proposal bebaskan pengetahuan 2014

13
K O M P E T I S I M E N U L I S W I K I P E D I A Pe n a w a r a n u n t u k s p o n s o r

Upload: wikimedia-indonesia

Post on 13-Jan-2015

187 views

Category:

Education


2 download

DESCRIPTION

Proposal untuk sponsor Bebaskan Pengetahuan 2014

TRANSCRIPT

Page 1: Proposal Bebaskan Pengetahuan 2014

KO M P E T I S I M E N U L I S W I K I P E D I A

P e n a w a r a n u n t u k s p o n s o r

 

Page 2: Proposal Bebaskan Pengetahuan 2014

Catatan

Dokumen ini mengandung informasi rahasia dan berhak milik, sehingga tidak diperkenankan untuk disalin, digandakan, diterbitkan, didistribusikan, atau dipindahkan ke dalam dokumen lainnya. Dokumen ini tidak boleh diperlihatkan atau dipindahtangankan kepada orang lain tanpa izin atau pernyataan dari Wikimedia Indonesia. Dokumen ini dimaksudkan sebagai proposal dan hanya berfungsi sebagai sarana informasi semata. Proposal ini tidak dapat dijadikan sebagai bukti tertulis serta tidak dapat dijadikan dasar yang mengikat satu pihak pada pihak lainnya akan sejumlah dana tertentu.

Page 3: Proposal Bebaskan Pengetahuan 2014

P E R K U M P U L A N W I K I M E D I A I N D O N E S I A Wisma Bisnis Indonesia Lantai 2 Jalan KH Mas Mansyur 12A • Jakar ta 10220 • Indonesia

3

E-mail: [email protected] • www.wikimedia.or.id

Page 4: Proposal Bebaskan Pengetahuan 2014

Daftar isi

5 Bebaskan Pengetahuan 2014 5 Pendahuluan 5 Kompetisi menulis 6 Sinopsis Proyek 7 Kepanitiaan 7 Panitia inti 8 Target Peserta 9 Wikimedia Indonesia 10 Menjadi Sponsor 10 Manfaat yang didapatkan oleh sponsor 10 Menampilkan merek (branding) 10 Penempatan logo 10 Penempatan produk 11 Strategi untuk menjangkau masyarakat luas 12 Jadwal Pelaksanaan 12 Fase pertama 12 Fase kedua 12 Fase ketiga 13 Aktivitas sebelumnya 13 Papat Limpad 13 Lontar untuk Penulis Indonesia 14 Kesimpulan

P E R K U M P U L A N W I K I M E D I A I N D O N E S I A Centerflix Boutique Office • Jl. Danau Toba No. 104 Bendungan Hilir • Jakar ta 10210 • Indonesia E-mail: [email protected] • www.wikimedia.or.id

4    

Page 5: Proposal Bebaskan Pengetahuan 2014

Bebaskan Pengetahuan 2014

Bebaskan Pengetahuan 2014 adalah ajang kompetisi menulis di situs Wikipedia. Diikuti oleh 100 peserta dari 10 universitas di Jakarta, Bandung, dan Yogyakarta, ketahanan peserta akan diuji selama tiga bulan (April - Juni 2012). Pemenang akan diterbangkan untuk menghadiri konferensi internasional Wikimania 2014 di London, Inggris.

Kompetisi menulis

Kompetisi Menulis di Wikipedia digagas oleh Wikimedia Indonesia dan dirancang sebagai acara terintegrasi berupa pelatihan, uji ketahanan, upaya pengkayaan artikel berkualitas berbahasa Indonesia dalam ranah internet, dan perayaan atas semangat sukarelawan membebaskan pengetahuan.

Kompetisi ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 2010. Kini di tahun 2014 universitas peserta menjadi 10 universitas dari tiga kota, Jakarta, Bandung, dan Yogyakarta. Kompetisi ini terbukti sebagai sasana pelatihan yang akan memacu penulis-penulis pemula dalam memilah dan mengumpulkan informasi tentang berbagai bidang ilmu dalam bahasa Indonesia secara ensiklopedis. Juri-juri yang terdiri dari gabungan panitia, sukarelawan Wikipedia Bahasa Indonesia, dan dosen-dosen universitas ternama akan menilai hasil tulisan peserta. Kompetisi dimulai dengan pelatihan menulis dengan insentif perjalanan ke Inggris untuk mengikuti Wikimania 2014 di London. Wikimania adalah konferensi internasional untuk membahas kolaborasi pengembangan pengetahuan bebas baik dari sisi teknologi, gaya hidup, dan metode berjejaring dari berbagai penjuru dunia. Kompetisi sebelumnya telah berhasil memperoleh lebih dari 1,300 artikel ensiklopedia dalam bahasa Indonesia dan meningkatkan jumlah pembaca dari 36,8 juta menjadi 53,4 juta per bulan. Sementara peserta mendapat pelajaran; (1) kolaborasi menggunakan perangkat wiki; (2) melatih intuisi dalam menulis artikel ensiklopedia dalam bahasa Indonesia; (3) mendapatkan pengakuan atas kegigihan mereka dalam berkontribusi melalui sertifikat dari Wikimedia Indonesia dan Wikimedia Foundation (U.S.).

P E R K U M P U L A N W I K I M E D I A I N D O N E S I A Centerflix Boutique Office • Jl. Danau Toba No. 104 Bendungan Hilir • Jakar ta 10210 • Indonesia E-mail: [email protected] • www.wikimedia.or.id

5    

Page 6: Proposal Bebaskan Pengetahuan 2014

Sinopsis Proyek

Kompetisi menulis Wikipedia adalah upaya terintegrasi untuk merangsang para penulis muda agar tertarik untuk menulis artikel-artikel pengetahuan dalam bahasa Indonesia.

Desain kompetisi

Tujuan dari kompetisi ini adalah untuk melipat gandakan jumlah pengguna-pengguna aktif baru. Kompetisi akan dimulai dengan pengenalan tatacara penggunaan perangkat lunak wiki dan kemampuan untuk memahami aturan-aturan menulis dalam Wikipedia yang ketat dan tidak bersahabat untuk pemula. Selama ini, aturan-aturan ini membuat Wikipedia hanya mampu dinikmati oleh beberapa pengguna yang otodidak dan sulit dipahami pengguna baru.

Wikipedia bahasa Indonesia memiliki lebih dari 200 ribu artikel pada bulan Juni 2013 dengan hanya 50 kontributor sangat aktif. Dengan penambahan 100 pengguna berbakat melalui kompetisi, maka secara otomatis akan terjadi penambahan artikel-artikel berkualitas karena jumlah penulis aktif Wikipedia menjadi berlipat ganda. Artikel-artikel pengetahuan dalam bahasa Indonesia ini sangat dinanti bagi pencari informasi di ranah internet Indonesia yang selama ini hanya dikenal dengan situs berita, blog, jejaring sosial, dan media untuk mencari uang.

Saat penulisan artikel dilakukan dengan benar, artikel di Wikipedia akan menyediakan referensi akurat, tata bahasa yang netral, informatif, dan menjadikan penjelajahan di internet lebih berharga karena tersedianya informasi yang ilmiah.

Pendekatan-pendekatan tatap muka akan dilakukan pada sepuluh universitas agar berpartisipasi dengan mendaftarkan mahasiswa sebagai peserta. Secara internal universitas dipersilahkan melakukan seleksi peserta bagi mahasiswanya yang tertantang untuk berkompetisi, merasa mampu menulis, memiliki akses internet, serta dipercaya mewakili universitas. Kompetisi sendiri akan dimulai pada bulan April 2014.

Panitia telah merancang sebuah kompetisi berjenjang selama tiga bulan, di mana tingkat tantangan akan semakin sulit bagi para peserta. Pada akhirnya pemenang sebenarnya dari kompetisi menulis ini adalah dengan ditemukannya sukarelawan sejati yang menyadari bahwa hasratnya untuk berkompetisi bukan semata-mata hadiah, namun kesadaran bahwa menulis adalah bakatnya, bagian dari hidupnya, dan pengetahuan menjadi berkah untuk semua orang dan menjadi lebih berharga saat dibebaskan.

P E R K U M P U L A N W I K I M E D I A I N D O N E S I A Centerflix Boutique Office • Jl. Danau Toba No. 104 Bendungan Hilir • Jakar ta 10210 • Indonesia E-mail: [email protected] • www.wikimedia.or.id

6    

Page 7: Proposal Bebaskan Pengetahuan 2014

Target Peserta

Jakarta dan sekitarnya

Universitas Indonesia

Universitas Atmajaya

Universitas Bina Nusantara

Surya University

Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah

Sekolah Tinggi Teologi Jakarta

Bandung

Universitas Padjadjaran

Institut Teknologi Bandung

Universitas Parahyangan

Yogyakarta

Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

Universitas Sanata Dharma

Universitas Gajah Mada

P E R K U M P U L A N W I K I M E D I A I N D O N E S I A Centerflix Boutique Office • Jl. Danau Toba No. 104 Bendungan Hilir • Jakar ta 10210 • Indonesia E-mail: [email protected] • www.wikimedia.or.id

7    

Page 8: Proposal Bebaskan Pengetahuan 2014

Wikimedia Indonesia

Wikimedia Indonesia adalah perkumpulan yang mendorong pertumbuhan, pengembangan, dan penyebaran pengetahuan dalam bahasa Indonesia dan bahasa lain yang dipertuturkan di Indonesia secara bebas dan gratis.

Beberapa dari sejumlah pengguna terdaftar Wikipedia bahasa Indonesia sangat militan dan mereka tanpa disuruh "berlomba" menulis artikel, berbagi pengetahuan. Sumbangan orang-orang itu bahkan mengalahkan profesor-profesor di sejumlah universitas di negeri ini yang mungkin belum pernah menulis secuil pun artikel untuk ensiklopedia.

” – Koran Tempo,14 Maret 2009

Mereka membuktikan Indonesia memiliki semangat kerja sukarela untuk menghasilkan karya besar yang ikut dicatat dunia. Lebih dari sekadar web log, atau Multiply, ataupun Friendster, bahkan lebih dari sekedar kerja birokrasi pemerintah, inilah candu dunia maya yang harus mendapat dukungan: Wikipedia.

– Kompas, 26 Desember 2006 ”

Wikimedia Indonesia didirikan pada 5 September 2008 sebagai perkumpulan yang mendorong pertumbuhan, pengembangan, dan penyebaran pengetahuan dalam bahasa Indonesia dan bahasa lain yang dipertuturkan di Indonesia secara bebas dan gratis! Pendirinya merupakan sukarelawan aktif Wikipedia bahasa Indonesia yang vokal mengadvokasikan perlunya pengetahuan bebas untuk publik melalui media dan berbagai seminar.

Sebagai organisasi berbadan hukum, Wikimedia Indonesia menjadi identitas para sukarelawan untuk bertemu, mengumpulkan dana, dan membangun proyek sehingga memungkinkan misi membebaskan pengetahuan dilakukan secara teroganisir, terencana dengan target yang jelas. Saat didirikan Wikimedia Indonesia menjadi bagian dari jaringan Wikimedia Foundation dan ke-30 mitra lokalnya di seluruh dunia. Misi membebaskan pengetahuan adalah usaha global yang memberikan alternatif cara untuk menjembatani kesenjangan pengetahuan karena ketiadaan akses ataupun ketersediaan informasi itu sendiri.

P E R K U M P U L A N W I K I M E D I A I N D O N E S I A Centerflix Boutique Office • Jl. Danau Toba No. 104 Bendungan Hilir • Jakar ta 10210 • Indonesia E-mail: [email protected] • www.wikimedia.or.id

8    

Page 9: Proposal Bebaskan Pengetahuan 2014

Menjadi Sponsor

Kami menawarkan perusahaan Anda kesempatan untuk menjadi bagian dari usaha untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dengan mendukung acara ini.

Manfaat yang didapatkan oleh sponsor

Agar acara ini dapat berjalan secara profesional dan mampu meraih momentum yang diperlukan untuk sukses, kami memerlukan biaya sebesar Rp. 250 juta (dua ratus lima puluh juta rupiah). Walaupun banyak sumber daya manusia disumbangkan secara sukarela, namun beberapa hal seperti logistik, hadiah, dan persiapan membutuhkan dana dan tidak bisa kami tutup secara pribadi. Kami membutuhkan bantuan Anda untuk menjadikan acara ini menjadi kenyataan. Kami menawarkan perusahaan Anda kesempatan untuk menjadi bagian dari usaha untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dengan mendukung acara ini. Acara untuk merangsang keinginan para calon sukarelawan Indonesia menjawab permintaan pasar akan pengetahuan yang murah untuk semua orang sekaligus menjadi ajang untuk mengekspresikan diri dan keahlian generasi muda Indonesia – di mana perusahaan Anda menjadi bagiannya. Sebagai imbal jasa dari dana yang perusahaan Anda berikan, kami menawarkan kesempatan untuk menampilkan merek (branding), penempatan logo, dan perkenalan produk. Menampilkan merek (branding)

Seluruh sponsor kami akan mendapatkan kesempatan untuk mencantumkan logonya pada seluruh material yang diproduksi untuk proyek ini. Selain itu juga kesempatan untuk disebutkan pada siaran pers yang akan disebarkan pada media masa. Penempatan logo

1 Situs web 2 Seragam para peserta dan panitia 3 Seluruh materi komunikasi termasuk: spanduk, siaran

pers, brosur, presentasi, poster, dan lainnya.

P E R K U M P U L A N W I K I M E D I A I N D O N E S I A Centerflix Boutique Office • Jl. Danau Toba No. 104 Bendungan Hilir • Jakar ta 10210 • Indonesia E-mail: [email protected] • www.wikimedia.or.id

9    

Page 10: Proposal Bebaskan Pengetahuan 2014

Menjadi Sponsor

Strategi untuk menjangkau masyarakat luas

Wikimedia Indonesia akan melakukan usaha-usaha sosialisasi kompetisi ini melalui situs jejaring sosial seperti Facebook (penyuka 4,000), blog para peserta, dan situs Wikimedia Indonesia (diakses oleh 250.000 visitor). Upaya menjangkau media massa dilakukan dengan melakukan peluncuran melalui konferensi pers dan pengiriman siaran pers serta perkembangan terbaru setiap tiga bulan pada media. Juga akan dilakukan usaha-usaha sosialisasi akan adanya kompetisi ini melalui situs jejaring sosial seperti Facebook, blog para peserta, dan situs Wikimedia Indonesia. Upaya menjangkau media massa dilakukan dengan melakukan peluncuran melalui konferensi pers dan pengiriman siaran pers serta perkembangan terbaru setiap tiga bulan pada media. Pada malam penghargaan pemenang, para sponsor dipersilakan untuk memperkenalkan produk mereka dengan memajang kios pada acara yang akan dihadiri lebih dari dua ratus undangan dan media.

P E R K U M P U L A N W I K I M E D I A I N D O N E S I A Centerflix Boutique Office • Jl. Danau Toba No. 104 Bendungan Hilir • Jakar ta 10210 • Indonesia E-mail: [email protected] • www.wikimedia.or.id

10    

Page 11: Proposal Bebaskan Pengetahuan 2014

Jadwal Pelaksanaan

Jadwal berikut ini adalah perkiraan waktu pelaksanaan.

Fase pertama 1 Penggalangan dana

Oktober 2013 – Maret 2014 2 Logistik dan perencanaan

Oktober 2013 – Maret 2014 3 Lobi dan negosiasi ke perguruan tinggi untuk

peserta dan juri Oktober 2013

Fase kedua

1 Pelatihan untuk peserta

Maret 2014

2 Konferensi pers Maret dan Mei 2014

3 Penjurian 1, 2, 3 April – Juni 2014

4 Malam penghargaan Juli 2014

Fase ketiga

1 Pemenang berangkat ke London,

Inggris untuk menghadiri Wikimania 2014 8-10 Agustus 2014

P E R K U M P U L A N W I K I M E D I A I N D O N E S I A Centerflix Boutique Office • Jl. Danau Toba No. 104 Bendungan Hilir • Jakar ta 10210 • Indonesia E-mail: [email protected] • www.wikimedia.or.id

11    

Page 12: Proposal Bebaskan Pengetahuan 2014

Aktivitas sebelumnya

Papat Limpad

Kompetisi menulis untuk Wikipedia bahasa Jawa, Papat Limpad (Empat Jagoan), berlangsung selama 7 bulan. Setelah dilaksanakan selama dua tahun berturut turut, peserta menyumbangkan lebih dari 6.000 artikel berbahasa Jawa.. Pada tahun pertama hanya dilakukan di satu universitas di Semarang (Universitas Negeri Semarang), pada tahun kedua Universitas pesertapun

ditambah menjadi enam dan meluas di tiga kota; Semarang, Jakarta, dan Yogyakarta.

Lontar untuk Penulis Indonesia

Yayasan Lontar didirikan pada tahun 1987 dan memiliki visi untuk mempromosikan sastra Indonesia dengan melestarikan, memperbaiki, menyebarluaskan & mengembangkan pemahaman mengenai sastra Indonesia

Yayasan Lontar ingin memanen data mengenai penulis dan karyanya yang disediakan bebas oleh Wikipedia Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Upaya mereka terhambat oleh kendala teknis dalam menulis di Wikipedia Bahasa Indonesia. Untuk itu, Wikimedia Indonesia bekerja sama dengan mengadakan pelatihan-pelatihan.

P E R K U M P U L A N W I K I M E D I A I N D O N E S I A Centerflix Boutique Office • Jl. Danau Toba No. 104 Bendungan Hilir • Jakar ta 10210 • Indonesia E-mail: [email protected] • www.wikimedia.or.id

12    

Page 13: Proposal Bebaskan Pengetahuan 2014

Kesimpulan

Kami harap Anda dapat meluangkan waktu untuk mendiskusikan proyek ini lebih lanjut lagi. Proposal ini hanya merupakan penawaran dan menjadi cara yang kami pilih untuk memperkenalkan proyek kami kepada Anda. Apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut, Anda dapat menghubungi kami dan kami akan dengan senang hati mendiskusikan proyek ini dengan lebih rinci.

Hormat saya,

Hans Abdiel Harmakaputra Direktur Proyek Bebaskan Pengetahuan 2014 Wikimedia Indonesia +62 8999 785 835 [email protected]

P E R K U M P U L A N W I K I M E D I A I N D O N E S I A Centerflix Boutique Office • Jl. Danau Toba No. 104 Bendungan Hilir • Jakar ta 10210 • Indonesia E-mail: [email protected] • www.wikimedia.or.id

13