mengenal (yada) tuhan - by john louis

Download MENGENAL (yada) TUHAN  -  by John Louis

Post on 08-Aug-2015

43 views

Category:

Spiritual

3 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

  1. 1. Matius 7:21-23 21 Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga. 22 Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga? 23 Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!
  2. 2. Ada perbedaan antara Tahu tentang Tuhan dan Mengenal Tuhan.
  3. 3. Apa artinya dikenal Tuhan dan mengenal Tuhan? Dalam bahasa Ibrani Yada`(Strongs H3045). Terdapat sekitar 946 kali di Perjanjian Lama Bahasa Ibrani. Dimensi subyektif dari mengenal, bukan hanya obyektif. Dalam bahasa Yunani Ginosko (Strongs G1097). Jauh lebih bermakna intelektual dan memiliki makna obyektifitas.
  4. 4. 1. Kita Mengalami Karakter Tuhan
  5. 5. Yeremia 9:23-24 23 Beginilah firman TUHAN: "Janganlah orang bijaksana bermegah karena kebijaksanaannya, janganlah orang kuat bermegah karena kekuatannya, janganlah orang kaya bermegah karena kekayaannya, 24 tetapi siapa yang mau bermegah, baiklah bermegah karena yang berikut: bahwa ia memahami dan mengenal Aku, bahwa Akulah TUHAN yang menunjukkan kasih setia, keadilan dan kebenaran di bumi; sungguh, semuanya itu Kusukai, demikianlah firman TUHAN."
  6. 6. Yada`(Strongs H3045) Memahami, mengetahui, mencari tahu, mengetahui dari pengalaman, mengenal seseorang, mengenali, pernah mengalami, merawat seseorang (mengenal seseorang secara seksual seperti dalam pernikahan). Padanan dalam bahasa Yunani, Strongs G1097 - Ginsk Makna intinya adalah pengetahuan yang didapat melalui pengalaman atau experiential knowledge.
  7. 7. Yeremia 16:21 "Sebab itu, ketahuilah, Aku mau memberitahukan (Yada`) kepada mereka, sekali ini Aku akan memberitahukan kepada mereka kekuasaan-Ku dan keperkasaan-Ku, Supaya mereka tahu (Yada`), bahwa nama-Ku TUHAN. Dengan demikian orang-orang akan mengenal Tuhan dengan merasakan kekuasaan dan keperkasaanNya.
  8. 8. Kekuasaan dan Keperkasaan Pendaftaran Jemaat Singapura Pekerjaan di Avimo Ltd Pendaftaran Jemaat Indonesia
  9. 9. Hosea 2:19-20 19 Aku akan menjadikan engkau isteri-Ku untuk selama- lamanya dan Aku akan menjadikan engkau isteri-Ku dalam keadilan dan kebenaran, dalam kasih setia dan kasih sayang. 20 Aku akan menjadikan engkau isteri-Ku dalam kesetiaan, sehingga engkau akan mengenal TUHAN. Mengenal Tuhan berasal dari mengetahui kebenaran, keadilan, kasih setia, kasih sayang, dan kesetiaanNya.
  10. 10. Kebenaran, keadilan, kasih setia, kasih sayang, dan kesetiaanNya Kasus Pengadilan Singapura Interogasi oleh Polisi Indonesia Panti Asuhan
  11. 11. Pengalaman pribadi apa yang Anda miliki? Apakah masih berlanjut sampai sekarang?
  12. 12. Yeremia 31:34 Dan tidak usah lagi orang mengajar sesamanya atau mengajar saudaranya dengan mengatakan: Kenallah TUHAN! Sebab mereka semua, besar kecil, akan mengenal Aku, demikianlah firman TUHAN, Sebab Aku akan mengampuni kesalahan mereka dan tidak lagi mengingat dosa mereka. Mengenal Tuhan berasal dari mengalami kasih karuniaNya.
  13. 13. Oleh karena itu, mengenal Tuhan melibatkan pengalaman pribadi dengan karakterNya. Semua contoh di atas Tuhan membuat orang-orang dapat mengenalNya dengan mengalami karakterNya.
  14. 14. 2. Dia (Tuhan) Mengalami Karakter Kita Tuhan ingin mengalami hal-hal berikut dari diri kita: MematuhiNya Takut kepadaNya MempercayaiNya MelayaniNya Pengakuan Dosa Kita Mempunyai Pengetahuan tentang Dia
  15. 15. Matius 7:23 (terjemahan bebas dari NASB) Pada waktu itu Aku akan menyatakan kepada mereka, Aku tidak pernah mengenal kamu; ENYAHLAH DARIPADAKU, KAMU SEKALIAN YANG HIDUP TANPA HUKUM. Tanpa hukum berarti: Keadaan tidak adanya hukum Karena tidak mengetahui hukum itu Karena melanggar hukum itu Meremehkan dan melanggar hukum, berbuat tidak adil, jahat
  16. 16. Sangat cocok dengan Matius 7:24: "Setiap orang yang mendengar perkataan-Ku ini dan melakukannya, ia sama dengan orang yang bijaksana, yang mendirikan rumahnya di atas batu.
  17. 17. Tuhan ingin mengalami hal-hal berikut dari diri kita: MematuhiNya Takut kepadaNya MempercayaiNya MelayaniNya Pengakuan Dosa Kita Mempunyai Pengetahuan tentang Dia
  18. 18. Ini cocok dengan ayat di Matius 7:15-19 (ayat itu adalah bagian konteks Matius 7:21-23). 15 "Waspadalah terhadap nabi-nabi palsu yang datang kepadamu dengan menyamar seperti domba, tetapi sesungguhnya mereka adalah serigala yang buas. 16 Dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka. Dapatkah orang memetik buah anggur dari semak duri atau buah ara dari rumput duri? 17 Demikianlah setiap pohon yang baik menghasilkan buah yang baik, sedang pohon yang tidak baik menghasilkan buah yang tidak baik. 18 Tidak mungkin pohon yang baik itu menghasilkan buah yang tidak baik, ataupun pohon yang tidak baik itu menghasilkan buah yang baik. 19 Dan setiap pohon yang tidak menghasilkan buah yang baik, pasti ditebang dan dibuang ke dalam api. 20 Jadi dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka.
  19. 19. Yada`kita akan manusia kita peroleh saat kita mengalami karakter mereka.
  20. 20. Ulangan 8:1-2 1 Segenap perintah, yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, haruslah kamu lakukan dengan setia, supaya kamu hidup dan bertambah banyak dan kamu memasuki serta menduduki negeri yang dijanjikan TUHAN dengan sumpah kepada nenek moyangmu. 2 Ingatlah kepada seluruh perjalanan yang kaulakukan atas kehendak TUHAN, Allahmu, di padang gurun selama empat puluh tahun ini dengan maksud merendahkan hatimu dan mencobai engkau untuk mengetahui (Yada`) apa yang ada dalam hatimu, yakni, apakah engkau berpegang pada perintah-Nya atau tidak. Tentunya Tuhan sudah tahu, kan? Tetapi bukan berdasarkan pengalaman...
  21. 21. Kejadian 22:12 Lalu Ia berfirman: "Jangan bunuh anak itu dan jangan kauapa-apakan dia, sebab telah Kuketahui sekarang, bahwa engkau takut akan Allah, dan engkau tidak segan-segan untuk menyerahkan anakmu yang tunggal kepada-Ku." Tuhan ingin mengalami karakter Abraham...
  22. 22. Tuhan ingin mengalami hal-hal berikut dari diri kita: MematuhiNya Takut kepadaNya MempercayaiNya MelayaniNya Pengakuan Dosa Kita Mempunyai Pengetahuan tentang Dia
  23. 23. Dia ingin mengalami karakter kita... Mengalami kepatuhan mereka. Oleh karena itu, mengenal Tuhan artinya kita mengalami karakterNya dan Dia mengalami karakter kita melalui kepatuhan kita. Ini adalah hubungan yang berlangsung dua arah. Yakobus pasal 2 masuk akal... Kepatuhan dan perbuatan untuk mendukung iman kita. Keduanya membuat Tuhan dapat mengalami kita. Tuhan ingin menjalani hidup bersama kita dan melalui kita.
  24. 24. Yohanes 8:31-32 31 Maka kata-Nya kepada orang-orang Yahudi yang percaya kepada-Nya: "Jikalau kamu tetap dalam firman-Ku, kamu benar-benar adalah murid-Ku 32 dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu." Ini adalah pengetahuan yang diperoleh dari mengalami... Bukan pengetahuan yang rasional, obyektif, atau akademik.
  25. 25. 1 Yohanes 5:3-4 3 Sebab inilah kasih kepada Allah, yaitu, bahwa kita menuruti perintah- perintah-Nya. Perintah-perintah-Nya itu tidak berat, 4 sebab semua yang lahir dari Allah, mengalahkan dunia. Dan inilah kemenangan yang mengalahkan dunia: iman kita. Kasih dipersatukan dengan perbuatan-perbuatan, hati, dan diri seseorang.
  26. 26. Markus 12:30-32, Yohanes 17:1-3 30 Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu dan dengan segenap kekuatanmu. 31 Dan hukum yang kedua ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. Tidak ada hukum lain yang lebih utama dari pada kedua hukum ini." Lalu Ia menengadah ke langit dan berkata: "Bapa, telah tiba saatnya; permuliakanlah Anak-Mu, supaya Anak-Mu mempermuliakan Engkau. 2 Sama seperti Engkau telah memberikan kepada-Nya kuasa atas segala yang hidup, demikian pula Ia akan memberikan hidup yang kekal kepada semua yang telah Engkau berikan kepada-Nya. 3 Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yang telah Engkau utus.
  27. 27. Apakah Anda mengalami Yada`? Apakah Anda mengalami Tuhan dan Tuhan mengalami Anda?
  28. 28. Mengenal Tuhan Adalah 1. Kita mengalami karakterNya 2. Dia (Tuhan) Mengalami Karakter Kita Oleh karena itu, mengenal Tuhan bukan tentang karakter intelektual, tetapi tentang mengalami karakterNya (pengetahuan yang berasal dari hubungan).