anangsugeng.files.wordpress.com€¦  · web viewjanganlah kita . menggeser tanah yang bukan hak...

3
WARTA JEMAAT GEREJAPANTEKOSTA TABERNAKEL Jemaat “ KRISTUS TUHAN “ Ds.SARONGANKec.PESANGGARAN BANYUWANGI – HP.0813 5890 6789 anangsu geng.wordpress.com TH : XXVIII 29 JULI 2018 NO:769 BERAKAR,BERTUMBUH & BERBUAH ” Ringkasan Khotbah : 15/7/2018 Oleh : Pdt.ANANG SUGENG TUHAN ITU BESAR YOSUA 12:9-24 Luar biasa Alkitab Firman TUHAN,dimana dicatat dengan detil sekali,baik nama dan daerah kekuasaannya,dan semua raja itu berjumlah 31 raja. Hal ini dikandung maksud bahwa TUHAN adalah pribadi yang berkuasa,RAJA diatas segala raja,maka semua raja bisa dikalahkan oleh kuasa yang diberikan lewat Yosua . Juga TUHAN ingin supaya angkatan yang kemudian tetap tidak melupakan TUHAN yang telah menolong nenek moyangnya mulai dari Mesir hingga masuk tanah perjanjian Kanaan,sesuai janji TUHAN kepada Abraham,supaya bangsa Israel tetap menyembah TUHAN yang melepaskan bangsa Israel. TuHAN ingin kita menghitung satu persatu semua berkat yang kita terima dari TUHAN,setiap hari TUHAN selalu menolongpermasalahan kita,TUHAN selalu memberkati,dan kita bertugas untuk menceritakan semua itu kepada angkatan,anak cucu ,supaya mereka MENGENAL KEBESARAN TUHAN,SEHINGGA TETAP MENJADI PENYEMBAH TUHAN. Hakim-hakim 2:10-12. Di tuliskan disini bahwa akhirnya angkatan berikutnya tidak mengenal TUHAN,karena nenek orang tua tidak menceritakan kebesaran TUHAN kepada mereka. ,hingga akhirnya menjadi penyembah allah penduduk Kanaan,sehingga TUHAN menjadi murka(Hakim-hakim 3:1). Ulangan 6:6-12. Orang tua mempunyai tanggung jawab yang besar terhadap keberhasilan anak cucu mereka, supaya berkat hadir bagi mereka,tetapi sebaliknya kalau angkatan berikutnya tidak mnyembah TUHAN, maka akan mengalami kebinasaan (Ulangan 8:19-20). 2 Timotius 1:5. Generasi yang benar,tetap sebagai penyembah TUHAN,mulai nenek,ibu dan Timotius,sebab itu marilah kita tetap mengajarkan kebesaran TUHAN kepada angkatan selalnjutnya. Ibrani 12:12-17. Perbedaan antara Esau dan Yakub adalah Yakub suka tinggal dirumah,sehingga mendapatkan ajaran orang tuanya,sedang Esau tinggal dipadang,akhirnya tidak mengerti tentang kesulungan,sehingga ditukarkan dengan kacang merah. Yakobus 1:18. Firman TUHAN adalah kauasa yang membuat kita disulungkan,oleh sebab itu jangan ditukarkan dengan kebutuhan jasmani. Yang akhirnya Esau tidak dapat berkat kesulungan itu,dan menyesal tetapi terlambat. Cara yang terbaik adalah ay.12- 14. Kuat dalam doa(Lutut) kokoh dalam iman dan berdamai dengan sesama. Sehingga anak cucu kita bisa menghormati orang tua,dan diberkati karena menjadi penyembah-penyembah TUHAN dengan benar. TUHAN YESUS MEMBERKATI SENANTIASA AMIEN 22/7/2018 SIFAT YANG TERPUJI (YOSUA 13:1-7) Ketika usia telah tua,dan tidak kuat lagi,maka TUHAN memerintahkan kepada Yosua untuk membagi tanah-

Upload: others

Post on 18-Oct-2020

1 views

Category:

Documents


0 download

TRANSCRIPT

Page 1: anangsugeng.files.wordpress.com€¦  · Web viewJanganlah kita . menggeser tanah yang bukan hak kita, ( Ulangan 19:14,27:17) belajarlah jujur dan berani rugi,karena arahnya kehidupan

WARTA JEMAATGEREJAPANTEKOSTA TABERNAKELJemaat “ KRISTUS TUHAN “Ds.SARONGANKec.PESANGGARANBANYUWANGI – HP.0813 5890 6789

anangsugeng.wordpress.com

TH : XXVIII 29 JULI 2018 NO:769BERAKAR,BERTUMBUH & BERBUAH ”

Ringkasan Khotbah : 15/7/2018Oleh : Pdt.ANANG SUGENG

TUHAN ITU BESARYOSUA 12:9-24

Luar biasa Alkitab Firman TUHAN,dimana dicatat dengan detil sekali,baik nama dan daerah kekuasaannya,dan semua raja itu berjumlah 31 raja.

Hal ini dikandung maksud bahwa TUHAN adalah pribadi yang berkuasa,RAJA diatas segala raja,maka semua raja bisa dikalahkan oleh kuasa yang diberikan lewat Yosua .

Juga TUHAN ingin supaya angkatan yang kemudian tetap tidak melupakan TUHAN yang telah menolong nenek moyangnya mulai dari Mesir hingga masuk tanah perjanjian Kanaan,sesuai janji TUHAN kepada Abraham,supaya bangsa Israel tetap menyembah TUHAN yang melepaskan bangsa Israel.

TuHAN ingin kita menghitung satu persatu semua berkat yang kita terima dari TUHAN,setiap hari TUHAN selalu menolongpermasalahan kita,TUHAN selalu memberkati,dan kita bertugas untuk menceritakan semua itu kepada angkatan,anak cucu ,supaya mereka MENGENAL KEBESARAN TUHAN,SEHINGGA TETAP MENJADI PENYEMBAH TUHAN.

Hakim-hakim 2:10-12.Di tuliskan disini bahwa akhirnya angkatan

berikutnya tidak mengenal TUHAN,karena nenek orang tua tidak menceritakan kebesaran TUHAN

kepada mereka. ,hingga akhirnya menjadi penyembah allah penduduk Kanaan,sehingga TUHAN menjadi murka(Hakim-hakim 3:1).

Ulangan 6:6-12.Orang tua mempunyai tanggung jawab yang

besar terhadap keberhasilan anak cucu mereka, supaya berkat hadir bagi mereka,tetapi sebaliknya kalau angkatan berikutnya tidak mnyembah TUHAN, maka akan mengalami kebinasaan (Ulangan 8:19-20).

2 Timotius 1:5.Generasi yang benar,tetap sebagai penyembah

TUHAN,mulai nenek,ibu dan Timotius,sebab itu marilah kita tetap mengajarkan kebesaran TUHAN kepada angkatan selalnjutnya.

Ibrani 12:12-17.Perbedaan antara Esau dan Yakub adalah Yakub

suka tinggal dirumah,sehingga mendapatkan ajaran orang tuanya,sedang Esau tinggal dipadang,akhirnya tidak mengerti tentang kesulungan,sehingga ditukarkan dengan kacang merah.

Yakobus 1:18.Firman TUHAN adalah kauasa yang membuat

kita disulungkan,oleh sebab itu jangan ditukarkan dengan kebutuhan jasmani.

Yang akhirnya Esau tidak dapat berkat kesulungan itu,dan menyesal tetapi terlambat.

Cara yang terbaik adalah ay.12-14.Kuat dalam doa(Lutut) kokoh dalam iman dan

berdamai dengan sesama.Sehingga anak cucu kita bisa menghormati

orang tua,dan diberkati karena menjadi penyembah-penyembah TUHAN dengan benar.

TUHAN YESUS MEMBERKATI SENANTIASAAMIEN

22/7/2018SIFAT YANG TERPUJI (YOSUA 13:1-7)

Ketika usia telah tua,dan tidak kuat lagi,maka TUHAN memerintahkan kepada Yosua untuk membagi tanah-tanah yang berhasil diduduki,maka disinilah TUHAN menguji sifat kemanusiaan Yosua,karena manusia itu biasanya bisa mulai berubah ketika diberkati TUHAN,disitu banyak sekali perubahan,karena merasa berkat itu hasil usahanya,dan merasa kedudukannya sudah lebih baik dari yang dahulu.

Tetapi bukan begitu dengan Yosua,sebab seperti Kaleb sahabatnya,demikian pula Yosua adanya,yakni:

Yosua 14:6-15.a) Jujur :Yosua tidak memanipulasi berkat,apa

yang diperintahklan TUHAN untuk membagi- bagi tiap tanah yang menjadi bagian tiap suku dibagikan apa adanya.

b) Adil : Tidak mementingkan diri sendiri,karena orang yang adil adalah,mengerti hak orang lain(tidak mementingkan diri sendiri).

c) Benar : segala sesuatu yang dikerjakan dan dikatakan sesumua dasarnya Firman TUHAN.

Amsal 2:9.Kejujuran dan keadlan itu didapat dari jika kita

tetap hidup dalam dengar-dengaran FA dan melakukannya.

Janganlah kita menggeser tanah yang bukan hak kita,( Ulangan 19:14,27:17) belajarlah jujur dan berani rugi,karena arahnya kehidupan yang jujur adalah jelas.

Hal ini berlaku atas berkat apa saja,kerena kita adalah manusia ILLAHI,maka patutlah kita bersifat demikian,dan secara tidak sadar maka kita sudah mempunyai modal dihari nanti(1 Timotius 6:11-21).

Arah kejujuran..Hidup dihari nanti.Amsal 2:16-22//Yang tidak jujur,maka akan

mudah terjerat perempuan jalang,ini adalah perempuan Babel besar yang mulutnyapenuh dengan kesombongan dan tipuan,yang akan

Page 2: anangsugeng.files.wordpress.com€¦  · Web viewJanganlah kita . menggeser tanah yang bukan hak kita, ( Ulangan 19:14,27:17) belajarlah jujur dan berani rugi,karena arahnya kehidupan

mengalami kebinasaan 1 jam saja (Wahyu 17:4-6, 18:4).

Sedangkan kalau dalam sifat kita ada kejujuran,maka menjadi mempelai wanita TUHAN dimana tidak ada dusta didalamnya,itulah Yerusalem baru dan nama kita tertulis di kitab kehidupan anak domba (Wahyu 21:27).Marilah kita belajar hidup jujur,sekalipun harus sedikit rugi secara jasmani,tapi mengerjakan hidup yang mempunyai sifat ILLAHI,supaya menuju hidup yang sebenarnya,hidup bersama TUHAN.

TUHAN YESUS MEMBERKATI SENANTIASA

AMIEN.

SELASA,24/7/2018TERANG BERBUAHKAN 3K

EFESUS 5:1-10

Hidup dalam terang itu berbuahkan keadilan,kebaikan dan kebenaran,dan inilah tanda-tanda kalau kita sudah menjadi manusia yang baru, dibaharui oleh pengajaran FA,sehingga kita disebut penurut-penurut TUHAN,yang hidup bedasarkan contoh dari TUHAN YESUS KRISTUS yang sudah menjadi persembahan yang harum bagi TUHAN(Ay.1-2).

Untuk itu kita harus…Ay.6-7..JANGAN sampai disesatkan oleh mereka yang suka berdusta,omong kosong dan JANGAN berkawan dengan mereka.

Kehidupan yang berperilaku 3 K itu harus kita sosialisasikan setiap hari dengan sesama kita,sehingga kita juga berbau harum.

2 Korintus 2:12-17.Dalam kehidupan kita yang memberikan diri

melayani TUHAN,maka itu sama saja melayani

sesama,maka marilah kita melayani dengan kebenaran,keadilan dan kebaikan.

Melayani bukan hanya tertju kepada manusia saja(bukan hanya dihadapan manusia saja) tetapi

tertuju kepada TUHAN dengan karunia yang TUHAN berikan ,karena kita memperolehNYA dengan Cuma-Cuma,maka dalam melayani juga harus dengan Cuma-Cuma,tidak mencari kepentingan diri sendiri, tanpa maksud mengurangi sedikitpun,jadi apa yang kita terima dari TUHAN,itu yang kita teruskan,seperti sifat Yosua,dan juga pelayanan KRISTUS.

Paulus yang melayani Makedonia,karena penglihatannya ada seorang yang melambai-lambaikan tangan memanggil Paulus dan jemaat Makedonia adalah jemaat yang miskin(Kis.16:9-11, 2 Korintus 8:1-4)

Yohanes 12:1-6-markus 14:1-11.Bermacam-macam pelayanan,ada yang seperti:

1) Yudas Iskhariot..Pelayanan yang mencari keuntungan pribadi(seorang pencuri) dengan demikian,maka dalam hati Yudas Iskhariot timbul iri dengki, tidak suka kalau ada orang yang berbuat banyak untuk TUHAN,karena pikirannya selalu dikuasai oleh uang,yang mana akhirnya menjual YESUS.

2) Maria..yang melayani dengan sepenuh hati,mengorbankan semua yang dimilikinya,rambutnya,air matanya,minyak yang mahal,sehingga membuat harum

ruangan itu,dan namanya selalu disebutkan dimana saja Injil disiarkan(Markus 14:9).

Dalam melayani TUHAN,tidak mesti ada kesempatan,sebab itu marilah kita memberikan yang terbaik bagi TUHAN,dan untuk bisa memberikan yang terbaik ini karena kita sudah merasakan pengampunan TUHAN atas dosa kita.

Jadi semakin kita merasakan dosa yang diampuni TUHAN itu banyak,maka semakin banyak pula memberikan kepada TUHAN(Lukas 7:45-50).

bPerbuat-perbuatan yang baik yang kita lakukan untuk kemuliaan TUHAN,pasti tidak akan sia-sia,bahkan itu menjadi pakaian pengantin TUHAN (Wahyu 19:9).

TUHAN YESUS MEMBERKATI SENANTIASAAMIEN

Page 3: anangsugeng.files.wordpress.com€¦  · Web viewJanganlah kita . menggeser tanah yang bukan hak kita, ( Ulangan 19:14,27:17) belajarlah jujur dan berani rugi,karena arahnya kehidupan