alat pemadam api

Download Alat Pemadam API

Post on 10-Oct-2015

128 views

Category:

Documents

4 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

K3

TRANSCRIPT

MAKALAH KESELAMATAN KESEHATANKERJA DAN HUKUM KETENAGAKERJAANALAT PEMADAM KEBAKARAN

DISUSUN OLEH :KELOMPOK 5Dwi Apriyanti(061330401034)Natashia Cindy Patricia(061330401043)Triadi Hutomo(061330401048)

KELAS : 1 KEDOSEN PEMBIMBING: Meilianti, S.T., M.T.

JURUSAN TEKNIK KIMIA POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA PALEMBANG2012-2013

KATA PENGANTAR

Puji dan Syukur ke Hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat limpahan Rahmat dan Karunia-Nya sehingga penulis dapat menyusun makalah ini tepat pada waktunya. Makalah ini membahas Alat Pemadam Kebakaran.

Dalam penyusunan makalah ini, penulis banyak mendapat tantangan dan hambatan akan tetapi dengan bantuan dari berbagai pihak tantangan itu bisa teratasi. Olehnya itu, penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini, semoga bantuannya mendapat balasan yang setimpal dari Tuhan Yang Maha Esa.

Penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan baik dari bentuk penyusunan maupun materinya. Kritik konstruktif dari pembaca sangat penulis harapkan untuk penyempurnaan makalah selanjutnya.

Akhir kata semoga makalah ini dapat memberikan manfaat kepada kita sekalian.

Palembang, November 2013

Penulis,

i

DAFTAR ISI

Halaman KATA PENGANTAR iDAFTAR ISI iiBAB I PENDAHULUAN I.1 Latar Belakang 1 I.2 Rumusan Masalah 1 I.3Tujuan ............................................................................ 1

BAB II PENBAHASAN 2.1 Pengertian 22.2 Jenis-jenis pengenalan alat pemadam kebakaran 22.3 Pengertian Alat Pemadam Api Ringan/APAR32.4 Klasifikasi Kebakaran/Pengelompokkan Kebakaran52.5.Jenis Pemadam Kebakaran6 2.6 Tanda/simbol Alat pemadam Api102.7 Cara pemasangan Alat Pemadam Api yang baik dan benar... 112.8.Cara menggunakan Alat Pemadam Api.....12

BAB III PENUTUP 3.1 Kesimpulan 133.2 Daftar Pustaka 14

iiBAB IPENDAHULUANI.1 Latar BelakangKebakaran merupakan kejadian yang tidak diinginkan bagi setiap orang dan kecelakaan yang berakibat fatal. Kebakaran ini dapat mengakibatkan suatu kerugian yang sangat besar baik kerugian materil maupun kerugian immateriil. Sebagai contoh kerugian nyawa, harta, dan terhentinya proses atau jalannya suatu produksi/aktivitas, jika tidak ditangani dengan segera, maka akan berdampak bagi penghuninya. Jika terjadi kebakaran orang-orang akan sibuk sendiri, mereka lebih mengutamakan menyelamatkan barang-barang pribadi daripada menghentikan sumber bahaya terjadinya kebakaran, hal ini sangat disayangkan karena dengan keadaan yang seperti ini maka terjadinya kebakaran akan bertambah besar. Maka dari itu di pasang alat pemadam kebakaran di setiap gedung, kendaraan, dan tempat tertentu. Dengan adanya

I.2 Rumusan Masalah1. Sebutkan pengertian alat pemadam kebakaran secara umum.2. Apa itu Alat Pemadam Kebakaran Ringan (APAR)? Sebutkan bagian-bagiannya.3. Penjelasan klasifikasi kebakaran.4.Sebutkan dan jelaskan alat pemadam kebakaran.5. Jelaskan Tanda/Simbol alat pemadam kebakaran.6. Jelaskan cara pemasangan alat pemadam kebakaran yang baik dan benar.

I.3 TujuanTujuan penulisan makalah ini adalah untuk mengetahui jenis alat pemadam kebakaranyang sesuai dengan klasifikasi kebakaran pada saat terjadinya kebakaran.

1

BAB IIPEMBAHASAN2.1. PengertianAlat pemadam kebakaranadalah alat perlindungan kebakaran aktif yang digunakan untuk memadamkanapi atau mengendalikankebakarankecil, umumnya dalam situasi darurat. Pemadam api tidak dirancang untuk digunakan pada kebakaran yang sudah tidak terkontrol, misalnya ketika api sudah membakar langit-langit. Umumnya alat pemadam api terdiri dari sebuahtabungbertekanan tinggiyang berisibahan pemadam api.

2.2. Jenis-jenisPENGENALAN BAHAN PEMADAMKEBAKARANAlat pemadam kebakaran berdasarkan bentuk dan instalasinya terdiri atas 3 jenis yaitu :1.Alat pemadam api yang dirakit secara tetap pada bangunan / gedung2.Alat pemadam api yang dirakit secara tetap pada kendaraan 3.Alat pemadam api yang mudah dibawa (portable )

Di era globalisasi serba modern, alat pemadam api makin berkembang mengikuti kemajuan zaman. Di zaman dahulu, alat pemadam api tidaklah spesifik dan sangat sederhana, medianya hanya air dan alatnya mungkin seperti ember dan wadah lainnya yang bisa menampung air untuk memadamkan kebakaran. Dengan adanya kemajuan teknologi, maka ditemukannya terobosan baru. Pemadaman kebakaran dilakukan dengan alat yang spesifik, mulai dari mobil Pemadam Kebakaran (DAMKAR), Tabung berkapasitas besar (trolley unit), Tabung portable unit, dan bahkan alat pemadam yang dilengkapi dengan Smoke Detector serta Alarm. Atas dasar pentingnya pengetahuan tentang penanggulangan bahaya kebakaran, serta bagaimana cara menggunakan alat pemadam api dengan baik dan benar, penulis ingin menerangkan tentangTabung Pemadam Api.

2

PENGERTIAN ALAT PEMADAM API RINGAN |APARAPARAdalah Suatu alat berupa tabung yang diisi dengan media yang dapat mengatasi serta memadam kebakaranpada awal terjadinya api

SPARE PARTSAPAR1. TABUNG (TUBE)

Tabung (Tube) yang kami pakai terbuat dari bahan berkualitas tinggi baja paduan. mereka banyak diterapkan dalam kimia, metalurgi, mekanik. Sehingga tahan terhadap bahan kimia serta tahan terhadap tekanan yang terukur. Tabung berbentuk seamless yaitu tabung yang dibuat tanpa adanya las.2. VALVE

Spare part yang berfungsi untuk menutup dan membuka aliran media (Isi) yang berada di dalam tabung.3.HANDLE

3

Spare part yang berfungsi sebagai pegangan untuk menekan serta membantu valve dalam melakukan fungsinya.4.PRESSURE

Spare part yang berfungsi untuk menunjukkan tekanan N2 dalam tabung.5.HOSE

Spare part yang berfungsi sebagai selang penghantar media.6.NOZZLE

Spare part yang berfungsi sebagai pegangan untuk mengarahkan media pada sumber api.7.SABUK TABUNGSpare part yang berfungsi sebagai dudukan selang pada tabung.8.PIN PENGAMAN4

Spare part yang berfungsi sebagai pengaman tabung.9.BRACKET/ HANGERSpare part yang berfungsi sebagai gantungan APAR.

Klasifikasi Kebakaran/Pengelompokkan Kebakaran1. Kebakaran Kelas AAdalah kebakaran yang menyangkut benda-benda padat kecuali logam. Contoh : Kebakaran kayu, kertas, kain, plastik.Alat/media pemadam yang tepat untuk memadamkan kebakaran klas ini adalah dengan : Air, Busa, CO2, Bubuk Kering, Halon.2. Kebakaran Kelas BKebakaran bahan bakar cair atau gas yang mudah terbakar. Contoh : Benzena, Eter, Heksana, LPG,dll.Alat pemadam yang dapat dipergunakan pada kebakaran tersebut adalah CO2, Bubuk Kering, Busa, Halon.3. Kebakaran Kelas CKebakaran instalasi listrik bertegangan. Contoh : Arus pendekAlat Pemadam yang dipergunakan adalah : CO2, Bubuk Kering, Halon.4. Kebakaran Kelas DKebakaran pada benda-benda logam padat. Contoh : Alumunium, natrium, kalium.Alat Pemadam yang dipergunakan adalah : CO2, Bubuk Kering, Halon.

5

Alat pemadam api tradisional / sederhana; merupakan alat pemadam api bukan buatan pabrik, biasanya memanfaatkan benda/barang yang dapat digunakan sebagai alat pemadam yang mudah dibawa, seperti selimut api (fire blanket), pemukul, cambukapi, ember yang diisi oleh air, dll.

Jenis Pemadam Kebakaran1. Air (water)Alat Pemadam Api Jenis Air merupakanalat pemadam apiyang menggunakan air untuk memadamkan api. Alat pemadam ini menggunakan air dan karbon dioksida sebagai bahan pemadam. Jenis pemadam ini cocok untuk memadamkan api yang membakar kertas dan kayu. Alat pemadam kebakaran ini tidak boleh digunakan pada area-area yang terdapat peralatan yang menggunakan listrik atau cairan kimia organic yang tidak larut didalam air. Akhir-akhir ini sudah dikembangkan alat pemadam yang menggunakan air yang mengandung foaming agent (bahan pembentuk busa) yang dikenal denganAFFFyang dapat digunakan untuk kebakaran pada cairan kimia mudah terbakar dan peralatan listrik.berikut merupakan gambar komponen yang terdiri pada alat pemadma kebakaran berbahan air (water).

2. AFF Foam (Busa)Alat Pemadam Api Jenis AFF Foam (Busa) merupakan alat pemadam api yang menggunakan bahan kimia yang dapat membentuk busa yang stabil dan didorong dengan karbon dioksida pada saat keluar dari tabung. AFF Foam (busa) yang keluar akan menyelimuti bahan yang terbakar sehingga dapat memadamkan api karean oksigen tidak bisa masuk untuk proses kebakaran. Jenis pemadam ini dapat digunakan pada area dimana jenis pemadam air tidak bisa digunakan. Seperti pada area yang terdapat minyak yang tidak bisa bercampur dengan air.6

Foam AFFF (Aqueous Film Forming Foam) adalah berbasis air dan sering mengandung surfaktan berbasis hidrokarbon seperti sulfat sodium alkyl, fluoro surfactant seperti: fluorotelomers, asam perfluorooctanoic (PFOA), asam perfluorooctanesulfonic (PFOS). Mereka memiliki kemampuan untuk menyebar di permukaan cairan berbasis hidrokarbon. Alcohol resistant aqueous film forming foams (AR AFFF) adalah busa/foam yang tahan terhadap reaksi dari alkohol, dapat membentuk lapisan/ segmen pelindung ketika dipakai atau disemprotkan. Dapat digunakan untuk memadamkan api kelas Anamun sangat cocok bila digunakan untukkelas B.

Bersifat Kondukstif (Penghantar Listrik). Tidak dapat dipakai untuk memadamkan apikelas c.

Foam bersifat ringan, sangat efektif untuk memadamkan zat cair yang mudah terbakar dengan cara mengisolasi oksigen serta menutupi permukaan zat cair untuk menghindari api yang dapat menjalar (meluas) kembali.

Tidak berbahaya terhadap tumbuhan, hewan terutama manusia.

3. Dry PowderAlat Pemadam Api Jenis Dry Chemical Powder merupakan alat pemadam api yangmengandung serbuk kering yang bersifat inert seperti se

View more