cerita ulang kelas xi

CERITA ULANG Created by : •Zahra (02) • Argo (06) • Febriansyah Bima N.G (11) • Falya A Devi (12) • M. Rohmanur Rizqy () • Tyvania R.S. (30) By: XI IPA 3

Upload: tyvaniarsashi

TRANSCRIPT

Page 1: Cerita Ulang Kelas XI

CERITA ULANG

Created by : •Zahra (02)• Argo (06)• Febriansyah Bima N.G (11)• Falya A Devi (12)• M. Rohmanur Rizqy ()• Tyvania R.S. (30)

By: XI IPA 3

Page 2: Cerita Ulang Kelas XI

CERITA ULANG ADALAH… menceritakan kejadian yang telah terjadi di waktu lampau (menyenangkan /menyedihkan) untuk menginformasikan /menghibur

CIRI-CIRI :1. Menceritakan seorang tokoh 2. Menceritakan kejadian-kejadian yang bisa

kita amati.3. Menceritakan waktu dan

tempat kejadianSumber : https://www.academia.edu/9448071/Teks_Cerita_Ulang

Page 3: Cerita Ulang Kelas XI

Cerita Ulang PersonalBuku Harian1.

Cerita Ulang Fakta2.

Teks yang berisi peristiwa yang benar-benar terjadi.

3.Buku Biografi teks cerita imajinatif, berupa peristiwa /

kejadian yang telah terjadi dan belum terjadi

Cerita Ulang Imajinatif

JENIS-JENIS CERITA ULANG

Teks yang menceritakan pengalaman pribadi

Page 4: Cerita Ulang Kelas XI

STRUKTUR TEKS CERITA ULANG

ORIENTASIinformasi tentang siapa, di mana,

kapan peristiwa /yg terjadi dimasa lampau.

PERISTIWAPeristiwa yang terjadi,

dalam urutan kronologis

"pada hari pertama, saya ..., dan pada hari berikutnya, saya ..., dan pada hari terakhir, saya ...".

REORIENTASI pengulangan

pengenalan (orientasi), merangkum peristiwa,

yang diceritakan. Komentar penulis tentang peristiwa

Page 5: Cerita Ulang Kelas XI

Kebahasaan Teks Cerita

Ulang

1. LAMPAUMenggunakan bentuk lampau (peristiwa telah terjadi

2. KONJUNGSIUrutan peristiwa

dan, tetapi, setelah itu, kemudian

3. KETERANGAN & FRASA ADVERBIAL

untuk mengungkapkan tempat, waktu, dan cara.

di pagi hari, di rumah, pelan-pelan, dengan mudah

4. VERBA MATERIAL

kata kerja yang menyatakan tindakanmisalnya pergi, tidur, lari, dan membeli.

Page 6: Cerita Ulang Kelas XI

CONTOH 1 :

Page 7: Cerita Ulang Kelas XI

Study Tour ke Malang

Ketika aku hendak naik ke kelas 8, para guru kelas Bilingual SMP Negeri 1 Srono merencanakan Study Tour yang akan dilaksanakan di Kota Batu, Kabupaten Malang. Kegiata Study Tour ini memang diadakan setiap satu tahun sekali atau ketika hendak liburan semester 2 (semester genap). Study Tour ini dilaksanakan pada tanggal 14 Juni 2011.

Waktu itu tanggal 14 Juni 2011 telah datang, dan keberangkatan ke Kota Batu, Kabupaten Malang untuk melaksanakan Study Tour dilaksanakan pada pukul 23.30 WIB. Sebelum berangkat para siswa harus berkumpul terlebih dahulu di SMPku tercinta yaitu SMP Negeri 1 Srono. Karena keberangkatan menuju Kota Batu akan dilaksanakan pada tengah malam, maka para guru menyarankan kepada murid-muridnya untuk memakai jaket dan sepatu agar tidak kedinginan saat di perjalanan.

Page 8: Cerita Ulang Kelas XI

Verba Tingkah Laku

Akhirnya seluruh murid yang akan melakukan Study Tour telah datang semua, dan para guru langsung menyuruh kami agar berkumpul di halaman sekolah untuk berdoa. Sesudah berdoa kami segera memasuki bus masing-masing yang sudah dipersiapkan oleh pihak sekolah.

Perjalanan dari Banyuwangi menuju Kota Batu – Malang memang sangat jauh. Ketika di dalam bus saat di perjalanan kami semua hanya berdiam diri, karena saat itu cuaca pada malam hari sangat dingin sekali. Tak terasa tiba-tiba perjalanan sudah sampai di tanjakan Gumitir. Karena jalanannya berkelok-kelok dan terdapat banyak jurang yang menganga lebar perasaanku menjadi cemas. Namun setelah turun dari jalanan Gumitir yang berkelok-kelok hatiku sudah terasa lega dan aku pun langsung tertidur.

Page 9: Cerita Ulang Kelas XI

Verba Tingkah Laku

Ketika hampir subuh aku pun terbangun. Saat aku menoleh kebelakang aku terkaget karena kukira Rio (temanku sewaktu SMP) tidak tidur semalaman, eh ternyata dia sedang tertidur. Aku terkaget karena ketika Rio tertidur ia seperti tidak memejamkan matanya alias matanya tidak menutup dengan sempurna.

Saat Subuh tiba kami berhenti terlebih dahulu di sebuah masjid yang terletak di Kota Pasuruan untuk melaksanakan ibadah sholat subuh. Setelah itu kami langsung melanjutkan perjalanan.Sekitar pukul 08.30 WIB kami tiba di Jatim Park 2. Setibanya di sana aku beserta rombongan Study Tour langsung mengambil makanan yang telah disediakan oleh koordinator kelas Bilingual SMP Negeri 1 Srono untuk sarapan. Setelah selesai sarapan masing-masing dari kami diberi tiket untuk masuk ke dalam Jatim Park 2. Kami pun langsung antre di depan loket museum hewan-hewan yang diawetkan, di dalam museum tersebut banyak sekali hewan-hewan yang diawetkan, seperi burung hantu, cheita, hiu purbakala, fosil dinosaurus,

Page 10: Cerita Ulang Kelas XI

Verba Tingkah Laku

Setelah itu kami jalan-jalan menuju kebun binatang yang letaknya agak di wilayah belakang Jatim Park 2. Di dalam kebun binatang tersebut banyak sekali satwa yang dipelihara, mulai dari satwa yang hampir punah hingga satwa yang populasinya masih banyak. Satwa-satwa di kebun binatang Jatim Park 2 ini ada yang khas dari dalam negeri dan ada yang berasal dari luar negeri.

Saat Dhuhur datang aku dan kawan-kawan segera mencari mushola untuk segera melaksanakan ibadah sholat Dhuhur. Setelah sholat kami menuju ke bus untuk mengambil jatah makan siang. Ketika hari mulai senja kami berpindah ke lokasi wisata selanjutnya, yaitu BNS (Batu Night Spektakuler). Di dalam lokasi BNS teman-temanku langsung mencoba berbagai wahana permainan yang ada, seperti Film 4 Dimensi, Rumah Hantu, Rumah Kaca, dan masih banyak lagi. Tapi hanya aku, Azis, dan Bima saja yang tidak mencoba berbagai wahana yang tersedia, jadi kami bertiga hanya jalan-jalan mengelilingi lokasi BNS.

Page 11: Cerita Ulang Kelas XI

Verba

Sekitar pukul 18.30 kami keluar dari BNS dan segera makan malam, setelah itu kami pulang. Saat perjalanan pulang aku sudah tertidur. Ternyata waktu berjalan dengan cepat, tak terasa setelah aku bangun tidur sekitar pukul 05.15 ternyata bus sudah sampai di sekolah, dan aku pun langsung mengirim pesan singkat melalui hp kepada Bapakku agar menjemputku di sekolah. Tak berapa lama kemudian Bapakku datang, akupu segerea menghampirinya dan segera pulang. Setibanya di rumah aku langsung mandi, sarapan dan tidur kembali karena badanku masih lelah.

Aku sangat senang sekali bisa Study Tour ke Kota Batu, Kabupaten Malang tepatnya di Jatim Park 2 & BNS (Batu Night Spektakuler). Cerita tadi adalah salah satu pengalaman yang mungkin tidak akan pernah kulupakan.

Re- Orientasi

Sumber : http://bungalotus1990.blogspot.co.id/2014/11/pengertian-dan-contoh-cerita-ulang.html

Page 12: Cerita Ulang Kelas XI

CONTOH 2 :

Page 13: Cerita Ulang Kelas XI

WISATA KE BALI

Ada benyak tempat yang telah dikunjungi oleh teman saya ketika wisata di Bali.Teman saya menginap di Kuta.Ia menghabiskan tiga hari pertama dengan berenang dan berselancar di Pantai Kuta.Ia mengunjungi dua tempat wisata berikutnya.Yang pertama adalah ke Singaraja, yang kedua adalah ke Ubud.       Teman saya dan rombongannya melaju melalui pegunungan.Singaraja adalah kota berpenduduk sekitar 90 ribu orang.Ini adalah sebuah kota yang sibuk tetapi tenang.Jalan dipenuhi dengan pohon dan ada banyak rumah-rumah tua Belanda.Mereka kembali ke Kuta pada malam hari.

Page 14: Cerita Ulang Kelas XI

Wisata kedua yaitu ke Ubud.Ubud

adalah objek wisata yang sangat berbeda.Disini tidak untuk melihat pemandangan tetapi untuk melihat seni dan kerajinan.Pemberhentian pertama adalah di Batubulan, pusat patung batu.Teman saya menyaksikan remaja-remaja membuat kerajinan patung batu.Perhentian berikutnya adalah Celuk, pusat kerajinan perak dan emas putih.Rasanya, wisata ke Bali adalah momen paling menyenangkan bagi kami.