candi singosari

Click here to load reader

Post on 08-Jan-2016

57 views

Category:

Documents

10 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

perkembangan arsitektur Candi Singosari

TRANSCRIPT

  • Kerajaan Singasari

  • PROGRAM STUDI TEKNIK ARSITEKTURINSTITUT TEKNOLOGI ADHI TAMA SURABAYA2014

  • Pokok MateriAwal berdirinyaRaja-raja yang memerintahMasa KejayaanRuntuhnya KerajaanPeninggalan Kerajaan

  • Kerajaan Singasari bermula dari daerah Tumapel (sebelah timur Gunung Kawi ). Daerah tersebut sangat luas dan subur. Semula Tumapel berada dibawah pemerintahan Akuwu Tunggul Ametung. Namun kemudian Tunggul Ametung dibunuh oleh Ken Arok. Pada Tahun 1222 Masehi, Ken Arok mampu mengalahkan Kertajaya, Raja Kediri, sehingga Kediri berada di bawah dikekuasaan Ken Arok. Wilayah Tumapel pun menjadi semakin luas. Akhirnya nama kerajaan diubah menjadi Kerajaan Singasari. Sampai akhirnya Kerajaan Singasari memiliki Raja Kertanegara sebagai raja yang ke-5 . Awal Berdirinya Kerajaan Singasari

  • Letak Candi SingasariCandi singhasari / singasari adalah salah satu candi yang berada di Kabupaten Malang,Jawa Timur. Candi Singasari adalah candi bersejarah peninggalan kerajaan Singasari dan merupakan candi hindu budha . Candi ini berlokasi di desa Candirenggo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang ( sekitar 10km dari kota malang ) terletak pada lembah di antara pegunungan Tengger dan gunung Arjuna di ketinggian 512m dari permukaan laut. ( Sumber : Mengenal Candi Anandita F.P ). Candi ini merupakan kuil siwa yang besar dan tinggi. Dahulu termasuk dalam kompleks singosari lama. Candi ini juga dikenal dengan nama Candi Cungkup atau Candi Menara, nama yang menunjukkan bahwa Candi Singasari adalah candi yang tertinggi pada masanya, setidaknya dibandingkan dengan candi lain di sekelilingnya. Akan tetapi, saat ini di kawasan Singasari hanya candi Singasari yang masih tersisa, sedangkan candi lainnya telah lenyap tak berbekas. ( Sumber : Aneka Candi kuno Drs. R. Soetarno )

  • Raja Yang Memerintah1) Ken Arok. Ken Arok menjadi raja Singasari setelah membunuh Tumapel Tunggul Ametung dan menaklukkan Kerajaan Kediri tahun 1222 di Ganter. Ken Arok sebagai pendiri dan raja pertama di Singasari yang bergelar Sri Ranggah Rajasa Sang Amurwabhumi, kemudian keturunannya terkenal dengan sebutan wangsa Rajasa.

  • 2) Anusapati (anak Tunggul Ametung - Ken Dedes)Anusapati menjadi raja Setelah membunuh Ken Arok (ayah tirinya), dengan menyuruh seorang pengalasan (budak). Anusapati memerintah pada tahun 1227-1248 M. Setelah meninggal, Anusapati dicandikan di Candi Kidal dekat kota Malang sekarang. Ia memiliki seorang anak bernama Ranggawuni.

  • 3) Tohjaya (anak Ken Arok - Ken Umang). Tohjaya menjadi raja setelah membunuh Anusapati. Tahun 1248 timbul pemberontakan yang dilancarkan oleh : * Ranggawuni (anak Anusapati). * Mahisa Campaka (anak Mahisa Wongaleleng atau cucu Ken Arok dan Ken dedes)Ia berhasil melarikan diri namun meninggal di daerah Katang Lumbang akibat luka-luka yang dideritanya

  • 4) Ranggawuni. Bergelar Sri Jaya Wisnuwardhana 1248 - 1268. Wisnuwardhana memerintah Singasari bersama-sama Mahisa Cempaka sebagai Ratu Anggabaya, yaitu pejabat tinggi yang bertugas menanggulangi bahaya yang mengancam kerajaan, gelarnya Narasinghamurti.

  • 5) Kertanegara. Bergelar Srimaharajadhiraja Sri Kartanegara (1269 I292), merupakan raja Singasari yang terbesar. Tahun 1275 dikirimnya ekspedisi Pamalayu. Daerah-daerah yang ditaklukkannya antara lain Bali, Pahang, Sunda, Bakulapura (Kalimantan Barat Daya) dan Gurun (Maluku) serta mengadakan hubungan persahabatan dengan Jaya Singawarman - Raja Campa. Tahun 1292 di taklukan oleh Jayakatwang dari Kediri.

  • Masa Kejayaan

    Kertanegara adalah raja terakhir dan raja terbesar dalam sejarah kerajaan singasari, ia adalah raja pertama yang mengalihkan wawasannya ke luar jawa. Kertanegara juga mengadakan ekspedisi menaklukan Bali. Faktor pendorong kebesaran Singasari : 1. Memperkuat angkatan perang 2. Mengadakan politik luar negeri 3. Mengajak kerja sama lawan politiknya 4. Wilayahnya subur

  • KeruntuhanKerajaan singasari yang sibuk mengirimkan angkatan perangnya ke luar jawa, akhirnya mengalami keropos di bagian dalam. Pada tahun1292 terjadi pemberontakan Jayakatwang, bupati gelanggelang, yang merupakan sepupu, sekaligus ipar,sekaligus besan dari Kertanegara sendiri. Dalam serangan itu Kertanegara mati terbunuh. Setelah runtuhnya singosari, Jayakatwang menjadi raja dan membangun ibu kota baru di Kediri. Riwayat kerajaan Tumapel-Singasari pun berakhir.

  • CANDI SINGASARICandi singasari mempunyai bentuk tinggi dan ramping yang merupakan ciri kas candi jawa timur yang berdiri di atas batur berdenah bujur sangkar dan polos berukuran 13,84m2 .pada candi singosari terdapat bilik dan penampil penampil pada siap sisinya. Hal tersebut menjadi keunikan candi singgosari di banding candi lainnya. Bentuk bangunan Candi Singosari sendiri bisa dibilang istimewa, karena candi itu seolah-olah mempunyai 2 tingkatan. Seharusnya bilik-bilik candi berada pada bagian badan candi, pada Candi Singosari justru terdapat pada kaki candi.

  • Arsitektur di candi SingasariBilik bilik yang berada pada kaki candi menjadikan keunikan candi singosari dibanding candi lainya (Sumber : Candi Pra-MAJAPAHIT Daniel Agus Maryanto )

  • Arca Agastya dibagian selatan candi terdapat arca Resi Guru yang biasa terkenal dengan sebutan Resi Agastya. Namun saat ini hanya tinggal arca Resi Agastya saja, Sedangkan arca lainya sudah dibawa ke Leidan Belanda. ( Sumber : Candi Pra-MAJAPAHIT Daniel Agus Maryanto ).

  • Candi singgosari di bangun tinggi seperti menara dengan dasar tinggi ,cella kecil; pintu masuk berhias patung kala pada pintu dan tangga, hanya motif yang serupa garis-garis dan salur salur bungga

  • Di sebelah barat Candi Singasari 200 meter, di situs tersebut terdapat sepasang arca Dwarapala, konon erat kaitanya dengan Kerajaan Singasari. Sepasang arca Dwarapala ini terbuat dari sebongkah batu monotik yang sangat besar, tinggi arca Dwarapala 3,70 meter dengan posisi gada ( senjata ) menghadap ke bawah, ini menunjukkan meskipun penjaganya raksasa tetapi masih ada rasa kasih sayang terhadap semua makhluk hidup dan ungkapan selamat datang bagi semuanya. Pada masa lalu, arca Dwarapala berfungsi sebagai simbol penjaga pintu gerbang Kerajaan Singasari

View more