buku panduan aicis 2015

40
PANDUAN

Upload: lyhanh

Post on 13-Jan-2017

280 views

Category:

Documents


12 download

TRANSCRIPT

PANDUAN

KERJASAMA

DIREKTORAT PENDIDIKAN TINGGI ISLAMDIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN ISLAM

KEMENTERIAN AGAMA RIDENGAN

IAIN MANADO

Manado, 3 – 6 September 2015

Panduan AICIS XV

2

Panduan AICIS XV2015

3

Panduan AICIS XV2015

Panitia MenyapaMuhammad Zain & YasinAssalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Pada setiap acara Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS), panitia selalu berharap untuk sukses AICIS. Sukses AICIS setidaknya ditandai oleh dua hal. Pertama, sukses pelaksanaan, dan kedua, sukses pelaporan.

Sukses pelaksanan meliputi hospitality yang baik dan dengan standar yang baku. Setiap tamu diberi informasi yang memadai lewat website AICIS atau surat menyurat serta pelayanan penjemputan, service di hotel, pemilihan hotel yang tepat, pemberian souvenir yang berkesan, festival budaya daerah dan bazar AICIS. Tahun ini untuk meningkatkan hospitality juga ada AICIS online dan Whatsapp (WA) AICIS. Hal ini dimaksudkan agar participant dan komunitas akademik yang tertarik kepada AICIS dapat menerima informasi, kritik dan saran untuk perbaikan AICIS ke depan. Bahkan para peserta dan participant diharapkan dapat memesan hotel sendiri sesuai dengan selera masing masing. WA AICIS tahun 2015 ini dimaksudkan agar komunikasi, koordinasi dapat berjalan dengan baik. Sukses AICIS juga sangat ditentukan oleh kecepatan dan keakuratan informasi. Hampir semua panitia pusat dan daerah terus berkomunikasi pada setiap harinya pada hitungan menit bahkan perdetiknya. Komentar-komentar konstruktif terus berseliweran di WA AICIS. Prof. Dr. Amsal Bakhtiar, selaku Direktur pun pada setiap harinya memantau perkembangan AICIS lewat WA. Kecepatan informasi dan keakuratannya sangat membantu dalam pengambilan keputusan yang cepat dan tepat. Tahun ini diupayakan juga akan diterbitkan video AICIS lewat Youtube. Selanjutnya, sukses pelaporan meliputi dokumentasi kegiatan dan pelaporan keuangan. Pada setiap tahunnya panitia selalu meliput dan mendokumentasikan seluruh kegiatan AICIS, baik kegiatan inti maupun pendukung. Seluruh paper keynote speech, nara sumber pleno, pembicara pada parallel session dan poster session diupayakan untuk diterbitkan. Tahun ini juga diupayakan seluruh paper dimuat online. Sukses pelaporan juga sangat ditentukan oleh laporan keuangan. Bahwa seluruh kegiatan AICIS mulai dari rapat koordinasi tim, review paper, upacara pelaksanaan AICIS, honor nara sumber seluruhnya mengacu pada ketentuan SBU (standar biaya umum) Kementerian Keuangan atau peraturan perundang-undangan yang berlaku. Akhirnya, saya mengucapkan terima kasih kepada Direktur Diktis yang selalu memberikan arahan dengan “guyonan segar” dan memutuskan setiap persoalan dengan “kepala dingin”. Terima kasih kepada Rektor IAIN Manado, Dr. Hj. Rukmina Gonibala, Dr. Yusno Otta, dan seluruh panitia Manado. Terima kasih kepada Mas Ivan, Mas Amri, Mas Adib, Pak Mustakim, Mbak Rini Rizki, Pak Ahmad, Mbak Ida Miladi, Mbak Mira, Bu Sri, Pak Simon, Pak Soleh, Mas Sahuri, dan Adik Ali. Mereka adalah tim kreatif yang mendesain program-program AICIS. Salam AICIS!Wassalamu ‘alaikum warahmatullah wabarakatuh.

Jakarta, 24 Agustus 2015

4

Panduan AICIS XV2015

Salam Direktur DiktisProf. Dr. H. Amsal Bakhtiar, MA

Assalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Annual Conference on Islamic Studies (ACIS) yang sekarang bernama Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) adalah forum tahunan bagi para peminat kajian keislaman dan keindonesiaan. Tidak

terasa AICIS telah memasuki usia yang ke-15 tahun. Dalam kurun waktu tersebut, telah banyak rumusan dan rekomendasi yang dihasilkan untuk pengembangan keilmuan dan keislaman pada khususnya.

Tema AICIS tahun 2015 kali ini adalah Harmoni in Diversity: Promoting Moderation and Preventing Conflicts in Socio-Religious Life. Tema ini berkait kelindan dengan kondisi dan situasi negara kita dewasa ini.

Untuk penyelenggaraan AICIS, kami percayakan IAIN Manado sebagai tuan rumah. Pemilihan Manado sebagai tempat penyelenggaraan AICIS tentulah didasari pada pemikiran bahwa Manado dalam aspek historis dan geografis memiliki keragaman budaya, agama, dan etnis. Kota Manado sebagai kota multi-kultural dan multi-etnik sangat menarik karena sampai sekarang masih hidup berdampingan dan damai. Bingkai kebhinnekaan terajut dengan apik di Negeri Nyiur Melambai. Torang Samua Basudara !.

Atas nama panitia, kami mengucapkan terima kasih kepada Rektor IAIN Manado, dan seluruh jajarannya, civitas akademika, para mahasiswa yang telah bekerja keras dan berkontribusi untuk menyukseskan AICIS tahun ini.

Terima kasih kami sampaikan kepada Tim Steering Commitee dan Organizing Commitee baik pusat maupun daerah yang terus-menerus berkoordinasi, berdiskusi dalam menyiapkan content akademik penyelenggaran AICIS. Wabil khusus, kami mengucapkan terima kasih kepada Subdit Pengembangan Akademik dan seluruh JFU yang terlibat langsung dan sebagai leading sector AICIS. Saya tahu, menyelenggarakan suatu event yang berskala internasional dan melibatkan banyak pihak bukanlah pekerjaan mudah. Untuk suksesnya AICIS, tentulah membutuhkan energi, pikiran, dan waktu serta fokus dari semua pihak.

Sekali lagi kami mengharapkan AICIS kali ini dapat melahirkan rumusan-rumusan yang genuine yang dapat memberikan kontribusi untuk pengembangan studi Islam, Studi agama- agama, dan resolusi konflik di Indonesia dan dunia internasional.

Terima kasih dan selamat berkonferensi.

Wassalamu ‘alaikum warahmatullah wabarakatuh.

Jakarta, 24 Agustus 2015

5

Panduan AICIS XV2015

Pengantar Direktur Jenderal Pendidikan IslamProf. Dr. Phil. H. Kamaruddin Amin, MA

Assalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh AICIS (Annual International Conference on Islamic Studies) merupakan wadah dan media untuk membangun intellectual networking bagi para dosen, peneliti dan pengkaji Islam. Melalui program ini, para dosen, dan peneliti, diharapkan dapat mengaktualisasikan gagasan, pikiran dan temuan-temuan terbarunya untuk didebat dan diuji oleh komunitas akademik.

Dengan perhelatan ini, mereka dapat saling memperkaya gagasan, dan saling menyapa. Tidak seperti yang dulu-dulu, meneliti sendiri, membaca sendiri, dan menerbitkan sendiri. Hasil-hasil penelitian, disimpan rapi dalam ruang-ruang pengap dan sunyi. Tidak dibaca dan tidak dikritik. Tidak didialogkan. Para peneliti asik dengan sendirinya. mereka asyik dengan dunianya sendiri. AICIS diharapkan dapat memperkuat konsorsium ilmu terutama untuk penguatan dan pengembangan integrasi ilmu sangat penting dan merupakan amanah Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. Hal mana Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam harus mengembangkan integrasi ilmu, agama dan sains. AICIS juga dimaksudkan untuk membangun jejaring intelektual bagi dosen, untuk penguatan lembaga maupun untuk peningkatan kapasitas intelektual. Mungkin saja para dosen dapat melakukan joint research dengan para peneliti dalam dan luar negeri. Joint research ini penting, apalagi untuk membangun jurnal terakreditasi nasional maupun internasional. Itulah sebabnya, AICIS pada setiap tahunnya selalu mengundang dan menghadirkan nara sumber dalam dan luar negeri. Saya berharap paper yg dipresentasikan, baik pada parallel session maupun poster presentation agar dicetak, diterbitkan dan di-online-kan. Hal ini dimaksudkan agar temuan-temuan terbaru AICIS dapat dinikmati dan dibaca oleh komunitas akademik dan masyarakat luas. Agar spektrum AICIS tidak saja dinikmati oleh kalangan sendiri tetapi juga diapresiasi oleh dunia akademik yang lebih luas. AICIS diharapkan dapat merangsang komunitas akademik agar terus memiliki spirit untuk meneliti, mengembangkan ilmu, dan menemukan teori-teori baru dalam bidang ilmu yang digelutinya. Akhirnya, kami mengucapkan terima kasih kepada Menteri Agama Republik Indonesia yang setiap acara AICIS memberikan perhatian, dan selalu menyempatkan waktu untuk membuka forum AICIS. Terima kasih kepada Gubernur Sulawesi Utara, Dr. S.H. Sarundajang yang telah memberi dukungan penuh terhadap suksesnya pelaksanaan AICIS ke-15 di Manado. Terima kasih kepada Rektor IAIN Manado dan seluruh jajarannya atas kerja kerasnya. Terima kasih kepada Direktur Pendidikan Tinggi Islam yang telah mengkoordinasi seluruh program AICIS, sehingga dapat terlaksana dengan baik. Terima kasih kepada seluruh panitia pusat dan daerah. Terima kasih kepada nara sumber, tamu undangan, partisipan, peminat kajian keislaman yang telah ikut menyemarakkan AICIS ke-15. Selamat dan sukses AICIS.Wassalamu ‘alaikum warahmatullah wabarakatuh.

Jakarta, 24 Agustus 2015

6

Panduan AICIS XV2015

BAGIAN KESATUPENDAHULUAN

Nama Kegiatan, Waktu dan Tempat Pelaksanaan• Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) XV Tahun 2015;

• AICIS XV dilaksanakan pada tanggal 3 – 6 September 2015 bertempat di Hotel Sintesa Peninsula, Manado, Sulawesi Utara.

Tema dan SubtemaTema AICIS XV tahun 2015 di Manado adalah: “Harmony in Diversity: Promoting Moderation and Preventing Conflicts in Socio-Religious Life“, dengan subtema:1. Education, Citizenship, and Peace Building;2. Legal Perspective: The Flexibility of Maqasid Al-Sharia for Promoting Moderation Islam;3. Theology in The Dynamics of Religious Pluralism;4. Social and Political Dimensions of Religion and Modernity;5. Toward Economic Dimensions of Peace and Harmony;6. The Psychological Aspects of Religious Life;7. Science and Technology for Peace Building;8. Communication and Outreach Activities.

Rangkaian Kegiatan

Upacara Pembukaan (Opening Ceremony)

Upacara pembukaan dilaksanakan di Hotel Sintesa Peninsula, Manado, Sulawesi Utara, dihadiri oleh seluruh peserta AICIS XV dan para undangan. Kegiatan AICIS XV akan dibuka oleh Menteri Agama RI dan dimeriahkan dengan pementasan seni dan tari daerah.

Pembicara Kunci (Keynote Speaker)

Keynote Speech akan disampaikan oleh:1. Dr. Hc. K.H. Hasyim Muzadi (Wantimpres);2. Prof. Dr. Barney Glover (Vice Chancellor Western Sydney University).

7

Panduan AICIS XV2015

Sesi Pleno (Plennary Session)

AICIS XV menggelar 4 (empat) sesi pleno dengan pembicara dari dalam dan luar negeri yang akan mempresentasikan antara 16 s/d 20 makalah, sebagai berikut:

No Pleno Topik Narasumber Moderator/Pembahas Ruang

1 Sesi 1 Harmony in Diversity: Contemporary Thought on Inter-Religious Dialogue

Prof. Dr. Phillip Buckley (Mc Gill University)Dr. Richard Sewu (Rektor UKI Tomohon)Prof. Dr. Nadirsyah Hosen (Monash University)Kevin Fogg, Ph.D (Oxforf University)Dr. Haidar Baqir, MA

Prof. Mujiburrahman, Ph.D

Ballroom Hotel Sintesa Peninsula

2 Sesi 2 Cross Cultural Comparisons of Peace Building

Prof. Dr. Riaz Hasan (Director International Center for Muslim and Non Muslim, UNISA South Australia)Prof. Dr. Kevin Dunn (Dean of School Social Science and Psychology, Western Sydney University)Sulaiman Mapiasse, Ph.D (IAIN Manado)Syamsul Maarif, Ph.D (CRCS UGM)

Ayang Utriza, Ph.D (UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta)

Ballroom Hotel Sintesa Peninsula

3. Sesi 3 Harmony in Diversity: Social and Political Dimension of Religion and Modernity

Prof. Dr. Robert W Hefner (Boston University, USA)

Prof. Dr. Nawal (Canberra University)Ali Muhanif, Ph.D (UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta)Prof. Dr. Karel Steenbrink (Netherland)

Wahyudin Halim, Ph.D (UIN Alauddin Makassar)

Ballroom Hotel Sintesa Peninsula

4 Sesi 4 Building Sustainable Future for Islamic Higher Education

Prof. Dr. Imam Suprayogo, MA (UIN Malang)Prof. Dr. Kadarsyah Suryadi (Rektor ITB)Prof. Dr. Jamhari, MA (UIN Jakarta)Madjid Fauzi Abu Gazali, Ph.D (Yordania)

Prof. Dr. Akh. Muzakki (UIN Surabaya)

Ballroom Hotel Sintesa Peninsula

8

Panduan AICIS XV2015

Penghargaan Pemakalah Terbaik Paralel Session

Di akhir kegiatan AICIS pada acara penutupan akan diumumkan penerima penghargaan pemakalah terbaik AICIS XV tahun 2015. Pemakalah terbaik akan menerima bantuan dari Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Ditjen Pendidikan Islam tahun 2015.

Closing Remark dan Closing Ceremory

1. Dr. (HC) K.H. Mustofa Bisri;2. Rektor IAIN Manado;3. Direktur Pendidikan Tinggi Islam;4. Dirjen Pendidikan Islam.

Sesi Paralel (Paralel Session)

100 pemakalah dari dalam dan luar negeri akan mempresentasi kan studi/paper terpilih dengan tema dan subtema sebagai berikut:

No Paralel Sub Tema Moderator Ruang

1 Paralel 1 Education, Citizenship, and Peace Building

Delmus Puneri Salim, Ph.D(Sesi 1 dan 3),Anwar Ambary, Ed.D(Sesi 2 dan 4)

2 Paralel 2 Legal Perspective: The Flexibility of Maqasid Al-Sharia for Promoting Moderation Islam

Sahiron Syamsuddin, Ph.D(Sesi 1 dan 3),Srifani Simbuka, E.Edu, (TESOL), M.Hum.(Sesi 2 dan 4)

3 Paralel 3 Theology in The Dynamics of Religious Pluralism

Dr. Khamami Zada(Sesi 1 dan 3),Dr. Hasse(Sesi 2 dan 4)

4 Paralel 4 Social and Political Dimensions of Religion and Modernity

Suprapto, Ph.D(Sesi 1 dan 3),Dr. Gaedah Bachmid, MA(Sesi 2 dan 4)

9

Panduan AICIS XV2015

5 Paralel 5 Toward Economic Dimensions of Peace and Harmony

Uzair Fauzan, Ph.D(Sesi 1 dan 3),Dr. Kamajaya Alkatuuk, M.Sc.(Sesi 2 dan 4)

6 Paralel 6 The Psychological Aspects of Religious Life

Deni Hamdani, Ph.D(Sesi 1 dan 3),Andri Lundeto, M.Pd.I(Sesi 2 dan 4)

7 Paralel 7 Science and Technology for Peace Building

Arif Zamhari, Ph.D(Sesi 1 dan 3),Kartini, Lc, M.Pd(Sesi 2 dan 4)

8 Paralel 8 Communication and Outreach Activities

Imas Maesaroh, Ph.D(Sesi 1 dan 3),Dr. Yusno Abdullah Otta, M.Ag.(Sesi 2 dan 4)

Forum Pimpinan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI)

Forum ini adalah forum pertemuan seluruh pimpinan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) serta para Direktur Program Pascasarjana (PPs) se-Indonesia yang bertujuan untuk mendiskusikan dan menuangkan gagasan yang terkait dengan pengembangan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) di Indonesia.

Bedah Buku Pre-ConferenceBedah buku akan diisi oleh:1. Dr. Muhammad Zain (Pengantar/Pendamping);2. Prof. Dr. Jasser Auda, MA (Hukum Islam itu Manusiawi sebuah Pendekatan

Maqashid Syariah, 2015);3. Prof. Dr. Amin Abdullah, MA (Pembahas);4. Dr. Haidar Bagir, MA (Pembahas);5. Arskal Salim, Ph.D (Contemporary Islamic Law in Indonesia: Sharia and Legal

Pluralism, 2015);6. Delmus P. Salim, Ph.D (Islamic Regulations in West Sumatra, 2015).

10

Panduan AICIS XV2015

Poster Session

1. Poster session adalah sesi presentasi dalam bentuk poster yang memuat metodologi dan ringkasan hasil penelitian, yang diselenggarakan di ruang terpisah dengan sesi paralel dan pleno;

2. Poster dan kelengkapannya disiapkan oleh masing-masing peserta meliputi (standing banner ukuran tinggi 160 cm, lebar 60 cm, termasuk rangka kawat penyangga). Panitia hanya menyiapkan ruang khusus untuk kelancaran kegiatan dimaksud;

3. Peserta poster session adalah dosen/peneliti yang dipilih dari penulis artikel non pemakalah paralel, namun artikelnya dinyatakan layak untuk dipublikasikan dalam AICIS 2015.

Tim Pengarah/Pendamping:

1. Prof. Wan Jamaluddin;2. Muhammad Imran, Lc., M.Phi.

AICIS Expo (Pameran Pendidikan dan Bazar)

Expo ini adalah ajang pameran potensi dan karya akademik atau hasil penelitian terbaru dosen dari Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI), dan lembaga pendidikan lainnya. Sejalan dengan Program 5000 (lima ribu) Doktor, AICIS XV juga mengakomodasi pameran pendidikan oleh beberapa universitas luar negeri.

Selain itu, Expo ini menjadi ajang promosi dan penjualan produk dan jasa perusahaan/lembaga usaha serta hasil kerajinan, makanan dan produk unggulan di wilayah Provinsi Sulawesi Utara.

Kategori Undangan dan Peserta

1. Kategori Undangan: Menteri Agama RI; Pejabat Eselon I Kementerian Agama RI; Pejabat Eselon II Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI; Pejabat Eselon III Diktis dan Setditjen Pendidikan Islam; Komisi VIII DPR RI; Kementerian/Lembaga terkait pusat dan Provinsi Sulawesi Utara;

11

Panduan AICIS XV2015

Negara Anggota MABIMS; Dubes Negara ASEAN; Majelis Ulama Indonesia (MUI) se-Provinsi Sulawesi Utara; Forum Komunikasi antar Umat Beragama (FKUB) Provinsi Sulawesi

Utara; Organisasi sosial keagamaan se-Provinsi Sulawesi Utara; Tokoh agama dan tokoh masyarakat Sulawesi Utara; Undangan lainnya.

2. Kategori Pimpinan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) Rektor UIN, IAIN, Ketua STAIN, dan Ketua STAI; Wakil Rektor UIN, IAIN, Wakil Ketua STAIN; Guru Besar Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) dan

Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS); Direktur Pascasarjana PTKIN dan PTKIS se-Indonesia.

3. Kategori Pembicara Pembicara Pleno; Pemakalah Paralel; Poster session.

4. Kategori Partisipan

Dosen, peneliti dan penulis utusan PTKIN/PTKIS dari seluruh Indonesia;

Mahasiswa dan alumni pascasarjana di lingkungan PTKIN dan PTKIS;

Para peminat dan penggiat kajian studi keislaman.

12

Panduan AICIS XV2015

BAGIAN KEDUAKETENTUAN-KETENTUAN

Ketentuan Peserta

1. Jumlah dan Kuota Peserta

Dalam rangka menjaga suasana kegiatan yang kondusif, maka dibuat ketentuan jumlah dan kuota peserta AICIS XV sebagai berikut:

KATEGORI ASAL PESERTA JUMLAH

Undangan 1. Duta Besar Negara ASEAN 6

3. Komisi VIII DPR 4

4. DPRD Provinsi Sulawesi Utara 4

5. Kementerian Agama: 197

a. Pejabat Eselon I Kemenag 7

b. Pejabat Eselon II (Pendis) 5

c. Pejabat Eselon III (Pendis) 20

d. Panitia Pengarah/SC 15

e. Panitia Pelaksana/OC (Pusat & Daerah) 150

6. Lembaga/Organisasi Provinsi Sulawesi Utara 100

Pimpinan PTKIN 7. Unsur PTKIN 414

a. Rektor/Ketua 55

b. Wakil Rektor/Wakil Ketua 165

c. Direktur Pascasarjana 18

d. Guru Besar 150

e. Kopertais 26

13

Panduan AICIS XV2015

Pimpinan PTKIS 8. Unsur PTKIS 90

a. Rektor/Ketua 25

b. Direktur Pascasarjana 15

c. Guru Besar 50

Narasumber 9. Unsur Narasumber 237

a. Keynote Speaker 4

b. Pembicara Pleno (Plennary Session) 24

c. Pemakalah Paralel (Parallel Session) 100

d. Poster Session 85

e. Moderator Pleno dan Paralel 24

JUMLAH 1.052

Partisipan Dosen, peneliti dan penulis utusan PTKI dari seluruh Indonesia; 250

Mahasiswa dan alumni pascasarjana di lingkungan PTKI; 150

Para peminat dan penggiat kajian keislaman. 100

JUMLAH 1.552

2. Kewajiban dan Hak Peserta

Kewajiban Peserta:a. Melakukan pendaftaran dan mendaftar ulang (her-registrasi) sesuai

dengan ketentuan dan prosedur pendaftaran;b. Menyerahkan seluruh dokumen yang ditentukan (Surat Tugas, SPPD, dan

lain-lain);c. Menghadiri seluruh rangkaian kegiatan yang ditetapkan;d. Hadir minimal 15 menit sebelum acara dimulai;e. Membayar seluruh pembiayaan sesuai ketentuan yang telah ditetapkan.

Hak Peserta:

a. Memperoleh fasilitas dan layanan sesuai ketentuan;b. Mengikuti seluruh kegiatan sesi pleno dan paralel sesuai minat peserta.

14

Panduan AICIS XV2015

3. Waktu dan Tata Cara Pendaftaran (registrasi)

Seluruh calon Peserta (Parallel Session, Poster Session, dan Partisipan) dapat melakukan pendaftaran secara online melalui laman http://aicis-iainmanado.ac.id sejak pengumuman ini. Her-registrasi peserta/partisipan dan penyelesaian administrasi selambat-lambatnya s.d hari Kamis, 3 September 2015 sebelum acara dimulai di tempat acara (Hotel Sintesa Peninsula.).

Contact Person (IAIN Manado): Sdr. Muliadi Nur (HP: 0852 5588 3438)

4. Ketentuan Her-registrasia. Seluruh peserta wajib melakukan pendaftaran ulang (her-registrasi)

sesuai dengan kategori peserta;b. Pendaftaran dilakukan di meja (desk) sesuai kategori masing-masing

peserta;

c. Menyerahkan dokumen yang telah ditentukan sesuai kategori masing-masing peserta;

d. Mengisi formulir pendaftaran dan menyerahkan kembali ke bagian registrasi;

e. Waktu registrasi: Kamis, 3 September 2015 pukul: 09.00 – 17.00 WITA;

f. Mengikuti seluruh prosedur pendaftaran.

5. Fasilitas dan Layanan

a. Narasumber (pembicara pleno paralel, keynote speaker dan moderator) akan mendapatkan biaya transportasi (sesuai ketentuan), akomodasi hotel, seminar kit dan konsumsi selama kegiatan;

b. Khusus pemakalah paralel, pembelian tiket pesawat dari daerah asal ke Manado (PP) akan dilakukan oleh panitia.

Contoct Person (IAIN Manado): Sdr. Junaidi Lababa (HP: 0821 9190 4580) dan Sdr. Anto (HP: 0813 4299 8948);

c. Rektor/Ketua/Direktur Pascasarjana, Guru Besar, pemakalah kategori Poster Session, Partisipan dan peserta undangan dari unsur Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) menanggung sendiri biaya transportasi, akomodasi dan konsumsi selama kegiatan berlangsung.

15

Panduan AICIS XV2015

6. Seminar Kit

Seminar Kit terdiri dari ID Card, flashdisk, makalah, panduan kegiatan, ATK, dan sertifikat peserta.

Ketentuan Akomodasi Hotel dan Konsumsi

1. Akomodasi Hotel

Seluruh peserta (partisipan dan poster session) agar dapat melakukan booking kamar hotel secara langsung dengan pihak hotel (daftar hotel terlampir).

2. Konsumsi Peserta

a. Panitia menanggung konsumsi Narasumber (Dalam dan Luar Negeri), Pemakalah Paralel Session, Moderator, dan Tamu Undangan;

b. Seluruh partisipan, pemakalah poster session dan utusan PTKI atau lembaga lainnya menanggung biaya konsumsi selama kegiatan berlanagsung tanggal 3 sampai dengan 6 September 2015 (4 hari);

c. Biaya konsumsi sejumlah Rp.750.000,- (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah) per orang diserahkan langsung ke pihak Hotel Sintesa Peninsula pada saat her-registrasi.

Catatan: Partisipan yang ikut sesi paralel di Hotel Aston, makan siang dan makan malam disediakan di Hotel Sintesa Peninsula.

3. Distribusi Hotel/Penginapan

Nama Official Hotel Kategori Tamu Kapasitas

Hotel Sintesa Peninsula

Khusus Undangan, Pembicara Pleno, Rektor/Ketua PTKI, Direktur Pascasarjana, OC, SC, dan Moderator

+/- 300 tamu

Hotel Aston Khusus Pemakalah Paralel* +/- 100 tamu

Grand Central Warek/Waka, Guru Besaar, dan Poster Session +/- 200 tamu

Hotel lainnya Partisipan dan Poster Session +/- 500 tamu

Peserta kategori partisipan dan poster session harap melakukan booking kamar hotel secara langsung ke pihak hotel, (daftar dan nomor telepon hotel terlampir).

16

Panduan AICIS XV2015

Ketentuan Transportasi dan Mobilitas

1. Ketentuan Biaya Transportasi

a. Panitia akan mengganti biaya transportasi pulang dan pergi (return ticket) undangan pejabat pusat, pembicara pleno, pembicara paralel, dan moderator;

b. Khusus bagi pembicara paralel, pemesanan dan pembelian tiket perjalanan dari daerah asal ke Manado dan sebaliknya dilakukan oleh panitia;

c. Rombongan pimpinan PTKIN/PTKIS (Rektor, Ketua, Warek, Waket dan Guru Besar), Poster Presentation dan partisipan ditanggung oleh masing-masing PTKIN/PTKIS atau lembaga yang mengutusnya.

2. Ketentuan Antar Jemput

a. Panitia menyediakan information desk di Bandara Sam Ratulangi Manado;

b. Panitia menyediakan antar jemput untuk Menteri, Pejabat Eselon I, tamu undangan dan pembicara pleno, dari Bandara ke Hotel Sintesa Peninsula Manado;

c. Panitia memberikan bantuan informasi dan panduan bagi rombongan pimpinan PTKIN/PTKIS, pemakalah Paralel dan partisipan di sentra kedatangan Bandara Sam Ratulangi di Manado.

Ketentuan Konsumsi

Kegiatan Kategori Tempat Waktu Keterangan

Upacara Pembukaan

Undangan, VVIP dan VIP

Balroom Hotel Sintesa Peninsula

18.30 – 19.30 WITA

Tamu VVIP dan VIP transit sekaligus makan malam

Upacara Pembukaan

Peserta AICIS dan Undangan

Balroom Hotel Sintesa Peninsula

18.00 – 19.30 WITA

Seluruh peserta

Makan Pagi (Breakfast)

Peserta AICIS Hotel masing-masing

06.00 – 07.30 WITA

Seluruh peserta makan sesuai fasilitas masing-masing hotel

Makan Siang (Lunch)

Peserta AICIS Balroom Hotel Sintesa Peninsula

Sesuai rundown acara

Penyedia jasa menyediakan makan siang untuk seluruh peserta

17

Panduan AICIS XV2015

Makan Malam (Dinner)

Peserta AICIS Balroom Hotel Sintesa Peninsula

18.00 – 19.00 WITA

Penyedia jasa menyediakan makan malam untuk seluruh peserta

Coffee break Peserta AICIS Menyesuaikan venue acara

Sesuai rundown acara

Penyedia jasa menyediakan coffe break untuk seluruh peserta AICIS

City TourUntuk mengenalkan potensi wisata di Manado serta dalam rangka meningkatkan kebersamaan dan silaturahmi antar peserta AICIS XV, panitia akan mengadakan City Tour dengan lokasi dan ketentuan yang akan ditetapkan kemudian (kondisional).

Alamat Sekretariat

1. Jakarta

Direktorat Pendidikan Tinggi IslamDirektorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RIJl. Lapangan Banteng Barat 3-4 Jakarta PusatTelp. 021-3812344 Fax. 021-34833981Website: diktis.kemenag.go.id/aicis

2. Manado

IAIN ManadoJalan DR. S.H. Sarundajang Kawasan Ring Road IManado - Sulawesi Utara 95128Telp. (0431) 860616; Fax : (0431) 850774Website: aicis-iainmanado.ac.id

3. Contact Person

Adib Abdushomad, M.Ed. Ph.D. (0877 6484 1888) Dr. Yasin (0813 5688 6953)

18

Panduan AICIS XV2015

DAFTAR MAKALAH/PAPERANNUAL INTERNATIONAL CONFERENCE ON ISLAMIC STUDIES (AICIS) KE-15

TAHUN 2015PEMAKALAH PARALEL

No Penulis Asal Lembaga/Institusi Judul Makalah/Paper1 Dr. Media Zainul

Bahri, MAUIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Depth Theology and Depth Islam: Abraham Joshua Heschel and Abdurrahman Wahid on Religious Pluralism

2 Noryamin Aini UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Inter-religious Marriage in Indonesia: A Sociological Analysis (Rate and Pattern)

3 Akrimi Matswah IAIN Jember Tafsir Kontekstual Terhadap Ayat Tentang Larangan Menjadikan Orang Non-muslim Sebagai Pemimpin: Studi Terhadap Surat Al-maidah Ayat 51

4 Jauharoti Alfin UIN Sunan Ampel Surabaya

Anti-religious Discrimination Literature in Poetic Essay

5 Dr. Abdul Mustaqim UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

De-radicalization in Quranic Exegesis: Re-interpretatioan of “Violence Verses” Toward Peacefull Islam

6 Nur Faizin INKAFA Gresik Dari Nagham Arab Menuju Langgam Nusantara: Menimbang Aksen Tekanan Dua Bacaan Al-quran

7 Iswahyudi STAIN Ponorogo Metode Kritik Syaikh Idahram dalam Trilogi Data dan Fakta Penyimpangan Sekte Salafi Wahabi

8 Dr. Nurasiah, MA UIN Sumatera Utara Medan

Notes on Some Interreligious Marriages Research in Different Countries: Formulating Theoretical Framework to Figuring out the Problem Issues in Indonesian Cases.

9 Muhammad Said Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga

Rethinking Islamic Theology Mengagas Teologi Sosial dalam Konteks Pluralisme dan Multikulturalisme: Persfektif Pemikiran Teologi Fethullah Gulen

10 Jajang A Rohmana UIN Sunan Gunung Jati Bandung

Sundanese Sufi and Religious Diversity in the Archipelago: The Pluralistic Vision of Haji Hasan Mustapa (1852-1930)

11 Muhammad Alifuddin

IAIN Kendari Theology Kalosara: The Relation of Understanding amongFaiths Based on Local Culture in TolakiPuriala Southeast of Sulawesi

19

Panduan AICIS XV2015

No Penulis Asal Lembaga/Institusi Judul Makalah/Paper12 Dr. Muh. Idris M.Ag.

dan Dr. Evra Willya, M.Ag

IAIN Manado The Role of FKUB North Sulawesi Province in Strengthening the Harmony of the Nation

13 Muhiddin Bakry IAIN Sultan Amai Gorontalo

Pandangan Al-mawardhi Tentang Al-akhlaq dalam Kitab Tashil Al-nazhari Wa ta’jil Al-dzafari: Suatu Kajian Filsafat Etika

14 Mohamad Atho Mudzhar and Muhammad Maksum

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Synergy or Conflict of Laws?: The Case of the KHES and the DSN’s fatwas

15 Aidil Novia, Riri Fitria dan Ainul Ihsan

IAIN Imam Bonjol Padang Kontribusi Fiqh Legal Maxim dalam Fatwa-Fatwa Ekonomi Syariah DSN-MUI

16 Muhammad Sholihin

STAIN Curup, Bengkulu The Maqashid Shariah is to Reduce the Exploitation

17 Alfitri IAIN Samarinda Maslaha-cum-maqasid as a Guiding Principle in the Corporate Social Responsibility (CSR) Practice Within Islamic Commercial Bank in Indonesia

18 Dr. phil. Asfa Widiyanto

IAIN Salatiga Female Religious Authority and the Activism in Protecting Religious Minority

19 Muzayyin UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Hermeneutika Hukum Islam Khaleed Abou El Fadl: Sebuah Tawaran Dalam Membendung Otoritarianisme Fatwa MUI

20 Ahmad Dakhoir IAIN Palangkaraya Pluralisme Hukum Penyelesaian Sengketa Harta Bersama Perspektif Muhammad Arshad Al-banjari

21 Dr. Sri Wahyuni, S.Ag., SH., M.Ag., M.Hum

UIN Sunan Kalijaga Indonesian Interreligious Marriage in Foreign Countries: Private International Law Perspective

22 Budi Juliandi, Anizar, dan Muhammad Rusydi

IAIN Langsa Aceh Pergumulan Antar Pranata Ulama Aceh Tamiang dalam Otoritas di Bidang Hukum Islam

23 Sufrin Efendi Lubis IAIN Padangsidempuan ي ضوء السنة النبويةف

نسانية � العالقات الإ

24 Ismail Sulaiman IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa

Muslim Rohingya Refugees (boat people), Obstacles, Adaptation and Communication Challenges with Local People in Aceh: Case Study Rohingya at Camp in Langsa, Aceh

25 Syamsul Arifin Universitas Muhammadiyah Malang

Intelektualisme Islam dan Masa Depan Integrasi Islam dan Sains: Rekonstruksi dan Elaborasi Gagasan Ilmu Sosial Profetik

20

Panduan AICIS XV2015

No Penulis Asal Lembaga/Institusi Judul Makalah/Paper26 Sri Hadijah Arnus,

S.Sos., M.SiIAIN Kendari Penerapan Syariah Jurnalism dalam

Meminimalisir Stereotype Antar Suku di Sulawesi Tenggara

27 Dr.Mashuri Masri, S.Si.,M.Kes

UIN Alauddin Makassar The harmony of Various Biological Perspective (from DNA, Kidney, Evolution of Darwin, Endosymbiosis of Margulis, until Sperm)

28 Miftakhus Surur STEI TAZKIA Bogor The Harmony of Islamic and Conventional Capital Market: An Approach of Vector Error Correction Model

29 Tri Hermawan IAIN Antasari Banjarmasin

Reproduksi Manusia: Mengungkap Isyarat-isyarat Ilmiah dalam Al-quran (Pengkajian Buku Miracles of the Quran Karya Harun Yahya)

30 Muhammad Lufika Tondi, M.Sc

Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang

Penerapan Langgam Arsitektur Cina pada Fasad Bangunan Masjiid di kota Palembang di Masa Lalu dan Masa Sekarang

31 Hamka Hasan dan Zainal Abidin

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

يف

فاكر و املواقف الدينية من خالل التاكمل املعر�أ ال

ف التوسط �

Moderatisme dan Harmoni Pemikiran dan Sikap Keberagamaan dalam Bingkai Integrasi Keilmuan

32 DR. Syofyan Hadi, SS, M.Ag, MA.Hum

IAIN Imam Bonjol Padang طوطات رخبيل: دراسة عن مفأ ال

في �

ف نظرة التواسط العتقادي والصو�

ف شعار الدينية للعملاء امليناناكبوي�يأ ال

33 Dr. H. Faisal Mubarak SE, Lc, M.A

IAIN Antasari Banjarmasin

لسن والثقفات أي البيئات املتعددة ال

فبية � تعل�ي اللغة العر

ندونسيا) إ بية �ب ي واقع تعل�ي اللغة العرف

(دراسة �

34 Dr. Mugiyati, MEI UIN Sunan Ampel Surabaya

Persimpangan Ideologi dalam Investasi Syariah di Pasar Modal: Studi Kasus Investasi Sukuk di Indonesia

35 Prof. Dr. H. Akhmad Mujahidin, M.Ag

UIN Suska Riau Meneropong Kearifan Lokal Sebagai Fundamen Ekonomi dan Perbankan Syari’ah di Indonesia

36 Dr. Siti Amaroh, SE, M.Si

STAIN Kudus Corporate Social Responsibility Expenditure of Islamic Commercial Banks in Indonesia during the Period 2010-2014: Maqasid, Bank Identity, and Public Legitimacy

37 Indah Piliyanti, S. Ag. MSI

IAIN Surakarta Menakar Kinerja Perbankan Syariah di Indonesia Berbasis Maqashid Syariah Index

21

Panduan AICIS XV2015

No Penulis Asal Lembaga/Institusi Judul Makalah/Paper38 Muthoifin IAIN Surakarta Fenomena Hotel Syariah dan Misi Agama:

Studi Efektifitas Eksistensi dan Misi Hotel Syariah di Surakarta

39 DR. M. Ridwan, MA dan Sugianto

UIN Sumatera Utara The Local Wisdom in The Practice of Profit and Lose Sharing (PLS) in The Fishery System: A Study of Islamic Economic Activities in Tapak Kuda Village, District of Tanjung Pura, Langkat Regency, North Sumatera Province

40 Mohamad Anton Athoillah

UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Zakat dan Kemiskinan

41 Harjoni dan Dr. Juniarti

STAIN Malikussaleh Lhokseumawe

Islamic Economics: The Study of the Typology of Currentpractices, Evaluation and Way Forward

42 Shinta Dewianty, MA.Ek

STAIDA Muhammadiyah Garut

Ormas Islam dan Bank Syariah

43 Anas Budiharjo dan Adilla

UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

A Proposed Model for Islamic Agricultural Bank in Indonesia for Socio-economic Development

44 Adrika Fithrotul Aini UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Dialektika Agama: Harmoni dalam Jemaat Ahmadiyah (Studi Living Qur’an dan Konstruksi Damai di Kelurahan Gondrong Kenanga Tangerang Banten)

45 Prof. Dr. Ishomuddin, M.Si

Univertas Muhammadiyah Malang

Islam in Shinto Local Value: The Substance of Islamic Culture and Social Valuesin Japanese Culture

46 Khairunnas Rajab UIN Suska Riau Political Conflict Southern Thailand: Sosio-Psychological Effect Moslem Women in Southern Thailand

47 Mahrus, M.Ag. IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Silsilah dan Ajaran Tarekat Syattariyah di Indonesia dan Malaysia dalam Naskah Kuno: Studi atas Koleksi Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI) Jakarta dan Perpustakaan Nasional Malaysia (PNM) Kuala Lumpur

48 Dr. Slamet Muliono R. M.Si

UIN Sunan Ampel Surabaya

Buah Konflik Berkepanjangan Antara Sunni-Syiah: (Studi tentang Menguatnya Militansi Kelompok Syiah dan Merangkai Sebuah Kehidupan Beragama yang Harmoni di Sampang, Madura)

49 Elis Z. Anis UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Experiencing the Sacred Space of the Others Lesson-Learned from the Interfaith Youth Pilgrimage Program

22

Panduan AICIS XV2015

No Penulis Asal Lembaga/Institusi Judul Makalah/Paper50 Yulizar D. Sanrego

& Moch TaufikSTEI TAZKIA Bogor Initiating Fiqh Empowerment (Fiqh Al-

Tamkin) In ThePerspective of Al-Quran andAs-Sunnah: The Initial Stage to Realize Financial Inclusion

51 Al Makin, Ph. D UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta

Bhinneka Tunggal Ika (Harmony in diversity): Exploring an indigenous theology of pluralism based on the roots of classical texts of Nusantara

52 Dr. H. Abdul Mustaqim, M.Ag.

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

De-radicalization inQuranic Exegeses (Re-interpretation of“ Violence Verses” Toward Peaceful Islam)

53 Ah. Fawaid, MA STAIN Pamekasan Mempertimbangkan Tafsir Adil Gender: Studi Kritis Pemikiran “Mufasir” Perempuan tentang Isu-isu Perempuan

54 M. Zulfa IAIN Salatiga Dialog Inklusifistik: Membangun Rasa Kebersamaan dan Saling Pengertian (Studi Kasus pada Majelis PUASA dan FKUB Salatiga)

55 Dr. Mulawarman Hannase, Lc. MA.Hum

PTIQ Jakarta Islamist Ideology and Its Effect on the Global Conflict: Comparative Study between Hamas and ISIS

56 Nuha Muthoifin & Mujiburrohman

IAIN Surakarta Damai Yes! Konflik No! Menggagas Sinergitas dan Harmonitas Antar Kelompok Perspektif Mahfudzat

57 Rini Risnawita, S dan M. Nur Ghufron

STAIN Kediri dan STAIN Kudus

The Relationship Between Personality Dimensions and Religious Tolerance

58 Dr. Muhammad Anang Firdaus, S.Ag., M.Fil.I.

STAIN Al-Fatah Jayapura Rekonstruksi Kerukunan Umat Beragama di Jayapura: Dari Toleransi ke Akseptansi

59 Muhammad Fahmi, S.Pd.I, M.Pd, M.Hum

UIN Sunan Ampel Surabaya

Guru Non-muslim Mengajar di Pesantren: Strategi Menjaga Harmoni dalam Keberagaman Melalui Praktik Toleransi di Pesantren Bali Bina Insani

60 Dr. Kunawi Basyir,M.Ag.

UIN Sunan Ampel Surabaya

Gerakan Civil Soviety Masyarakat Islam-Hindu Denpasar Pasca Bom Bali

61 Cahyo Pamungkas The Indonesian Institute for Sciences (LIPI), Jakarta

Ethno-religious Identification and Social Distancemuslims and Christians: Analysis on Social Identity Theory

62 Dr. Ahmad Choirul Rofiq, M.Fil.I

STAIN Ponorogo Non-muslim Scholars in the Early Abbasids and Their Contribution to the Islamic Civilization

23

Panduan AICIS XV2015

No Penulis Asal Lembaga/Institusi Judul Makalah/Paper63 Maurisa Zinira Universitas Sains Al-

Qur’an, WonosoboThe Rupture of the Brotherhood: Understanding the Dispute Among JI-Affiliated Groups over ISIS

64 Suhadi Sekolah Pascasarjana UGM

Peran dan Tantangan FBNGO Humanitarian Internasional di Indonesia yang Multikultur (Studi atas Muslim Aid dan Catholic Relief Services)

65 Prof. Dr. Abd Rachman Assegaf

UIN Sunan Kalijaga The Roots of Global Islamophobia and its Impact Towords Indonesian Muslims Reponses

66 Dr. Waston, M.Hum Univ Muhammadiyah Surakarta

Building Peace through Mysticism: Study on the Role of Sunan Kalijaga in Java

67 Dr. Syamsul Ma’arif, M. Ag

UIN Walisongo Semarang Islamic Education in Open Society: Cultivating Social Coexistence

68 Prof.Raihani, M.Ed, PhD.

UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Menggagas Pendidikan Multikultural Berbasis Islam

69 Siminto dan Retno Purnama Irawati

IAIN Palangka Raya Perpaduan Student Centered Learning dan Cross Cultural Understanding dalam Pembelajaran Bahasa Asing Bagi Peningkatan Nilai-nilai Moralitas dan Multikultural Siswa

70 Umar Werfete STAIN Jayapura Learning from and Learning about other; Tracing School Space and Cultural Setting at Faith-Based School in Constructing Mutual Tolerant of Different Faiths

71 Muhammad Rusdi Rasyid, M.Pd.I

STAIN Sorong, Papua Barat

Multicultural Education West Papua: Study of Culture and Religion Harmonization in SMPN 3 Sorong

72 Titis Thoriquttyas dan Nita Rohmawati

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Reformulating the Character Education on Islamic Education in Multicultural Society: From Multiculturalism to Nationalism

73 Toto Suharto IAIN Surakarta In Search of Moderate Islamic Education in Indonesia: The Educational Ideas of Muhammadiyah and Nahdlatul Ulama

74 Dr. H. Zainuddin Syarif, M.Ag

STAIN Pamekasan Pendidikan Teologi Inklusif: Konsep dan Aplikasi

75 Reza Fahmi Haji Abdurrachim

Institut Agama Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Social Prejudice and Rebeliance Behavior of Students in Modern Islamic Boarding School Gontor Darussalam, East Java

76 Dr. Muh. Hambali, M.Ag

UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Guru PAI dan Multikultural

24

Panduan AICIS XV2015

No Penulis Asal Lembaga/Institusi Judul Makalah/Paper77 Muhsinin Cholish,

Purwanto, dan Nasiruddin

STITNU AL Hikmah Mojokerto

Pendidikan Multikultural Berbasis Wisata Religi: Interelasi Muslim-Buddhis di Maha Vihara Majapahit Trowulan Mojokerto

78 Suherman IAIN Raden Intan Lampung

Ethnomathematics Exploration as Harmonization Mutlicultural Education on Local Culture Lampung

79 Muhammad Yusuf UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Revitalisasi Peran Ulama dalam Pemberantasan Kejahatan Korupsi: Rekonstruksi Sistem Pendidikan Pesantren

80 Mumtazul Fikri UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Muslim in Non-muslim’s School: Harmony Construction in Islam-Buddha Relation at Christian Methodist College Banda Aceh

81 Andri Ashadi IAIN Imam Bonjol Padang Being a Part Time Muslim:The Imitation of Christian Student to Islamic Identity in Public Space at School

82 Mohamad Sobirin STEBI Al-Muhsin Krapyak Yogyakarta

Kiai Muhaimin: Seeding Pluralism vis-a-vis Preaching Religion in Multicultural Society (An Outreach Activity of Dakwah for Promoting Moderationand Preventing Conflictin Indonesian Socio-Religious Life)

83 Dr. Shinta Dewi Rismawati, SH MH

STAIN Pekalongan Where Are Women in Modern Society: A Study of Women’s Legal Culture of Gender Budgeting in Pekalongan Indonesia

84 Zaprulkhan STAIN SAS Bangka Belitung

Urgensi Pendidikan Multikultural Bagi Harmoni Sosial dalam Pandangan Islam

85 Shafinar Ismail,Abd Halim Mohd Noor, Zunaidah Ab Hasan

Universiti Teknologi MARA Melaka Melaka, Malaysia

Waqf Young Entrepreneur Model

86 Irdas, M.Ag. PhD dan Reflianto, M.Si

IAIN Imam Bonjol Padang Religiosity Social Behavior Typology of Multicultural Society in Maintaining Ethno-religious Harmony in Kampung Pondok of Padang City

87 Jajang Jahroni, PhD UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Bid’ah Controversy and the Negotiation of Public Spheres in Contemporary Indonesian Islam

88 Fahrurrozi IAIN Mataram Tuan Gurus, Religious Preaching, and Social Segregation in Lombok NTB

89 Masykur Wahid IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Resolusi Konflik dan Islam Nusantara: Mempromosikan Dialog Antarbudaya and Rekoginisi Sosial

25

Panduan AICIS XV2015

No Penulis Asal Lembaga/Institusi Judul Makalah/Paper90 Dr Nawal El-Gack University of Canberra,

ACT, AustraliaClimate Change and Community Mitigation Strategies: A Role for Religions

91 Dr. Hj. Fitri Sukmawati, S.Psi, M.Psi, Psikolog

IAIN Pontianak Effectiveness of Picture Exchange Communication System Method (pecs) in Improving Language Ability of Children with Autism

92 Achmad Syahid, Akhmad Baidun, Ikhwan Luthfi, dan Ima Sri Rahmani

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Perilaku Radikal Mahasiswa Perguruan Tinggi Islam: Faktor dan Tendensi Psikologis Mahasiswa UIN Jakarta

93 Dairabi Kamil dan Prof. Kerry J.Kennedy

STAIN Kerinci dan The Hong Kong Institute of Education Hong Kong, SAR

Fighting Corruption Through Education in Indonesia and Hong Kong: Policies, Strategies, and Practices

94 Dr. Ulfah Fajarini, M.Si

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Local Wisdom and Propagation: Islamic Acculturation and Local Religion in Indonesia. Case studies Seren Taun of Sundanese Wiwitan Religion West Java

95 Muhammad Sabri dan Muh. Ikhsan

UIN Alauddin Makassar dan IAIN Kendari

Mainstream Religion, Reason of State and “Understanding diversity”: Considering Philosophia Perennis

Jakarta, 24 Agustus 2015

26

Panduan AICIS XV2015

DAFTAR MAKALAH/PAPERANNUAL INTERNATIONAL CONFERENCE ON ISLAMIC STUDIES (AICIS) KE-15

TAHUN 2015PEMAKALAH POSTER SESSION

No Penulis Asal Lembaga/Institusi Judul Makalah/Paper

1 Rasimin, M.Pd Institut Agama Islam Negeri Salatiga

Islam dan Budaya Lokal: Makna Tradisi Nyadran di Tumang Cepogo Kabupaten Boyolali

2 Muhammad Johan Nasrul Huda

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

“Meaning of Indonesianess Muslim” Imagination of National Identity among Muslim Communities Post-Penetapan Keistimewaan in Yogyakarta

3 Endang Rochmiatun

UIN Raden Fatah Palembang

Re-Aktualisasi Tradisi “Simbur Cahaya”: Upaya Perlindungan dari Ancaman Kekerasan Terhadap Kehidupan Sosial Masyarakat di Sumatera Selatan”

4 Emawati IAIN Palangkaraya Islam dan Tradisi Lokal dalam Bingkai Masyarakat Dayak, Kalimantan Tengah

5 Wiwik Setiyani UIN Sunan Ampel Surabaya

Eklektisisme Islam Indonesia

6 Saidin Ernas IAIN Ambon Politics of Symbol and Social Harmony7 Dr. Yanwar Pribadi,

M.A.IAIN SMH Banten Elections in Madura

8 Moh. Yamin Rumra dan Subair

IAIN Ambon Dialektika Kasta pada Komunitas Islam dalam Arena Politik Lokal: Studi Kasus Masyarakat Kei di Maluku Tenggara

9 Muhammad Makmun, M.Hum.

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

سالمية الدولية: ف كقائد للحضارات الإ �ي تصييغ بسان�ت

اث وحضارة التوسط والتساحم والتعادل) دراسة عن حضارة الكتابة وال�تف �ي ي بسان�ت

ف�)

10 Dr. Arman Husni, Lc., MA

IAIN Bukittinggi ليلية حولت

ت القرآنية (دراسة � �يآ ال

ف املكتشفات العملية احلديثة �

الامسءف

ت املشاهد الكونية � (آ�ي

11 Lalu Supriyadi bin Mujib

IAIN Mataram ونيعنوان املكتب: لك�ت رهاب الإ ت الإ د�يت

ة � ي موا�بف

عالم � دور الإ

ندونيسيا إ سالمية احلكومية �ب جامعة متارام الإ

12 Dr. Surwandono dan Muhammad Zahrul Anam, M.Si

Univ Muhammadiyah Yogyakarta

The Islamic Conflict Resolution Technology

13 M. Nur Ghufron dan Rini Risnawita, S

STAIN Kudus dan STAIN Kediri

Predicting Religious Fundamentalism from Epistemological Belief

27

Panduan AICIS XV2015

No Penulis Asal Lembaga/Institusi Judul Makalah/Paper

14 M. Nurdin Zuhdi Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an (STIQ) An-Nur Yogyakarta

Menyusuri Jejak Living Qur’an dalam Mantra-mantra Orang Rimba: Teori Baru Tentang Penyebaran Islam di Komunitas Suku Anak Dalam di Hutan Rimba Bukit Duabelas, Jambi, Sumatera

15 Dr.Muhammad Wakhid Musthofa, M.Si

Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Analisis Pencegahan Konflik Sosial Agama di Indonesia Berbasis pada Pengembangan Model Matematika Richardson

16 Davy Hendri IAIN Imam Bonjol Padang

Religous Leaders and Their Influence on Conflict Resolution: The Role of Heterogeneity in Communities Structure

17 Nurdin, M.Com.,Ph.D

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu

“My dear brothers in Jihad, I Want to Know How to Make a Bomb” Understanding Radical Discourse on Social Media Sites

18 Fitri Sukmawati IAIN Pontianak Pffectiveness of Picture Exchange Communication System Method (PECS) in Improving Language Ability of Children with Autism

19 Maslikhah, S.Ag., M.Si,

IAIN Salatiga Menjaring Matahari: Kearifan Akademik Terhadap Lingkungan Melalui Paperless Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi

20 1.Salman Al Farisi, 2. Nurizal Ismail

University College of Islamic Economics

The Effect of Maqāṣid-based Development Variables on Economic Erowth Based on Umer Chapra’s Perspective: Case Study 9 Selected of OIC Countries)

21 Haryono Subiyanto IAIN Ternate Implementasi Tradisi Arab Pegon dalam Pembelajaran Kitab Kuning untuk Meningkatkan Pemahaman Keislaman Santri Pondok Pesantren Mamb’aul Ma’arif Denanyar Jombang

22 Syahbudi IAIN Pontianak Kerangka Maqāṣid Al-syarī’ah dan Implikasinya Bagi Kerukunan Umat Beragama (pendekatan dialogisme)

23 Ali Sodiqin UIN Sunan Kalijaga Restorative Justice dalam Tindak Pidana Pembunuhan: Perspektif Hukum Pidana Indonesia dan Hukum Pidana Islam

28

Panduan AICIS XV2015

No Penulis Asal Lembaga/Institusi Judul Makalah/Paper

24 Abdul Halim IAIN Palangka Raya Kalimantan Tengah

Maqâṣid al-Sharî‘ah Sebagai Metode Utama dalam Penetapan Hukum Islam

25 Yazi Dabu اهيمية �ب سالمية الإ امعة الإ واحلب

قية سيتوبندوإجاوا ال�ش

بة الدراسة ر بت

ية املعارصة� ة القضا�ي الف�ت صولي ملعاحلبأوذج التطبيق ال

ف�1

ف “سلفية �ي ملهعد العاليلعملي الفقه وأصوهل فندق فسن�ت جية �ب يةامل�ف الف�ت

قية شافعية” سيتوبندو جاوا ال�ش

26 Dr. Muhamad Shoheh, MA

IAIN Banten Teks Al-Jawāhir Al-Khamsah: Referensi Kekuatan Rakyat Banten dalam Menghadapi Penjajah Belanda Abad XVIII

27 Dr. Fathorrahman, M.Si dan Mukhlis, S.HI., MA

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Corak Amaliah Tasharroful Fatihah Masyarakat NU di Bantul Yogyakarta dan Kontribusinya Bagi Harmonisasi Kehidupan

28 Gunawan Ikhtiono Universitas Ibn Khaldun Bogor

Dualism and Integration System of Education

29 Muhammad Syukri Albani Nasution

Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IAIN Sumatera Utara

Pelaksanaan Hukum Perkawinan dan kehidupan Rumah Tangga pada Masyarakat Muslim Kab. Mandailing Natal Sumatera Utara

30 Aam S. Rusydiana & Abrista Devi

(SMART) Consulting The Islamic Group Lending Model (GLM) and Financial Inclusive: Economic Empowerment as a Source of Harmony

31 Ariza Fuadi, MA. Darwanto, SE., MSI

Islamic Economic Department Diponegoro University Semarang

Strengthening the Culture of Giving Charity in Indonesia: Ulama, Social Entrepreneur, and New Media

32 Dr. Gazali, M.Ag. IAIN Bukittinggi Potensi Ekonomi Umat di Lokasi Makam Syekh Moehammad Yoesoef Tilatang Kamang Kabupaten

33 Muryanti,MA UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Shodaqoh Sampah: Perempuan dalam Pengelolaan Sampah di Dusun Sukunan, Desa Banyuraden, Gamping, DIY

34 DR. Syofyan Hadi, SS, M.Ag, MA.Hum

IAIN Imam Bonjol Padang

طوطات رخبيل: دراسة عن مفأ ال

في �

ف نظرة التواسط العتقادي والصو�

ف شعار الدينية للعملاء امليناناكبوي�يأ ال

35 Ira Setyaningsih, ST., M.Sc

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Perception and Readiness of Moslem’s Student in Malaysia- Indonesia-Brunei Darussalam Facing Asean Economic Community 2015

36 Sofhian IAI Ibrahimy Situbondo Pengembangan Sumber Daya Insani Industri Jasa Keuangan Syariah

29

Panduan AICIS XV2015

No Penulis Asal Lembaga/Institusi Judul Makalah/Paper

37 Muhammad Farid Institut Agama Islam Syarifuddin Wonorejo - Lumajang

Perdamaian dan Keharmonisan Ekonomi Islam dalam Multikulturalisme

38 Mohamad Nur Yasin

UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Pluralisme Hukum Ekonomi Islam: Dialektika Muslim dan non-Muslim dalam Pengembangan Perbankan Syariah di Indonesia

39 Ahmad Mansur, BBA, MEI, MA

UIN Sunan Ampel Surabaya

Ethical Dimension of Economics in an Islamic Perspective

40 Abdul Rosyid dan A. Misno BP

STAI Al Hidayah Bogor Satu Ranjang Dua Iman: Studi Harmoni Keluarga Beda Agama di Kota Bogor

41 Dr. Helmy Faizi Bahrul Ulumi, M.Hum

IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Mencari Barokah di Tempat Keramat: Studi di Beberapa Tempat Ziarah Keramat di Banten

42 Munawir Haris STAIN Sorong Menuju Ummatan Wasatan: Sebuah Klarifikasi untuk Toleransi Plus

43 Qusthan Firdaus Universitas Surya Could Taqiyya Prevent Conflicts?44 Syamsun Ni’am IAIN Jember Sufism: The Diversity (Kebhinnekaan)

Link in Indonesia45 Abdul Mufid, Lc.,

M.S.ISTAI Khozinatul Ulum Blora

السإ روظ�ف �ف ةيدقن ةيليلحت ةسارد حال )�ي ضقو ةينيدل ة�ي )ةدرل ا�ي

46 Faisal,M.Ag. IAIN Imam Bonjol Padang

Strengthening Social Ritual Tradition to Integration Cross-ethnic and Religious

47 Irham Falahudin UIN Raden Fatah Palembang

Tradisi 'Bubus Tebat': Sebuah Kearifan Lokal Sebagai Upaya Memperkuat Rasa Solidaritas dan Integrasi Masyarakat di Pagar Alam-Sumatera Selatan

48 Nailul Fauziyah, M.A

UIN Maliki Malang Nyadran dan Ruwatan Murwakala di Desa Krisik Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar: Sebuah Telaah Stukturalisme Levi-strauss

49 M. Khoirul Hadi al-Asy Ari

Sekolah Tinggi Islam Blambangan (STIB) Banyuwangi

Objektifikasi Hukum Perkawinan Islam di Indonesia: Perspektif Maqasid Syar’iyyah

50 Nostalgiawan Wahyudhi

Indonesian Institute of Science (LIPI), Jakarta

The Moderate Patterns of Islamization in Java Underpolitical Fluctuations in Early 20th Century

51 M. Khusna Amal IAIN Jember Democratic Stagnation and the Role of Progressive Muslim in Contemporary Indonesia

30

Panduan AICIS XV2015

No Penulis Asal Lembaga/Institusi Judul Makalah/Paper

52 Nurizal Ismail STEI Tazkia Bogor The Role of State on Welfare: An Analysis from Ibn sina’s Point of View

53 Musdalifah Dachrud IAIN Manado Dukungan Dosen Pembimbing pada Stres Mahasiawa yang Sedang Menyusun Skripsi

54 Budiman IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa

The Existence of Teachers’ Spirituality in Islamic Education

55 Abdulloh Hamid, M.Pd

UIN Sunan Ampel Surabaya

Fenomena Kebangkitan Pesantren di Dunia Maya: Studi Kasus Gerakan Nasional “Ayo Mondok”

56 Yelfi Dewi S STAIN Batusangkar Pengembangan Materi Ajar Bahasa Arab dengan Desain Strategi Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences untuk Madrasah Tsanawiyah

57 Atik Wartini Kamulan School Yogyakarta

Pendidikan Multikultural Berbasis Karakter Keindonesiaan pada Pendidikan Anak Usia Dini: Studi Kasus di Sanggar Anak Alam Yogyakarta)

58 Ari Agung Pramono Teacher of SMP Ma’arif NU 2, Kemranjen

A. Mustofa Bisri’s Thoughts on Pesantren-based Islamic Education Management in Islamic Boarding School Raudlatut Thalibin Leteh Rembang

59 Arif Mustapa,M.S.I UPTMKU Brawijaya University, Malang, Indonesia

Pendidikan Inklusi di Perguruan Tinggi Islam

60 Jamil Suprihatiningrum, Nunung Andriati, Agus Kamaludin

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Inculcating Islamic Values Through Chemistry Short Story (Cerpen) for senior high School

61 Khairul Hamim, MA IAIN Mataram Poligami: Antara Teks dan Konteks62 DR. Hammis

Syafaq, Lc., M.Fil.IUIN Sunan Ampel Surabaya

Membangun Islam Moderat di Tengah Perbedaan Setting Sosial-Keagamaan Masyarakat Muslim Jawa Timur: Studi tentang Konsep Perekat Umat di Pondok Modern Gontor Ponorogo

63 Dr. Muhammad Shohibul Itmam, MH

STAIN Ponorogo Islam Rimba

31

Panduan AICIS XV2015

No Penulis Asal Lembaga/Institusi Judul Makalah/Paper

64 Aden Rosadi UIN SGD Bandung Radicalism and Religious Pluralism: The Conflict Between the Religious People and the Relation of Power Industry in Bekasi

65 Yazwardi UIN Raden Fatah Palembang

Harmony in Diversity in South Sumatera Province: Idealitas Materi Ajaran Agama pada Peraturan Daerah dalam Bingkai NKRI

66 Nur Faizun bin Abdul Muid

اه امعة احلكومة اإلساملة موالنا مالك إ�ب احلب

االنج ( �ب

PPBA UIN MALIKI Malang

؛ دراسة تمع وحلوهل من منظور القرآن الكر�ي ي املبف

اع � ف دوافع ال�ف

موضوعية

67 Nawari Ismail Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Power Relations in Cultural Alteration Amidst the Society Case Study of Wong Sikep

68 Muzayyin Ahyar UIN Sunan Kalijaga Toward Post-Radicalism: Radical Islamist Movement and The Development of Democracy in Indonesia

69 Very Julianto, Subandi

University of Gadjah Mada, Yogyakarta

The Effect of Al-Fatihah Reflective Intuitivereading to Decrease Stress and Increase Immunity

70 Samsul Arifin Institut Agama Islam Ibrahimy Situbondo

Kepemimpinan Kiai dan Loyalitas Bajingan: Kajian Psikologi Sosial Tentang Komitmen Komunitas Bekas Bajingan dalam Membangun Peradaban

71 Dharma Setyawan M.A

STAIN Jurai Siwo Metro Lampung

Harmony in Diversity: Praktik Harmoni Antar Agama dan Suku Warga Moro-moro Register 45 Upaya Membangun Soliditas Pertahanan Atas Konflik Tanah di Mesuji Lampung

72 Andi Arif Rifa’i, MPd STAIN SAS Bangka Belitung

Pluralism in Higher Education: A Comparative Study of Students Religious Attitudes of Two Public Universities in Bangka Belitung

73 Junaidi. dkk IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa

Membentuk Kesalehen Alternatif: Habitus dan Negosiasi Identitas Komunitas Ma’rifat di Seuruway, Aceh Tamiang

74 Mujahidah IAIN Samarinda The Differences of Cheating Behavior Between Males and Females: Meta-analysis Study

32

Panduan AICIS XV2015

No Penulis Asal Lembaga/Institusi Judul Makalah/Paper

75 Romi Adetio Setiawan, MA

IAIN Bengkulu (1) Economic Performance of the OIC countries and The prospect to establish Islamic Infrastructure Megabank: (2) Islamic Banking in Bengkulu: The Customers interest and the Prospect of Expansion

76 Amirah Diniaty, M.Pd, Kons

UIN Suska Riau The Analysis on “Sense of Community” of Guidance Counseling Program Students at State Islamic University (PTKIN) Under the Institution Status and the Homebase School

77 Ro’fah Makin, PhD UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

It Is not Theological, It is Social ! The Views of Muslim with Disabilities on Islam and Disabilities

78 Suryani STAIN Malikussaleh Lhokseumawe

Prinsip Good Corporate Governance (GCG) di Perbankan Syariah dalam Perspektif Hukum Islam

79 Dr. Uwes Fatoni, M.Ag

UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Strategi Dakwah Menghadapi Kelompok Keagamaan “Sempalan” di Era Masyarakat Multikultur: Studi Etnografi di Salawu Tasikmalaya

80 Amiruddin Yahya, S.Pd.I, MA

IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa

Melacak Zawiyah Cot Kala dan Dinasti Abbasiyah: Melacak Akar Historis Pendidikan Tinggi Islam Tertua di Indonesia

81 Idrus Muchsin Bin Agil, S.S., M.Pd.I

UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

يف

ليهل )دراسة فيلولوجيا �ت

طوط و� امعة املف قيق نظم الرساهلت احلبت

سالمية النصوص الإ

82 Eka Sri Wahyuni, SE, MM dan DESI ISNAINI, MA dan Dr. Asnaini, MA.

IAIN Bengkulu Analisa Faktor-faktor yang Mempengaruhi Harga dan Perkembangan Saham Syari’ah di Indonesia

83 Ira Setyaningsih, ST., M.Sc

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Perception and Readiness of Moslem’s Student in Malaysia-Indonesia-Brunei Darussalam Facing Asean Economic Community 2015

84 Dr. Adnan, M.Ag IAIN Sultan Amai Gorontalo

The Majority Status in the Minority Rule: A Critique of Relationships between Interreligious Prejudice and Discrimination in Indonesia

33

Panduan AICIS XV2015

No Penulis Asal Lembaga/Institusi Judul Makalah/Paper

85 Lukmanul Hakim, Ahmad Syarifin dan Ihsan Sanusi

IAIN Imam Bonjol Padang

Berdikari di Kaki Sendiri: Upaya Membangun Keberdayaan Perempuan Janda di Batu Hampa

86 Inda Kartika IAIN Bengkulu Ruang Publik Pesantren dan Peranan Keluarga dalam Politik Perempuan Muslim

87 Miftahul Ulum, MSI, MHI

STAI Syaichona Moh. Cholil Bangkalan

Konektivitas Islam, Sosial, Politik, dan Ekonomi

88 Lenni Lestari, S.Th.I, M. Hum

IAIN Zawiyah Cot Kala, Langsa, Aceh

Menstrual Taboo dan Kontrol Sosial Perempuan Menurut Muhammad ‘Izzah Darwazah: Studi Intertekstualitas

89 Dr. Fahrur Ulum, MEI

UIN Sunan Ampel Surabaya

Brotherhood in Dimensions Islamic Economic System

90 Dr. Siti Fatimah, M.Hum

IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Bias Gender dan Diskriminasi Terhadap Kaum Perempuan dalam Ilmu dan Filsafat

91 Dr. Eko Siswanto, M.HI.

STAIN Al-Fatah Jayapura Potret Kerukunan Antarumat Beragama Masyarakat Kota Jayapura, Papua dalam Perspektif Hukum Islam

92 H. Muhammad Harfin Zuhdi, S.Ag., MA

IAIN Mataram Mashlahah Al-formulation of Paradigm Islamic Law of Contemporary Thought

93 Imroatul Munfaridah STAIN Ponorogo Menguak Pemikiran Ilmu Falak K.H. Ahmad Dahlan dalam Penentuan Arah Kiblat

94 Yenrizal, S.Sos., M.Si.

UIN Raden Fatah Palembang

Ethnoecology of Communication for Environmental Safety Study on Semende Darat Community, Muara Enim Regency, South Sumatra

95 Muhamad Abdul Aziz.,S.Pd.I

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Analisis Peranan Keagamaan Terhadap Peserta Didik dalam Proses Pendidikan Kursus Bahasa Inggris: Studi Kasus di Kampung Inggris, Pare, Kediri, Jawa Timur

96 Nur Hamzah, S.Pd.I, M.Pd

IAIN Pontianak Sisi Gelap Tontonan Anak di Media Telivisi Indonesia

97 Dr. Himyar Pasrizal, S.E., M.M.

STAIN Batusangkar Pengaruh Kepribadian dan Budaya Nasabah dan Strategi Pemasaran Bank Syariah terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Bank Syariah

34

Panduan AICIS XV2015

No Penulis Asal Lembaga/Institusi Judul Makalah/Paper

98 Prima Aswirna IAIN Imam Bonjol Padang

Man’s Without Power: Gender Paradigm in West Sumatera

99 Elis Ratna Wulan UIN Sunan Gunung Djati Bandung

The Role of the Effectiveness of the Internal Control System and the Quality of Human Resources to the Islamic Bank Fraud

100 Zulfikar STAI Bahrul Ulum Tambakberas Jombang

Risk Measurement of Islamic Capital Stock Market

Jakarta, 24 Agustus 2015

35

Panduan AICIS XV2015

LAMPIRAN

DAFTAR DAN ALAMAT HOTEL DI MANADO

NO. NAMA HOTEL ALAMAT PHOTO1. Sintesa

Peninsula Hotel Manado

Jl. Jend Sudirman, Wenang, Manado 95123 North Sulawesi - IndonesiaTel: 0431 855 008, 0431 855 101

2. Aston Manado Jl. Sudirman No.128 Manado 95123North Sulawesi - IndonesiaTel: +62 431 888 8989, +62 431 888 8989

3. Swiss-Belhotel Maleosan Manado

Jl. Jend. Sudirman Kav. 85-87, ManadoNorth Sulawesi - IndonesiaTel: +(62-431) 861 000 E-mail: [email protected]

4. Travelo Hotel Jl. Sudirman No.123, Manado 95122North Sulawesi - IndonesiaTel: +62 431 855999Fax: +62 431 844999Email: [email protected]

36

Panduan AICIS XV2015

5. Grand Central Hotel

Jl. Sudirman No. 45, ManadoSulawesi Utara 95211, IndonesiaTel: +62 431 878888Fax: +62 431 878888

6. Aryaduta Hotel Jl. Piere Tendean BoulevardSulawesi Utara 95111, IndonesiaTel: +62 431 855555Fax: +62 431 855555

7. Grand Puri Hotel

Jl. Sam Ratulangi No. 458Sulawesi Utara 95116, IndonesiaTel: +62 431 822888Fax: +62 431 822888

8. Lion Hotel Jalan Piere Tendean No 19Boulevard Manado 95114, Sulawesi Utara 95114Tel: (0431) 8883337Fax: (0431) 8883337

http://aicis-iainmanado.ac.id