petualangan tintin - wikipedia bahasa indonesia, ensiklopedia bebas

Download Petualangan Tintin - Wikipedia Bahasa Indonesia, Ensiklopedia Bebas

Post on 21-Jan-2016

64 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

DESCRIPTION

tin-tin

TRANSCRIPT

  • Petualangan Tintin

    Petualangan Tintin

    Petualangan TintinDari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

    Petualangan Tintin (bahasa Perancis: ''Les Aventures deTintin et Milou'') adalah serial komik yang diciptakan olehHerg, seorang artis dari Belgia. Herg adalah pseudonimdari Georges Remi (19071983) yang dituliskan menjadi RG(dibaca sebagai Herg dalam bahasa Perancis). Serial inipertama kali muncul dalam bahasa Perancis sebagai lampiranbagian anak-anak dari koran Belgia, Le Vingtime Sicle padatanggal 10 Januari 1929. Petualangan Tintin sendirimenampilkan beberapa pemain yang saling melengkapi satusama lainnya. Dari tahun ke tahun, serial ini menjadi bacaanfavorit dan bahan kritikan dari para kritikus selama lebih dari70 tahun.

    Tokoh utama dari serial ini adalah seorang wartawan Belgiamuda dan pengembara bernama Tintin. Sejak kemunculannya pertama kali, ia telah ditemani oleh seekor anjingjenis fox terrier yang bernama Milo (dalam bahasa Perancis, namanya adalah Milou). Dalam kisah selanjutnyadimunculkan beberapa pemain tambahan seperti Kapten Haddock, yang terkenal dengan sumpah serapahnya,namun dia sangat menjunjung tinggi nilai-nilai kepelautan dan asas kesetaraan. Kemudian ada juga ProfesorLakmus (Professeur Tournesol) yang sangat cerdas namun memiliki masalah dengan pendengarannya. Dan taklupa karakter Dupont dan Dupond ((Inggris) Thomson dan Thompson dalam bahasa Inggris), detektif kembaryang sangat tidak kompeten.

    Dengan keberhasilan serial ini, komik tersebut dikumpulkan menjadi suatu album petualangan (23 secarakeseluruhan dan ditambah satu album yang masih berupa sketsa, Tintin dan Alph-Art), yang berhasil dan telahdiadaptasi ke dalam bentuk film dan teater. Komik ini adalah salah satu komik Eropa yang sangat terkenal padaabad ke-20. Sudah lebih dari 200 juta bukunya diterbitkan dan diterjemahkan ke dalam lebih dari 50 bahasa.[1]

    Serial komik ini sangat digemari karena gaya gambarnya yang bersih tetapi ekspresif (gaya Herg yang disebutligne claire)[2][3][4][5] dan didasarkan pada riset yang mendalam oleh pengarangnya,[6][6][7][8] yang terbagi atasaliran: petualangan dengan elemen fantasi, misteri, politik dan sains fiksi. Kisah Tintin juga selalu menampilkanhumor slapstick yang mengomentari tentang politik dan budaya pada suatu negara atau suatu masa.

    Daftar isi

    1 Latar belakang2 Daftar judul komik

    2.1 Terbitan Indira2.2 Terbitan Gramedia2.3 Lainnya

    3 Tokoh-tokohnya3.1 Tokoh Utama

    3.1.1 Tintin dan Milo3.2 Tokoh Pendukung

    3.2.1 Kapten Haddock

    Petualangan Tintin - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas file:///C:/Users/irfan2/Downloads/Petualangan_Tintin.htm

    1 of 20 13/12/2013 14:52You created this PDF from an application that is not licensed to print to novaPDF printer (http://www.novapdf.com)

  • Tokoh Totor karya Herg yangmenjadi dasar terciptanya Tintin.

    3.2.2 Profesor Lakmus3.2.3 Dupont dan Dupond3.2.4 Bianca Castafiore

    3.3 Tokoh-tokoh lainnya4 Lokasi5 Pembuatan karya

    5.1 Penelitian5.2 Pengaruh

    6 Kritik7 Adaptasi dan pameran

    7.1 Film7.2 Dokumenter7.3 Televisi7.4 Teater7.5 Komik tidak resmi7.6 Pameran7.7 Video Games

    8 Benda-benda koleksi8.1 Toko8.2 Perangko8.3 Koin8.4 Buku

    9 Terjemahan10 Warisan

    10.1 Penghargaan11 Lihat pula12 Rujukan13 Pranala luar

    Latar belakang

    Tintin adalah seorang wartawan, dan Herg hampir selalumempergunakan karakter tersebut di dalam setiap cerita-ceritapetualangan karyanya. Seringkali cerita tersebut terjadi pada masa-masaketika ia masih bekerja sebagai seorang wartawan pula (yang palingmudah dikenali adalah Bolshevik yang terjadi di Rusia and PerangDunia Kedua) dan beberapa kali belum terjadi ketika cerita tersebutdituliskan (salah satunya adalah Perjalanan ke Bulan. Herg jugamenciptakan suatu dunia tersendiri untuk Tintin yang merupakangambaran secara komik dari dunia aslinya yang diambil dari foto arsipmiliknya.[9]

    Walaupun komik petualangan Tintin bersifat "formulaic" - menampilkansuatu cerita misteri namun dapat diselesaikan dengan baik dan dapatditerima oleh akal logika - Herg juga membumbui komiknya denganbumbu-bumbu humor khas dirinya[9]. Racikan humornya tersebut dapat

    Petualangan Tintin - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas file:///C:/Users/irfan2/Downloads/Petualangan_Tintin.htm

    2 of 20 13/12/2013 14:52You created this PDF from an application that is not licensed to print to novaPDF printer (http://www.novapdf.com)

  • Gambar cerita pertama Wartawan "LePetit Vingtieme" Di Tanah Soviet

    yang menandai kelahiran Tintin padatahun 1929.

    diprediksi sebelumnya, namun dilakukan dengan cara yang elegansehingga membuat para pembaca larut dalam ceritanya. Rumusanbumbu seperti ini bisa juga ditemui dalam komik strip Peanuts dan TheThree Stooges[10]. Herg juga sangat paham dengan beberapa gayadalam komik strip, khususnya yang dikenal dengan nama "pacing",suatu teknik penulisan cerita yang bisa ditemui di salah satu serial iniyaitu Permata Castafiore, di mana dalam cerita tersebut terlihat seolahada suatu peristiwa yang sangat besar namun sebenarnya tidak terjadiapa-apa[8].

    Pada awalnya, Herg banyak melakukan improvisasi dalam penulisanserial ini, di mana hampir selalu Tintin dapat keluar dari masalah sesulitapa pun yang akan menimpanya. Sampai akhirnya dia, Herg, tergerakuntuk melakukan riset yang mendalam terlebih dahulu sebelum memulaicerita dan merencanakan dengan baik alur ceritanya. Hal ini dia lakukansetelah menyelesaikan seri Cerutu Sang Firaun[8].

    Usia Tintin juga tidak pernah secara akurat diungkapkan. Tokoh inidigambarkan sebagai seorang 'dewasa' di dalam penggambarannya di film DVD, dan juga dirujuk sebagai'bocah' beberapa kali dalam acara-acara televisi. Dalam serial film kartun yang dibuat berdasarkan buku-bukukomiknya, sebuah potongan episode Rahasia Unicorn yang menunjukkan paspor Tintin memperlihatkan bahwatahun kelahirannya adalah tahun 1929 (tahun pertama kemunculan buku komiknya). Dorongan untukmelakukan ini (riset yang mendalam dan merencanakan alur ceritanya), datang dari Zhang Congren, seorangsiswa dari China, yang ketika mendengar bahwa Herg akan mengirim Tintin ke China dalam petualanganberikutnya, memintanya untuk tidak menampilkan gambaran umum orang-orang Eropa, yang salah tentangChina pada waktu itu. Herg dan Zhang, saling bahu membahu dalam menciptakan serial berikutnya LotusBiru, di mana para kritikus memujinya sebagai masterpiece-nya yang pertama[8].

    Bentuk penulisan komik berbeda yang ditampilkan oleh Herg juga banyak terilhami dunia di luar dirinya.Perang Dunia kedua dan pendudukan Belgia oleh Hitler dengan bala tentaranya membuat pembredelan atassurat kabar di mana serial Tintin ini dimuat. Pekerjaannya terhenti pada cerita Negeri Emas Hitam, danalbumnya yang berjudul Tintin di Amerika dan Pulau Hitam dibredel oleh rezim Nazi, yang khawatir akanpengaruh Amerika dan Inggris pada kedua cerita tersebut, di mana kedua negara tersebut adalah musuhbesarnya. Namun di luar itu Herg masih dapat menerbitkan dua buah buku melanjutkan dua seri petualanganlainnya dalam surat kabar yang dikontrol secara ketat oleh rezim Nazi.

    Selama dan sesudah pendudukan Belgia oleh Nazi, pekerjaan Herg dituduh sebagai kaki tangan musuh,dikarenakan rezim Nazi melakukan kontrol yang teramat ketat akan surat kabar yang boleh beredar di Belgia(Le Soir - pada masa itu), sehingga dia pernah beberapa kali ditanyai secara mendalam sesudah perang duniakedua selesai. Dia menyampaikan bahwa pada dasarnya dia hanya melakukan pekerjaan sesuai denganprofesinya saja sebagai penulis cerita komik sebagaimana layaknya tukang batu ataupun tukang kayu. Padakurun waktu ini, tidak sebagaimana umumnya hasil karya-karya sebelum dan sesudahnya, hasil-hasil karyanyamemiliki sikap politis yang netral sehingga yang tercipta hanyalah karya-karya klasik seperti Rahasia Unicorndan Harta Karun Rackham Merah. Namun karyanya yang berjudul Bintang Misterius menggambarkanperasaannya akan ketidakpastian suasana ketika itu.

    Dikarenakan kekurangan kertas yang tersedia di Belgia setelah Perang Dunia kedua, memaksanya untuk jugamenyesuaikan bentuk dari serial ini. Herg biasanya membiarkan jumlah halamannya sepanjang yangdiperlukan oleh ceritanya, dan penerbitnya Casterman memintanya membuat cerita ini dalam ukuran yang kecildan tidak lebih dari 62 halaman. Dia juga mulai untuk memiliki pembantu dalam proses pembuatan cerita ini

    Petualangan Tintin - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas file:///C:/Users/irfan2/Downloads/Petualangan_Tintin.htm

    3 of 20 13/12/2013 14:52You created this PDF from an application that is not licensed to print to novaPDF printer (http://www.novapdf.com)

  • Herg berfoto bersama dengan patungsetengah badan Tintin sekitar tahun1975.

    (sepuluh buku yang diterbitkannya dibuat oleh dia dan istrinya sendiri), dan dia juga membangun suatu studiountuk pembuatan cerita ini.

    Penambahan warna dalam cerita-ceritanya membuatnya karya-karyanyalebih baik lagi. Penggunaan warna yang dilakukannya bahkan jauh lebihmaju daripada komik-komik Amerika pada masa itu, dengan prosespembuatan yang terbaik di mana memakai teknik yang disebut sebagaifour printing sides dan suatu pendekatan secara sinematografi atas tatacahaya yang ada. Herg dan studionya dapat mengisi hampir separuhatau lebih, dari halamannya dengan gambar, yang cukup akurat dan lebihmenonjolkan alirnya, dan mempergunakan pewarnaan untukmenonjolkan beberapa hal penting[8]. Sebagaimana yang dikatakannya"Aku menganggap ceritaku sebagaimana layaknya sebuah film. Tak adanarasi, tanpa penjelasan, namun lebih dititikberatkan pada gambar-gambar yang dapat bercerita lebih banyak daripada narasi apa pun.[11]

    Kehidupan pribadi Herg juga memengaruhi serial ini, salah satunyaterlihat pada Tintin di Tibet yang sangat terpengaruh oleh rasa putusasanya. Mimpi-