rumus excel 2007

13
Rumus / Formula Pada Excel 2007 Wednesday, April 25, 2012 Tim Excellent Untuk menguasai Excel, tentunya tidak mungkin jika kita tidak memahami kumpulan rumus (formula) yang terdapat pada Excel. Kami coba membantu Anda memahami apa yang dinamakan rumus, komponennya, bagaimana memasukkan rumus, disertai beberapa link contoh untuk penggunaan yang mudah. Jika bukan halaman ini yang Anda cari tetapi ingin belajar Excel dari awal, silahkan kunjungi halaman http://www.belajarexcel.info/2012/10/belajar-excel-bagi- pemula.html . Rumus atau formula adalah suatu gabungan dari beberapa elemen yang akan menghasilkan suatu nilai kembalian. Elemen-elemen tersebut adalah : fungsi operator referensi cell nilai konstan berupa angka atau teks Contoh rumus dan hubungan dari tiap elemen tersebut ditunjukkan dengan ilustrasi berikut.

Upload: haerulaja

Post on 28-Dec-2015

74 views

Category:

Documents


1 download

DESCRIPTION

nn

TRANSCRIPT

Page 1: Rumus Excel 2007

Rumus / Formula Pada Excel 2007 Wednesday, April 25, 2012   Tim Excellent

Untuk menguasai Excel, tentunya tidak mungkin jika kita tidak memahami kumpulan rumus (formula) yang terdapat pada Excel.

Kami coba membantu Anda memahami apa yang dinamakan rumus, komponennya, bagaimana memasukkan rumus, disertai beberapa  link contoh untuk penggunaan yang mudah.

Jika bukan halaman ini yang Anda cari tetapi ingin belajar Excel dari awal, silahkan kunjungi halaman http://www.belajarexcel.info/2012/10/belajar-excel-bagi-

pemula.html.

Rumus atau formula adalah suatu gabungan dari beberapa elemen yang akan menghasilkan suatu nilai kembalian. 

Elemen-elemen tersebut adalah :

fungsi operator  referensi cell nilai konstan berupa angka atau teks

Contoh rumus dan hubungan dari tiap elemen tersebut ditunjukkan dengan ilustrasi berikut.

Penulisan Rumus pada Excel selalu dimulai dengan tanda sama dengan ( = )

Page 2: Rumus Excel 2007

Gambar Animasi : Memasukkan Rumus di Cell

Daftar Operator yang Dapat Digunakan

Selain fungsi, banyak juga yang menanyakan bagaimana penggunaan operator seperti tanda +, -, *, /, dan lain-lain.

Berikut adalah kategori dan daftar operator yang ada pada Microsoft Excel 2007 dan keterangan untuk membantu menjelaskan penggunaannya :

Operator Aritmatika + (tanda plus) : digunakan untuk menjumlahkan dua nilai. - (tanda minus)  : digunakan untuk mengurangi dua nilai, atau

digunakan sebagai tanda negasi pada suatu angka konstanta. * (tanda bintang)  : digunakan untuk mengalikan dua nilai. / (tanda garis miring)  : digunakan untuk membagi suatu nilai dengan

nilai lainnya. % (tanda persen) : digunakan untuk merepresentasikan nilai

persentase. ^ (tanda sisipan) : digunakan sebagai tanda pangkat.

Gambar 1 : Contoh Penggunaan Operator Aritmatika

Operator Perbandingan Nilai = (tanda sama dengan)  : menunjukkan apakah nilai yang satu sama

dengan nilai lainnya. > (tanda lebih besar)  : menunjukkan apakah nilai yang satu lebih

besar dengan nilai lainnya. < (tanda lebih kecil)  : menunjukkan apakah nilai yang satu lebih kecil

dengan nilai lainnya.

Page 3: Rumus Excel 2007

>= (tanda lebih besar sama dengan)  : menunjukkan apakah nilai yang satu lebih besar atau sama dengan nilai lainnya.

<= (tanda lebih kecil sama dengan)  : menunjukkan apakah nilai yang satu lebih kecil atau sama dengan nilai lainnya.

<> (tanda lebih kecil dan lebih besar) : menunjukkan ketidaksamaan antara dua nilai.

Gambar 2. Contoh Penggunaan  Operator Perbandingan Nilai

Operator Penggabungan Teks & (tanda dan / ampersand) : digunakan untuk menggabungkan dua

atau lebih teks.

Gambar 3. Contoh Penggunaan Operator Penggabungan Teks

Operator Referensi : (tanda titik dua) : operator range (rentang nilai) yang mengambil dua

referensi sel sebagai awal dan akhir rentang nilai. , (tanda koma) : operator union yang digunakan untuk

menggabungkan dua atau lebih referensi menjadi satu referensi sel.   (tanda spasi) : operator irisan yang digunakan untuk menghasilkan

perpotongan dari dua referensi atau lebih menjadi satu referensi sel.

Gambar 4. Sumber Data

Contoh 5. Contoh Penggunaan Operator Referensi (dibantu dengan fungsi SUM)

Demikian para pengunjung BelajarExcel.info, semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Baru!!: Buat  para pengunjung yang ingin menguji kemampuan Anda dengan berbagai soal Excel, silahkan kunjungi situs kami di http://soal-

Page 4: Rumus Excel 2007

latihan.belajarexcel.info. Setiap soal akan dikirimkan skornya langsung ke email Anda.

Kita juga memiliki ruang diskusi di Facebook yang sangat aktif. Jika berminat untuk diskusi dan sharing lebih lanjut join yuk d

Page 5: Rumus Excel 2007

Penjumlahan Data dengan Auto Sum Pada Excel 2010

 Thursday, September 12, 2013   Tim Excellent

Penjumlahan data pada Excel selain menggunakan operator + (plus) adalah menggunakan fungsi SUM. Tetapi kedua cara tersebut mengharuskan kita memasukkan pilihan cell atau range secara manual.

Untuk mengurangi "kerepotan" tersebut Excel menyediakan fungsi Auto Sum. Fitur ini akan menjumlahkan angka dari cell-cell yang ada dengan cara terurut sebagai berikut:

1. Mencari angka pada cell-cell di atas cell yang akan diisi dengan Auto Sum. Pencarian akan berhenti jika menemukan cell kosong.

2. Jika dari awal cell di atas kosong, maka pencarian akan dilakukan ke sebelah kiri dari cell yang akan diisi dengan Auto Sum. Pencarian akan berhenti jika menemukan cell kosong.

3. Jika cell-cell di atas dan di samping kiri kosong semua maka Auto Sum hanya memunculkan rumus SUM.

Berikut adalah langkah-langkah penggunaan Auto Sum.1. Download file contoh yang akan kita gunakan pada latihan berikut disini, dan

buka dengan aplikasi Excel 2010. File tersebut berisi data transaksi dengan matrix 3 baris (kategori produk) dan 12 kolom (bulan transaksi). Kita akan menghitung sub total dan grand total untuk baris 5 dan kolom N.

2. Tempatkan kursor pada cell B5. Pada menu tab Formulas, klik tombol AutoSum. Terlihat cell B5 akan diisi dengan fungsi SUM dengan range cell-cell B2:B4, dimana B1 tidak diikutkan. Tekan tombol Enter.

Page 6: Rumus Excel 2007

3. Setelah terlihat hasilnya, copy formula B5 ke C5 s/d M5 dan tekan tombol Enter.

4. Tempatkan cell pada N2 dan kembali klik menu Auto Sum. Terlihat range data yang terpilih sekarang adalah ke arah kiri dari cell N2. Tekan tombol Enter.

5. Setelah terlihat hasilnya, copy formula N2 ke N3 s/d N5 dan tekan tombol Enter.

6. Selesai.

Page 7: Rumus Excel 2007

Cara Mengurutkan Data dengan Rumus di Excel

 Sunday, November 17, 2013   Tim Excellent

Pengurutan atau sorting adalah fitur dasar yang sangat penting di Excel. Tahukah Anda bahwa selain menggunakan fasilitas dari menu sorting, Anda dapat menggunakan rumus untuk mengurutkan data sederhana?

Caranya adalah dengan menggunakan kombinasi dari fungsi-fungsi berikut:

LARGE atau SMALL untuk mengambil data terbesar atau terkecil dari suatu range data. Untuk posting kita kali ini akan menggunakan fungsi SMALL.

Kedua fungsi di atas akan dibantu dengan fungsi ROW atau COLUMN untuk mengambil urutan yang diinginkan. Pada contoh kali ini kita akan menggunakan fungsi ROW.

Mari ikuti langkah-langkah berikut untuk contoh pengurutan menaik (ascending) dengan fungsi SMALL.1. Isi data seperti gambar berikut ini pada worksheet Anda atau download

dari website kami. Data pada range B4:B13 akan diurutkan dan dimasukkan pada range E4:E13.

2. Pada cell E4 coba masukkan rumus berikut.

=SMALL($B$4:$B$13, 1)

Rumus ini akan mengambil nilai terkecil pertama dari range B4:B13, yaitu nilai 67.

3. Sekarang coba rumah rumus di atas menjadi:

=SMALL($B$4:$B$13, 2)

Page 8: Rumus Excel 2007

Rumus ini akan mengambil nilai terkecil ke-2 dari range B4:B13, yaitu nilai 96.4. Dengan percobaan pada langkah 2 dan 3 di atas terlihat bahwa dengan

mengubah nilai parameter pada fungsi SMALL kita bisa mendapatkan nilai terkecil ke-1, ke-2 , ke-3, dstnya. Nilai-nilai ini kita tidak usah masukkan secara manual, tapi bisa kita gantikan dengan fungsi ROW.

Sekarang pada cell E4, masukkan rumus berikut.

=SMALL($B$4:$B$13, ROW()-3)

Hasil dari rumus ini akan menghasilkan nilai terkecil pertama dari B4:B13 yaitu 67. Ini dikarenakan ROW() pada cell E4 akan mengembalikan nilai 4, dan supaya menjadi 1 maka hasil tadi kita kurangi dengan angka 3.

5. Copy rumus di atas ke cell E5 s/d E13, Anda akan mendapatkan hasil data terurut seperti tampilan berikut.

6. Selesai.Untuk mendapatkan variasi contoh lainnya dengan penggunaan rumus LARGE, silahkan bergabung dengan user group Facebook kami dan kunjungi halaman Files pada user group tersebut. Semoga bermanfaat

Page 9: Rumus Excel 2007

Kumpulan Rumus Rumus Excel LengkapLintas Informatika - Microsoft /Ms Excel tak lepas dari rumus rumus excel yang paling sering digunakan dalam pekerjaan yang berkaitan dengan pengelolaan data office. Saya yakin kalian pasti uda sering menggunakan fungsi SUM,AVERAGE. Tahukah kalian masih banyak fungsi yang dimilikioleh Excel. Buat sobat lintasinformatika yang lagi membutuhkan rumus Ms Excel untuk keperluan kerjaan atau hanya sekedar mau belajar Ms excel bisa di simak penjelasan singkat di bawah ini :

1. SUMRumus SUM ini paling sering di gunakan, fungsi utamanya adalah untuk penjumlahan /menjumlahkan. Misal :=SUM(B12:B25) artinya menjumlahkan data di kolom B12 sampai B25

2. AVERAGEFungsi untuk mengabil nilai rata-rata suatu variable, misal := AVERAGE(D7:E7) artinya menngambil nilai rata-rata dari D7 sampai E7.

3. ANDFungsi Menghasilkan nilai TRUE jika semua argument yang di uji bernilai BENAR DAN FALSE jika semua atau salah satu argument bernilai SALAH.

Contoh kasus : Peserta ujian dinyatakan lulus jika nilai ujian teori dan praktik masing-masing harus di atas 7, jika kurang dari 7 maka dinyatakan gagal.

4. NOTFungsi not kebalikan dari fungsi AND, yakni menghasilkan TRUE jika kondisi yang di uji SALAH dan FALSE jika kondisi yang di uji BENAR

Page 10: Rumus Excel 2007

5. ORFungsi Menghasilkan TRUE jika beberapa argument bernilai BENAR dan FALSE jika semua argument SALAH

6. SINGLE IFFungsi Menguji kebenaran suatu kondisi, contoh kasus

7. MULTI IFFungsi hampir sama dengan fungsi IF akan tetapi di ambil dari dua kondisi. contoh kasus

Page 11: Rumus Excel 2007

8. AREASFungsi Menampilkan jumlah area (range atau sel) dalam suatu referensi (alamat sel atau range yang di sebutkan). Contoh kasus 

9. CHOOSEFungsi Menampilkan hasil pilihan berdasarkan nomor indeks atau urutan pada suatu referensi (VALUE) yang berisi data teks, numeric, formula atau nama range.

10. HLOOKUPFungsi Menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format mendatar. syarat penyusunan tabel ; data pada baris pertama harus berdasarkan urutan dari kecil ke besar /menaik. misal ; 1,2,3,4…. atau huruf A-Z. Jika anda sebelumnya mengetikkan secara acak silhakan urutkan dengan menu Ascending. contoh kasus

Page 12: Rumus Excel 2007

11. VLOOKUPFungsi menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format tegak atau vertikal. syarat penyusunan tabel data pada baris pertama harus berdasarkan urutan dari kecil ke besar /menaik. misal ; 1,2,3,4…. atau huruf A-Z. Jika anda sebelumnya mengetikkan secara acak silhakan urutkan dengan menu Ascending. contoh kasus

12. MATCHFungsi menampilkan posisi suatu alamat sel yang di tetapkan sebelumnya yang terdapat dalam sekelompok data. contoh kasus

Page 13: Rumus Excel 2007

13. COUNTIFFungsinya untuk menghitng jumlah cell dalam suatu range dengan kriteria tertentu. adapun rumus yang serng digunakan adalah =COUNTIF(range;kriteria).