presentasion (hak asasi perempuan)

Post on 13-Apr-2017

213 Views

Category:

Education

1 Downloads

Preview:

Click to see full reader

TRANSCRIPT

HAK ASASI PEREMPUAN

KELOMPOK 1

1. Adzani Fajar.P (1115500003)2. Amalia Nur Rizki (1115500007)3. Diah Retno Utami (1115500020)4. Dini Indriani (1115500023)5. Eka Nur Afriliati (1115500026)

Pengertian Hak Asasi Manusia

HAM ialah hak dasar yang sudah dimiliki oleh semua manusia.Sejak lahir, tiap-tiap manusia/individu sudah memilikinya dan itu merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa.

Pengertian HAM menurut para ahli:

Menurut UU No. 39 tahun 1999

HAM Menurut David Beetham dan Kevin Boyle

HAM Menurut Komnas

HAM Menurut John Locke

Pengertian Hak Asasi Manusia Perempuan

Hak asasi Perempuan merupakan bagian dari Hak asasi manusia. Sesuai dengan komitmen Internasional dalam Deklarasi PBB 1993, makaperlindungan, pemenuhan dan penghormatan hak asasi perempuan adalah tanggung jawab semua pihak baik lembaga-lembaga Negara (eksekutif, legislatif, yudikatif) maupun Partai politik dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). Bahkan warga Negara secara perorangan punya tanggung jawab untuk melindungi dan memenuhi hak asasi perempuan .

komnas hak asasi perempuan

PERAN KOMNAS PEREMPUAN

MANFAAT KOMNAS PEREMPUAN

Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan adalah lembaga negara yang independen untuk penegakan hak asasi manusia perempuan Indonesia

masalah kekerasan terhadap perempuan

Kekerasan seksual

Diskriminasi terhadap perempuan pekerja migran

Penguatan kelembagaan komnas perempuan sebagai bagian tidak terpisahkan dari reformasi birokrasi.

Diskriminasi dan kekerasan

Upaya memperjuangkan hak asasi perempuan

perlindungan hak asasi manusia (khusus perempuan) Perlindungan Hak Asasi Manusia (Khusus Perempuan)

diatur dalam U No.39 Tahun 1999 (UU HAM), yaitu:

Pasal 46

Pasal 48

Pasal 47

Sistem pemilihan umum,kepartaian,pemilihan anggota badan legislative,dan sistem pengangkatan di bidang eksekutif, yudikatif, harus menjamin keterwakilan wanita sesuai persyaratan yang ditentukan.

Seorang wanita yang menikah dengan seseorang pria berkewarganegaraan asing tidak secara otomatis mengikuti status kewarganegaraan suaminya tetapi mempunyai hak untuk mempertahankan,mengganti,atau memperoleh kembali status kewarganegaraannya

Wanita berhak untuk memperoleh pendidikan dan pengajaran di semua jenis, jenjang dan jalur pendidikan sesuai dengan persyaratan yangn telah ditentukan.

Any Question ?

top related