soal us utama produktif audio video th. 2012

13
1. Pada gambar dibawah ini diperlihatkan beberapa symbol komponen elektronika yang termasuk komponen diode rectifier adalah ... A. . B. . C. . D. . E. . 2. Resistansi berbanding terbalik dengan jumlah arus yang mengalir melalui resistor tersebut adalah bunyi dalil dari hukum ... A. Ohm. B. Boyle. C. Pascal. D. Kirchoff. E. Archimedes. 3. Rangkaian voltage devider digunakan sebagai rangkaian ... A. Parallel. B. Arus searah. C. Pembagi arus. D. Penguat daya. E. Pembagi tegangan. 4. Jumlah arus yang menuju satu titik sama dengan jumlah arus yang meninggalkan titik tersebut adalah bunyi dalil dari hukum ... A. Ohm. B. Boyle. C. Apscal. D. Kirchoff. E. Archimedes. 5. Resistor dengan kode warna hijau, biru, merah, emas mempunyai nilai resistansi ... A. 2200 Ohm toleransi 2%. B. 3300 Ohm toleransi 4%. C. 4700 Ohm toleransi 5%. D. 5600 Ohm toleransi 10%. E. 7000 Ohm toleransi 5%. 6. Perhatikan gambar berikut ini ! 500

Upload: eko-supriyadi

Post on 10-Jun-2015

938 views

Category:

Documents


0 download

TRANSCRIPT

Page 1: Soal us utama produktif audio video th. 2012

1. Pada gambar dibawah ini diperlihatkan beberapa symbol komponen elektronika yang termasuk komponen diode rectifier adalah ...

A. .

B. .

C. .

D. .

E. .

2. Resistansi berbanding terbalik dengan jumlah arus yang mengalir melalui resistor tersebut adalah bunyi dalil dari hukum ...A. Ohm.B. Boyle.C. Pascal.D. Kirchoff.E. Archimedes.

3. Rangkaian voltage devider digunakan sebagai rangkaian ...A. Parallel.B. Arus searah.C. Pembagi arus.D. Penguat daya.E. Pembagi tegangan.

4. Jumlah arus yang menuju satu titik sama dengan jumlah arus yang meninggalkan titik tersebut adalah bunyi dalil dari hukum ...A. Ohm.B. Boyle.C. Apscal.D. Kirchoff.E. Archimedes.

5. Resistor dengan kode warna hijau, biru, merah, emas mempunyai nilai resistansi ...A. 2200 Ohm toleransi 2%.B. 3300 Ohm toleransi 4%.C. 4700 Ohm toleransi 5%.D. 5600 Ohm toleransi 10%.E. 7000 Ohm toleransi 5%.

6. Perhatikan gambar berikut ini !

Nilai resistansi pada titik B-D adalah ...A. 1500 Ohm.B. 3500 Ohm.C. 15 K Ohm.D. 150 K Ohm.E. 350 K Ohm.

500 Ohm

Page 2: Soal us utama produktif audio video th. 2012

7. Tentukanlah besarnya nilai R pada titik A dan B pada rangkaian resistor pararel dibawah ini, jika diketahui besarnya nilai resistansi R1 = 50 Ohm, R2 = 100 Ohm, dan R3 = 150 Ohm, besarnya nilai resistansi pada titik A dan b adalah ...

A. 27,27 Ohm.B. 37,5 Ohm.C. 50 Ohm.D. 100 Ohm.E. 300 Ohm.

8. Nilai resistor pada titik AB gambar dibawah ini adalah ...

A. 5,67 Ohm.B. 5,67 K Ohm.C. 56,7 M Ohm.D. 567 K Ohm.E. 567 M Ohm.

9. Nilai dari kapasitor keramik pada gambar dibawah ini adalah ...

A. 5,6 nF.B. 56 nF.C. 563 pF.D. 5600 nF.E. 56000 F.

10. Dibawah ini yang termasuk komponen kapasitor kondensator adalah ...

A. FET.B. Nilon.C. Kiprok.D. Keramik.E. Transistor.

11. Jika dua buah kapasitor dengan nilai C1 = 33 nF dan C2 = 22 nF dirangkai secara seri, maka nilai keseluruhan dari kapasitor tersebut adalah ...A. Cs = 132 nF.B. Cs = 132 pF.C. Cs = 13200 pF.D. Cs = 13200 F.E. Cs = 13200 nF.

Page 3: Soal us utama produktif audio video th. 2012

12. Nilai dari dua kapasitor yang dirangkai secara pararel adalah 800 F. Jika salah satu dari kapasitor tersebut bernilai 470 F, maka nilai kapasitor yang lainnya adalah ...A. 330 F.B. 470 F.C. 800 F.D. 1000 F.E. 1270 F.

13. Simbol dioda zener pada gambar berikut adalah ...

A. .

B. .

C. .

D. .

E. .

14. Gambar simbol transistor berikut adalah ...

A. JFET tipe P.B. JFET tipe N.C. UJT tipe PNP.D. UJT tipe NPN.E. JFET tipe NPN.

Page 4: Soal us utama produktif audio video th. 2012

15. Urutan kaki transistor yang benar pada gambar dibawah ini adalah ...

A. .

B. .

C. .

D. .

E. .

16. Gambar berikut yang merupakan simbol komponen SCR adalah ...

A. .

B. .

C. .

D. .

E. .

Page 5: Soal us utama produktif audio video th. 2012

17. Susunan kaki SCR yang benar pada gambar dibawah ini adalah ...

A. .

B. .

C. .

D. .

E. .

18. Cara yang benar untuk melakukan pengukuran tegangan adalah saklar pemilih diarahkan keposisi ...

A. AC Volt.B. DC Volt.C. Ampere dengan batas ukur tertinggi.D. DC Volt/AC Volt pada batas ukur tertinggi.E. DC Volt / AC Volt dengan batas ukur terendah.

19. Carabyang benar untuk melakukan pengukuran arus listrik adalah saklar pemilih diarahkan keposisi ...A. DC Volt.B. AC Volt.C. Ampere dengan batas ukur tertinggi.D. DC Volt/AC Volt pada batas ukur terendah.E. DC Volt/AC Volt dengan batas ukur tertinggi.

20. Untuk mengukur tahanan listrik maka setiap perpindahan batas ukur alat ukur harus ...A. Diuji.B. Diputar.C. Dikalibrasi.D. Dinyalakan.E. Diseting ulang.

Page 6: Soal us utama produktif audio video th. 2012

21. Tombol Volt/div pada alat ukur Osiloskop digunakan untuk mengatur pembacaan ...A. Arus.B. Daya.C. Periode.D. Tegangan.E. Hambatan.

22. Tombol time/div pada alat ukur Osiloskop digunakan untuk mengatur pembacaan ...A. Arus.B. Daya.C. Periode.D. Tegangan.E. Hambatan.

23. Tombol ATT pada Function Generator berfungsi sebagai pengatur ...A. Frekuensi.B. Amplitudo.C. Bentuk tegangan.D. Penguatan tegangan.E. Pelemahan amplitudo.

24. Tombol Ampitudo pada Function Generator berfungsi sebagai pengatur ...A. Frekuensi.B. Amplitudo.C. Bentuk tegangan.D. Penguatan tegangan.E. Pelemahan amplitudo.

25. Untuk menampilkan pola bintik-bintik putih pada layar televisi berwarna, maka tombol yang harus dioperasikan pada alat ukur Pattern Generator adalah ...A. Dot.B. Circular.C. Colour bar.D. Cross hatch.E. White colour.

26. Perhatikan gambar berikut ! dari gambar blok diagram tersebut yang merupakan blok dari pre-amp adalah nomor ...

A. 1.B. 2.C. 3.D. 4.E. 5.

27. Fungsi dari bagian tone control adalah ...A. Pengatur nada.B. Penguat sinyal.C. Pengontrol suara.D. Pengatur tegangan.E. Pengatur penguatan.

Page 7: Soal us utama produktif audio video th. 2012

28. Produk elektronika yang bukan merupakan jenis hiburan adalah ...A. Amplifier.B. Laser disk.C. Penerima radio.D. Air conditioning.E. Penerima televisi.

29. Prinsip kerja dari kapasitor pada rangkaian catu daya adalah ...A. Memperbesar ripple.B. Memperkecil ripple.C. Meratakan arus AC.D. Meratakan arus DC.E. Menguatkan tegangan.

30. Gambar dibawah ini merupakan simbol dari gerbang logika ...

A. OR gate.B. AND gate.C. NAND gate.D. EX OR gate.E. EX NOR gate.

31. Tentukan pernyataan yang benar mengenai fungsi gerbang logika pada gambar dibawah ini !

A. L menyala jika A = 0 dan B = 1.B. L menyala jika A = 1 dan B = 0.C. L menyala jika A = 1 dan B = 1.D. L menyala jika A = 0 dan B = 0.E. L menyala jika A = 1 dan B = 1.

32. Jenis IC digital yang dapat bekerja pada tegangan 15 Volt adalah ...A. IC TTL.B. IC Digital.C. IC Analog.D. IC CMOS.E. IC OP AMP.

Page 8: Soal us utama produktif audio video th. 2012

33. Jenis rangkaian pra tegangan pada gambar dibawah ini adalah ...

A. Rangkaian bias basis.B. Rangkaian pembagi arus.C. Rangkaian penguat akhir.D. Rangkaian bias umpan balik.E. Rangkaian pembagi tegangan.

34. Alat yang digunakan untuk menjepit kaki komponen pada saat melakukan penyolderan komponen pada papan pcb adalah ...A. Pinset.B. Tollset.C. Ragum.D. Tang jepit.E. Tang potong.

35. Manakah dari data spesifikasi peralatan dibawah ini yang termasuk spesifikasi peralatan audio video ...A. Panjang, tinggi, radial, bahan, warna.B. Bruto, daya, tinggi, lebar, panjang, warna.C. Tegangan, daya, frekuensi, berat, tinggi, radial.D. Berat bersih, lebar, tinggi, panjang, frekuensi, warna.E. Dimensi, daya, aspek ratio, voltage, impendansi, berat.

36. Dalam menginstalasi peralatan audio video, urutan yang benar adalah ...A. Mixer, equalizer, amplifier, tape recorder, loudspeaker.B. Amplifier, mixer, tape recorder, equalizer, loudspeaker.C. Tape recorder, equalizer, mixer, amplifier, loudspeaker.D. Tape recorder, loudspeaker, equalizer, mixer, amplifier.E. Tape recorder, mixer, equalizer, amplifier, loudspeaker.

37. Sebuah DVD pada saat saklar powernya dinyalakan tiba-tiba MCB turun, maka kerusakan berada pada rangkaian ...A. Optik.B. MPEG.C. Penguat.D. Catu daya primer.E. Catu daya sekunder.

Page 9: Soal us utama produktif audio video th. 2012

38. Jika terjadi kerusakan pada tape recorder dimana suara tidak ada sedangkan motor masih berputar, maka kemungkinan kerusakan terjadi pada ...A. Driver.B. Pre amplifier.C. Power supply.D. Pengatur nada atau tone control.E. Power amplifier atau loudspeaker.

39. Jenis-jenis kerusakan mekanik tape recorder adalah ...A. Suara lemah.B. Suara menciut.C. Suara tidak ada.D. Pita sering kusut.E. Motor tidak berputar.

40. Lengkapilah nama-nama bagian dari blok diagram penerima radio seperti terlihat pada gambar dibawah ini !

A. 1. IFA; 2. Discriminator; 3. AGC; 4. Limiter; 5. De-emphasis.B. 1. Limiter; 2. IFA; 3. De-emphasis; 4. AGC; 5. Discriminator.C. 1. IFA; 2. AGC; 3. Limiter; 4. Discriminator; 5. De-emphasis.D. 1. Limiter; 2. De-emphasis; 3. Discriminator; 4. AGC; 5. IFA.E. 1. IFA; 2. Limiter; 3. Discriminator; 4. De-emphasis; 5. AGC.

41. Salah satu penyebab suara terganggu/cacat pada pesawat radio dengan IC adalah ...A. Speaker rusak.B. Transistor penguat awal rusak.C. Keringnya cairan kapasitor elco.D. Feed back penguat tidak berfungsi.E. Tegangan DC tidak sampai dipenguat.

42. Membangkitkan sinyal-sinyal yang diumpamakan pada yoke vertikal untuk melakukan scanning vertical pada layar monitor CRT adalah fungsi ...A. Power supply.B. Rangkaian RGB.C. Rangkaian vertical.D. Rangkaian defletion.E. Rangkaian horizontal.

43. Bila terjadi kerusakan tampilan gambar pada layar televisi bergelombang maka dilakukan pengecekan pada ...A. Fuse.B. IC oscillator.C. Transistor output regulator.D. Elco filter atau diode bridge.E. Kondensator yang ada diseputar oscillator.

Page 10: Soal us utama produktif audio video th. 2012

5

1 2

3

46

7

8

1 2

3

45

6

7

8

44. Pengecekan IC vertical dan yoke defleksi dilakukan jika terjadi kerusakan ...A. Gambar turun naik.B. Gambar pendek ketengah.C. Raster satu garis horizontal.D. Gambar keatas atau ke bawah.E. Gambar melebar atas atau kebawah.

45. Bila terjadi kerusakan tampilan gambar pada layar televisi bergetar maka dilakukan pengecekan pada ...A. Power supply.B. Rangkaian RGB.C. Rangkaian vertical.D. Rangkaian horizontal.E. Rangkaian sinkronisasi.

46. Dari gambar disamping yang merupakan kumparan yoke adalah ...A. 1B. 2C. 3D. 4E. 5

47. Dari gambar soal no.46 yang merupakan shadow mask adalah ...A. 1B. 2C. 3D. 4E. 7

48. Dari gambar soal no.46 yang merupakan Anoda CRT adalah ...A. 1B. 2C. 3D. 7E. 8

49. Dari gambar soal no.46 yang merupakan Katoda CRT adalah ...A. 2B. 3C. 4D. 5E. 6

50. Pada system televisi (PAL) di Indonesia memiliki frekuensi sync Vertikal sebesar ...A. 3 MhzB. 5,5 MhzC. 6 MhzD. 50 HzE. 15.625 Hz

Page 11: Soal us utama produktif audio video th. 2012