah satu kon-sumen terbesar produk asing, ter-utama sandang. Aku juga menunjukkan angka dan data-data penjualan

produk dalam negeri yang sangat menyedihkan jika dibanding den-gan yang diimpor. Pak Ray sungguh kebingungan mendapati aku dan Victoria memiliki pemikiran yang sejauh ini “Luar biasa! Ini memang suatu gebrakan bagi Indonesia. Kalian memang anak-anak cerdas dan peduli terhadap perkemban-gan bangsa ini. Tentu Bapak akan membantu kalian membuat esai seputar hal ini.” “Bapak terlalu berlebihan, Pak. Kami hanya ingin menye-lamatkan Indonesia. Saya rasa, kita juga butuh bantuan Bu Indah untuk segi penataan bahasanya, Pak. Mungkin beliau juga tahu prosedur untuk memasukkan esai ini ke koran” ujarku menanggapi kata-kata Pak Ray. “Yang ku dengar, suami Bu Indah juga bekerja di salah satu perusa-haan surat kabar. Mungkin banyak sedikit itu juga dapat membantu, Pak.” Tambah Victoria yang asal nyeplos.

Page 26: MOST I 2013 2014

24

CERPEN

Magazine of Saint Agnes Edisi I 2013-2014

Aku dan Victoria bergegas menuju meja Bu Indah untuk membicarakan hal ini. Beliau tam-pak setuju dan berjanji akan mem-bantu kami. Melihat dukungan kedua guruku ini, aku dan Victoria semakin bersemangat. Dalam empat bulan kami berempat berproses bersama un-tuk menyusun esai ini. Saat esai kami jadi, dan kami siap untuk memasukkannya ke salah satu su-rat kabar tempat suami Bu Indah bekerja, kami mendapat banyak kendala.

Semangatku mulai luntur. Ada saja masalah yang mengham-batku, padahal tinggal satu langkah lagi. Puluhan kali aku mencoba mengajukan esai ini, sebanyak itu pun esaiku ditolak. Alasannya, hanya esai bua-tan murid SMP yang masih bocah dengan segala khayalan yang tidak berarti. Aku mulai mengurungkan niatku ini. Enyahlah cita-cita untuk menyelamatkan negeri ini. Victoria dan kedua guruku ikut merasakan kesedihanku.

Mama juga hanya bisa menyuruhku untuk bersabar sete-lah mengetahui semua ini. Aku kembali dengan segenap rutinitas dan kesibukanku. Aku berusaha menyibukkan diri untuk melu-pakan hal ini. Namun, setelah jalan tiga bulan, dan ketika aku sudah mulai menerima kenyatan ini, Bu Indah, guru Bahasa Indonesia, memberi-tahu, esai yang kami buat dapat dimasukkan ke koran minggu de-pan. Suaminya berhasil meya kinkan atasanya bahwa ini bu-kanlah esai yang ecek-ecek. Mendengar itu, aku sangat gembira. Aku berharap ini bukan mimpi yang membawaku terbang ke langit kemudian kembali menghempaskanku ke tanah. Aku berusaha meyakinkan diri dengan bertanya berkali-kali pada Bu In-dah mengenai ucapannya. Apa benar yang dikatakannya itu, atau ini cuma harapan palsu. Ternyata benar, tepat satu minggu kemudian, esai yang menghabiskan waktu berbulan-bulan itu dimuat dalam koran. Aku tidak sabar untuk berangkat ke sekolah dan untuk mengucapkan terima kasih pada sahabAtku Vic-toria, Pak Ray, dan Bu Indah atas bantuan mereka. Dan tidak lupa juga kepada Pak Hassan, suami Bu Indah yang telah berjuang mati-matian untuk menerbitkan esaiku ini. Akhirnya mimpiku menjadi kenyataan! Aku diberi kesempatan untuk meme-lekkan mata masyarakat Indonesia melalui esai ini. Yang aku ingin bukan penghargaan atau apapun atas kar-yaku ini. Aku hanya ingin mewu-judkan cita-citaku menyelamatkan Indonesiaku. (*)

Page 27: MOST I 2013 2014

25

OSIS

Magazine of Saint Agnes Edisi I 2013-2014

Page 28: MOST I 2013 2014

26

Magazine of Saint Agnes Edisi I 2013-2014

PROFIL

Laporan : Flora

Pada 23 Oktober 2013, SMAK Santa Agnes melaksanakan pemilu untuk memilih Ketua Osis periode 2013-2014. Semua warga Sikut berpartisipasi

dalam pemilihan, mulai dari murid sampai guru dan karyawan. Sebelumnya, semua calon anggota OSIS telah mengikuti LDKS yang dise-lenggarakan dua kali, yaitu di dalam sekolah dan di luar kota selama 3 hari

2 malam.

D ari pemilu, terpilihlah Deanata dari kelas XI IPA4 sebagai Ketua Osis Periode 2013-2014. Deanata mencalonkan diri menjadi Ketua Osis karena ia ingin melatih sifat kepemimpinan dan melatih untuk lebih bijaksana lagi.

“Selain itu, saya ingin membuat SMAK Santa Agnes lebih baik untuk di tahun selanjutnya. Saya juga ingin menambah pengalaman berorganisasi,” lanjut cowok kelahiran Desember 17 tahun yang lalu itu.

Sebagai Ketua Osis yang baru, ia telah merencanakan be-berapa program kerja. Salah-satunya Running Student. “Ini pro-gram mini games dengan tujuan akhir melepas nametag,” jelasnya. Program ini mengadaptasi dari variety show asal Negara gingseng Korea Selatan, yaitu “Running Man”. Deanata memiliki banyak harapan selama banyak masa ja-batannya nanti. Ia berharap agar sekolah dapat lebih baik di tahun-tahun berikutnya, acara-acara yang diselenggarakan dapat berjalan sukses, dan bisa lebih meningkat-kan prestasi baik dalam bidang akademik maupun non-akademik. “Untuk OSIS agar dapat bekerja dengan baik, kompak, dan sukses kedepannnya,” jelasnya. (*)

Page 29: MOST I 2013 2014

27

Magazine of Saint Agnes Edisi I 2013-2014

PROFIL

Today is today Nobody know before Just make it in time

It's challenge'

Laporan : Octavia, Saras, Rosabella

S iapa sih yang gak kenal gadis mungil ini? Dia siswa pertukaran pelajar dari Thailand bernama Panisa Paharat. Cewek ini belajar SMAK Santa Agnes selama setahun.

Nisa, sapaan akrabnya, sangat menyukai tom yam kung, pla rad prig, dan ho mag, makanan khas Negeri Gajah. “Sama seperti Bangkok, di daerah saya, Satun (Thailand selatan), sering banjir,” katanya. Ditanya tentang student exchange, karena Nisa ingin mencoba budaya baru, men-sharingkan budaya Thailand, belajar bahasa baru, ingin bertemu teman baru dari berbagai negara, mendapatkan keluarga baru, dan ingin mengembangkan diri. AFS merupakan sebuah organisasi pertukaran pelajar dari berbagai Negara dan Nisa tergabung di dalamnya. “Tapi saya tidak dapat memilih negara tem-pat belajar, tapi saya senang di sini,” ujarnya. Gadis berambut pendek dan bermata belok ini sangat menyukai Bali. Menurutnya Bali mempunyai bu-daya sendiri yang berbeda dari kota-kota yang lain, dan merupakan tempat perjalanan bagi orang asing. Tempat favoritnya di Bali adalah pantai Dreamland dan pantai Kuta. “Bali bagus sekali,” tambahnya.

Cewek penggemar sate ayam ini sangat senang tinggal di Indone-sia. Baginya orang Indonesia sangat baik dan ramah. Ia juga mengatakan senang dan nyaman belajar di SMAK Santa Agnes. Guru dan para siswanya sangat menyenangkan. Gadis yang masuk XI IPA 1 ini mengungkapkan beberapa per-samaan Indonesia dan Thailand, yaitu satu rumpun Asia Tenggara, warna kulit, mata, dan rambut yang sama, serta karakter. Dan yang penting, punya bahan-bahan makanan yang hampir sama pula. (*)

Page 30: MOST I 2013 2014

28

KUIS

Magazine of Saint Agnes Edisi I 2013-2014

S etiap orang memiliki definisi sendiri-sendiri tentang cinta. Demikian juga dalam cara mencintai seseorang. Anda bisa mengetahui tipe seperti apa diri Anda dengan cara Anda

mencintai pasangan Anda. Simak kuis di bawah ini. 1. Saat jatuh cinta, saya memiliki keyakinan: a. Saya jatuh cinta, jika saya merasa lebih menyayangi dia daripada diri sendiri. b. Adalah penting untuk mengetahui tujuan hidup masing-masing sebelum akhirnya membentuk satu komitmen serius. c. Cinta tak akan ada jika saya tidak merasakan kasih sayang. d. Cinta adalah suatu perasaan mendalam yang bisa terjadi pada pandangan pertama. 2. Saya mengetahui bahwa dia adalah orang yang tepat ketika: a. Saya merasa sanggup melakukan apa pun demi dia. b. Kami berdua memiliki tujuan hidup yang sama. c. Kami bisa menjadi diri sendiri dan saling men-curahkan isi hati seperti sahabat. d. Saya merasa bergairah saat merasakan sentuhan dan pelukannya. 3. Saya merasa lebih yakin dalam menjalin hubungan yang lebih serius jika: a. Tak ada orang yang keberatan dengan hubungan ini. b. Kami berdua sama-sama menginginkan dan bersedia memperjuangkan hubungan ini. c. Saya merasa semakin mengenalnya dari waktu ke waktu. d. Sebenarnya ini akan sedikit makan waktu sebelum saya menyadarinya. 4. Jenis hubungan cinta yang paling memuas-kan bagi saya secara pribadi adalah: a. Yang bisa mengajarkan saya hal-hal baru dalam men-jalin hubungan.

b. Yang bisa mendorong saya untuk lebih baik dalam kehidupan. c. Hubungan yang abadi itu sangat baik. d. Hubungan yang penuh hasrat dan gairah. 5. Kriteria utama saya dalam memilih pasan-gan hidup adalah: a. Tergantung kualitas bagaimana kami memperlakukan diri masing-masing. b. Apakah dia nanti dapat menjadi orang tua yang baik. c. Seseorang yang punya latar belakang mirip dengan saya. d. Kami saling berbagi rasa dan gairah sama besarnya. 6. Saya ingin menghabiskan waktu bersama pasangan dengan: a. Apa pun yang dia inginkan, itu kunci utama untuk bersenang-senang. b. Nonton, setelah itu makan malam sambil ngobrol. c. Makan malam sambil ngobrol dari hati ke hati, kalau perlu sampai pagi. d. Candle light dinner sambil bergandengan tangan sepanjang malam.

Page 31: MOST I 2013 2014

29

KUIS

Magazine of Saint Agnes Edisi I 2013-2014

7. Jika tua nanti, saya ingin orang-orang tahu bahwa saya: a. Mengisi hidup dengan banyak menolong orang lain. b. Mengisi hidup dengan hal-hal berarti. c. Disayangi banyak orang. d. Sukses dalam hidup dan cinta. 8. Yang pertama kali membuat saya tertarik pada pasangan adalah: a. Caranya memperlakukan saya. b. Ambisi dan potensi yang dimilikinya. c. Kepribadiannya. d. Penampilan fisiknya. 9. Saya baru menyadari hadirnya rasa cinta itu setelah: a. Setelah mengalami satu peristiwa emosional. b. Setelah kencan yang kesekian kalinya. c. Kami telah lama berteman sebelumnya. d. Saat pertama kali kami bersentuhan. 10. Saya bersedia kencan dengannya jika: a. Tingkah lakunya menunjukkan rasa hormat. b. Ragu mengencani orang yang pada akhirnya tidak bisa saya cintai. c. Mengenal kesehariannya lebih dekat lagi. d. Dia memang menarik. 11. Jenis cinta terbaik menurut saya: a. Melibatkan sepasang insan yang mau saling ber-korban. b. Dua orang yang bekerja sama untuk mencapai tu-juan hidup. c. Terbentuk dari persahabatan. d. Sangat intens dan penuh gairah.

12. Bagi saya, aspek terpenting dari suatu hubungan adalah: a. Respek. b. Saling mendukung satu sama lain. c. Membangun sebuah keluarga. d. Adanya gairah. 13. Jenis cinta terbaik menurut saya: a. Melibatkan sepasang insan yang mau saling ber-korban. b. Dua orang yang bekerja sama untuk mencapai tu-juan hidup. c. Terbentuk dari persahabatan. d. Sangat intens dan penuh gairah 14. Bagi saya, aspek terpenting dari suatu hubungan adalah: a. Respek b. Saling mendukung satu sama lain. c. Membangun sebuah keluarga. d. Adanya gairah. JIKA JAWABAN LEBIH BANYAK : A Anda termasuk tipe pecinta sejati, yang lebih memfokuskan pada kebahagiaan pasangan. Anda sangat menghargai hubungan yang Anda miliki, sehingga akan berusaha keras mempertahankannya. JIKA JAWABAN LEBIH BANYAK : B Anda termasuk pecinta yang berpikiran logis dan melihat suatu hubungan dengan cara yang praktis. Lebih banyak dipengaruhi otak daripada hati, dan lebih banyak berbagi minat dan tujuan hidup yang sama. JIKA JAWABAN LEBIH BANYAK : C Anda tergolong tipe pecinta persahabatan den-gan menekankan pada hubungan baik dan saling per-caya. Bagi Anda, pasangan juga berarti sahabat terbaik Anda. JIKA JAWABAN LEBIH BANYAK : D Anda termasuk tipe pecinta romantis yang se-lalu melibatkan hasrat, gairah, dan ketertarikan fisik dalam setiap menjalin hubungan. Anda lebih dipenga-ruhi hati daripada otak.

Page 32: MOST I 2013 2014

30

Magazine of Saint Agnes Edisi I 2013-2014

GALERI

Prestasi Taekwondo

Dari Farmasi hingga Bas-ket

W inda Winarto (XII-IPA 2/29), Fery (XII-IPA 1/13) dan Malvin Piero

(XII-IPA 1/17) membawa harum nama SMAK Santa Agnes di kan-cah 'National Pharmacy Games' yang diselenggarakan Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, 2 November 2013. Ketiganya ber-hasil menjadi juara pertama. Sedangkan tim basket putra memeroleh sertifikat juara kedua dalam Ajang Sportifitas (BKS CUP SMPK,SMAK/SMKK) se-Kevikepan Surabaya pada 17 hingga 23 Okto-ber 2013 di Sport Hall Santa Agnes, Surabaya. Pengharagaan diberikan dalam acara penutupan BKS Cup 2013.

BKS CUP 2013 diikuti 28 kontingen dari SMP, SMA Katolik se-Kevikepan Surabaya. Tujuannya mem mempererat tali persauda-raan antar-sekolah Katolik yang ada di Surabaya dan meningkakat-kan sportifitas para siswa. Sebelum pertandingan dimulai pada pukul 09.15 WIB, diawali terlebih dulu dengan pem-bukaan oleh Romo Sigit Pr yang juga Kepala SMAK St Louis 1 Sura-baya. Acara diikuti oleh seluruh peserta dan para kepala sekolah SMP dan SMA peserta lomba. (*)

S iswa-siswi SMAK St Agnes mengikuti Kejuaraan Taek-wondo Scorpion

Cup 2013 di Kampus STTS, Jl Ngagel Jaya Ten-gah 73-77, Surabaya, 5-6 Oktober 2013. Hasilnya, lima taek-wodo-in membawa pulang dua emas, satu perak dan dua perunggu. Dua emas dipersembahkan oleh Syka Yumima (XII-IPA1), dan Engelina (XII). Kemudian, medali perak diperoleh Caroline (XII), serta dua perunggu merupakan kontribusi dari Andhika Bagus (XI-IPA2) dan Kevin C (XII). Sedangkan dua taekwondo-in belum beruntung membawa hasil, yakni Nikodemus Sugiono (XII-IPA1) dan Nevio Oc-tavianus (XI-IPS3). (*)

Page 33: MOST I 2013 2014

31

Magazine of Saint Agnes Edisi I 2013-2014

GALERI

Laporan : Stefani dan Flora

S tefani Wahyudi, Flora Claudya, dan Karen Selly tidak bisa menghilangkan rasa gugupnya. Maklum,

saat lomba berjalan, salah satunya harus mempresentasikan hasil kerja. Tapi tahap itu terlewati dengan baik. Hasilnya, SMA Katolik Santa Agnes menyabet juara kedua dalam lomba 'Visit Surabaya Heri-tage'. "Nggak sia-sia banget men-inggalkan jam pelajaran," ujar Ste-fani yang sangat gembira. Lomba diadakan Jurusan Inggris Universitas Widya Kartika. Semua peserta dibagi menjadi be-berapa kelompok, mengikuti per-jalanan ke beberapa tempat berse-jarah di Surabaya, seperti Tugu Pahlawan, Gedung Grahadi, Balai Pemuda, dan Monumen Kapal Selam. Dalam perjalanan itu, pe-serta diharuskan meliput berita minimal empat artikel. Berita itu nantinya dituliskan dalam Koran berukuran A3 dan artikel meng-gunakan Bahasa Inggris. "Sejak awal kita sudah ren-canakan, fokus tentang Tugu Pah-lawan dan objek wisata itu menjadi pilihan utama untuk pembuatan koran kami," tukas Flora.

Pada 8 November 2013, tim mengumpulkan dan mempre-sentasikan koran di depan para juri. Juri yang menilai adalah dosen dari Universitas Widya Kartika dan seorang wartawan dari Jawa Pos. Selama menunggu giliran presentasi, ditayangkan beberapa film dalam ruangan yang berbeda dengan ruang penjurian. Penilaian terdiri dari beberapa aspek, di antaranya isi berita, desain koran, grammar berita, keaslian berita serta sumber beritanya, dan cara peserta dalam menyampaikan pre-sentasinya.

Para juri juga mengajukan beberapa pertanyaan tentang ko-ran yang telah dibuat, baik isi ko-ran maupun proses pengerjaannya. Akhirnya, juri memutuskan, juara I diraih tim dari SMA YYPI I, Juara II tim dari SMAK Santa Agnes, dan Juara III diraih oleh SMAK Santo Stanislaus. (*)

Page 34: MOST I 2013 2014

32

Magazine of Saint Agnes Edisi I 2013-2014

Page 35: MOST I 2013 2014

33

DUDU

Magazine of Saint Agnes Edisi I 2013-2014

Dari : E A Untuk : M A Pesan : Ayo nge-date Dari : 11 IPS2 “28” Untuk : 11 IPA2 (JFN) Pesan : Hai, jutek bgt jd cwok. Aku udh capek jomblo terus, Dari : Mr. OCD Untuk : Veve Pesan : Kurusin dong. Dari : Chasaii Onna Untuk : Someone Pesan : Mbencekno. Dari : Kuroko Tetsuya Untuk : K. Zukaku Pesan : Watashi no naisulli desu. Demo, I Hate You .. Dari : Sykong Untuk : Ong Family Pesan : Keep on fire ! And stay faithful ! Dari : XIS3/12 Untuk : Felicia (X-6) Pesan : Susah banget buat ngede-ketin kamu.. Dari : XXX Untuk : Natalia, Patricia, Ella, Adel Pesan : BFF always :) Dari : YUNIAS XI-IPS-3/32 Untuk : NANCY XI-IPS-3/ Pesan : Akan aku rangkai semua kata-kata cinta yang ada di muka bumi ini, akan aku jadikan seikat kembang agar engkau tau seluruh isi hatiku... Dari : XIA3 Untuk : K.I.A Pesan : Tetap kompak dan semngat. Be the Number One !

Dari : Ryukachi Akane Untuk : Seseorang Pesan : Aku menganggap kalian sesuatu yang berharga tapi kalian tidak pernah menganggapku ada di antara kalian. Dari : Dicky A. S (XII-S1) Untuk : Jeffry Y. M (XI-S3/13) Pesan : terpesona ku pada pan-dangan pertama. Dari : Kevin Lembata (XII-Bahasa) Untuk : Sharon A. (XII-IP1/30) Pesan : Maukah jadi pacarku? Dari : L 1647 CC , L 1084 CZ Untuk : L1976 BE, L1663 EU Pesan : Utang’e Herman 50rb. Bayaren ! buat aceng Dari : SBT 2k13 Untuk :SBT (ce&co) 2013-2014 Pesan : Semangat !!! :) Dari : iya-iyalah.com Untuk : Neiva, Yenny, Giti, Xiu Pesan : Ayo senam iya-iyalah. Dari : Mr. Rius Untuk : Mutiara Hati X-4 Pesan : Aku akan tetap disini menunggumu. Dari : (X-5) Yindo Untuk : Someone Pesan : Stay in god’s way

Dari : XIIS1 Untuk : X-4 (si-kembar) Pesan : Knalan dong. Dari : Roland XII-IPS2 Untuk : Oliver Graaas XII-Bhs Pesan : Aku berharap kita tetap bisa bersaudara. Dari : Your angel XIIS1/33 Untuk : Gita Rukmi XIIS1 Pesan : jok jadi setan di kelas Dari : Bu Elisabeth Untuk : Flora dan Karen, Stefani Pesan : Trimakasih atas pres-tasinya dlm lomba jurnalistik Dari : Seseorang Untuk : Prasetio F XI S3 Pesan : Aku Suka Kamu !!! Dari : XII Untuk : Catherine, Engel, Stefani, Tirta, Kresna, Herman, Taka, Ig-nas, Ega, Jordi, Stella, Stephen Pesan : Goodluck UNAS. Dari : Oce X4 Untuk : Rupina X4 Pesan : Aku suka kamu dari awal. Dari : Y /XI – IPS1 Untuk : Yuven /X – 2 Pesan : 9x->i>3(3x-7u) Dari : Mr.X Untuk : Cindy XII IPS 3 26 Pesan : Uuuummmah.

Page 36: MOST I 2013 2014

34

DUDU

Magazine of Saint Agnes Edisi I 2013-2014

Dari : Pak Edo Untuk : XI IPA1 Pesan : Jangan jadi IPA gadungan. Dari : Ronny XIA3 / 21 Untuk : Olga XiA3 / 19 Pesan : Will you be my girl-friend ? Dari : Lu-chan Untuk : Ouji-san Pesan : Where have you been? I’ll give up everything just to find you Dari : Saya Untuk : St. Agnes (Para Guru) Pesan : Tolong tugasnya di-kurangi, perbanyak praktek teru-tama biologi. Dari : Ferdi XIS2 Untuk : Sherin Kelas X Pesan : I love you sejak pertama melihatmu... Kenapa kamu tidak membalas? Hmmm. Dari : X Untuk : Vincentius Kevin Pesan : Kamu bukan manusia, kamu barbie, barbie yang berotot. Dari : Jeffrey XIA3 / 13 Untuk : Evelyn XiA3/ 8 Pesan : Will you be my girl-friend ? Dari : #21 Untuk : SBT 2013-2014 Pesan : Semangat latihan bro. Bangun teamwork, kerja sama di dalam dan di luar lapangan. DREAM BIG, WORK HARD, STAY HUMBLE ! Dari : Aku Untuk : Diriku Pesan : Longlast ya (y) yayaya.

Dari : XI IPA4 Untuk : XI IPS3 Pesan : Diam-diam suka kamu. Dari : Chisaii Onna Untuk : Chisaii Ona Pesan : Chisaii !!! Semangat. Ojo nonton terus yah. Dari : Ella dan Adel Untuk : Angel, Okta, Tita, Isabel, Bella, Melli, Natalia, Patricia Pesan : Keep Fight ! \^~^/

Dari : XI IPA 3 Untuk : XI IPA 3 Pesan : Semangat. Dari : XXX Untuk : Some teachers & friend Pesan : Cari dulu kebenarannya. Dari : Kevin T XIA2/17 Untuk : Angelika XIA2/3 Pesan : Saranghaeyo chagi-ya, Wancap !

Dari : Bawel Untuk : Mokong Pesan : Jok Sombong2. Dari : XIA4 (LL) Untuk : XIA4 (NN) Pesan : Cepet jadian!! Dari : Yunias XI IPS3 Untuk : Maldini XI IPS 3 Pesan : Mgapa dia memilih kamu. Dari : Yoshino Kazuya Untuk : K.zu saku (ALIEN), Bo-cah jumbo Pesan : “Shine~!!” Dari : mami and baby Untuk : om hendy Pesan : cepatlah sembuh dari kegilaanmu Dari : (XI BHS) cowok Untuk : (XI BHS) cewek Pesan : Ayo cepet tembak aku ya. Dari : Yonathan Tedjo (XI BHS) Untuk : Syka Yumima (XI IPA1) Pesan : Daisuki desu.... Dari : 16 Untuk : Kevin T (XIA2) Pesan : Still loving you ;) Dari : Pengirim Untuk : Vania XI IPA2 Pesan : Kamu segalanya. Dari : Maldini & Yunias Untuk : Deanata Pesan : I Love You :* Dari : T Untuk : Kelas Pesan : Buktikan kita bukan anak IPA gadungan. Dari : Ayano-chan Untuk : Yoshino Kazuya Pesan : Love u ..

Page 37: MOST I 2013 2014

35

Magazine of Saint Agnes Edisi I 2013-2014

Dari : Patrick (X5) Untuk : Novi (X5) Pesan : I want’s you Dari : Patrick (X5) Untuk : Novi (X5) Pesan : Saranghaeyo… Dari : Patrick (X5) Untuk : Novi (X5) Pesan : Aishiteru. Dari : Patrick (X5) Untuk : Novi (X5) Pesan : I miss you Dari : Patrick (X5) Untuk : Novi (X5) Pesan : I need you Dari : Patrick (X5) Untuk : Novi (X5) Pesan : Novi will you marry me? Dari : Shendy (XI – Bahasa) Untuk : Della (XI – IPS 3) Pesan : Aku rela beli semua ker-tas salam. Buat kirim salam sama kamu. Supaya semua orang tau, aku cinta kamu.

Dari : Ly Untuk : Lucky 7 Pesan : Lets work this out to-gether and dont give up on me. Daisuki. Dari : Boy Untuk : Koko Evando.H Pesan : Boy sudah besar wkwkwww. Dari : Ekz XI-IPA 2 Untuk : Novi XI-IPS 1 Pesan : Jujur aja !!! Dari : Shendy (XI – Bahasa) Untuk : Della (XI – IPS 3) Pesan : Lain kali kalo jalan jangan sombong yah. Biari enak kita datenya. Dari : Yogi XI – IPS 2 Untuk : Yuven X-3 Pesan : Ayo kita balikan. Dari : XXXXXXXXXX Untuk : Jesselyn.V Pesan : Anata wa suki dakara desu.

Dari : Ricky Dimas Kurni AWANG Untuk : Mama Pesan : Ma, kapan buat SIM? Aku kan sudah umur 17 tahun. Masak dari dulu pake SIM-nya Kidzania. Dari : Momo Untuk : Popo Pesan : Semangat ! Dari : Loudovicus Untuk : Maldini & Yunias Pesan : Aku sayang kalian Dari : MICHIKO Untuk : Someone Pesan : Ku harap bisa peka !! Dari : XXX Untuk : Pasbara Stag 2013 - 2014 Pesan : Ayo … semangat paski-bra Santa Agnes tahun ajaran 2013 – 2014. “Jangan pernah berpikir apa yang negara berikan untukmu, tapi pikirkan apa yang kamu beri-kan untuk negara ini. Salam Paski-bra Santa Agnes. Bisa … Bisa … Dari : XIA4 /05 Untuk : XIA4/ 22 Pesan : Hmmmmmmm...... Dari : XI IPS Untuk : Salim (XI IPA1) Pesan : Jangan hao sek 2 lah.. Dari : Someone Untuk : Other Someone Pesan : I Love you Forever Dari : Mantan X-4 Untuk : Orang kediri Pesan : Ingat nyanyiamu buat aku gateli.

DUDU

Page 38: MOST I 2013 2014

36

Magazine of Saint Agnes Edisi I 2013-2014

Dari : DJ Untuk : Osis Pesan : Tetap 1 untuk selamanya dan hadapi tantangan kedepan Dari : Angger (X5) Untuk : Ian (X6) Pesan : Hai Ian, uda lama lo kamu gak ke kelas ku ? Aku kangen banget …Aku menanti saatxx ber-dua denganmu …Miss you :* Dari : Ian (X6) Untuk : Angger (X5) Pesan : Ngger, sebenarnya selama ini aku juga ingin berdua sama kamu … tapi aku malu … nanti banyak yang gosipin gimana ? Dari : Stevani Caroline (X5) Untuk : Johana (X1) Stevani B.(X3) Pesan : Sudah lama tidak bersama – sama lagi. Harapku semoga kalian tambah success dlm pela-jaran dan makin cinta Tuhan GBU ^^ Dari : Fans Untuk : Ferry kucing XII IPS 1 Pesan : Jok alay – alay wah ! Dari : Rin Hanami Untuk : Seseorang Pesan : Kon skr berubah !!! Dari : Oik Untuk : Mbek XI IPS 3 Pesan : Keep spirit! Fighting. Dari : X – 1 Untuk : Gabriella Jovanta Pesan : Tetap jadi mama yang terindah di kelas kita. Dari : XII – S1 Untuk : Herman Soep Pesan : Ojok we**** tok man.

Dari : Sungha Jung & Grup Mas Rony Untuk : Para fans Pesan : Album sdh keluar Dari : Someone Untuk : Bebek (XII) Pesan : Kakak tau gak, semalem aku nyari bintang loh… Tapi bin-tangnya gak ketemu. Ternyata aku baru inget kalo bintangnya itu nyangkut di mata kakak. He-hehe… Dari : R Untuk : G Pesan : Sorry buat kamu nunggu. Dari : Felicia, Benita, Vijo, Nindy ( X-6) Untuk : Yenny (X-6) Pesan : Kamu cantik, tapi….. Dari : Vijo – 28 / X-6 Untuk : Mr. X Pesan : I love you Dari : Evan Untuk : Koko Pesan : Jok longor-longor

Dari : Secret admire Untuk : Panisa Paharat Pesan : Since I look at you, I love you first, if we meet. I can make many pepes (your favorite food). Dari : Mrs CF Untuk : Seluruh anak kls XII SMAK STAG Pesan : Bagi yang berminat add pin 25AD8BB3. Khusus anak kelas XII. Dari : Ivan C (XI IPS2) Untuk : Jessica Fanny (X-2) Pesan : Hey, aku mau mengata-kan sesuatu seiring terbitnya ma-jalah ini. Setelah melihatmu, km mengubah segalanya. Dari : Michael Santoso Untuk : Mam Indra Pesan : Terimakasih atas bantuan mam terhadap saya berada di kelas X-6 yang telah membimbing saya beradaptasi. Dari : Venong Untuk : Ong Family ~ Pesan : Kompak terus ya !! Makin gila !! wkwkwk...

DUDU

Page 39: MOST I 2013 2014

37

DUDU

Dari : Bogen XII S1 Untuk : Margaretha Margono XII S1 Pesan : Aku udah lama suka sama kamu, tapi cintaku rasanya bertepuk sebelah tangan. Plis trima aku untuk kali ini ya. I Love You. Dari : Who I’am ? Untuk : Anak–anak taekwondo Pesan : Ayo semangat latihan !!! jangan bolosan terus. Dari : XI IPA Untuk : Pak Edo Pesan : Buka kelas remidi? Dari : XI IPA Untuk : Pak Edo Pesan : Terima kasih, trigononya. Dari : PAK EDO Untuk : XI IPA Pesan : KOLEKSI RUMUS–RUMUS YA !! Dari : Big cat Untuk : Cece panda Pesan : I’m so sorry Please forgive me

Dari : X4 Untuk : Wali kelas kami tercinta, Bu Laurent Pesan : Makasih udah jadi wali kelas terbaik untuk kami. Jangan penah berhenti mengajari kami banyak hal. We love you, Bu. Dari : Karina X4 Untuk : Raymond J X4 Pesan : Peka dong, ada yang kan-gen sama kamu. Dari : Yacub P X4 Untuk : Karina X4 Pesan : Jangan PH Pin. Aku sayang banget sama kamu Aku janji gak genitin cewek lagi deh … Dari : Mr V Untuk : Oce, Chan, Dwika Pesan : jangan terlalu banyak main game, belajar yg pintar biar dapar nilai bagus dan naik kelas GBU Dari : wkwk Untuk : Y (XI - IPS 1) Pesan : nyapa aja

Dari : Bulan dan Bintang Untuk : Tata X3 Pesan : Ta, kapan kamu ke sini lagi ? Kami rindu padamu. Salam Sayang Bulan dan Bintang Dari : XII – S3 Untuk : XII – S3 Pesan : Kompak terus Mas broo and Mbak broo. Dari : Ian, Javi, Jeffrey, Kelvin Untuk : mam In. Pesan : terima kasih mam indra telah menjadi wali kelas yang baik. Sudah perhatian kepada kami, mau membanu sedikit demi sedikit walau kami sering mengecewakan mam indra. WE LOVE YOU MAM Dari : Angger / X5 Untuk : Marina / XXX Pesan : I Lap yu Dari : Yenni K X-6/31 Untuk : Pak Edo tercinta Pesan : Pak, dri awal saya suka. Kepintaran bapak membuat saya jatuh hati. Dari : X-6/27 X-5/27 Untuk : Raymond & X-5/23 Pesan : ??????????????????????????? Dari : Tadeus dkk Untuk : Anak STAG Pesan : Go follow @yoshishark . berisikan quote cinta ! Dari : Nico Febrianto Untuk : Valencia (X-2) Pesan : Otemon, Otemon, Ote-mon, Otemon, Otemon, Otemon, Otemon, Otemon, Otemon, Ote-mon, Otemon, Otemon, Otemon, Otemon, Otemon, Otemon, Ote-mon, Otemon, Otemon, Otemon.

Magazine of Saint Agnes Edisi I 2013-2014

Page 40: MOST I 2013 2014

38

DUDU

Magazine of Saint Agnes Edisi I 2013-2014

Dari : Evando Untuk : Para wanita stag Pesan : 081330139466, call me :) Dari : Arya Untuk : Para wanita stag Pesan : 082231640721, Text me ? Dari : Dito Baswara Untuk : Para wanita Pesan : 082331303483 Dari : Deanata Untuk : Para wanita Pesan : 082230008369 Dari : Tadeus Untuk : Para wanita Pesan : 085331762787 Dari : #31 Untuk : ASPAG Pesan : Terus dukung SBT, lan-tangkan suara Dari : XXX Untuk : Meilina (XII-Bhs) Pesan : Jok asal njeplak ae. Dari : Melcin Untuk : Bencong Pesan : Omongane dijaga please. Dari : XI IPS2/32 Untuk : XII IPA2 Pesan : Jangan php’in aku dong, capek balas bbm’ku yahh :( Aku sayang kamu poll. Dari : Alexander Kevin Joewono / XI IPS2 Untuk : Agnes Maria / XI Bhs Pesan : I always remember mo-ments abut us. But we can’t stand together now. The fact, I really miss you girl.

Dari : WRB \m/ Untuk : Siwon (XI BHS) Pesan : tambah ganteg ya :) tam-bah unyu juga =)) Dari : Yonathan Siwon Untuk : Agnes Bogang Pesan : I love you so much gang. Would you be mine ? :* Dari : someone Untuk : melly (XI bhs) Pesan : I love you, gak bisa move on lho. I still waiting for you. Dari : Reinaldo Untuk : xxxxxxxx Pesan : I always be by your side even you are not accept my pre-sent. Dari : Andi Prayogo XI IPA4 Untuk : Grace DT XI IPA3 Pesan : Grace kalo kamu punya rumah, aku punya tangga agar ke-lak kita bisa berumah tangga. Dari : Saya Untuk : Kamu Pesan : Black, Gak penting.

Dari : Jeffrey (X-6/13) Untuk : Untuk semua cewek Pesan : Sapa yang mau sama aku?? Kesepian nih.. Dari : Ryan X6 Untuk : Felix Antonius X6 Pesan : Jok nglamuni Mrs. F ae :p Dari : Fabian Untuk : semua Pesan : what does the fox say? Dari : William Untuk : Meliana / XIA3 Pesan : I miss you so much ndud. Aku kangen kenangan kita di ta-man berdua hujan2 di bawah bulan purnama. Dari : 11 IPS 2 Untuk : Steven Hendrawan Pesan : Butuh rexona berapa sih km? Butuh kita beli’in ta ? ;;) Dari : Someone Untuk : Leona Gracia Pesan : Kamu bukan barbie, tapi kamu manusia. Dari : XXX (Indri) XIS3 Untuk : Amung XI Bahasa Pesan : Aku sayang kamu, jangan suka marah-marah ya. Dari : Firman XI IPS3 Untuk : Indri Xi IPS3 Pesan : Sekarang kita memang berjauhan tapi suatu saat pasti kita akan bersama. Dari : Kelvin Novianta XIS3 Untuk : Jessica Fanny X2 Pesan : Love you me , jangan lupa makan ya me. Dari : Alvin Wijaya XI IPS1 : 01 Untuk : Sherin X-3 Pesan : Aku suka kamu. Please. terima aku !!

Page 41: MOST I 2013 2014

39

ARTIKEL

Magazine of Saint Agnes Edisi I 2013-2014

Mario Teguh S

ahabat sekalian, sebab utama dari stres kita adalah doa kita untuk meminta rezeki. Karena anda berdoa meminta rezeki, anda kemudian stres, karena datangnya rezeki besar menuntut kepantasan.

Orang baik-baik yang tidak pantas bagi rezeki besar bisa hancur hidupnya. Jadi stres itu tanda yang baik sekali bahwa doa kita didengarkan. Bahwa kita diminta berubah untuk rezeki yang lebih kuat, karena rezeki besar sedang datang menghampiri kita. Mempunyai banyak keinginan itu hanya menjadi impian-impian buruk. Berfokuslah pada satu keinginan dulu. Jika fokus Anda pada wanita, fokuslah pada wanita yang baik-baik. Jika Anda berfokus pada kekayaan, fokuslah pada sumber dari kekayaan itu bu-kan hasilnya. Jadi jika Anda berfokus pada satu keinginan, kalau itu terbayarkan dengan baik, maka akan mampu membayarkan keinginan Anda yang lain. Lebih baik Anda fokus pada satu hal, daripada banyak hal karena energi dan dananya terbagi. Seorang petinju hebat, akan fokus mengasah kemampuannya dalam berinju, dia tidak akan memiliki skill lebih di bidang lain seperti menyulam dan menari misalnya.

Kehidupan itu bergerak antara sangat peka dengan sangat tidak peka. Setiap orang merasakan kehidupan antara sangat kurang dan sangat lebih. Ti-dak ada suatu kualitas bisa digunakan menyelesaikan segala sesuatu. Kemampuan kita menyesuaikan diri dengan beban, itu penting sekali untuk menjadi pribadi yang sangat kuat. Bukan besarnya beban yang merusak ke-damaian, tapi salah caranya memikul. Keberhasilan itu bukan dalam rencana tapi dalam tindakan. Lebih baik cepat memilih dan stres saat melakukan, daripada lama stres pada saat memilih, tapi akhirnya terlambat, bahkan tidak melakukan. Apapun yang ingin Anda nikmati dengan mudah mengharuskan Anda melakukan kesulitan. Karena ke-sulitan itu membuat kita lebih kuat dan lebih mampu. Banyak orang ingin menikmati kemudahan dalam hidup ini, tapi tidak berusaha menjadikan yang sulit itu jadi mudah. Tuhan itu sangat mendengarkan permintaan kita. Apapun yang kita minta segera diberikan ham-batannya, karena kita melihatnya sebagai hambatan, maka hambatan itu akan kita jadikan pijakan untuk naik. Tuhan selalu menjawab setiap doa, hanya saja kita sering salah mengerti tentang jawabannya. Berapa banyak orang sungkan mengecewakan temannya yang tidak baik, tetapi tidak sungkan mengecewakan Tuhan. Pergaulan yang salah, itu sangat menyesatkan.

Page 42: MOST I 2013 2014

40

ARTIKEL

Magazine of Saint Agnes Edisi I 2013-2014

Maka bebaskan diri Anda untuk menjadi pribadi yang sekuat dan semurni mungkin. Setelah Anda kuat dan mapan, barulah rangkul semua orang bermasalah, untuk dibantu penyelesaiannya. Untuk itu sebelum anda mencapai tahapan ini, berhati-hatilah dalam ber-gaul. Orang yang membatasi pergaulan hanya dengan orang baik, tidak berarti ia tidak pumya banyak teman. Orang yang tidak bisa memilih dengan siapa dia tampil di publik, akan dinilai seburuk temannya, walaupun dia sendiri baik. Jika diberi pilihan, marilah kita menjadi pribadi yang didekati orang–orang baik, karena kita juga mendekatkan diri dengan orang baik. Hidup Bukan Bakat Pada dasarnya hidup ini bukan bakat-bakatan, tetapi membakati yang dihadapi. Persentase orang yang bekerja sesuai bidang pendidikannya, jauh lebih sedikit dibanding orang yang bekerja dengan latar be-lakang pendidikan yang berbeda. Cara terbaik sebelum berhenti dari pekerjaan, adalah menajdi karyawan terbaik. Karena jika Anda berhenti seperti pahlawan yang luka, di tempat lain Anda akan diperlakukan seperti pahlawan-pahlawan yang luka. Jadilah pribadi yang ketika Anda pergi dis-esali, dan ketika Anda datang disyukuri. Kalau kita bekerja setengah keras, kehidupan akan dua kali lebih keras. Tetapi ketika kita bekerja “double hard”, pekerjaan menjadi lunak. Cara terbaik untuk menunggu adalah sibuk, karena orang sibuk ti-dak sempat memikirkan untuk bersabar. Orang yang punya mental tidak terlatih tidak akan mampu memikul kekayaan besar, pangkat besar dan tanggung jawab luas. Pendidikan itu sangat penting, hanya pendidikan itu tidak selalu di sekolah formal. Orang yang menjadikan dirinya mampu itu adalah pen-didikan. Banyak orang yang berijazah tapi dirinya tidak mampu. Sebetulnya tidak masalah kalau kita mau menca-pai target tapi belum berhasil. Yang menjadi masalah adalah kita membandingkan diri kita dengan orang yang berhasil, dan hal ini yang membuat kita stress. Sebagian kita hanya membandingkan hasil, tidak mem-bandingkan proses..

Satu hal yang jarang sekali kita gunakan dengan kesadaran, sebagai penghilang stres, yaitu doa. Anda tidak mungkin keluar dari satu pertemuan dengan Tu-han, tanpa merasa lebih baik. Jangan khawatirkan yang belum terjadi. Tuhan tidak akan memasukan kita dalam kesulitan. Ia justru menjadikan kita lebih kuat dari ke-sulitan itu. Berhati-hatilah dengan hal yang kita abaikan. Mengabaikan itu baik, jika mengabaikan yang tidak penting. Kehidupan ini bukan mewahnya kendaraan, tetapi indahnya pengendalian. Pengendalian terbaik adalah kedekatan Anda dengan orangtua dan pasangan Anda. Ingatlah.. pasangan yang bercerai, dulunya saling mencintai, hanya tidak memeliharanya dalam persaha-batan yang amanah. Kehidupan itu kalau bisa diduga, maka Tuhan tidak berperan. Tuhan itu Maha Tahu, dan kita dibuat tidak tahu. Tidak ada kemampuan kita yang bisa men-yetarai yang Tuhan ketahui. Tirulah yang terbaik yang ada di lingkungan Anda. Jangan memikirkan sulitnya, pikirkan yang mu-dah, dan tirulah yang terbaik. Banyak orang yang menuntut hasil terbaik dari dirinya, tetapi tidak menuntut dirinya untuk memulai. Kita tidak lagi membenci stres, tetapi melihat stres sebagai tanda bahwa doa kita didengar. Tak ada rezeki besar yang pantas bagi orang yang kemampu-annya kecil. (http://salamsuper.co/mario-teguh-golden-ways-mengatasi-stress)

Page 43: MOST I 2013 2014
Page 44: MOST I 2013 2014

SMA Katolik Santa Agnes Jl Mendut 7 Surabaya 60131

Telp. 031 502 5540