beasiswa belajar baca quran 2013

12
penawaran proposal BELAJAR BACA AL-QURAN BEASISWA membentuk generasi muslim yang lebih baik dengan cahaya qurani B3A program bimbingan

Upload: wahidin-fiantara

Post on 10-Mar-2016

235 views

Category:

Documents


5 download

DESCRIPTION

Program Beasiswa untuk meningkatkan kemampuan baca quran anak usia sekolah

TRANSCRIPT

penawaran

proposal

BELAJAR BACA AL-QURAN

BEASISWA

membentukgenerasi muslim yang lebih baikdengan cahaya qurani

B3Aprogram bimbingan

Dari Utsman bin 'Affan Radhiyallahu Ta’ala ‘anhu berkata: bersabda Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam:

(Dikeluarkan oleh Imam Bukhari Rahimahullahu Ta’ala).

“Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya”.

noteshadits

2

daftar isi

Program ini nantinya akan mengajarkan siswa mengenai pembinaan quran serta perbaikan akhlak. Pembinaan quran akan difokuskan kepada pemberantasan buta baca quran.

3

Tentang Program

Berdasarkan pada penelitian yang dilakukan oleh lembaga-lembaga penelitian menyebutkan hasil yang memprihatinkan, semakin tahun bukan semakin maju dan berkembang tapi justru makin terpuruk kemampuan Baca Al-Qur'an anak usia sekolah.

Selayang pandang

Implementasi program BBQ dilakukan dengan metode mentoring. Peserta dikelompokkan dalam sebuah kelompok kecil antara 8 - 12 orang dan dibimbing oleh seorang mentor

Metode Belajar

alumni yang berpartisipasi dalam program ini berasal dari sekolah smp maupun sma yang berada di Pasar Rebo dengan pendidikan dari universitas ternama seperti UI-Universitas Indonesia, IPB-Institut Pertanian Bogor, UNJ-Universitas Negeri Jakarta, UIN-Universitas Islam Negeri Jakarta.

Sumber daya

Tujuan jangka panjang program ini adalah berjalannya program bimbingan quran secara terus menerus, yang dilanjutkan oleh siswa (yang telah menjadi alumni).

Tujuan dan Manfaat

Pendanaan akan diajukan kepada individu dan lembaga yang menaruh perhatian pada pembinaan quran dan pembentukan karakter remaja.

Anggaran Dana

Tujuan jangka panjang program ini adalah berjalannya program bimbingan quran secara terus menerus, yang dilanjutkan oleh siswa (yang telah menjadi alumni).

Struktur Program

4

5

6

8

7

10

11

4

Tentang Program

Berangkat dari rasa kepedulian dan perhatian yang besar para alumni rohis sekolah di lingkungan Pasar Rebo mengenai perkembangan generasi muda yang begitu terpengaruh dengan perkembangan teknologi dan informasi.

Beberapa alumni rohis berinisiatif untuk membuat sebuah program yang memberikan pembinaan quran secara gratis bagi siswa sekolah.

Program ini nantinya akan mengajarkan siswa mengenai pembinaan quran serta perbaikan akhlak. Pembinaan quran akan difokuskan kepada pemberantasan buta baca quran.

Melihat sebuah hasil tentu akan sangat menyenangkan bagi seseorang sebagaimana seperti seorang petani yang senang melihat hasil panennya.

Begitu pula harapan kami nantinya dalam menjalankan program ini, besar harapan kami program ini bisa membentuk pribadi siswa yang dekat dengan nilai-nilai islam.

Program B3A (Beasiswa Belajar Baca Al-Quran) ini merupakan bagian dari kegiatan pengabdian masyarakat yang tidak meminta biaya sedikitpun dari pihak sekolah (baik siswa maupun guru)

Generasi perubahan yang menjadi sebuah awal dari terbentuknya insan muslim yang lebih baik.

Generasi yang kelak akan memimpin bangsa dengan akhlak yang mulia dan pikiran yang bersih serta menjadi contoh dengan nilai-nilai islami.

Program ini sangat bisa dikembangkan kedepan sesuai dengan kebutuhan sekolah maupun permintaan guru dan siswa. Untuk itu kami membutuhkan dukungan dan restu dari pihak sekolah dalam melaksanakan program bimbingan quran ini.

Rasulullah bersabda: “sebaik-baik kalian adalah yang belajar dan mengajarkan al-quran”.

Salam,

Hendra Kurniawan, S.Kom.

Ketua Program [email protected]

5

Selayang Pandang

Bina-Baca al-Qur'an atau sering disingkat BBQ, pada masa sekarang sangat diperlukan, apalagi untuk anak usia sekolah.

Berdasarkan pada penelitian yang dilakukan oleh lembaga-lembaga penelitian menyebutkan hasil yang memprihatinkan, semakin tahun bukan semakin maju dan berkembang tapi justru makin terpuruk kemampuan Baca Al-Qur'an anak usia sekolah.

Padahal mereka adalah generasi penerus agama Islam sekaligus penerus bangsa. Tentu hal ini sangat memperihatinkan. Untuk itulah kami selaku alumni rohis sekolah pasar rebo bermaksud untuk mengabdikan sebagian kemampuan kami untuk membantu membenahi

kemampuan agama siswa disekolah pasar rebo, terutama dalam hal kemampuan membaca Al Qur'an.

Perkembangan teknologi dan informasi yang begitu pesat juga sangat mempengaruhi pola pikir dan perilaku generasi pemuda. Pergaulan bebas, budaya merokok, tidak hormat terhadap orang tua, beberapa hal tersebut adalah problem yang tidak hanya diemban oleh beberapa pihak akan tetapi semua orang yang ada disekitar siswa tersebut.

Proposal ini merupakan penjelasan mengenai bagaimana proses pengabdian yang akan kami (alumni rohis) lakukan disertai dengan segala penjelasan.

Penelitian menyebutkan hasil yang memprihatinkan, semakin tahun bukan semakin maju dan berkembang tapi justru makin terpuruk kemampuan Baca-Tulis al-Qur'ananak usia sekolah.

Belajar

Implementasi program BBQ dilakukan dengan metode mentoring. Peserta dikelompokkan dalam sebuah kelompok kecil antara 8 - 12 orang

dan dibimbing oleh seorang mentor (kakak alumni).

Pada awal penetapan kemampuan siswa (tes kemampuan awal), siswa dikelompokan berdasarkan kemampuan tilawah, yaitu kelompok belum bisa membaca() dan kelompok mahir.

Dalam proses pengujian calon peserta menggunakan metode IQRO dan untuk

Proses pembelajaran quran dilakukan dengan modul IQRO dandidukung dengan buku ajar dari Lembaga Bimbingan Al Quran.

pembelajaran dilengkapi pula dengan buku ajar dari lembaga bimbingan Al-Quran Utsmani.

Pelaksanaan program dilakukan dalam 14 kali pertemuan (seminggu sekali) atau sekitar 3,5 bulan. Pelaksanaan bimbingan dilaksanakan pada hari sabtu pagi di lingkungan sekolah.

Pelaksanaan seminggu sekali dilakukan untuk menjaga konsistensi dan daya serap peserta.

Pada akhir pembelajaran juga akan dilakukan evaluasi untuk melihat apakah hasil pembelajaran telah sesuai dengan apa yang diharapkan atau belum.

Evaluasi dilakukan antara lain dengan beberapa penilaian seperti penilaian tilawah (bacaan) dan teori (tajwid) dengan modul yang telah disusun oleh tim pelaksana.

Metode

6

No. Kelompok Siswa Huruf Hijaiyah Bacaan Hukum Bacaan (Tartil) Rekomendasi

1 Kategori A mengenal huruf baik mengerti Asistensi BBQ

2 Kategori B mengenal huruf cukup tidak mengerti

3 Kategori C tidak mengenal huruf kurang tidak mengerti Wajib BBQ

7

Pendanaan program ini didukung oleh individu maupun lembagayang menaruh perhatian terhadap pembinaan quran dan pembentukan karakter remaja muslim.

Mentor dalam program ini adalah kakak alumni rohis yang memiliki kompetensi dalam bidang quran, baik yang sudah

mendapatkan sertifikat maupun sedang belajar dalam lembaga bimbingan al qur’an.

Kakak alumni yang berpartisipasi dalam program ini berasal dari sekolah smp maupun sma yang berada di Pasar Rebo dengan pendidikan dari universitas ternama seperti UI-Universitas Indonesia, IPB-Institut Pertanian Bogor, UNJ-Universitas Negeri Jakarta, UIN-Universitas Islam Negeri Jakarta.

Diharapkan nantinya program ini akan dijalankan oleh lulusan program bimbingan quran sendiri dari sekolah, sehingga setiap generasi(angkatan) akan menghasilkan calon penerus kegiatan bimbingan dengan kemampuan yang telah terukur dengan kualitas kompetensi yang baik.

Pendanaan program ini didapatkan melalui dukungan dari Individu maupun

lembaga yang memiliki perhatian terhadap pem binaan quran dan pembentukan karakter remaja.

Beberapa lembaga tersebut antara lain adalah: Kedutaan Saudi Arabia, Kedutaan Oman, LIPIA, WAMY, Kemenpora, Kemenag, BNN, KPK, ICMI, Bimbel Nurul Fikri, ZIS Indosat, MTT Telkomsel, Rohis Bank Syariah Mandiri, Harian Republika, dll.

Dalam pelaksanaannya ditambahkan pula materi yang menambah pemahanan siswa dalam bersikap atau berperilaku sehari-hari (berucap, bergaul antar lawan jenis, berbakti dan menghormati orang tua, menyayangi yang lebih muda).

Sumber daya

BimbinganTujuan jangka panjang program ini adalah berjalannya program bimbingan quran secara terus menerus, yang dilanjutkan oleh siswa (yang telah menjadi alumni).

Tujuan

Program BBQ memiliki tujuan antara lain:

1. Siswa yang telah mengikuti program Bina Baca Qur'an akan mampu membaca al Qur'an dengan baik sesuai kaidah sunnah.

2. Siswa yang telah mengikuti program Bina Baca Qur'an memiliki semangat yang lebih untuk giat membaca Al-Qur'an.

3. Siswa yang telah mengikuti program Bina Baca Qur'an memiliki adab dan akhlak yang baik dan islami dalam bergaul.

4. Siswa yang telah menempuh keseluruhan tingkatan BBQ diharapkan dapat mengajarkan kepada siswa atau adik kelasnya –tujuan jangka panjang- (dengan proses pembimbingan ajar dari Alumni).

Sasaran peserta BBQ adalah siswa sekolah pada tahun pertama.

8

9

BimbinganPembentukan karakter sangat berperan dalam pendidikan saat ini untuk menjaga pribadi remaja dari pengaruh pergaulan dan perilaku yang tidak baik.

Manfaat

Manfaat dari pelaksanaan program BBQ ini adalahKarakter yang dekat dengan Al –Qur'an.

Pembentukan karakter diharapkan terjadi saat proses pembelajaran siswa mengenai bagaimana membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW.

Ketenangan jiwa bagi peserta BBQBanyak sudah penelitian yang membuktikan bahwa Al-Qur'an bukan sebuah kitab biasa. Al-Qur'an saat dibaca akan mampu memberikan ketenangan kepada pembacanya dan juga pada yang mendengarkannya tentunya dengan bacaan yang baik dan benar.

10

Sumber Pendapatan Rp.6.000.000,-

1 Donatur Rp. 3.000.000,-

2 Sponsorship Rp. 3.000.000,-

Pos Pengeluaran Rp.6.000.000,-

1 Administrasi Rp.1.300.000,-

2 Modul Materi Quran Rp.1.000.000,-

3 Konsumsi Rp.3.000.000,-

4 Dana Kepembinaan Rp.700.000,-

Catatan:Pos Pendapatan:* Donatur dalam program ini nantinya akan diajukan kepada individu maupun lembaga yang peduli mengenai pembinaan quran, seperti Kedutaan Saudi Arabia, Kedutaan Oman, LIPIA, WAMY, Kemenpora, ZIS Indosat, MTT Telkomsel, ICMI, dll* Sponsorship dalam program ini akan diajukan kepada antara lain Bimbel Nurul Fikri, Bank Syariah Mandiri, Harian Republika, Fauzan Agency, dll.

Pos Pengeluaran:* Administrasi digunakan untuk pembuatan proposal, form absensi, modul pengujian, modul evaluasi.* Modul Materi Quran diberikan kepada setiap peserta Bimbingan sesuai dengan tingkatan level, estimasi jumlah peserta adalah 100 orang.

* Dana Kepembinaan diberikan untuk guru (sekolah) sebagai pembina yang ikut serta dalam program bimbingan atau koordinator bimbingan dari pihak alumni.

* Konsumsi diberikan untuk penunjang/ pendukung kehadiran kakak mentor dan asisten mentor yang membantu dalam kegiatan bimbingan quran. dengan rincian 14 x pertemuan , 10 kelompok terdiri dari 10 mentor dan 10 asisten.

* kebutuhan dana tersebut diatas adalah estimasi untuk operasional selama satu tingkatan level bimbingan (3,5 Bulan).* perubahan dana bisa terjadi saat pelaksanaan kegiatan bimbingan disesuaikan dengan kebijakan koordinator bimbingan dan sekolah

BimbinganAnggaran Dana

11

Program Bimbingan"Kebaikan yang tidak terorganisir akan kalah oleh kejahatan yang terorganisir dengan baik.” (Ali Bin Abi Thalib)

Struktur

Penasihat:1. Kepala Sekolah2. Pembina Ekskul Rohis3. Guru Agama Islam

Ketua Program:Hendra Kurniawan, S.Kom.(Programmer )

Sekretaris Program:Johan Permada, S.Si.(Karantina Departemen Pertanian)

Humas:Harto Junarko(Mahasiswa UNJ)

Dokumentasi:Hajar Indra(Ketua Rohis, Siswa SMAN 106)

Bendahara:Muhammad Iqbal(Bisnis Development Kop.Peg Summarecon)

Administrasi Bimbingan:Hidayatul Abror(Siswa SMAN 106)

Mentor (Alumni Rohis):1. Asep Syihabuddin, A.Md.2. Satria Yuda Baratha, A.Md.3. Pungki Ari Wibowo, S.Si.4. Dwika Armiyanto5. Dhony Suwazan6. Prasetyo Vovika7. Rio Aji Irwansyah8. M. Irfan9. Hasyim Pribadi10. Lukman Hakim11. Tina Afriyanti12. Ria Novitasari13. Ayu Oktaviani

BELAJAR BACA AL-QURAN

BEASISWA