01 pdf kunci suplemen ktsp kelas 10 a 2015

71
1 Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas X

Upload: jihadul-munir

Post on 12-Apr-2017

2.335 views

Category:

Education


0 download

TRANSCRIPT

Page 1: 01 pdf kunci suplemen ktsp kelas 10 a 2015

1Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas X

Page 2: 01 pdf kunci suplemen ktsp kelas 10 a 2015

2 Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas X

Bab I Menciptakan Lapangan Kerja dengan Berwirausaha

A. Jawaban: Pokok-pokok berita berjudul ”Ciptakan Wirausaha Terbaik, Bank Mandiri Gelar Kompetisi” sebagai berikut.1. Peristiwa yang terdapat dalam berita tersebut

yaitu perhelatan Wirausaha Mandiri atau WMM dan Mandiri Young Technopreneur 2011 digelar selama empat hari sejak 19–22 Januari 2011 di Jakarta Convention Center.

2. Orang atau pelaku yang ikut berperan dalam berita tersebut.a. Bank Mandirib. Peserta kompetisi Wirausaha Mandiri

2011c. Peserta Mandiri Young Technopreneurd. Menteri Koordinator Perekonomian,

Hatta Rajasae. Menteri BUMN, Dahlan Iskanf. Menteri UKM, Syarif Hasang. Zulkifl i Zaini selaku Direktur Utama

Bank Mandiri3. Perhelatan Wirausaha Mandiri atau WMM

dan Mandiri Young Technopreneur 2011 digelar selama empat hari sejak 19–22 Januari 2011.

4. Perhelatan Wirausaha Mandiri atau WMM dan Mandiri Young Technopreneur dilaksanakan di Jakarta Convention Center.

5. Perhelatan ini dilakukan karena Bank Mandiri ingin mengubah pola pikir mahasiswa dan para alumni perguruan tinggi untuk mulai berwirausaha. Selain itu, perhelatan ini dilakukan untuk menyejahterakan dan meningkatkan ekonomi Indonesia, khususnya sektor perbankan.

6. Urutan peristiwa pemberitaan sebagai berikut.a. Perhelatan Wirausaha Mandiri

atau WMM dan Mandiri Young Technopreneur 2011 digelar selama empat hari sejak 19–22 Januari 2011 di Jakarta Convention Center.

b. Perhelatan ini diadakan oleh Bank Mandiri. Perhelatan ini dilakukan karena Bank Mandiri ingin mengubah pola pikir mahasiswa dan alumni perguruan tinggi untuk mulai berwirausaha.

c. Perhelatan ini dilakukan untuk menyejahterakan dan meningkatkan ekonomi Indonesia, khusus nya sektor perbankan.

d. Kompetisi Wirausaha Mandiri 2011 diikuti 3.751 peserta dari 385 perguruan tinggi di tanah air, sedangkan ajang Mandiri Young Technopreneur yang baru pertama kali digelar diikuti 617 orang.

e. Dari kompetisi yang digelar, terpilih 26 pemenang wirausaha.

f. Penghargaan kepada pemenang diserahkan langsung Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Rajasa, Menteri BUMN, Dahlan Iskan, Menteri UKM, Syarif Hasan, serta Zulkifl i Zaini selaku Direktur Utama Bank Mandiri.

g. Pada acara tersebut, peserta dapat bertukarpikiran dengan pembicara, seperti Sandiaga Uno, Bill Reichert, Nia Dinata, Yoris Sebastian, Carmanita, dan pemenang WMM.

Pokok-pokok berita berjudul ”Putera Sampoerna Foundation Ciptakan Pemimpin dan Wirausaha” sebagai berikut.1. Peristiwa yang terdapat dalam berita

tersebut yaitu misi yang dimiliki Putera Sampoerna Foundation (PSF). Putera Sampoerna Foundation (PSF) memiliki

Page 3: 01 pdf kunci suplemen ktsp kelas 10 a 2015

3Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas X

misi untuk menciptakan pemimpin melalui pendidikan, menciptakan lapangan kerja melalui pengembangan kewirausahaan, dan memberdayakan perempuan lewat donasi yang diberikan.

2. Orang atau pelaku yang ikut berperan dalam peristiwa penyerahan bantuan yaitu Putera Sampoerna Foundation.

3. Saat ini PSF memiliki misi.4. PSF menerapkan misi tersebut di

Indonesia.5. PSF mengambil misi tersebut karena

mereka telah melihat tantangan yang lebih luas di Indonesia.

6. Urutan peristiwa pemberitaan sebagai berikut.a. Saat ini Putera Sampoerna Foundation

(PSF) memiliki misi untuk menciptakan pemimpin melalui pendidikan, menciptakan lapangan kerja melalui pengembangan kewirausahaan, dan memberdayakan perempuan lewat donasi yang diberikan.

b. Mengacu misi tersebut, saat ini PSF telah mengucurkan lebih dari 34.600 beasiswa yang bekerja sama dengan lebih dari 170 perusahaan.

c. Sebanyak 1,2 juta individu telah mendonasikan lebih dari US$56 juta.

d. PSF menerapkan misi tersebut karena mereka telah melihat tantangan yang lebih luas di Indonesia.

e. Dengan misi tersebut PSF mengubah haluannya dari organisasi fi lantropi menjadi organisasi sosial bisnis.

f. Saat ini pemilik Putera Sampoerna masih menjadi penyumbang terbesar di PSF sebesar 60 persen. Sisanya, 30–40 persen dari para donatur.

g. Untuk menciptakan pemimpin melalui pendidikan, PSF mendirikan Sampoerna Academy (SMA di Malang dan Palembang), Sampoerna School of Education atau SSE (sekolah tinggi yang berjurusan Bahasa Inggris dan Matematika), Sampoerna School of Business atau SSB (sekolah tinggi), dan Anggarda Paramita Siswa Bangsa (koperasi).

h. Untuk menciptakan lapangan kerja melalui pengembangan kewirausahaan, dibuat Mekar Entrepreneur Network (pusat pengembangan kewirausahaan).

i. Untuk memberdayakan perempuan, ada Anggarda Paramita Sahabat Wanita (yayasan dan koperasi).

j. Untuk memberi bantuan serta kepedulian sosial, ada Bait Al-Kamil (unit pelayanan zakat) yang telah disetujui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

B. Jawaban: Contoh jawaban:

Isi berita ”Ciptakan Wirausaha Terbaik, Bank Mandiri Gelar Kompetisi” sebagai berikut. Berita tersebut menginformasikan perhelatan Wirausaha Mandiri atau WMM dan Mandiri Young Technopreneur 2011 yang digelar selama empat hari sejak 19–22 Januari 2011 di Jakarta Convention Center. Perhelatan ini diadakan oleh Bank Mandiri. Perhelatan ini dilakukan karena Bank Mandiri ingin mengubah pola pikir mahasiswa dan alumni perguruan tinggi untuk mulai berwirausaha. Perhelatan ini dilakukan untuk menyejahterakan dan meningkatkan ekonomi Indonesia, khususnya sektor perbankan. Kompetisi Wirausaha Mandiri 2011 diikuti 3.751 peserta dari 385 perguruan tinggi di tanah air, sedangkan ajang Mandiri Young Technopreneur yang baru pertama kali digelar diikuti 617 orang. Dari kompetisi yang digelar, terpilih 26 pemenang wirausaha. Penghargaan kepada pemenang diserahkan langsung Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Rajasa, Menteri BUMN, Dahlan Iskan, Menteri UKM, Syarif Hasan, serta Zulkifl i Zaini selaku Direktur Utama Bank Mandiri.

Isi berita ”Putera Sampoerna Foundation Ciptakan Pemimpin dan Wirausaha” sebagai berikut. Saat ini Putera Sampoerna Foundation (PSF) memiliki misi untuk menciptakan pemimpin melalui pendidikan, menciptakan lapangan kerja melalui pengembangan kewirausahaan, dan memberdayakan perempuan lewat donasi yang diberikan. Mengacu misi tersebut, saat ini PSF telah mengucurkan lebih dari 34.600 beasiswa yang bekerja sama dengan lebih dari 170 perusahaan. PSF mengambil misi tersebut karena mereka telah melihat tantangan yang lebih luas di Indonesia. Dengan misi tersebut PSF mengubah haluannya dari organisasi fi lantropi menjadi organisasi sosial bisnis. Saat ini pemilik Putra Sampoerna masih menjadi penyumbang terbesar di PSF sebesar 60 persen. Sisanya, 30–40 persen dari para donatur.

C. Jawaban:Diserahkan kepada siswa.

Page 4: 01 pdf kunci suplemen ktsp kelas 10 a 2015

4 Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas X

D. Contoh jawaban: 1. Saya setuju dengan isi berita yang telah

disampaikan. Adanya perhelatan Wirausaha Mandiri atau WMM dan Mandiri Young Technopreneur 2011 di Jakarta Convention Center akan memacu generasi muda untuk berwirausaha.

2. Saya setuju dengan adanya misi PSF. Semoga dengan adanya PSF banyak anak bangsa yang dibantu untuk berwirausaha dan memiliki keberanian untuk mandiri sehingga pengangguran di Indonesia berkurang.

A. 1. Contoh jawaban: ”Rekan-rekan kelas X SMA Bakti Pertiwi yang saya kasihi, sebelum memulai diskusi pada pagi hari ini perkenankan saya memperkenalkan diri. Saya, Bunga Lestari, siswa kelas XA SMA Bakti Pertiwi. Saya putri kedua dari dua bersaudara. Saya berada di sini untuk memandu acara diskusi kita pada pagi hari ini. Saya juga mengucapkan terima kasih karena kepercayaan rekan-rekan kepada saya untuk memandu acara diskusi pagi ini.”Catatan untuk Guru: Jawaban siswa dapat berbeda-beda. Guru dapat menilai jawaban siswa berdasarkan pemilihan bahasa, keruntutan, dan kejelasan kalimat perkenalan yang dibuat oleh siswa.

2. Contoh jawaban: ”Selanjutnya saya akan memperkenal-kan rekan saya. Rekan saya bertugas sebagai notulis dalam acara diskusi kali ini. Rekan saya bernama Mutiara Kartika. Ia siswa kelas XC SMA Bakti Pertiwi. Banyak prestasi yang telah diraih rekan saya ini. Ia sebagai pemenang lomba mengarang esai tingkat SMA. Ia juga mendapatkan juara pertama lomba berpidato. Pada kesempatan ini saya juga akan memperkenalkan pembicara-pembicara dalam acara diskusi ini. Pembicara pertama adalah Bapak Hendri Cahaya Laksono. Beliau adalah pemilik rumah makan Ayam Goreng Cahaya yang terkenal di kota kita. Dalam diskusi ini beliau akan memaparkan cara-cara berwirausaha. Beliau juga akan menceritakan perjalanan usahanya sampai menjadi seperti sekarang ini. Pembicara kita yang kedua adalah Ibu Maya Nilawati. Beliau adalah pemilik

supermarket Maya. Dalam diskusi kali ini beliau akan menjelaskan cara mencari peluang di dunia usaha. Ibu Maya pun akan berbagi pengalaman dengan kita. Para pembicara berharap pengalaman-pengalaman yang mereka paparkan dapat menjadi motivasi untuk kita berusaha dan meraih sukses dalam berwirausaha.”Catatan untuk Guru: Jawaban siswa dapat berbeda-beda. Guru dapat menilai jawaban siswa berdasarkan pemilihan bahasa, keruntutan, dan kejelasan kalimat perkenalan yang dibuat oleh siswa.

3. Contoh jawaban: ”Terima kasih atas kesempatan yang telah

diberikan kepada saya. Sebelum saya mengemukakan pendapat, perkenankan saya untuk memperkenalkan diri. Saya, Aji Putranto. Saya siswa kelas X SMA Bakti Pertiwi. Saya hadir di sini mewakili sekolah saya untuk menghadiri seminar ini. Saya ingin mengemukakan pendapat tentang peluang usaha. Menurut saya, peluang usaha yang dilihat oleh setiap individu berbeda. Setiap orang dapat melihat peluang usaha yang berbeda.

B. Jawaban: Diserahkan kepada siswa.

Catatan untuk Guru: Guru dapat menilai penampilan siswa berdasarkan aspek-aspek berikut. 1. Keberanian siswa dalam memperkenalkan

diri. 2. Kejelasan siswa dalam memperkenalkan

diri. 3. Sikap siswa dalam memperkenalkan diri.

C. Jawaban:Asti sudah memperkenalkan diri dengan baik. Kalimat-kalimat yang digunakan sudah runtut dan jelas. Namun, suara Asti terlalu lemah sehingga tidak semua teman mendengarnya. Catatan untuk Guru: Dalam memberikan kegiatan dan penilaian tugas ini, hendaknya Guru mengacu aspek-aspek berikut.1. Keruntutan isi dan kalimat perkenalan diri

secara tertulis.2. Keruntutan isi, penggunaan bahasa, serta

mimik atau bahasa tubuh siswa dalam menyampaikan perkenalan diri secara lisan di depan kelas.

3. Ketepatan dan kelogisan dalam memberikan tanggapan terhadap hasil pekerjaan siswa.

Page 5: 01 pdf kunci suplemen ktsp kelas 10 a 2015

5Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas X

A. –

B. Jawaban:Ide pokok setiap paragraf bacaan tersebut seba-gai berikut.1. Paragraf ke-1 :

Membangun bisnis atau bidang usaha yang tepat dan menguntungkan adalah idaman bagi setiap orang.

2. Paragraf ke-2 : Indonesia dimungkinkan menjadi objek atau pasar untuk mendirikan berbagai usaha dengan prospek cukup cerah.

3. Paragraf ke-3 : Memilih usaha yang menjanjikan dan menguntungkan tentu perlu dipertimbangkan.

4. Paragraf ke-4 : Dari berbagai seminar tentang kewirausahaan, dapat disimpulkan bahwa ada tiga bidang usaha atau bisnis yang cukup memiliki prospek.

5. Paragraf ke-5 : Usaha kuliner disebut-sebut sebagai salah satu bisnis paling menguntungkan saat ini di Indonesia.

6. Paragraf ke-6 : Peluang bisnis online diperkirakan akan semakin menjanjikan bagi para internet marketer.

7. Paragraf ke-7 : Perkembangan industri gadget yang belakangan ini mengalami peningkatan yang cukup drastis.

C. Contoh jawaban:Membangun bisnis atau bidang usaha yang tepat dan menguntungkan adalah idaman bagi setiap orang. Indonesia dimungkinkan menjadi objek atau pasar untuk mendirikan berbagai usaha dengan prospek cukup cerah. Memilih usaha yang menjanjikan dan menguntungkan tentu perlu dipertimbangkan. Dari berbagai seminar tentang kewirausahaan, dapat disimpulkan bahwa ada tiga bidang usaha atau bisnis yang cukup memiliki prospek. Usaha kuliner disebut-sebut sebagai salah satu bisnis paling menguntungkan saat ini di Indonesia. Selain itu, peluang bisnis online diperkirakan akan semakin menjanjikan bagi para internet marketer. Demikian pula perkembangan industri gadget yang belakangan ini mengalami peningkatan cukup drastis.

A. Jawaban: Puisi 1 termasuk puisi lama berjenis seloka. Seloka memiliki ciri-ciri sebagai berikut.a. Seloka berasal dari India.b. Bentuknya hampir sama dengan pantun

karena terdiri atas empat larik dalam satu bait, tetapi ada juga seloka yang terdiri lebih dari empat larik.

c. Larik satu dan dua merupakan sampiran, larik tiga dan empat merupakan isi.

d. Seloka digunakan untuk memberi nasihat. Nasihat tersebut disampaikan dengan kiasan.

e. Seloka tersebut menggambarkan keadaan seseorang yang sangat lelah karena bekerja keras. Ia merasa seperti tulangnya hilang dan lemas. Seloka tersebut memberi nasihat kepada kita untuk bekerja keras.

Puisi 2 merupakan puisi lama berjenis syair. Ciri-ciri syair sebagai berikut.a. Tiap bait terdiri atas empat larik.b. Setiap baris terdiri atas 4–5 kata (8–12 suku

kata).c. Persamaan bunyi atau sajak akhir sama dan

sempurna.d. Tidak ada sampiran sehingga keempatnya

merupakan isi.e. Terdiri atas beberapa bait dan setiap bait

saling berhubungan.f. Biasanya berisi cerita atau berita.g. ”Syair Perahu” ditulis oleh Hamzah Fanzuri.

Dalam ”Syair Perahu” tubuh kita diibaratkan sebagai perahu.

”Syair Perahu” berisi nasihat kepada kita untuk memegang teguh dan melakukan ajaran agama agar kita selamat saat di akhirat.

Puisi 3 termasuk puisi lama berjenis pantun. Pantun memiliki ciri-ciri sebagai berikut.a. Setiap bait terdiri atas empat baris.b. Baris pertama dan kedua merupakan sam-

piran, sedangkan baris ketiga dan keempat merupakan isi.

c. Rima atau sajak pantun adalah abab, yaitu –ur–ang–ur–ang.

d. Setiap baris terdiri atas 8–12 suku kata.e. Pantun memberi nasihat kepada pembaca

agar tidak melupakan sembahyang. Puisi 4 termasuk puisi lama berjenis karmina. Karmina memiliki ciri-ciri sebagai berikut.a. Terdiri atas dua larik.b. Larik pertama merupakan sampiran.

Page 6: 01 pdf kunci suplemen ktsp kelas 10 a 2015

6 Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas X

c. Larik kedua merupakan isi.d. Bersajak aa.e. Jika dijadikan empat larik, karmina bersajak

abab.f. Karmina berisi seseorang yang tidak ingin

melakukan sesuatu. Puisi 5 termasuk puisi lama berjenis talibun dengan ciri-ciri sebagai berikut.a. Talibun memiliki larik lebih dari empat, tetapi

berjumlah genap.b. Talibun tersebut terdiri atas delapan larik.c. Larik pertama, kedua, ketiga, dan keempat

merupakan sampiran.d. Larik kelima, keenam, ketujuh, dan

kedelapan merupakan isi.e. Sampiran dan isi tidak saling berhubungan.f. Talibun delapan larik memiliki rima

abcdabcd.g. Talibun menasihatkan kita untuk mencari

teman sebanyak mungkin dan menjalin hubungan yang baik dengan orang-orang yang kita kenal.

Puisi 7 merupakan puisi lama jenis gurindam. Ciri-ciri gurindam sebagai berikut.a. Tiap bait terdiri atas dua larik.b. Jumlah suku kata tiap-tiap larik tidak tetap.

Pada umumnya terdiri atas sepuluh sampai empat belas suku kata.

c. Bersajak aa.d. Hubungan larik pertama dan kedua

membentuk hubungan sebab akibat.e. Pada umumnya gurindam berisi suatu

kebenaran untuk memberi nasihat.f. Isi gurindam dapat dilihat dari larik kedua.g. Gurindam tersebut memberikan nasihat

kepada pembaca untuk rajin sembahyang atau ibadah karena sembahyang merupakan dasar dari kehidupan kita.

B. Jawaban:Puisi 6 merupakan puisi baru. Puisi tersebut tidak terikat aturan-aturan tertentu. Puisi tersebut terdiri atas empat bait. Bait pertama terdiri atas lima larik. Rima yang dimiliki bait pertama bebas. Bait kedua terdiri atas lima larik. Rima yang dimiliki bait pertama bebas. Bait ketiga terdiri atas empat larik. Rima yang dimiliki bait pertama bebas. Bait keempat terdiri atas empat larik. Rima yang dimiliki bait pertama bebas.Bait kelima terdiri atas lima larik. Rima yang dimiliki bait pertama bebas. Puisi 6 menggambarkan hasil yang kita dapat saat ini adalah hasil dari usaha yang pernah kita lakukan. Oleh karena itu, puisi mengajak kepada kita untuk selalu bekerja keras dalam hal apa pun sehingga kelak kita mendapatkan hasil yang baik.

C. 1. Contoh jawaban:Kalau ada jarum patah,jangan dimasukkan ke dalam peti.Kalau ada kataku yang salah,jangan dimasukkan ke dalam hati.

Pantun tersebut bertema persahabatan atau pertemanan. Tema persahabatan atau pertemanan tampak dalam larik-larik. Pantun tersebut menjelaskan jika ada kata-kata yang menyinggung perasaan, jangan dimasukkan ke dalam hati atau jangan marah.

2. Contoh jawaban:Panakik pisau siraut,ambil galah batang lintabung,silodang ambil untuk niru.Yang setitik jadikan laut,yang sekapal jadikan gunung,alam terkembang jadikan guru.

Talibun di atas terdiri atas enam larik, maka disebut enam berikat. Talibun tersebut bertema pendidikan. Tema pendidikan dapat dilihat dari larik Alam terkembang dijadikan guru. Larik tersebut mengajak kita untuk selalu belajar dari alam dan belajar dari pengalaman yang ada. Talibun tersebut juga mengajak pembaca untuk selalu belajar.

3. Contoh jawaban:Lurus jalan ke Payakumbuh,kayu jati bertimbal jalan.Di mana hati tak kan rusuh,ibu mati bapak berjalan.

Seloka tersebut menceritakan kesedihan dan kegelisahan seseorang karena ditinggalkan orang tuanya, baik itu meninggal atau sakit. Kesedihan dan kegelisahan tersebut tampak dalam larik Di mana hati tak kan rusuh.

4. Contoh jawaban:Pada zaman dahulu kala, tersebutlah sebuah cerita. Sebuah negeri yang aman sentosa, dipimpin sang raja nan bijaksana.

Negeri bernama Pasir Luhur, tanahnya luas lagi subur, rakyat teratur hidupnya makmur, rukun raharja tiada terukur.

Raja bernama Darmalaksana, tampan rupawan elok parasnya, adil dan jujur penuh wibawa, gagah perkasa tiada tandingnya.

Syair di atas menceritakan sebuah negeri yang aman dan sentosa. Negeri tersebut bernama Pasir Luhur. Negeri Pasir Luhur dipimpin seorang raja yang rupawan

Page 7: 01 pdf kunci suplemen ktsp kelas 10 a 2015

7Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas X

A. Pilihan Ganda

1. Jawaban: bInformasi yang dibahas dalam berita merupakan topik atau tema berita. Informasi yang dibahas dalam berita tersebut adalah Kabupaten Kulonprogo dijadikan percontohan wirausaha.

2. Jawaban: aPokok-pokok berita yang terdapat dalam kutip an berita meliputi 5W+1H. Pilihan jawaban a me rupa-kan unsur what (apa). Pilihan jawaban b, c, d, dan e tidak mengandung unsur berita 5W+1H.

3. Jawaban: ePernyataan sesuai isi berita terdapat pada pilihan jawaban e. Kesesuaian tersebut dapat dilihat pada paragraf terakhir teks berita tersebut. Pernyataan dalam pilihan jawaban a, b, c, dan d tidak sesuai isi berita.

4. Jawaban: dTanggapan harus sesuai dengan isi berita. Berita tersebut membahas Kabupaten Kulonprogo akan dijadikan percontohan wirausaha. Tanggapan yang sesuai terdapat pada pilihan jawaban d. Tanggapan pada pilihan jawaban a, b, c, dan e tidak sesuai isi berita.

5. Jawaban: eBerita tersebut membahas Rencana PT Bank Negara Indonesia (persero) Tbk. memberikan pelatihan kewirausahaan dan edukasi perbankan kepada buruh migran Indonesia (BMI) yang ada di Malaysia. Oleh karena itu, jawaban tepat ter-dapat pada pilihan jawaban e.

Puisi baru tersebut bertema penyesalan dan kesedihan seseorang terhadap masa lalunya. Dia kecewa karena harus memadamkan semangatnya untuk bersekolah. Padahal, dia masih ingin terus bersekolah. Dia harus berhenti sekolah karena suatu keadaan.

Catatan untuk Guru: Puisi lama dan puisi baru yang dibuat siswa dapat berbeda-beda, tetapi harus memenuhi syarat-syarat puisi yang sudah ditetapkan. Guru dapat menilai pekerjaan siswa berdasarkan ketepatan jenis-jenis puisi yang ditulis siswa dengan puisi yang sudah ditentukan.

D. Jawaban: Diserahkan kepada siswa.

E. Jawaban: Diserahkan kepada siswa.

bernama Darmalaksana. Di negeri Pasir Luhur rakyat hidup makmur, rukun, dan raja memerintah dengan adil, jujur, serta penuh wibawa.

5. Contoh jawaban:pabila banyak mencela orangitulah tanda dirinya kurangdengan ibu hendaknya hormatsupaya badan dapat selamatGurindam di atas berisi nasihat kepada pembaca. Gurindam 1 menjelaskan seseorang yang suka mencela orang sebenarnya menunjukkan kekurangan dirinya. Gurindam 1 menasihati kita untuk tidak mencela orang. Gurindam 2 memberi nasihat kepada pembaca untuk menghormati ibu.

6. Contoh jawaban:Ujung bendul, dalam semak.Kerbau mandul, banyak lemak.Karmina tersebut digunakan untuk mengolok-olok kejelekan orang lain. Karmina di atas mengejek orang yang gendut biasanya tidak bisa berbuat apa-apa. Namun, janganlah menggunakan karmina tersebut untuk mengolok-olok teman.

7. Contoh jawaban:Aku berdiri di depan reruntuhan gedung tua ituMenerawang ke masa laluDulu, aku pernah tertawa di siniDulu, aku juga pernah menangis di siniAku masih berdiri di depan reruntuhan gedung ituMasa lalu yang tak akan terlupakan olehkuDi sini, saat semangat itu masih membaraDi sini, saat di mana keadaan terasa tanpa bebanTapi semua berubahKetika semangat itu harus dipadamkanDipadamkan oleh keadaanDipadamkan oleh waktuSekarang semuanya telah berubahWaktu berjalan begitu cepatSemua berlalu begitu sajaTakdir baik pada akhirnya berpihak padakuAku masih berdiri di siniAku juga masih menerawang masa laluTak kurasa air mata jatuh begitu sajaNtah apa yang sedang kurasakanIngin kulampiaskan emosi yang kurasakanKekecewaan masa laluPenyesalan masa laluAndai tak harus begini

Andai dulu semangatku tak harus dipadamkan

Page 8: 01 pdf kunci suplemen ktsp kelas 10 a 2015

8 Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas X

6. Jawaban: aPokok-pokok berita meliputi 5W+1H. Pokok berita yang terdapat dalam kutipan tersebut adalah unsur mengapa (why) yang terdapat pada pilih -an jawaban a. Pilihan jawaban b, c, d, dan e bukan pokok berita, melainkan pernyataan yang ter dapat dalam teks berita tersebut.

7. Jawaban: dPernyataan sesuai dengan isi berita terdapat pada pilihan jawaban d. Pernyataan dalam pilihan jawaban d sesuai dengan kalimat BNI juga telah memberikan pelatihan administrasi keuangan di Taiwan, Jepang, dan Korea Selatan. Pernyataan dalam pilihan jawaban a, b, c, dan e tidak sesuai dengan isi berita.

8. Jawaban: bTanggapan harus sesuai dengan isi berita. Berita tersebut membahas pemberian pelatihan kewirausahaan dan edukasi perbankan ke pada parah buruh migran di Malaysia oleh PT BNI. Tang gapan pada pilihan jawaban a, c, d, dan e tidak sesuai dengan isi berita tersebut.

9. Jawaban: cParagraf di atas merupakan salah satu contoh mem perkenalkan orang lain sebagai mode rator. Kalimat-kalimat yang menunjukkan cara mem -perkenalkan moderator tampak dalam kalimat-kalimat Agar diskusi kita lebih ter arah, diskusi ini akan dipimpin oleh moderator. Moderator yang akan memimpin jalannya diskusi adalah siswa kelas XB SMA Pancasila.

10. Jawaban: aParagraf pada soal termasuk contoh memper-kenal kan diri sendiri sebagai narasumber. Kalimat kunci yang menyatakan memperkenalkan diri sendiri adalah kalimat Sebelum saya mulai berbagi pengalaman, alangkah baiknya saya memperkenal kan diri saya.

11. Jawaban: dParagraf yang berisi perkenalan diri terdapat dalam pilihan jawaban 2) dan 4). Paragraf 1) dan 3) merupa kan pernyataan yang digunakan untuk pembicara. Jadi, jawaban tepat adalah pilihan jawaban d.

12. Jawaban: bParagraf berisi perkenalan diri terdapat dalam pilihan jawaban 2) dan 4). Paragraf 1) dan 3) merupa kan paragraf yang digunakan untuk pembicara. Jadi, jawaban tepat adalah pilihan jawaban b.

13. Jawaban: bIde pokok merupakan gagasan atau ide yang mendasari terbentuknya sebuah paragraf atau bacaan. Ide pokok dapat disebut juga gagasan pokok, gagasan utama, pokok pikiran, atau pikiran utama. Ide pokok dapat ditemukan dalam kalimat utama. Bacaan tersebut membahas ber wirausaha sebagai pilihan hidup banyak orang karena menjanjikan kekayaan dan ke-bebasan. Paragraf pertama membahas saat ini berwirausaha menjadi pilihan hidup banyak orang. Paragraf kedua membahas keuntungan-keuntungan yang didapat saat berwirausaha. Jadi, ide pokok paragraf pertama adalah saat ini berwirausaha menjadi pilihan hidup banyak orang.

14. Jawaban: cRingkasan merupakan bentuk singkat suatu paragraf atau bacaan. Ringkasan memiliki urut-an isi yang sesuai dengan urutan isi bacaan asli. Ringkasan sesuai dengan kutipan bacaan adalah ringkasan dalam pilihan jawaban c. Kalimat dalam pilihan jawaban a dan d bukan ringkasan. Kalimat dalam pilihan jawaban b dan e merupakan ringkasan, tetapi tidak sesuai dengan bacaan karena urutan penyajiannya terbalik.

15. Jawaban: eIde pokok merupakan gagasan pokok yang men-dasari terbentuknya sebuah paragraf. Paragraf pertama membahas agar menjadi wirausaha sukses, sese orang perlu memilih peluang usaha yang tepat. Ide pokok paragraf terdapat dalam pilihan jawaban e.

16. Jawaban: aParagraf kedua membahas seseorang harus menambah informasi dan pengetahuannya setelah menentukan peluang usaha yang di minati. Ide pokok paragraf terletak pada kalimat ke-1).

17. Jawaban: eRingkasan merupakan bentuk singkat suatu paragraf atau bacaan. Ringkasan memiliki urutan isi yang sesuai dengan urutan isi bacaan asli. Ringkasan sesuai dengan kutipan bacaan adalah ringkasan dalam pilihan jawaban e. Ringkasan dalam pilihan jawaban a sesuai dengan isi bacaan, tetapi urutan isi ringkasan tidak sesuai. Pernyataan dalam pilihan jawaban b, c, dan d bukan ringkasan karena hanya memaparkan masalah yang dibicarakan dalam paragraf dua.

Page 9: 01 pdf kunci suplemen ktsp kelas 10 a 2015

9Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas X

18. Jawaban: ePuisi bertema kerja keras tampak dalam puisi pilihan jawaban e. Puisi dalam pilihan jawab an e digambarkan kerja keras perempuan-perempuan desa dalam mencari nafkah demi keluarga dan desanya. Puisi dalam pilihan jawaban a bertema keikhlasan. Puisi dalam pilihan jawaban b bertema persahabatan. Puisi dalam pilihan jawab an c dan d bertema pendidikan.

19. Jawaban: dIlustrasi tersebut menunjukkan seseorang ber-dagang untuk membantu ibunya. Ia sudah ber-usaha keras, tetapi belum berhasil. Ia pun terus berusaha dan tidak putus asa. Puisi sesuai dengan ilustrasi adalah puisi yang terdapat dalam pilihan jawaban d. Puisi dalam pilihan jawaban a, b, dan e tidak sesuai karena ilustrasi tidak menyebutkan penulis puisi merasa kecewa dan putus asa. Puisi dalam pilihan jawaban c tidak sesuai karena ilustrasi tidak menyebutkan usaha orang tersebut berhasil.

20. Jawaban: cPuisi yang mengemukakan nasihat untuk men-jauhi tindakan yang dilarang agama adalah puisi dalam pilihan jawaban c. Puisi dalam pilihan jawaban c berupa pantun. Puisi dalam pilihan jawaban a berupa pantun. Puisi dalam pilihan jawaban a menasihati kepada kita agar kita tidak menilai budi atau kebaikan seseorang dengan emas dan kekayaan. Puisi dalam pilihan jawaban b berupa gurindam. Puisi dalam pilihan jawaban b menasihati kita untuk menjaga hati kita. Puisi dalam pilihan jawaban d berupa karmina. Puisi dalam pilihan jawaban d menasihati kita agar kita tidak menguji orang lain. Puisi dalam pilihan jawaban e berupa syair. Puisi dalam pilihan jawaban e menjelaskan bahwa manusia tidak diciptakan sia-sia. Manusia dicipta kan agar dia tahu bahwa ia seorang hamba Raja.

21. Jawaban: bGurindam tersebut menasihati kita supaya kita tidak marah berlebihan dan terlalu lama karena kemarahan dapat membuat kita hilang akal.

22. Jawaban: cPuisi pada soal memiliki ciri-ciri berikut. 1) Setiap bait terdiri atas empat baris.2) Baris pertama dan kedua merupakan sam-

piran, sedangkan baris ketiga dan keempat merupakan isi.

3) Rima atau sajak pantun adalah abab, yaitu di–ik–di–ik.

4) Setiap baris terdiri atas 8–12 suku kata.Berdasarkan ciri-cirinya puisi lama tersebut berbentuk pantun.

23. Jawaban: bBudi melambangkan kebaikan. Budi atau kebaik-an dapat mengubah orang jahat menjadi baik jika kita sering memberi kebaikan kepada orang jahat itu.

24. Jawaban: aPuisi lama tersebut terdiri atas enam larik. Larik pertama, kedua, dan ketiga merupakan sampiran. Larik keempat, kelima, dan keenam merupakan isi. Rima puisi lama tersebut adalah abcabc. Berdasarkan ciri-cirinya, puisi lama tersebut berupa talibun.

25. Jawaban: bPuisi lama tersebut menceritakan kekecewaan seseorang karena ada orang lain yang me rusak-kan persahabatan yang terjadi. Kekecewaan ini tampak dalam larik itu menghina hati kami. Hubungan persahabatan tampak dalam larik kasih pun baru dimulai.

B. Uraian 1. Jawaban:

a. Peristiwa yang terdapat dalam berita tersebut yaitu Kementerian Ketenagakerjaan berjanji akan terus fokus pada upaya penciptaan lapangan kerja layak dan berkeadilan.

b. Orang atau pelaku yang ikut berperan dalam berita tersebut adalah Menteri Kete naga-kerjaan, Muhamad Hanif Dhakiri.

c. Waktu peristiwa dibicarakan yaitu Selasa, 24/02/2015.

d. Tempat peristiwa dibicarakan di Jakarta.e. Upaya penciptaan lapangan kerja layak

dan berkeadilan dilakukan untuk menekan angka pengangguran sehingga dapat me-ningkatkan taraf hidup masyarakat.

f. Urutan peristiwa pemberitaan sebagai berikut.1) Kementerian Ketenagakerjaan berjanji

akan terus fokus pada upaya penciptaan lapangan kerja layak dan berkeadilan untuk menekan angka pengangguran sehingga dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat.

2) Upaya penciptaan lapangan kerja layak dan berkeadilan tersebut disampaikan oleh Menteri Ketenagakerjaan, Muhamad Hanif Dhakiri, di Jakarta, Selasa, (24/02/2015).

3) Sambutan itu disampaikan dalam diskusi yang diselenggarakan Orga ni sasi Per-buruhan Internasional (ILO) ber tajuk ”Mencapai Pembangunan Ber ke lan jut an melalui Penciptaan Lapang an Kerja dan Pekerjaan yang Layak untuk Semua”.

Page 10: 01 pdf kunci suplemen ktsp kelas 10 a 2015

10 Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas X

Bab II Nilai Budaya dalam Cerita

A. Jawaban: Unsur-unsur penting dari kutipan cerita ”Panji Semirang” sebagai berikut.

1. Raden Inu Kertapati bertunangan dengan putri Kerajaan Daha, yaitu Dewi Candra Kirana.

2. Raden Inu Kertapati mengunjungi kekasihnya di Daha.

3. Di tengah perjalanan rombongan Raden Inu Kertapati dihadang segerombolan penjahat dari negeri Asmarantaka yang dipimpin Panji Semirang.

4. Dua orang anggota gerombolan penjahat maju mendekati Raden Inu Kertapati.

5. Kuda Perwira dan Kuda Peranca meminta Raden Inu Ker tapati menemui Panji Semirang.

6. Panji Semirang menjelaskan bahwa negeri Asmarantaka bukanlah negeri gerombolan pengacau.

Krisis ekonomi dunia sudahmerasuk ke kamar sayakini menulis puisi dan prosaditerangi lilin pengganti pelitatahun 2002 sama dengan 1940 di kampungkuinikah yang katanya Eropa yang maju?Kutarik nafasku dalam-dalamlalu kulepaskan pelan-pelanbetapa inginnya aku pulangwalau di Holland baru saja satu pekanrinduku akan kandang dan sarangParis - Parisku dan Parisbetapapun dan bagaimanapunrumahku adalah istanakukecil mungil dan sedikit joroktapi kurasakan berseri dan manislalu kapan aku naikmu, Thalys?Dikutip dari: http: / /groups.yahoo.com/group/mimbarbebas/

message/14788, diunduh 2 Maret 2015

Catatan untuk Guru: Puisi yang dibuat siswa dapat berbeda-beda sesuai dengan pilihan siswa. Guru dapat menilai dari pilihan kata yang digunakan siswa. Jika siswa memilih puisi lama, Guru dapat menilai berdasarkan ketepatan ciri-ciri puisi lama yang dipilih siswa.

4) Diskusi yang diselenggarakan itu adalah pertemuan nasional yang menjadi bagian dari Segmen Integrasi Dewan Ekonomi dan Sosial Perserikatan Bangsa-Bangsa (ECOSOC) 2015 di New York pada akhir Maret.

2. Contoh jawaban:Saya setuju dengan upaya Kementerian Ketenagakerjaan pada penciptaan lapangan kerja layak dan berkeadilan karena dapat menekan angka pengangguran sehingga dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat.

3. Jawaban:Ide pokok paragraf ke-1:Indonesia memiliki sumber daya manusia yang besar dengan anatomi demografi yang baik. Ide pokok paragraf ke-2:Indonesia juga memiliki peluang usaha yang luas. Ringkasan bacaan di atas sebagai berikut. Indonesia memiliki sumber daya manusia yang besar dengan anatomi demografi yang baik. Selain itu, Indonesia memiliki peluang usaha yang luas.

4. Contoh jawaban: Terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk memandu acara diskusi pada pagi hari ini. Sebelum diskusi dimulai, per kenan-kan saya untuk memperkenalkan pem bicara yang akan mengisi acara diskusi pada hari ini. Pembicara kita adalah Bapak Fariz Rahman Hakim. Beliau tinggal di Sulawesi Tenggara dan me miliki beberapa supermarket di Kendari. Pada kesempatan ini Bapak Fariz akan memaparkan cara meraih sukses dalam wirausaha. Catatan untuk Guru: Jawaban siswa dapat berbeda-beda. Guru dapat menilai jawaban siswa berdasar kan pemilihan bahasa, keruntutan, dan kejelasan kalimat perkenalan yang dibuat oleh siswa.

5. Contoh jawaban:

Krisis Ekonomi Kedua Pehaka - putus-kerja telah menerkam di mana-manawalau baru menahan tiga bulanmalam tadi kami makan-malamsudah mulai pakai lilinbulan ini tagihan tarif listriksudah setengah mencekikharga-harga mahal bukan kepalangsedang pekerjaan sudah berbulan hilang.

Page 11: 01 pdf kunci suplemen ktsp kelas 10 a 2015

11Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas X

b. Raden Inu Kertapati c. Dewi Likud. Dewi Ajeng

3. Jawaban:Tokoh utama yaitu Dewi Candra Kirana dan Raden Inu Kertapati.Tokoh tambahan yaitu Dewi Liku dan Dewi Ajeng.

4. Jawaban:Tokoh protagonis yaitu Dewi Candra Kirana dan Raden Inu Kertapati.Tokoh antagonis yaitu Dewi Liku dan Dewi Ajeng.

5. Jawaban:Latar tempat kutipan cerita ”Panji Semirang” yaitu di jalan antara Kerajaan Kuripan dan Kerajaan Daha, di Kerajaan Daha, dan di Negeri Gagelang. Latar waktu pada kutipan cerita ”Panji Semirang” tidak disebutkan secara pasti.

6. Jawaban: Konfl ik yang terdapat pada kutipan cerita ”Panji Semirang” yaitu Dewi Candra Kirana pergi dari Kerajaan Daha.Perhatikan kutipan berikut! ”Kanda Dewi Candra Kirana telah pergi dari Istana. Ia telah hilang ingatan,” kata Dewi Ajeng seraya menatap tajam wajah Raden Inu Kertapati. Seketika itu juga, Raden Inu Kertapati limbung dan jatuh pingsan. Negeri Daha menjadi geger. Atas desakan kekuatan sihir Dewi Liku, Raja Daha memutuskan bahwa Raden Inu Kertapati dinikahkan dengan Dewi Ajeng.

7. Jawaban: Jawaban: Alur yang digunakan dalam kutipan cerita ”Panji Semirang” adalah alur maju. Berikut peristiwa yang mendukung terjadinya alur maju.a. Di Pulau Jawa ada sebuah kerajaan

besar bernama Kuripan. (peristiwa acuan)

b. Rajanya mempunyai seorang putra mahkota bernama Raden Inu Kertapati. (peristiwa acuan)

c. Raden Inu Ker tapati sudah lama dipertunangkan dengan seorang putri dari Kerajaan Daha bernama Dewi Candra Kirana. (peristiwa fungsional)

7. Panji Semirang tahu bahwa di negeri Daha ada dua orang putri, Dewi Candra Kirana dan Dewi Ajeng.

8. Raden Inu Kertapati dan rombongannya meneruskan perjalanan ke negeri Daha.

9. Di sepanjang perjalanan, hatinya tetap bertanya-tanya tentang diri Panji Semirang yang dianggap bersikap aneh itu.

10. Ketika Raden Inu Kertapati tiba di Daha, Raja Daha menyambutnya dengan sangat meriah.

11. Raden Inu Ker tapati pingsan setelah mengetahui Dewi Candra Kirana telah hilang ingatan dan pergi dari Kerajaan Daha.

12. Atas desakan kekuatan sihir dari Dewi Liku, Raden Inu Kertapati akan menikah dengan Dewi Ajeng.

13. Saat persiapan pernikahan terjadi kebakaran di Kerajaan Daha.

14. Raden Inu Kertapati melarikan diri dan sadar.

15. Raden Inu Kertapati menyadari bahwa Panji Semirang adalah Dewi Candra Kirana.

16. Raden Inu Ker tapat i mencar i Panj i Semirang.

17. Raden Inu Kertapai sampai ke negeri Gagelang.

18. Negeri Gagelang sedang diserang para pengacau yang dipimpin Lasan dan Pundak Setegal.

19. Raden Inu Kertapati menolong Kerajaan Gagelang memberantas pengacau.

20. Gerombolan pengacau berhasil dikalahkan. 21. Raja Gagelang mengadakan pesta tujuh hari

tujuh malam. 22. Pada malam ketujuh, raja memanggil seorang

ahli pantun bernama Jaka Asmara.23. Ternyata Jaka Asmara adalah Panji Semirang

yang tidak lain adalah Dewi Candra Kirana. 24. Akhirnya, Raden Inu Kertapati dan Dewi

Candra Kirana pulang ke Kuripan dan menikah.

25. Mereka hidup berbahagia selamanya.

B. 1. Jawaban:Tema kutipan cerita ”Panji Semirang” yaitu pencarian yang dilakukan oleh seorang pangeran. Ia mencari kekasihnya yang menghilang.

2. Jawaban: Pelaku-pelaku dalam kutipan cerita ”Panji Semirang” sebagai berikut.a. Dewi Candra Kirana atau Panj i

Semirang

Page 12: 01 pdf kunci suplemen ktsp kelas 10 a 2015

12 Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas X

d. Raden Inu Kertapati mengunjungi kekasihnya d i Daha. (per is t iwa fungsional)

e. Di tengah perjalanan rombongan Raden Inu Kertapati dihadang segerombolan penjahat. (peristiwa fungsional)

f. Konon gerombolan penjahat itu berasal dari negeri Asmarantaka yang dipimpin oleh Panji Semirang. (peristiwa kaitan).

g. Dua orang anggota gerombolan penjahat maju mendekati Raden Inu Kertapati. (peristiwa fungsional)

h. Mereka bernama Kuda Perwira dan Kuda Peranca. (peristiwa acuan)

i. Kuda Perwira dan Kuda Peranca ingin Raden Inu Kertapati menemui Panji Semirang. (peristiwa fungsional)

j. Raden Inu Kertapati segera menuju tempat Panji Semirang berada. (peristiwa fungsional)

k. Panji Semirang menyambutnya dengan penuh keramahan. (peristiwa kaitan)

l. Panji Semirang menjelaskan bahwa negeri Asmarantaka bukanlah negeri gerombolan pengacau. (peristiwa kaitan)

m. Panji Semirang tahu bahwa di Negeri Daha ada dua orang puteri, Dewi Candra Kirana dan Dewi Ajeng. Dewi Ajeng adalah putri selir raja Daha. (peristiwa fungsional)

n. Raden Inu Kertapati dan rombongannya meneruskan perjalanan ke negeri Daha. (peristiwa fungsional)

o. Di sepanjang perjalanan, hatinya tetap bertanya-tanya tentang diri Panji Semirang yang dianggap bersikap aneh itu.(peristiwa fungsional)

p. Ketika Raden Inu Kertapati tiba di Daha, Raja Daha menyambutnya dengan sangat meriah.(peristiwa fungsional)

q. Istri selir bernama Dewi Liku dan putrinya bernama Dewi Ajeng ikut menyambutnya. (peristiwa kaitan)

r. Raden Inu Kertapati heran, ia tidak melihat Dewi Candra Kirana menyambutnya. (peristiwa fungsional)

s. Raden Inu Kertapati mengetahui Dewi Candra Kirana telah pergi dari istana dan hilang ingatan. (peristiwa fungsional)

t. Raden Inu Kertapati limbung dan jatuh pingsan. (peristiwa fungsional)

u. Negeri Daha menjadi geger. (peristiwa kaitan)

v. Atas desakan kekuatan sihir Dewi Liku, Raja Daha memutuskan bahwa Raden Inu Kertapati dinikahkan dengan Dewi Ajeng.(peristiwa fungsional)

w. Raja Daha memerintahkan seluruh punggawa untuk mengadakan persiapan pesta pernikahan Raden Inu Kertapati dengan Dewi Ajeng. (peristiwa kaitan)

x. Melihat persiapan yang meriah itu, Dewi Ajeng tampak gembira sekali. (peristiwa kaitan)

y. Kebakaran menghanguskan seluruh persiapan pernikahan. (per istiwa fungsional)

z. Di tengah-tengah api yang menyala-nyala itu, rombongan Raden Inu Kertapati bergerak meninggalkan istana. (peristiwa fungsional)

aa. Di tengah perjalanan, Raden Inu Kertapati pun sadar. (peristiwa fungsional)

ab. Tiba-tiba ia ingat wajah kekasihnya. (peristiwa fungsional)

ac. Teringat pula wajah Panji Semirang. (peristiwa fungsional)

ad. Raden Inu Kertapati sadar bahwa Panji Semirang dan Dewi Candra Kirana adalah orang yang sama. (peristiwa fungsional)

ae. Raden Inu Kertapati mencari Panji Semirang. (peristiwa fungsional)

af. Tidak seorang pun menemukan Panji Semirang. (peristiwa fungsional)

ag. Semangat mencari Panji Semirang tak pernah padam. (peristiwa fungsional)

ah. Akhirnya, mereka sampai ke negeri Gagelang. (peristiwa fungsional)

ai. Raja negeri Gagelang mempunyai hubungan keluarga dengan Raja Kuripan. (peristiwa acuan)

aj. Kedatangan Raden Inu Ker tapati disambutnya dengan hangat. (peristiwa kaitan)

ak. Rakyat negeri Gagelang ini sedang resah. (peristiwa fungsional)

al. Mereka diganggu oleh para pengacau yang dipimpin Lasan dan Pundak Setegal. (peristiwa fungsional)

am. Raden Inu Kertapati dan para abdinya bersedia membantu memberantas para pengacau. (peristiwa fungsional)

an. Mereka bekerja sama dengan para abdi Kerajaan Gagelang.(peristiwa kaitan)

ao. Gerombolan pengacau dapat dikalahkan. (peristiwa fungsional)

Page 13: 01 pdf kunci suplemen ktsp kelas 10 a 2015

13Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas X

ap. Rakyat Kerajaan Gagelang bersorak gembira mendengar musnahnya gerombolan pengacau itu. (peristiwa kaitan)

aq. Raja Gagelang mengadakan pesta tujuh hari tujuh malam. (peristiwa fungsional)

ar. Pada malam ketujuh, raja memanggil seorang ahli pantun bernama Jaka Asmara. (peristiwa fungsional)

as. Ia membawakan kisah ”Cinta yang Penuh Derita”. (peristiwa kaitan)

at. Raden Inu Kertapati mendengar kisah itu dan langsung teringat kisah kekasihnya. (peristiwa fungsional)

au. Ia pun ingin tahu, siapa Jaka Asmara sebenarnya. (peristiwa fungsional)

av. Setelah ia menyelidiki dengan saksama, ternyata Jaka Asmara adalah Dewi Candra Kirana yang juga telah menyamar sebagai Panji Semirang. (peristiwa fungsional)

aw. Mereka saling melepas rindu dan menceritakan apa yang telah dialami. (peristiwa fungsional)

ax. Akhirnya, mereka kembali ke Kuripan dan menjadi suami istri yang berbahagia. (peristiwa fungsional)

8. Jawaban: Amanat yang terdapat pada kutipan cerita ”Panji Semirang” sebagai berikut.a. Jangan menghalalkan segala cara untuk

meraih segala yang diinginkan. Ini terlihat pada sikap Dewi Ajeng

yang ingin menjadi istri Raden Inu Kertapati dengan memengaruhi Raden Inu Kertapati dengan sihir.

b. Jangan merebut sesuatu yang sudah menjadi milik orang lain.

Sikap Dewi Ajeng yang menginginkan Raden Inu Kertapati menjadi suaminya. Padahal, ia tahu bahwa Raden Inu Kertapati adalah tunangan Dewi Candra Kirana.

c. Tolonglah saudara kita yang membutuh-kan bantuan.

Sikap menolong ditunjukkan oleh Raden Inu Kertapati ketika menolong Raja Negeri Gagelang untuk mengatasi para pengacau.

d. Tidak pantang menyerah untuk mencapai sesuatu yang diinginkan.

Sikap pantang menyerah dan tidak pernah putus asa ditunjukkan saat Raden Inu Kertapati mencari Candra Kirana.

9. Jawaban: Nilai yang terdapat dalam cerita ”Panji Semirang” adalah nilai sosial. Nilai sosial yang terdapat dalam cerita sebagai berikut.a. Seseorang yang memiliki rasa cinta

kasih dan saling menyayangi.b. Sebagai makhluk sosial, kita harus

tolong-menolong kepada sesama.

C. Jawaban: Diserahkan kepada siswa yang berdiskusi. Guru dapat menilai berdasarkan keaktifan siswa dalam diskusi.

A. 1. –2. Jawaban:

Pokok-pokok cerita ”Antara Simbok, Mama, dan Papa” sebagai berikut.a. Anak tokoh aku menangis sejak pulang

dari sekolah.b. Istri tokoh aku berusaha menanyakan

penyebab anak tokoh aku menangis.c. Anak tokoh aku merasa malu karena

diejek teman-temannya.d. Anak tokoh aku malu karena ibunya

dipanggil simbok bukan mama.e. Tokoh aku dan istr inya berusaha

menjelaskan arti kata simbok kepada anaknya.

f. Anak tokoh aku tetap menangis.g. Anak tokoh aku mengancam kalau dia

tidak boleh memanggil simbok dengan mama, ia tidak mau sekolah.

h. Tokoh aku dan istrinya rela dipanggil mama dan papa oleh anaknya demi ketenangan hati anaknya.

i. Tokoh aku merasa sedih karena satu budaya lokal telah hilang.

3. –4. Contoh jawaban:

Pulang sekolah anakku menangis. Sepanjang perjalanan ia menangis. Sampai di rumah istriku membujuknya untuk makan. Istr iku pun menanyakan penyebab ia menangis. Mau tidak mau aku ikut menanyai anakku mengapa ia menangis. Ternyata anakku menangis karena malu. Ia malu karena diejek teman-temannya tidak punya ibu, tetapi simbok. Ia ingin memanggil istriku dengan sebutan mama atau mami. Aku pun tertawa mendengar jawaban anakku.

Page 14: 01 pdf kunci suplemen ktsp kelas 10 a 2015

14 Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas X

Aku dan istriku mencoba menjelaskan makna kata simbok yang begitu bagus dan mul ia. Anakku tetap t idak mau menerimanya. Ia ingin memanggilku papa dan memanggil istriku dengan mama. Ia juga mengancam tidak mau sekolah jika tidak boleh memanggilku dengan sebutan papa dan istriku dengan simbok. Akhirnya, kami setuju dipanggil papa dan mama demi ketenteraman hati anakku. Dalam hatiku merasa getir karena satu lagi nilai budaya hilang.

B. 1. Contoh jawaban: Kutipan cerpen ”Antara Simbok, Mama, dan Papa” merupakan cerita yang menarik. Unsur-unsur menarik tersebut dapat ditemukan pada:a. jalan cerita yang tidak membosankan;b. terdapat cerita-cerita lucu;c. bahasa yang digunakan ringan dan

menghibur; sertad. nilai budaya yang ditampilkan dalam

cerpen.

2. Jawaban:Unsur-unsur intrinsik dalam cerita ”Antara Simbok, Mama, dan Papa” sebagai berikut.

Tema: Melepas budaya lokal bangsa

Tokoh:Kutipan cerita ”Antara Simbok, Mama, dan Papa” memiliki tokoh utama aku, istri, dan anak.

Penokohan:Tokoh aku bersifat peduli terhadap anak, bijaksana, dan mencintai budaya.Tokoh aku yang peduli terhadap anak dapat ditunjukkan ia ingin tahu dan peduli mengapa anaknya menangis. Tokoh aku yang bijaksana dapat dilihat dari sikapnya menerangkan kepada anaknya arti kata simbok. Tokoh aku yang mencintai budaya dapat dilihat dari sikap tokoh aku yang lebih suka dipanggil bapak dan istrinya dipanggil simbok daripada papa dan mama.Tokoh anak bersifat rendah diri. Tokoh anak yang rendah diri dapat ditunjukkan ia menangis saat diejek karena memanggil ibunya dengan sebutan simbok. Tokoh istri memiliki watak penyayang dan bijaksana.

Tokoh istri memiliki watak penyayang dapat dilihat dari perbuatannya saat membujuk anaknya agar mau makan. Watak tokoh istri yang bijaksana dapat dilihat dari sikapnya menerangkan kepada anaknya tentang arti kata simbok.Alur:Jalan cerita ”Antara Simbok, Mama, dan Papa” menggunakan alur maju. Alur maju berarti jalan cerita dimulai dari tahap pengenalan, lalu pemunculan konfl ik, konfl ik memuncak, dan tahap penyelesaian masalah.Latar:Latar tempat pada cerita ”Antara Simbok, Mama, dan Papa” yaitu di sebuah rumah.Perhatikan kutipan berikut! . . . Ketika sampai di rumah ia mogok makan. Istriku membujuknya dengan keras karena ia khawatir anakku akan jatuh sakit. . . . Sementara itu, latar waktu pada cerita ”Antara Simbok, Mama, dan Papa” yaitu pada siang hari. Perhatikan kutipan berikut! . . . Suatu siang ia pulang dengan menangis. Aku tidak begitu memperhatikannya karena tangis dan anak-anak adalah dunia yang tidak terpisahkan. . . .Sudut pandang:Sudut pandang yang digunakan dalam cerita ”Antara Simbok, Mama, dan Papa” yaitu sudut pandang orang pertama pelaku utama. Sudut pandang orang pertama pelaku utama yaitu pencerita sebagai tokoh utama dalam sebuah cerita dan disebut dengan aku. Amanat:Cerita ”Antara Simbok, Mama, dan Papa” mengandung amanat sebagai berikut.a. Junjunglah tinggi kebudayaan kita.b. Beri penjelasan kepada generasi muda

mengenai budaya kita.

C. Jawaban: Unsur menarik dari cerpen ”Antara Simbok,

Mama, dan Papa” adalah mengangkat nilai budaya tentang penyebutan ibu dan makna kata simbok. Cerita ini pantas dibaca oleh generasi muda agar generasi muda mau menjunjung tinggi budaya yang ada. Isi cerpen tersebut juga menunjukkan kepada pembaca bahwa budaya kita sudah mulai luntur oleh kemajuan zaman.

Page 15: 01 pdf kunci suplemen ktsp kelas 10 a 2015

15Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas X

Catatan untuk Guru: Unsur-unsur menarik yang diungkapkan siswa dapat berbeda-beda, tergantung apresiasi siswa terhadap cerpen.

A. –

B. Jawaban:

Teks bacaan 1Ide pokok paragraf ke-1: Dari tahun ke tahun masyarakat Betawi semakin tidak mengetahui seni budaya ondel-ondel dan lenong.Ide pokok paragraf ke-2: Seiring dengan perubahan zaman seni budaya Betawi mulai punah karena modernisasi.Ide pokok paragraf ke-3: Perkembangan zaman juga membuat fungsi awal seni budaya Betawi bergeser dan tidak lagi diminati oleh masyarakat.Ide pokok paragraf ke-4: Tidak hanya seni budaya musik dan tari yang terancam tergerus akibat arus globalisasi, tetapi juga budaya lain seperti pertanian, arsitektur, serta tata cara pernikahan.Ide pokok paragraf ke-5: Pemprov DKI Jakarta sendiri sebenarnya telah melakukan berbagai upaya untuk melestarikan seni budaya Betawi. Ide pokok paragraf ke-6: Upaya melestarikan seni budaya Betawi juga dilakukan Pemerintah DKI Jakarta dengan usaha mematenkan seni budaya Betawi sebagai warisan budaya Indonesia, khususnya Jakarta.Teks bacaan 2Ide pokok paragraf ke-1: Seni hiburan yang berkembang di Indonesia begitu banyak dan beragam. Ide pokok paragraf ke-2: Untuk seni teater masyarakat Betawi boleh berbangga dengan pertunjukan seni lenong Betawi. Ide pokok paragraf ke-3: Lenong Betawi merupakan pertunjukan teater tradisional dan seni musik.Ide pokok paragraf ke-4: Pertunjukan seni lenong Betawi dikategorikan menjadi dua, yaitu lenong Betawi denes dan lenong Betawi preman.Ide pokok paragraf ke-5: Kemunculan seni teater lenong Betawi dikenal pada sekitar abad ke-19.

Ide pokok paragraf ke-6: Kesenian lenong Betawi Betawi adalah salah satu ragam dari budaya yang ada di Indonesia.

C. Contoh jawaban:Teks bacaan 1 Dari tahun ke tahun masyarakat Betawi semakin tidak mengetahui seni budaya ondel-ondel dan lenong Betawi. Seiring dengan perubahan zaman seni budaya Betawi mulai punah karena modernisasi. Perkembangan zaman juga membuat fungsi awal seni budaya Betawi bergeser dan tidak lagi diminati oleh masyarakat. Tidak hanya seni budaya musik dan tari yang terancam tergerus akibat arus globalisasi, tetapi juga budaya lain seperti pertanian, arsitektur, serta tata cara pernikahan. Pemprov DKI Jakarta sendiri sebenarnya telah melakukan berbagai upaya untuk melestarikan budaya Betawi. Upaya melestarikan seni budaya Betawi juga dilakukan Pemprov DKI Jakarta dengan usaha mematenkan seni budaya Betawi sebagai warisan budaya Indonesia, khususnya Jakarta.

Teks bacaan 2 Seni hiburan yang berkembang di Indonesia sangat banyak dan beragam. Untuk seni teater masyarakat Betawi boleh berbangga dengan pertunjukan seni lenong Betawi. Lenong Betawi merupakan pertunjukan teater tradisional dan seni musik. Pertunjukan seni lenong Betawi dikategorikan menjadi dua, yaitu lenong Betawi denes dan lenong Betawi preman. Kemunculan seni teater lenong Betawi dikenal pada sekitar abad ke-19. Kesenian lenong Betawi adalah salah satu ragam dari budaya yang ada di Indonesia.

D. Contoh jawaban:Teks bacaan 1Fakta bacaan 1 sebagai berikut. 1. Seni pertunjukan dengan boneka besar

setinggi dua meter lebih ini awalnya difungsikan sebagai penolak bala atau gangguan roh halus yang gentayangan.

2. Belum lama ini cagar budaya Betawi juga dibuka di Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

3. Di objek wisata yang ber-setting perkampungan Betawi itu, segala macam bentuk yang identik dengan kebudayaan Betawi. Mulai dari seni pertunjukan, seperti tari Topeng dan lenong, adat pernikahan, beragam panganan khas seperti kerak telor, bir pletok, serta roti buaya yang sering dijadikan hantaran dalam upacara pernikahan, juga dapat ditemui di cagar budaya Betawi.

Page 16: 01 pdf kunci suplemen ktsp kelas 10 a 2015

16 Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas X

4. Tak ketinggalan seni bela diri, silat Betawi juga ditampilkan di tempat tersebut.

5. Dalam rangka memperkenalkan kesenian Betawi pada generasi muda, kursus tari tradisional Betawi juga diadakan di tempat tersebut.

6. Untuk program berkelanjutan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga akan memasukkan seni budaya Betawi ke dalam kurikulum sekolah.

7. Upaya melestarikan seni budaya Betawi juga dilakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan usaha mematenkan seni budaya Betawi sebagai warisan budaya Indonesia, khususnya Jakarta.

8. Sebagai langkah awal, Pemprov DKI telah mendaftarkan seni tari lenong Betawi kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai salah satu warisan tak benda yang diakui secara internasional.

9. Setelah lulus seleksi nasional, kemudian akan d ia jukan menjad i sa lah satu kebudayaan yang akan didaftarkan sebagai warisan budaya tak benda pada United Nations Educational, Scientifi c and Cultural Organization (UNESCO).

10. Selain tari lenong Betawi, tari Topeng Betawi juga ikut didaftarkan.

11. Tari Topeng juga didaftarkan oleh provinsi lain, maka tari itu didaftarkan menjadi tari Topeng nasional, bergabung dengan tari Topeng dari daerah lainnya.

Pendapat dalam bacaan 1 sebagai berikut. 1. Dari tahun ke tahun masyarakat Betawi

semakin tidak mengetahui seni budaya ondel-ondel dan lenong.

2. Pada era tahun 80 hingga 90-an warga Jabodetabek, khususnya warga Ibu Kota Jakarta, semuanya mengetahui seni budaya ondel-ondel dan lenong sebagai seni budaya leluhur Betawi.

3. Seiring dengan perkembangan zaman pengetahuan masyarakat mulai berkurang.

4. Pada era milenium ketiga ini hanya tinggal sedikit orang mengenal dan mengetahui seni budaya tersebut.

5. Seiring dengan perkembangan zaman seni dan budaya Betawi mulai punah karena modernisasi.

6. Sebagai ibu kota negara, Jakarta menjadi pusat perkembangan modernisasi, pusat pembauran sekaligus menjadi pusat perubahan sehingga Pemerintah mendapat tantangan ekstra besar dalam pelestarian budaya ini.

7. Modernisasi juga membuat usaha pelestarian kebudayaan Betawi menjadi semakin sulit karena adanya pengaruh budaya internasional.

8. Perkembangan zaman juga membuat fungsi awal seni budaya Betawi bergeser dan tidak lagi diminati oleh masyarakat, contohnya seni pertunjukan ondel-ondel.

9. Belakangan, ondel-ondel biasa digunakan untuk menambah semarak pesta-pesta rakyat, seperti peresmian gedung baru atau untuk penyambutan tamu kehormatan.

10. Kini seni ini semakin jarang digelar walau pada pesta rakyat sekalipun.

11. Sebenarnya tidak hanya seni budaya musik dan tari yang terancam tergerus akibat arus globalisasi, tetapi juga budaya lain, seperti pertanian, arsitektur, serta tata cara pernikahan.

12. Perubahan ini dapat dilihat dari upacara pernikahan Palang Pintu.

13. Contoh lain adalah kawasan Condet. 14. Kawasan Condet dahulu dikenal sebagai

penghasil salak dan duku serta wilayah pemelihara terakhir bangunan khas Betawi.

15. Kini kondisinya terabaikan. 16. Pemprov DKI Jakarta sendiri sebenarnya

telah melakukan berbagai upaya untuk melestarikan budaya Betawi.

17. Salah satunya adalah menetapkan Festival Palang Pintu sebagai festival tahunan yang dilaksanakan di Jalan Kemang Raya.

Teks bacaan 2Fakta dalam bacaan 2 sebagai berikut. 1. Seni hiburan yang berkembang di Indonesia

sangat banyak dan beragam. 2. Indonesia memiliki seni tari. 3. Indonesia juga memiliki wayang hingga teater

tradisional, seperti lenong. 4. Lenong merupakan pertunjukan teater

tradisional dan seni musik. 5. Pertunjukan lenong diiringi musik gambang

kromong. 6. Alat-alat musik seperti gambang kromong,

gong, kendang, kempor, suling, kecrek, dan alat musik Tionghoa, seperti tehyan, kongahyang, dan sukong akan mengiringi pertunjukan seni lenong Betawi.

7. Pertunjukan seni lenong dikategorikan menjadi dua, yaitu lenong denes dan lenong preman.

8. Lenong denes diambil dari kata dinas (resmi) mengangkat cerita dari kisah para bangsawan dan kerajaan, pakaian yang dikenakan resmi.

Page 17: 01 pdf kunci suplemen ktsp kelas 10 a 2015

17Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas X

A. Contoh jawaban:Topik-topik yang dapat ditulis menjadi paragraf narasi sebagai berikut.1. Pertunjukan kesenian daerah Ngerebong.2. Menonton pertunjukan lenong.Catatan untuk Guru:Topik yang dipilih siswa dapat berbeda-beda.

B. Contoh jawaban:1. Topik yang dipilih:

Pertunjukan kesenian daerah Ngerebong.

Kerangka paragraf kesatua. Suasana di Desa Pekraman, Kesiman,

Denpasar, tampak berbeda. b. Hari ini pemedek di pura ini tumpah

ruah.c. Hari ini merupakan hari yang sangat

sakral bagi penduduk desa tersebut. d. Tepatnya menurut penanggalan kalender

Bali yakni redite pon wuku Medangsia atau delapan hari setelah hari raya Kuningan, sebuah tradisi sakral akan segera dilaksanakan.

Kerangka paragraf keduaa. Hari pun beranjak, pemedek yang

datang pun semakin banyak. b. Para Manca, Sanak, Pengrob di pura-

pura sekitar Kesiman hingga ke bukit mulai berdatangan.

c. Keramaian pun semakin tampak.d. Titik sentral untuk upacara Ngerebong

adalah tepat berada di wantilan atau di depan Pemedal Agung.

e. Di Pemedal Agung para pengiring pun telah siap siaga.

f. Berbagai pengider ider, tombak, umbul-umbul pun mulai diusung menuruni tangga Pemedal Agung.

g. Suara baleganjur pun mulai riuh. Alam pikiran langsung tertuju kepada kesakralan tradisi ini.

Kerangka paragra f te rsebut dapat dikembangkan sebagai berikut.

9. Lenong denes menggunakan bahasa Melayu halus.

10. Lenong preman lebih menceritakan kehidupan sehari-hari, pakaian yang dikenakan apa adanya.

11. Dalam penggunaan bahasa, lenong preman menggunakan bahasa sehari-hari masyarakat Betawi, juga kental dengan logat Betawi menghiasi lenong preman ini.

12. Kemunculan seni teater lenong dikenal pada sekitar abad ke-19.

13. Pada masa kemunculannya lenong Betawi dipentaskan secara berkeliling kampung-kampung di Jakarta atau istilahnya ngamen keliling.

14. Seiring perkembangan zaman lenong Betawi mulai bergerak ke arah panggung tidak lagi ngamen berkeliling Kota Jakarta.

15. Kesenian lenong Betawi adalah salah satu ragam dari budaya yang ada di Indonesia.

Pendapat dalam bacaan 2 sebagai berikut. 1. Masyarakat Indonesia bebas menentukan

sendiri kesenian yang mereka senangi. 2. Untuk seni teater masyarakat Betawi

boleh berbangga dengan pertunjukan seni lenong.

3. Pertunjukan lenong merupakan pertunjukan yang sampai saat ini masih dikenal di masyarakat meskipun hanya sediki t pertunjukan yang dilakukan.

4. Bahkan, saat ini di beberapa stasiun televisi masih menampilkan pertunjukan lenong dikemas secara modern.

5. Banyak pesan moral disampaikan dalam cerita yang diangkat lenong Betawi.

6. Orang sejahat dan sekejam apa pun pada akhirnya akan kalah dengan kebenaran.

7. Lenong merupakan bagian budaya Indonesia yang harus kita pertahankan dan kembangkan agar generasi selanjutnya bisa mengenal kesenian nenek leluhurnya.

8. Kita juga harus bangga terhadap keberadaan lenong.

9. Selain itu, kita dapat mengenalkan kesenian lenong Betawi ke mata dunia.

10. Kita dapat menunjukkan bahwa Indonesia memiliki seni teater yang kaya dengan unsur hiburan.

Page 18: 01 pdf kunci suplemen ktsp kelas 10 a 2015

18 Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas X

ketinggalan zaman. Zaman sekarang masih mengundang pertunjukan lenong. Temanku mengajakku untuk menonton pertunjukan lenong. Awalnya aku tidak mau. Aku tidak mau dianggap ketinggalan zaman. Namun, temanku terus-menerus mengajakku. Ia membujukku dengan semangat. Akhirnya, aku ikut juga menonton pertunjukan lenong. Saat sampai di sana pertunjukan sudah dimulai. Aku menontonnya dengan setengah hati. Namun, lama-kelamaan aku terhanyut oleh pertunjukan lenong itu. Aku dibuat tertawa terpingkal-pingkal. Aku merasa sangat senang sekali. Ternyata lenong tidak ketinggalan zaman. Akulah yang ketinggalan zaman. Seharusnya sebagai generasi muda aku menyukai dan melestarikan pertunjukan lenong. Catatan untuk Guru: Paragraf yang dibuat siswa dapat berbeda-beda. Guru dapat menilai pekerjaan siswa berdasarkan kriteria berikut. 1. Ketepatan paragraf yang dibuat siswa

sebagai paragraf narasi. 2. Pilihan kata yang digunakan siswa. 3. Keruntutan kalimat yang digunakan

siswa.

C. Jawaban: Diserahkan kepada siswa yang akan menukarkan

pekerjaan teman sebangku siswa.

D. Jawaban: Diserahkan kepada siswa yang akan menukarkan

pekerjaan teman sebangku siswa.

E. Jawaban: Diserahkan kepada siswa yang akan menukarkan

pekerjaan teman sebangku siswa.

A. Contoh jawaban:Paragraf pertamaRagam tulis:Demi menjaga dan terpeliharanya kota sekaligus melestarikan ragam budaya yang ada, masyarakat membentuk sejumlah paguyuban.

Ragam lisan:Kota Beriman dihuni penduduk dari ragam suku bangsa di tanah air.Kami berusaha satukan ide dan pemikiran para tokoh paguyuban dalam memajukan seni dan budaya di Kota Balikpapan.

Hari itu suasana di Desa Pekraman, Kesiman, Denpasar tampak berbeda. Sepanjang satu kilometer jalan utama ini ditutup untuk memberikan kenyamanan pemedek t angk i l d i Pu ra Pe t i l an Pengerebongan. Kesibukan krama desa telah tampak dari hari sebelumnya. Hari ini pemedek di pura ini tumpah ruah. Maklum saja, hari ini merupakan hari yang sangat sakral bagi penduduk desa tersebut. Tepatnya menurut penanggalan kalender bali yakni redite pon wuku Medangsia atau delapan hari setelah hari raya Kuningan, sebuah tradisi sakral akan segera dilaksanakan. Hari pun beranjak, pemedek yang datang pun semakin banyak. Bahkan, wantilan desa pun tampak sesak oleh keramaian pemedek. Para Manca, Sanak, Pengrob di pura-pura sekitar Kesiman hingga ke bukit mulai berdatangan. Ratu Betara Barong, Rangda diusung ke Pura Petilan. Keramaian pun semakin tampak, tabuh beleganjur pun memberikan suasana berbeda. Nah . . . setelah Betara Betari dan Penyungsungan Barong telah dirasakan lengkap, dimulailah upacara pengerebongan ini. Titik sentral untuk upacara ngerebong tepat berada di wantilan atau di depan Pemedal Agung. Para pemedek pun menata diri, memberikan ruang jalan kepada para pengayah Ngerebong untuk mengitari wantilan pura ini. Beberapa menit berselang, Pusat Krama pun mengarah ke satu titik yakni di Pemedal Agung. Di Pemedal Agung para pengiring pun telah siap siaga. Berbagai pengider ider, tombak, umbul-umbul pun mulai diusung menuruni tangga Pemedal Agung. Suara baleganjur pun mulai riuh. Alam pikiran langsung tertuju kepada kesakralan tradisi ini.

2. Topik yang dipilih:Menonton pertunjukan lenong.

Kerangka paragraf: a. Hari ini suasana di kampung berbeda.b. Tetangga ada yang memiliki hajatan.c. Tetangga memanggil grup lenong.d. Menonton pertunjukan lenong.e. Senang menonton pertunjukan lenong.

Kerangka paragraf tersebut dapat dikembangkan sebagai berikut. Hari ini suasana di kampungku berbeda. Kampungku sedikit meriah dan ramai. Ini semua karena tetanggaku memiliki hajatan. Bisa dikatakan ia orang terpandang. Dengar-dengar ia memanggil grup lenong dalam acaranya. Aku pikir itu

Page 19: 01 pdf kunci suplemen ktsp kelas 10 a 2015

19Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas X

Paragraf keduaRagam tulis:Ia yakin dengan adanya kerja sama yang baik di antara paguyuban di Kota Balikpapan akan menjadikan Kota Balikpapan lebih menarik.

Ragam lisan:Lewat paguyuban harus bisa tingkatkan kesatuan dan persaudaraan di antara masyarakat Balikpapan.

Paragraf ketigaRagam tulis:Hj. Arita juga menyampaikan bahwa perbedaan budaya yang ada di Kota Balikpapan justru menjadi sebuah kelebihan kota ini.Ragam lisan:Pendapat yang sama juga disampaikan Hj. Arita, bahwa perbedaan budaya yang ada di Kota Balikpapan justru menjadi sebuah kelebihan kota ini.Maka merupakan peluang yang baik bagi pengurus paguyuban untuk sama-sama melestarikan seni dan budaya daerahnya masing-masing.

B. 1. Jawaban:Contoh kalimat ragam tulis.a. Banyak generasi muda kurang tertarik

dengan kesenian daerah.b. Mereka menganggap kesenian daerah

merupakan kesenian kuno.c. Banyak daerah mengembangkan

kesenian daerah melalui pembelajaran di sekolah.

d. Hasilnya cukup menggembirakan karena banyak siswa sekolah yang mahir menampilkan seni daerah.

e. Saat ini acara di sekolah diisi pementasan berbagai alat musik daerah.

Kalimat-kalimat tersebut menggunakan ragam tulis karena baik ketatabahasaan maupun pilihan kata menggunakan tata tulis yang lengkap dan baku.Catatan untuk Guru:

Kalimat yang dibuat siswa dapat berbeda-beda, tetapi harus menunjukkan ragam tulis.

2. Jawaban:Contoh kalimat ragam lisan.a. Pemerintah hendaknya segera daftarkan

seni Indonesia ke HAKl agar tidak diakui bangsa lain.

b. Banyak seni Indonesia tidak ketahui siapa penciptanya.

c. Pentas seni tradisional harus sering dilakukan agar generasi muda tetap mengenalnya.

d. Keseluruhan konsep ini hubungkan dengan pengembangan seni budaya di Sunda.

e. Tampak luar museum Rudana cerminkan bendera merah putih, lambangkan dengan dinding bata merah dan batu paras putih.

Kalimat-kalimat tersebut menggunakan ragam lisan karena ketatabahasaan dan pilihan kata penulisannya kurang lengkap. Pada kalimat a. daftarkan, akui, b. ketahui, c. pentas, d. hubungkan, dan e. cerminkan, lambangkan.Catatan untuk Guru:Kalimat yang dibuat siswa dapat berbeda-beda, tetapi harus menunjukkan ragam lisan.

A. Pilihan Ganda

1. Jawaban: eCerita tersebut menceritakan tokoh Bagong yang asyik dengan dunianya sendiri dan tidak mau bergaul dengan dunia luar. Tokoh utama dalam cerita adalah Bagong.

2. Jawaban: aTokoh Gareng memiliki watak acuh tak acuh. Watak tokoh Gareng acuh tak acuh dapat dilihat dari perbuatannya yang membiarkan Bagong tenggelam dalam dunianya sendiri.

3. Jawaban: aPenggambaran tokoh dapat diungkapkan penulis secara langsung dan tidak langsung. Penggambaran tokoh secara tidak langsung yaitu melalui ucapan tokoh, percakapan tokoh, pendapat tokoh lain, tingkah laku tokoh, pikiran tokoh, dan bentuk fi sik tokoh. Watak acuh tak acuh dapat dilihat dari perilaku tokoh Gareng. Oleh karena itu, jawaban tepat terdapat pada pilihan jawaban a.

4. Jawaban: eSudut pandang yang digunakan dalam kutipan cerpen adalah sudut pandang orang ketiga serbatahu. Sudut pandang orang ketiga dapat dilihat dari cara pengarang menyebut tokoh dengan nama tokoh seperti Bagong, Gareng, Petruk, dan Semar. Dalam kutipan tersebut pengarang seakan-akan tahu benar apa yang dialami Bagong.

Page 20: 01 pdf kunci suplemen ktsp kelas 10 a 2015

20 Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas X

5. Jawaban: bUnsur ekstrinsik yang tampak dalam kutipan cerita adalah nilai sosial dalam masyarakat. Nilai sosial yang tampak adalah masyarakat cenderung tidak mau bergaul dengan anak-anak yang tidak lazim, seperti tokoh Bagong. Bagi masyarakat, tokoh Bagong seperti anak yang tidak lazim karena ia tinggal dalam dunianya sendiri. Dalam masyarakat, anak seperti tokoh Bagong disebut anak autis.

6. Jawaban: cTokoh Bagong asyik dengan dunianya sendiri sehingga ia tidak memiliki teman. Anak-anak lain tidak mau bermain dengan dia dan hanya mengejek Bagong. Jadi, unsur menarik dari kutipan cerita tersebut adalah cerita kehidupan sehari-hari. Kalimat dalam pilihan jawaban b dan e bukan hal menarik karena cerita tersebut tidak menggunakan alur mundur dan bahasa indah.

7. Jawaban: eLatar suasana yang terdapat dalam kutipan cerpen tersebut adalah suasana tegang karena tokoh sedang marah. Kalimat yang menunjukkan suasana marah adalah kalimat 4), 5), dan 6).

8. Jawaban: dTema merupakan gagasan pokok atau ide pokok terbentuknya sebuah cerita. Tema mencerminkan isi cerita. Kutipan cerpen tersebut menceritakan Surya marah kepada ibu dan istrinya karena ibu dan istrinya ingin meninggalkan rumah. Tema yang sesuai terdapat dalam pilihan jawaban d.

9. Jawaban: aAmanat merupakan pesan yang disampaikan pengarang dalam karyanya. Pesan dalam cerita dapat ditafsirkan berbeda-beda oleh pembacanya. Namun, pesan yang ditentukan harus sesuai dengan isi cerita. Amanat yang ditemukan dalam cerita dapat lebih dari satu. Kutipan cerpen menceritakan Surya marah kepada ibu dan istrinya karena ibu dan istrinya ingin meninggalkan rumah. Bahkan, Surya tidak melarang ibu dan istrinya pergi dari rumah. Amanat yang sesuai dengan kutipan cerita sebagai berikut. 1) Bicarakan masalah dengan baik-baik, jangan

menggunakan emosi. 2) Kemarahan dan emosi tidak akan menyelesai-

kan masalah.

10. Jawaban: dLatar merupakan keterangan tempat, waktu, suasana terjadinya suatu peristiwa dalam cerita. Latar dalam kutipan cerpen tersebut adalah latar tempat. Latar tempat kutipan cerpen tersebut

di sebuah rumah. Latar tempat terdapat dalam kalimat 3) dan 5).

11. Jawaban: dUnsur menarik dari sebuah cerita dapat berupa isi cerita, jalinan cerita, atau unsur intrinsik cerita. Unsur menarik dari cerita tersebut adalah penggambaran latar suasana yang sangat nyata. Penggambaran latar suasana tampak dalam percakapan-percakapan.

12. Jawaban: cCerpen merupakan cerminan kehidupan masya-rakat sehingga cerpen juga mengandung nilai-ni lai kehidupan masyarakat. Salah satu nilai yang terdapat dalam kutipan cerpen adalah nilai budaya. Nilai budaya yang terdapat dalam kutipan cerpen tersebut adalah nama harus memiliki makna dan me ngandung harapan.

13. Jawaban: bKutipan cerpen tersebut menceritakan keinginan seseorang untuk memberi nama anaknya. Nama bagi anaknya harus mengandung arti dan makna. Cerpen tersebut mengandung nilai budaya. Nilai budaya yang terdapat dalam kutipan cerpen tersebut adalah nama harus memiliki makna dan mengandung harapan. Unsur menarik dari kutipan cerpen tersebut adalah menampilkan nilai budaya masyarakat yang berlaku.

14. Jawaban: aTopik yang dibicarakan dalam bacaan I adalah pendaftaran satu set tari Bali dan tas noken kepada UNESCO untuk dijadikan warisan budaya asli Indonesia yang dilakukan oleh Pemerintah.

15. Jawaban: cBacaan I membahas pendaftaran satu set tari Bali dan tas noken kepada UNESCO untuk dijadikan warisan budaya asli Indonesia yang dilakukan oleh Pemerintah. Bacaan II membahas pendaftaran tiga unsur budaya tak benda milik Indonesia kepada UNESCO. Tiga unsur budaya tersebut meliputi satu set tari Bali, kerajinan noken, dan Taman Mini Indonesia Indah. Bacaan I dan II mengemukakan pendaftaran budaya Indonesia ke UNESCO.

16. Jawaban: aIde pokok merupakan gagasan atau ide yang mendasari terbentuknya sebuah paragraf atau bacaan. Ide pokok dapat disebut juga gagasan pokok, gagasan utama, pokok pikiran, atau pikiran utama. Ide pokok dapat ditemukan dalam kalimat utama. Bacaan tersebut membahas pendaftaran satu set tari Bali dan tas noken kepada UNESCO untuk dijadikan warisan budaya asli Indonesia yang dilakukan oleh Pemerintah. Jadi, ide pokok bacaan I terdapat dalam kalimat 1).

Page 21: 01 pdf kunci suplemen ktsp kelas 10 a 2015

21Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas X

17. Jawaban: ePendapat merupakan ide, gagasan, atau pendapat yang disampaikan seseorang terhadap suatu peristiwa atau kejadian. Pendapat bersifat subjektif karena setiap orang dapat mengeluarkan pendapat yang berbeda terhadap peristiwa yang sama. Pendapat yang terdapat dalam bacaan terdapat dalam kalimat 5).

18. Jawaban: aFakta dalam bacaan II terdapat dalam kalimat 1) dan 2). Semua orang akan mengatakan pendapat yang sama terhadap apa yang diungkapkan dalam kalimat 1) dan 2). Kalimat 3), 4), dan 5) merupakan pendapat.

19. Jawaban: dUnsur narasi yang menonjol dalam paragraf narasi di atas adalah unsur latar waktu. Dalam cerita tersebut disebutkan secara jelas tahap-tahap seseorang melakukan suatu kegiatan.

20. Jawaban: cParagraf narasi merupakan paragraf yang menceritakan suatu kejadian atau peristiwa sesuai dengan urutan waktu dan tempat. Paragraf narasi dapat dikembangkan dengan dua pola pengem bangan yaitu pola pengembangan waktu dan pola pengembangan tempat. Paragraf pada soal menggunakan pola pengembangan waktu karena paragraf menceritakan peristiwa berdasarkan waktu.

21. Jawaban: dParagraf tersebut termasuk paragraf narasi karena paragraf tersebut menceritakan suatu peristiwa berdasarkan urutan waktu secara urut dari awal sampai akhir.

22. Jawaban: cParagraf narasi merupakan paragraf yang menceritakan suatu kejadian atau peristiwa sesuai dengan urutan waktu dan tempat. Paragraf narasi dapat dikembangkan dengan dua pola pengem bangan yaitu pola pengembangan waktu dan pola pengembangan tempat. Paragraf pada soal menggunakan pola pengembangan waktu karena paragraf menceritakan peristiwa berdasarkan waktu.

23. Jawaban: cParagraf a merupakan paragraf argumentasi yang menjelaskan pendapat I Gde Pitana. Paragraf b merupakan paragraf eksposisi yang menjelaskan upacara Ngerebong. Paragraf c merupakan paragraf narasi yang menceritakan Rangda dan barong secara ritual. Paragraf d merupakan paragraf eksposisi yang menjelaskan para pemangku kepentingan pariwisata DIY

harus menghidupkan dan melestarikan berbagai jenis kesenian tradisional. Paragraf e merupakan paragraf eksposisi yang menjelaskan Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan akan melakukan program revitalisasi seni tradisional Jabar.

24. Jawaban: eKalimat 1), 2), dan 4) menggunakan ragam tulis atau ragam baku. Kalimat 3) menggunakan ragam lisan. Kata yang menunjukkan ragam lisan adalah kata tampilnya. Kata tampilnya seharusnya diganti penampilan. Kalimat 5) menggunakan ragam lisan. Kata yang menunjukkan ragam lisan adalah kata lagian. Kata lagian dapat diganti dengan kata lagi pula.

25. Jawaban: eKalimat dalam pilihan jawaban a, b, c, dan d merupakan kalimat yang menggunakan ragam bahasa lisan. Kata-kata yang mencerminkan ragam lisan adalah kata pede, membikin, disabet, dan ogah. Untuk menjadi ragam tulis kata pede diganti dengan kata bangga, kata membikin diganti dengan kata membuat, kata disabet diganti dengan diperoleh, kata ogah diganti dengan kata enggan.

B. Uraian

1. Jawaban: Unsur intrinsik cerpen tersebut sebagai berikut.Tema: Kasih sayang seorang ayah kepada anaknya sehingga seorang ayah mau melakukan apa pun demi anaknya.Tokoh dan penokohan: Wahyu : seorang anak laki-laki kecil

yang memiliki rasa ingin tahu yang besar.

Aku atau Man : seorang ayah yang me-nyayangi anak dan istri.

Ibu : seorang nenek yang me-nyayangi cucunya dan berhati lembut.

Patmi : seorang istri yang mencintai suami dan anaknya serta bijaksana.

LatarLatar tempat : di sebuah ruangan ketika Wahyu

dirawat.Latar waktu : malam hari.Latar suasana : suasana yang digambarkan

dalam cerita adalah suasana sedih, panik, dan takut.

Alur yang digunakan adalah alur maju.

Page 22: 01 pdf kunci suplemen ktsp kelas 10 a 2015

22 Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas X

Amanat:a. Jangan menuruti semua keinginan anak jika

itu membahayakan.b. Berikan pengertian dengan baik agar anak

tidak meminta orang tua melakukan tindakan berbahaya.

2. Jawaban: Unsur menarik dalam cerpen tersebut adalah kasih sayang yang ditunjukkan Man kepada anaknya sehingga ia rela melakukan apa pun demi anaknya.Catatan untuk Guru:Unsur menarik yang diungkapkan siswa dapat berbeda-beda tergantung apresiasi siswa terhadap cerpen.

3. Jawaban:Bacaan ITopik: kesenian kuda renggong Fakta: a. Kesenian kuda renggong biasa ditampilkan

pada pesta pernikahan dan khitanan. b. Sebelum tampil, kuda renggong diarak

keliling kampung untuk meminta saweran atau sumbangan seikhlasnya kepada para penonton.

c. Saweran dan sumbangan tersebut untuk kesejah teraan kuda, bukan dipakai untuk pegawainya.

d. Dalam pertunjukannya, kesenian kuda renggong ini menampilkan atraksi seperti menari dan berkelahi.

e. Kuda renggong dilengkapi beberapa hiasan. f. Hiasan yang terdapat dalam kuda renggong

seperti mahkota, kalung, pelana, dan bunga.

Pendapat:a. Jika dipakai pegawainya, sumbangan itu

tidak membawa berkah, tetapi musibah. b. Hiasan ini digunakan kuda renggong agar

tampil jantan dan berwibawa.

Bacaan IITopik: kesenian wayang orangFakta: a. Kesenian wayang orang merupakan refl eksi

dari wayang kulit. b. Wayang orang merupakan bentuk

perwujudan dari wayang kulit yang diperagakan oleh manusia.

c. Wayang orang bisa bergerak dan berdialog sendiri.

d. Wayang kulit digerakkan oleh orang dan dialognya diucapkan oleh orang.

e. Pementasan wayang orang memiliki beberapa fungsi.

f. Wayang orang memiliki fungsi sebagai tontonan.

g. Tontonan wayang orang disuguhkan untuk menghibur dan memberikan nilai moral kepada setiap penonton.

h. Selain sebagai tontonan, pementasan wayang orang kadang-kadang juga digunakan untuk memenuhi nazar.

i. Kesenian wayang orang yang hidup dewasa ini pada dasarnya terdiri atas dua aliran yaitu gaya Surakarta dan gaya Yogyakarta.

j. Perbedaan yang ada di antara dua aliran terutama pada intonasi dialog dan kostum.

k. Dialog dalam wayang orang gaya Surakarta lebih bersifat realis sesuai dengan tingkatan emosi dan suasana yang terjadi. Intonasinya agak bervariasi.

l. Dalam wayang orang gaya Yogyakarta dialog distilisasinya sedemikian rupa dan mempunyai pola yang monoton.

Pendapat:a. Misalnya, ada orang yang memiliki nazar

jika menjadi kepala desa akan menggelar pertunjukan wayang orang.

b. Saat orang tersebut menjadi kepala desa, pertunjukan wayang orang pun digelar.

4. Jawaban: Bacaan 1 dan bacaan 2 sama-sama membicara-kan kesenian daerah, yaitu kesenian kuda renggong dan wayang orang.

5. Contoh jawaban: Malam itu mencekam detik-detik tidurku. Mimpi buruk pun menyusup perlahan menggetar-kan hatiku. Terlihat diriku menari dengan gemulai, keris kutusukkan ke seluruh bagian tubuh. Tak ada yang terluka, tapi saat keris kuarahkan ke bagian hatiku tiba-tiba mengalir darah segar bahkan hampir di setiap lubang pada tubuhku mengeluar kan darah segar. Anehnya, Puang Matoa hanya tersenyum melihat kondisiku. Aku marah, kecewa, geram, dan sakit tapi siapa yang harus disalahkan? Mimpi itu terus mengusik malam-malamku. Catatan untuk Guru: Paragraf narasi yang dibuat siswa dapat berbeda-beda. Guru dapat menilai keruntutan kalimat yang dibuat siswa, pemilihan kata yang digunakan siswa, dan ketepatan paragraf.

Page 23: 01 pdf kunci suplemen ktsp kelas 10 a 2015

23Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas X

Bab III Peran Sastrawan dalam Pembangunan Batin Manusia

A. Jawaban: Identifi kasi puisi ”Cintaku Jauh di Pulau” sebagai berikut.1. Puisi tersebut menceritakan perjuangan

seseorang dalam meraih cita-cita, tetapi kematian menjemputnya sebelum ia berhasil mencapai cita-citanya. Tema puisi ”Cintaku Jauh di Pulau” yaitu kekhawatiran atau ketakutan seseorang tidak dapat meraih cita-citanya. Perasaan tersebut diungkapkan dalam larik Mengapa ajal memanggil dulu dan sebelum sempat berpeluk dengan cintaku?!

2. Rima puisi ”Cintaku Jauh di Pulau” sebagai berikut.

Bait pertama dan bait kelima menggunakan rima ab.

Bait kedua, ketiga, dan keempat menggunakan rima aabb.

3. Kata yang digunakan dalam puisi ada yang bermakna denotasi dan konotasi. Kata-kata bermakna konotasi yang terdapat pada puisi ”Cintaku Jauh di Pulau” sebagai berikut.a. gadis manis = cita-citab. perahu melancar = perjuanganc. ajal = kematiand. sebelum sempat berpeluk dengan cinta

= mencapai atau menggapai cita-cita4. Amanat yang terdapat dalam puisi adalah

penulis ingin menyampaikan pesan kepada orang-orang terdekat, orang-orang yang selama ini dicintai dan mencintainya bahwa kita harus berusaha meraih cita-cita sebelum kematian datang menjemput. Kita juga harus berusaha meraih cita-cita sedini mungkin. Kita tidak boleh putus asa dalam meraih cita-cita.

5. Suasana dan nada yang tergambar dalam puisi ”Cintaku Jauh di Pulau” tersebut adalah suasana sedih dan kecewa.

Catatan untuk Guru:1. Guru menyuruh siswa membentuk kelompok

diskusi yang terdiri atas empat sampai lima orang.

2. Guru memutarkan kembali CD Teks Mendengarkan 4 yang berisi puisi ”Cintaku Jauh di Pulau”.

3. Setiap kelompok menyimak kembali pembacaan puisi ”Cintaku Jauh di Pulau”.

4. Sambil mendengarkan pembacaan puisi, setiap kelompok mencatat persiapan-persiapan yang diper lukan untuk melakukan kegiatan B dan C.

B. 1. Contoh jawaban:a. Kata gadis manis pada bait pertama

menggambarkan cita-cita penyair.b. Kata perahu melancar pada bait kedua

menggambarkan perjuangan.c. Kata ajal pada bait ketiga dan keempat

menggambarkan kematian.d. Kata merapuh pada bait keempat

menggambarkan kehancuran atau kematian.

e. Kata sebelum sempat berpeluk dengan cinta pada bait keempat menggambarkan mencapai atau menggapai cita-cita

f. Kata manisku pada bait kelima menggambarkan cita-cita.

Catatan untuk Guru: Kata kunci yang ditemukan siswa dapat berbeda-beda sesuai dengan apresiasi siswa terhadap puisi. Jadi, jawaban siswa boleh berbeda-beda, tetapi harus sesuai dengan isi puisi.

2. Contoh jawaban:a. gadis manis berarti cita-citab. perahu melancar berarti perjuanganc. ajal berarti kematiand. manisku berarti kematiane. iseng berarti sendirianCatatan untuk Guru: Kata-kata sulit yang ditemukan siswa dapat berbeda-beda, tetapi harus sesuai dengan isi puisi.

3. Contoh jawaban:Pesan yang terdapat dalam puisi adalah penulis ingin menyampaikan pesan kepada kita semua untuk terus berusaha dan berjuang meraih sesuatu yang kita inginkan atau cita-cita selagi masih hidup. Kita tidak boleh putus asa dalam meraih cita-cita. Catatan untuk Guru: Pesan yang ditemukan siswa dapat berbeda-beda, tetapi harus sesuai dengan isi puisi.

4. Contoh jawaban: Cintaku berada jauh di pulau. Sekarang gadis manis itu sendirian di sana. Aku ingin menemuinya. Perahu melancar, bulan memancar. Aku membawa ole-ole buat gadisku. Akan kukalungkan ole-ole itu untuk pacarku itu. Angin membantuku, langit terlihat terang, tetapi aku merasa tidak akan sampai kepada gadis manisku.

Page 24: 01 pdf kunci suplemen ktsp kelas 10 a 2015

24 Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas X

1. –2. –3. Jawaban:

Permasalahan yang terdapat pada artikel ”Puisi dan Sikap Peduli Penyair” sebagai berikut.a. Puisi dipahami secara dangkal oleh beberapa

kelompok. b. Puisi dianggap sebagai hasil aktivitas

manusia yang membuang-buang waktu. c. Puisi dipandang sebelah mata dan tidak

memberikan kontribusi bagi perkembangan peradaban manusia.

d. P u i s i m e m e g a n g p e ra n a n d a l a m pembangunan batin manusia.

e. Puisi juga memegang peranan penting terhadap pembangunan batin masyarakat.

f. Dalam perkembangan sastra, sebenarnya telah cukup lama para sastrawan mengupas berbagai permasalahan bangsa dan tawaran pemecahan tersebut dalam karya-karya mereka.

g. Adanya sikap tidak peduli yang dimiliki masyarakat.

h. Sikap peduli yang digambarkan dalam karya sastra tidak terlihat lagi dalam masyarakat sekarang. Sikap tidak peduli sebagai imbas dari modernisme-kapitalisme.

i. Kapitalisme membuat manusia menjadi saling mengambil keuntungan antara satu dengan yang lainnya termasuk dengan alam.

4. –

5. Contoh jawaban: a. Masalah yang ditemukan kelompok Anda

sangat menarik. Bagaimana pendapat ke lompok Anda te rhadap masa lah tersebut?

b. Kelompok Anda sangat tepat dalam memilih masalah tersebut. Kemudian, tindakan apakah yang dapat Anda lakukan untuk mengurai masalah tersebut?

c. Masalah-masalah yang dikemukakan memang patut diberi perhatian agar dunia sastra kita tidak semakin ditinggalkan masyarakat.

Catatan untuk Guru: Tanggapan yang diberikan oleh siswa dapat berbeda-beda, tetapi harus mengomentari masalah yang disajikan oleh kelompok yang membacakan masalah.

Di laut air yang terang dan anginnya mendayu. Di perasaanku penghabisan melaju. Kumerasa ajal bertahta. Ajal berkata, ”Tujukan perahu ke pangkuanku saja”. Amboi sudah bertahun-tahun jalan yang kutempuh. Perahu yang bersamaku kan merapuh. Aku bertanya, mengapa ajal memanggil dulu sebelum sempat berpeluk dengan cintaku? Manisku jauh di pulau. Kalau ’ku mati, dia mati iseng sendiri.Catatan untuk Guru: Parafrasa yang dibuat siswa dapat berbeda-beda sesuai dengan apresiasi mereka terhadap puisi. Jadi, jawaban siswa dapat berbeda-beda, tetapi harus sesuai dengan isi puisi.

5. Contoh jawaban: Puisi tersebut menceritakan perjuangan seseorang dalam meraih cita-cita, tetapi kematian menjemputnya sebelum ia mencapai cita-citanya. Tema puisi ”Cintaku Jauh di Pulau” yaitu kekhawatiran atau ketakutan seseorang tidak dapat meraih cita-citanya. Perasaan tersebut diungkapkan dalam larik Mengapa ajal memanggil dulu dan sebelum sempat berpeluk dengan cintaku?!Amanat yang terdapat dalam puisi adalah penulis ingin menyampaikan pesan kepada orang-orang terdekat, orang-orang yang selama ini dicintai dan mencintainya bahwa kita harus berusaha meraih cita-cita sebelum kematian datang menjemput. Kita juga harus berusaha meraih cita-cita sedini mungkin. Kita tidak boleh putus asa dalam meraih cita-cita.

6. Contoh jawaban:Puisi ”Cintaku Jauh di Pulau” menceritakan seseorang yang gagal mendapatkan sesuatu yang ia inginkan atau cita-citanya. Ia tidak bisa meraih cita-citanya karena kematian lebih dahulu memanggilnya.Catatan untuk Guru: Siswa dapat menceritakan kembali puisi secara berbeda-beda sesuai dengan apresiasi mereka terhadap puisi. Jadi, jawaban siswa dapat berbeda-beda, tetapi harus sesuai dengan isi puisi.

C. Jawaban:Dalam melakukan kegiatan diskusi, sebaiknya Guru memperhatikan langkah-langkah berikut.1. Guru mengamati jalannya diskusi setiap

kelompok.2. Guru memberi contoh laporan diskusi.3. Setiap kelompok membuat laporan diskusi.4. Setiap kelompok mengumpulkan laporan

diskusi.

Page 25: 01 pdf kunci suplemen ktsp kelas 10 a 2015

25Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas X

6. Contoh jawaban:a. Seharusnya di mana pun kita hidup, kita

haruslah tetap mampu membentengi diri dari kekacauan lingkungan. Sikap peduli terhadap sesama dan seluruh penghuni alam semesta semestinya satu sikap yang tetap ditumbuhsuburkan pada zaman ini. Ketimpangan sosial antara gaya hidup mewah dan orang-orang dari kelas marjinal harusnya dapat dijembatani dengan sikap peduli ini.

b. Sebenarnya karya sastra melalui puisi dan penyairnya hingga akhir zaman akan tetap memberikan pencerahan batin yang mendalam terhadap peristiwa yang terjadi pada masa puisi itu dibuat dan masa sekarang dan nanti ketika zaman telah berubah. Sebuah pencerahan batin yang kiranya dapat memberikan setitik embun harapan untuk membangun sebuah peradaban baru yang lebih bernilai. Jadi, masyarakat tidak memandang rendah dan meremehkan puisi.

Catatan untuk Guru: Jalan keluar yang disampaikan siswa dapat berbeda-beda tergantung dengan hasil diskusi yang dilakukan siswa. Guru dapat menilai siswa berdasarkan keberanian siswa dalam mengeluarkan jalan keluar terhadap masalah tersebut.

7. Contoh jawaban:Kata-kata sulit yang terdapat pada artikel sebagai berikut.a. genre i. konsepb. kontribusi j. intensc. indikator k. korelasikand. empati l. relevane. berempati m. harmonisf. kajian n. institusig. kapitalisme o. imbash. materialis p. marginal

8. Contoh jawaban:a. genre : jenis, tipe, atau kelompok

sastra atas dasar bentuknyab. kontribusi : sumbangan, andilc. indikator : s e s u a t u y a n g d a p a t

memberikan petunjuk atau keterangan

d. empati : ke a d a a n m e n t a l ya n g membuat seseorang merasa atau mengidentifi kasi dirinya dalam keadaan perasaan atau pikiran yang sama dengan orang atau kelompok lain

e. berempati : melakukan empati

f. kajian : hal mengkajig. kapitalisme : sistem dan paham ekonomi

yang modalnya bersumber pada modal pribadi atau modal perusahaan swasta dengan ciri persaingan dalam pasar bebas

h. materialis : pengikut paham (ajaran) materialisme atau orang yang mementingkan kebendaan

i. konsep : rancangan atau ide, pengertian yang d iabstrakkan dar i peristiwa konkret

j. intens : hebat atau sangat kuatk. korelasikan : dihubungkanl. relevan : kait mengait atau bersangkut

pautm. harmonis : bersangkut paut dengan

harmoni, seia sekatan. institusi : lembaga atau pranatao. imbas : dorongan atau akibat tanpa

disengajap. marginal : b e r h u b u n g a n d e n g a n

batas tepi, t idak ter lalu menguntungkan, berada di pinggir

A. –

B. 1. Jawaban: Para sastrawan mengakui kedahsyatan Angkatan ’45 karena karya-karya sastrawan Angkatan ’45 lahir saat rakyat dalam belenggu penjajahan sehingga mereka mengalami keresahan dalam berbangsa.

2. Jawaban: Asrul Sani, Pramoedya Ananta Toer, Sitor Situmorang, Mochtar Lubis, dan Chairil Anwar.

3. Jawaban: Pada era 45 para sastrawan melawan kolonialisme, memengaruhi kehidupan rakyat, dan memengaruhi sikap rakyat Indonesia dengan sastra.

4. Jawaban:Problem yang dihadapi oleh negara-negara berkembang adalah perkembangan zaman dengan tingkat kecerdasan manusia yang meningkat dan era globalisasi.

5. Jawaban: Mereka menjadi realistis menghadapi kehidupan, sinis, dan ironis terhadap keadaan yang tidak menyenangkan.

Page 26: 01 pdf kunci suplemen ktsp kelas 10 a 2015

26 Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas X

Paragraf ketujuh: Karya sastra saat ini lebih didominasi oleh imajinasi-imajinasi.Paragraf kedelapan: Para sastrawan sekarang diharapkan berani melahirkan karya sastranya sebagai cemin perlawanan terhadap penindasan kapitalisme yang membelenggu rakyat Indonesia.Paragraf kesembilan: Aspek yang tersirat dalam karya sastra periode Angkatan ’45 berbeda dengan aspek yang tersirat dalam karya sastra saat ini.Paragraf kesepuluh: Penyair-penyair pada era Angkatan ’45 dan sekarang juga berbeda. Paragraf kesebelas: Perjalanan sastra sampai saat ini mulai kehilangan ketajaman dan pengaruhnya.

D. Contoh jawaban: Para sastrawan Indonesia mengakui kedahsyatan karya sastra Angkatan ’45 dengan sastrawan-sastrawannya yang menonjol. Pada era ’45 para sastrawan melawan kolonialisme, memengar uh i keh idupan rakya t , dan memengaruhi sikap rakyat Indonesia dengan sastra. Keistimewaan sastra Indonesia lain adalah sastra periode sebelum Angkatan ’45, yakni periode angkatan ’30 yang dikenal dengan Angkatan Pujangga Baru. Banyak pendapat muncul mengenai nama Angkatan ’45 untuk menyebut masa Chairil Anwar dan kawan-kawannya. Karya sastra pada periode ’45 dan ’30 berbeda dengan karya sastra saat ini. Sastra pada periode ’45, ’30 dan periode angkatan sebelumnya mencerminkan kehidupan dan kegelisahan sastrawan sekaligus rakyat terhadap kondisi bangsanya. Sebaliknya, karya sastra sekarang memiliki produktivitas tinggi sehingga dianggap tidak memiliki kontribusi terhadap kemajuan sastra, khususnya, bangsa dan negara pada umumnya. Banyak sastrawan beranggapan produktivitas karya sastra sekarang perlu dipertanyakan tingkat pemaknaannya. Karya sastra saat ini hanya lebih didominasi oleh imajinasi-imajinasi. Para sastrawan sekarang diharapkan berani melahirkan karya sastranya sebagai cermin perlawanan terhadap penindasan kapitalisme yang membelenggu rakyat Indonesia. Aspek yang tersirat dalam karya sastra periode Angkatan ’45 berbeda dengan aspek yang tersirat dalam karya sastra saat ini. Pada Angkatan ’45 karya sastra tersirat dengan segala bentuk perlawanan. Bentuk perlawanan ini jarang dijumpai pada setiap karya sastra saat ini. Saat

6. Jawaban: Pada angkatan Pujangga Baru dilahirkan banyak karya sastra bersifat homogen dan heterogen.

7. Jawaban: Sastra pada periode Angkatan ’45, Angkatan ’30, dan periode angkatan sebelumnya mencerminkan kehidupan dan kegelisahan sastrawan sekaligus rakyat terhadap kondisi bangsanya. Sebaliknya, karya sastra sekarang memiliki produktivitas tinggi sehingga dianggap tidak memiliki kontribusi terhadap kemajuan sastra, khususnya bangsa dan negara pada umumnya.

8. Jawaban: Banyak sastrawan beranggapan produktivi-tas karya sastra sekarang perlu dipertanyakan tingkat pemaknaannya karena sebuah karya nantinya akan dipertanggungjawabkan kepada masyarakat.

9. Jawaban: Para sastrawan sekarang diharapkan berani melahirkan karya sastranya sebagai cermin perlawanan terhadap penindasan kapitalisme yang membelenggu rakyat Indonesia.

10. Jawaban: Saat ini.

C. Jawaban:Ide pokok yang terdapat pada bacaan ”Periode Sastra Boneka” sebagai berikut.Paragraf pertama: Para sastrawan Indonesia mengakui kedahsyatan karya sastra Angkatan ’45 dengan sastrawan-sastrawannya yang menonjol.Paragraf kedua: Pada era ’45 para sastrawan melawan kolonialisme, memengaruhi kehidupan rakyat, dan memengaruhi sikap rakyat Indonesia dengan sastra.Paragraf ketiga: Keistimewaan sastra Indonesia lain adalah sastra periode sebelum Angkatan ’45, yakni periode Angkatan ’30 yang dikenal dengan angkatan Pujangga Baru.Paragraf keempat: Banyak pendapat muncul mengenai nama Angkatan ’45 untuk menyebut masa Chairil Anwar dan kawan-kawannya.Paragraf kelima: Karya sastra pada periode ’45 dan ’30 berbeda dengan karya sastra saat ini.Paragraf keenam: Banyak sastrawan beranggapan produktivitas karya sastra sekarang perlu dipertanyakan tingkat pemaknaannya.

Page 27: 01 pdf kunci suplemen ktsp kelas 10 a 2015

27Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas X

ini seolah-olah penyair buta akan musuh yang dihadapi bangsa dan negara Indonesia. Penyair-penyair pada era Angkatan ’45 dan sekarang juga berbeda. Perjalanan sastra sampai saat ini mulai kehilangan ketajaman dan pengaruhnya.

A. Contoh jawaban:Kerangka karangan:Paragraf kesatuIde pokok : Puisi merupakan salah satu

bentuk karya sastra paling menarik, tetapi pelik.

Ide penjelas : a. Puisi merupakan pernyataan sastra paling utama.

b. Puisi juga merupakan sebuah karya berisi curahan hati.

c. Segala unsur seni sastra mengental dalam puisi.

Paragraf keduaIde pokok : Pu is i mengandung kar ya

e s t e t i s ya n g b e r m a k n a , mengekspresikan pemikiran yang membangkitkan perasaan, dan merangsang pancaindra dalam susunan berirama.

Ide penjelas : a. Puisi mengandung karya es te t i s ka rena be r i s i rekaman dan interpretasi pengalaman manusia yang digubah dalam wujud paling berkesan.

b. Pu is i dapa t membua t kita tertawa, menangis, ter-senyum, berpikir, merenung, terharu, bahkan emosi dan marah.

c. Sampai sekarang puisi selalu mengikat hati dan d igemar i o l eh semua l a p i s a n m a s y a r a k a t karena keindahan dan keunikannya.

Catatan untuk Guru: Kerangka karangan yang dibuat siswa dapat berbeda-beda sesuai dengan tema yang ditentukan siswa.

B. Contoh jawaban:Puisi

Puisi merupakan salah satu bentuk karya sastra yang paling menarik, tetapi pelik. Sebagai salah satu jenis sastra, puisi merupakan pernyataan sastra paling utama. Puisi juga

merupakan sebuah karya berisi curahan hati. Segala unsur seni sastra mengental dalam puisi. Puisi mengandung karya estetis yang bermakna, mengekspresikan pemikiran yang membangki tkan perasaan, merangsang pancaindra dalam susunan berirama. Puisi mengandung karya estetis karena berisi rekaman dan interpretasi pengalaman manusia yang digubah dalam wujud paling berkesan. Puisi dapat membuat kita tertawa, menangis, tersenyum, berpikir, merenung, terharu, bahkan emosi dan marah. Sampai sekarang puisi selalu mengikat hati dan digemari oleh semua lapisan masyarakat karena keindahan dan keunikannya. Dikutip dari: http://id.shvoong.com/entertainment/plays/2093767-

contoh-makalah-apresiasi-dan-pengkajian/, diunduh 6 Maret 2015

Catatan untuk Guru: Paragraf eksposisi yang dibuat siswa dapat berbeda-beda. Guru dapat menilai pekerjaan siswa berdasarkan unsur-unsur berikut.1. Keruntutan paragraf yang dibuat siswa.2. Keruntutan antarkalimat yang ditulis siswa.3. Kesesuaian paragraf yang dibuat siswa

sebagai paragraf eksposisi.

C. Jawaban:Diserahkan pada siswa.Catatan untuk Guru: Paragraf yang dibuat siswa dapat berbeda-beda. Namun, isi paragraf harus sesuai dengan pokok pikiran yang ditentukan oleh siswa dan harus berupa paragraf eksposisi. Hasil suntingan yang dibuat siswa juga berbeda-beda, tergantung paragraf yang disunting.

A. –

B. Jawaban:1. air mata = bersedih2. lengking panjang = suara keras (dengan

volume suara tinggi)3. tanah mati = tanah tidak diusahakan

lagi4. merah jambu = merah muda, tetapi

pada puisi tersebut dapat berarti harapan kepada seseorang

5. ibu pertiwi = tanah kelahiran6. api duka = semangat yang timbul

s a a t m e n g a l a m i kesedihan; puncak ge l i sah = puncak kekhawatiran

Page 28: 01 pdf kunci suplemen ktsp kelas 10 a 2015

28 Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas X

lebihkan darah yang menjadi beku. Larik 6) melebih-lebihkan cerita sampai tercacar semua di muka.

8. Jawaban: bStasiun kecil dalam puisi tersebut melambangkan rumah. Di rumah itu ayah dan ibu hanya bisa mendoakan anak-anak mereka. Selanjutnya, hidup seorang anak ditentukan oleh perjalanan hidupnya masing-masing.

9. Jawaban: aPuisi tersebut menceritakan kasih sayang dan perjuangan seorang ibu dan ayah untuk anak-anaknya. Kasih sayang itu diwujudkan dalam doa. Selain itu, ayah dan ibu terus berjuang demi kebahagiaan dan kesuksesan anaknya. Perjuangan ini dilukiskan dalam larik Berdirilah atas bahu kami, ya pijaklah kepala kami.

10. Jawaban: bSuasana dalam puisi berhubungan dengan nada dan perasaan puisi. Suasana yang tergambar dalam puisi adalah suasana damai karena suasana orang tua mendoakan anaknya.

11. Jawaban: aMasalah yang dibahas dalam paragraf adalah anggapan seorang penyair sungguhan adalah penyair yang karyanya bermunculan dalam media massa. Anggapan ini membuat penyair generasi saat ini melupakan ide kreatif yang tidak diatur oleh konsep berpikir dan teknis oleh media itu sendiri. Anggapan tersebut juga membuat penyair generasi saat ini mengejar unsur pemuatan dalam sebuah media massa. Bahkan, penyair generasi sekarang akan melakukan segala cara agar karyanya dimuat dalam media massa.

12. Jawaban: aMasalah yang dipaparkan dalam kutipan paragraf adalah anggapan seorang penyair sungguhan adalah penyair yang karyanya bermunculan dalam media. Anggapan ini membuat penyair generasi saat ini melupakan ide kreatif yang tidak diatur oleh konsep berpikir dan teknis oleh media itu sendiri. Anggapan tersebut juga membuat penyair generasi saat ini mengejar unsur pemuatan dalam sebuah media. Bahkan, penyair generasi sekarang akan melakukan segala cara agar karyanya dimuat di media massa. Oleh karena itu, jalan keluar yang sesuai dengan isi paragraf terdapat dalam pilihan jawaban a.

13. Jawaban: dPertanyaan yang jawabannya sesuai dengan masalah yang dibahas dalam paragraf adalah pertanyaan dalam pilihan jawaban d. Jawaban pertanyaan dalam pilihan jawaban d adalah

A. Pilihan Ganda

1. Jawaban: bLarik tepat untuk melengkapi puisi harus berhubungan dengan isi puisi dan kalimat sesudah serta sebelumnya. Puisi tersebut membahas orang yang selalu menyesali perbuatan yang pernah dilakukan, tetapi melakukannya lagi. Keadaan itu membuat penulis sangat kecewa. Jadi, larik puisi tepat untuk melengkapi kalimat dalam puisi adalah kalimat dalam pilihan jawaban b.

2. Jawaban: cTema merupakan ide pokok yang mendasari terbentuknya sebuah puisi. Tema mencerminkan isi puisi. Isi puisi tersebut membahas orang yang selalu menyesali perbuatan yang pernah dilakukan, tetapi dilakukan lagi. Tema puisi terdapat dalam pilihan jawaban c.

3. Jawaban: cAmanat merupakan pesan yang disampaikan pengarang kepada kita melalui karyanya. Amanat sesuai dengan isi puisi. Puisi tersebut membahas orang yang selalu menyesali perbuatan yang pernah dilakukan, tetapi melakukannya lagi. Amanat sesuai dengan isi puisi terdapat dalam pilihan jawaban c.

4. Jawaban: ePuisi tersebut membahas orang yang selalu menyesali perbuatan yang pernah dilakukan, tetapi melakukannya lagi. Keadaan itu membuat penulis sangat kecewa. Perasaan tergambar dalam puisi adalah perasaan kecewa.

5. Jawaban: bPuisi tersebut menggambarkan kerinduan penyair terhadap sesuatu. Perasaan rindunya tersebut digambarkan seperti ombak yang menggelora.

6. Jawaban: dPuisi tersebut mengandung majas personifi kasi. Majas personifi kasi atau penginsanan merupakan gaya bahasa yang menggunakan sifat-sifat insani untuk benda atau barang yang tidak bernyawa. Majas personifi kasi tampak dalam larik jeritanku mencakar langit. Dalam larik tersebut jeritan dianggap sebagai manusia yang dapat mencakar langit.

7. Jawaban: dMajas hiperbola merupakan majas yang mengungkapkan sesuatu dengan melebih-lebihkan. Larik yang mengandung majas hiperbola terdapat dalam larik 4) dan 6). Larik 4) melebih-

Page 29: 01 pdf kunci suplemen ktsp kelas 10 a 2015

29Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas X

terdapat dalam pilihan jawaban a. Pernyataan dalam pilihan jawaban a sesuai dengan kalimat. Ini berarti Jawa Timur telah menghasilkan beberapa penyair muda dari tahun 2000-an sampai saat ini. Pernyataan dalam pilihan jawaban b dan c tidak dibahas dalam paragraf. Pernyataan dalam pilihan jawaban d dan e tidak sesuai dengan isi paragraf. Pernyataan dalam pilihan jawaban d seharusnya Helmy Prasetya, Abimardha Kurniawan, dan Ragil Sukriwul merupakan penyair Jawa Timur dari generasi 2000-an. Pernyataan dalam pilihan jawaban e seharusnya Karya yang dihasilkan penulis tersebut dipengaruhi oleh latar belakang yang berbeda-beda.

19. Jawaban: aParagraf pada soal merupakan paragraf eksposisi yang membahas regenerasi kepenyairan di Jawa Timur dari tahun 2000-an sampai saat ini. Paragraf eksposisi merupakan paragraf yang menjelaskan suatu masalah deng an sejelas-jelasnya.

20. Jawaban: aIde pokok mencerminkan isi paragraf. Paragraf membicarakan faktor-faktor yang memengaruhi karya penyair berbeda dengan karya penyair yang lain. Faktor-faktor tersebut meliputi latar belakang penyair dan keadaan geografi penyair. Ide pokok paragraf terletak dalam kalimat pertama.

21. Jawaban: bBacaan tersebut membicarakan faktor-faktor yang memengaruhi karya penyair berbeda dengan karya penyair yang lain. Faktor-faktor tersebut meliputi latar belakang penyair dan keadaan geografi penyair. Pertanyaan yang sesuai dengan isi paragraf terdapat dalam pilihan jawaban b.

22. Jawaban: aParagraf pada soal merupakan paragraf eksposisi yang membahas faktor-faktor yang membuat karya penyair berbeda dengan karya penyair yang lain. Paragraf eksposisi merupakan paragraf yang menjelaskan suatu masalah dengan sejelas-jelasnya.

23. Jawaban: eParagraf eksposisi merupakan paragraf yang menerangkan atau menjelaskan sesuatu dengan sejelas-jelasnya. Paragraf yang berjenis eksposisi adalah paragraf dalam pilihan jawaban e karena paragraf tersebut menjelaskan unsur-unsur yang terdapat dalam sebuah puisi. Paragraf dalam pilihan jawaban a merupakan paragraf argumentasi yang menjelaskan Ragil Sukriwul sebagai penyair sekaligus petualang. Paragraf dalam pilihan jawaban b merupakan paragraf persuasi yang mengajak orang untuk menuangkan

pengakuan beberapa penyair senior yang hanya mengganggap generasi di bawah mereka dianggap layak estetik perpuisiannya jikalau telah dimuat berkali-kali dan diakui oleh media. Pertanyaan dalam pilihan jawaban a, b, c, dan e tidak terdapat dalam artikel.

14. Jawaban: bArtikel di atas membahas karya penulis muda tidak diakui oleh penulis terdahulu karena karya-karya mereka tidak dimuat dalam media massa. Sekalipun tidak ada dari angkatan sebelumnya mengakui keberadaan mereka, itu tidaklah penting. Perjuangan melalui estetika, penggalian kegelisahan, pembelajaran sejarah, ser ta keberanian untuk memublikasikan karya-karya sendiri adalah semangat yang harus diteruskan.

15. Jawaban: cMasalah dalam kutipan artikel adalah saat ini banyak penulis muda tidak diakui penulis pendahulu karena karya-karyanya tidak bisa dimuat dalam media massa. Jalan keluar yang sesuai dengan masalah terdapat dalam pilihan jawaban c.

16. Jawaban: dPernyataan sesuai dengan isi paragraf terdapat dalam pilihan jawaban d. Pernyataan dalam pilihan jawaban a dan e tidak sesuai dengan isi paragraf. Pernyataan dalam pilihan jawaban a seharusnya penulis terdahulu tidak mengakui karya-karya penulis muda karena karya penulis muda tidak dimuat di media. Pernyataan dalam pilihan jawaban e seharusnya banyak peristiwa yang disadari atau tanpa disadari mampu membangkitkan daya kritis penciptaan komunitas penulis muda. Pernyataan pilihan jawaban b dan c tidak dibicarakan dalam paragraf.

17. Jawaban: aIde pokok merupakan ide yang mendasari terbentuknya suatu paragraf. Ide pokok paragraf mencerminkan apa yang dibahas dalam paragraf. Paragraf tersebut membicarakan Jawa Timur telah menghasilkan beberapa penyair muda dari tahun 2000-an sampai saat ini. Ide pokok paragraf terletak dalam kalimat nomor 1).

18. Jawaban: aBacaan tersebut membahas Jawa Timur telah menghasilkan beberapa penyair muda dari tahun 2000-an sampai saat ini. Penyair-penyair ini telah menghasilkan karya-karya yang mampu menambah kekayaan khazanah perpuisian nasional. Karya-karya penyair muda ini berbeda-beda karena dipengaruhi oleh latar belakang berbeda. Pernyataan sesuai dengan isi puisi

Page 30: 01 pdf kunci suplemen ktsp kelas 10 a 2015

30 Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas X

c. Tertutupnya media lokal untuk penulis muda seharusnya tidak membuat penulis muda berhenti berkreasi. Penulis muda harus lebih berusaha membuat karya yang lebih baik lagi.

4. Jawaban: Saat ini penyair-penyair muda menghadapi permasalahan cukup kompleks.

5. Jawaban: Baris-baris pada puisi dapat berbentuk apa saja (melingkar, zigzag, dan lain-lain). Hal tersebut merupakan salah satu cara penulis untuk menunjukkan pemikirannya. Puisi kadang-kadang juga hanya berisi satu kata/suku kata yang terus diulang-ulang. Bagi pembaca hal tersebut mungkin membuat puisi tersebut menjadi tidak dimengerti. Akan tetapi, penulis selalu memiliki alasan untuk segala ‘keanehan’ yang diciptakannya. Tak ada yang membatasi keinginan penulis dalam menciptakan sebuah puisi. Ada beberapa perbedaan antara puisi lama dan puisi baru.Dikutip dari: http://id.wikipedia.org/wiki/Puisi, diunduh 6 Maret 2015

Catatan untuk Guru:Paragraf eksposisi yang ditulis siswa dapat

berbeda-beda. Guru dapat menilai pekerjaan siswa berdasarkan ketepatan paragraf yang dibuat siswa sebagai paragraf eksposisi, keruntutan kalimat yang dibuat siswa, dan pilihan kata yang digunakan siswa.

ide dalam bentuk puisi. Paragraf dalam pilihan jawaban c merupakan paragraf deskripsi yang meng gambarkan seorang pengarang yang sedang melakukan sesuatu. Paragraf dalam pilihan jawaban d merupakan paragraf deskripsi yang menjelaskan dan menggambarkan sebuah buku.

24. Jawaban: aParagraf membahas isi puisi, makna, dan tema puisi ”Karangan Bunga”.

25. Jawaban: aParagraf tersebut merupakan paragraf eksposisi karena menjelaskan puisi ”Karangan Bunga” yang ditulis oleh Taufi k Ismail.

B. Uraian1. Contoh jawaban:

Isi puisi ”Aku Ingin” sebagai berikut. Tema : Puisi tersebut menggambarkan cinta

seseorang kepada kekasihnya tidak perlu dikatakan, tetapi diwujudkan.

Amanat : a. Cinta tidak perlu dikatakan dengan janji-janji muluk, tetapi diwujudkan dengan perbuatan.

b. Cintailah atau sayangilah orang lain dengan tulus tanpa meminta balasan.

Perasaan : Perasaan yang dihadapi adalah perasaan tulus.

Nada : Tegar dan pasrah.

2. Jawaban: Masalah dalam bacaan di atas sebagai berikut. a. Keterbatasan kesempatan yang diberikan

penyair senior terhadap penyair muda. b. Intrik popularitas, seolah-olah penyair muda

berusaha merebutnya sehingga penyair tua bersikap ”sentimen”.

c. ”Tertutup”-nya media-media lokal dalam menampung karya-karya penyair muda. Masalah ini tentu terlepas dari kualitas karya dan selera redaktur media.

Catatan untuk Guru:Masalah-masalah yang ditemukan oleh siswa

dapat berbeda-beda, tetapi harus sesuai dengan isi bacaan.

3. Contoh jawaban: a. Penyair senior seharusnya memberikan

kesempatan kepada penulis muda untuk mengembangkan kreativitasnya.

b. Keberhasilan penyair muda tidak akan merebut popularitas penyair tua. Oleh karena itu, penyair tua tidak perlu sentimen terhadap penyair muda.

Ulangan Tengah Semester

A. Pilihan Ganda

1. Jawaban: cMasalah yang dibahas dalam berita merupakan topik atau tema berita. Berita tersebut membahas penyebab kenaikan harga beras. Oleh karena itu, jawaban tepat terdapat pada pilihan jawaban c.

2. Jawaban: aPokok-pokok berita meliputi unsur 5W+1H. Pilihan jawaban a mengandung unsur kapan (when), yaitu pada November–Desember 2014 dan Januari 2015. Pilihan jawaban b, c, d, dan e tidak mengandung unsur 5W+1H. Jadi, jawaban tepat terdapat pada pilihan jawaban a.

3. Jawaban: ePernyataan yang sesuai dengan isi berita adalah pernyataan pada pilihan jawaban e. Pernyataan dalam pilihan jawaban a dan b tidak sesuai dengan isi paragraf. Pernyataan dalam pilihan

Page 31: 01 pdf kunci suplemen ktsp kelas 10 a 2015

31Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas X

9. Jawaban: aParagraf kedua membahas penurunan harga cabai sebelum Pemerintah menurunkan harga BBM awal Januari lalu. Ide pokok paragraf tersebut terdapat dalam kalimat 1). Jadi jawaban tepat terdapat pada pilihan jawaban a.

10. Jawaban: bRingkasan merupakan bentuk singkat suatu paragraf atau bacaan. Ringkasan memiliki urutan isi yang sesuai dengan urutan isi bacaan asli. Ringkasan yang sesuai dengan kutipan bacaan adalah ringkasan dalam pilihan jawaban b.

11. Jawaban: dSimpulan merupakan inti sari bacaan. Bacaan tersebut membahas setelah Pemerintah menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM), harga bahan pangan di sejumlah pasar tradisional Solo tidak ikut turun. Harga cabai mulai turun sebelum Pemerintah menurunkan harga BBM awal Januari lalu. Simpulan tepat untuk bacaan tersebut terdapat pada pilihan jawaban d.

12. Jawaban: eTopik merupakan informasi pokok yang dibicarakan dalam bacaan atau paragraf. Topik yang dibicarakan dalam bacaan I adalah Pekan Budaya yang diadakan dalam rangka memeriahkan Peringatan HUT ke-133 Kota Banjarmasin.

13. Jawaban: aBacaan tersebut membahas pertunjukan wayang kulit di Hamburg dalam rangka pengenalan budaya Indonesia. Pertunjukan berlangsung pada 28 Maret 2014. Topik bacaan terdapat pada pilihan jawaban a.

14. Jawaban: eBacaan I membahas Pekan Budaya yang diadakan dalam rangka memeriahkan Peringatan HUT ke-133 Kota Banjarmasin. Pekan raya tersebut menyajikan Reog Ponorogo dan pertunjukan wayang kulit semalam suntuk. Bacaan II membahas KJRI Hamburg menampilkan pertunjukan wayang kulit dalam rangka pengenalan budaya Indonesia kepada Sekolah Dasar Katharina von Siena. Jadi, persamaan bacaan I dan II mengemukakan adanya pertunjukan wayang kulit.

15. Jawaban: aIde pokok merupakan gagasan atau ide yang mendasari terbentuknya sebuah paragraf atau bacaan. Ide pokok disebut juga gagasan pokok, gagasan utama, pokok pikiran, atau pikiran utama. Ide pokok dapat ditemukan dalam kalimat utama. Bacaan tersebut membahas Pekan Budaya yang diadakan dalam rangka memeriahkan Peringatan HUT ke-133 Kota Banjarmasin. Jadi, ide pokok bacaan I terdapat dalam kalimat 1).

jawaban a seharusnya kekosongan stok beras mencapai 700.000 ton. Pernyataan dalam pilihan jawaban b seharusnya kekosongan stok beras mengakibatkan kenaikan harga beras. Pernyataan pada pilihan jawaban c dan d tidak dibahas dalam berita.

4. Jawaban: bKalimat tanggapan merupakan kalimat yang berisi pendapat, saran, atau kritik terhadap suatu peristiwa. Masalah yang dibahas dalam berita tersebut adalah kenaikan harga beras disebabkan kekosongan stok dalam tiga bulan sebelumnya, yakni periode November–Desember 2014 dan Januari 2015. Selain itu, kelangkaan beras dikarenakan faktor alam, yaitu musim paceklik berlangsung lama. Tanggapan yang sesuai dengan isi berita tersebut terdapat pada pilihan jawaban b.

5. Jawaban: aKalimat berisi perkenalan diri terdapat dalam pilihan jawaban 3) dan 5). Kalimat 1) dan 2) merupakan kalimat yang digunakan untuk memperkenalkan pembicara. Kalimat 4) merupakan kalimat yang digunakan untuk memperkenalkan moderator dan pembicara. Jadi, jawaban tepat adalah pilihan jawaban a.

6. Jawaban: dKalimat berisi perkenalan diri terdapat dalam pilihan jawaban 3) dan 5). Kalimat 1) dan 2) merupakan kalimat yang digunakan untuk mem-per kenalkan pembicara. Kalimat 4) merupakan kalimat yang digunakan untuk memperkenalkan moderator dan pembicara. Jadi, jawaban tepat adalah pilihan jawaban d.

7. Jawaban: bKalimat perkenalan diri yang sopan dan santun terdapat dalam pilihan jawaban b. Kalimat perkenalan diri dalam pilihan jawaban a, c, dan d tidak santun. Kalimat dalam pilihan jawaban e tidak memperkenalkan diri sendiri, tetapi memperkenal kan orang lain sebagai moderator, pembicara, dan notulis.

8. Jawaban: cIde pokok merupakan gagasan pokok yang mendasari terbentuknya sebuah paragraf. Paragraf pertama membahas setelah Pemerintah menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM), harga bahan pangan di sejumlah pasar tradisional Solo tidak ikut turun. Ide pokok paragraf terdapat pada pilihan jawaban c. Pilihan jawaban a, b, d, dan e merupakan ide penjelas.

Page 32: 01 pdf kunci suplemen ktsp kelas 10 a 2015

32 Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas X

16. Jawaban: bPendapat merupakan ide, gagasan, atau pendapat yang disampaikan seseorang terhadap suatu peristiwa atau kejadian. Pendapat bersifat subjektif karena setiap orang dapat mengeluarkan pendapat berbeda terhadap peristiwa yang sama. Pendapat dalam bacaan terdapat dalam kalimat 2). Kalimat 2) merupakan pendapat karena tidak semua akan memperkirakan bahwa pengunjung pekan budaya akan banyak. Kalimat 1), 3), 4), dan 5) merupakan kalimat fakta.

17. Jawaban: aFakta merupakan peristiwa yang benar-benar terjadi. Fakta bersifat objektif karena setiap orang akan menyatakan fakta yang sama terhadap suatu masalah atau peristiwa. Fakta dalam kalimat terdapat dalam kalimat 1). Semua orang akan mengatakan hal yang sama terhadap apa yang diungkapkan dalam kalimat 1). Kalimat 2), 3), 4), dan 5) merupakan pendapat.

18. Jawaban: eMasalah yang dibahas dalam paragraf adalah banyak penulis hanya memperhatikan jalinan kata tanpa memperhatikan makna puisi yang ditulis. Seharusnya, penulis puisi memper-hatikan jalinan kata dan makna yang dikandung dalam puisi yang mereka buat. Penulis tidak boleh hanya fokus pada jalinan kata saja saat menulis puisi.

19. Jawaban: eMasalah yang dipaparkan dalam kutipan paragraf adalah banyak penulis hanya memperhatikan jalinan kata tanpa memperhatikan makna puisi yang ditulis. Oleh karena itu, jalan keluar sesuai dengan isi paragraf terdapat dalam pilihan jawaban e.

20. Jawaban: aMasalah yang dibahas dalam paragraf adalah banyak penulis yang hanya memperhatikan jalinan kata tanpa memperhatikan makna puisi yang ditulis. Seharusnya, penulis puisi memper-hatikan jalinan kata dan makna yang dikandung dalam puisi yang mereka buat. Penulis tidak boleh hanya fokus pada jalinan kata saat menulis puisi. Pertanyaan yang jawabannya sesuai dengan masalah yang dibahas dalam paragraf adalah pertanyaan dalam pilihan jawaban a. Jawaban pertanyaan dalam pilihan jawaban a adalah penulis saat ini hanya terfokus pada jalinan kata-kata tanpa memperhatikan makna puisi yang ditulis.

21. Jawaban: aUnsur intrinsik yang menonjol dalam paragraf narasi di atas adalah unsur waktu. Dalam cerita tersebut disebutkan secara jelas tahap-tahap seseorang melakukan suatu pekerjaan.

22. Jawaban: eParagraf narasi merupakan paragraf yang men-ceritakan suatu kejadian atau peristiwa sesuai dengan urutan waktu dan tempat. Paragraf narasi dapat dikembangkan dengan dua pola pengembangan yaitu pola pengembangan waktu dan pola pengembangan tempat. Paragraf pada soal menggunakan pola pengembangan waktu karena paragraf tersebut menceritakan peristiwa ber dasarkan waktu.

23. Jawaban: dParagraf tersebut termasuk paragraf narasi karena paragraf tersebut menceritakan suatu peristiwa berdasarkan urutan waktu secara urut dari awal sampai akhir.

24. Jawaban: dParagraf dalam pilihan jawaban a merupakan paragraf eksposisi karena paragraf tersebut menjelaskan kesukaan tokoh aku terhadap wayang kulit. Paragraf dalam pilihan jawaban b merupakan paragraf eksposisi yang menjelaskan tugas dan standar pemuda Indonesia. Paragraf dalam pilihan jawaban c merupakan paragraf argumentasi yang meyakinkan pemuda untuk mencintai dan melestarikan kesenian atau kebudayaan daerah. Paragraf dalam pilihan jawaban d merupakan paragraf narasi pola pengembangan waktu karena menjelaskan kegiatan guru seni secara urut. Paragraf dalam pilihan jawaban e merupakan paragraf eksposisi yang menjelaskan isi Undang-Undang Kepemudaan Nomor 40 Tahun 2009.

25. Jawaban: bParagraf eksposisi merupakan paragraf yang menerangkan atau menjelaskan sesuatu dengan sejelas-jelasnya. Paragraf yang berjenis eksposisi adalah paragraf dalam pilihan jawaban b karena paragraf tersebut menjelaskan seorang nenek yang menikmati sukses menjadi penulis pada masa tuanya. Paragraf dalam pilihan jawaban a merupakan paragraf persuasi yang mengajak siswa untuk menulis puisi. Paragraf dalam pilihan jawaban c merupakan paragraf argumentasi yang menjelas kan pilihan kata yang digunakan dalam puisi Hasan Aspahani disertai bukti yang menguatkan penjelasan tersebut. Paragraf dalam pilihan jawaban d merupakan paragraf deskripsi yang menjelaskan dan menggambarkan sebuah buku. Paragraf dalam pilihan jawaban e merupakan paragraf narasi yang menceritakan seorang penulis yang berada di sebuah taman.

Page 33: 01 pdf kunci suplemen ktsp kelas 10 a 2015

33Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas X

26. Jawaban: cParagraf tersebut merupakan paragraf eksposisi karena menjelaskan arti sastra.

27. Jawaban: bPuisi lama pada soal adalah karmina. Karmina merupakan salah satu jenis puisi lama yang tersusun dari dua larik, larik pertama merupakan isi, larik kedua merupakan sampiran, dan bersajak a-a. Talibun merupakan salah satu jenis puisi lama yang terdiri atas sampiran dan isi, memiliki jumlah larik di atas empat, tetapi genap. Seloka merupakan salah satu jenis puisi lama yang memiliki sampiran dan isi, isi seloka merupakan bidal, serta memiliki sajak a-a-a-a. Gurindam merupakan salah satu jenis puisi lama berasal dari Tamil. Gurindam memiliki dua larik bersajak a-a, larik pertama merupakan sebab, larik kedua merupakan akibat, berisi suatu nasihat.

28. Jawaban: ePuisi dalam pilihan jawaban a merupakan gurin dam. Puisi dalam pilihan jawaban b merupakan karmina. Puisi dalam pilihan jawaban c merupakan pantun teka-teki. Puisi dalam pilihan jawaban d merupakan talibun. Puisi dalam pilihan jawaban e merupakan seloka.

29. Jawaban: dPantun tersebut mengemukakan kebahagiaan seseorang melihat orang yang dikasihi pulang dari perjalanan jauh. Kebahagiaan ini menimbulkan semangat besar.

30. Jawaban: aKalimat tepat untuk melengkapi larik puisi adalah kalimat yang sesuai dan runtut dengan larik sesudah dan sebelumnya. Puisi tersebut membicarakan penulis dan seseorang yang tidak akan pernah bersatu. Belai malam yang sunyi menjadi saksi penulis dan seseorang terhadap kata-kata yang diucapkan penulis. Larik yang tepat untuk melengkapi puisi adalah larik dalam pilihan jawaban a.

31. Jawaban: eKata yang tepat untuk melengkapi larik puisi harus sesuai dengan isi puisi. Kata dalam pilihan jawaban diakhiri bunyi /a/, tetapi kata tersebut harus menyatakan isi larik puisi. Kata tepat untuk melengkapi larik puisi adalah kata fana karena puisi menunjukkan bahwa di luar Tuhan itu semua fana.

32. Jawaban: dLarik yang memiliki nilai religi adalah Membentang antara Engkau dan aku/kisah kita Kau abadikan/cinta kita Kaulestarikan karena kata Engkau dan Kau menggunakan huruf kapital yang menyatakan Tuhan.

33. Jawaban: eDiksi dalam puisi memiliki makna dan maksud tertentu. Puisi menggambarkan sebuah rumah tangga kehilangan kepala rumah tangga. Rumah tangga tersebut hidup di tengah-tengah kehidupan. Rumah tangga disimbolkan perahu dan kehidupan disimbolkan samudera.

34. Jawaban: bSuasana yang tampak dalam kutipan cerita adalah suasana tegang. Seorang anak marah terhadap ayahnya karena telah mencuri di rumah pacarnya. Suasana marah tergambar dalam kutipan cerita terdapat dalam kalimat 1) dan 3) karena menggambarkan kemarahan anaknya saat menanyakan apa yang dilakukan ayahnya.

35. Jawaban: bTokoh anak memiliki watak emosional. Watak emosional dapat dilihat dari percakapan seorang anak dengan ayahnya. Ia menunjukkan rasa marah yang berlebihan saat ia mengetahui ayahnya mencuri di tempat calon mertuanya. Ia juga mudah marah dan mudah meredakan amarah.

36. Jawaban: cWatak tokoh dapat digambarkan penulis secara langsung dan tidak langsung. Watak tokoh anak digambarkan sebagai seorang yang emosional. Watak emosional dapat dilihat dari percakapan yang dilakukan oleh tokoh anak dan ayah. Dalam percakapan tersebut tokoh anak digambarkan sangat marah kepada ayahnya dan pada akhir percakapannya kemarahan itu mereda.

37. Jawaban: bAmanat merupakan pesan yang disampaikan pengarang dalam karyanya. Pesan yang terdapat dalam cerita dapat ditafsirkan berbeda-beda oleh pembacanya, tergantung apresiasi dari pembaca. Namun, pesan yang ditentukan harus sesuai dengan isi cerita. Amanat yang ditemukan dalam cerita dapat lebih dari satu. Kutipan novel tersebut menceritakan Marni bersedih karena suatu masalah. Dalam kesedihan tersebut Marni mendekatkan diri dan memasrahkan masalahnya kepada Tuhan. Setelah sembahyang Marni merasa lega. Amanat terdapat dalam kutipan novel sebagai berikut. 1) Pasrahkan semua masalahmu kepada

Tuhan. 2) Dekatlah dirimu kepada Tuhan saat meng-

hadapi masalah agar perasaan lega.

38. Jawaban: aLatar waktu merupakan waktu terjadinya sebuah peristiwa dalam sebuah cerita. Latar waktu dalam

Page 34: 01 pdf kunci suplemen ktsp kelas 10 a 2015

34 Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas X

kutipan cerita di atas tampak dalam kalimat Termangu sebentar, telinganya mendengar kokok ayam jantan pertama. Kokok ayam jantan pertama menandakan dini hari. Dini hari menunjukkan waktu pagi sekali antara pukul 03.00–05.00.

39. Jawaban: bTema merupakan gagasan pokok atau ide pokok terbentuknya sebuah cerita. Tema mencerminkan isi cerita. Cerita tersebut menggambarkan kegelisahan Marni karena memikirkan sesuatu atau masalah. Saat mendengar kokok ayam pertama Marni ingin bersembahyang. Setelah ber-sembahyang dan menyerahkan semua masalah-nya kepada Tuhan Marni merasa lega. Jadi, tema cerita di atas terletak dalam pilihan jawaban b.

40. Jawaban: dKutipan cerita tersebut menceritakan Atun mencari rumah nomor 28. Ia mencari rumah tersebut berjam-jam. Setelah rumah itu ditemukan, ternyata rumah tersebut bukan rumah yang ada dalam alamat yang ia cari. Ia menunjukkan kertas yang bertuliskan catatan alamat kepada pemilik rumah. Ternyata Atun keliru. Atas petunjuk pemilik rumah Atun naik mikrolet ke terminal. Sampai di terminal Atun naik bus kota untuk mencari alamat yang ada dalam sobekan kertas. Sayang, bus kota yang ia tumpangi ke arah yang berbeda dengan tujuannya. Jadi, penceritaan yang sesuai dengan kutipan cerpen adalah pilihan jawaban d. Penceritaan dalam pilihan jawaban a tidak sesuai karena dalam kutipan cerpen tidak menyebutkan Atun mencari alamat suaminya.Penceritaan dalam jawaban b, c, dan e tidak sesuai karena dalam kutipan cerita tidak menyebutkan Atun sudah berhari-hari atau berminggu-minggu mencari alamat.

B. Uraian

1. Jawaban: a. Peristiwa yang terdapat dalam bacaan

tersebut yaitu setelah polemik harga beras di DKI Jakarta naik 30%, kini harga salah satu komoditas hortikultura yaitu bawang merah juga naik.

b. Orang yang terlibat dalam peristiwa adalah Djoko, pedagang bawang merah di Pasar Warakas, Jakarta Utara.

c. Penyebab kenaikan harga bawang merah adalah kenaikan harga bibit bawang merah di Jawa Tengah (Jateng) dan kenaikan harga premium oleh Pemerintah beberapa hari lalu dari Rp6.700,00/liter menjadi Rp6.900,00/liter.

d. Harga bawang merah naik di Pasar Warakas, Jakarta Utara.

e. Waktu terjadinya peristiwa yang dibicarakan dalam berita yaitu Jumat, 6/03/2015.

f. Urutan peristiwa yang terjadi dalam berita sebagai berikut. 1) Setelah polemik harga beras di DKI

Jakarta naik 30%, kini harga salah satu komoditas hortikultura yaitu bawang merah juga naik.

2) Di tingkat eceran, harga bawang merah naik 7%, atau Rp2.000,00/kg dalam tempo tiga hari.

3) Djoko belum mengetahui detil penyebab kenaikan harga bawang merah.

4) Kenaikan harga sudah terjadi sejak di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur.

5) Hari ini harga bawang merah di Pasar Induk Kramat Jati melonjak, dari Rp18.000,00/kg menjadi Rp25.000,00/kg.

6) IKAPPI masih mencoba menghimpun informasi dari pengurus IKAPPI di beberapa daerah penghasil bawang, apakah benar ada gangguan suplai.

7) Dari beberapa fakta baru ditemukan, kenaikan harga bawang merah dipicu kenaikan harga bibit bawang merah di Jawa Tengah (Jateng).

8) Kenaikan harga bawang merah juga dipicu kenaikan harga premium oleh Pemerintah beberapa hari lalu.

2. Contoh tanggapan:Kenaikan harga bawang merah adalah masalah yang wajar karena dipicu kenaikan bibit bawang merah di Jawa Tengah. Selain masalah bibit, kenaikan harga bawang merah juga dipicu kenaikan harga premium oleh Pemerintah. Catatan untuk Guru: Jawaban yang disampaikan siswa dapat berbeda-beda. Tanggapan siswa harus membahas isi berita ”Setelah Beras, Giliran Harga Bawang Merah Naik 7% dalam 3 Hari”. Tanggapan siswa harus disertai argumen yang mendukung tanggapan siswa.

3. Jawaban:Ide pokok paragraf ke-1: PT Per tamina memutuskan harga elpiji nonsubsidi 12 kg mulai 1 Maret 2015, mengalami kenaikan sebesar Rp5.000,00 per tabung.

Ide pokok paragraf ke-2: Pada 19 Januari 2015, harga elpiji 12 kg mengalami penurunan Rp5.700,00 per tabung.

Page 35: 01 pdf kunci suplemen ktsp kelas 10 a 2015

35Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas X

4. Contoh jawaban: Masalah yang disampaikan dalam kutipan artikel adalah ketidaksesuaian judul buku kumpulan puisi dengan isi buku.Catatan untuk Guru: Masalah yang ditemukan siswa dalam paragraf dapat berbeda-beda, tetapi masalah tersebut harus ada dalam paragraf.

5. Contoh jawaban: Dalam sebuah buku seharusnya ada kesesuaian judul buku dengan isi buku karena judul buku mencerminkan isi buku. Catatan untuk Guru: Tanggapan yang diberikan oleh siswa dapat berbeda-beda, tetapi harus me ngomen-tari masalah yang disajikan oleh kelompok yang membacakan masalah.

6. Contoh jawaban: Rendra sering menggunakan gaya bahasa ironi dengan pengungkapan yang senti mental dan sarkastik dalam puisi-puisinya. Selain itu, ada pula gaya bahasa metafora, anaphora, apostrof, dan sarkasme. Semua gaya bahasa tersebut diguna kan untuk mengungkapkan kritik sosial. Pengguna an dan pengungkapannya tidak lepas dari segenap latar belakang Rendra dan jiwanya. Rendra memang sosok yang senantiasa kritis, ber semangat, dan berani karena keyakinannya.Catatan untuk Guru: Paragraf yang dibuat siswa dapat berbeda-beda. Namun, isi paragraf harus sesuai dengan pokok pikiran yang ditentukan oleh siswa dan harus berupa paragraf eksposisi.

7. Jawaban:Contoh jawaban: Lihat rumput mencapai batas, bersihkan rumput dengan sabit.Harga cabai semakin pedas,masyarakat jadi menjerit.Catatan untuk Guru: Pantun yang dibuat siswa dapat berbeda-beda, tetapi harus bertema ekonomi. Guru dapat menilai pantun siswa berdasarkan hal-hal berikut. 1. Kesesuaian puisi siswa disebut pantun. 2. Rima a-b-a-b.3. Adanya sampiran dan isi pantun.4. Tema yang dipakai siswa.

8. Jawaban: Isi puisi ”Tentang Maut 1” sebagai berikut. Tema : Puisi tersebut menggambarkan

kematian yang akan menjemput manusia.

Amanat : a. Kita harus siap menghadapi maut yang akan menimpa kita.

b. Kematian bukanlah peristiwa yang harus ditakuti.

9. Jawaban:Perasaan : Perasaan yang dihadapi adalah

perasaan tegar. Perasaan tegar dapat dilihat dari larik:

sesungguhnya maut itu adalah cahaya keemasan dikirim dari langit mirip bola api pembebasan dari rasa ngilu dan pedih kehidupan Dalam larik tersebut dijelaskan

bahwa kematian bukanlah hal yang menyedihkan, melainkan hal yang dapat membebaskan kita dari kesusahan di dunia ini.

Nada : Nada yang tampak dalam puisi adalah nada tegar saat menghadapi kematian.

10. Jawaban: Unsur intrinsik cerpen sebagai berikut.Tema: Perpisahan dengan anak yang baru saja menikah dan harus mengikuti suaminya.

Tokoh penokohan: Tokoh yang terdapat dalam cerpen adalah aku. Tokoh aku memiliki watak pasrah terhadap apa yang terjadi padanya. Watak pasrah dapat dilihat dari sikap tokoh aku yang pasrah karena ketiga anaknya menikah dan akan mening galkannya. Latar:Latar tempat: di sebuah rumah di Bali.Latar suasana: suasana yang digambarkan dalam cerita adalah suasana sedih, hampa, dan kesepian.

Alur:Alur yang digunakan adalah alur gabungan.

Amanat:a. Pasrahkan semua masalah kepada Tuhan.b. Kehidupan ini terus berputar, semua orang

pasti mengalami apa yang kita alami. c. Bersyukurlah kepada Tuhan atas semua yang

terjadi pada kita. Hal menarik dari cerita adalah penggunaan alur gabungan yang baik dalam menceritakan isi cerita.Catatan untuk Guru: Hal-hal menarik yang diungkapkan siswa dapat berbeda-beda, tergantung apresiasi siswa terhadap cerpen.

Page 36: 01 pdf kunci suplemen ktsp kelas 10 a 2015

36 Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas X

8. Jawaban: bTopik merupakan masalah pokok yang dibicara-kan dalam bacaan. Topik yang dibahas dalam bacaan I adalah pertunjukan barongsai meng-hibur pe numpang di Bandara Soekarno-Hatta.

9. Jawaban: aBacaan II membahas acara Kirab Budaya Cap Goe Meh 2015 di Kota Bandung. Acara tersebut berlangsung sejak pukul 15.00 hingga 20.00 WIB. Kirab Budaya Cap Goe Meh 2015 dimeriahkan dengan pertunjukan barongsai dan liongsai khas negeri Tirai Bambu. Topik bacaan terdapat pada pilihan jawaban a.

10. Jawaban: eBacaan I membahas pertunjukan barongsai di Bandara Soekarno Hatta dalam rangka me ramai-kan Tahun Baru Imlek 2015. Bacaan II mem-bahas atraksi seni barongsai dan liongsai dalam acara Kirab Budaya Cap Goe Meh 2015. Jadi, persamaan kedua bacaan tersebut membahas pertunjukan barongsai.

11. Jawaban: aIde pokok merupakan gagasan atau ide yang mendasari terbentuknya sebuah paragraf atau bacaan. Ide pokok dapat ditemukan dalam kalimat utama. Bacaan tersebut membahas per-tunjukan barongsai menghibur calon penumpang dan penumpang pesawat di Bandara Soekarno–Hatta. Jadi, ide pokok bacaan I terdapat dalam kalimat 1).

12. Jawaban: ePendapat merupakan ide, gagasan, atau pen-dapat yang disampaikan seseorang terhadap suatu peristiwa atau kejadian. Pendapat ber sifat subjektif karena setiap orang dapat mengeluar-kan pendapat berbeda terhadap peristiwa sama. Pendapat dalam Bacaan I terdapat dalam kalimat 5). Kalimat 1), 2), 3), dan 4) merupakan kalimat fakta.

13. Jawaban: dIde pokok merupakan gagasan pokok yang mendasari terbentuknya suatu paragraf. Paragraf pertama bacaan tersebut membahas setelah ke-naikan harga cabai, di sejumlah daerah terjadi kenaikan harga beras. Ide pokok paragraf ter-sebut terdapat pada pilihan jawaban d.

14. Jawaban: bParagraf tersebut membahas keterkejutan warga oleh kenaikan harga cabai belum selesai disusul oleh kenaikan harga beras. Kenaikan harga beras yang terjadi sejak pertengahan bulan Mei lalu dirasakan warga di sejumlah daerah. Topik bacaan terletak dalam pilihan jawaban b.

Tes Remedial

A. Pilihan Ganda

1. Jawaban: cMasalah yang dibahas dalam berita merupakan topik atau tema berita. Masalah yang dibahas dalam berita tersebut adalah 78 pabrik kimia di Banten menghasilkan bahan berbahaya dan beracun. Jadi, jawaban tepat terdapat pada pilihan jawaban c.

2. Jawaban: aPokok-pokok berita mengandung unsur 5W+1H. Pokok berita tersebut terdapat pada pilihan jawaban a, yaitu mengandung unsur apa (what). Pilihan jawaban b, c, d, dan e bukan pokok berita, melainkan pernyataan yang terdapat dalam berita.

3. Jawaban: cPernyataan sesuai dengan isi berita terdapat pada pilihan jawaban c. Pilihan jawaban a tidak dibahas dalam berita. Pilihan jawaban b, d, dan e tidak sesuai dengan isi berita.

4. Jawaban: dMasalah yang dibahas dalam berita tersebut adalah 78 pabrik kimia di Provinsi Banten meng-hasilkan bahan berbahaya dan beracun. Bahan berbahaya dan beracun tersebut dapat meng-ancam kesehatan warga jika tidak dilakukan pencegahan terhadap bencana industri tersebut. Tanggapan yang sesuai dengan isi berita terdapat pada pilihan jawaban d. Pernyataan dalam pilihan jawaban a, b, dan c merupakan tanggapan, tetapi tidak sesuai dengan isi berita. Pilihan jawaban e bukan tanggapan melainkan pernyataan dalam berita.

5. Jawaban: aKalimat berisi memperkenalkan orang lain ter-dapat pada pilihan jawaban a. Kalimat 1) diguna-kan untuk memperkenalkan narasumber dalam seminar. Kalimat 2) digunakan untuk mem per-kenalkan pembicara dalam diskusi. Kalimat 3), 4), dan 5) digunakan untuk memperkenalkan diri.

6. Jawaban: eKalimat memperkenalkan diri sendiri terdapat pada kalimat 3), 4), dan 5). Kalimat 1) dan 2) digunakan untuk memperkenalkan orang lain.

7. Jawaban: cKalimat memperkenalkan diri yang sopan dan santun terdapat pada pilihan jawaban c. Kalimat perkenalan diri dalam pilihan jawaban a, b, dan d tidak santun. Kalimat dalam pilihan jawaban e merupakan kalimat memperkenalkan diri sendiri, yaitu serbagai moderator serta memperkenalkan orang lain sebagai pembicara dan notulis.

Page 37: 01 pdf kunci suplemen ktsp kelas 10 a 2015

37Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas X

15. Jawaban: eKalimat pendapat dalam paragraf tersebut terdapat dalam kalimat 1). Kalimat 2), 3), 4), dan 5) merupakan kalimat fakta.

16. Jawaban: aSimpulan merupakan inti sari bacaan. Paragraf tersebut membahas keterkejutan warga oleh ke-naikan harga cabai belum selesai disusul oleh kenaikan harga beras. Simpulan tepat terdapat pada pilihan jawaban a.

17. Jawaban: aKalimat pendapat adalah kalimat 1). Kalimat 1) merupakan pendapat bahwa candi Prambanan merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia, bahkan se-Asia Tenggara. Kalimat 2), 3), 4), dan 5) merupakan kalimat fakta.

18. Jawaban: eTanaman eceng gondok dalam artikel tersebut menimbulkan beberapa masalah, yaitu menim-bul kan daratan baru, menjadi gulma yang mengurangi estetika keindahan alam, mencemari lingkungan Danau Toba, dan mengganggu eko-sistem. Pernyataan yang bukan masalah dalam artikel terdapat pada pilihan jawaban e.

19. Jawaban: dMasalah yang dipaparkan dalam artikel tersebut, antara lain tanaman eceng gondok menimbulkan daratan baru, menjadi gulma yang mengurangi estetika keindahan alam, mencemari lingkungan Danau Toba, dan mengganggu ekosistem. Oleh karena itu, jalan keluar sesuai dengan isi artikel terdapat pada pilihan jawaban d.

20. Jawaban: bPertanyaan sesuai dengan isi artikel tersebut terdapat pada pilihan jawaban b. Jawaban dalam pertanyaan b terdapat dalam artikel. Tanaman eceng gondok yang tumbuh di Danau Toba menimbulkan masalah karena menimbulkan daratan baru, menjadi gulma yang mengurangi estetika keindahan alam, mencemari lingkungan Danau Toba, dan mengganggu ekosistem. Jawab an dalam kalimat tanya pilihan jawaban a, c, d, dan e tidak terdapat dalam artikel.

21. Jawaban: aUnsur intrinsik yang menonjol dalam paragraf narasi tersebut adalah unsur waktu. Dalam cerita tersebut dijelaskan tahap-tahap seseorang melakukan suatu kegiatan.

22. Jawaban: eParagraf narasi merupakan paragraf yang men-ceritakan suatu kejadian atau peristiwa sesuai dengan urutan waktu dan tempat. Paragraf narasi dapat dikembangkan dengan dua pola

pengembangan yaitu pola pengembangan waktu dan pola pengembangan tempat. Paragraf narasi pada soal tersebut menggunakan pola pengembangan waktu karena paragraf tersebut men ceritakan peristiwa berdasarkan waktu.

23. Jawaban: bParagraf tersebut termasuk paragraf narasi karena menceritakan suatu peristiwa berdasar-kan urutan waktu secara urut dari awal sampai akhir.

24. Jawaban: dParagraf dalam pilihan jawaban a merupakan paragraf eksposisi karena paragraf tersebut menjelaskan tentang reog Ponorogo. Paragraf dalam pilihan jawaban b merupakan paragraf eksposisi yang menjelaskan wayang. Paragraf dalam pilihan jawaban c merupakan paragraf persuasi karena mengajak kita mencintai dan melestarikan budaya tradisional supaya tidak punah. Paragraf dalam pilihan jawaban e merupakan paragraf deskripsi yang meng-gambarkan keindahan Pantai Parang Tritis.

25. Jawaban: bParagraf pada pilihan jawaban b merupakan paragraf deskripsi. Paragraf tersebut meng-gam barkan sebuah novel. Novel tersebut di-gambarkan tebal, sampul berwarna merah, dan judul novel menarik. Pilihan jawaban a, d, dan e merupakan paragraf eksposisi. Pilihan jawaban c merupakan paragraf narasi.

26. Jawaban: cParagraf tersebut merupakan paragraf eksposisi karena menjelaskan sampah organik.

27. Jawaban: aPuisi lama dalam soal tersebut berbentuk pantun. Pantun adalah bentuk puisi lama yang ter diri atas empat larik dengan rima akhir a-b-a-b. Larik pertama dan kedua merupakan sampiran. Larik ketiga dan keempat merupakan isi. Talibun merupakan salah satu jenis puisi lama yang terdiri atas sampiran dan isi, memiliki jumlah larik di atas empat, tetapi genap. Seloka merupakan salah satu jenis puisi lama yang memiliki sampiran dan isi, isi seloka merupakan bidal, serta memiliki sajak a-a-a-a. Gurindam merupakan salah satu jenis puisi lama yang memiliki dua larik bersajak a-a, larik pertama merupakan sebab dan larik kedua merupakan akibat, berisi suatu nasihat.

28. Jawaban: eSeloka adalah pantun berkait. Seloka terdapat pada pilihan jawaban e. Puisi dalam pilihan jawaban a merupakan gurindam. Puisi dalam pilihan jawaban b merupakan karmina. Puisi dalam pilihan jawaban c merupakan pantun. Puisi dalam pilihan jawaban d merupakan talibun.

Page 38: 01 pdf kunci suplemen ktsp kelas 10 a 2015

38 Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas X

29. Jawaban: cMaksud atau isi pantun dapat diketahui dari larik ketiga dan keempat. Pantun tersebut mengandung maksud seorang ibu ingin memiliki anak gadis agar dapat membantu pekerjaannya. Jadi, jawaban tepat terdapat pada pilihan jawaban c.

30. Jawaban: cKalimat tepat untuk melengkapi baris puisi ter sebut adalah kalimat yang sesuai dan runtut dengan larik dalam puisi. Puisi tersebut mengandung maksud seorang istri telah di-khianati suaminya. Meskipun suami bukan se-utuh nya miliknya lagi karena telah berbagi dengan wanita lain (bak kembang sari sudah terbagi), ia masih menerima suaminya dengan sepenuh hati. Ia akan membuka hati untuk suaminya jika ingin kembali padanya.

31. Jawaban: cPuisi tersebut menjelaskan sepuluh tahun lalu seorang pejuang gugur di medan perang. Ia tertembak di dadanya hingga gugur. Jadi, jawab-an tepat terdapat pada pilihan jawaban c.

32. Jawaban: cPuisi tersebut menjelaskan seorang pejuang yang membela bangsa. Seorang pejuang akan membawa senapan di medan perang. Oleh karena itu, orang yang ikhlas membela bangsa, yang dinyatakan dalam kalimat pilihan jawaban c.

33. Jawaban: aTema merupakan garis besar karya sastra diciptakan. Puisi tersebut menjelaskan seorang pejuang yang telah gugur di medan perang dalam membela bangsanya. Tema sesuai puisi ter dapat pada pilihan jawaban a.

34. Jawaban: cTokoh Aku memiliki watak peduli. Watak peduli ditunjukkan ketika tokoh aku meng kha watir kan Ami, putrinya tidak berada di rumah. Padahal, Ami menginap di rumah temannya untuk belajar.

35. Jawaban: aWatak tokoh Ayah digambarkan melalui per-cakapan tokoh. Watak khawatir dapat dilihat dari percakapan yang dilakukan oleh tokoh Aku dan tokoh Ibu.

36. Jawaban: bSuasana yang tampak dalam kutipan cerita adalah suasana cemas. Perasaan cemas dialami oleh tokoh Aku ketika anaknya tidak ada di rumah.

37. Jawaban: eAmanat merupakan pesan yang ingin disampaikan pengarang. Cerpen tersebut menceritakan Airah mengalami kesulitan tidur meskipun di rumah mewah. Rumah mewah tersebut merupakan hadiah dari atasan suaminya atas keberhasilan proyek besar kantornya. Semua itu diraihnya berkat kerja keras yang dilakukan Airah dan suaminya. Amanat sesuai cerpen terdapat pada pilihan jawaban e.

38. Jawaban: dLatar waktu dalam kutipan cerpen tersebut terjadi pada malam hari. Latar waktu malam hari dalam kutipan cerpen tersebut tampak dalam kalimat Hasil kerja kerasnya bersama Tabah, suami, yang malam itu tidur memunggunginya.

39. Jawaban: cSudut pandang merupakan cara pengarang menempatkan dirinya terhadap cerita, dari sudut mana pengarang memandang ceritanya. Pengarang dalam kutipan cerpen tersebut menggunakan sudut pandang ketiga serbatahu. Dalam sudut pandang ini, cerita dikisahkan dari sudut ”dia”. Pengarang dapat menceritakan apa saja yang menyangkut tokoh ”dia”. Pengarang mengetahui segalanya, ia bersifat mahatahu.

40. Jawaban: bUnsur intrinsik yang terdapat dalam kutipan cerpen tersebut adalah watak. Tokoh ia dalam cerita tersebut memiliki watak ingin selalu bersih dalam dirinya sehingga ia sering mencuci tangannya.

B. UraianB. Kerjakan soal-soal berikut!

1. Jawaban:a. Peristiwa yang terdapat dalam berita ter-

sebut yaitu penjualan gas elpiji 12 kilogram di Malang turun sejak harga elpiji tersebut naik.

b. Orang atau pelaku yang beralih ke gas elpiji bersubsidi ukuran tiga kilogram adalah para pemilik rumah makan, warung, dan restoran.

c. Penyebab penurunan penjualan gas elpiji 12 kilogram adalah penggunanya memilih beralih ke elpiji bersubsidi yang sekalipun juga naik, tetapi harganya tetap terjangkau.

d. Penurunan penjualan gas elpiji 12 kilogram terjadi di Malang, Jawa Timur.

e. Waktu terjadinya peristiwa yang dibicarakan dalam berita yaitu Rabu, 4 Maret 2015.

Page 39: 01 pdf kunci suplemen ktsp kelas 10 a 2015

39Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas X

f. Urutan peristiwa yang terjadi dalam berita sebagai berikut.1) Penjualan gas elpiji 12 kilogram di

Malang, Jawa Timur, turun sejak harga tersebut naik dari semula Rp129 ribu menjadi Rp134 ribu per tabung.

2) Penurunan diyakini karena pengguna-nya memilih beralih ke elpiji bersubsidi yang sekalipun juga naik, tetapi harga-nya tetap terjangkau.

3) Sebagian konsumen, mereka beralih ke gas elpiji bersubsidi ukuran tiga kilo-gram.

4) Sejumlah harga kebutuhan pokok naik, terutama beras sehingga pelaku usaha kuliner menyiasati dengan meng guna-kan gas elpiji bersubsidi.

5) Harga gas elpiji tiga kilogram meskipun naik, harga tetap terjangkau.

6) Harga gas elpiji di pangkalan semula Rp14 ribu naik menjadi Rp16 ribu per tabung.

2. Contoh tanggapan:Penurunan konsumsi gas elpiji 12 kilogram terutama bagi pemilik rumah makan, warung, dan restoran sangat wajar karena untuk menyiasati kenaikan harga kebutuhan pokok, terutama beras. Meskipun gas elpiji ukuran 3 kilogram naik, harga gas tersebut masih terjangkau.

3. Jawaban:Ide pokok paragraf ke-1:Gizi buruk merupakan masalah yang tidak kunjung usai.Ide pokok paragraf ke-2:Dampak krisis yang ditimbulkan gizi buruk menyebabkan biaya subsidi kesehatan semakin meningkat.

4. Jawaban:Masalah yang disampaikan dalam bacaan ter-sebut adalah gizi buruk yang terjadi di Indonesia.Catatan untuk Guru: Masalah yang ditemukan siswa dalam paragraf dapat berbeda-beda, tetapi masalah tersebut harus ada dalam paragraf.

5. Jawaban:Masalah gizi buruk yang terjadi di Indonesia sangat berhubungan dengan kondisi per eko-nomian rakyat. Tingkat pengangguran tinggi menyebabkan kehidupan menjadi sulit. Oleh karena itu, persediaan lapangan pekerjaan sangat dibutuhkan rakyat dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Jika rakyat dapat hidup layak, gizi buruk tidak akan terjadi di Indonesia.

Catatan untuk Guru: Tanggapan yang diberikan siswa dapat berbeda-beda, tetapi harus mengomentari masalah yang disajikan.

6. Contoh jawaban: Topik: Kata-kata sederhana menimbulkan kesan

romantis.

Sapardi Djoko Damono merupakan salah satu penyair yang menggunakan banyak kata sederhana, tetapi sarat makna pada karya-karyanya. Kata-kata indah yang digunakan Sapardi dalam puisinya itu menimbulkan kesan romantis pada benak pembacanya. Kesan romantis dalam puisi-puisi Sapardi Djoko Damono tersebut menjadikan puisinya sangat populer, khususnya puisi bertema cinta. Salah satu contohnya adalah puisi ”Aku Ingin”. Meskipun bertema cinta, kata-kata yang digunakan tidak berlebihan. Catatan untuk Guru:

Paragraf yang dibuat siswa dapat berbeda-beda. Namun, isi paragraf harus sesuai dengan pokok pikiran yang ditentukan oleh siswa dan harus berupa paragraf eksposisi.

7. Contoh jawaban:Melihat ibu sudah datang,hati gembira tiada terkata.Catatan untuk Guru:

Jawaban siswa dalam melengkapi pantun dapat berbeda-beda, asal sesuai atur an pantun, yaitu bersajak a-b-a-b dan ter dapat persamaan bunyi pada akhir larik.

8. Jawaban:Tema : Penderitaan petani yang tiada akhir.Amanat : Ulet dan selalu siap menghadapi ke-

hidupan yang semakin sulit.

9. Jawaban:Perasaan : Perasaan yang terkandung dalam

puisi tersebut adalah tegar. Meskipun kehidupan petani sulit, ia tetap tegar dan mampu menghadapi hidup men-derita. Perhatikan larik dalam puisi berikut yang menyatakan perasaan tegar.

Ubi jalar merambat-rambat Ke seluruh pohon jiwaku Tak kenal kemarau tak kenal peng-

hujan Hingga meskipun miskin Aku tetap merasa kaya Setelah menjilat jejak petani

Page 40: 01 pdf kunci suplemen ktsp kelas 10 a 2015

40 Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas X

Bab IV Dampak Pemanasan Global

A. Contoh jawaban:Unsur ekstrinsik yang terdapat dalam cerita ”Abad 22” sebagai berikut.1. Latar belakang sosial dalam cerita tersebut

menggambarkan kehidupan masyarakat di Indonesia pada tahun 2108. Pada tahun tersebut masyarakat sangat tersiksa karena iklim dan keadaan yang serbasulit. Situasi tersebut terjadi sebagai akibat perbuatan generasi abad ke-21 yang tidak memperhatikan faktor lingkungan hidup.

2. Unsur pendidikan yang mendukung cerita tersebut adalah pengajaran kepada masyarakat agar peduli terhadap lingkungan hidup dan berhati-hati dalam menggunakan energi. Masyarakat juga mendapat pelajaran untuk tidak sembarangan dalam menebang pohon. Masyarakat juga harus menjaga lingkungan hidup dari kerusakan. Masyarakat tidak boleh egois menggunakan sumber daya yang ada saat ini karena masih ada generasi berikutnya yang akan hidup dan tinggal di bumi ini.

3. Latar belakang ekonomi dalam cerita tersebut menggambarkan kehidupan yang nyaman karena ketinggian dan keramahan teknologi hanya dapat dinikmati oleh kalangan kaya dan miliarder.

4. Unsur psikologi yang melatarbelakangi cerita tersebut adalah pengajaran kepada masyarakat Indonesia agar tidak egois dalam menggunakan energi. Pelajaran lain yang dapat diambil dari cerita adalah masyarakat Indonesia harus menjaga kelestarian lingkungan dan alam yang ada di sekitar mereka. Mereka harus menjaga lingkungan hidup demi generasi yang akan datang.

Catatan untuk Guru: Jawaban siswa dapat berbeda-beda, tergantung dari analisis siswa terhadap cerita ”Abad 22”. Jawaban siswa tetap harus sesuai dengan isi cerita.

Nada : Nada yang tampak dalam puisi adalah nada tegar dalam meng ha-da pi kesulitan hidup.

10. Jawaban:Unsur intrinsik cerpen sebagai berikut.a. Tema: Pulang ke rumah karena orang tua sakit.b. Penokohan: Tokoh dalam cerpen tersebut adalah Nana

(aku), Yu Ning, dan Mak Yem.1) Tokoh Nana (aku) memiliki watak suka

iri. Ia iri terhadap kakaknya, Yu Ning, karena ada di hati ayahnya.

2) Tokoh Yu Ning memiliki watak peduli dan bertanggung jawab. Yu Ning peduli dengan dengan ayahnya dan adiknya (Nana). Ia memberi uang tiket kepada adiknya agar adiknya dapat pulang lebih dahulu. Watak bertanggung jawab ditunjukkan ia mengurusi segala urusan rumah tangga sejak ibunya tiada.

3) Tokoh Mak Yem memiliki watak peduli. Watak peduli ditunjukkan ketika ia harus segera memberi tahu Nana dan Yu Ning tentang keadaan sakit ayahnya di rumah sakit.

c. Latar :1) Latar tempat: di rumah Nana.2) Latar waktu: pada malam hari.3) Latar suasana: suasana yang digambarkan dalam

cerita adalah suasana dongkol dan khawatir.

d. Alur: Alur yang digunakan adalah alur campuran.e. Amanat:

1) Orang tua akan bersikap adil terhadap anak-anaknya.

2) Jauhkan rasa iri terhadap saudara karena kita memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda.

3) Sayangi orang tua yang telah mem-besarkan kita.

Page 41: 01 pdf kunci suplemen ktsp kelas 10 a 2015

41Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas X

f. Giman bersabar menunggu sebentar agar mendapatkan air.

g. Dari balik gubuknya, Giman melihat Mbah Simo mulai menjauhi saluran irigasi.

h. Ia berjalan menuju saluran irigasi setelah memastikan bahwa Mbah Simo benar-benar pergi.

i. Giman beraksi, ia menyumbat aliran air yang menuju sawah Mbah Simo, lalu ia mengalirkan air ke sawahnya.

j. Mitro datang tergopoh-gopoh menghampiri Giman yang sedang mengumpulkan ranting-ranting pohon untuk kayu bakar.

k. Sontak Giman berlari menuju sawah yang tak jauh dari tempat ia mencari ranting kering menyusul Mitro yang telah menghilang di balik pepohonan.

l. Giman terkejut bukan kepalang. m. Puluhan orang berkumpul mengelilingi

sawah Mbah Simo dengan obor yang menyala-nyala di tangan mereka.

n. Kumpulan orang tersebut mengumpat Mbah Simo dengan emosi.

o. Mereka kalap dan terus mengumpat-umpat.

p. Mereka melemparkan obor dengan membabi buta ke tumpukan batang padi kering di tepi sawah.

q. Kembali api berkobar semakin besar, melahap habis padi-padi yang hampir panen.

r. Giman berlari mendekat, tetapi tidak dapat mencegah merambatnya api dari obor yang terlempar.

s. Api menjalar merenggut satu per satu batang padi di sawah Giman.

t. Tak ada yang peduli.u. Tak ada yang mendengar. v. Riuh redam umpatan orang-orang itu

menelan teriakan Giman. w. Giman terduduk lesu. x. Giman ingin menangis seperti bayi, jika

tidak teringat akan tanggung jawabnya sebagai kepala keluarga yang harus tegar menghadapi apa pun.

3. –

4. Contoh jawaban: Tiga bulan lalu semestinya musim hujan sudah tiba. Alih-alih hujan turun, cuaca menjadi bertambah panas dari hari ke hari. Saluran irigasi semakin menyusut airnya, bahkan sudah dua minggu belakangan hampir kering. Giman yang tidak memiliki

B. Jawaban:Diserahkan kepada siswa. Catatan untuk Guru:Siswa dapat menyampaikan unsur-unsur ekstrinsik sesuai dengan hasil analisisnya. Siswa harus menyampaikan unsur ekstrinsik dengan jelas. Guru dapat menilai keberanian siswa dan kejelasan siswa dalam menyampaikan unsur ekstrinsik.

C. Contoh jawaban:1. Saya setuju dengan unsur-unsur ekstrinsik

yang Anda sampaikan. Unsur pendidikan lingkungan sangat menonjol. Pendidikan di sini berhubungan dengan tindakan mencintai dan menjaga lingkungan di sekitar kita supaya kekeringan tidak melanda lingkungan kita.

2. Saya kurang setuju dengan unsur-unsur ekstrinsik yang Anda sampaikan. Salah satunya yaitu unsur budaya. Dalam cerita ”Abad 22” tidak terdapat unsur atau nilai budaya.

Catatan untuk Guru: Siswa dapat menyampaikan tanggapan berbeda-beda. Tanggapan yang diungkapkan siswa harus disertai alasan yang memperkuat tanggapan siswa. Tanggapan yang dikeluarkan siswa harus menggunakan kalimat sopan dan jelas. Guru dapat menilai kalimat yang digunakan siswa dan keberanian siswa menyampaikan tanggapan.

A. 1. – 2. Jawaban:

Peristiwa dalam cerpen disebut juga kejadian. Peristiwa merupakan sesuatu yang terjadi, dialami, dan mengandung tindakan dari tokoh. Kalimat-kalimat yang menunjukkan peristiwa merupakan kalimat yang mengandung tindakan tokoh. Peristiwa yang terjadi dalam kutipan cerpen ”Kekeringan” sebagai berikut. a. Mbah Simo sibuk mengatur aliran air di

saluran irigasi. b. Giman berteriak memanggil Mbah

Simo. c. Giman ingin meminta sedikit air untuk

sawahnya. d. Mbah Simo menolak permintaan

Giman. e. Giman menahan diri agar tidak terlibat

masalah dengan Mbah Simo.

Page 42: 01 pdf kunci suplemen ktsp kelas 10 a 2015

42 Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas X

sawah seluas petani-petani lain harus pandai-pandai mengatur strategi agar sawahnya tetap teraliri air. Dari kejauhan Mbah Simo sibuk mengatur aliran air di saluran irigasi. Giman berteriak memanggil Mbah Simo. Giman ingin meminta sedikit air untuk sawahnya. Mbah Simo menolak permintaan Giman. Giman menahan diri agar tidak terlibat masalah dengan Mbah Simo. Giman bersabar menunggu sebentar agar mendapatkan air. Dari balik gubuknya, Giman melihat Mbah Simo mulai menjauhi saluran irigasi. Ia berjalan menuju saluran irigasi setelah memastikan bahwa Mbah Simo benar-benar pergi. Giman beraksi, ia menyumbat aliran air yang menuju sawah Mbah Simo, lalu ia mengalirkan air ke sawahnya. Mitro datang tergopoh-gopoh meng-hampiri Giman yang sedang mengumpulkan ranting-ranting pohon untuk kayu bakar. Sontak Giman berlari menuju sawah yang tak jauh dari tempat ia mencari ranting kering menyusul Mitro yang telah menghilang di balik pepohonan. Giman terkejut bukan kepalang. Puluhan orang berkumpul mengelilingi sawah Mbah Simo dengan obor yang menyala-nyala di tangan mereka. Kumpulan orang tersebut mengumpat Mbah Simo dengan emosi. Mereka kalap dan terus mengumpat-umpat. Mereka melemparkan obor dengan membabi buta ke tumpukan batang padi kering di tepi sawah. Kembali api berkobar semakin besar, melahap habis padi-padi yang hampir panen. Giman berlari mendekat tidak dapat mencegah merambatnya api dari obor yang terlempar. Api menjalar merenggut satu per satu batang padi di sawah Giman. Tak ada yang peduli. Tak ada yang mendengar. Riuh redam umpatan orang-orang itu menelan teriakan Giman. Giman terduduk lesu. Giman ingin menangis seperti bayi, jika tidak teringat akan tanggung jawabnya sebagai kepala keluarga yang harus tegar menghadapi apa pun.

B. Contoh jawaban:Nilai-nilai yang terdapat dalam kutipan cerpen ”Kekeringan” sebagai berikut.1. Nilai ekonomi merupakan nilai-nilai yang

berhubungan dengan ekonomi suatu masyarakat. Nilai ekonomi dalam kutipan cerpen tersebut sebagai berikut.

a. Kegiatan perekonomian suatu desa yang mengandalkan hidupnya dari pertanian.Ini dibuktikan dengan tokoh lelaki Giman dan Mbah Simo hidup sebagai petani. Mereka meng gantungkan hidup dari hasil sawah mereka. Perhatikan kutipan berikut! Giman yang tidak memiliki sawah seluas petani-petani lain harus pandai-pandai mengatur strategi agar sawahnya tetap teraliri air. Saat ini, air menjadi barang mewah bagi para petani Desa Brojol. Tinggal sebulan lagi masa panen tiba. Namun, justru kecemasan yang datang melanda.

b. Perbedaan status ekonomi antara si kaya dan miskin. Dari cerita di atas tampak adanya perbedaan status ekonomi masyarakat desa. Ada penduduk desa yang kaya karena memiliki sawah yang luas, seperti Mbah Simo. Ada juga penduduk desa yang miskin karena hanya memiliki sawah yang sempit seperti Giman. Perhatikan kutipan berikut! Tidak, itu sangat menyakitkan bagi seorang petani, apalagi petani miskin seperti Giman. . . . . Sawah Mbah Simo memang berhektare-hektare. Ia tahu, tidaklah cukup mengalirkan air seharian untuk memenuhi sawah-sawah Mbah Simo. Ia harus bersabar sebentar untuk mendapatkan air.

c. Orang yang status ekonominya lebih tinggi akan memiliki harta yang lebih banyak. Orang yang kaya biasanya memiliki harta yang lebih banyak dari orang yang miskin. Karena memiliki harta yang lebih banyak, orang kaya biasanya lebih berkuasa daripada orang miskin. Perhatikan kutipan berikut! ”Biar penuh dulu sawahku. Memangnya sawahmu saja yang kering!” Lelaki tua itu terlihat gusar. ”Lebih baik segera bayar utang berasmu yang kemarin. Tahun kemarin utangmu sudah ku anggap lunas karena aku kasihan sama anakmu yang mau masuk sekolah. Tapi, sekarang jangan enak-enakkan. Kau harus bayar, mengerti!” lanjut Mbah Simo dengan nada kesal.

Page 43: 01 pdf kunci suplemen ktsp kelas 10 a 2015

43Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas X

karena aku kasihan sama anakmu yang mau masuk sekolah. Tapi, sekarang jangan enak-enakan. Kau harus bayar, mengerti!” lanjut Mbah Simo dengan nada kesal. ”Bagaimana saya bisa bayar, Mbah, kalau saya tidak bisa panen gara-gara sawah saya kekeringan?!” sahut Giman tak kalah kesal. ”Lho . . . yo ojo nyolot, Kowe! Sawahku itu luas. Kalau kekeringan, aku ruginya juga besar. Tidak bisa dibandingkan dengan sawahmu sing sak iprit kuwi.”

c. Kemarahan penduduk karena keegoisan seseorang. Kemarahan penduduk dapat dipicu karena tidak senang terhadap sikap orang yang dianggap mementingkan dirinya sendiri. Kemarahan penduduk bisa mengundang konfl ik dan akibat yang buruk. Perhatikan kutipan berikut! ” Biar tahu rasa dia. Seenaknya saja memonopoli air. Dia pikir hanya sawahnya saja yang butuh air!” kutuk salah seorang dari mereka. ”Mentang-mentang orang kaya, suka semena-mena!!” kutuk yang lainnya. ”Dasar pengecut. Di mana Simo? Kalau berani suruh dia lawan orang satu kampung!!” suara lain menyahut geram. Mata Giman menyapu kerumunan orang-orang. Ia mengenali sosok-sosok tubuh itu. Mereka adalah para tetangga Giman. Dikun, Parjo, Sarjono, Lukito. Hampir orang satu kampung! Mereka kalap dan terus mengumpat-umpat. Mereka melemparkan obor dengan membabi buta ke tumpukan batang padi kering di tepi sawah. Kembali api berkobar semakin besar, melahap habis padi-padi yang hampir panen.

3. Nilai psikologi yang melatarbelakangi cerita tersebut adalah pengajaran kepada masyarakat Indonesia agar tidak egois dan tidak emosional karena sikap egois akan membuat orang lain emosi. Orang yang sudah terbakar emosi dapat melakukan perbuatan yang akan merugikan orang lain. Perhatikan kutipan berikut! Giman terkejut bukan kepalang. Puluhan orang berkumpul mengelilingi

”Bagaimana saya bisa bayar, Mbah, kalau saya tidak bisa panen gara-gara sawah saya kekeringan?!” sahut Giman tak kalah kesal. ”Lho . . . yo ojo nyolot, Kowe! Sawahku itu luas. Kalau kekeringan, aku ruginya juga besar. Tidak bisa dibandingkan dengan sawahmu sing sak iprit kuwi.”

2. Nilai sosial merupakan nilai yang menggambarkan keadaan suatu daerah tertentu. Nilai sosial dalam kutipan cerpen tersebut sebagai berikut.a. Keadaan desa yang kekeringan.

Sebuah desa yang sebagian besar penduduk di desa tersebut adalah petani. Keadaan desa tersebut sedang mengalami kekeringan sehingga masyarakat sulit mendapatkan air untuk mengairi sawahnya. Keadaan tersebut memicu konfl ik di antara masyarakat mendapatkan air untuk mengairi sawahnya. Perhatikan kutipan berikut! Tiga bulan lalu semestinya musim hujan sudah tiba. Alih-alih hujan turun, cuaca menjadi bertambah panas dari hari ke hari. Saluran irigasi semakin menyusut airnya, bahkan sudah dua minggu belakangan hampir kering. Giman yang tidak memiliki sawah seluas petani-petani lain harus pandai-pandai mengatur strategi agar sawahnya tetap teraliri air. Saat ini, air menjadi barang mewah bagi para petani Desa Brojol. Tinggal sebulan lagi masa panen tiba. Namun, justru kecemasan yang datang melanda. Akankah ia gagal panen untuk ketiga kalinya tahun ini? Tidak, itu sangat menyakitkan bagi seorang petani, apalagi petani miskin seperti Giman.

b. Keegoisan seseorang yang kaya. Seorang yang kaya biasanya lebih mementingkan diri sendiri. Pernyataan ini dapat dilihat dari sikap Mbah Simo yang mementingkan mengairi sawahnya sendiri dan tidak mau berbagi dengan orang lain.Perhatikan kutipan berikut! ”Biar penuh dulu sawahku. Memangnya sawahmu saja yang kering!” Lelaki tua itu terlihat gusar. ”Lebih baik segera bayar utang berasmu yang kemarin. Tahun kemarin utangmu sudah ku anggap lunas

Page 44: 01 pdf kunci suplemen ktsp kelas 10 a 2015

44 Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas X

sawah Mbah Simo dengan obor yang menyala-nyala di tangan mereka. Wajah-wajah mereka menunjukkan sikap tak bersahabat. Api berkobar menggila oleh angin senja. Secepat kilat Si Jago Merah menyambar batang-batang padi menguning di hampir separo bagian sawah milik Mbah Simo. ” Biar tahu rasa dia. Seenaknya saja memonopoli air. Dia pikir hanya sawahnya saja yang butuh air!” kutuk salah seorang dari mereka. ”Mentang-mentang orang kaya, suka semena-mena!!” kutuk yang lainnya. ”Dasar pengecut. Di mana Simo? Kalau berani suruh dia lawan orang satu kampung!!” suara lain menyahut geram.

A. Jawaban: Bacaan I membahas akibat pemanasan global. Pemanasan global mengakibatkan gelombang udara panas, perubahan iklim, dan peristiwa badai el nino. Pemanasan global menyebabkan kerusakan dan kehancuran di mana-mana. Kehancuran tersebut terjadi akibat ulah manusia sendiri. Topik bacaan I adalah dampak pemanasan global. Bacaan II membahas perubahan iklim akibat pemanasan global. Perubahan iklim tersebut membuat semakin sedikit jumlah ikan. Berkurangnya jumlah ikan disebabkan oleh meningkatnya konsentrasi gas CO2 ke dalam laut. Meningkatnya gas CO2 mengakibatkan pengasaman air laut. Pengasaman air laut mematikan plankton-plankton. Padahal, plankton-plankton merupakan sumber makanan banyak ikan. Pemanasan air laut juga menyebabkan ikan berpindah ke perairan yang lebih dingin.

Topik bacaan II adalah perubahan iklim akibat pemanasan global membuat jumlah ikan berkurang.

B. Contoh jawaban:Bacaan I dan bacaan II memiliki persamaan. Bacaan I dan bacaan II membahas dampak pemanasan global.

C. Jawaban: Bacaan IIde pokok paragraf ke-1 : Gelombang udara panas yang terjadi sebagai akibat pemanasan global sangat

memengaruhi kehidupan di bumi, bahkan dapat menimbulkan banyak korban.Ide pokok paragraf ke-2 :

Pemanasan global menyebabkan perubahan iklim yang sangat memengaruhi kehidupan. Ide pokok paragraf ke-3 :

Pemanasan global juga merusak paru-paru dunia.Ide pokok paragraf ke-4 :

Tanda-tanda alam itu sesungguhnya menunjukkan bahwa planet kita mengalami proses kerusakan yang menuju kehancuran.

Bacaan IIIde pokok paragraf ke-1 :

Dampak dari pemanasan global kini telah diteliti oleh para ilmuwan.Ide pokok paragraf ke-2 :

Saat ini sistem alam menanggung banyak beban.Ide pokok paragraf ke-3 : Pemanasan global dapat berdampak banyak.Ide pokok paragraf ke-4 :

Tidak seorang pun di planet ini yang tidak akan terkena dampak per ubahan iklim.

D. Contoh jawaban: Bacaan I Gelombang udara panas yang terjadi sebagai akibat pemanasan global sangat memengaruhi kehidupan di bumi, bahkan dapat menimbulkan banyak korban. Pemanasan global juga menyebabkan perubahan iklim yang sangat memengaruhi kehidupan. Perubahan iklim telah mengakibatkan anomali cuaca serta pola hujan berubah-ubah dan sulit diprediksi. Pemanasan global juga merusak paru-paru dunia. Peristiwa kemarau panjang yang membakar hutan Indonesia tahun 1982–1983, 1987, 1991, 1994, 1997 menghancurkan paru-paru dunia. Tanda-tanda alam itu sesungguhnya menunjukkan bahwa planet kita mengalami proses kerusakan menuju kehancuran.

Bacaan II Dampak dari pemanasan global kini telah diteliti oleh para ilmuwan. Berdasarkan laporan dari PBB, dampak perubahan iklim ini sangat besar dan parah, bahkan tidak dapat diubah. Akibatnya, sistem alam menanggung banyak beban. Pemanasan global dapat berdampak banyak. Dampak tersebut dapat terjadi pada mencairnya gletser atau pemanasan permafrost. Selain itu, memengaruhi sistem alam dan manusia, mengancam sistem seperti es laut Arktik, dan terumbu karang. Tidak seorang pun di planet ini yang tidak akan terkena dampak perubahan iklim.

Page 45: 01 pdf kunci suplemen ktsp kelas 10 a 2015

45Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas X

E. Jawaban: Fakta dalam bacaan I 1. Di Hongaria, Kepala Departemen Medis,

Ferenc Falus, mengungkapkan bahwa 500 orang tewas akibat gelombang udara panas sepanjang tahun.

2. Di Rumania serangan gelombang udara panas menyebabkan 35 orang tewas.

3. Gelombang udara panas menyerang Prancis, Italia, Portugal, Spanyol, dan negara Eropa lainnya.

4. Gelombang udara panas tersebut menyebabkan kekeringan hebat sehingga gagal panen.

5. Suhu di wilayah pesisir timur AS mencapai 39,45° C memanggang beberapa kota di Washington, Richmon, Virginia, Philadelpia, dan menyerang negara bagian Utah, Las Vegas, Nevada, dan California.

6. Pemanasan global menyebabkan perubahan iklim yang sangat memengaruhi kehidupan.

7. Perubahan iklim telah mengakibatkan anomali cuaca serta pola hujan berubah-ubah dan sulit diprediksi. Perubahan iklim menyebabkan kenaikan permukaan air laut akibat gletser mencair dan melelehnya lapisan es di Artik dan Antartika.

8. Mencairnya gletser mengancam ketersediaan air bersih dan meningkatkan permukaan air laut di dunia.

9. Selama musim panas 2002 pencairan es di kutub Greenland semakin besar.

10. Lapisan es yang menghilang 1,2 juta kilometer persegi.

11. Perubahan iklim juga menyentuh tanah, air, kelautan, kehutanan, pangan dan kesehatan, serta kenaikan permukaan air laut.

12. Kenaikan permukaan air laut telah menyebabkan 24 pulau kecil di Indonesia menghilang.

13. Kenaikan permukaan air laut juga menenggelamkan persawahan.

14. Perubahan iklim menyebabkan musim kemarau lebih panjang dari musim hujan.

15. Pemanasan global juga merusak paru-paru dunia.

16. Paru-paru dunia meliputi hutan tropis Indonesia, lembah Amazon dan belantara Kongo.

17. Meskipun kemarau panjang, paru-paru dunia tetap memiliki curah hujan tinggi.

18. Namun, peristiwa kemarau panjang yang membakar hutan Indonesia tahun 1982–1983, 1987, 1991, 1994, 1997 yang menghancurkan paru-paru dunia.

19. Berdasarkan evaluasi BKMG fenomena badai el nino faktor utama kebakaran hutan.

Pendapat dalam bacaan I1. Ternyata gelombang udara panas terjadi

sebagai akibat pemanasan global sangat memengaruhi kehidupan di bumi, bahkan dapat menimbulkan banyak korban.

2. Perubahan iklim sangat mengancam kehidupan.

3. Pakar perubahan iklim dari Institut Teknologi Bandung menyatakan bahwa pada tahun 2050 nanti diperkirakan 750–1.000 pulau di Indonesia akan tenggelam.

4. Kondisi ini akan menyebabkan para petani kehilangan pekerjaan dan turunnya produksi padi.

5. Tanda-tanda alam itu sesungguhnya menunjukkan bahwa planet kita mengalami proses kerusakan menuju kepada kehancuran.

6. Kerusakan itu semua karena ulah manusia. 7. Kini semua akibat ulah manusia, berbalik

mengancam kehidupan manusia.

Fakta dalam bacaan II 1. Dampak dari pemanasan global kini telah

diteliti oleh para ilmuwan. 2. Para ilmuwan dan pejabat yang bertemu di

Jepang menyampaikan bahwa dokumen tersebut merupakan penilaian paling komprehensif terkait perubahan iklim terhadap dunia.

3. Para anggota panel iklim PBB pun memberikan bukti efek dari perubahan iklim ini.

4. Laporan itupun akhirnya disepakati setelah diskusi berjalan hampir seminggu di Yokohama.

5. Pertemuan tersebut merupakan pertemuan kedua dari serangkaian Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) yang menguraikan penyebab, efek, dan solusi dari pemanasan global.

6. Dalam pertemuan itupun, para ilmuwan menunjukkan bukti ilmiah terkait dampak pemanasan yang hampir dua kali lipat efeknya sejak laporan terakhir pada 2007.

7. Laporan ini juga memberikan penjelasan dampak jangka pendek pada sistem natural dalam 20 hingga 30 tahun mendatang.

8. Selain itu, laporan ini juga memberikan penjelasan terkait lima alasan mengapa kita harus lebih khawatir akan dampak dari pemanasan global.

Page 46: 01 pdf kunci suplemen ktsp kelas 10 a 2015

46 Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas X

9. Dr Saleemul Hug, seorang penulis dari salah satu bab dalam dokumen tersebut juga memberikan pernyataannya, ”Sebelum pertemuan ini, kami pikir kami tahu bahwa ini terjadi, tetapi sekarang kami memiliki bukti bahwa ini terjadi dan ini nyata,” katanya.

10. Sebaliknya, Michel Jarraud, sekjen Organisasi Meteorologi, sebelumnya mengatakan bahwa orang-orang dapat merusak iklim bumi karena ketidaktahuannya.

11. Menurutnya, laporan itu pun berdasarkan lebih dari 12 ribu penelitian ilmiah.

Pendapat dalam bacaan II 1. Berdasarkan laporan dari PBB, dampak

perubahan iklim ini sangat besar dan parah, bahkan tidak dapat diubah.

2. Saat ini sistem alam menanggung banyak beban.

3. Namun, dampak yang lebih besar pada manusia lebih dikhawatirkan.

4. Kesehatan, rumah, makanan, dan keamanan kita akan terancam oleh naiknya suhu iklim.

5. Pemanasan global dapat berdampak banyak.

6. Dampak tersebut dapat terjadi pada mencairnya gletser atau pemanasan permafrost.

7. Selain itu, dampaknya juga akan memengaruhi sistem alam dan manusia dalam beberapa dekade terakhir.

8. Pemanasan global juga mengancam sistem seperti es laut Arktik dan terumbu karang yang tingkat risikonya sangat tinggi dengan kenaikan suhu 2° Celcius.

9. Tidak seorang pun di planet ini yang tidak akan terkena dampak perubahan iklim.

10. Dampak lain juga berpengaruh pada laut dan sistem air tawar.

11. Air laut akan menjadi lebih asam sehingga mengancam terumbu karang dan banyak spesies lainnya.

12. Di darat, hewan, tumbuhan, dan spesies lainnya akan mulai bergerak menuju tempat yang lebih tinggi atau ke arah kutub karena naiknya merkuri.

13. Meskipun begitu, manusia juga akan semakin terpengaruh.

14. Ketahanan pangan pun juga disoroti karena menjadi masalah penting.

15. Hasil panen jagung, beras, dan gandum akan merosot pada 2050 hingga sepersepuluh dan menyebabkan kerugian lebih dari 25 persen.

16. Setelah 2050, risiko merosotnya hasil panen pun akan lebih parah.

17. Sementara itu, permintaan makanan pun diperkirakan akan meningkat hingga sembilan miliar.

18. Tidak hanya itu, banyak spesies ikan yang menjadi sumber makanan penting bagi manusia pun akan pindah karena perairan menghangat.

A. Contoh jawaban: 1. Pencemaran sungai 2. Keadaan air di sungai

B. Contoh jawaban:1. Judul : Pencemaran Air di Sungai

Segondang Tema : Pencemaran lingkungan Pokok pikiran :

a. Kondisi Sungai Segondang semakin memprihatinkan.

b. Sampah mencemari Sungai Segondang.

2. Judul : Pencemaran air di Sungai Winongo.

Tema : Pencemaran air Pokok pikiran :

a. Kondisi air di Sungai Winongo sudah melewati ambang batas.

b. Air sungai sangat kotor oleh limbah dan sampah.

C. Contoh jawaban:1. Pencemaran lingkungan di Sungai

Segondang semakin mengkhawatirkan. Tumpukan sampah terlihat memenuhi aliran sungai tersebut. Penyumbang terbesar sampah-sampah tersebut adalah sampah rumah tangga dan limbah pabrik. Selain mencemari sungai, sampah-sampah itu juga menyum bat aliran air sungai. Sampah-sampah tersebut juga menyebarkan bau tidak sedap.

2. Kondisi air di Sungai Winongo sudah melewati ambang batas. Air sungainya cenderung berwarna hitam pekat atau merah. Air Sungai Winongo menebarkan bau busuk. Limbah-limbah tampak di permukaan air membuat air semakin kotor. Belum lagi sampah yang bertumpuk di pinggir sungai membuat aliran air sungai terganggu.

Catatan untuk Guru: Paragraf deskripsi yang ditulis siswa dapat berbeda-beda tergantung dari topik yang dipilih siswa. Guru dapat menilai paragraf deskripsi yang dibuat siswa berdasarkan unsur-unsur berikut.

Page 47: 01 pdf kunci suplemen ktsp kelas 10 a 2015

47Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas X

1. Ketepatan paragraf yang dibuat siswa sebagai paragraf deskripsi.

2. Kejelasan dan keruntutan paragraf yang dibuat siswa.

3. Pemilihan kata yang digunakan siswa untuk membuat paragraf.

D. Jawaban: Diserahkan kepada siswa yang akan menyunting paragraf deskripsi yang dibuat oleh teman.

E. Jawaban: Diserahkan kepada siswa untuk memperbaiki paragraf deskripsi sesuai hasil suntingan teman.

A. Pilihan Ganda

1. Jawaban: bMitos merupakan cerita yang terdapat di sebuah daerah yang mengandung penafsiran tentang asal-usul semesta alam. Mitos dipercayai oleh se seorang karena terkadang mitos tersebut menjadi kenyataan. Mitos yang terdapat dalam kutipan cerpen tersebut adalah kepercayaan bahwa ada perkutut yang memiliki sifat rajapati. Perkutut rajapati dapat menyebabkan kematian pemiliknya. Perkutut rajapati hanya bisa di pelihara oleh orang berpangkat. Pernyataan ter sebut dapat dilihat pada paragraf pertama cerita.

2. Jawaban: bKutipan cerpen tersebut menceritakan Pinah, istri Dirsan sangat takut terhadap mitos tentang burung perkutut yang ditemukan suaminya. Ia takut perkutut yang memiliki katuranggan rajapati akan membuat suaminya celaka. Ia pun melepaskan perkutut tersebut. Dirsan mengetahui kejadian itu dan marah. Ia memanjat pohon kelapa untuk men dapatkan burung tersebut. Ia pun terpeleset dan jatuh. Cerita dalam kutipan cerpen dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam kehidupan sehari-hari seseorang akan merasa takut setelah mendengar mitos yang tidak baik mengenai benda yang ia miliki. Mereka cenderung akan melakukan apa pun agar tidak celaka.

3. Jawaban: eSebuah cerpen tidak lepas dari unsur budaya tertentu karena penulis cerpen berasal dari

daerah tertentu. Unsur budaya yang terdapat dalam kutipan cerpen adalah adanya sesajen. Sesajen itu diberikan dalam upacara sembahyang sebelum membangun sesuatu.

4. Jawaban: eCerita dalam cerpen terkadang memiliki rele-vansi dalam kehidupan saat ini, bahkan masih dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan yang masih dilakukan dalam kehidupan sehari-hari adalah mengadakan sesaji dan sembahyang untuk me mulai melakukan sesuatu. Kejadian dalam pilihan jawaban a, b, c, dan d dahulu sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Namun, saat ini sudah tidak dijumpai dalam kehidupan sehari-hari karena saat ini anak-anak sudah tidak bisa ditakut-takuti dengan cerita yang tidak masuk akal.

5. Jawaban: aUnsur ekstrinsik merupakan unsur yang mem-bangun sebuah karya sastra dari luar. Unsur ekstrinsik ditentukan oleh latar belakang pengarang karya sastra. Unsur ekstrinsik meliputi latar belakang religi, budaya, psikologi, sejarah, sosial, ekonomi, pendidikan, atau keluarga pengarang. Unsur ekstrinsik yang terdapat dalam kutipan cerpen adalah latar belakang psikologis. Secara psikologis orang yang takut terhadap sesuatu terkadang akan memimpikan sesuatu yang ditakutkan. Setiap hari orang yang takut sesuatu selalu dikejar ketakutannya.

6. Jawaban: cKutipan cerpen tersebut menceritakan seseorang yang takut diculik atau hilang. Ia takut setelah mendengar pem bicaraan ibu dan ayahnya. Ia mendengar ada anak hilang atau diculik. Ketakutan yang dia rasakan sampai terbawa ke dalam mimpi. Relevansi dengan kehidupan saat ini adalah ketakutan terhadap sesuatu dapat terbawa ke dalam mimipi.

7. Jawaban: aKutipan cerpen tersebut merupakan cerminan kehidupan masyarakat sehingga cerita dalam cerpen terkadang mengandung mitos dari daerah tertentu. Mitos yang tampak dalam kutipan cerita terdapat dalam pilihan jawaban a.

8. Jawaban: bKutipan cerpen tersebut menceritakan mitos mengenai sesajen. Mitos merupakan bagian dari suatu budaya masyarakat. Jadi, unsur ekstrinsik yang terdapat dalam kutipan cerpen adalah unsur budaya.

Page 48: 01 pdf kunci suplemen ktsp kelas 10 a 2015

48 Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas X

14. Jawaban: bFakta merupakan peristiwa atau hal yang benar-benar terjadi. Fakta terdapat dalam kalimat 2). Kalimat 2) merupakan fakta karena semua orang akan mengatakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional sudah menyiapkan 49 judul buku pelajaran digital kecil di internet. Pada kenyataannya kita memang dapat memperoleh buku pelajaran digital tersebut di internet.

15. Jawaban: dTopik merupakan apa yang dibahas dalam bacaan. Bacaan tersebut membahas pendapat WHO menyata kan perubahan iklim mengganggu seluruh aspek kehidupan manusia terutama kesehatan manusia. Dampak perubahan iklim ini dirasakan dengan berkurangnya pasokan udara dan air bersih. Pasokan makanan yang cukup, aman dan bergizi, tempat tinggal yang aman dan bebas penyakit pun mulai berkurang. Jadi, topik bacaan I adalah pendapat WHO me-nyatakan per ubah an iklim mengganggu se luruh aspek kehidupan manusia terutama ke sehatan manusia.

16. Jawaban: eBacaan tersebut membahas seruan para ilmu-wan Australia yang menyatakan bahaya ke-keringan dan cuaca panas sebagai akibat per-ubahan iklim di wilayah mereka. Seruan ini dikumandangkan karena dalam waktu dekat suhu di Australia semakin meningkat meskipun banyak banjir yang terjadi di Australia. Topik tersebut dinyatakan dalam kalimat pertama paragraf.

17. Jawaban: cBacaan I membahas pendapat WHO yang me-nyata kan perubahan iklim mengganggu seluruh aspek kehidupan manusia terutama kesehatan manusia. Bacaan II membahas seruan para ilmuwan Australia yang menyatakan bahaya kekeringan dan cuaca panas dalam waktu dekat di wilayah mereka. Seruan ini dikumandangkan karena dalam waktu dekat suhu di Australia semakin meningkat meskipun banyak bencana banjir terjadi di Australia. Ini berarti kedua bacaan sama-sama membahas bahaya perubahan iklim.

18. Jawaban: aIde pokok merupakan ide atau gagasan yang mendasari terbentuknya bacaan. Ide pokok dapat terletak di awal, akhir, awal dan akhir, atau di seluruh paragraf. Ide pokok bacaan men cerminkan isi bacaan. Bacaan tersebut membahas pendapat WHO yang menyatakan

9. Jawaban: bKutipan cerita tersebut menceritakan keadaan sebuah perkampungan yang kumuh, miskin, dan ter belakang. Para penduduknya selalu berwajah murung dan lebih suka menghabiskan waktu dengan melamun, bermain gaple, atau menyabung ayam. Nilai yang terkandung dalam kutipan cerpen adalah nilai sosial.

10. Jawaban: aKutipan cerita tersebut mengandung nilai religi. Nilai religi yang tersirat dalam kutipan cerpen adalah mem berikan segala sesuatu dengan tulus karena Tuhan memberikan rezeki kepada kita dengan tulus pula. Nilai religi ditunjukkan dalam kalimat 1) dan 2). Kalimat tersebut menjelaskan tentang rezeki yang diberikan oleh Tuhan.

11. Jawaban: cKutipan cerpen tersebut menceritakan tokoh aku yang ingin mengucapkan selamat hari raya kepada Pak Bimantoro yang telah memfi tnahnya. Kutipan cerpen tersebut juga menunjukkan perbuatan untuk saling memaafkan. Unsur ekstrinsik yang tampak adalah unsur moral.

12. Jawaban: bMasalah yang dibicarakan dalam paragraf tersebut adalah masih banyak guru belum mengetahui buku pelajaran digital sehingga mereka belum menggunakannya pada awal tahun ajaran sekarang. Padahal, Pemerintah sudah menyiapkan 49 judul buku digital kecil dalam internet. Buku pelajaran digital tersebut sangat menguntungkan murid, orang tua, dan guru. Namun, masih ada guru yang belum memahami cara mem peroleh buku pelajaran digital tersebut. Oleh karena itu, guru harus dibekali pengetahuan tentang internet. Masalah yang ada dalam paragraf terdapat dalam pilihan jawaban b.

13. Jawaban: eIde pokok merupakan ide yang mendasari terbentuknya suatu paragraf. Paragraf tersebut mem bicarakan banyaknya guru yang belum mengetahui buku pelajaran digital. Bahkan, ada beberapa guru yang belum memahami cara memperoleh buku pelajaran digital tersebut. Keadaan itu membuat buku pelajaran digital belum digunakan dalam proses belajar mengajar. Oleh karena itu, guru harus dibekali pengetahuan dasar internet. Ide pokok yang mendasari para-graf tersebut adalah pengetahuan guru tentang buku pelajaran digital belum banyak. Ide pokok paragraf terdapat dalam pilihan jawaban e.

Page 49: 01 pdf kunci suplemen ktsp kelas 10 a 2015

49Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas X

24. Jawaban: bParagraf tersebut membahas keadaan Sungai Cipanas yang memiliki air jernih dan aliran air lancar sehingga banyak anak berenang dan memancing di sana. Paragraf tersebut termasuk paragraf deskripsi.

25. Jawaban: aParagraf deskripsi merupakan paragraf yang menjelaskan dan menggambarkan sesuatu atau seseorang dengan sejelas-jelasnya sehingga pembaca seperti melihat atau mendengarnya sendiri. Paragraf deskripsi terdapat dalam pilihan jawaban a karena menggambarkan sejelas-jelasnya keadaan kondisi air di Sungai Cisadane. Paragraf dalam pilihan jawaban b, c, d, dan e merupakan paragraf eksposisi.

B. Uraian

1. Jawaban: Nilai yang terkandung dalam kutipan cerpen adalah nilai sosial karena menceritakan hubungan guru dengan murid. Kutipan cerpen juga mengandung nilai moral. Nilai moral yang terkandung dalam cerpen terlihat dari sikap anak-anak yang tidak lagi menghormati guru.

2. Jawaban: Relevansi isi cerpen yang ada dalam kehidupan sehari-hari adalah sikap siswa saat ini tidak menghargai atau menghormati guru. Catatan untuk Guru: Relevansi isi kutipan cerpen dengan kehidupan sehari-hari yang ditemukan siswa dapat berbeda-beda, tetapi harus sesuai dengan isi cerita dan memiliki hubungan dengan kehidupan saat ini.

3. Jawaban:Bacaan IIde pokok paragraf ke-1:Air merupakan elemen penting dalam ke hidup-an.Ide pokok paragraf ke-2:Indonesia termasuk peradaban manusia yang belum memaksimalkan potensi air sebagai sumber untuk menjadi negara modern yang berbasis air.

Bacaan IIIde pokok paragraf ke-1:Pencemaran air di Indonesia sebagian besar diakibatkan oleh aktivitas manusia yang me-ninggal kan limbah permukiman, limbah pertanian, dan limbah industri termasuk pertambangan. Ide pokok paragraf ke-2:Asian Development Bank pernah menyebut-kan pencemaran air di Indonesia me nimbul kan kerugian Rp45 triliun per tahun.

perubahan iklim meng ganggu seluruh aspek kehidupan manusia terutama kesehatan manusia. Dampak perubahan iklim ini dirasakan dengan berkurangnya pasokan udara dan air bersih, pasokan makanan yang cukup, aman dan ber-gizi, tempat tinggal aman dan bebas penyakit pun mulai berkurang. Ide pokok bacaan terletak pada kalimat pertama paragraf.

19. Jawaban: cBacaan II membahas seruan para ilmuwan Australia yang menyatakan bahaya kekeringan dan cuaca panas dalam waktu dekat di wilayah mereka. Seruan ini dikumandangkan karena dalam waktu dekat suhu di Australia semakin meningkat meskipun banyak bencana banjir terjadi di Australia. Jadi, ide pokok paragraf terdapat dalam pilihan jawaban c.

20. Jawaban: ePendapat merupakan ide, gagasan, atau pen-dapat yang disampaikan seseorang terhadap suatu peristiwa atau kejadian. Pendapat ber-sifat subjektif karena setiap orang dapat mengeluarkan pendapat yang berbeda terhadap peristiwa yang sama. Pendapat yang terdapat dalam bacaan terdapat dalam kalimat 5). Kalimat 5) merupakan pendapat karena tidak semua akan mengatakan bila emisi rumah kaca secara global tidak dikurangi, kenaikan suhu akan terus berlanjut.

21. Jawaban: cFakta merupakan peristiwa yang benar-benar terjadi. Fakta bersifat objektif karena setiap orang akan menyatakan fakta yang sama terhadap suatu masalah atau peristiwa. Fakta terdapat dalam kalimat 2), 3), dan 4). Semua orang akan mengata kan peristiwa yang sama terhadap apa yang diungkap kan dalam kalimat 2), 3), dan 4). Kalimat 1) berisi pendapat mengenai situasi iklim di Australia pada tahun ini. Kalimat 5) berisi pendapat mengenai ancaman meningkatnya suhu di seluruh Australia karena meningkatnya suhu secara global.

22. Jawaban: aParagraf deskripsi yang mendeskripsikan sesuatu terdapat pada pilihan jawaban a. Paragraf dalam pilihan jawaban b merupakan paragraf argumentasi. Paragraf dalam pilihan jawaban c, d, dan e merupakan paragraf eksposisi.

23. Jawaban: bParagraf tersebut merupakan paragraf deskripsi yang mendeskripsikan keadaan Sungai Cipanas. Airnya jernih dan mengalir lancar sehingga banyak anak berenang dan memancing di sana.

Page 50: 01 pdf kunci suplemen ktsp kelas 10 a 2015

50 Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas X

4. Jawaban:Bacaan IFakta dalam bacaan I sebagai berikut. Berdasarkan data yang ada ditunjukkan bahwa Indonesia memiliki enam persen persediaan air dunia. Ketersediaan air ini setara dengan duapuluh satu persen dari persediaan air untuk wilayah Pasifi k-Asia.Pendapat dalam bacaan I sebagai berikut. a. Air adalah komponen terpenting dari ke-

hidupan ini karena peradaban dunia ini dimulai dari air.

b. Kejayaan Mesopotamia sebagai peradaban yang mengawali kemodernan manusia ber-ada dalam jalur perairan Sungai Tigris dan Euphrates.

c. Peradaban Mesir kuno semakin membesar oleh kedekatannya dengan sumber air di sekitar Sungai Nil.

d. Demikian juga beberapa kota besar di dunia seperti Rotterdam, London, Montreal, Paris, New York City, Shanghai, Tokyo, Chicago, dan Hongkong semakin membesar per adab-annya baik sosial, ekonomi, dan komunikasi melalui akses dari perairannya.

e. Indonesia termasuk peradaban manusia yang belum memaksimalkan potensi air sebagai sumber untuk menjadi negara modern yang berbasis air.

f. Indonesia memiliki potensi air yang besar. g. Potensi yang baik belum dimanfaatkan

secara maksimal atau Indonesia tidak menge tahui potensi tersebut.

Bacaan IIFakta dalam bacaan II sebagai berikut. a. Pencemaran air di Indonesia sebagian besar

diakibatkan oleh aktivitas manusia yang meninggalkan limbah permukiman, limbah pertanian, dan limbah industri termasuk pertambangan.

b. Limbah permukiman merupakan segala bahan pen cemar yang dihasilkan oleh daerah per mukiman atau rumah tangga. Limbah permukiman ini bisa berupa sampah organik (kayu, daun) dan sampah non organik (plastik, logam, dan deterjen).

c. Limbah pertanian merupakan segala bahan pencemar yang dihasilkan aktivitas per-tani an seperti penggunaan pestisida dan pupuk.

d. Limbah industri mempunyai pengertian segala bahan pencemar yang dihasilkan aktivitas industri yang sering menghasilkan bahan berbahaya dan beracun (B3).

e. Asian Development Bank pernah menyebut-kan pencemaran air di Indonesia menimbul-kan kerugian Rp45 triliun per tahun.

f. Biaya akibat pencemaran air ini mencakup biaya kesehatan, biaya penyediaan air bersih, hilangnya waktu produktif, citra buruk pariwisata, dan tingginya angka kematian bayi.

g. Air yang tercemar dapat mematikan berbagai organisme yang hidup di air.

Pendapat dalam bacaan II sebagai berikut. Dampak lainnya yang tidak kalah merugikan dari pencemaran air adalah terganggunya lingkungan hidup, ekosistem, dan keanekaragaman hayati.

5. Contoh jawaban: Sungai Ciliwung terletak di Jakarta. Sungai ini mengalir ke seluruh Jakarta. Sayangnya, Sungai Ciliwung dipenuhi oleh tumpukan sampah. Tumpukan sampah di sungai dihinggapi lalat. Lalat-lalat itu selalu beterbangan ke perumahan warga dan membawa berbagai penyakit. Selain itu, tumpukan sampah juga menebarkan bau yang sangat menyengat. Sungguh pemandangan sangat menyedihkan. Catatan untuk Guru: Paragraf deskripsi yang ditulis siswa dapat berbeda-beda tergantung dari topik yang dipilih siswa. Guru dapat menilai paragraf deskripsi yang dibuat siswa ber dasarkan hal-hal berikut. 1. Ketepatan paragraf yang dibuat siswa

sebagai paragraf deskripsi. 2. Kejelasan dan keruntutan paragraf yang

dibuat siswa. 3. Pemilihan kata yang digunakan siswa untuk

membuat paragraf.

Bab V Pariwisata Berbasis Lingkungan

A. Contoh jawaban:Pokok-pokok informasi yang terdapat dalam berita ”Pariwisata Indonesia di Peringkat 74” sebagai berikut.1. Masalah yang dibicarakan:

Masalah yang dibicarakan adalah daya saing pariwisata Indonesia naik ke peringkat 74 pada 2011. Sebelumnya pariwisata Indonesia menduduki ranking 81 pada 2009 dari 139 negara.

Page 51: 01 pdf kunci suplemen ktsp kelas 10 a 2015

51Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas X

2. Orang yang dibicarakan: Dinas Pariwisata dan Kebudayaan

Kabupaten Bandung Barat.3. Tempat terjadinya peristiwa yang

dibicarakan: Kabupaten Bandung Barat.4. Waktu terjadinya peristiwa yang

dibicarakan: –5. Penyebab terjadinya peristiwa yang

dibicarakan: Pariwisata yang berbasis lingkungan harus dilakukan karena potensi alam yang ditawarkan sebagai tempat wisata merupakan kawasan yang rentan dirusak.

6. Proses berlangsungnya peristiwa yang dibicarakan:

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bandung Barat memfokuskan pariwisata Kabupaten Bandung Barat sebagai daerah tujuan wisata ramah lingkungan. Dengan pariwisata yang ramah lingkungan, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bandung Barat berusaha menjaga konservasi alam dari kawasan tujuan wisata yang ada di Kabupaten Bandung Barat. Pariwisata yang berbasis lingkungan harus dilakukan karena potensi alam yang ditawarkan sebagai tempat wisata merupakan kawasan yang rentan dirusak. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bandung Barat merasa harus ikut melakukan konservasi alam. Selain menjaga konservasi alam, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bandung Barat harus mengenalkan identitas daerah di sejumlah kawasan wisata yang ada di Kabupaten Bandung Barat. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bandung Barat melakukan langkah konservasi dan pengenalan identitas dengan meluncurkan logo pencitraan pariwisata Kabupaten Bandung Barat. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bandung Barat berharap dengan adanya logo pencitraan dapat ikut mengajak masyarakat melestarikan alam melalui ciri khas dan identitas Kabupaten Bandung Barat. Logo pariwisata Kabupaten Bandung Barat hasil sayembara terbuka itu sengaja diciptakan sederhana agar mudah dikenali oleh masyarakat. Rencana ke depan, logo tersebut akan di sosialisasi kan ke berbagai tempat wisata yang ada di Kabupaten

2. Orang yang dibicarakan: Informasi tersebut dikemukakan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Mari Elka Pangestu.

3. Tempat terjadinya peristiwa yang dibicarakan: Indonesia.

4. Waktu terjadinya peristiwa yang dibicarakan: Tahun 2011.

5. Penyebab terjadinya peristiwa yang dibicarakan: Kenaikan peringkat ini disebabkan sektor pariwisata di Indonesia sudah mulai tertata dengan baik.

6. Proses berlangsungnya peristiwa yang dibicarakan: Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif meng ungkapkan daya saing pariwisata Indonesia naik ke peringkat 74 pada 2011. Sebelumnya pariwisata Indonesia menduduki ranking 81 pada 2009 dari 139 negara. Kenaikan peringkat ini disebabkan sektor pariwisata di Indonesia sudah mulai tertata dengan baik. Menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Mari Elka Pangestu, peningkatan ranking pariwisata Indonesia dapat menjadi indikasi yang baik bagi sektor pariwisata Indonesia untuk berkembang lebih maju. Oleh karena itu, untuk meningkatkan ranking pariwisata di Indonesia masih diperlukan kebijakan-kebijakan yang mendorong percepatan pembangunan kepariwisataan nasional. Pemerintah juga harus menyingkirkan faktor-faktor penghambat pembangunan kepariwisataan Indonesia. Salah satu faktor penghambat pembangunan per-ekonomian Indonesia adalah kurangnya daya saing sumber daya manusia (SDM) pariwisata Indonesia yang disebabkan masih terbatasnya jumlah, jenis, dan kualitas sumber daya manusia di bidang pariwisata. Selain itu, belum optimalnya kapasitas dan kualitas penelitian dan pengembangan di bidang pariwisata juga menyebabkan pariwisata Indonesia masih tertinggal.

Pokok-pokok informasi yang terdapat dalam berita ”Kabupaten Bandung Barat Fokus Pariwisata Ramah Lingkungan” sebagai berikut.1. Masalah yang dibicarakan: Dinas Pariwisata dan Kebudayaan

Kabupaten Bandung Barat memfokuskan pariwisata Kabupaten Bandung Barat sebagai daerah tujuan wisata ramah lingkungan.

Page 52: 01 pdf kunci suplemen ktsp kelas 10 a 2015

52 Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas X

lingkungan, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bandung Barat berusaha menjaga konservasi alam dari kawasan tujuan wisata yang ada di Kabupaten Bandung Barat. Pariwisata yang berbasis lingkungan harus dilakukan karena potensi alam yang ditawarkan sebagai tempat wisata merupakan kawasan yang rentan dirusak. Oleh karena itu, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bandung Barat merasa harus ikut melakukan konservasi alam. Selain menjaga konservasi alam, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bandung Barat harus mengenalkan identitas daerah di sejumlah kawasan wisata yang ada di Kabupaten Bandung Barat.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bandung Barat melakukan langkah konservasi dan pengenalan identitas dengan meluncurkan logo pencitraan pariwisata Kabupaten Bandung Barat. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bandung Barat berharap dengan adanya logo pencitraan dapat ikut mengajak masyarakat melestarikan alam melalui ciri khas dan identitas Kabupaten Bandung Barat.

Logo pariwisata Kabupaten Bandung Barat hasil sayembara terbuka itu sengaja diciptakan sederhana agar mudah dikenali oleh masyarakat. Rencana ke depan, logo tersebut akan disosialisasikan ke berbagai tempat wisata yang ada di Kabupaten Bandung Barat.Penempatan logo itu tidak hanya dipasang di sekitar 50 kawasan wisata yang dikelola Pemerintah Kabupaten Bandung Barat saja, tetapi juga tempat tujuan wisata yang dimiliki oleh swasta. Sosialisasi itu berlaku bagi tujuan wisata dan budaya. Langkah sosialisasi ini diharapkan mendapat dukungan penuh dari semua pihak mulai dari Pemerintah, warga, hingga swasta.Catatan untuk Guru: Siswa dapat menyampaikan informasi berdasarkan pokok informasi yang telah ditulis. Siswa dapat menyampaikan informasi menggunakan kalimatnya sendiri. Informasi yang diungkapkan siswa harus sesuai dengan informasi. Guru dapat menilai siswa dari kriteria berikut.1. Ketepatan dan kelengkapan pokok

informasi.2. Keterpaduan isi informasi.3. Ketepatan penggunaan bahasa yang

runtut dan jelas.

Bandung Barat.Penempatan logo itu tidak hanya dipasang di sekitar 50 kawasan wisata yang dikelola Pemerintah Kabupaten Bandung Barat saja, tetapi juga tempat tujuan wisata yang dimiliki oleh swasta. Sosialisasi itu berlaku bagi tujuan wisata dan budaya. Langkah sosialisasi ini diharapkan mendapat dukungan penuh dari semua pihak mulai dari Pemerintah, warga, hingga swasta.

Catatan untuk Guru: Siswa dapat mencatat pokok-pokok informasi dengan kalimatnya sendiri. Pokok-pokok informasi yang dicatat siswa harus sesuai dengan isi bacaan ”Pariwisata Indonesia di Peringkat 74” atau ”Kabupaten Bandung Barat Fokus Pariwisata Ramah Lingkungan”.

B. Contoh jawaban:1. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi

Kreatif mengungkapkan daya saing pariwisata Indonesia naik ke peringkat 74 pada 2011. Sebelumnya pariwisata Indonesia menduduki ranking 81 pada 2009 dari 139 negara. Kenaikan peringkat ini disebabkan sektor pariwisata di Indonesia sudah mulai tertata dengan baik.

Menurut Menter i Par iwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Mari Elka Pangestu, peningkatan ranking pariwisata Indonesia dapat menjadi indikasi yang baik bagi sektor pariwisata Indonesia untuk berkembang lebih maju. Oleh karena itu, untuk meningkatkan ranking pariwisata di Indonesia masih diperlukan kebijakan-kebijakan yang mendorong percepatan pembangunan kepariwisataan nasional.

Pemerintah juga harus menyingkir kan faktor-faktor penghambat pem bangun an kepariwisataan Indonesia. Salah satu faktor penghambat pembangunan perekonomian Indonesia adalah kurangnya daya saing sumber daya manusia (SDM) pariwisata Indonesia yang disebabkan masih terbatasnya jumlah, jenis, dan kualitas sumber daya manusia di bidang pariwisata. Selain itu, belum optimalnya kapasitas dan kualitas penelitian dan pengembangan di bidang pariwisata juga menyebabkan pariwisata Indonesia masih tertinggal.

2. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bandung Barat memfokuskan pariwisata Kabupaten Bandung Barat sebagai daerah tujuan wisata ramah lingkungan. Dengan pariwisata ramah

Page 53: 01 pdf kunci suplemen ktsp kelas 10 a 2015

53Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas X

mengunjungi tempat-tempat wisata di Bali. Kami mengunjungi Tanah Lot dan Sangeh. Di Sangeh banyak sekali monyet berkeliaran bebas. Di tempat itu kacamata ibuku disambar oleh seekor monyet dan dibawa lari ke atas pohon. Monyet itu pun kami bujuk untuk mengembalikan kacamata ibu. Gerak-gerik monyet itu membuat kami tersenyum. Setelah dibujuk dengan sebungkus kacang, akhirnya monyet itu mau mengembalikan kacamata ibu. Setelah dari Sangeh kami melanjutkan perjalanan ke objek wisata lainnya. Pengalaman paling mengesankan saat liburan di Bali adalah ketika kami berkunjung di istana Tampak Siring. Saat di istana Tampak Siring, kami melihat sebuah desa yang terdapat di selatan istana. Semula kami tidak berencana mengunjungi desa tersebut. Akan tetapi, akhirnya kami memutuskan untuk mengunjungi desa tersebut. Saat berada di desa itu kami ditawari penduduk setempat untuk mengunjungi tempat Bung Karno bertapa. Ok, kami setuju. Tempat itu jauh di lembah, jadi kami harus menuruni lembah dan mengenakan pakaian yang sudah ditradisikan di desa itu. Ternyata di sana ada gua-gua atau pinggiran bukit yang digali mendatar dan jauh ke dalam. Tempat tersebut memang pertapaan para pemuka agama Hindu Bali. Berada di tempat itu memang terasa magis. Ketika akan masuk ke pertapaan itu kami harus merangkak. Dingin sekali. Semua gerak-gerik kami dibimbing oleh petugas yang ada di tempat itu. Kami diminta duduk dan mendengarkan doa-doa yang diucapkan salah seorang petugas. Kami diam mengamati apa yang dilakukan petugas itu. Petugas itu menceritakan beberapa hal tentang tempat itu. Setelah menikmati pemandangan pertapaan itu, kami mohon diri. Setelah puas mengunjungi beberapa objek wisata lainnya, kami kembali ke Jakarta. Alhamdulillah, kami sampai di Jakarta dengan selamat.

B. Jawaban:Diserahkan kepada siswa.Catatan untuk Guru: Jawaban untuk soal nomor 1–4 diserahkan kepada siswa. Siswa dapat menceritakan pengalaman berbeda-beda. Tanggapan yang diungkapkan siswa pun dapat berbeda-beda. Jadi, tidak ada jawaban benar atau salah.

C. Contoh tanggapan:Adrian sudah menyampaikan informasi dengan lengkap, tetapi informasi yang diungkapkan melompat-lompat, tidak ada keterpaduan antarisi informasi. Informasi yang disampaikan tersebut membuat kita bangga karena ranking pariwisata Indonesia terus meningkat. Fakta ini menunjukkan pariwisata Indonesia mulai mendapat perhatian dari berbagai kalangan.Catatan untuk Guru: Siswa dapat menyampaikan tanggapan kepada teman yang menyampaikan informasi. Tanggapan siswa dapat berbeda-beda, tetapi harus disertai alasan atau argumen yang mendukung tanggapan. Guru dapat menilai keberanian siswa dan bahasa yang digunakan siswa dalam memberikan tanggapan.

D. –Catatan untuk Guru: Jawaban siswa dapat berbeda-beda sesuai dengan berita yang didengarkan siswa. Siswa harus menjelaskan secara jelas judul berita yang didengarkan, waktu penayangan berita, dan stasiun televisi yang menayangkan berita.

A. Jawaban: 1. Orang yang terlibat: Aku dan keluargaku.

2. Peristiwa yang dialami tokoh: Tokoh aku dan keluarganya berlibur di

Bali. Tokoh aku sangat terkesan ketika mengunjungi sebuah pertapaan yang terletak di selatan istana Tampang Siring.

3. Tempat pengalaman terjadi: Bali.

4. Waktu pengalaman tersebut terjadi: Saat liburan semester.

5. Sebab pengalaman terjadi: Peristiwa itu terjadi karena tokoh aku

dan keluarganya berkunjung ke sebuah pertapaan yang terletak di selatan istana Tampang Siring.

6. Proses pengalaman berlangsung: Liburan semester kali ini kami berlibur di Bali. Hari pertama di Bali ayah menghubungi temannya. Kebetulan teman ayah memiliki penginapan. Jadilah kami menginap di penginapan teman ayah. Kami tidak langsung pergi ke objek wisata, tetapi beristirahat sejenak di penginapan itu. Pada hari kedua kami mulai

Page 54: 01 pdf kunci suplemen ktsp kelas 10 a 2015

54 Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas X

A. 1. –

2. Contoh jawaban 1:

Pantai Sanur

Bermain / dengan bayangan sendiri //

Di dataran putih pantai //

Kemudian: / jejak membekas //

Di sini / ketika langkah bergegas

Matahari / di tengah laut //

Menyelam masuk ke dasar //

Lalu / tertegun berdiri: /

”Adakah rahasia jauh tersembunyi?” //

langit sore belum juga datang //

Belum mengajak ke ufuk barat //

Usiamu masih megah, / sarat menyerah //

Sebelum menyerah umurmu enyah //

Menghitung tapak sendiri //

Yang terlukis di tanah pasir //

Menuju batas riak-air berdesir //

Di kakimu: /tahun-tahun melangkah ke akhir! //

Karya : Slamet SukirnantoSumber : Linus Suryadi A.G., Tonggak 3, Antologi Puisi Indonesia Modern, Gramedia, Jakarta, 1987

Contoh jawaban 2:

Sungai Progo

Sungai progo //

Kaulah kelana lata yang loba //

Semakin muram //

Lantaran alam yang dendam //

- Merapi bisul api di mata air //

Memuntah pasir segan mengalir- //

Semakin dendam //

Tiada lagi bercerita //

Tentang padi-padi gemersik //

Sedang para petani lelap tak terusik //

Sungai muram //

Di hatimu terbenam //

Rahasia paling dalam //

Manusia-manusia dendam //

Karam dimabuk malam //

Dan alam yang geram //

Karya : Andre HardjanaSumber : Linus Suryadi A.G., Tonggak 3, Antologi Puisi

Indonesia Modern, Gramedia, Jakarta, 1987

Catatan untuk Guru: Puisi yang dipilih siswa dapat berbeda-beda. Siswa juga dapat memberikan tanda-tanda pembacaan puisi yang berbeda terhadap puisi yang dipilih.

B. Contoh jawaban: Puisi berjudul ”Pantai Sanur” memberikan gambaran kepada pembaca agar terus berjuang meraih cita-cita atau keinginan selagi usia masih muda. Puisi tersebut juga menyiratkan sesuatu yang kita inginkan dapat kita peroleh jika kita berusaha dengan sungguh-sungguh. Tema puisi tersebut merupakan semangat untuk meraih cita-cita. Amanat puisi ”Pantai Sanur” sebagai berikut.1. Di dunia ini tidak ada sesuatu yang mustahil

j ika kita berusaha dengan sungguh-sungguh.

2. Terus berusaha untuk mendapat sesuatu yang diinginkan selagi masih muda.

3. Jangan putus asa dalam meraih sesuatu yang diinginkan.

Nada puisi tersebut dibacakan dengan lafal jelas dan nada semangat. Tekanan diberikan di berbagai baris tertentu dengan intonasi jelas di bagian tertentu pula. Tema puisi ”Sungai Progo” menceritakan kesengsaraan masyarakat karena bencana alam yang cukup dahsyat. Bencana alam tersebut membuat masyarakat semakin menderita. Tema puisi ”Sungai Progo” adalah penderitaan akibat bencana.

→ → → → → → →

→ → → →

→ → → → → →

→ → → → → →

→ → → → → →

→ → → → → →→→

→ → → → → → →

→ → → → → → → → →

→ → → → → → → →→

→ → → → → → → →→

→ → → → → → →→

→ → → → → → → →→

→ →

→ → → → → →→

→ →→ → →→ →→

→ → → → → → → →→

→ → → → → → →→→ → → →

→ → → →

→ → →→ → → → →

→ → → → →

→ → → →→ → → →

→→→ →→ → → →

→ → → → → → → →

→ → → → →

→ →

→→

→ →→ →→→→

→ → →→ →→ →→

→ → →→ →→→ →

→ → → →

→ →→→ → → →

→→→ → → → →

→ → → → →→ → →

→ → → → → → →

→ → → → → →

→ → →→→

Page 55: 01 pdf kunci suplemen ktsp kelas 10 a 2015

55Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas X

Amanat puisi ”Sungai Progo” sebagai berikut.1. Jagalah lingkungan agar jangan terjadi

bencana. 2. Tabahlah saat menghadapi penderitaan. Nada puisi tersebut dibacakan dengan lafal jelas dan nada sedih yang menunjukkan rasa prihatin terhadap penderitaan masyarakat yang terkena bencana. Tekanan diberikan pada berbagai baris tertentu dengan intonasi yang jelas di bagian tertentu pula.Catatan untuk Guru:

Jawaban siswa dapat berbeda-beda, tergantung pada puisi yang dipilih siswa. Namun, jawaban siswa harus berhubungan dengan isi puisi yang dipilihnya. Guru dapat menilai ketepatan jawaban siswa berdasarkan puisi yang dipilih siswa.

C. Jawaban:Diserahkan kepada siswa. Siswa dapat membacakan puisi yang dipilih dengan lafal, lagu kalimat, irama, dan mimik yang sesuai dengan isi puisi. Guru dapat menilai keberanian siswa membacakan puisi dan unsur berikut.1. Lafal, lagu, intonasi, aksentuasi, dan irama

dalam membaca puisi.2. Kesesuaian mimik atau perubahan raut muka

dengan suasana puisi.3. Gerak anggota badan yang mendukung

pengungkapan isi puisi.4. Penampilan dalam membacakan puisi

tersebut.5. Pemahaman dan penghayatan siswa saat

membaca puisi.

D. –

A. 1. Contoh jawaban:Berlibur ke Wisata Bahari Lamongan.Catatan untuk Guru: Siswa dapat memilih topik yang berbeda-beda sesuai dengan keinginan siswa masing-masing.

2. Contoh jawaban: Hari ini hari libur. Tanpa ada rencana ayah mengajakku mengunjungi Wisata Bahari Lamongan. Aku senang sekali. Pagi-pagi benar kami berangkat. Pukul 09.00 aku tiba di sana. Di sana aku menikmati banyak permainan yang mendebarkan, bahkan membuat jantung rasanya ingin copot. Aku

benar-benar menikmati semua permainan di sana. Sayang, ayah segera mengajak pulang. Sebetulnya, masih ada beberapa permainan yang belum kunikmati.Catatan untuk Guru: Paragraf narasi yang ditulis siswa dapat berbeda-beda, tergantung pada topik yang dipilih. Guru dapat menilai ketepatan paragraf yang ditulis siswa sebagai paragraf narasi.

B. –

A. 1. Jawaban: Pemeo (karena saat ini sudah dijadikan

semacam semboyan).

2. Jawaban: Pepatah (karena berisi nasihat).

3. Jawaban: Perumpamaan (karena membandingkan

sesuatu dan menggunakan kata seperti ).

4. Jawaban: Perumpamaan (karena membandingkan

sesuatu dan menggunakan kata seperti ).

5. Jawaban: Pepatah (karena berisi nasihat).

B. Jawaban:1. Berat dan ringan dirasakan bersama-sama.2. Kalau tidak ada kesalahan yang bisa dilihat

orang, mana mungkin akan dituduh. 3. Musibah kecil, tetapi membawa akibat yang

sangat besar.4. Orang miskin tidak akan makan bila tidak

berusaha. 5. Sebelum melakukan sesuatu, berpikirlah

masak-masak.

A. Pilihan Ganda

1. Jawaban: eBacaan tersebut membahas Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengembangkan wisata minat khusus untuk mencapai target 10 juta wisatawan manca negara. Wisata minat khusus meliputi sektor wisata bahari, kuliner, dan wisata belanja. Wisata minat khusus memuat juga wisata olahraga ekstrem seperti panjat tebing, penyusuran gua, dan arung jeram.

Page 56: 01 pdf kunci suplemen ktsp kelas 10 a 2015

56 Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas X

Wisata minat khusus meliputi sektor wisata bahari, kuliner, dan wisata belanja. Wisata minat khusus memuat juga wisata olahraga ekstrem, seperti panjat tebing, penyusuran gua, dan arung jeram. Pertanyaan sesuai dengan isi kutipan berita adalah pertanyaan dalam pilihan jawaban b. Jawaban pertanyaan dalam pilihan jawaban b adalah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menaikkan jumlah wisatawan mancanegara sampai 10 juta dengan mengembangkan wisata minat khusus.

4. Jawaban: bTanggapan merupakan sambutan terhadap masalah, isi, ucapan, pendapat, atau gagasan yang berupa kritik, komentar, atau saran. Tanggapan harus sesuai dengan isi informasi. Informasi tersebut membahas Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengembangkan paket wisata minat khusus untuk mencapai target 10 juta wisatawan mancanegara. Tanggapan sesuai dengan isi informasi adalah tanggapan dalam pilihan jawaban b. Tanggapan dalam pilihan jawaban a, c, d, dan e tidak sesuai dengan isi informasi karena dalam informasi tidak disebutkan masyarakat tidak menyukai olahraga ekstrem karena berbahaya, jumlah wisatawan mancanegara perlu ditingkatkan untuk menaikkan jumlah devisa, wisatawan manca-negara merupakan aset devisa, dan wisata kuliner perlu dikembangkan.

5. Jawaban: c Pernyataan yang sesuai dengan isi bacaan adalah

pernyataan dalam pilihan jawaban c. Pernyataan dalam pilihan jawaban c sesuai dengan kalimat Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengembangkan wisata minat khusus untuk mencapai target 10 juta wisatawan mancanegara. Pernyataan dalam pilihan jawaban a dan e tidak sesuai dengan isi paragraf. Pernyataan a seharus-nya Langkah untuk meraih capaian wisatawan mancanegara itu terangkum dalam rapat kerja teknis Kemenparekraf. Pernyataan dalam pilihan jawaban e seharusnya Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengembangkan wisata minat khusus untuk menaikkan jumlah wisatawan manca negara. Pernyataan dalam pilihan jawaban b dan d tidak terdapat dalam bacaan.

6. Jawaban: ePokok-pokok berita meliputi 5W 1H. Pokok berita tepat terdapat pada pilihan jawaban e. Kalimat tersebut merupakan pokok berita tentang sesuatu yang dibicarakan atau mengandung unsur apa (what). Pilihan jawaban a, b, c, dan d tidak mengandung unsur pokok berita.

2. Jawaban: d Pokok-pokok informasi dalam informasi pada soal

sebagai berikut. 1) Topik yang dibicarakan:

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengembangkan wisata minat khusus untuk mencapai target 10 juta wisatawan manca-negara.

2) Orang yang dibicarakan: Kementerian Pariwisata dan Ekonomi

Kreatif. 3) Tempat terjadinya peristiwa yang dibicarakan

tidak disebutkan dalam teks bacaan. 4) Waktu terjadinya peristiwa yang dibicarakan:

Rapat kerja teknis Kemenparekraf pada hari Rabu, 29 Februari 2012.

5) Penyebab terjadinya peristiwa yang di-bicarakan:

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengembangkan wisata minat khusus untuk mencapai target 10 juta wisatawan manca-negara.

6) Proses berlangsungnya peristiwa yang di-bicara kan:a) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi

Kreatif mengembangkan wisata minat khusus untuk mencapai target 10 juta wisatawan mancanegara.

b) Langkah untuk meraih capaian wisata-wan mancanegara itu terangkum dalam rapat kerja teknis Kemenparekraf pada hari Rabu 29 Februari 2012.

c) Wisata minat khusus yang akan di-kembang kan fokus dalam sektor wisata bahari, kuliner, dan wisata belanja.

d) Wisata minat khusus memuat juga wisata olahraga ekstrem, seperti panjat tebing, penyusuran gua, dan arung jeram.

e) Wisata olahraga ekstrem ini meskipun tidak diminati secara umum, tetapi mampu mendongkrak devisa besar.

f) Dengan adanya wisata khusus ini, pemerintah mengharapkan mampu mengembangkan tempat tujuan wisata secara terarah.

Jadi, pokok informasi yang tidak ditemukan dalam informasi pada soal adalah tempat terjadinya peristiwa yang dibicarakan.

3. Jawaban: b Bacaan tersebut membahas Kementerian

Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang me-ngembang kan wisata minat khusus untuk men-capai target 10 juta wisatawan mancanegara.

Page 57: 01 pdf kunci suplemen ktsp kelas 10 a 2015

57Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas X

7. Jawaban: bInformasi tersebut membahas ketimpangan pariwisata antara dua kabupaten yang ada di Pulau Belitung, yakni Kabupaten Belitung dan Kabupaten Belitung Timur. Tanggapan sesuai dengan informasi terdapat pada pilihan jawaban b. Agar tidak terjadi ketimpangan, di Kabupaten Belitung Timur dibangun kawasan terintegrasi antara hotel, ruang konvensi, sampai tempat hiburan sangat penting untuk mendukung objek wisata.

8. Jawaban: dPernyataan tidak sesuai dengan informasi terdapat pada pilihan jawaban d. Seharusnya Kabupaten Belitung Timur memiliki sisi wisata seni budaya, wisata pantai, dan wisata sungai. Pernyataan pada pilihan jawaban a, b, c, dan e sesuai informasi.

9. Jawaban: bPengalaman pribadi menceritakan liburan seseorang ke Pulau Bunaken. Tokoh melihat keindahan taman laut Bunaken dari kapal Katamaran dan ber-snorkling di Pantai Bunaken.

10. Jawaban: b Pengalaman tokoh adalah pengalaman

menyenangkan. Tokoh merasa senang berlibur di taman laut Bunaken dan akan kembali lagi ke Bunaken suatu saat nanti.

11. Jawaban: b Peristiwa yang dialami tokoh aku terjadi pada

siang hari. Waktu pengalaman terjadi dapat dilihat dari kalimat setelah lebih dari 45 menit berlalu, akhirnya sampailah kami di perairan sekitar Pulau Bunaken pukul 11.45.

12. Jawaban: bCerita berisi pengalaman pribadi sesuai dengan ilustrasi adalah pilihan jawaban b. Cerita dalam pilihan jawaban a tidak tepat karena ilustrasi tidak menyebutkan tokoh ingin mengambil gambar kuda laut kerdil. Cerita dalam pilihan jawaban c salah karena ilustrasi tidak menyebutkan tokoh yang mendapat banyak pengalaman di Bunaken. Cerita dalam pilihan jawaban d tidak tepat karena ilustrasi tidak menyebutkan tokoh mendapat banyak pengalaman di Bunaken dan tokoh ingin mengambil gambar kuda laut kerdil. Pilihan jawaban e bukan merupa kan cerita pengalaman, melainkan cerita yang dialami Rico.

13. Jawaban: eParagraf berupa cerita pengalaman pribadi adalah paragraf pada pilihan jawaban e. Paragraf dalam pilihan jawaban a, b, dan c menjelaskan mengenai suatu tempat. Paragraf dalam pilihan jawaban d bukan merupakan cerita pengalaman, melainkan cerita yang berisi pengalaman Wahyu.

14. Jawaban: eApabila kita perhatikan, nada penggalan puisi tersebut sebagai berikut. 1) Baris ke-1 memiliki tekanan keras nada akhir

datar dan penanda jeda titik.2) Baris ke-2 memiliki tekanan datar dengan

nada akhir datar penanda jeda titik.3) Baris ke-3 memiliki nada datar dengan

tekanan keras, penanda jeda koma, dan penanda jeda titik. Baris ke-3 diakhiri nada turun.

4) Baris ke-4 memiliki nada datar, penanda jeda titik dan nada akhir datar.

15. Jawaban: c Dilihat dari penanda tersebut, baris puisi yang menggunakan penanda nada keras, penanda jeda koma, nada akhir naik, dan penanda jeda titik adalah pilihan jawaban c.

16. Jawaban: b Sajak ”Berdiri Aku” ini merupakan ekspresi

kesedihan yang ditampilkan Amir Hamzah dengan suasana sunyi. Kesedihan ini tidak lain dikarenakan oleh perpisahannya dengan kekasihnya dan dia harus pulang ke Medan dan menikah dengan putri pamannya. Perasaan sedih yang sangat mendalam digambarkan penyair dengan suasana sunyi pantai pada sore hari. Dengan demikian, penyair hanya mampu melihat keindahan alam sekitar karena kebahagiaannya dan harapan telah hilang. Kesedihan yang mendalam ini juga wujud perasaan galau penyair yang digambarkan dengan perasaan nya yang dipermainkan ombak dan angin sehingga hanya merenungi hiduplah yang mampu dilakukan nya. Sebagai orang yang memiliki agama kuat dalam setiap akhirnya, dia hanya bisa menyerahkan semua yang dia alami ini kepada Tuhan. Dengan merenungi hidupnya selama ini, Amir berusaha untuk mengembalikan kepada Tuhan yang memberikan kepastian dalam hidupnya. Seperti yang tergambar dalam Rindu sendu mengharu kalbu / ingin datang merasa sentosa / menyerap hidup tertentu tuju.

17. Jawaban: dNada merupakan sikap penyair pada sesuatu yang diungkapkan dalam puisi. Puisi tersebut meng gambarkan kesedihan yang ditampilkan penyair dengan suasana sunyi. Kesedihan ini tidak lain dikarenakan oleh perpisahannya dengan kekasihnya. Puisi tersebut dibaca dengan nada yang lembut dan penuh kesedihan.

18. Jawaban: b Nada merupakan sikap penyair pada sesuatu

yang diungkapkan dalam puisi. Puisi tersebut

Page 58: 01 pdf kunci suplemen ktsp kelas 10 a 2015

58 Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas X

meng gambarkan kesedihan yang ditampilkan penyair dengan suasana sunyi. Kesedihan ini tidak lain karena perpisahannya dengan kekasih-nya. Ekspresi yang digunakan penyair adalah ekspresi sedih.

19. Jawaban: aKutipan puisi tersebut membahas kesedihan seseorang karena ditinggalkan teman-teman. Teman-temannya meninggalkannya karena ia sudah tidak kuat lagi. Ekspresi yang digunakan saat membaca puisi tersebut adalah ekspresi sedih.

20. Jawaban: aParagraf narasi merupakan paragraf yang men-ceritakan sesuatu sesuai dengan urutan waktu atau tempat. Topik tepat untuk dikembangkan menjadi paragraf narasi adalah perjalanan menuju Pulau Karimunjawa. Topik dalam pilihan jawaban b lebih sesuai dikembangkan menjadi paragraf deskripsi. Topik dalam pilihan jawaban c, d, dan e lebih tepat dikembangkan menjadi paragraf eksposisi.

21. Jawaban: aParagraf narasi merupakan paragraf yang men-ceritakan suatu kejadian dan peristiwa secara urut atau kronologis. Paragraf narasi adalah paragraf dalam pilihan jawaban a. Paragraf pilihan jawaban a menceritakan suatu kejadian secara kronologis ruang. Paragraf pilihan jawaban b me-rupakan paragraf deskripsi yang menggambarkan keindahan Pantai Senggigi. Paragraf pilihan jawaban c dan d, merupakan paragraf eksposisi. Paragraf pilihan jawaban e merupakan paragraf argumentasi.

22. Jawaban: cParagraf pada soal menceritakan kegiatan tokoh aku saat snorkling. Paragraf tersebut termasuk paragraf narasi.

23. Jawaban: aParagraf narasi pada soal merupakan paragraf narasi yang berpola pengembangan waktu karena menceritakan kejadian atau peristiwa berdasarkan urutan waktu. Perhatikan bagian kalimat yang menyebut kan pukul 09.00, pukul 11.05, dan pukul 12.00. Bagian kalimat tersebut menunjukkan waktu.

24. Jawaban: aParagraf tersebut menceritakan tiga orang yang memiliki kelebihan kemampuan berbeda-beda. Peribahasa sesuai dengan ilustrasi adalah kuat ketam karena sepit. Peribahasa ketam menyuruh anaknya berjalan dengan benar bermakna

seseorang yang pandai menasihati, tetapi tidak dapat melaku kannya sendiri. Peribahasa air tenang menghanyutkan memiliki makna orang yang kelihatannya pendiam, tetapi ternyata menyimpan banyak ilmu pengetahuan dalam pikirannya. Peribahasa buangkan yang keruh ambilkan yang jernih bermakna lupakan masa lalu yang buruk dan ambil hikmahnya. Peribahasa bertanggul ditarah, kesat diampelas bermakna pekerjaan yang sudah selesai.

25. Jawaban: aMakna peribahasa bagai jinak-jinak burung merpati adalah seorang gadis yang tampaknya mudah didekati ternyata sangat sulit.

B. Uraian

1. Jawaban: Informasi tersebut membahas masyarakat Swedia dan negara-negara di kawasan Eropa Timur enggan berwisata ke Bali. Keengganan ini karena tidak ada penerbangan langsung menuju Denpasar.

2. Jawaban: Indonesia seharusnya membuka jalur penerbangan langsung dari Eropa menuju Denpasar agar wisatawan Eropa bisa menikmati pesona eksotik Bali. Catatan untuk Guru: Tanggapan yang dikeluarkan siswa dapat berbeda-beda. Tanggapan siswa dapat berupa pernyataan setuju, sanggahan, saran, atau gagasan.

3. Contoh jawaban: Liburan kali ini sangat berkesan bagi kami sekeluarga di Bali. Sesampainya di Bali kami langsung menuju Tanah Lot. Kami ingin menikmati suasana pantai yang indah. Setelah puas menikmati Tanah Lot, kami segera menuju hotel. Sampai di hotel ayah dan Robin langsung menuju kolam renang dan berenang. Ibu memilih beristirahat di kamar. Aku memilih jalan-jalan menikmati pemandangan di sekeliling hotel. Setelah melepas lelah sejenak di hotel, kami segera meluncur ke Pantai Kuta. Kami ingin menikmati sunset di Pantai Kuta. Tidak rugi kami jauh-jauh berlibur ke Bali karena pemandangan Bali memang sangat indah. Hari berikutnya kami menapaki keindahan objek wisata yang ada di Bali. Melihat keindahan Bali membuat aku benar-benar bersyukur atas keajaiban yang diciptakan-Nya. Setelah lima hari menikmati keindahan Bali, tiba saatnya kami meninggalkan Pulau Bali. Ada rasa berat untuk meninggalkan Pulau Bali yang indah itu. Namun, kami tetap harus pulang.

Page 59: 01 pdf kunci suplemen ktsp kelas 10 a 2015

59Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas X

Catatan untuk Guru: Cerita pengalaman yang dibuat siswa dapat berbeda-beda. Guru dapat menilai cerita siswa berdasarkan keruntutan cerita dan bahasa yang digunakan.

4. Contoh jawaban:

Sebuah Benteng

Sebuah benteng / telah tertimbun bukit pasir //

Sedang langit malam kelelawar terbang /

kehilangan sarang //

Anjing melolong meratapi bintang //

Gubug Penceng tenang menyilang //

Kutarik garis /

memotong kakilangit di dekat fajar //

Mengombak bukit pasir di angin pantai //

Bergeser larut menyeret reruntuk //

Hendra! //

Hendra! //

Di atas reruntuk benteng pertahananku //

Kupertahankan terus bendera berkibar //

Catatan untuk Guru: Jawaban siswa dapat berbeda-beda sesuai dengan cara siswa membacakan puisi.

5. Contoh jawaban: Bagian check in dengan bagian imigrasi tidak terlalu jauh. Jadi, aku tidak terlalu lama berjalan. Saat menuju bagian check in baru aku tersadar bahwa tasku tak kubawa. Aku bingung dan panik, tetapi kakakku justru tersenyum-senyum. Jujur saja aku marah. Aku kehilangan tas, kok, kakakku justru tersenyum. Kakakku pun menunjuk ke bagian belakang punggungku.Catatan untuk Guru: Paragraf yang ditulis siswa dapat berbeda-beda. Guru dapat menilai ber dasarkan ketepatan paragraf disebut paragraf narasi dan keruntutan kalimat yang digunakan siswa.

→ →→ → →

→ → → →→

→ →→ → →

→ →→→ → → → → →

→→ → → →

→ → →→ →

→ → → →

→ →→ →→

→ →→→ →

→→ → →→

→ → → →

→ → → →→

→ →→ →→ →

→ →→→ → →

→→ → → →

→ →

→ →→ → → →

→→

→ →

→ → → → →

→ →

→ → →→→ →→

→ → → → → → → →→→ →→→

Bab VI Bangga terhadap Bahasa Indonesia

A. Contoh jawaban:Unsur ekstr insik merupakan unsur yang mendukung terbentuknya sebuah cerita dari luar. Unsur ekstrinsik yang terdapat pada cerita pengalaman tersebut sebagai berikut.1. Latar sosial kemasyarakatan Dalam cerita digambarkan tokoh sangat

terkesan mendengar cerita dari temannya bahwa masyarakat di negara lain sangat mencintai bahasanya. Dia terkesan karena di lingkungan sosial masyarakat kita tidak mencintai bahasa bangsanya, yaitu bahasa Indonesia. Di lingkungan sosialnya justru menomor duakan bahasa Indonesia.

2. Latar belakang nasionalisme Dalam cerita digambarkan sikap nasionalisme

tokoh. Sikap nasionalisme tokoh saya diwujudkan tokoh bangga terhadap bahasa Indonesia. Bahkan, tokoh mengajak para blogger dan pembaca untuk menggunakan dan bangga terhadap bahasa Indonesia.

3. Latar belakang pendidikan Dalam cerita disebutkan bahwa tokoh adalah

pengajar TIK. Ini berarti tokoh berasal dari latar belakang pendidikan TIK.

Catatan untuk Guru: Jawaban siswa dapat berbeda-beda, tergantung dari analisis siswa terhadap cerita. Jawaban siswa tetap harus sesuai dengan isi cerita.

B. Jawaban:Diserahkan kepada siswa. Catatan untuk Guru: Siswa dapat menyampaikan unsur-unsur ekstrinsik sesuai dengan hasil analisisnya. Siswa harus menyampaikan unsur ekstrinsik dengan jelas. Guru dapat menilai keberanian siswa dan kejelasan siswa dalam menyampaikan unsur ekstrinsik.

C. Contoh jawaban:1. Saya setuju dengan unsur-unsur ekstrinsik

yang Anda sampaikan. Unsur nasionalisme sangat menonjol dalam cerita tersebut. Unsur nasionalisme tersebut berhubungan dengan kebanggaan terhadap bahasa Indonesia.

2. Saya kurang setuju dengan unsur-unsur ekstrinsik yang Anda sampaikan. Salah satunya yaitu latar belakang pendidikan. Latar belakang pendidikan dalam cerita tidak tampak secara jelas.

Page 60: 01 pdf kunci suplemen ktsp kelas 10 a 2015

60 Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas X

5. Dalam berkomunikasi, seseorang harus fokus terhadap komunikasi yang dilakukan sehingga mereka akan mencapai tujuan komunikasi.

C. Jawaban: Diserahkan kepada siswa yang melakukan diskusi.Catatan untuk Guru: Siswa dapat menemukan berbagai masalah dalam buku untuk didiskusikan. Setiap kelompok dapat membaca buku berbeda-beda. Guru dapat menilai keberanian siswa dalam mengemukakan tanggapan dalam diskusi kelompok. Guru juga dapat menilai tanggapan yang digunakan siswa apakah menggunakan kalimat sopan dan telah disertai argumen yang memperkuat tanggapan.

A. Contoh jawaban:1. Tema

Tema cerpen merupakan pokok bahasan dalam sebuah cerita. Tema cerpen mencerminkan isi cerpen. Cerpen ”Mimpi Sang Bocah” menceritakan penderitaan yang dialami seorang anak. Didit, anak itu, menderita karena ibunya masih di rumah sakit dan bapaknya tidak bertanggung jawab terhadap anak-anaknya. Didit merasa benci kepada ayahnya yang pemalas. Ia benar-benar ingin bertemu dengan ibunya yang masih berada di rumah sakit. Penderitaan Didit berakhir dengan kematiannya karena penyakit tetanus. Tema yang tercermin dalam cerpen adalah penderitaan seorang anak.

2. Alur Alur yang digunakan dalam cerpen adalah alur maju atau lurus. Peristiwa-peristiwa yang terdapat dalam cerpen sebagai berikut.a. Didit masih terpekur memandangi layar

tv yang menyala. (peristiwa fungsional)b. Didit merasa lapar. (peristiwa kaitan)c. Ia berpikir keras untuk mencari uang

agar besok dia dan adik-adiknya bisa makan. (peristiwa kaitan)

d. Didit melamun mengapa ibunya tidak pulang-pulang. (peristiwa kaitan)

e. Lamunan Didit buyar ketika Bapak masuk dan marah kepada Didit. (peristiwa fungsional)

Catatan untuk Guru: Siswa dapat menyampaikan tanggapan berbeda-beda. Tanggapan yang diungkapkan siswa harus disertai alasan yang memperkuat tanggapan siswa. Tanggapan yang dikeluarkan siswa harus menggunakan kalimat yang sopan dan jelas. Guru dapat menilai kalimat yang digunakan siswa dan keberanian siswa menyampaikan tanggapan.

A. Contoh jawaban:Masalah yang terdapat dalam kutipan buku sebagai berikut.1. Keberhasilan komunikasi ditentukan dengan

jarak antarorang yang berkomunikasi.2. Jarak berkomunikasi membuat orang

canggung dalam berkomunikasi sehingga t e rdapa t ke t i daknyamanan da lam berkomunikasi.

3. Aturan jarak komunikasi sangat dimengerti oleh orang-orang yang berkomunikasi dalam satu budaya.

4. Banyak faktor yang memengaruhi dalam proses komunikasi sehingga menentukan tujuan komunikasi tersebut tercapai atau tidak.

Catatan untuk Guru: Masalah yang ditemukan siswa dapat berbeda-beda, tetapi harus sesuai dengan isi kutipan buku. Masalah yang dicatat siswa juga harus ada dalam kutipan isi buku.

B. Contoh jawaban:1. Komunikasi tidak dapat ditentukan oleh

jarak antarorang yang berkomunikasi. Jika komunikasi ditentukan oleh jarak antarorang yang berkomunikasi, tujuan komunikasi tidak akan tercapai.

2. Budaya jarak komunikasi satu komunitas masyarakat berbeda dengan masyarakat la innya, misalnya jarak komunikasi masyarakat Amerika Latin dan Amerika Utara berbeda sehingga komunikasi menjadi tidak nyaman.

3. Aturan jarak komunikasi seharusnya dihilangkan saja agar orang tidak canggung dalam berkomunikasi.

4. Aturan jarak komunikasi antara budaya satu dengan budaya lain berbeda. Masalah inilah yang menyebabkan terkadang tujuan informasi tidak tercapai. Oleh karena itu, jarak komunikasi tidak perlu ada.

Page 61: 01 pdf kunci suplemen ktsp kelas 10 a 2015

61Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas X

f. Bapak marah dan kembali mengusir Didit. (peristiwa fungsional)

g. Didit pergi dari rumah dan berjalan menuju jalan besar. (peristiwa fungsional)

h. Ia tidak tahu apa yang akan dilakukannya. (peristiwa kaitan)

i. Langkahnya belum jauh ketika ia merasakan sesuatu yang tajam menghunjam kakinya. (peristiwa fungsional)

j. Didit mengerang menahan sakit, sementara darah bercucuran deras dari kakinya. (peristiwa kaitan)

k. Didit terus mengaduh-aduh sambil berusaha mencabut paku empat senti yang menancap di kakinya. (peristiwa kaitan)

l. Seorang tukang bangunan yang sedang bekerja di areal itu menghampiri Didit. (peristiwa fungsional)

m. Ketika si tukang bangunan kembali membawa obat merah, kesadaran Didit tak lagi sempurna. (peristiwa fungsional)

n. Ia hanya bisa pasrah ketika si tukang bangunan memapahnya sampai rumah. (peristiwa fungsional)

o Begitulah, cerita Didit menuju ke babak akhir. (peristiwa kaitan)

p. Darah berhenti mengucur, tetapi kaki itu menjadi bengkak dan membuat tubuh Didit menjadi demam dan ia merasa tubuhnya kaku. (peristiwa kaitan)

q. Para tetangga yang tidak paham pada penyakit Didit hanya berusaha mengobati dengan berbagai ramuan dan jamu-jamuan yang dibeli di warung. (peristiwa fungsional)

r. Selama beberapa hari Didit hanya berbaring di tempat tidur karena tubuhnya meriang dan otot perutnya terasa keras. (peristiwa fungsional)

s. Tubuhnya kejang-kejang dan ia sulit membuka mulutnya sehingga para tetangga segera membawanya ke bidan. (peristiwa fungsional)

t. Namun, sang bidan pun sudah angkat tangan karena kondisi Didit sudah teramat parah. (peristiwa fungsional)

u. Akhirnya, Didit pun dirawat di rumah sakit di tempat ibunya disandera.(peristiwa fungsional)

v. Keinginan Didit untuk bertemu ibunya terkabul, hanya sayang, sehari berada di rumah sakit dengan kondisi yang semakin kritis, nyawa Didit lepas dari raga, membawa setumpuk mimpi yang pernah ada di kepalanya. (peristiwa fungsional)

w. Ibunya hanya dapat memandangi kepergiannya dengan mata bengkak dan perasaan hancur lebur. (peristiwa fungsional)

Catatan untuk Guru: Peristiwa yang dicatat siswa dapat berbeda-beda, tetapi harus sesuai dengan peristiwa yang terdapat dalam cerpen. Urutan peristiwa yang dicatat juga harus sesuai dengan peristiwa yang terdapat dalam cerpen.

3. Tokoh dan penokohanTokoh yang terdapat dalam kutipan

adalah Didit, Bapak, dan tukang bangunan. Tokoh Didit memiliki watak bertanggung

jawab dan mencintai adik-adiknya. Bukti watak Didit bertanggung jawab dan mencintai adik-adiknya adalah ia selalu memikirkan dan mengurus kedua adiknya. Watak tokoh Didit bertanggung jawab dapat dilihat dari kutipan berikut.

Bapak lebih sering kelihatan bengong daripada mengerjakan apa pun. Diditlah lebih sering mengurus dua adiknya, Lita dan Mona.

Tokoh Bapak digambarkan sebagai laki-laki pemalas dan tidak bertanggung jawab terhadap keluarga. Watak tokoh Bapak pemalas dan tidak bertanggung jawab dapat dilihat dari perbuatannya yang hanya bengong dan tidak memikirkan anak-anaknya. Watak tokoh Bapak dapat dilihat dalam kutipan berikut.

Sudah tiga hari tidak ada makanan sama sekali di rumah. Bapak tidak memasak dan tidak berusaha mencari makanan buat mereka. Selama hampir dua minggu Diditlah yang memasak nasi dengan magic jar dengan lauk seadanya, lebih sering kerupuk atau mi instan. Bapak tidak pernah sungguh bekerja keras untuk keluarga. Pekerjaan sebagai tukang servis elektronik dikerjakan Bapak dengan asal-asalan, sehingga tidak ada orang yang menjadi langganan Bapak. Bapak lebih sering menipu daripada sungguh-sungguh bekerja. Bila tidak ada uang yang masuk ke kantongnya, Diditlah yang menjadi pelampiasan kemarahan Bapak.

Page 62: 01 pdf kunci suplemen ktsp kelas 10 a 2015

62 Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas X

4. Setting atau latar Latar yang terdapat dalam cerpen adalah

latar tempat, waktu, dan suasana.a. Latar tempat peristiwa-peristiwa dalam

cerpen terjadi di rumah Didit dan di jalan sekitar rumah Didit. Latar tempat dapat terlihat dalam kutipan berikut.

Didit masih terpekur memandangi layar tv yang menyala. Sudah dua minggu Ibu tidak pulang dan keadaan rumah semakin berantakan. Bapak tidak pernah mau mengerjakan pekerjaan rumah, walaupun ia lebih banyak menganggur.

Didit melangkahkan kakinya menyusuri jalan sempit di antara rumah-rumah kontrakan yang diapit oleh kompleks perumahan yang dipagari tembok-tembok tinggi. Langkahnya belum jauh ketika ia merasakan sesuatu yang tajam menghunjam kakinya. Didit mengerang menahan sakit, sementara darah bercucuran deras dari kakinya.

b. Latar waktu yang terdapat dalam cerpen tidak tampak begitu jelas. Namun, ada satu kalimat yang menggambarkan latar waktu sore hari. Latar waktu sore hari dapat dilihat dari kutipan berikut. Matahari mulai menggelincir ke barat. Hawa panas yang tadinya menyengat kulit sudah mulai terasa sejuk. Dengan badan lemas, Didit melangkah perlahan-lahan menuju ke jalan besar. Sebetulnya Didit tak tahu apa yang akan dilakukannya. Ia hanya merasa bahwa ia memang harus berjalan.Tidak seorang pun memperhatikan kepergian Didit.

c. Latar suasana yang digambarkan dalam keseluruhan cerpen adalah suasana sedih dan prihatin dalam kehidupan Didit. Latar suasana yang terselip di dalamnya adalah latar suasana kemarahan. Latar suasana kemarahan dapat dilihat saat bapak marah kepada Didit dan mengusir Didit dari rumah. Latar suasana sedih dan prihatin dapat dilihat dari keseluruhan kalimat yang terdapat dalam cerpen. Latar suasana marah dapat dilihat dari kutipan sebagai berikut. ”Berani-beraninya kamu melawan Bapakmu. Durhaka kamu. Pergi kamu.

Lebih baik aku tidak punya anak daripada punya anak seperti kamu. Aku mau lihat apa kamu bisa hidup di jalanan seperti kata-katamu yang gagah itu. Paling-paling kamu hanya bisa mengemis karena kamu memang tidak punya harga diri . . .,” menggelegar suara Bapak.

5. AmanatAmanat yang terdapat dalam kutipan

cerpen sebagai berikut.a. Menjaga kasih sayang

antarkeluarga sangatlah penting. Ini dibuktikan dengan sikap Didit

yang selalu mengurus adik-adiknya.

b. Berpikirlah masak-masak sebelum melakukan suatu perbuatan.

Didit seharusnya berpikir masak-masak sebelum pergi meninggalkan rumah dan terkena paku.

c. Jadilah orang tua yang bertanggung jawab terhadap kehidupan anak.

Seorang ayah harus mencari uang untuk menghidupi keluarganya dan jangan menyalahkan anak jika tidak memiliki uang.

B. Contoh jawaban:Relevansi atau keterkaitan unsur-unsur cerita pendek tersebut dengan kehidupan sehari-hari sebagai berikut.1. Latar tempat menunjukkan permukiman

sederhana di Jakarta dengan kemiskinan yang tergambar di sana. Latar tempat dalam kutipan cerpen dapat dilihat dalam kehidupan sehari-hari. Saat ini banyak sekali permukiman sederhana yang dihuni oleh orang-orang tidak mampu.

2. Tema dalam cerpen sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam kehidupan sehari-hari ditemukan banyak anak-anak yang menderita dan sedih karena kemiskinan yang dideritanya. Apalagi ketika mereka ditinggalkan ibunya, kehidupan mereka akan semakin telantar.

3. Saat ini pun dapat ditemui seorang ayah tidak bertanggung jawab kepada keluarganya. Mereka hanya memikirkan dirinya sendiri.

Catatan untuk Guru:Relevansi yang ditunjukkan siswa dapat berbeda-beda, tetapi harus sesuai dengan isi cerpen.

Page 63: 01 pdf kunci suplemen ktsp kelas 10 a 2015

63Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas X

1. Jawaban: Bahasa Melayu sebagai bahasa yang digunakan oleh banyak orang.

2. Contoh jawaban:Topik:

Bahasa Melayu merupakan bahasa yang digunakan banyak orang. Pokok pikiran : Bahasa Melayu, salah satu bahasa yang digunakan banyak orang di muka bumi.a. Di Malaysia bahasa Melayu digunakan

seluruh penduduknya, termasuk di Brunei Darussalam.

b. Bahasa Melayu juga tetap digunakan sejumlah orang di Singapura, Thailand, Filipina, dan Timor Leste.

3. Contoh jawaban: Bahasa Melayu, salah satu bahasa yang digunakan banyak orang di muka bumi. Di Indonesia saja bahasa Melayu digunakan oleh hampir 259 juta orang. Di Malaysia bahasa Melayu digunakan seluruh penduduknya, termasuk di Brunei Darussalam. Bahasa Melayu juga tetap digunakan sejumlah orang di Singapura, Thailand, Filipina, dan Timor Leste.

4. –

5. –

6. –

7. –Catatan untuk Guru: Paragraf eksposisi yang dibuat siswa dapat berbeda-beda, tetapi sesuai dengan topik yang ditentukan. Guru dapat menilai penggunaan kata, keruntutan, kejelasan, dan kebenaran sebagai paragraf eksposisi.

A. Jawaban: Kalimat yang dibentuk dengan kata penghubung antarkalimat yang menyatakan urutan waktu adalah relakah jika identitas bangsa itu diambil bangsa lain atau punah? Sementara itu, bangsa lain justru ingin melestarikan dan mengembangkan bahasa mereka. Kalimat di atas mengandung kata penghubung sementara itu.

B. Contoh jawaban:Saat ini generasi muda memiliki anggapan bahwa menggunakan bahasa Indonesia dalam pergaulan akan ketinggalan zaman. Sementara itu, orang-orang dari luar negeri justru ingin mempelajari bahasa Indonesia. Catatan untuk Guru: Jawaban siswa dapat berbeda-beda, tetapi siswa harus membuat kalimat dengan menggunakan kata penghubung antarkalimat sementara itu.

A. Pilihan Ganda

1. Jawaban: bKutipan cerita tersebut menjelaskan tokoh saya sangat mencintai bahasa Indonesia sehingga ia menunggu-nunggu acara yang menyajikan pembacaan puisi atau menampilkan karya sastra lain yang dikemas dengan bahasa Indonesia yang menarik. Tokoh saya akhirnya mengikuti acara Gempita Bulan Bahasa 2012. Nilai ekstrinsik yang tampak dalam kutipan cerita adalah jiwa nasional isme penulis yang sangat mencintai bahasa Indonesia.

2. Jawaban: cTokoh saya diceritakan sebagai orang yang men cintai bahasa Indonesia. Kecintaannya akan bahasa Indonesia dibuktikan dengan mengikuti acara Gempita Bulan Bahasa 2012.

3. Jawaban: cCerita tersebut menjelaskan rasa cinta seseorang terhadap bahasa Indonesia. Ia prihatin melihat generasi saat ini yang lebih mencintai dan bangga menggunakan bahasa asing daripada bahasa Indonesia. Ia ingin membuat gerakan yang dimulai dari diri sendiri untuk mencintai bahasa Indonesia.

4. Jawaban: eUnsur ekstrinsik merupakan unsur yang me-mengaruhi pembentukan karya sastra dari luar. Unsur ekstrinsik yang melatarbelakangi kutipan cerita tersebut adalah unsur nasionalisme karena menceritakan kecintaan seseorang kepada bahasa Indonesia. Ia prihatin melihat generasi saat ini yang lebih mencintai dan bangga menggunakan bahasa asing daripada bahasa Indonesia.

5. Jawaban: bSikap yang dapat diteladani dari cerita adalah kecintaan tokoh terhadap bahasa Indonesia.

Page 64: 01 pdf kunci suplemen ktsp kelas 10 a 2015

64 Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas X

6. Jawaban: cKutipan cerita tersebut menceritakan seorang anak SD yang sangat kesulitan mengarang karena ia harus benar-benar mengarang. Kesulitan anak tersebut adalah pengalaman hidupnya yang berbeda dengan anak lain. Kutipan cerita tersebut me ngandung nilai sosial karena men ceritakan kehidupan seorang anak yang bernama Sandra.

7. Jawaban: aKutipan tersebut memaparkan seorang anak SD yang sangat kesulitan mengarang karena ia harus benar-benar mengarang. Peristiwa yang sangat me nyulitkan anak ter sebut adalah pengalaman hidupnya yang berbeda dengan anak lain. Relevansi isi kutipan cerita dengan isi cerita adalah saat ini banyak anak sekolah dasar yang kesulitan mengarang karena judul yang diberikan guru.

8. Jawaban: cMasalah merupakan sesuatu yang harus di-pecahkan. Masalah yang terdapat dalam kutipan buku sebagai berikut. 1) Penelitian dengan tema verba secara semantis

yang melibatkan makna aspek tualitas dalam bahasa Jawa dalam tataran morfologi dan maupun sintaksis belum banyak dilakukan.

2) Penelitian yang melibatkan komposisi verba dengan sifat-sifat argumen, pemakaian adverbial, dan preposisional pada tataran kalimat bahasa Jawa serta dampaknya terhadap makna aspektualitas yang di-timbulkan belum pernah dilakukan oleh peneliti terdahulu.

9. Jawaban: eSalah satu masalah yang terdapat dalam kutipan buku adalah penelitian dengan tema verba secara semantis yang melibatkan makna aspektualitas dalam bahasa Jawa dalam baik tataran morfologi maupun sintaksis belum banyak dilakukan. Jalan keluar yang sesuai dengan masalah terdapat dalam pilihan jawaban e. Kalimat dalam pilihan jawaban a dan d merupakan jalan keluar masalah, tetapi tidak sesuai dengan masalah dalam kutipan buku. Kalimat dalam pilihan jawaban b dan c tidak logis dilakukan.

10. Jawaban: dPernyataan yang sesuai dengan isi kutipan buku terdapat dalam pilihan jawaban d. Pernyataan dalam pilihan jawaban d sesuai dengan kalimat Demikian pula, penelitian yang melibatkan komposisi atau interaksi verba dengan sifat-sifat argumen, pemakaian adverbial, dan preposisional pada tataran kalimat atau dalam konstruksi

sintaktis BJ serta dampaknya terhadap makna aspektualitas yang ditimbulkan belum pernah dilakukan oleh peneliti-peneliti terdahulu. Per-nyata an dalam pilihan jawaban a, b, dan c tidak sesuai dengan isi kutipan buku. Pernyataan dalam pilihan jawaban e tidak sesuai dengan isi kutipan buku. Pernyataan dalam pilihan jawaban e seharus nya Penelitian dengan tema verba secara semantis yang melibatkan makna aspektualitas dalam bahasa Jawa dalam tataran morfologi dan sintaksis belum banyak dilakukan.

11. Jawaban: aMasalah yang dibicarakan dalam kutipan buku adalah sulitnya mempelajari gerakan mata saat orang lain berbicara karena gerakan mata tersebut terjadi secara otomatis saat orang berbicara.

12. Jawaban: eMasalah yang dibicarakan dalam kutipan buku adalah sulitnya mempelajari gerakan mata saat orang lain berbicara karena gerakan mata tersebut terjadi secara otomatis saat orang berbicara. Jalan keluar sesuai dengan masalah terdapat dalam pilihan jawaban e. Pernyataan dalam pilihan jawab an a dan d merupakan jalan keluar sesuai dengan masalah, tetapi tidak logis dilakukan. Jalan keluar dalam pilihan jawaban b dan c tidak sesuai dengan masalah yang dibicarakan.

13. Jawaban: bPernyataan yang sesuai dengan isi kutipan buku terdapat dalam pilihan jawaban b. Pernyataan dalam pilihan jawaban b sesuai dengan kalimat kalau waktunya tiba bagi pembicara untuk menjadi pendengar dan partner-nya untuk mulai berbicara, sering didahului kontak mata. Pernyataan dalam pilihan jawaban a, c, dan e tidak sesuai dengan isi kutipan buku. Pernyataan dalam pilihan jawaban a seharusnya Di Amerika saat ber komunikasi untuk memperlihatkan bahwa ia mem perhatikan lawan bicaranya dengan memandang mulut dan matanya. Pernyataan dalam pilihan jawaban c seharusnya pendengar akan memberi tanda bahwa dia siap bicara dengan melihat pada arah lain. Pernyataan dalam pilihan jawaban e seharusnya gerakan tubuh yang digunakan saat berkomunikasi terjadi tanpa disadari. Pernyataan dalam pilihan jawaban d tidak terdapat dalam kutipan buku.

14. Jawaban: aKutipan cerpen tersebut menceritakan perdebatan antara suami dan istri karena suaminya tidak mau menerima uang suap. Uang suap itu

Page 65: 01 pdf kunci suplemen ktsp kelas 10 a 2015

65Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas X

dianggap istri Beno sebagai rezeki nomplok. Beno tidak mau menerima uang suap itu karena ia mau mem pertahankan idealismenya. Padahal kebutuhan hidup semakin banyak. Konfl ik yang digambarkan dalam kutipan cerpen adalah perbedaan pendapat antara Beno dan istrinya karena tidak mau menerima uang suap.

15. Jawaban: dLatar merupakan keterangan tempat, waktu, dan suasana terjadinya sebuah peristiwa dalam cerita. Latar yang tampak dalam kutipan cerpen adalah latar waktu dan latar suasana. Peristiwa dalam cerpen terjadi di sebuah rumah. Latar suasana yang menyertai peristiwa dalam novel adalah peristiwa tegang karena menceritakan per tengkaran suami istri.

16. Jawaban: cWatak Beno dalam kutipan cerpen adalah emosional, pemarah, teguh pendirian, dan jujur. Watak Beno emosional dan pemarah tampak dalam kalimat 2) dan 5). Perbuatan Beno menggebrak meja merupakan bukti Beno seorang pemarah dan emosional. Perbuatan Beno menghardik istrinya dalam kalimat 5) juga membuktikan bahwa Beno seorang pemarah dan emosional. Watak Beno teguh pendirian dapat dilihat dari kalimat 1) dan 3). Dalam kalimat tersebut Beno digambarkan tetap memegang teguh idealisme dan tidak mau menjual idealisme dengan uang haram. Watak Beno yang jujur dapat dilihat dari kalimat 3) karena Beno tidak mau menukar idealismenya dengan uang haram.

17. Jawaban: aAmanat merupakan pesan yang disampaikan pengarang melalui karyanya. Amanat dapat ditafsir kan berbeda-beda oleh pembaca, tetapi harus sesuai dengan isi cerpen. Kutipan cerpen tersebut menceritakan perdebatan antara suami dan istri karena suaminya tidak mau menerima uang suap. Uang suap itu dianggap istri Beno sebagai rezeki nomplok. Beno tidak mau menerima uang suap itu karena ia mau mempertahankan idealismenya. Padahal kebutuhan hidup semakin banyak. Amanat yang tersirat dalam kutipan cerpen sebagai berikut. 1) Kita harus mempertahankan idealisme kita. 2) Kita tidak boleh emosi saat menyelesaikan

perbedaan pendapat. 3) Bicarakan dengan tenang dan kepala dingin

masalah yang kita hadapi.

18. Jawaban: cKutipan cerpen tersebut menceritakan konfl ik antara Beno dan istrinya sudah memuncak. Tahapan alur yang tercermin dalam kutipan cerpen adalah tahap komplikasi.

19. Jawaban: bSikap yang harus diteladani dalam diri Beno adalah ia tidak mau menerima uang suap dan selalu mempertahankan idealismenya.

20. Jawaban: bPenggambaran tokoh dapat dilakukan secara langsung atau tidak langsung. Tokoh Rini dalam kutipan cerpen digambarkan sebagai seorang bijaksana. Penggambaran watak tokoh Rini bijaksana dilakukan secara tidak langsung. Penggambaran watak tokoh Rini bijaksana dapat dilihat dari percakapan yang ia lakukan bersama suaminya. Watak bijaksana dapat dilihat dari kalimat-kalimatnya yang meyakinkan suaminya untuk percaya diri dengan keadaannya sekarang.

21. Jawaban: cTema merupakan ide pokok yang mendasari terbentuknya sebuah cerita. Tema mencerminkan isi kutipan cerpen. Kutipan cerpen tersebut men-ceritakan watak Prayogo rendah diri karena ia merasa belum mampu membahagiakan istrinya. Tema kutipan cerpen terdapat dalam pilihan jawaban c.

22. Jawaban: eParagraf tersebut menceritakan macam-macam atau wujud bahasa. Bahasa dapat diwujudkan dengan tulisan, gerakan tangan, atau gerakan tubuh.

23. Jawaban: cParagraf eksposisi merupakan paragraf yang menjelaskan atau menerangkan sesuatu dengan sejelas-jelasnya. Paragraf dalam soal merupakan paragraf eksposisi yang menjelaskan wujud bahasa.

24. Jawaban: eParagraf eksposisi merupakan paragraf yang menjelaskan atau menerangkan sesuatu dengan sejelas-jelasnya. Paragraf eksposisi terdapat dalam pilihan jawaban e. Paragraf dalam pilihan jawaban a merupakan paragraf deskripsi yang menggambarkan sebuah buku. Paragraf dalam pilihan jawaban b merupakan paragraf narasi. Paragraf dalam pilihan jawaban c merupakan paragraf argumentasi. Paragraf dalam pilihan jawaban d merupakan paragraf persuasi.

25. Jawaban: cParagraf eksposisi merupakan paragraf yang menjelaskan atau menerangkan sesuatu dengan sejelas-jelasnya. Paragraf dalam soal merupakan paragraf eksposisi yang menjelaskan bahasa yang digunakan negara-negara di dunia sebagai bahasa pergaulan atau bahasa resmi.

Page 66: 01 pdf kunci suplemen ktsp kelas 10 a 2015

66 Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas X

B. Uraian1. Jawaban:

Unsur ekstrinsik yang terkandung dalam cerita adalah latar belakang nasionalisme tokoh yang mencintai bahasa Indonesia.

2. Jawaban: Banyak anak muda yang sudah mulai tidak suka menggunakan bahasa slang.

3. Jawaban: Anak muda seharusnya menghargai bahasa yang mereka ciptakan sendiri sehingga ia tidak bosan dalam menggunakan bahasa.

4. Jawaban: Unsur intrinsik dalam kutipan cerpen sebagai berikut.Tema:Kegelisahan seseorang karena teringat masa lalunya dengan melihat sebuah jam tangan. Amanat:a. Lupakan masa lalu. b. Jangan terbawa emosi dan merusak barang

yang ada hanya karena teringat masa lalu. Tokoh:Maya dan AkuMaya seorang istri yang tidak cemburu meskipun mengetahui masa lalu suaminya. Aku seorang laki-laki yang emosional karena mudah teringat masa lalu dan membakar jam tangan yang sudah ia berikan kepada istrinya. Latar:Latar yang tampak adalah suasana. Latar suasana yang tampak adalah suasana gelisah.

5. Contoh jawaban: Maraknya penggunaan bahasa asing, khususnya bahasa Inggris, dalam masyarakat sesungguhnya tidak lepas dari pandangan sebagian masyarakat yang menganggap bahasa asing memiliki gengsi lebih tinggi dibandingkan bahasa Indonesia. Dengan menggunakan bahasa Inggris, pembicara atau pemakai bahasa dianggap terlihat lebih gagah, modern, dan terdidik. Hanya saja tidak jarang pemakai bahasa tersebut tidak paham betul dengan kosakata ataupun ejaan dalam bahasa asing (Inggris) yang dipakai. Bagi mereka yang penting terlihat gagah karena telah menggunakan bahasa asing (Inggris). Karena itulah, mereka tidak lagi memperhatikan aturan baik penulisan ejaan maupun pengucapannya.

Ulangan Akhir Semester

A. Pilihan Ganda

1. Jawaban: e Teks berita tersebut membahas Jumlah pe-

numpang KRL Commuter Line rata-rata mencapai 700.000 orang per hari dan tingkat gangguan selama 2014 diklaim turun 46,61%. Jadi, jawaban tepat terdapat pada pilihan jawaban e.

2. Jawaban: bInformasi tersebut membahas jumlah penumpang KRL Commuter Line rata-rata mencapai 700.000 orang per hari dan tingkat gangguan 46,61% selama 2014. Tanggapan sesuai dengan isi informasi terdapat dalam pilihan jawaban b. Tanggapan dalam pilihan jawaban a, c, d, dan e tidak sesuai dengan isi informasi.

3. Jawaban: dBerita tersebut membahas jumlah penumpang KRL Commuter Line rata-rata mencapai 700.000 orang per hari dan tingkat gangguan selama 2014 diklaim turun 46,61%. Pertanyaan sesuai dengan isi berita adalah pertanyaan pada pilihan jawaban d. Jawaban pertanyaan tersebut adalah agar gangguan sarana menurun hingga 46,61%, KCJ melakukan strategi perawatan dengan menggunakan sebagian rangkaian yang dibeli pada 2013 dan 2014.

4. Jawaban: a Pernyataan tidak sesuai dengan isi informasi

terdapat pada pilihan jawaban a. Pernyataan dalam pilihan jawaban a sesuai seharusnya Rata-rata pengguna layanan kereta ini per hari mencapai 700.000 penumpang. Pernyataan dalam pilihan jawaban b, c, d, dan e sesuai dengan informasi.

5. Jawaban: a Pernyataan yang sesuai dengan isi informasi

adalah pilihan jawaban a. Pernyataan dalam pilihan jawaban a sesuai dengan kalimat Jumlah penumpang Transjakar ta terus meningkat men capai sekitar 40.000 orang per hari sejak dioperasikannya Transjakarta koridor 9. Pernyataan dalam pilihan jawaban b, d, dan e tidak sesuai dengan isi informasi. Pernyataan dalam pilihan jawaban b seharusnya Jumlah penumpang bus Transjakarta setiap hari meningkat sejak dioperasikan bus Transjakarta koridor 9. Per-nyataan dalam pilihan jawaban d seharusnya pengaturan rute Transjakarta koridor 6 berlaku mulai 14 Februari 2011 dari Senin sampai

Page 67: 01 pdf kunci suplemen ktsp kelas 10 a 2015

67Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas X

sampah, baik sampah rumah tangga maupun limbah pabrik. Ide pokok bacaan terletak pada kalimat pertama paragraf.

11. Jawaban: bBacaan tersebut membahas hasil temuan LSM lingkungan hidup menyebutkan bahwa sepanjang sungai di Sidoarjo dan Surabaya terdapat 1.282 WC pinggir sungai (WC helikopter) yang mencemari sungai. Jadi, ide pokok paragraf terdapat dalam pilihan jawaban b.

12. Jawaban: aPendapat merupakan ide, gagasan, atau pendapat yang disampaikan seseorang terhadap suatu peristiwa atau kejadian. Pendapat bersifat subjektif karena setiap orang dapat mengeluarkan pendapat berbeda terhadap peristiwa yang sama. Pendapat yang terdapat dalam bacaan terdapat dalam kalimat 1). Kalimat 1) merupakan pendapat karena tidak semua akan mengatakan bahwa kondisi pencemaran di sepanjang Sungai Ciliwung sudah sangat parah.

13. Jawaban: eFakta merupakan peristiwa yang benar-benar terjadi. Fakta bersifat objektif karena setiap orang akan menyatakan fakta yang sama terhadap suatu masalah atau peristiwa. Fakta dalam paragraf tersebut adalah kalimat 5). Semua orang akan mengatakan pendapat yang sama terhadap apa yang diungkapkan dalam kalimat 5).

14. Jawaban: eMasalah merupakan sesuatu yang harus di-pecahkan. Masalah yang terdapat dalam kutipan buku adalah perbedaan budaya antara penduduk Bali yang ada di pegunungan dan penduduk Bali yang ada di dataran rendah. Perbedaan budaya ini disebabkan kondisi alam yang bergunung-gunung.

15. Jawaban: dMasalah yang terdapat dalam kutipan buku adalah perbedaan budaya antara penduduk Bali yang ada di pegunungan dan penduduk Bali yang ada di dataran rendah. Perbedaan budaya ini disebabkan kondisi alam yang bergunung-gunung. Jalan keluar yang tepat terdapat dalam pilihan jawaban d. Pernyataan dalam pilihan jawaban c tidak berisi jalan keluar, tetapi hanya berisi tanggapan. Pernyataan dalam pilihan jawaban a, b, dan e bukan merupakan alternatif jalan keluar yang baik karena tidak dapat dilaksanakan.

16. Jawaban: aKalimat penolakan pendapat yang tepat, runtut, jelas, objektif, dan menggunakan bahasa sopan untuk melengkapi penggalan diskusi tersebut

Jumat. Pernyataan dalam pilihan jawaban e seharusnya bus Transjakarta koridor 9 hanya menjadi rute Pluit–Cawang Sutoyo dan Pinang Ranti–Slipi Petambur an agar bus Transjakarta dapat mengangkut penumpang yang menunggu di halte tersebut dan bus memiliki sirkulasi yang cepat. Pernyataan dalam pilihan jawaban c tidak dibicarakan dalam informasi.

6. Jawaban: d Informasi tersebut membahas kenaikan jumlah

penumpang bus Transjakar ta setelah bus Transjakar ta koridor 9 dioperasikan. Bus Transjakarta koridor 9 memiliki dua rute agar bus dapat meng angkut penumpang yang menunggu di halte ter sebut dan bus memiliki sirkulasi cepat. Tanggap an sesuai dengan isi informasi adalah tanggapan pada pilihan jawaban d. Tanggapan pada pilihan jawaban a, b, c, dan e tidak sesuai dengan isi informasi.

7. Jawaban: bTopik merupakan apa yang dibahas dalam bacaan. Bacaan tersebut membahas pencemaran Sungai Ciliwung yang sudah sampai tahap mengkhawatir kan. Pencemaran ini disebabkan oleh sampah, baik sampah rumah tangga maupun limbah pabrik. Jadi, topik bacaan I adalah pencemaran Sungai Ciliwung semakin mengkhawatirkan.

8. Jawaban: aBacaan tersebut membahas hasil temuan LSM lingkungan hidup yang menyebutkan bahwa sepanjang sungai di Sidoarjo dan Surabaya terdapat 1.282 WC pinggir sungai (WC helikopter) yang mencemari air sungai. Topik tersebut dinyatakan dalam kalimat pertama paragraf.

9. Jawaban: dBacaan I membahas pencemaran Sungai Ciliwung yang sudah sampai tahap mengkhawatirkan. Pencemaran ini disebabkan oleh sampah, baik sampah rumah tangga maupun limbah pabrik. Bacaan II membahas hasil temuan LSM lingkungan hidup menyebutkan bahwa sepanjang sungai di Sidoarjo dan Surabaya terdapat 1.282 WC pinggir sungai (WC helikopter) yang mencemari air sungai. Ini berarti kedua bacaan sama-sama membahas pencemaran air sungai.

10. Jawaban: aIde pokok merupakan ide atau gagasan yang mendasari terbentuknya bacaan. Ide pokok dapat terletak di awal, akhir, awal dan akhir, atau di seluruh paragraf. Ide pokok bacaan mencerminkan isi bacaan. Bacaan tersebut membahas pencemaran Sungai Ciliwung yang sudah sampai tahap meng-khawatir kan. Pencemaran ini disebabkan oleh

Page 68: 01 pdf kunci suplemen ktsp kelas 10 a 2015

68 Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas X

menjelaskan sesuatu.

24. Jawaban: eParagraf tersebut merupakan paragraf deskripsi yang mendeskripsikan keadaan sungai yang sangat kotor karena tercemar limbah sampah dan airnya sangat bau dan kotor.

25. Jawaban: eParagraf tersebut membahas keadaan sungai yang sangat kotor karena tercemar limbah sampah dan airnya sangat bau dan kotor. Paragraf tersebut termasuk paragraf deskripsi.

26. Jawaban: eMitos merupakan cerita yang terdapat di sebuah daerah yang mengandung penafsiran tentang asal-usul semesta alam. Mitos dipercayai oleh sese orang karena terkadang mitos tersebut menjadi kenyataan. Mitos yang terdapat dalam kutipan cerpen tersebut adalah saat hamil tidak boleh memikirkan sesuatu yang jelek-jelek karena anaknya nanti akan ikut jelek baik wajahnya atau perangai nya.

27. Jawaban: dKutipan cerpen tersebut menceritakan Lena yang bertemu dengan wanita yang menurut Lena sangat buruk dan jorok. Saat itu Lena ingat nasihat ibunya agar tidak mengingat sesuatu yang jelek agar anaknya tidak menjadi jelek baik wajah maupun perangai nya. Cerita dalam kutipan cerpen dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam kehidupan sehari-hari wanita yang sedang hamil tidak boleh memikirkan sesuatu yang jelek dan buruk.

28. Jawaban: bSebuah cerpen tidak lepas dari unsur budaya tertentu karena penulis cerpen berasal dari daerah tertentu. Unsur budaya yang terdapat dalam kutipan cerpen adalah upacara pembotakan yang dilakukan kepada semua anak setiap bertambah umurnya.

29. Jawaban: eUnsur ekstrinsik merupakan unsur yang mem-bangun sebuah karya sastra dari luar. Unsur ekstrinsik ditentukan oleh latar belakang pengarang karya sastra. Unsur ekstrinsik meliputi latar belakang religi, budaya, psikologi, sejarah, sosial, ekonomi, pendidikan, atau keluarga pengarang. Unsur ekstrinsik yang terdapat dalam kutipan novel adalah latar belakang budaya pengarang yang lekat dengan budaya Jawa. Kehidupan budaya yang tampak adalah mengadakan acara saparan dengan macapatan dan gamelan. Doa yang diucapkan untuk bayi pun dinyanyikan dengan melagukan tembang Dandanggula.

adalah pilihan jawaban a. Kalimat pada pilihan jawaban b, c, d, dan e merupakan kalimat penolakan, tetapi menggunakan bahasa kurang sopan.

17. Jawaban: aKalimat dukungan yang tepat terdapat dalam pilihan jawaban a karena kalimat tersebut didukung oleh alasan yang menguatkan persetujuan. Pernyataan dalam pilihan jawaban e bukan merupa kan persetujuan, melainkan penolakan pendapat. Pernyataan dalam pilihan jawaban b, d, dan c merupakan pernyataan persetujuan, tetapi tidak tepat bila diungkapkan dalam diskusi. Pernyataan dalam pilihan jawaban b, d, dan c tidak tepat karena tidak disertai alasan yang menguatkan persetujuan.

18. Jawaban: cPengalaman pribadi tersebut menceritakan sese-orang yang terhindar dari kecelakaan karena mau men dengarkan nasihat ayahnya untuk bersabar.

19. Jawaban: e Dalam pengalaman tersebut penulis dapat

mengambil hikmah dari peristiwa yang dialami. Hikmah yang didapatkan tokoh adalah tidak akan tergesa-gesa saat melakukan sesuatu.

20. Jawaban: b Pengalaman yang dialami tokoh adalah

pengalaman yang mengharukan. Tokoh merasa terharu karena terhindar dari kecelakaan dan mau menuruti nasihat ayahnya.

21. Jawaban: a Peristiwa yang dialami tokoh aku terjadi pada pagi

hari sebelum tokoh aku berangkat ke sekolah.

22. Jawaban: eCerita yang berisi pengalaman pribadi sesuai dengan ilustrasi adalah pilihan jawaban e. Pilihan jawaban a salah karena dalam ilustrasi tokoh tidak terlambat gara-gara ban sepedanya bocor. Cerita dalam pilihan jawaban b salah karena dalam ilustrasi tidak disebutkan tokoh terlambat bangun karena tokoh belajar sampai larut malam. Cerita dalam pilihan jawaban c salah karena ilustrasi tidak menyebutkan tokoh bangun lebih awal dan tidak terlambat sekolah. Cerita dalam pilihan jawaban d salah karena dalam ilustrasi tidak menyebutkan tokoh merasa sangat jengkel.

23. Jawaban: cParagraf yang merupakan cerita pengalaman pribadi adalah paragraf pada pilihan jawaban c. Paragraf pada pilihan jawaban c menceritakan pengalaman ketinggalan kereta karena tidak teliti melihat jadwal kereta api. Paragraf pada pilihan jawaban a, b, d, dan e merupakan paragraf yang

Page 69: 01 pdf kunci suplemen ktsp kelas 10 a 2015

69Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas X

seorang ibu yang meminta tokoh Dinaya keluar dari pekerjaannya karena menurut ibu itu tugas seorang istri adalah mengurus rumah tangga. Padahal menurut pendapat tokoh Dinaya, semua urusan rumah tangga tidak harus dikerjakan seorang istri. Amanat yang terdapat dalam kutipan cerita di atas sebagai berikut.1) Hargailah pendapat orang lain karena tidak

selamanya pendapat kita benar.2) Janganlah memaksakan kehendak kepada

orang lain. 3) Hadapi semua permasalahan dengan tenang

dan tanpa emosi.4) Kita harus meredam emosi dan kemarahan

yang ada pada diri kita. 5) Kita harus tetap sopan menghadapi orang

tua kita meskipun kita berbeda pendapat.Jadi, amanat yang sesuai terdapat dalam pilihan jawaban a.

36. Jawaban: cSikap yang harus diteladani adalah sikap tokoh Dinaya yang tetap tenang menghadapi ibunya. Tokoh Dinaya pun dapat menahan amarah meskipun tidak setuju dengan pendapat orang tuanya.

37. Jawaban: dDilihat dari penanda tersebut, baris puisi yang menggunakan penanda nada keras, penanda jeda koma, nada akhir naik, dan penanda jeda titik adalah pilihan jawaban d.

38. Jawaban: e Bait pertama puisi tersebut menggambarkan

perjalanan kehidupan seseorang yang bingung dalam menentukan tujuan hidup. Orang tersebut bingung menentukan tujuan hidup saat berada pada banyak pilihan. Orang tersebut bingung me-nentukan pilihan yang harus ia pilih. Penggambaran tersebut didukung oleh suasana yang dialami oleh seseorang pada bait kedua. Jadi, puisi tersebut menggambarkan kebimbangan seseorang menentukan tujuan hidup. Kebimbangan tersebut disebabkan banyaknya pilihan dalam hidup tokoh.

39. Jawaban: aNada merupakan sikap penyair pada sesuatu yang diungkapkan dalam puisi. Puisi tersebut meng gambarkan perjalanan kehidupan seseorang yang bingung dalam menentukan tujuan hidup. Orang tersebut bingung menentukan tujuan hidup saat berada pada banyak pilihan. Orang tersebut bingung menentu kan pilihan yang harus ia pilih. Karena menyampai kan kebimbangan seseorang yang menentukan jalan hidupnya, puisi tersebut dibaca dengan nada sedih.

30. Jawaban: bKutipan cerpen tersebut menceritakan kehidupan Trimo yang serba kekurangan dan penuh dengan penderitaan sampai-sampai ia hanya makan ketela yang sudah dingin. Nilai yang terkandung dalam kutipan cerpen adalah nilai sosial.

31. Jawaban: eKutipan cerpen tersebut menceritakan kehidupan Trimo yang serba kekurangan dan penuh dengan penderitaan sampai-sampai ia hanya makan ketela yang sudah dingin. Relevansi isi cerpen dengan kehidupan sehari-hari adalah dalam kehidupan ini banyak sekali orang yang tidak mampu sehingga ia makan apa adanya.

32. Jawaban: eKutipan cerita mengandung nilai budaya. Nilai budaya yang terkandung dalam cerpen tersebut adalah tata cara saat meminang gadis. Jika orang yang meminang menggunakan gaya bahasa yang tinggi, orang yang menjawab harus menggunakan bahasa tinggi.

33. Jawaban: dLatar merujuk keterangan tempat, waktu, dan suasana terjadinya suatu peristiwa dalam cerita. Latar yang terdapat dalam kutipan cerpen adalah latar tempat, waktu, dan suasana. Latar tempat dan waktu dalam kutipan cerpen tersebut tidak tampak dalam kutipan cerpen. Latar yang tampak dalam kutipan cerpen adalah latar suasana. Latar suasana yang tampak dalam kutipan cerpen adalah suasana tegang karena Dinaya dan ibunya berselisih pendapat sehingga Dinaya memendam kemarahannya. Kalimat yang menunjukkan latar suasana marah dan tegang adalah kalimat dalam pilihan jawaban d.

34. Jawaban: aTema merupakan pokok masalah yang mendasari sebuah cerita. Tema mencerminkan isi cerita. Kutipan cerita tersebut menceritakan ibu yang meminta Dinaya keluar dari pekerjaannya karena menurut ibu Dinaya tugas seorang istri adalah mengurus rumah tangga. Padahal menurut pendapat Dinaya, semua urusan rumah tangga tidak harus dikerjakan seorang istri. Jika Dinaya menolak, ibunya tidak akan menganggap Dinaya sebagai anaknya. Tema kutipan cerpen di atas adalah seorang ibu yang memaksa anaknya keluar kerja untuk menjalani tugasnya sebagai seorang istri.

35. Jawaban: aPesan yang terdapat dalam kutipan cerita disebut amanat. Amanat yang ditentukan siswa dapat berbeda-beda sesuai dengan apresiasi siswa. Amanat yang ditemukan harus sesuai dengan isi cerita. Kutipan cerita menceritakan

Page 70: 01 pdf kunci suplemen ktsp kelas 10 a 2015

70 Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas X

Catatan untuk Guru: Tanggapan yang dikeluarkan siswa dapat berbeda-beda, tetapi harus sesuai dengan isi bacaan. Tanggapan siswa harus disertai dengan alasan yang mendukung tanggapan. Guru dapat menilai tanggapan siswa ber dasarkan kesesuaian tanggapan dengan isi kutipan buku, kalimat yang di guna kan, dan alasan yang menyertai tanggapan.

6. Jawaban:Bacaan IIde pokok paragraf ke-1:Ribuan permukiman di Surabaya yang tidak memiliki WC menyebabkan pencemaran besar. Ide pokok paragraf ke-2:Besarnya volume tinja menjadikan salah satu faktor penyebab menurunnya kualitas air Kali Surabaya.

Bacaan II

Ide pokok paragraf ke-1:Kondisi Kali Surabaya mendorong sejumlah aktivis lingkungan hidup untuk mendeklarasikan Kali Surabaya bukan WC umum. Ide pokok paragraf ke-2:Tinja merupakan salah satu faktor yang menyebab-kan kualitas air Kali Surabaya menurun.

7. Jawaban:Bacaan IFakta dalam bacaan I sebagai berikut. a. Sebanyak 5 ton tinja bercampur dengan

sumber air minum kota pahlawan. b. Di kali pelayaran yang melewati wilayah

Sidoarjo misalnya, sedikitnya terdapat 582 WC tipe ’helikopter’ atau langsung hanyut di air.

c. Di Kali Surabaya jumlah WC model ini mencapai 700 buah.

d. Banyaknya kotoran manusia yang dibuang langsung ke sungai menimbulkan tingginya tingkat pencemaran bakteri E-Coli yang dapat membahayakan kesehatan.

e. Kali Surabaya juga menerima limbah cair yang mencapai 75,48 ton per hari dari 368 industri.

Pendapat dalam bacaan I sebagai berikut. a. Ribuan permukiman yang tidak memiliki

fasilitas WC di Surabaya menyebabkan pencemaran yang tidak tanggung-tanggung.

b. Besarnya volume tinja menjadi faktor serius yang mengakibatkan menurunnya kualitas air Kali Surabaya.

40. Jawaban: a Puisi tersebut menggambarkan perjalanan

kehidupan seseorang yang bingung dalam menentukan tujuan hidup. Orang tersebut bingung menentukan tujuan hidup saat berada pada banyak pilihan. Orang tersebut bingung menentukan pilihan yang harus ia pilih. Oleh karena itu, ekspresi yang digunakan untuk mem baca puisi ini adalah ekspresi bingung atau bimbang.

B. Uraian

1. Jawaban: Unsur ekstrinsik yang terdapat dalam kutipan cerpen adalah latar belakang sosial kemasya-rakatan. Latar belakang sosial kemasyarakatan yang terdapat dalam kutipan cerpen adalah hubungan kekeluargaan. Hubungan kekeluargaan ditunjukkan tokoh aku yang menceritakan anak-anaknya yang jarang pulang mengunjunginya. Selain latar belakang sosial, cerpen juga mengandung nilai moral. Nilai moral yang terdapat dalam kutipan cerpen adalah seorang anak seharusnya mengingat orang tuanya meskipun tidak mengirim uang paling tidak mengunjungi orang tuanya. Orang tua akan senang jika dikunjungi anak-anaknya.

2. Jawaban: Keterkaitan unsur intrinsik cerpen dengan kehidupan sekarang sebagai berikut. a. Seorang ibu pasti mengharapkan anak-

anaknya mengunjunginya. b. Seorang ibu terkadang juga mengharap

bantuan kepada anaknya. c. Seorang ibu yang jauh dari anaknya sering

merindukan anak-anaknya. d. Seorang anak yang sudah menikah biasanya

jarang mengunjungi orang tuanya.

3. Jawaban: Nilai yang terkandung dalam kutipan cerita adalah nilai sosial kekeluargaan.

4. Jawaban: Kondisi Gunung Batur yang masih sangat aktif dapat membahayakan wisatawan dan masyarakat sekitar. Catatan untuk Guru: Masalah yang ditemukan siswa dapat berbeda-beda, tetapi harus sesuai dengan isi buku.

5. Contoh jawaban: Saat status Gunung Batur berbahaya pemerintah harus segera memberikan peringatan agar wisatawan dan masyarakat segera me-nyelamatkan diri dan keluarga.

Page 71: 01 pdf kunci suplemen ktsp kelas 10 a 2015

71Kunci Jawaban dan Pembahasan Bahasa Indonesia Kelas X

Bacaan IIFakta dalam bacaan II sebagai berikut. a. Kondisi Kali Surabaya yang semakin mem-

prihatin kan mendorong sejumlah aktivis lingkung an hidup untuk mendeklarasikan ”Gerakan Kali Surabaya Bukan WC Umum.”

b. Gerakan ini merupakan bentuk protes karena sungai-sungai di Surabaya yang kini berubah menjadi sarana pembuangan tinja, sampah, dan limbah industri.

c. Deklarasi yang digelar di bantaran Kali Mas Surabaya itu diikuti Ecoton, Green Harmony, Padepokan Wonosalam, Lestari, Posko Ijo, Garda Brantas, Detektif Lingkungan Dewan Kota, NOL SAMPAH, SMA N 1 Wringinanom Gresik, SMK N 1 Driyorejo Gresik, KEPUH, Dewan Lingkungan, dan Komunitas Jurnalis Peduli Lingkungan (KJPL).

d. Mereka juga menggelar unjuk rasa di depan Gedung Negara Grahadi, Jalan Gubernur Suryo.

e. Setiap harinya, pembuangan kotoran manusia di Kali Surabaya berlomba dengan pem buangan limbah cair sebesar 75,48 ton/hari dari 368 industri di sepanjang Kali Surabaya.

f. Lebih dari 5 ton tinja diluncurkan ke Kali Surabaya setiap harinya.

Pendapat dalam bacaan II sebagai berikut. a. Tinja menjadi faktor serius yang menyebabkan

menurunnya kualitas air Kali Surabaya.b. Prigi menilai Pemprov Jatim selama ini

melalaikan kewajibannya untuk mengelola dan mengendalikan pencemaran air Kali Surabaya.

8. Jawaban: Informasi tersebut membahas maskapai penerbangan Sriwijaya Air yang menargetkan dapat melakukan proses tranformasi pelayanan penerbangan dari medium service menjadi full service. Untuk memenuhi target yang dibuat, pihak maskapai penerbangan Sriwijaya Air akan mengganti pesawat nya dengan pesawat yang baru, menyiapkan sumber daya manusia, dan pelayanan yang berkualitas.

9. Jawaban: Kenaikan target servis Sriwijaya Air perlu didukung oleh semua pihak. Kenaikan servis yang disajikan maskapai penerbangan akan membuat pelanggan merasa lebih nyaman. Catatan untuk Guru: Tanggapan yang dikeluarkan siswa dapat berbeda-beda. Tanggapan siswa dapat berupa pernyataan setuju, sanggahan, saran, atau gagasan.

10. Contoh jawaban: Aku berlari-lari kecil menyusuri jalan licin ini. Aku berusaha melompati setiap genangan air yang aku lewati. Tiba-tiba sreeet . . . ada mobil yang melintas. Mobil itu melintasi genangan air dan air yang ada dalam genangan mengenai bajuku. Sungguh menyebalkan, padahal aku sudah berhati-hati agar bajuku tidak terkena air, tetapi justru basah kuyup seperti ini.Catatan untuk Guru: Paragraf yang ditulis siswa dapat berbeda-beda. Guru dapat menilai ber dasarkan ketepatan paragraf disebut paragraf narasi dan keruntutan kalimat yang digunakan siswa.