laporan tahunan rektor tahun 2020

93

Upload: others

Post on 05-Nov-2021

16 views

Category:

Documents


0 download

TRANSCRIPT

Page 1: LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020
Page 2: LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

INSTITUT SAINS & TEKNOLOGI AKPRINDYOGYAKARTA

Page 3: LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020
Page 4: LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

1LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

Bismillahirrahmanirrrahim

Assalamu’alaikum Warahmatullahi WabarokatuhSalam sejahtera untuk kita semua

Puji dan syukur mari kita panjatkan ke hadirat Allah Yang Maha Kuasa, karena hanya atas segala limpahan rakhmat dan karunia-Nya yang tiada terhingga, akhirnya Laporan Tahunan Rektor tahun 2020 dapat diselesaikan. Sebelumnya kami mohon maaf yang sebesar-besarnya karena Laporan Tahunan mengalami keterlambatan cukup lama, yaitu yang biasanya disampaikan dalam rangka upacara puncak Dies Natalis setiap tahunnya, pada tahun ini peringatan Dies Natalis ke-48 tidak diselenggarakan karena sejak pertengan bulan Maret sampai akhir Mei 2020 Kampus lock-down secara total. Namun demikian demi ketersambungan data dan informasi perkembangan IST AKPRIND setiap tahunnya, maka laporan tahunan ini disusun. Untuk konsistensi rentang waktu data dan informasi maka Laporan tahunan ini tetap mengambil periode dari bulan Mei 2019 sampai bulan Mei 2020.

Para pembaca yang budiman.Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta sebagai

sebuah perguruan tinggi yang memiliki visi “menjadi Perguruan Tinggi yang unggul di bidang sains dan teknologi dengan reputasi internasional” selalu berusaha untuk memberikan pendidikan yang mengedepankan penguasaan pengetahuan dan teknologi untuk kepentingan bangsa dan Negara. Salah satu

Page 5: LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

2 INSTITUT SAINS & TEKNOLOGI AKPRIND YOGYAKARTA

tujuan IST AKPRIND Yogyakarta adalah mencetak lulusan yang berdaya saing di bidang sains dan teknologi yang berjiwa wirausaha (entrepreneur), berwawasan lingkungan, berbasis penjaminan mutu, dan memiliki karakter disiplin, jujur, bermoral dan kompeten dibidangnya. Cita-cita IST AKPRIND Yogyakarta telah sejalan dengan perkembangan Revolusi Industri 4.0 dekade ini.

Kombinasi dunia siber dan fisik menuntut para tenaga kerja mampu menganalisa data serta menilai kualitas dan bias data. Penciptaan lingkungan belajar yang kondusif dan pembelajaran yang baik akan menciptakan inovasi-inovasi teknologi dan berbagai program kreativitas mahasiswa. Penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi selalu dikedepankan demi menciptakan lulusan yang handal dan dapat bersaing secara nasional maupun internasional. Revolusi Industri 4.0 tentu juga memberikan permasalahan baru bagi dunia pendidikan khususnya PT, teknologi yang terbentuk berbasis pengembangan sudah tidak mencukupi untuk menghadapi tantangan Revolusi Industri 4.0. Revolusi Industri 4.0 menuntut pekerja yang bekerja keras, berpendidikan mandiri dengan inisiatif untuk mengatur waktu dan pekerjaannya.

Dalam menghadapi tantangan tersebut, Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta dengan kurikulum berbasis KKNI, sesuai Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012, dimana dikembangkan sebuah ukuran kualifikasi lulusan pendidikan serta penjenjangan kualifikasi yang dapat menyandingkan, menyetarakan, dan mengintregrasikan antara bidang pendidikan dan bidang pelatihan kerja serta pengalaman kerja dalam rangka pemberian pengakuan kompetensi kerja sesuai dengan struktur pekerjaan di berbagai sektor. IST AKPRIND saat ini dan masa mendatang akan menghadapi tantangan yang semakin berat. Upaya ini memerlukan komitmen dari seluruh civitas akademika untuk mewujudkan visi IST AKPRIND yang unggul di bidang sains dan teknologi dengan reputasi internasional.

Empat puluh delapan tahun sudah IST AKPRIND berdiri, tantangan dan beban ke depan semakin berat dan sulit, hanya

Page 6: LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

3LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

akan dapat dihadapi dengan baik jika IST AKPRIND secara terus menerus melakukan perubahan dan perbaikan sistem kinerjanya. Peningkatan efisiensi, efektivitas dan akuntabilitas dalam penyeleng-garaan pendidikan tinggi untuk mewujudkan visi, misi dan tujuan IST AKPRIND, kami sadari sepenuhnya, merupakan jawaban atas tantangan dan beban tersebut.

Pada kesempatan ini, perkenankan saya menyampaikan capaian kinerja dari tahun 2015 hingga awal tahun 2020.

IST AKPRIND menyelenggarakan pendidikan yang terdiri dari 9 Program Studi S1 dan 2 Program studi D3, yang bernaung dalam 3 Fakultas. IST AKPRIND telah melakukan kegiatan evaluasi yang berhubungan dengan kurikulum, pembelajaran, suasana akademik, penjaminan mutu, kemahasiswaan, kelulusan, proses pelayanan ke mahasiswa, sumber daya manusia (dosen, karyawan, mahasiswa), sarana & prasarana, penggunaan sistem informasi, penelitian, pelacakan kelulusan, pengabdian pada masyarakat dan kerjasama dengan pihak luar berbasis Sistem Penjaminan Mutu. Sistem Penjaminan Mutu Internal diawasi dan dikelola oleh Lembaga Penjaminan Mutu dengan melaksanakan Audit Mutu Internal setiap semesternya.

Perkembangan pendidikan di IST AKPRIND dievaluasi dari kapasitas, produktivitas dan kualitas pendidikan. Indikator yang digunakan dalam evaluasi antara lain adalah tata pamong, kepemimpinan dan penjaminan mutu (akreditasi prodi), mahasiswa dan lulusan (profil mahasiswa, ipk dan lama studi), sumber daya manusia (profil dosen dan tenaga kependidikan), kesesuaian kurikulum dengan kebutuhan stakeholder dan suasana akademik, pembiayaan, prasarana dan sistem informasi, dan penelitian, pengabdian kepada masyarakat serta aktivitas kerjasama.

Para pembaca yang budiman.Nilai akreditasi program studi menunjukkan bahwa dari 11

program studi yang diselenggarakan, seluruhnya telah terakreditasi B (per 10 April 2020). Berbagai upaya terus dilakukan untuk

Page 7: LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

4 INSTITUT SAINS & TEKNOLOGI AKPRIND YOGYAKARTA

meningkatkan peringkat akreditasi, antara lain melalui peningkatan sarana dan prasarana perkuliahan serta peningkatan kualitas dosen melalui studi lanjut (pada saat ini telah mempunyai 18 orang Doktor baik dari dalam maupun luar negeri, dan 6 orang sedang menempuh doktoral). IST AKPRIND Yogyakarta semenjak tahun 2017 masuk peringkat ke 100 besar di Indonesia berdasarkan peringkat Kemenristekdikti, peningkatan secara signifikan juga diperoleh dari webometric dimana IST AKPRIND menduduki peringkat ke 59 Perguruan Tinggi se-Indonesia (tahun 2018 di peringkat 119) atau peringkat ke-5 di DIY. Peringkat IST AKPRIND Yogyakarta harus ditingkatkan lebih baik lagi ditengah persaingan yang sangat ketat antar PT.

Jumlah peminat, sebagai indikator daya tarik IST AKPRIND terhadap masyarakat, selama 2 tahun terakhir menunjukkan penurunan. Mulai tahun 2016/2017 telah dilakukan seleksi yang lebih ketat, sehingga pada penerimaan tahun 2019/2020 dari 1272 pendaftar hanya diterima sebanyak 490 mahasiswa. Keketatan ini merupakan bagian dari peningkatan kualitas yang dilakukan IST AKPRIND Yogyakarta. Jurusan Teknik Mesin, Teknik Geologi, dan Teknik Industri masih merupakan prodi dengan jumlah peminat terbesar, namun muncul peningkatan animo masyarakat untuk memilih prodi Statistika. Dalam dua tahun terakhir peminat ke prodi Teknik Informatika mengalami penurunan. Daya tarik IST AKPRIND tidak terbatas pada masyarakat dari wilayah DIY, tapi hampir dari seluruh propinsi di wilayah Indonesia dari Aceh hingga Papua, bahkan IST AKPRIND juga menjadi tujuan favorit mahasiswa baru dari Timor Leste. UPT P3MB yang mendapat mandat dalam rekruitmen mahasiswa baru telah berupaya dengan keras dan kreatif untuk meningkatkan jumlah mahasiswa. Tahun ini terdapat 490 mahasiswa baru dengan mahasiswa aktif total tercatat sebanyak 2885 mahasiswa (mahasiswa terdaftar sebanyak 2967).

Pemberian beasiswa merupakan salah satu upaya institusi untuk membantu mahasiswa yang memiliki prestasi akademis yang baik, namun mengalami kendala finansial. Pada tahun 2018/2019

Page 8: LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

5LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

penerima beasiswa berjumlah 67 mahasiswa dengan sumber dana antara lain dari Kemendikbud, Dikpora, BPPA, BBBM, Bidikmisi, serta Bank BPD DIY. Sedang pada tahun akademik 2019/2020 jumlah penerima beasiswa sebanyak 46 mahasiswa, dengan sumber dana yang hampir sama, 22 orang diantaranya mendapat beasiswa BPPA dan 7 orang beasiswa Bidikmisi.

Selain beasiswa dari luar IST AKPRIND, sejak tahun 2008/2009 institut juga memberikan beasiswa hingga lulus sarjana yang diberikan kepada mahasiswa baru yang memenuhi kualifikasi dan persyaratan tertentu. Pemberian beasiswa sampai lulus IST AKPRIND dilakukan dengan ketat, hanya mahasiswa yang serius dan loyal terhadap IST AKPRIND yang berhak atas beasiswa tersebut. Beberapa mahasiswa yang lolos seleksi namun masih bimbang akhirnya tidak memperoleh beasiswa tersebut. Total penerima beasiswa sampai lulus tahun 2019/2020 sebanyak 17 orang. IST AKPRIND terus mengupayakan kerjasama dengan Alumni maupun industri dalam meningkatkan jumlah beasiswa bagi mahasiswa.

IST AKPRIND terus meningkatkan sarana dan fasilitas dalam upaya meningkatkan prestasi mahasiswa dalam bidang akademik, dan non akademik (penalaran, minat bakat, olahraga dan seni). Selama tahun 2019/2020, mahasiswa IST AKPRIND turut berpartisipasi dalam ajang: Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Kemenristekdikti, Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI) Kemenristekdikti, Kompetisi Sistem Komunikasi dan Teknik Interperensi Data Early Warning System Kebencanaan bagi Masyarakat di DIY dan Jawa Tengah, Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS), Kompetisi Mobil Hemat Energi (KMHE) Kemenristekdikti, Nurtanio Flying Competition 2019, Kejuaraan Pencak Silat Open Tournament Nasional, Kopdarnas KBRI ke 7, Aeromodelling STTA Aero Competition 2019, PORDA XV DIY Cabor Aeromodelling, dan Pelatihan Mahasiswa Kader Bangsa (PMKB) Tingkat Nasional.

Page 9: LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

6 INSTITUT SAINS & TEKNOLOGI AKPRIND YOGYAKARTA

Pembaca yang kami hormati.Rasa bangga dan ucapan selamat saya sampaikan kepada:

Tim Mataram Proto IST AKPRIND dan Tim Kalisahak28 IST AKPRIND yang mendapat juara 2 Kontes Mobil Hemat Energi Indonesia kategori Proto Mesin Pembakaran Dalam Diesel dan juara 3 Kontes Mobil Hemat Energi Indonesia kategori Urban Mesin Pembakaran Dalam Etanol di bulan September tahun 2019 di Universitas Negeri Malang, dan seluruh mahasiswa yang proposalnya berhasil lolos dan didanai dalam Program Kreativitas Mahasiswa dan Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia Tahun 2019. Begitu juga selamat untuk mahasiswa yang telah menjadi juara Nasional khususnya cabor Aeromodelling dan Pencak Silat. Rasa bangga dan ucapan terima kasih sekali lagi saya sampaikan kepada para mahasiswa yang telah berhasil menorehkan prestasi gemilang dan membawa harum nama IST AKPRIND dalam berbagai kegiatan, baik dalam kancah lokal, nasional maupun internasional. Bukti-bukti sudah menunjukkan bahwa mutu IST AKPRIND tidak dapat dipandang sebelah mata. Tunjukkan bahwa sebagai mahasiswa IST AKPRIND, Saudara adalah insan-insan teladan yang ulet, gigih, kuat, berprestasi dan dapat diandalkan.

Pada periode 2019/2020, IST AKPRIND telah berhasil meluluskan sebanyak 584 mahasiswa, dimana hal ini merupakan capaian yang tinggi dalam 5 tahun terakhir. Indeks Prestasi Kumulatif rerata lulusan tetap berada diatas 3, dan hal ini telah dipertahankan dalam 5 tahun terakhir. Lama studi masih berkisar 5 tahun untuk S1 dan 4 tahun untuk D3. Hal ini masih belum optimal, belum sesuai dengan kurikulum yang diterapkan. IST AKPRIND tentu saja tercambuk untuk memperbaiki segala aspek untuk meningkatkan mutu dan jumlah lulusan di tahun depan. Beberapa program sudah dilakukan untuk pembenahan proses belajar-mengajar (PBM) salah satunya program hibah buku ajar sebagai pendukung PBM yang dilakukan oleh BP2AI.

Salah satu yang dirasakan belum optimal oleh IST AKPRIND adalah pelacakan alumni (tracer study), bahkan telah digulirkan

Page 10: LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

7LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

program tersebut baik pendanaan dari IST AKPRIND maupun Kemenristekdikti, hasilnya sedikit menunjukkan perbaikan. Alumni yang berhasil terlibat dalam program tersebut hanya berkisar 21%, atau sebanyak 426 orang dari 2039 lulusan yang telah bekerja selama 5 tahun terakhir (tahun 2018 hanya 10% yang terlibat dalam program). Kiranya masih banyak pekerjaan rumah bagi IST AKPRIND untuk bekerjasama lebih baik lagi dengan Ikatan Keluarga Alumni AKPRIND maupun stakeholder lainnya. Untuk itu kami mohon bantuan IKA AKPRIND agar lebih proaktif dalam program tracer study ini, mengingat salah satu penilaian akreditasi adalah program ini. Institut telah mengulirkan program alumni tracer berupa web portal ika.akprind.ac.id yang memudahkan alumni dimanapun berada untuk berpartisipasi demi kemajuan IST AKPRIND.

Jenis pekerjaan yang dipilih alumni telah 83 % sesuai dengan kompetensi yang telah mereka tempuh selama belajar di IST AKPRIND, hal ini cukup membanggakan, mengingat dimana tidak mudah bekerja di bidang teknologi dan sains khususnya di industri, meskipun gaung kebutuhan akan sarjana teknik sangat besar, dikumandangkan oleh pemerintah saat ini.

Upaya-upaya yang telah dilakukan dalam rangka perbaikan kualitas oleh BP2AI melalui program-program internal dan hibah kompetisi antara lain meliputi perbaikan kualitas pembelajaran, peningkatan kualitas akademik dan pengiriman studi lanjut, peningkatan jumlah kelas berbasis multimedia, peningkatan jumlah konten pembelajaran, serta perbaikan metode mengajar.

Program pengembangan SDM menjadi program yang diutamakan. Pada tahun ini, terdapat 6 orang dosen sedang menempuh studi lanjut S-3. Upaya peningkatan kompetensi dosen melalui studi lanjut sudah cukup baik, rata-rata 2 orang per tahun. Dari 118 orang dosen, jumlah dosen dengan pendidikan S-3 masih relatif kecil yaitu sebanyak 18 orang. Sementara dosen dengan pendidikan S-2 sebanyak 100 orang. Hal tersebut menjadi tantangan besar bagi IST AKPRIND agar terus berbenah diri untuk

Page 11: LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

8 INSTITUT SAINS & TEKNOLOGI AKPRIND YOGYAKARTA

meningkatkan jumlah dosen berpendidikan S3.Dosen dengan jabatan fungsional Lektor Kepala mendominasi

komposisi dosen di IST AKPRIND dengan jumlah 33 orang (28 %) kemudian diikuti Lektor dengan 30 orang (25 %). Sedangkan dosen dengan jabatan fungsional Asisten Ahli sebesar 42 orang, Guru Besar 2 orang, dan sisanya 11 orang (9 %) masih berstatus Tenaga Pengajar. Sekalipun telah terjadi peningkatan jabatan fungsional akademik di tahun 2019, namun secara statistik jabatan fungsional akademik masih harus terus ditingkatkan, mengingat dalam proses akreditasi institusi hanya Profesor yang mendapatkan nilai.

Program sertifikasi dosen merupakan upaya pemerintah melalui Ditjen Dikti untuk meningkatkan mutu pendidikan serta kesejahteraan dosen. Secara persentase jumlah dosen tersertifikasi tidak signifikan meningkat (64%) namun pada tahun 2019 menambah 2 orang bersertifikasi profesional sehinggga berjumlah 76 orang (64%). Dalam hal ini program pengembangan sumber daya dosen yang dikembangkan IST AKPRIND telah dirasakan manfaatnya, mengingat untuk mendapatkan sertifikat profesional dosen tidaklah mudah. Selain program persiapan sertifikasi dosen, IST AKPRIND juga telah melakukan banyak workshop maupun pelatihan bagi dosen guna meningkatkan kemampuan teknis penunjang tugas belajar mengajar, seperti workshop pembuatan bahan ajar, pelatihan web online, maupun pelatihan sebagai dosen pembimbing PKM.

IST AKPRIND juga telah berhasil mengembangkan Tempat Uji Kompetensi Mandiri Informatika Certified yang merupakan tempat uji kompetensi programing dan network administrator, dan Tempat Uji Kompetensi Lingkungan Hidup, yang merupakan tempat uji kompetensi pengambil sampel uji air. Peningkatan kompentensi jati diri juga dilaksanakan yang diprakarsai oleh LPKK meliputi pelatihan AMDAL, kewirausahaan dan Bahasa Inggris.

Page 12: LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

9LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

Para pembaca yang saya hormati.Selain dosen, tenaga kependidikan (tendik) merupakan tulang

punggung administrasi dan pelayanan bagi civitas akademika. IST AKPRIND juga mengembangkan program peningkatan kemampuan tendik berupa bantuan studi lanjut maupun pelatihan-pelatihan baik internal maupun eksternal. Pada tahun ini terdapat 169 orang tendik dengan jumlah S2 dan S1 sebanyak 5 dan 51 orang (30%), dan D3 sebanyak 21 orang (12%), selebihnya SMA dan dibawahnya sebesar 54%. Mengelola tendik dengan jumlah yang besar, tentu tidak mudah, dalam hal ini IST AKPRIND mempunyai kebijakan tersendiri, dengan program terpadu yang memacu tendik agar meningkatkan pendidikan dan kemampuannya. Berbagai program pelatihan diselenggarakan untuk meningkatkan kemampuan tendik diantaranya pelatihan pelayanan, pelatihan penggunaan system berbasis internet, dan pelatihan bahasa inggris. Program ini dalam jangka 3 tahun ke depan akan merampingkan jumlah tendik dengan kemampuan yang lebih baik.

Pembiayaan IST AKPRIND masih didominasi dari mahasiswa (85% - turun dari tahun lalu 91%) dan selebihnya adalah bantuan dari Negara baik melalui Kemenristekdikti maupun lembaga pemerintah lainnya. Pemasukan dana tahun 2019/2020 sampai bulan Mei sebesar 32,8 milyar rupiah mengingat periode ini masih berlangsung, dan pengeluaran diperkirakan sebesar 32,7 milyar rupiah. Komposisi ini masih perlu ditingkatkan dengan mengali pendanaan dari negara maupun dari pihak industri melalui skema penelitian maupun hibah pendidikan lainnya.

Dana penelitian terhimpun sebesar 707,4 juta rupiah untuk tahun akademik 2019/2020 (meningkat 37% dari tahun 2018/2019) sedangkan dana pengabdian kepada masyarakat berkisar 386,3 juta rupiah (menurun 52% dari tahun 2018/2019). Peningkatan ini tentu tidak lepas dari peran serta bapak-ibu dosen dan mahasiswa yang semakin banyak dilibatkan dalam penelitian, disisi lain dampak pandemik peran pengabdian kepada masyarakat berubah wujud menggunakan media daring sehingga menurunkan dana yang

Page 13: LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

10 INSTITUT SAINS & TEKNOLOGI AKPRIND YOGYAKARTA

dihimpun. Keterlibatan mahasiswa dalam penelitian maupun pengabdian sangat menunjang upaya perubahan salah satu literasi baru yaitu Literasi Manusia, dimana mahasiswa dikembangkan dengan project based-learning, studi tematik dengan berbagai disiplin ilmu yang berhubungan dengan dunia nyata.

Suatu perguruan tinggi yang terpandang dicirikan oleh koleksi pustaka serta sistem pengelolaan informasi yang dimiliki. Tersedianya jaringan intranet dan internet memungkinkan Perpustakaan IST AKPRIND dengan cepat berkembang menjadi digital library. Pengembangan perpustakaan terus dilakukan melalui penambahan koleksi dan perbaikan fasilitas. Data tahun terakhir menunjukkan bahwa jumlah judul maupun jumlah eksemplar koleksi di perpustakaan IST AKPRIND terus mengalami peningkatan. Sejumlah 528 judul dengan 1125 copies pustaka menambah koleksi yang telah ada sehingga jumlah koleksi pustaka menjadi 22.507 judul (meningkat 2%) dengan jumlah copy sebanyak 51.035 (meningkat 2%).

Perpustakaan IST AKPRIND juga telah dikembangkan menuju ke perpustakaan digital (digital library) dan saat ini telah terkoneksi ke dalam jaringan layanan perpustakaan digital GDLN (Global Development Learning Network). Koleksi Perpustakaan IST AKPRIND dapat diakses dengan cepat oleh civitas academica IST AKPRIND, baik dari dalam maupun dari luar kampus melalui situs digilib.akprind.ac.id. Adanya fasilitas yang disediakan oleh Dirjen DIKTI melalui langganan jurnal elektronik di ProQuest, Cengage, dan EBSCO menambah kekayaan referensi dan pustaka digital.

Dalam upaya meningkatkan kualitas performansi menuju institusi unggulan, maka IST AKPRIND terus meningkatkan pemanfaatan TIK dalam kegiatan akademik dan non-akademik untuk memenuhi kebutuhan yang terus berkembang, diantaranya sarana pembelajaran mandiri berbasis e-learning, layanan administrasi akademik berbasis komputer, dan sarana lain yang mendukung.

Page 14: LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

11LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

Berkat kerja keras BP3SI, saat ini ketiga unit kampus IST AKPRIND telah terhubung dengan Wireless LAN. Bandwidth internet juga terus ditingkatkan dengan total 120 Mbps (85 Mbps pada tahun 2018). Dalam lingkungan kampus juga semakin banyak tersedia kawasan hot spot area, yang semakin memudahkan mahasiswa untuk mengakses informasi global yang tentunya sejalan dengan Literasi Data yang dikembangkan saat ini. Untuk menambah kenyamanan mahasiswa dalam belajar, telah disediakan common area yang berada di selasar selatan dan di depan perpustakaan untuk kampus I dan di selasar gedung untuk Kampus II dan III, yang dapat dimanfaatkan sebagai tempat tunggu maupun tempat belajar kelompok. Common area akan ditingkatkan sejalan dengan selesainya pembangunan gedung baru berlantai 5 di Kampus III, dimana akan diberikan fasilitas tambahan bagi civitas akademika.

Sistem informasi terus dikembangkan oleh BP3SI sehingga saat ini berbagai kegiatan administrasi penting telah dapat dilakukan secara online, antara lain presensi mandiri yang dapat dimonitor dari dalam lingkungan IST AKPRIND, KRS Online, elearning dan open journal system. Jurnal online di lingkungan AKPRIND berbasis OJS (Open Journal System) yang beralamat di http://journal.akprind.ac.id berisi beberapa jurnal yang dikelola oleh IST AKPRIND untuk publikasi ilmiah dosen dan mahasiswa. Jurnal yang tergabung dalam OJS antara lain Jurnal Technoscientia, Jurnal Teknologi (JurTek), Jurnal Dharma Bakti, Jurnal Inovasi Proses, Jurnal Rekavasi, Jurnal Teknik Mesin, Jurnal Electrika, Jurnal Script, Jurnal Statistika Industri, dan Jurnal Jarkom telah dapat diakses melalui web dan telah terindex oleh google scholar maupun SINTA. Aksesibilitas data di IST AKPRIND telah 100% Wide Area Network sehingga mahasiswa maupun orangtua mudah dalam mengakses data kemahasiswaan dimanapun berada. Sejalan dengan Industri 4.0, IST AKPRIND telah mempunyai sistem informasi web berbasis mobile-android, dimana mempunyai keunggulan dan kemudahan terkoneksi dengan Institut dimanapun mahasiswa berada, baik untuk keperluan administrasi maupun pembelajaran.

Page 15: LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

12 INSTITUT SAINS & TEKNOLOGI AKPRIND YOGYAKARTA

Pembaca yang berbahagia.Data perkembangan kegiatan penelitian dosen dalam 2 tahun

menunjukkan jumlah penelitian sebanyak 55 judul pada tahun 2018/20198 dan 50 judul pada tahun 2019/2020 yang berasal dari penelitian Institut, LLDIKTI V dan Kemenristekdikti dengan keterlibatan dosen peneliti sebanyak 112 orang namun hanya mewakili 62 % dosen yang ada. Data tersebut menunjukkan bahwa target belum terpenuhi seperti yang diharapkan, yaitu 1 judul per dosen per tahun. Untuk itu, saya menghimbau agar seluruh dosen IST AKPRIND meningkatkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, gunakan kesempatan kenaikan peringkat madya di LPPM untuk menggali pendanaan bagi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Selama tahun 2019 telah dipublikasikan sebanyak 109 judul artikel dimana 27 buah dipublikasikan dalam Jurnal Internasional dan 82 artikel dipublikasikan melalui jurnal dan seminar nasional. Hasil ini sudah cukup baik namun belum optimal, untuk itu saya kembali menghimbau agar dosen-dosen meningkatkan publikasi baik dalam jurnal maupun buku, terutama yang bersifat internasional. Kita semua menyadari bahwa produktifitas dosen IST AKPRIND dalam membuat publikasi ilmiah masih perlu ditingkatkan. Beberapa kebijakan diberlakukan untuk mendorong kualitas dan kuantitas intelectual output, sehingga diharapkan akan menghasikan publikasi karya ilmiah dalam jurnal atau seminar internasional dan jalinan kerjasama dengan universitas atau lembaga riset. Sedangkan karya ilmiah dosen yang selama ini dalam bentuk diktat dan berlaku untuk kalangan terbatas, diharapkan dapat diterbitkan menjadi buku, sehingga memiliki jangkauan publik yang lebih luas. IST AKPRIND juga telah mempunyai penerbit buku yaitu AKPRIND PRESS, dimana dapat membantu proses penerbitan dan pencetakan buku-buku ilmiah. Buku dan software juga dapat dicatatkan hak ciptanya, tercatat sebanyak 12 hak cipta buku baru dan 2 hak cipta software yang telah dilakukan oleh dosen-dosen IST AKPRIND. Dalam kurun waktu 1 tahun ini telah terdapat 28

Page 16: LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

13LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

HKI oleh dosen-dosen IST AKPRIND meliputi 5 Paten dan 22 Hak Cipta dan 1 Desain Industri.

Pembaca yang kami hormati.

Kegiatan pengabdian pada masyarakat merupakan bagian penting dalam rangka menjaga keterkaitan antara perguruan tinggi dan masyarakat. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) terus berupaya mencari terobosan baru dalam hal pendanaan maupun bentuk pengabdian yang diharapkan dapat menjadi pelengkap model Kuliah Kerja Nyata yang mampu memberikan solusi nyata pada masyarakat.

Peran serta IST AKPRIND dalam pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan pengabdian masyarakat cukup signifikan. Kegiatan pengabdian pada masyarakat merupakan bagian penting dalam rangka menjaga keterkaitan antara perguruan tinggi dan masyarakat. Pada tahun 2019 telah dilakukan 116 kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang menjangkau wilayah Jawa Tengah dan DIY, dengan total dana lebih dari 386,3 juta rupiah yang melibatkan dana hibah Kemenristekdikti sebesar 357,5 juta rupiah.

Pengabdian kepada masyarakat yang telah dilakukan IST AKPRIND bukan hanya dirasakan bermanfaat bagi masyarakat luas namun juga melibatkan institusi lain, seperti institusi pendidikan maupun lembaga pemerintah. Hal ini bisa dilihat dengan jumlah kerjasama yang dilakukan baik di dalam maupun luar negeri oleh IST AKPRIND. Sebanyak 55 instansi dalam negeri telah menjalin kerjasama dengan IST AKPRIND dalam 3 tahun terakhir, baik yang bersifat pendidikan, sosial maupun penelitian. Selain itu telah dijalin kerjasama luar negeri sebanyak 7, dengan kegiatan yang lebih fokus kepada pertukaran pelajar, dosen tamu, penelitian dan publikasi bersama, seminar, dan studi lapangan. Program internship (magang kerja) sudah dilakukan baik ke dalam negeri maupun rintisan ke luar negeri, antara lain mengirim mahasiswa magang ke Taiwan dan KKN ke Hat Yai, Thailand, dan akan ditingkatkan lagi sejalan dengan peningkatan jumlah kerjasama luar negeri

Page 17: LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

14 INSTITUT SAINS & TEKNOLOGI AKPRIND YOGYAKARTA

yang dimotori oleh unit BP2K. Selama pandemik Covid-19 telah dilakukan kegiatan kerjasama secara daring dengan Universiti Teknologi Malaka (UTeM), Malaysia berupa General Lecture dan kegiatan International Webinar maupun Global Classroom Program dengan Universiti Malaysia Pahang (UMP), Malaysia.

Pembaca yang budiman.Meskipun upaya kita untuk turut mencerdaskan kehidupan

bangsa telah menampakkan banyak kemajuan, kita juga sadar bahwa masih terdapat banyak kekurangan dan tantangan yang harus kita hadapi. Oleh karena itu, kita harus terus bekerja keras untuk menempa diri dalam rangka peningkatan mutu dan proses pembelajaran melalui berbagai terobosan kebijakan. Dengan petunjuk dan bimbingan Allah SWT disertai kerja keras akan menuntun kita melewati tantangan tersebut. Saya bangga dengan dosen dan pegawai IST AKPRIND yang berbakat dan mau bekerja keras, serta para mahasiswa yang memiliki semangat tinggi untuk belajar. Jika dilihat dari beberapa indikator yang menunjukkan trend positif, harapan untuk mewujudkan IST AKPRIND yang unggul di bidang sains dan teknologi bereputasi internasional bukan mustahil untuk segera terwujud.

Ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada Kepala LLDIKTI Wilayah V DIY serta Ketua APTISI DIY yang telah membina dan membimbing kami sehingga kami bisa tumbuh dan berkembang seperti sekarang. Kami juga juga menghaturkan terima kasih kepada tokoh pendiri dan pimpinan IST AKPRIND dengan harapan semoga pengorbanan, kerja keras, dan pengabdiannya menjadi catatan amal baik dan memperoleh pahala yang setimpal dari Allah SWT.

Atas segala sumbangan pikiran, bantuan dan kerjasama yang baik dalam mengembangkan IST AKPRIND selama ini, dari lubuk hati yang dalam, kami ingin menyampaikan bahwa apa yang telah dicapai sampai dengan saat ini adalah merupakan buah kerjasama di antara kita, dan tentu merupakan karunia Tuhan Yang Maha

Page 18: LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

15LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

Kuasa. Kami sangat yakin, bahwa dalam menjalankan amanah ini masih banyak kekurangan dan kelemahan, untuk itu, perkenankan kami untuk menyampaikan permohonan maaf sebesar-besarnya.

Akhirnya, mudah-mudahan dengan memasuki usia ke 48 tahun ini, Allah SWT senantiasa melimpahkan kepada kita kekuatan, kesabaran, kepedulian, serta kebersamaan dalam upaya bersama mengemban misi IST AKPRIND untuk ikut membangun institusi ini ke tataran yang lebih maju dan sejahtera. Terimakasih atas perhatian yang diberikan.

Billahittaufiq wal hidayah, Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Yogyakarta, 9 November 2020Rektor,

Dr. Ir. Amir Hamzah, MTNIK. 87 0563 319 E

Page 19: LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

16 INSTITUT SAINS & TEKNOLOGI AKPRIND YOGYAKARTA

LAMPIRAN LAPORAN TAHUNAN REKTOR 2020 1. Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran

1.1. Visi Menjadi Perguruan Tinggi yang unggul di bidang sains dan teknologi dengan reputasi internasional.

1.2. Misi a. Menyelenggarakan pendidikan tinggi di bidang sains &

teknologi yang mengedepankan dan menjunjung tinggi tata nilai, norma, dan budaya;

b. Mengembangkan sains dan teknologi yang berwawasan lingkungan dan berbasis penjaminan mutu;

c. Menerapkan hasil-hasil pendidikan dan penelitian sains dan teknologi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

1.3. Tujuan a. Mencetak lulusan yang berdaya saing di bidang sains

dan teknologi yang berjiwa wirausaha (entrepreneur), berwawasan lingkungan, berbasis penjaminan mutu, dan memiliki karakter disiplin, jujur, bermoral serta kompeten di bidangnya;

b. Mewujudkan IST AKPRIND yang unggul dan bereputasi internasional di bidang sains dan teknologi;

c. Menghasilkan karya penelitian dan pengabdian yang berguna bagi kemajuan industri dan masyarakat.

1.4. Sasaran a. Menyelenggarakan sistem pendidikan dengan dasar

keilmuan bidang sains dan teknologi yang kuat, berwawasan kewirausahaan berkelanjutan, dan lingkungan yang sehat, berbasis penjaminan mutu

yang akurat, dan berkarakter disiplin, jujur, bermoral serta kompeten;

b. Menjalankan fungsi perguruan tinggi secara harmonis dan menyelenggarakan kerjasama saling menguatkan bertaraf internasional;

c. Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian yang menghasilkan produk intelektual yang bermanfaat bagi industri dan masyarakat.

2. Tata Pamong, Sistem Pengelolaan dan Sistem Penjaminan Mutu 2.1. Program Studi dan Status Akreditasi

2.1.1. Program Studi di Lingkungan Fakultas Teknologi Industri

No Program Studi

Jenjang

Akreditasi No. SK Akreditasi Masa Berlaku

Mulai Hingga

1 Teknik Kimia S-1 B 2420/BAN-PT/Akred/S/VII/2017 26-Jul-17 25-Jul-22

2 Teknik Industri S-1 B 2451/SK/BAN-

PT/Akred/S/IX/2018 05-Nop-18 04-Nop-23

3 Teknik Mesin S-1 B 1352/BAN-

PT/Akred/S/V/2017 10-Mei-17 9-Mei-22

4 Teknik Elektro S-1 B 846/SK/BAN-

PT/Akred/S/VIII/2015 16-Agus-15 15-Agus-20

5 Teknik Informatika S-1 B 3270/SK/BAN-

PT/Akred/S/XII/2018 13-Des-18 12-Des-23

6 Teknik Industri D-3 C 5532/SK/BAN-PT/Ak-

PKP/Dipl-III/XII/2020 19-Des-20 18-Des-25

7 Teknik Mesin D-3 B 2141/SK/BAN-

PT/Akred/Dipl-III/VII/2019 03-Jul-19 02-Jul-24

Page 20: LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

17LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

LAMPIRAN LAPORAN TAHUNAN REKTOR 2020 1. Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran

1.1. Visi Menjadi Perguruan Tinggi yang unggul di bidang sains dan teknologi dengan reputasi internasional.

1.2. Misi a. Menyelenggarakan pendidikan tinggi di bidang sains &

teknologi yang mengedepankan dan menjunjung tinggi tata nilai, norma, dan budaya;

b. Mengembangkan sains dan teknologi yang berwawasan lingkungan dan berbasis penjaminan mutu;

c. Menerapkan hasil-hasil pendidikan dan penelitian sains dan teknologi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

1.3. Tujuan a. Mencetak lulusan yang berdaya saing di bidang sains

dan teknologi yang berjiwa wirausaha (entrepreneur), berwawasan lingkungan, berbasis penjaminan mutu, dan memiliki karakter disiplin, jujur, bermoral serta kompeten di bidangnya;

b. Mewujudkan IST AKPRIND yang unggul dan bereputasi internasional di bidang sains dan teknologi;

c. Menghasilkan karya penelitian dan pengabdian yang berguna bagi kemajuan industri dan masyarakat.

1.4. Sasaran a. Menyelenggarakan sistem pendidikan dengan dasar

keilmuan bidang sains dan teknologi yang kuat, berwawasan kewirausahaan berkelanjutan, dan lingkungan yang sehat, berbasis penjaminan mutu

yang akurat, dan berkarakter disiplin, jujur, bermoral serta kompeten;

b. Menjalankan fungsi perguruan tinggi secara harmonis dan menyelenggarakan kerjasama saling menguatkan bertaraf internasional;

c. Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian yang menghasilkan produk intelektual yang bermanfaat bagi industri dan masyarakat.

2. Tata Pamong, Sistem Pengelolaan dan Sistem Penjaminan Mutu 2.1. Program Studi dan Status Akreditasi

2.1.1. Program Studi di Lingkungan Fakultas Teknologi Industri

No Program Studi

Jenjang

Akreditasi No. SK Akreditasi Masa Berlaku

Mulai Hingga

1 Teknik Kimia S-1 B 2420/BAN-PT/Akred/S/VII/2017 26-Jul-17 25-Jul-22

2 Teknik Industri S-1 B 2451/SK/BAN-

PT/Akred/S/IX/2018 05-Nop-18 04-Nop-23

3 Teknik Mesin S-1 B 1352/BAN-

PT/Akred/S/V/2017 10-Mei-17 9-Mei-22

4 Teknik Elektro S-1 B 846/SK/BAN-

PT/Akred/S/VIII/2015 16-Agus-15 15-Agus-20

5 Teknik Informatika S-1 B 3270/SK/BAN-

PT/Akred/S/XII/2018 13-Des-18 12-Des-23

6 Teknik Industri D-3 C 5532/SK/BAN-PT/Ak-

PKP/Dipl-III/XII/2020 19-Des-20 18-Des-25

7 Teknik Mesin D-3 B 2141/SK/BAN-

PT/Akred/Dipl-III/VII/2019 03-Jul-19 02-Jul-24

Page 21: LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

18 INSTITUT SAINS & TEKNOLOGI AKPRIND YOGYAKARTA

2.1.2. Program Studi di Lingkungan Fakultas Sains Terapan No

Program Studi

Jenjang

Akreditasi No. SK Akreditasi Masa Berlaku

Mulai Hingga

1 Statistika S-1 B 1994/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2019 19-Jun-19 18-Juni-

24

2 Rekayasa Sistem Komputer

S-1 B 4559/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/XI/2019

24-Nop-19

23-Nop-24

3 Teknik Lingkungan S-1 B 3550/SK/BAN-

PT/Akred/S/IX/2019 19-Sep-19 18-Sep-24

2.1.3. Program Studi di Lingkungan Fakultas Teknologi

Mineral No

Program Studi

Jenjang

Akreditasi No. SK Akreditasi

Masa Berlaku

Mulai Hingga

1 Teknik Geologi S-1 B 517/SK/BAN-

PT/Akred/S/III/2019 27-Mar-

19 26-Mar-24

2.2. Peringkat IST AKPRIND di Indonesia

TAHUN PERINGKAT* PARAMETER PERINGKAT** Presence Impact Opennes Excellence

2016 47 3077 2703 5119 5484 219

2017 59 3966 3377 6357 5778 96

2018 119 4930 5045 9593 5777 99 (10)

2019 58 (6) 4753 1797 6012 6033 101 (11)

2020 59 (5)# 4500 3101 3910 6084 90 (8)##

* berdasarkan Webometrics untuk kawasan Indonesia, #peringkat ke-5 untuk DIY (16 Apr 2020)

** berdasarkan Kemenristekdikti, ##peringkat ke-8 untuk DIY

2.3. Sistem Penjaminan Mutu Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) diarahkan untuk mewujudkan visi, misi, tujuan, dan sasaran Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta dan mengacu kepada peraturan perundangan yang berlaku. SPMI sebagaimana tersebut di atas meliputi bidang akademik dan non akademik. Model manajemen implementasi SPMI Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta dirancang, dilaksanakan, dan ditingkatkan mutunya berkelanjutan dengan berdasarkan pada model PPEPP (Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi pelaksanaan, Pengendalian pelaksanaan, dan Peningkatan) Standar SPMI Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta.

Model manajemen implementasi SPMI

Struktur organisasi unit SPMI Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta atau Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) adalah sebagai berikut:

Page 22: LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

19LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

2.1.2. Program Studi di Lingkungan Fakultas Sains Terapan No

Program Studi

Jenjang

Akreditasi No. SK Akreditasi Masa Berlaku

Mulai Hingga

1 Statistika S-1 B 1994/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2019 19-Jun-19 18-Juni-

24

2 Rekayasa Sistem Komputer

S-1 B 4559/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/XI/2019

24-Nop-19

23-Nop-24

3 Teknik Lingkungan S-1 B 3550/SK/BAN-

PT/Akred/S/IX/2019 19-Sep-19 18-Sep-24

2.1.3. Program Studi di Lingkungan Fakultas Teknologi

Mineral No

Program Studi

Jenjang

Akreditasi No. SK Akreditasi

Masa Berlaku

Mulai Hingga

1 Teknik Geologi S-1 B 517/SK/BAN-

PT/Akred/S/III/2019 27-Mar-

19 26-Mar-24

2.2. Peringkat IST AKPRIND di Indonesia

TAHUN PERINGKAT* PARAMETER PERINGKAT** Presence Impact Opennes Excellence

2016 47 3077 2703 5119 5484 219

2017 59 3966 3377 6357 5778 96

2018 119 4930 5045 9593 5777 99 (10)

2019 58 (6) 4753 1797 6012 6033 101 (11)

2020 59 (5)# 4500 3101 3910 6084 90 (8)##

* berdasarkan Webometrics untuk kawasan Indonesia, #peringkat ke-5 untuk DIY (16 Apr 2020)

** berdasarkan Kemenristekdikti, ##peringkat ke-8 untuk DIY

2.3. Sistem Penjaminan Mutu Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) diarahkan untuk mewujudkan visi, misi, tujuan, dan sasaran Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta dan mengacu kepada peraturan perundangan yang berlaku. SPMI sebagaimana tersebut di atas meliputi bidang akademik dan non akademik. Model manajemen implementasi SPMI Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta dirancang, dilaksanakan, dan ditingkatkan mutunya berkelanjutan dengan berdasarkan pada model PPEPP (Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi pelaksanaan, Pengendalian pelaksanaan, dan Peningkatan) Standar SPMI Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta.

Model manajemen implementasi SPMI

Struktur organisasi unit SPMI Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta atau Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) adalah sebagai berikut:

Page 23: LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

20 INSTITUT SAINS & TEKNOLOGI AKPRIND YOGYAKARTA

Struktur organisasi LPM

Audit Mutu Internal (AMI) telah dilaksanakan oleh LPM IST AKPRIND Yogyakarta untuk periode Tahun Akademik 2018/2019. AMI dilaksanakan untuk melakukan penilaian (assesmen) kinerja Fakultas, Program Studi maupun Non Program Studi satu tahun terakhir (semester gasal dan semester genap) atau tahun akademik sebelumnya yang meliputi bidang akademik dan non akademik berdasarkan 9 kriteria. Adapun ketujuh kriteria tersebut adalah sebagai berikut: Kriteria 1: Visi, Misi, Tujuan, dan Strategi Kriteria 2: Tata Pamong, Tata Kelola, dan Kerjasama Kriteria 3: Mahasiswa Kriteria 4: Sumber Daya Manusia Kriteria 5: Keuangan, Sarana, dan Prasarana Kriteria 6: Pendidikan Kriteria 7: Penelitian Kriteria 8: Pengabdian kepada Masyarakat Kriteria 9: Luaran dan Capaian Tridharma.

3.

Grafik Rata-rata Nilai Kriteria pada Jenjang S1, D3, dan Level Fakultas

Nilai AMI pada Jenjang S1, D3, dan Level Fakultas

2,91

2,64

2,6

2,85

2,792,79

2,62

2,8

2,41

0

1

2

3

4K1

K2

K3

K4

K5K6

K7

K8

K9

rata-rata nilai kriteria gabungan program studi S1

1,311,07

0,91

1,171,19

0,910,78

0,940,93

0

1

2

3

4K1

K2

K3

K4

K5K6

K7

K8

K9

rata-rata nilai kriteria gabungan program studi D3

2,72

2…

2…

2,6

2,531,75

2,38

1,97

1,94

00,51

1,52

2,53

3,54

K1

K2

K3

K4

K5K6

K7

K8

K9

rata-rata nilai kriteria gabungan fakultas

Page 24: LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

21LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

Struktur organisasi LPM

Audit Mutu Internal (AMI) telah dilaksanakan oleh LPM IST AKPRIND Yogyakarta untuk periode Tahun Akademik 2018/2019. AMI dilaksanakan untuk melakukan penilaian (assesmen) kinerja Fakultas, Program Studi maupun Non Program Studi satu tahun terakhir (semester gasal dan semester genap) atau tahun akademik sebelumnya yang meliputi bidang akademik dan non akademik berdasarkan 9 kriteria. Adapun ketujuh kriteria tersebut adalah sebagai berikut: Kriteria 1: Visi, Misi, Tujuan, dan Strategi Kriteria 2: Tata Pamong, Tata Kelola, dan Kerjasama Kriteria 3: Mahasiswa Kriteria 4: Sumber Daya Manusia Kriteria 5: Keuangan, Sarana, dan Prasarana Kriteria 6: Pendidikan Kriteria 7: Penelitian Kriteria 8: Pengabdian kepada Masyarakat Kriteria 9: Luaran dan Capaian Tridharma.

3.

Grafik Rata-rata Nilai Kriteria pada Jenjang S1, D3, dan Level Fakultas

Nilai AMI pada Jenjang S1, D3, dan Level Fakultas

2,91

2,64

2,6

2,85

2,792,79

2,62

2,8

2,41

0

1

2

3

4K1

K2

K3

K4

K5K6

K7

K8

K9

rata-rata nilai kriteria gabungan program studi S1

1,311,07

0,91

1,171,19

0,910,78

0,940,93

0

1

2

3

4K1

K2

K3

K4

K5K6

K7

K8

K9

rata-rata nilai kriteria gabungan program studi D3

2,72

2…

2…

2,6

2,531,75

2,38

1,97

1,94

00,51

1,52

2,53

3,54

K1

K2

K3

K4

K5K6

K7

K8

K9

rata-rata nilai kriteria gabungan fakultas

Page 25: LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

22 INSTITUT SAINS & TEKNOLOGI AKPRIND YOGYAKARTA

3. Mahasiswa dan Lulusan 3.1. Profil Mahasiswa

3.1.1. Mahasiswa Baru

Tahun Akademik

Jenjang/Prodi Total S-1 D-3

01 02 03 04 05 06 07 10 11 Σ 32 33 34 35 Σ 2015/2016 70 133 155 72 112 69 11 138 79 839 21 91 9 8 129 968 2016/2017 49 111 110 57 76 58 9 110 75 655 19 72 3 7 101 756 2017/2018 39 93 118 42 50 40 8 95 28 513 7 59 5 2 73 586 2018/2019 39 80 106 36 50 43 12 64 45 475 14 54 5 3 76 551 2019/2020 30 45 92 52 47 62 4 64 35 431 8 49 1 1 59 490

Kode prodi : 01. Teknik Kimia – S1 10. Teknik Geologi – S1 02. Teknik Industri – S1 11. Teknik Lingkungan – S1 03. Teknik Mesin – S1 32. Teknik Industri– D3 04. Teknik Elektro – S1 33. Teknik Mesin – D3 05. Teknik Informatika – S1 34. Teknik Elektronika – D3 06. Statistika – S1 35. Manajemen Informatika – D3 07. Sistem Komputer – S1

Tahun Akademik Pendaftar Diterima Her2015/2016 1742 1000 9682016/2017 1519 772 7562017/2018 1034 593 5782018/2019 721 556 5262019/2020 1272 498 490

3.1.2. Mahasiswa Aktif

3.1.3. Mahasiswa Terdaftar (Student Body)

380 374 354 336 259

33323580

32453055

2608

0

500

1000

1500

2000

2500

3000

3500

4000

2015/2016 2016/2017 2017/2018 2018/2019 2019/2020

Mah

asisw

a Te

rdaf

tar

Tahun Akademik

Rekapitulasi Mahasiswa TerdaftarTahun Akademik 2015/2016 - 2019/2020

D3

S1

Page 26: LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

23LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

3. Mahasiswa dan Lulusan 3.1. Profil Mahasiswa

3.1.1. Mahasiswa Baru

Tahun Akademik

Jenjang/Prodi Total S-1 D-3

01 02 03 04 05 06 07 10 11 Σ 32 33 34 35 Σ 2015/2016 70 133 155 72 112 69 11 138 79 839 21 91 9 8 129 968 2016/2017 49 111 110 57 76 58 9 110 75 655 19 72 3 7 101 756 2017/2018 39 93 118 42 50 40 8 95 28 513 7 59 5 2 73 586 2018/2019 39 80 106 36 50 43 12 64 45 475 14 54 5 3 76 551 2019/2020 30 45 92 52 47 62 4 64 35 431 8 49 1 1 59 490

Kode prodi : 01. Teknik Kimia – S1 10. Teknik Geologi – S1 02. Teknik Industri – S1 11. Teknik Lingkungan – S1 03. Teknik Mesin – S1 32. Teknik Industri– D3 04. Teknik Elektro – S1 33. Teknik Mesin – D3 05. Teknik Informatika – S1 34. Teknik Elektronika – D3 06. Statistika – S1 35. Manajemen Informatika – D3 07. Sistem Komputer – S1

Tahun Akademik Pendaftar Diterima Her2015/2016 1742 1000 9682016/2017 1519 772 7562017/2018 1034 593 5782018/2019 721 556 5262019/2020 1272 498 490

3.1.2. Mahasiswa Aktif

3.1.3. Mahasiswa Terdaftar (Student Body)

380 374 354 336 259

33323580

32453055

2608

0

500

1000

1500

2000

2500

3000

3500

4000

2015/2016 2016/2017 2017/2018 2018/2019 2019/2020

Mah

asisw

a Te

rdaf

tar

Tahun Akademik

Rekapitulasi Mahasiswa TerdaftarTahun Akademik 2015/2016 - 2019/2020

D3

S1

Page 27: LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

24 INSTITUT SAINS & TEKNOLOGI AKPRIND YOGYAKARTA

3.2. Pelayanan Mahasiswa 3.2.1. Penerima Beasiswa

Jenis Beasiswa 2015/2016 2016/2017 2017/2018 2018/2019 2019/2020

BPPA 8 8 34 27 22

BBBM/BBPPPA 20 15 0 0 0

PEMDA Prop. DIY 4 - 0 0 0

PT Bank BPD DIY 0 0 0 4 0

Sampai lulus AKPRIND 21 18 15 17 17

Bidikmisi 7 11 11 12 7 MhsTidakMampu DIKPORA 6 5 0 7 0

Jumlah 66 57 60 67 46 Keterangan : BPPA : Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik BBBM/BBPPPA : Beasiswa Bantuan Belajar Mahasiswa/Beasiswa Bantuan

Biaya Pendidikan Peningkatan Prestasi Akademik 3.2.2. Proses Pembelajaran

3.2.2.1. Kehadiran Dosen dan Mahasiswa Dalam Perkuliahan

13,33 13,48 13,51 13,70 13,60

11

12

13

14

15

2015/2016 2016/2017 2017/2018 2018/2019 2019/2020

Keha

dira

n

Tahun Akademik

Rerata Kehadiran Dosen MengajarTahun Akademik 2015/2016 - 2019/2020

3.2.2.2. Indeks Prestasi Semester (IPS)

11,4511,69 11,64

10,8211,23

10

11

12

13

14

2015/2016 2016/2017 2017/2018 2018/2019 2019/2020

Keha

dira

n

Tahun Akademik

Rerata Kehadiran MahasiswaTahun Akademik 2015/2016 - 2019/2020

1,00

1,50

2,00

2,50

3,00

3,50

4,00

2016/2017 2017/2018 2018/2019 2019/2020 2019/2020

Inde

k Pr

esta

si

Tahun Akademik

Rerata IPS Tiap Prodi Jenjang S1Tahun Akademik 2015/2016 - 2019/2020

01 02 03 04 05 06 07 10 11

Page 28: LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

25LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

3.2. Pelayanan Mahasiswa 3.2.1. Penerima Beasiswa

Jenis Beasiswa 2015/2016 2016/2017 2017/2018 2018/2019 2019/2020

BPPA 8 8 34 27 22

BBBM/BBPPPA 20 15 0 0 0

PEMDA Prop. DIY 4 - 0 0 0

PT Bank BPD DIY 0 0 0 4 0

Sampai lulus AKPRIND 21 18 15 17 17

Bidikmisi 7 11 11 12 7 MhsTidakMampu DIKPORA 6 5 0 7 0

Jumlah 66 57 60 67 46 Keterangan : BPPA : Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik BBBM/BBPPPA : Beasiswa Bantuan Belajar Mahasiswa/Beasiswa Bantuan

Biaya Pendidikan Peningkatan Prestasi Akademik 3.2.2. Proses Pembelajaran

3.2.2.1. Kehadiran Dosen dan Mahasiswa Dalam Perkuliahan

13,33 13,48 13,51 13,70 13,60

11

12

13

14

15

2015/2016 2016/2017 2017/2018 2018/2019 2019/2020

Keha

dira

n

Tahun Akademik

Rerata Kehadiran Dosen MengajarTahun Akademik 2015/2016 - 2019/2020

3.2.2.2. Indeks Prestasi Semester (IPS)

11,4511,69 11,64

10,8211,23

10

11

12

13

14

2015/2016 2016/2017 2017/2018 2018/2019 2019/2020

Keha

dira

n

Tahun Akademik

Rerata Kehadiran MahasiswaTahun Akademik 2015/2016 - 2019/2020

1,00

1,50

2,00

2,50

3,00

3,50

4,00

2016/2017 2017/2018 2018/2019 2019/2020 2019/2020

Inde

k Pr

esta

si

Tahun Akademik

Rerata IPS Tiap Prodi Jenjang S1Tahun Akademik 2015/2016 - 2019/2020

01 02 03 04 05 06 07 10 11

Page 29: LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

26 INSTITUT SAINS & TEKNOLOGI AKPRIND YOGYAKARTA

Kode prodi : 01. Teknik Kimia – S1 10. Teknik Geologi – S1 02. Teknik Industri – S1 11. Teknik Lingkungan – S1 03. Teknik Mesin – S1 32. Teknik Industri– D3 04. Teknik Elektro – S1 33. Teknik Mesin – D3 05. Teknik Informatika – S1 34. Teknik Elektronika – D3 06. Statistika – S1 35. Manajemen Informatika – D3 07. Sistem Komputer – S1

3.3. Prestasi Mahasiswa 3.3.1. Prestasi Akademik

No UKM/Tim Waktu Pelaksanaan Prestasi Mahasiswa

1 Theodorus Cahyo Paparingan (161011008) (Ketua)

2019-2020 Pemenang Hibah PKM PE, Kemenristekdikti

2 Rahmat Deswanto (161067014) (Ketua) 2019-2020 Pemenang Hibah PKM PE,

Kemenristekdikti

3 Manuela Dos Santos Cabral (171011012) (Ketua)

2019-2020 Pemenang Hibah PKM Kewirausahaan, Kemenristekdikti

4 Fachrol Rais (171017015) (Ketua) 2019-2020 Pemenang Hibah PKM PE,

Kemenristekdikti

1,00

1,50

2,00

2,50

3,00

3,50

4,00

2015/2016 2016/2017 2017/2018 2018/2019 2019/2020

Inde

k Pr

esta

si

Tahun Akademik

Rerata IPS Tiap Prodi Jenjang D3Tahun Akademik 2015/2016 - 2019/2020

32 33 34 35

5 Maxi Milian (161011033) (Ketua) 2019-2020 Pemenang Hibah PKM PE,

Kemenristekdikti

6 Wayan Dwi Kurniawan (161061041) (Ketua) 2019-2020

Pemenang Hibah PKM Kewirausahaan, Kemenristekdikti

7 Bagas Dewantoro (171331032) 1 Juli 2019 Pemenang Hibah KBMI 2019

Kemenristekdikti

8 Agus Setiawan (171107081) 1 Juli 2019 Pemenang Hibah KBMI 2019

Kemenristekdikti

9 Abdussalam (151021012) 1 Juli 2019 Pemenang Hibah KBMI 2019

Kemenristekdikti

10 Syarif Maulana (171041019) 6-7 Juli 2019

Juara 1, Wilayah, Pelatihan Sistem Komunikasi dan Teknik Interperensi Data Early Warning System Kebencanaan Bagi Masyarakat DIY dan Jawa Tengah

11 Abid Abid Ansri Thabrani (171101042) 6-7 Juli 2019

Juara 1, Wilayah, Pelatihan Sistem Komunikasi dan Teknik Interperensi Data Early Warning System Kebencanaan Bagi Masyarakat DIY dan Jawa Tengah

12 Theodorus Cahyo Paparingan (161011008)

27-31 Agustus 2019

Peserta PIMNAS 2019, PKM PE, Kemenristekdikti

13 Yusni Niami (151061001)

1 Oktober 2019

Pemenang Hibah PKM AI/GT/GFK, Kemenristekdikti

14 Fidelia Febriani Roman (151061033)

1 Oktober 2019

Pemenang Hibah PKM AI/GT/GFK, Kemenristekdikti

15 Hildegardis Filadelfi (161061025)

1 Oktober 2019

Pemenang Hibah PKM AI/GT/GFK, Kemenristekdikti

16 Mohammad Aziz Pratama Putra (181117008)

28-31 Desember 2019

Best Performance, Nasional, Pelatihan Mahasiswa Kader Bangsa (PMKB), Univeristas Ahmad Dahlan

Page 30: LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

27LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

Kode prodi : 01. Teknik Kimia – S1 10. Teknik Geologi – S1 02. Teknik Industri – S1 11. Teknik Lingkungan – S1 03. Teknik Mesin – S1 32. Teknik Industri– D3 04. Teknik Elektro – S1 33. Teknik Mesin – D3 05. Teknik Informatika – S1 34. Teknik Elektronika – D3 06. Statistika – S1 35. Manajemen Informatika – D3 07. Sistem Komputer – S1

3.3. Prestasi Mahasiswa 3.3.1. Prestasi Akademik

No UKM/Tim Waktu Pelaksanaan Prestasi Mahasiswa

1 Theodorus Cahyo Paparingan (161011008) (Ketua)

2019-2020 Pemenang Hibah PKM PE, Kemenristekdikti

2 Rahmat Deswanto (161067014) (Ketua) 2019-2020 Pemenang Hibah PKM PE,

Kemenristekdikti

3 Manuela Dos Santos Cabral (171011012) (Ketua)

2019-2020 Pemenang Hibah PKM Kewirausahaan, Kemenristekdikti

4 Fachrol Rais (171017015) (Ketua) 2019-2020 Pemenang Hibah PKM PE,

Kemenristekdikti

1,00

1,50

2,00

2,50

3,00

3,50

4,00

2015/2016 2016/2017 2017/2018 2018/2019 2019/2020

Inde

k Pr

esta

si

Tahun Akademik

Rerata IPS Tiap Prodi Jenjang D3Tahun Akademik 2015/2016 - 2019/2020

32 33 34 35

5 Maxi Milian (161011033) (Ketua) 2019-2020 Pemenang Hibah PKM PE,

Kemenristekdikti

6 Wayan Dwi Kurniawan (161061041) (Ketua) 2019-2020

Pemenang Hibah PKM Kewirausahaan, Kemenristekdikti

7 Bagas Dewantoro (171331032) 1 Juli 2019 Pemenang Hibah KBMI 2019

Kemenristekdikti

8 Agus Setiawan (171107081) 1 Juli 2019 Pemenang Hibah KBMI 2019

Kemenristekdikti

9 Abdussalam (151021012) 1 Juli 2019 Pemenang Hibah KBMI 2019

Kemenristekdikti

10 Syarif Maulana (171041019) 6-7 Juli 2019

Juara 1, Wilayah, Pelatihan Sistem Komunikasi dan Teknik Interperensi Data Early Warning System Kebencanaan Bagi Masyarakat DIY dan Jawa Tengah

11 Abid Abid Ansri Thabrani (171101042) 6-7 Juli 2019

Juara 1, Wilayah, Pelatihan Sistem Komunikasi dan Teknik Interperensi Data Early Warning System Kebencanaan Bagi Masyarakat DIY dan Jawa Tengah

12 Theodorus Cahyo Paparingan (161011008)

27-31 Agustus 2019

Peserta PIMNAS 2019, PKM PE, Kemenristekdikti

13 Yusni Niami (151061001)

1 Oktober 2019

Pemenang Hibah PKM AI/GT/GFK, Kemenristekdikti

14 Fidelia Febriani Roman (151061033)

1 Oktober 2019

Pemenang Hibah PKM AI/GT/GFK, Kemenristekdikti

15 Hildegardis Filadelfi (161061025)

1 Oktober 2019

Pemenang Hibah PKM AI/GT/GFK, Kemenristekdikti

16 Mohammad Aziz Pratama Putra (181117008)

28-31 Desember 2019

Best Performance, Nasional, Pelatihan Mahasiswa Kader Bangsa (PMKB), Univeristas Ahmad Dahlan

Page 31: LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

28 INSTITUT SAINS & TEKNOLOGI AKPRIND YOGYAKARTA

3.3.2. Prestasi Non-Akademik

No UKM/Tim Waktu Pelaksanaan Prestasi Mahasiswa

1 Annisya Chiqa Sabrina (141031159)

08 s.d 10 Februari 2019

Juara 1 OHLG AMA Putri, Nasional, Nurtanio Flying Competition 2019

2 Oben Yogi Utomo (141031028)

08 s.d 10 Februari 2019

Juara 3 OHLG AMA Putra, Nasional, Nurtanio Flying Competition 2019

3 Derdi kabeku ibi Lona (161061010)

12 s.d 13 Maret 2019

Juara 3 Tanding Kelas C Putra, Nasional, Kejuaraan Pencak Silat Open Tournament

4 Syahrul Gunawan (171071002)

12 s.d 13 Maret 2019

Juara 3 Tanding Kelas C Putra, Nasional, Kejuaraan Pencak Silat Open Tournament

5 Antonius R.D Deona (171041017)

12 s.d 13 Maret 2019

Juara Harapan 1 Tanding Kelas D Putra, Nasional, Kejuaraan Pencak Silat Open Tournament

6 Tim HARD ISTA 23-23 Maret 2019

Juara 3 Matic FFA 250 cc Open, Wilayah, Kopdarnas KBRI Bersama 7th anniversary, King D’Owner Mataram

7 Tomi Rahmatdi (161031060) 27-30 Juni 2019

Juara II Kelas OHLG AMA, Nasional, Aeromodelling STTA Aero Compstition 2019, FASI Aeromodelling

8 Agus Tri Setiawan (161031056) 27-30 Juni 2019

Juara II Kelas F1A, Nasional, Aeromodelling STTA Aero Compstition 2019, FASI Aeromodelling

9 Tomi Rahmatdi (161031060) 27-30 Juni 2019

Juara III Kelas F1A, Nasional, Aeromodelling STTA Aero Compstition 2019, FASI Aeromodelling

10 Bismin (171051024)

29 September 2019

Juara 2, Wilayah, Kejurtas 2019 UKM Tae Kwon Do UIN Sunan Kalijaga

11 Tim Kalisahak28 23-28 September 2019

Juara 3 MPD Ethanol Urban KMHE, Nasional, Kemenristekdikti

12 Tim Mataram Proto

23-28 September 2019

Juara 2 MPD Diesel Prototype KMHE, Nasional, Kemenristekdikti

13 Oben Yogi Utomo (141031028)

1-6 Oktober 2019

Juara 2 OHLG AMA Putra, Wilayah, PORDA XV DIY Cabor Aeromodelling, FASI Aeromodelling

14 Annisya Chiqa Sabrina (141031159)

1-6 Oktober 2019

Juara 1 OHLG AMA Putr1, Wilayah, PORDA XV DIY Cabor Aeromodelling, FASI Aeromodelling

15 Muhammad Kivin Setiawan (151031066)

1-6 Oktober 2019

Juara 2 F2D, Wilayah, PORDA XV DIY Cabor Aeromodelling, FASI Aeromodelling

16 Syahrul Gunawan (171071002)

22-23 Oktober 2019

Juara 2 Tanding Putra Kelas A, Nasional, Kejuaraan Pencak Silat Open Tournament

17 Ahmad Taufik (171071001)

22-23 Oktober 2019

Juara 2 Tanding Putra Kelas B, Nasional, Kejuaraan Pencak Silat Open Tournament

18 Derdi kabeku ibi Lona (161061010)

22-23 Oktober 2019

Juara 3 Tanding Putra Kelas C, Nasional, Kejuaraan Pencak Silat Open Tournament

19 Ogi Pratama (191331025)

22-23 Oktober 2019

Juara 3 Tanding Putra Kelas H, Nasional, Kejuaraan Pencak Silat Open Tournament

Page 32: LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

29LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

3.3.2. Prestasi Non-Akademik

No UKM/Tim Waktu Pelaksanaan Prestasi Mahasiswa

1 Annisya Chiqa Sabrina (141031159)

08 s.d 10 Februari 2019

Juara 1 OHLG AMA Putri, Nasional, Nurtanio Flying Competition 2019

2 Oben Yogi Utomo (141031028)

08 s.d 10 Februari 2019

Juara 3 OHLG AMA Putra, Nasional, Nurtanio Flying Competition 2019

3 Derdi kabeku ibi Lona (161061010)

12 s.d 13 Maret 2019

Juara 3 Tanding Kelas C Putra, Nasional, Kejuaraan Pencak Silat Open Tournament

4 Syahrul Gunawan (171071002)

12 s.d 13 Maret 2019

Juara 3 Tanding Kelas C Putra, Nasional, Kejuaraan Pencak Silat Open Tournament

5 Antonius R.D Deona (171041017)

12 s.d 13 Maret 2019

Juara Harapan 1 Tanding Kelas D Putra, Nasional, Kejuaraan Pencak Silat Open Tournament

6 Tim HARD ISTA 23-23 Maret 2019

Juara 3 Matic FFA 250 cc Open, Wilayah, Kopdarnas KBRI Bersama 7th anniversary, King D’Owner Mataram

7 Tomi Rahmatdi (161031060) 27-30 Juni 2019

Juara II Kelas OHLG AMA, Nasional, Aeromodelling STTA Aero Compstition 2019, FASI Aeromodelling

8 Agus Tri Setiawan (161031056) 27-30 Juni 2019

Juara II Kelas F1A, Nasional, Aeromodelling STTA Aero Compstition 2019, FASI Aeromodelling

9 Tomi Rahmatdi (161031060) 27-30 Juni 2019

Juara III Kelas F1A, Nasional, Aeromodelling STTA Aero Compstition 2019, FASI Aeromodelling

10 Bismin (171051024)

29 September 2019

Juara 2, Wilayah, Kejurtas 2019 UKM Tae Kwon Do UIN Sunan Kalijaga

11 Tim Kalisahak28 23-28 September 2019

Juara 3 MPD Ethanol Urban KMHE, Nasional, Kemenristekdikti

12 Tim Mataram Proto

23-28 September 2019

Juara 2 MPD Diesel Prototype KMHE, Nasional, Kemenristekdikti

13 Oben Yogi Utomo (141031028)

1-6 Oktober 2019

Juara 2 OHLG AMA Putra, Wilayah, PORDA XV DIY Cabor Aeromodelling, FASI Aeromodelling

14 Annisya Chiqa Sabrina (141031159)

1-6 Oktober 2019

Juara 1 OHLG AMA Putr1, Wilayah, PORDA XV DIY Cabor Aeromodelling, FASI Aeromodelling

15 Muhammad Kivin Setiawan (151031066)

1-6 Oktober 2019

Juara 2 F2D, Wilayah, PORDA XV DIY Cabor Aeromodelling, FASI Aeromodelling

16 Syahrul Gunawan (171071002)

22-23 Oktober 2019

Juara 2 Tanding Putra Kelas A, Nasional, Kejuaraan Pencak Silat Open Tournament

17 Ahmad Taufik (171071001)

22-23 Oktober 2019

Juara 2 Tanding Putra Kelas B, Nasional, Kejuaraan Pencak Silat Open Tournament

18 Derdi kabeku ibi Lona (161061010)

22-23 Oktober 2019

Juara 3 Tanding Putra Kelas C, Nasional, Kejuaraan Pencak Silat Open Tournament

19 Ogi Pratama (191331025)

22-23 Oktober 2019

Juara 3 Tanding Putra Kelas H, Nasional, Kejuaraan Pencak Silat Open Tournament

Page 33: LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

30 INSTITUT SAINS & TEKNOLOGI AKPRIND YOGYAKARTA

3.4. Lulusan dan IPK 3.4.1. Kelulusan Studi Tahun 2015-2019

66 47 62 70 74

367408

460 448

584

0

100

200

300

400

500

600

700

2015/2016 2016/2017 2017/2018 2018/2019 2019/2020

Jum

lah

Kelu

lusa

n

Tahun Akademik

Rekapitulasi Kelulusan Berdasarkan Jenjang Studi Tahun Akademik 2015/2016 - 2019/2020

D3

S1

3.4.2. Indeks Prestasi Kumulatif Kelulusan Tahun 2015-2019

Page 34: LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

31LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

3.4. Lulusan dan IPK 3.4.1. Kelulusan Studi Tahun 2015-2019

66 47 62 70 74

367408

460 448

584

0

100

200

300

400

500

600

700

2015/2016 2016/2017 2017/2018 2018/2019 2019/2020

Jum

lah

Kelu

lusa

n

Tahun Akademik

Rekapitulasi Kelulusan Berdasarkan Jenjang Studi Tahun Akademik 2015/2016 - 2019/2020

D3

S1

3.4.2. Indeks Prestasi Kumulatif Kelulusan Tahun 2015-2019

Page 35: LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

32 INSTITUT SAINS & TEKNOLOGI AKPRIND YOGYAKARTA

3.5. Pelacakan Alumni 3.5.1. Responden Alumni

3.5.2. Kesesuaian Pekerjaan Alumni Dengan Kompetensi

4. Sumber Daya Manusia

4.1. Dosen Tetap

Page 36: LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

33LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

3.5. Pelacakan Alumni 3.5.1. Responden Alumni

3.5.2. Kesesuaian Pekerjaan Alumni Dengan Kompetensi

4. Sumber Daya Manusia

4.1. Dosen Tetap

Page 37: LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

34 INSTITUT SAINS & TEKNOLOGI AKPRIND YOGYAKARTA

4.2. Dosen Tidak Tetap

Page 38: LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

35LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

4.2. Dosen Tidak Tetap

Page 39: LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

36 INSTITUT SAINS & TEKNOLOGI AKPRIND YOGYAKARTA

4.3. Peningkatan Kemampuan Dosen 4.3.1. Dosen Tersertifikasi

4.3.2. Dosen Studi Lanjut

4.3.3. Asesor Kompetensi dan Sertifikasi Keahlian

Nama Jurusan Kompetensi dan Keahlian Imam Sodikin, ST, MT T Industri Ahli Pengadaan Nasional Muhammad Sholeh, ST, MT

T Informatika

Asesor Kompetensi BNSP

Erna Kumalasari, ST, MT T Informatika

Asesor Kompetensi BNSP

Ellyawan Setyo Arbintarso, S.T., M.Sc., Ph.D.

T Mesin Asesor Kompetensi BNSP

Sri Rahayu Gusmawarni, ST, MT

T Kimia Asesor Kompetensi BNSP

Purnawan, ST, MEng T Lingkungan Asesor Kompetensi BNSP Dra. Yuli Pratiwi, MSi T Lingkungan Asesor Kompetensi BNSP Dra. Dwi Setyowati, MT Sistem

Komputer Asesor Kompetensi BNSP

Ir. Muhammad Suyanto, MT

T Elektro Asesor Kompetensi BNSP

Safriyudin, ST, MT T Elektro Asesor Kompetensi BNSP Ir. Joko Susetyo, MT T Industri Asesor Kompetensi BNSP Ir. Joko Waluyo, MT T Mesin Asesor Kompetensi BNSP Endang Widuri, ST, MT T Industri Asesor Kompetensi BNSP Ir. Muhammad Yusuf, MT

T Industri Asesor Kompetensi BNSP

Ir. Dwi Indah Purnamawati, MSi

T Geologi Asesor Kompetensi BNSP

Ani Purwanti, ST, MEng T Kimia Asesor Kompetensi BNSP Uning Lestari, ST, MKom

T Informatika

Asesor Kompetensi BNSP

RR Yuliana Rachmawati K, ST, MT

T Informatika

Sertifikasi Kompetensi Computer Networking BNSP

Catur Iswahyudi, Skom, MCs

T Informatika

Sertifikasi Kompetensi Computer Networking BNSP

Erma Susanti, SKom, MCs

T Informatika

Sertifikasi Kompetensi Computer Networking BNSP

Prita Haryani, SPd, MEng

T Informatika

Sertifikasi Kompetensi Computer Networking BNSP

Joko Triyono, SKom, MCs

T Informatika

Sertifikasi Kompetensi Computer Networking BNSP

Muhammad Sholeh, ST, MT

T Informatika

Sertifikasi Kompetensi Manajemen Resiko Dana Pensiun

Page 40: LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

37LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

4.3. Peningkatan Kemampuan Dosen 4.3.1. Dosen Tersertifikasi

4.3.2. Dosen Studi Lanjut

4.3.3. Asesor Kompetensi dan Sertifikasi Keahlian

Nama Jurusan Kompetensi dan Keahlian Imam Sodikin, ST, MT T Industri Ahli Pengadaan Nasional Muhammad Sholeh, ST, MT

T Informatika

Asesor Kompetensi BNSP

Erna Kumalasari, ST, MT T Informatika

Asesor Kompetensi BNSP

Ellyawan Setyo Arbintarso, S.T., M.Sc., Ph.D.

T Mesin Asesor Kompetensi BNSP

Sri Rahayu Gusmawarni, ST, MT

T Kimia Asesor Kompetensi BNSP

Purnawan, ST, MEng T Lingkungan Asesor Kompetensi BNSP Dra. Yuli Pratiwi, MSi T Lingkungan Asesor Kompetensi BNSP Dra. Dwi Setyowati, MT Sistem

Komputer Asesor Kompetensi BNSP

Ir. Muhammad Suyanto, MT

T Elektro Asesor Kompetensi BNSP

Safriyudin, ST, MT T Elektro Asesor Kompetensi BNSP Ir. Joko Susetyo, MT T Industri Asesor Kompetensi BNSP Ir. Joko Waluyo, MT T Mesin Asesor Kompetensi BNSP Endang Widuri, ST, MT T Industri Asesor Kompetensi BNSP Ir. Muhammad Yusuf, MT

T Industri Asesor Kompetensi BNSP

Ir. Dwi Indah Purnamawati, MSi

T Geologi Asesor Kompetensi BNSP

Ani Purwanti, ST, MEng T Kimia Asesor Kompetensi BNSP Uning Lestari, ST, MKom

T Informatika

Asesor Kompetensi BNSP

RR Yuliana Rachmawati K, ST, MT

T Informatika

Sertifikasi Kompetensi Computer Networking BNSP

Catur Iswahyudi, Skom, MCs

T Informatika

Sertifikasi Kompetensi Computer Networking BNSP

Erma Susanti, SKom, MCs

T Informatika

Sertifikasi Kompetensi Computer Networking BNSP

Prita Haryani, SPd, MEng

T Informatika

Sertifikasi Kompetensi Computer Networking BNSP

Joko Triyono, SKom, MCs

T Informatika

Sertifikasi Kompetensi Computer Networking BNSP

Muhammad Sholeh, ST, MT

T Informatika

Sertifikasi Kompetensi Manajemen Resiko Dana Pensiun

Page 41: LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

38 INSTITUT SAINS & TEKNOLOGI AKPRIND YOGYAKARTA

Catur Iswayudi, S.Kom, M.Cs

T Informatika

Sertifikasi Kompetensi Manajemen Resiko Dana Pensiun

Imam Sodikin, ST, MT T Industri Sertifikasi Kompetensi Manajemen Resiko Dana Pensiun

Dr. Ir. Amir Hamzah, MT T Informatika

Sertifikasi Kompetensi Programing BNSP

Muhammad Sholeh, ST, MT

T Informatika

Sertifikasi Kompetensi Programing BNSP

Uning Lestari, ST, MKom

T Informatika

Sertifikasi Kompetensi Programing BNSP

Erna Kumalasari Nurnawati, ST, MT

T Informatika

Sertifikasi Kompetensi Programing BNSP

Rosalia Arum Kumalasanti, ST, MT

T Informatika

Sertifikasi Kompetensi Programing BNSP

4.4. Tenaga Kependidikan

5. Pembiayaan, Sarana dan Prasarana, dan Sistem Informasi

5.1. Penerimaan Dana

*Pemasukan berdasarkan sumber dana.

Page 42: LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

39LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

Catur Iswayudi, S.Kom, M.Cs

T Informatika

Sertifikasi Kompetensi Manajemen Resiko Dana Pensiun

Imam Sodikin, ST, MT T Industri Sertifikasi Kompetensi Manajemen Resiko Dana Pensiun

Dr. Ir. Amir Hamzah, MT T Informatika

Sertifikasi Kompetensi Programing BNSP

Muhammad Sholeh, ST, MT

T Informatika

Sertifikasi Kompetensi Programing BNSP

Uning Lestari, ST, MKom

T Informatika

Sertifikasi Kompetensi Programing BNSP

Erna Kumalasari Nurnawati, ST, MT

T Informatika

Sertifikasi Kompetensi Programing BNSP

Rosalia Arum Kumalasanti, ST, MT

T Informatika

Sertifikasi Kompetensi Programing BNSP

4.4. Tenaga Kependidikan

5. Pembiayaan, Sarana dan Prasarana, dan Sistem Informasi

5.1. Penerimaan Dana

*Pemasukan berdasarkan sumber dana.

Page 43: LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

40 INSTITUT SAINS & TEKNOLOGI AKPRIND YOGYAKARTA

5.2. Pengeluaran Dana

5.3. Dana Penelitian

5.4. Dana Pengabdian Kepada Masyarakat

5.5. Sarana dan Prasarana 5.5.1. Prasarana

IST AKPRIND Yogyakarta mempunyai 3 kampus utama yaitu: Kampus 1 di Jl. Kalisahak 28, Balapan, Yogyakarta, Kampus 2 di Jl. I Dewa Nyoman Oka 30 Kotabaru, Yogyakarta, dan Kampus 3 di Jl. Bimasakti 3, Pengok, Yogyakarta dengan luas total area yang digunakan sekitar 12.000 m2.

5.5.1.1. Laboratorium Fakultas Teknologi Industri

No. Jurusan Nama Laboratorium

1. Teknik Kimia

1.1 Kimia Dasar & Analisa 1.2 Proses Kimia 1.3 Kimia Fisika & Kimia Organik 1.4 Operasi Teknik Kimia

2. Teknik Industri 2.1 SIPPO (Simulasi, Statistik Industri, Pemrograman

Komputer dan Penelitian Operasional) 2.2 Perancangan Sistem Kerja & Ergonomi

Page 44: LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

41LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

5.2. Pengeluaran Dana

5.3. Dana Penelitian

5.4. Dana Pengabdian Kepada Masyarakat

5.5. Sarana dan Prasarana 5.5.1. Prasarana

IST AKPRIND Yogyakarta mempunyai 3 kampus utama yaitu: Kampus 1 di Jl. Kalisahak 28, Balapan, Yogyakarta, Kampus 2 di Jl. I Dewa Nyoman Oka 30 Kotabaru, Yogyakarta, dan Kampus 3 di Jl. Bimasakti 3, Pengok, Yogyakarta dengan luas total area yang digunakan sekitar 12.000 m2.

5.5.1.1. Laboratorium Fakultas Teknologi Industri

No. Jurusan Nama Laboratorium

1. Teknik Kimia

1.1 Kimia Dasar & Analisa 1.2 Proses Kimia 1.3 Kimia Fisika & Kimia Organik 1.4 Operasi Teknik Kimia

2. Teknik Industri 2.1 SIPPO (Simulasi, Statistik Industri, Pemrograman

Komputer dan Penelitian Operasional) 2.2 Perancangan Sistem Kerja & Ergonomi

Page 45: LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

42 INSTITUT SAINS & TEKNOLOGI AKPRIND YOGYAKARTA

2.3 Analisis Perancangan Kerja 2.4 Sistem Produksi & Proses Manufaktur 2.5 Analisis Perancangan Bisnis 2.6 Menggambar Teknik & Perancangan Tata Letak

Fasilitas

3. Teknik Mesin

3.1 Pengujian Bahan 3.2 Teknik Mekanik 3.3 Prestasi Mesin 3.4 Fenomena Dasar Mesin 3.5 Otomotif 3.6 Komputasi 3.7 Otomasi 3.8 Teknik Produksi & Pemrograman NC 3.9 Teknologi Manufaktur

4. Teknik Elektro

4.1 Listrik Dasar 4.2 Perawatan & Perbaikan 4.3 Instalasi Listrik 4.4 Mesin-mesin Listrik 4.5 Elektronika Lanjut 4.6 Elektronika Digital 4.7 Elektronika Dasar 4.8 Instrumentasi Kendali/PLC 4.9 Aplikasi Komputer 4.10 Teknologi Komunikasi

5.

Teknik Informatika

5.1 Komputer Pemrograman Dasar 5.2 Komputer Jaringan 5.3 Komputer Basis Data 5.4 Komputer Pemrograman Web

5.5.1.2. Laboratorium Fakultas Sains Terapan

No. Jurusan Nama Laboratorium 1. Statistik 1.1 Statistika 2. Sistem Komputer 2.1 Komputer III

3. Teknik Lingkungan

3.1 Mikrobiologi Lingkungan 3.2 Analisis Kualitas Lingkungan 3.3 Toksikologi Lingkungan 3.4 Teknik Lingkungan Layanan 3.5 Rekayasa Lingkungan 3.6 Kimia Lingkungan 3.7 Teknologi Daur Ulang 3.8 Mekanika Fluida

5.5.1.3. Laboratorium Fakultas Teknologi Mineral No. Jurusan Nama Laboratorium

1. Teknik Geologi

1.1 Geologi Teknik & Tata Lingkungan 1.2 Sumberdaya Mineral 1.3 Sumberdaya Energi 1.4 Geokomputasi 1.5 Geologi Dinamik

5.5.1.4. Laboratorium Layanan

No. Nama Laboratorium 1. Laboratorium Bahasa 2. Laboratorium Fisika Dasar

5.6. Pustaka

Page 46: LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

43LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

2.3 Analisis Perancangan Kerja 2.4 Sistem Produksi & Proses Manufaktur 2.5 Analisis Perancangan Bisnis 2.6 Menggambar Teknik & Perancangan Tata Letak

Fasilitas

3. Teknik Mesin

3.1 Pengujian Bahan 3.2 Teknik Mekanik 3.3 Prestasi Mesin 3.4 Fenomena Dasar Mesin 3.5 Otomotif 3.6 Komputasi 3.7 Otomasi 3.8 Teknik Produksi & Pemrograman NC 3.9 Teknologi Manufaktur

4. Teknik Elektro

4.1 Listrik Dasar 4.2 Perawatan & Perbaikan 4.3 Instalasi Listrik 4.4 Mesin-mesin Listrik 4.5 Elektronika Lanjut 4.6 Elektronika Digital 4.7 Elektronika Dasar 4.8 Instrumentasi Kendali/PLC 4.9 Aplikasi Komputer 4.10 Teknologi Komunikasi

5.

Teknik Informatika

5.1 Komputer Pemrograman Dasar 5.2 Komputer Jaringan 5.3 Komputer Basis Data 5.4 Komputer Pemrograman Web

5.5.1.2. Laboratorium Fakultas Sains Terapan

No. Jurusan Nama Laboratorium 1. Statistik 1.1 Statistika 2. Sistem Komputer 2.1 Komputer III

3. Teknik Lingkungan

3.1 Mikrobiologi Lingkungan 3.2 Analisis Kualitas Lingkungan 3.3 Toksikologi Lingkungan 3.4 Teknik Lingkungan Layanan 3.5 Rekayasa Lingkungan 3.6 Kimia Lingkungan 3.7 Teknologi Daur Ulang 3.8 Mekanika Fluida

5.5.1.3. Laboratorium Fakultas Teknologi Mineral No. Jurusan Nama Laboratorium

1. Teknik Geologi

1.1 Geologi Teknik & Tata Lingkungan 1.2 Sumberdaya Mineral 1.3 Sumberdaya Energi 1.4 Geokomputasi 1.5 Geologi Dinamik

5.5.1.4. Laboratorium Layanan

No. Nama Laboratorium 1. Laboratorium Bahasa 2. Laboratorium Fisika Dasar

5.6. Pustaka

Page 47: LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

44 INSTITUT SAINS & TEKNOLOGI AKPRIND YOGYAKARTA

5.7. Aksesibilitas Data Semenjak tahun 2018, semua jenis data telah dapat diakses melalui Wide Area Network. Adapun jenis data tersebut meliputi: Data mahasiswa, Kartu Rencana Studi, Jadwal Mata Kuliah, Nilai Mata Kuliah, Transkrip

Akademik, Lulusan, Dosen, Pegawai, Keuangan, Inventaris dan Perpustakaan.

6. Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Kerjasama

6.1. Penelitian 6.1.1. Profil Penelitian Berdasarkan Skema Institusi

Page 48: LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

45LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

5.7. Aksesibilitas Data Semenjak tahun 2018, semua jenis data telah dapat diakses melalui Wide Area Network. Adapun jenis data tersebut meliputi: Data mahasiswa, Kartu Rencana Studi, Jadwal Mata Kuliah, Nilai Mata Kuliah, Transkrip

Akademik, Lulusan, Dosen, Pegawai, Keuangan, Inventaris dan Perpustakaan.

6. Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Kerjasama

6.1. Penelitian 6.1.1. Profil Penelitian Berdasarkan Skema Institusi

Page 49: LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

46 INSTITUT SAINS & TEKNOLOGI AKPRIND YOGYAKARTA

6.1.2. Profil Penelitian Skema Kemenristekdikti

No Nama Peneliti dan Jenis Penelitian

Judul penelitian Jumlah Dana

1 Edhy Sutanta Erna Kumalasari Nurnawati Rosalia Arum Kumalasanti (PDUPT - Kemenristekdikti)

Analisis Fitur-fitur pada Model Hybrid Schema Matching untuk Meningkatkan Efektifitas Hasil dan Efisiensi Proses Dalam Lingkungan Basis Data Relasional Heterogen

71.137.400

2 Muhammad Sholeh, RR Yuliana Rachmawati, Denny Hariyanto (PTUPT - Kemenristekdikti)

Analisis Basis Data dan Pengembangan Aplikasi Eumkm: Marketplace Clustering Usaha Mikro Kecil dan Menengah Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi di Kabupaten

79.850.000

Bantul

3 Sudarsono, Saiful Huda (PTUPT - Kemenristekdikti)

Aplikasi Skea dengan Penggunaan Komposit Serat Rami pada Propeler untuk Penerangan Jalan

109.850.000

4 Sri Mulyaningsih Nur Widi Astanto Agus Tri Heriyadi Arie Noor Rakhman Muchlis, Dina Tania (PTUPT - Kemenristekdikti)

Terapan Geologi Gunung Api dalam Geokonservasi, Geoheritage dan Geowisata di Daerah Imogiri dan Pleret Kab. Bantul, Yogyakarta

137.908.500

5 Edhy Sutanta Amir Hamzah Dyah Ariliani Taufiq Abidin Oman Somantri (PKAPT - Mitra Poltek Tegal - Kemenristekdikti)

Optimasi Parameter Pada Sentiment Analysis Penilaian Pelayanan Hotel Menggunakan Algoritma Genetika Berbasishybrid Feature Selection

135.317.000

6 Uning Lestari Catur Iswahyudi Beni Firman (Terapan - Bappeda Kota Yogyakarta)

Penerapan Internet of Thing (Iot) pada Aplikasi Sistem Parkir Cerdas Berbasis Mobile Guna Mewujudkan Smart City Kota Yogyakarta

29.875.000

7 Toto Rusianto Saiful Huda (Terapan - IST AKPRIND)

Rancang Bangun Generator Putaran Rendah untuk Kincir Angin Sumbu Vertikal

4.500.000

8 Gatot Santoso Subandi (Terapan - IST AKPRIND)

Perancangan Sistem Monitoring Detak Jantung Menggunakan Mikrokontroler

4.500.000

9 Angge Dhevi Warisauri Paramita Dwi Sukmawati (Dasar - IST AKPRIND)

Studi Kemampuan Kombinasi Kayu Apu (Pistia Stratiotes) dan Zeolit Terhadap Penurunan Warna, COD, TSS Limbah Pewarnaan Remazol Red Rb

3.750.000

Page 50: LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

47LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

6.1.2. Profil Penelitian Skema Kemenristekdikti

No Nama Peneliti dan Jenis Penelitian

Judul penelitian Jumlah Dana

1 Edhy Sutanta Erna Kumalasari Nurnawati Rosalia Arum Kumalasanti (PDUPT - Kemenristekdikti)

Analisis Fitur-fitur pada Model Hybrid Schema Matching untuk Meningkatkan Efektifitas Hasil dan Efisiensi Proses Dalam Lingkungan Basis Data Relasional Heterogen

71.137.400

2 Muhammad Sholeh, RR Yuliana Rachmawati, Denny Hariyanto (PTUPT - Kemenristekdikti)

Analisis Basis Data dan Pengembangan Aplikasi Eumkm: Marketplace Clustering Usaha Mikro Kecil dan Menengah Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi di Kabupaten

79.850.000

Bantul

3 Sudarsono, Saiful Huda (PTUPT - Kemenristekdikti)

Aplikasi Skea dengan Penggunaan Komposit Serat Rami pada Propeler untuk Penerangan Jalan

109.850.000

4 Sri Mulyaningsih Nur Widi Astanto Agus Tri Heriyadi Arie Noor Rakhman Muchlis, Dina Tania (PTUPT - Kemenristekdikti)

Terapan Geologi Gunung Api dalam Geokonservasi, Geoheritage dan Geowisata di Daerah Imogiri dan Pleret Kab. Bantul, Yogyakarta

137.908.500

5 Edhy Sutanta Amir Hamzah Dyah Ariliani Taufiq Abidin Oman Somantri (PKAPT - Mitra Poltek Tegal - Kemenristekdikti)

Optimasi Parameter Pada Sentiment Analysis Penilaian Pelayanan Hotel Menggunakan Algoritma Genetika Berbasishybrid Feature Selection

135.317.000

6 Uning Lestari Catur Iswahyudi Beni Firman (Terapan - Bappeda Kota Yogyakarta)

Penerapan Internet of Thing (Iot) pada Aplikasi Sistem Parkir Cerdas Berbasis Mobile Guna Mewujudkan Smart City Kota Yogyakarta

29.875.000

7 Toto Rusianto Saiful Huda (Terapan - IST AKPRIND)

Rancang Bangun Generator Putaran Rendah untuk Kincir Angin Sumbu Vertikal

4.500.000

8 Gatot Santoso Subandi (Terapan - IST AKPRIND)

Perancangan Sistem Monitoring Detak Jantung Menggunakan Mikrokontroler

4.500.000

9 Angge Dhevi Warisauri Paramita Dwi Sukmawati (Dasar - IST AKPRIND)

Studi Kemampuan Kombinasi Kayu Apu (Pistia Stratiotes) dan Zeolit Terhadap Penurunan Warna, COD, TSS Limbah Pewarnaan Remazol Red Rb

3.750.000

Page 51: LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

48 INSTITUT SAINS & TEKNOLOGI AKPRIND YOGYAKARTA

10 Ellyawan Setyo Arbintarso Eka Sulistyaningsih Ganjar Andaka (Terapan - IST AKPRIND)

Karekterisasi Mikrofiltrasi Membran Bentonit untuk Limbah Cair Batik

3.750.000

11 Dwi Indah Purnamawati Miftahussalam (Terapan - IST AKPRIND)

Identifikasi Fasies Gunungapi Serta Aplikasi Terhadap Lingkungan dan Kebencanaan Daerah Lereng Timurlaut Gunungapi Muria, Kecamatan Cluwak, Kabupaten Pati Provinsi Jawa Tengah

3.750.000

12 Bambang Kusmartono Murni Yuniwati (Terapan - IST AKPRIND)

Pemanfaatan Limbah Kulit Durian Sebagai Bahan Baku Pembuatan Nitroselulosa

3.750.000

13 Endang Widuri Asih Winarni Argaditia Mawadati (Dasar - IST AKPRIND)

Model Fuzzy Human Error Assessment Reliability Technique (HEART) Guna Menentukan Human Realibility Assessment Operator Kerja

3.750.000

14 Rokhana Dwi Bekti Kartiko (Dasar - IST AKPRIND)

Matrik Pembobotan Amoeba dan Near Nighbourhood Kernel pada Identifikasi Spatial Cluoser

3.750.000

15 Noeryanti Yudi Setyawan (Terapan - IST AKPRIND)

Memprediksi Jumlah Penduduk Miskin Di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Menggunakan Metode Analisis Rantai Markov

3.250.000

16 Muhammad Yusuf Eka Sulistyaningsih (Dasar - IST AKPRIND)

Analisis Peningkatan Kualitas Melalui Pendekatan Lean Sigma Guna Mengurangi Kecacatan Produk

3.250.000

17 Kris Suryowati Rokhana Dwi Bekti (Terapan - IST AKPRIND)

Aplikasi Model Multi Chanel Multi Phase Pada Pelayanan Samsat Kota Jogjakarta dengan Software

3.250.000

18 Noviana Pratiwi Yudi Setyawan Noeryanti (Dasar - IST AKPRIND)

Uji Kupiec dan Mix Kupiec pada Backtesting Value At Risk dengan Metode Copula

3.250.000

19 Agus Hindarto Wibowo Indra Sebrian Husmadi (Terapan - IST AKPRIND)

Prediksi Kelulusan Mahasiswa Progam Studi S1 Teknik Industri IST AKPRIND Menggunakan Metode Data Mining

3.250.000

20 Joko Triyono Prita Haryani (Dasar - IST AKPRIND)

Model Kontrol Transaksi RDBMS Menggunakan Trigger dan Waktu Server

3.250.000

21 Andrean Emaputra Kartinasari Ayuhikmatin Sekarjati Agus Hindarto Wibowo (Dasar - IST AKPRIND)

Model Kesuksesan Perguruan Tinggi: Kasus IST AKPRIND Yogyakarta

3.250.000

22 Beny Firman Denny Hardiyanto (Terapan - IST AKPRIND)

Prototipe Penyortiran Buah Jeruk Berdasarkan Warna Menggunakan Kamera Pixy CMUCAM 5 Berbasis Arduino

3.250.000

23 Cyrilla Indri Parwati Eka Sulistyaningsih (Dasar - IST AKPRIND)

Merancang Model Pengukuran Kinerja Green Supply Chain Krupuk Geplek Gunungkidul

3.250.000

24 Murni Yuniwati Ganjar Andaka (Dasar - IST AKPRIND)

Optimasi Kondisi Proses Ekstraksi Tanin dari Buah Pinang (Areca Catechu L)

3.250.000

25 Erna Kumalasari Nurnawati Edhy Sutanta (Terapan - IST AKPRIND)

Representasi Kampung Prajurit Kraton Yogyakarta dalam Aplikasi Berbasis Perangkat Bergerak

3.250.000

26 Slamet Hani Gatot Santoso (Terapan - IST AKPRIND)

Perancangan Sistem Akses Kunci Elektronis pada Kotak Penyimpanan Memanfaatkan E-KTP dan Teknologi RFID

3.250.000

Page 52: LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

49LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

10 Ellyawan Setyo Arbintarso Eka Sulistyaningsih Ganjar Andaka (Terapan - IST AKPRIND)

Karekterisasi Mikrofiltrasi Membran Bentonit untuk Limbah Cair Batik

3.750.000

11 Dwi Indah Purnamawati Miftahussalam (Terapan - IST AKPRIND)

Identifikasi Fasies Gunungapi Serta Aplikasi Terhadap Lingkungan dan Kebencanaan Daerah Lereng Timurlaut Gunungapi Muria, Kecamatan Cluwak, Kabupaten Pati Provinsi Jawa Tengah

3.750.000

12 Bambang Kusmartono Murni Yuniwati (Terapan - IST AKPRIND)

Pemanfaatan Limbah Kulit Durian Sebagai Bahan Baku Pembuatan Nitroselulosa

3.750.000

13 Endang Widuri Asih Winarni Argaditia Mawadati (Dasar - IST AKPRIND)

Model Fuzzy Human Error Assessment Reliability Technique (HEART) Guna Menentukan Human Realibility Assessment Operator Kerja

3.750.000

14 Rokhana Dwi Bekti Kartiko (Dasar - IST AKPRIND)

Matrik Pembobotan Amoeba dan Near Nighbourhood Kernel pada Identifikasi Spatial Cluoser

3.750.000

15 Noeryanti Yudi Setyawan (Terapan - IST AKPRIND)

Memprediksi Jumlah Penduduk Miskin Di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Menggunakan Metode Analisis Rantai Markov

3.250.000

16 Muhammad Yusuf Eka Sulistyaningsih (Dasar - IST AKPRIND)

Analisis Peningkatan Kualitas Melalui Pendekatan Lean Sigma Guna Mengurangi Kecacatan Produk

3.250.000

17 Kris Suryowati Rokhana Dwi Bekti (Terapan - IST AKPRIND)

Aplikasi Model Multi Chanel Multi Phase Pada Pelayanan Samsat Kota Jogjakarta dengan Software

3.250.000

18 Noviana Pratiwi Yudi Setyawan Noeryanti (Dasar - IST AKPRIND)

Uji Kupiec dan Mix Kupiec pada Backtesting Value At Risk dengan Metode Copula

3.250.000

19 Agus Hindarto Wibowo Indra Sebrian Husmadi (Terapan - IST AKPRIND)

Prediksi Kelulusan Mahasiswa Progam Studi S1 Teknik Industri IST AKPRIND Menggunakan Metode Data Mining

3.250.000

20 Joko Triyono Prita Haryani (Dasar - IST AKPRIND)

Model Kontrol Transaksi RDBMS Menggunakan Trigger dan Waktu Server

3.250.000

21 Andrean Emaputra Kartinasari Ayuhikmatin Sekarjati Agus Hindarto Wibowo (Dasar - IST AKPRIND)

Model Kesuksesan Perguruan Tinggi: Kasus IST AKPRIND Yogyakarta

3.250.000

22 Beny Firman Denny Hardiyanto (Terapan - IST AKPRIND)

Prototipe Penyortiran Buah Jeruk Berdasarkan Warna Menggunakan Kamera Pixy CMUCAM 5 Berbasis Arduino

3.250.000

23 Cyrilla Indri Parwati Eka Sulistyaningsih (Dasar - IST AKPRIND)

Merancang Model Pengukuran Kinerja Green Supply Chain Krupuk Geplek Gunungkidul

3.250.000

24 Murni Yuniwati Ganjar Andaka (Dasar - IST AKPRIND)

Optimasi Kondisi Proses Ekstraksi Tanin dari Buah Pinang (Areca Catechu L)

3.250.000

25 Erna Kumalasari Nurnawati Edhy Sutanta (Terapan - IST AKPRIND)

Representasi Kampung Prajurit Kraton Yogyakarta dalam Aplikasi Berbasis Perangkat Bergerak

3.250.000

26 Slamet Hani Gatot Santoso (Terapan - IST AKPRIND)

Perancangan Sistem Akses Kunci Elektronis pada Kotak Penyimpanan Memanfaatkan E-KTP dan Teknologi RFID

3.250.000

Page 53: LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

50 INSTITUT SAINS & TEKNOLOGI AKPRIND YOGYAKARTA

27 Dewi Wahyuningtyas Sri Sunarsih (Terapan - IST AKPRIND)

Transfer Massa Ekstrak Pagagan (Ocentella Asiatica) dari Membran Pati Jagung Sebagai Obat Luka Pasca Operasi

3.250.000

28 Maria Titah Jatipaningrum Dina Tania (Dasar - IST AKPRIND)

Analisis Kepuasan Lulusan Baru Terhadap Penyegaraan Pendidikan di IST AKPRIND Yogyakarta Menggunakan Metode Fuzzy Service Quality

3.250.000

29 Nidia Lestari Yuli Purwanto Andi Setiawan (Dasar - IST AKPRIND)

Optimalisasi Pengolahan Limbah Kaleng Menggunakan Mesin Press

3.250.000

30 Paramita Dwi Sukmawati Purnawan (Terapan - IST AKPRIND)

Audit Energi dan Analisis Peluang Penghematan Energi Pada Ruang Perkuliahan Kampus 1 IST AKPRIND Yogyakarta Dalam Upaya Menuju Kampus Berwawasan Lingkungan

3.250.000

31 Uminingsih Ignatius Suraya (Dasar - IST AKPRIND)

Implementasi Algoritma Decision Tree C4-5 untuk Menentukan Kelas Calon Siswa di Lembaga Kursus Bahasa Inggris Berbasis Web

3.000.000

32 Erma Susanti Erfanti Fatkhiyah (Dasar - IST AKPRIND)

Penerapan Metode Design Think untuk Penyelesaian Permasalahan pada Pengembang UI/IX Aplikasi M-Voting

3.000.000

33 Prastyono Eko Pambudi Wiwik handajadi (Dasar - IST AKPRIND)

Analisis Pembangkitan Panas pada Logam Melalui Sistem Pemanas Induksi Frekuensi Tinggi

3.000.000

34 Rosalia Arum Kumalasanti Renna Yanwastika

Perbandingan Identifikasi Tanda Tangan Offline Menggunakan Backpropgation

3.000.000

Ariyana (Dasar - IST AKPRIND)

Berdasarkan Learning Rate

35 Uning Lestari Erfanti Fatkhiyah (Terapan - IST AKPRIND)

Sistem Pemesanan Parkir Berbasis Mobile

3.000.000

36 Srafriyudin Mujiman (Dasar - IST AKPRIND)

Perencanaan Generator Putaran Rendah Menggunakan Magnet Permanen Jenis Neodymium

3.000.000

37 Agus Duniawan Bambang Wahyu Sidarta (Dasar - IST AKPRIND)

Pengaruh Proses Heat Treatment Terhadap Sifat Mekanis Blok Rem Kereta Api

3.000.000

38 Joko Susetyo P. Wisnubroto (Dasar - IST AKPRIND)

Penerapan Metode SQC (Statistical Quality Control) dan FTA (Fault Tree Analisis) Sebagai Usulan Pengadilan dan Perbaikan Kualitas Produk pada Usaha Pengecoran Alumunium

3.000.000

39 Denny Hardiyanto Samuel Kristyana (Dasar - IST AKPRIND)

Perbandingan Aloritma Klasifier dalam Mengklasifikasikan Motif Citra Batik Yogyakarta

3.000.000

40 Muhammad Suyanto P. Wisnubroto (Terapan - IST AKPRIND)

Sistem Operasi Saklar Otomatis Melayani Dua Sumber Energi Listrik Bergantian (ATS) Beban 200 Watt pada Instalasi Rumah

3.000.000

41 Mega Inayati Rif'ah Agus Hindarto Wibowo (Terapan - IST AKPRIND)

Optimasi Bauran Promosi dengan Mempertimbangan Aspek Sustainnability Menggunakan Metode Linear Programming

3.000.000

42 Renna Yanwastika Ariyana Rosalia Arum Kumalasanti (Terapan

Puzzle Game Tokoh Wayang Punakawan Sebagai Media untuk Meningkatkan Pemahaman Budaya Jawa pada

3.000.000

Page 54: LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

51LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

27 Dewi Wahyuningtyas Sri Sunarsih (Terapan - IST AKPRIND)

Transfer Massa Ekstrak Pagagan (Ocentella Asiatica) dari Membran Pati Jagung Sebagai Obat Luka Pasca Operasi

3.250.000

28 Maria Titah Jatipaningrum Dina Tania (Dasar - IST AKPRIND)

Analisis Kepuasan Lulusan Baru Terhadap Penyegaraan Pendidikan di IST AKPRIND Yogyakarta Menggunakan Metode Fuzzy Service Quality

3.250.000

29 Nidia Lestari Yuli Purwanto Andi Setiawan (Dasar - IST AKPRIND)

Optimalisasi Pengolahan Limbah Kaleng Menggunakan Mesin Press

3.250.000

30 Paramita Dwi Sukmawati Purnawan (Terapan - IST AKPRIND)

Audit Energi dan Analisis Peluang Penghematan Energi Pada Ruang Perkuliahan Kampus 1 IST AKPRIND Yogyakarta Dalam Upaya Menuju Kampus Berwawasan Lingkungan

3.250.000

31 Uminingsih Ignatius Suraya (Dasar - IST AKPRIND)

Implementasi Algoritma Decision Tree C4-5 untuk Menentukan Kelas Calon Siswa di Lembaga Kursus Bahasa Inggris Berbasis Web

3.000.000

32 Erma Susanti Erfanti Fatkhiyah (Dasar - IST AKPRIND)

Penerapan Metode Design Think untuk Penyelesaian Permasalahan pada Pengembang UI/IX Aplikasi M-Voting

3.000.000

33 Prastyono Eko Pambudi Wiwik handajadi (Dasar - IST AKPRIND)

Analisis Pembangkitan Panas pada Logam Melalui Sistem Pemanas Induksi Frekuensi Tinggi

3.000.000

34 Rosalia Arum Kumalasanti Renna Yanwastika

Perbandingan Identifikasi Tanda Tangan Offline Menggunakan Backpropgation

3.000.000

Ariyana (Dasar - IST AKPRIND)

Berdasarkan Learning Rate

35 Uning Lestari Erfanti Fatkhiyah (Terapan - IST AKPRIND)

Sistem Pemesanan Parkir Berbasis Mobile

3.000.000

36 Srafriyudin Mujiman (Dasar - IST AKPRIND)

Perencanaan Generator Putaran Rendah Menggunakan Magnet Permanen Jenis Neodymium

3.000.000

37 Agus Duniawan Bambang Wahyu Sidarta (Dasar - IST AKPRIND)

Pengaruh Proses Heat Treatment Terhadap Sifat Mekanis Blok Rem Kereta Api

3.000.000

38 Joko Susetyo P. Wisnubroto (Dasar - IST AKPRIND)

Penerapan Metode SQC (Statistical Quality Control) dan FTA (Fault Tree Analisis) Sebagai Usulan Pengadilan dan Perbaikan Kualitas Produk pada Usaha Pengecoran Alumunium

3.000.000

39 Denny Hardiyanto Samuel Kristyana (Dasar - IST AKPRIND)

Perbandingan Aloritma Klasifier dalam Mengklasifikasikan Motif Citra Batik Yogyakarta

3.000.000

40 Muhammad Suyanto P. Wisnubroto (Terapan - IST AKPRIND)

Sistem Operasi Saklar Otomatis Melayani Dua Sumber Energi Listrik Bergantian (ATS) Beban 200 Watt pada Instalasi Rumah

3.000.000

41 Mega Inayati Rif'ah Agus Hindarto Wibowo (Terapan - IST AKPRIND)

Optimasi Bauran Promosi dengan Mempertimbangan Aspek Sustainnability Menggunakan Metode Linear Programming

3.000.000

42 Renna Yanwastika Ariyana Rosalia Arum Kumalasanti (Terapan

Puzzle Game Tokoh Wayang Punakawan Sebagai Media untuk Meningkatkan Pemahaman Budaya Jawa pada

3.000.000

Page 55: LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

52 INSTITUT SAINS & TEKNOLOGI AKPRIND YOGYAKARTA

- IST AKPRIND) Anak

43 Harmastuti Dwi Setyowati (Dasar - IST AKPRIND)

Representasi Objek 3D Menggunakan Teknik Rendering Ray-Tranic dan Radiosity

2.000.000

44 Subandi Slamet Hani (Terapan - IST AKPRIND)

Penggerak Pompa Air dengan Tenaga Solar Cell untuk Meningkatkan Pertanian Cabe

2.000.000

45 Kartinasari Ayuhikmatin Sekarjati Argaditia Mawadati (Dasar - IST AKPRIND)

Usulan Perancangan Sistem Antrian Pada Kasir Lotte Mart Wholesale dengan Metode Simulasi

2.000.000

46 Siti Saudah Syukri (Dasar - IST AKPRIND)

Fenomena Bahasa Politik dalam Rubrik Pojok "Mang Usil" Harian Kompas Edisi Pemilu 2019: Tinjauan Filsafat Analitik

2.000.000

47 Arifah Budhyaty MZ Syukri (Dasar - IST AKPRIND)

Pola Dakwah di Era Revolusi Industri 4.0 dan Tantangan Terhadap Pemahaman Keagamaan Generasi Muda

2.000.000

48 P. Wisnubroto Muhammad Suyanto (Dasar - IST AKPRIND)

Pengaruh Faktor Personality Terhadap Keahlian dalam End User Computing

2.000.000

49 Argaditia Mawadati Mega Inayati Rif'ah (Terapan - IST AKPRIND)

Analisis dan Pemodelan Sistem Antrian Pada Instalasi Farmasi Rumah Sakit Panti Rapih Yogyakarta dengan Metode Simulasi

2.000.000

50 Hadi Prasetyo Suseno (Terapan - IST AKPRIND)

Pemanfaatan Bonggol Jangung Sebagai Biotanol (Pengaruh Penambahan Ragi Pada Stratmen dan Waktu Fermentasi Terhadap Kadar Etanol)

2.000.000

51 Rr. Yuliana Rachmawati Kusumaningsih (Dasar - IST AKPRIND)

Peranan Digital Marketing Sebagai Information Society

1.500.000

52 Taufiq Hidayat Hary Wibowo Nur Hayati A’An Riansyah (Terapan - IST AKPRIND)

Pembuatan Mesin Pemanggang Sate

1.500.000

53 Hadi Saputra (Dasar - Mandiri)

Analisa Struktur Truss Menggunakan Perangkat Lunak Abaqus

5.000.000

6.2. Publikasi Jurnal

No Nama Dosen Judul Artikel Ilmiah ISSN/Vol/No/Edisi

1 Agus Duniawan, ST, MEng

Pelatihan Inspeksi Visual Pengelasan Smaw (Las Busur Listrik) untuk Warga RW 24 Notoyudan, Pringgokusuman, Gedongtengen, Yogyakarta

2614-2929/2/2

2 Dr. Ir. Toto Rusianto, MT Ir. Saiful Huda, MT, ME Ir. Hary Wibowo, MT

A Riview: Jenis dan Pencetakan 3D(3D Printing )untuk Pembuatan Prototipe

2338-6711/12/1/2019

3 Nurul Dzakiya, SSi, MSc Analisis Kestabilan Lereng Berdasarkan Analisis Sifat Fisik Mekanik Tanah dan Batuan di Desa Selopamioro dan Sekitarnya, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, DIY

2657-1129/1/2/Oktober 2019

Page 56: LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

53LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

- IST AKPRIND) Anak

43 Harmastuti Dwi Setyowati (Dasar - IST AKPRIND)

Representasi Objek 3D Menggunakan Teknik Rendering Ray-Tranic dan Radiosity

2.000.000

44 Subandi Slamet Hani (Terapan - IST AKPRIND)

Penggerak Pompa Air dengan Tenaga Solar Cell untuk Meningkatkan Pertanian Cabe

2.000.000

45 Kartinasari Ayuhikmatin Sekarjati Argaditia Mawadati (Dasar - IST AKPRIND)

Usulan Perancangan Sistem Antrian Pada Kasir Lotte Mart Wholesale dengan Metode Simulasi

2.000.000

46 Siti Saudah Syukri (Dasar - IST AKPRIND)

Fenomena Bahasa Politik dalam Rubrik Pojok "Mang Usil" Harian Kompas Edisi Pemilu 2019: Tinjauan Filsafat Analitik

2.000.000

47 Arifah Budhyaty MZ Syukri (Dasar - IST AKPRIND)

Pola Dakwah di Era Revolusi Industri 4.0 dan Tantangan Terhadap Pemahaman Keagamaan Generasi Muda

2.000.000

48 P. Wisnubroto Muhammad Suyanto (Dasar - IST AKPRIND)

Pengaruh Faktor Personality Terhadap Keahlian dalam End User Computing

2.000.000

49 Argaditia Mawadati Mega Inayati Rif'ah (Terapan - IST AKPRIND)

Analisis dan Pemodelan Sistem Antrian Pada Instalasi Farmasi Rumah Sakit Panti Rapih Yogyakarta dengan Metode Simulasi

2.000.000

50 Hadi Prasetyo Suseno (Terapan - IST AKPRIND)

Pemanfaatan Bonggol Jangung Sebagai Biotanol (Pengaruh Penambahan Ragi Pada Stratmen dan Waktu Fermentasi Terhadap Kadar Etanol)

2.000.000

51 Rr. Yuliana Rachmawati Kusumaningsih (Dasar - IST AKPRIND)

Peranan Digital Marketing Sebagai Information Society

1.500.000

52 Taufiq Hidayat Hary Wibowo Nur Hayati A’An Riansyah (Terapan - IST AKPRIND)

Pembuatan Mesin Pemanggang Sate

1.500.000

53 Hadi Saputra (Dasar - Mandiri)

Analisa Struktur Truss Menggunakan Perangkat Lunak Abaqus

5.000.000

6.2. Publikasi Jurnal

No Nama Dosen Judul Artikel Ilmiah ISSN/Vol/No/Edisi

1 Agus Duniawan, ST, MEng

Pelatihan Inspeksi Visual Pengelasan Smaw (Las Busur Listrik) untuk Warga RW 24 Notoyudan, Pringgokusuman, Gedongtengen, Yogyakarta

2614-2929/2/2

2 Dr. Ir. Toto Rusianto, MT Ir. Saiful Huda, MT, ME Ir. Hary Wibowo, MT

A Riview: Jenis dan Pencetakan 3D(3D Printing )untuk Pembuatan Prototipe

2338-6711/12/1/2019

3 Nurul Dzakiya, SSi, MSc Analisis Kestabilan Lereng Berdasarkan Analisis Sifat Fisik Mekanik Tanah dan Batuan di Desa Selopamioro dan Sekitarnya, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, DIY

2657-1129/1/2/Oktober 2019

Page 57: LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

54 INSTITUT SAINS & TEKNOLOGI AKPRIND YOGYAKARTA

4 Danis Agoes Wiloso, ST, MT

Analisis Kestabilan Lereng untuk Gerakan Massa Berdasarkan Metode Scanline di Daerah Tegalrejo dan Sekitarnya, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul, DIY

2657/1/2/Oktober 2019

5 Cyrilla Indri Parwati, ST, MT

Analisis Pengendalian Kualitas Sebagai Upaya Pengurangan Produk Cacat dengan Pendekatan Six Sigma, Poka Yoke dan Kaizen

2086-4221/2019

6 Eka Sulistyaningsih, SSi, MSc Ir. Muhammad Yusuf, MT

Analisis Peningkatan Kualitas Melalui Pendekatan Lean Sigma Guna Mengurangi Kecacatan Produk

2338-6711/12//1/2019

7 Prof. Dr. Ir Sudarsono, MT Muhammad Andang Novianta, ST, MT

Application of Internet of Things (IoT) on Air Pollution Monitoring Database System

2267-1242/125/25005(2019)

8 Andrean Emaputra, ST, MSc

Design of Ergonomic Chair for Grinding Operation

2443 1311/10/1/Desember 2020

9 Denny Hardiyanto, ST, MEng

Designing A Smart Mirror as A Laboratory Information Media Using Raspberry Pi

2550-0554/Vol 3/No 3 2019

10 Ir. Joko Waluyo, MT Development of Jackfruit Peel Waste as Biomass Energy: Case Study for Traditional Food Center in Yogyakarta

9/4/December 2019

11 Ir. Dwi Indah Purnamawati, MSi

Dinamika Sedimentasi dan Lingkungan

2657-1129

Pengendapan Konglomerat Formasi Cijolang pada Singkapan Sungai Cisanggarung Kabupaten Cirebon Propinsi Jawa Barat

12 Noviana Pratiwi, SSi, MSc

Estimasi Tingkat Risiko Investasi Emas Menggunakan Pendekatan Generalized Extreme Value dan Generalized Pareto Distribution

2621-6019/2621-6035/2/1/2019

13 Nurul Dzakiya, SSi, MSc Identification of Lithology Properties of Groundwater by Using Resistivity Method in Girimulyo, Kulon Progo, Yogyakarta

17426588/1153

14 Dr. Sri Mulyaningsih, ST, MT Dina Tania, ST, MT Nur Widi Astanto Agus Tri Heriyadi, ST, MT

Identifikasi Jelajah Geologi Gunung Api Purba Gunung Ireng Desa Pengkok, Kabupaten Gunungkidul

2355-6587/2528-2220/6/2/2019

15 Dra. Uminingsih, MKom Isnanto Nugroho Drs Igantius Suraya MCs

Implementasi Algoritma Decision Tree C4.5 untuk Menentukan Kelas Calon Siswa di Lembaga Kursus Bahasa Inggris Berbasis Web

12/1/2019

16 Imam Sodikin, ST, MT Ir. Joko Susetyo, MT

Implementation of Preventive Maintenance Using Reliability Availability Maintainability (RAM) Method

2455-7137/04/09/2019

17 Ir. Dwi Indah Purnamawati, MSi

Karakteristik Hidrokimia dan Implikasinya

2657-1129

Page 58: LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

55LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

4 Danis Agoes Wiloso, ST, MT

Analisis Kestabilan Lereng untuk Gerakan Massa Berdasarkan Metode Scanline di Daerah Tegalrejo dan Sekitarnya, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul, DIY

2657/1/2/Oktober 2019

5 Cyrilla Indri Parwati, ST, MT

Analisis Pengendalian Kualitas Sebagai Upaya Pengurangan Produk Cacat dengan Pendekatan Six Sigma, Poka Yoke dan Kaizen

2086-4221/2019

6 Eka Sulistyaningsih, SSi, MSc Ir. Muhammad Yusuf, MT

Analisis Peningkatan Kualitas Melalui Pendekatan Lean Sigma Guna Mengurangi Kecacatan Produk

2338-6711/12//1/2019

7 Prof. Dr. Ir Sudarsono, MT Muhammad Andang Novianta, ST, MT

Application of Internet of Things (IoT) on Air Pollution Monitoring Database System

2267-1242/125/25005(2019)

8 Andrean Emaputra, ST, MSc

Design of Ergonomic Chair for Grinding Operation

2443 1311/10/1/Desember 2020

9 Denny Hardiyanto, ST, MEng

Designing A Smart Mirror as A Laboratory Information Media Using Raspberry Pi

2550-0554/Vol 3/No 3 2019

10 Ir. Joko Waluyo, MT Development of Jackfruit Peel Waste as Biomass Energy: Case Study for Traditional Food Center in Yogyakarta

9/4/December 2019

11 Ir. Dwi Indah Purnamawati, MSi

Dinamika Sedimentasi dan Lingkungan

2657-1129

Pengendapan Konglomerat Formasi Cijolang pada Singkapan Sungai Cisanggarung Kabupaten Cirebon Propinsi Jawa Barat

12 Noviana Pratiwi, SSi, MSc

Estimasi Tingkat Risiko Investasi Emas Menggunakan Pendekatan Generalized Extreme Value dan Generalized Pareto Distribution

2621-6019/2621-6035/2/1/2019

13 Nurul Dzakiya, SSi, MSc Identification of Lithology Properties of Groundwater by Using Resistivity Method in Girimulyo, Kulon Progo, Yogyakarta

17426588/1153

14 Dr. Sri Mulyaningsih, ST, MT Dina Tania, ST, MT Nur Widi Astanto Agus Tri Heriyadi, ST, MT

Identifikasi Jelajah Geologi Gunung Api Purba Gunung Ireng Desa Pengkok, Kabupaten Gunungkidul

2355-6587/2528-2220/6/2/2019

15 Dra. Uminingsih, MKom Isnanto Nugroho Drs Igantius Suraya MCs

Implementasi Algoritma Decision Tree C4.5 untuk Menentukan Kelas Calon Siswa di Lembaga Kursus Bahasa Inggris Berbasis Web

12/1/2019

16 Imam Sodikin, ST, MT Ir. Joko Susetyo, MT

Implementation of Preventive Maintenance Using Reliability Availability Maintainability (RAM) Method

2455-7137/04/09/2019

17 Ir. Dwi Indah Purnamawati, MSi

Karakteristik Hidrokimia dan Implikasinya

2657-1129

Page 59: LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

56 INSTITUT SAINS & TEKNOLOGI AKPRIND YOGYAKARTA

Terhadap Kualitas Air pada Desa Buaran Kecamatan Mayong Kabupaten Jepara, Proinsi Jawa Tengah

18 Dina Tania, ST, MT Karakteristik, Porositas dan Faktor Pengontrol Beachrock pada Pantai Krakal, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, DIY

2657-1129//1/2/Oktober 2019

19 Suraya, SSi, MKom Erfanti Fatkhiyah, ST, MCs Hadi Prasetyo Suseno, ST, MSi

Kegiatan Program Kemitraan Masyarakat di SD Muhammadiyah Pandes Bantul dengan Kegiatan Penghijauan Lingkungan Sekolah

2620-4665/2620-4673/2/2/2019

20 Denny Hardiyanto, ST, MEng

Klasifikasi Motif Citra Batik Yogyakarta Menggunakan Metode Adaptive Neuro Fuzzy Inference System

2503-068X/8/Desember 2019

21 Dra. Noeryanti, MSi Memprediksi Kemiskinan di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Menggunakan Metode Analisis Rantai Markov

1979-3405/12/1/2019

22 Dra. Harmastuti, MKom Menyusun Album Foto Menggunakan Powerpoint

2614-2929/2/02

23 Joko Triyono, SKom, MCs Prita Haryani, SPd, MEng

Model Kontrol Transaksi RDBMS Menggunakan Trigger dan Waktu Server

2338-6711/12/1/2019

24 Imam Sodikin, ST, MT Ir. Muhammad Yusuf, MT

Parts Procurement Planning Using The Poisson Process Method

2415-6272/2415-6264/04/09/2019

and Reliability Centered Spares

25 Ellyawan Setyo Arbintarso, ST, MSc, PhD

Pelatihan Inspeksi Visual Pengelasan SMAW (Las Busur Listrik) untuk Warga RW 24 Notoyudan, Pringgokusuman, Gedongtengen, Yogyakarta

2614-2929/2/2/2019

26 Dra. Dwi Setyowati, MT Pelatihan Membuat Grafik dalam Microsoft Excel untuk Pengolahan dan Penyajian Data

2614-2929/2/2/2019

27 Dr. Edhy Sutanta, ST, Mkom Muhammad Sholeh, ST, MT Erna Kumalasari Nurnawati, ST, MT

Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Menggunakan Camtasia Studio di SMK N Tembarak Temanggung

2614-2929/2/1/April 2019

28 Hadi Prasetyo Suseno, ST, MSi

Pemanfaatan Bonggol Jagung Sebagai Bioetanol

1979-8415/12/1/Agustus 2019

29 Nurul Dzakiya, SSi, MSc Desi Kiswiranti, SSi, MSc Radhitya Adzan Hidayah, ST, MEng

Pemanfaatan Sampah Organik dan An-organik di Dusun Banaran Desa Sedayu Kecamatan Muntilan

2614-2929/2/2/Oktober 2019

30 Catur Iswahyudi, SKom, SE, MCs, MTA Erna Kumalasari Nurnawati, ST, MT Dr. Edhy Sutanta, ST, MKom Rosalia Arum Kumalasanti, ST, MT

Pembekalan Ketrampilan Video Editing Menggunakan Vegas Pro untuk Anak Asuh UPT Rumah Pengasuhan Anak Wiloso Projo Pemerintah Kota Yogyakarta

2614-2929/2/2/2019

31 Ir. Murni Yuniwati, MT Pembuatan Serbuk 1979-

Page 60: LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

57LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

Terhadap Kualitas Air pada Desa Buaran Kecamatan Mayong Kabupaten Jepara, Proinsi Jawa Tengah

18 Dina Tania, ST, MT Karakteristik, Porositas dan Faktor Pengontrol Beachrock pada Pantai Krakal, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, DIY

2657-1129//1/2/Oktober 2019

19 Suraya, SSi, MKom Erfanti Fatkhiyah, ST, MCs Hadi Prasetyo Suseno, ST, MSi

Kegiatan Program Kemitraan Masyarakat di SD Muhammadiyah Pandes Bantul dengan Kegiatan Penghijauan Lingkungan Sekolah

2620-4665/2620-4673/2/2/2019

20 Denny Hardiyanto, ST, MEng

Klasifikasi Motif Citra Batik Yogyakarta Menggunakan Metode Adaptive Neuro Fuzzy Inference System

2503-068X/8/Desember 2019

21 Dra. Noeryanti, MSi Memprediksi Kemiskinan di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Menggunakan Metode Analisis Rantai Markov

1979-3405/12/1/2019

22 Dra. Harmastuti, MKom Menyusun Album Foto Menggunakan Powerpoint

2614-2929/2/02

23 Joko Triyono, SKom, MCs Prita Haryani, SPd, MEng

Model Kontrol Transaksi RDBMS Menggunakan Trigger dan Waktu Server

2338-6711/12/1/2019

24 Imam Sodikin, ST, MT Ir. Muhammad Yusuf, MT

Parts Procurement Planning Using The Poisson Process Method

2415-6272/2415-6264/04/09/2019

and Reliability Centered Spares

25 Ellyawan Setyo Arbintarso, ST, MSc, PhD

Pelatihan Inspeksi Visual Pengelasan SMAW (Las Busur Listrik) untuk Warga RW 24 Notoyudan, Pringgokusuman, Gedongtengen, Yogyakarta

2614-2929/2/2/2019

26 Dra. Dwi Setyowati, MT Pelatihan Membuat Grafik dalam Microsoft Excel untuk Pengolahan dan Penyajian Data

2614-2929/2/2/2019

27 Dr. Edhy Sutanta, ST, Mkom Muhammad Sholeh, ST, MT Erna Kumalasari Nurnawati, ST, MT

Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Menggunakan Camtasia Studio di SMK N Tembarak Temanggung

2614-2929/2/1/April 2019

28 Hadi Prasetyo Suseno, ST, MSi

Pemanfaatan Bonggol Jagung Sebagai Bioetanol

1979-8415/12/1/Agustus 2019

29 Nurul Dzakiya, SSi, MSc Desi Kiswiranti, SSi, MSc Radhitya Adzan Hidayah, ST, MEng

Pemanfaatan Sampah Organik dan An-organik di Dusun Banaran Desa Sedayu Kecamatan Muntilan

2614-2929/2/2/Oktober 2019

30 Catur Iswahyudi, SKom, SE, MCs, MTA Erna Kumalasari Nurnawati, ST, MT Dr. Edhy Sutanta, ST, MKom Rosalia Arum Kumalasanti, ST, MT

Pembekalan Ketrampilan Video Editing Menggunakan Vegas Pro untuk Anak Asuh UPT Rumah Pengasuhan Anak Wiloso Projo Pemerintah Kota Yogyakarta

2614-2929/2/2/2019

31 Ir. Murni Yuniwati, MT Pembuatan Serbuk 1979-

Page 61: LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

58 INSTITUT SAINS & TEKNOLOGI AKPRIND YOGYAKARTA

Ir. Ganjar Andaka, PhD Hanyfa Dofianti Harnanda Prawitasari

Pewarna Alami Tekstil dari Ekstrak Daun Jati (Tectona Grandis Linn. F.)

8415/12/1/Agustus 2019

32 Suraya, SSi, MKom Erfanti Fatkhiyah, ST, MCs Hadi Prasetyo Suseno, ST, MSi

Pendampingan Kegiatan Program Kemitraan Masyarakat dengan Pembuatan Bahan Ajar Aplikasi Video Scribe pada Guru di SD Muhammadiyah Pandes

2598-9030/2614-056X//2/2/Juni 2019

33 Ir. Prastyono Eko Pambudi, MT Agus Duniawan, ST, MEng Samsuhadi Fahmi

Penentuan Waktu Operasional UPS pada Sistem Catu Daya Otomatis Transisi PLN-Genset

1979-8415/12/1/Agustus 2019

34 Beny Firman, ST, MEng Penerapan Internet of Thing (IoT) pada Aplikasi Sistem Parkir Cerdas Berbasis Mobile Guna Mewujudkan Smart City Kota Yogyakarta

1978-0052

35 Drs. Petrus Wisnubroto, MSi Ir. Muhammad Suyanto, MT

Pengaruh Faktor Personality Terhadap Keahlian dalam End User Computing

1979-3405/2338-6711/12/1/2019

36 Muhammad Sholeh, ST, MT Drs. Untung Joko Basuki, MPdI

Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Teknologi Informasi pada Guru SD Muhammadiyah Pandes Pleret Bantul

2614-2929/2/2/Oktober 2019

37 Drs. Petrus Wisnubroto, MSi Ir. Muhammad Yusuf, MT

Pengendalian Kualitas Produk Cacat Menggunakan Pendekatan Gugus Kendali Mutu dengan Seven Tools pada UD. Kalor Makmur

2613-9812/3/1

38 Dra. Yuli Pratiwi, MSi Dra. Sri Sunarsih, MSi

Pengolahan Limbah Cair Industri Elektroplating dengan Fitoremediasi Menggunakan Azolla Microphylla

1979-3405/2338-6711/2/1/2019.

39 Dra. Winarni, MM Pengurangan Waste dengan Pendekatan Lean Thinking dan Metode Six Sigma untuk Peningkatan Kualitas Produk Buku di PT. Mulia Baru Yogyakarta

2338-7750/7/1/Mei 2019

40 Catur Iswahyudi, SKom, SE, MCs, MTA Nanda Adi Pratama Joko Triyono, SKom, MCs

Peningkatan Keamanan Transmisi Real Time Video Surveillance Menggunakan Secure Socket Layer

12/1/Agustus 2019

41 Dra Suprih Ambawani M.Pd. Dra. Bernadetta Eko Putranti, MHum

Pentingnya Belajar Bahasa Inggris untuk Anak Usia Sekolah Dasar di Lingkungan RT/RW: 37/13, Giwangan, Umbulharjo, Yogyakarta

2614-2929/2/2/Oktober 2019

42 Slamet Hani, ST, MT Ir Gatot Santoso, MT Fahmi Bilbirril Hikam

Perancangan Sistem Akses Kunci Elektronis pada Kotak Penyimpanan Memanfaatkan E-KTP dan Teknologi RFID

1979-8415/12/1/Agustus 2019

43 Dr. Anak Agung Putu Susastriawan, ST, MTech Ir. Bambang Wahyu Sidharta M.Eng

Performance and CO/CO2 Emission of Three Different Biomass Stoves Fed with Coconut Shell Briquettes

2348-8360/6/10/Oct 2019

44 Yuli Purwanto, ST, MEng Maria Titah Jatipaningrum, SSi, MSc

PKM Kelompok Pembuat Kerupuk Rambak di Desa Gesikan, Gantiwarno,

2614-2929/2/2/Oktober 2019

Page 62: LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

59LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

Ir. Ganjar Andaka, PhD Hanyfa Dofianti Harnanda Prawitasari

Pewarna Alami Tekstil dari Ekstrak Daun Jati (Tectona Grandis Linn. F.)

8415/12/1/Agustus 2019

32 Suraya, SSi, MKom Erfanti Fatkhiyah, ST, MCs Hadi Prasetyo Suseno, ST, MSi

Pendampingan Kegiatan Program Kemitraan Masyarakat dengan Pembuatan Bahan Ajar Aplikasi Video Scribe pada Guru di SD Muhammadiyah Pandes

2598-9030/2614-056X//2/2/Juni 2019

33 Ir. Prastyono Eko Pambudi, MT Agus Duniawan, ST, MEng Samsuhadi Fahmi

Penentuan Waktu Operasional UPS pada Sistem Catu Daya Otomatis Transisi PLN-Genset

1979-8415/12/1/Agustus 2019

34 Beny Firman, ST, MEng Penerapan Internet of Thing (IoT) pada Aplikasi Sistem Parkir Cerdas Berbasis Mobile Guna Mewujudkan Smart City Kota Yogyakarta

1978-0052

35 Drs. Petrus Wisnubroto, MSi Ir. Muhammad Suyanto, MT

Pengaruh Faktor Personality Terhadap Keahlian dalam End User Computing

1979-3405/2338-6711/12/1/2019

36 Muhammad Sholeh, ST, MT Drs. Untung Joko Basuki, MPdI

Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Teknologi Informasi pada Guru SD Muhammadiyah Pandes Pleret Bantul

2614-2929/2/2/Oktober 2019

37 Drs. Petrus Wisnubroto, MSi Ir. Muhammad Yusuf, MT

Pengendalian Kualitas Produk Cacat Menggunakan Pendekatan Gugus Kendali Mutu dengan Seven Tools pada UD. Kalor Makmur

2613-9812/3/1

38 Dra. Yuli Pratiwi, MSi Dra. Sri Sunarsih, MSi

Pengolahan Limbah Cair Industri Elektroplating dengan Fitoremediasi Menggunakan Azolla Microphylla

1979-3405/2338-6711/2/1/2019.

39 Dra. Winarni, MM Pengurangan Waste dengan Pendekatan Lean Thinking dan Metode Six Sigma untuk Peningkatan Kualitas Produk Buku di PT. Mulia Baru Yogyakarta

2338-7750/7/1/Mei 2019

40 Catur Iswahyudi, SKom, SE, MCs, MTA Nanda Adi Pratama Joko Triyono, SKom, MCs

Peningkatan Keamanan Transmisi Real Time Video Surveillance Menggunakan Secure Socket Layer

12/1/Agustus 2019

41 Dra Suprih Ambawani M.Pd. Dra. Bernadetta Eko Putranti, MHum

Pentingnya Belajar Bahasa Inggris untuk Anak Usia Sekolah Dasar di Lingkungan RT/RW: 37/13, Giwangan, Umbulharjo, Yogyakarta

2614-2929/2/2/Oktober 2019

42 Slamet Hani, ST, MT Ir Gatot Santoso, MT Fahmi Bilbirril Hikam

Perancangan Sistem Akses Kunci Elektronis pada Kotak Penyimpanan Memanfaatkan E-KTP dan Teknologi RFID

1979-8415/12/1/Agustus 2019

43 Dr. Anak Agung Putu Susastriawan, ST, MTech Ir. Bambang Wahyu Sidharta M.Eng

Performance and CO/CO2 Emission of Three Different Biomass Stoves Fed with Coconut Shell Briquettes

2348-8360/6/10/Oct 2019

44 Yuli Purwanto, ST, MEng Maria Titah Jatipaningrum, SSi, MSc

PKM Kelompok Pembuat Kerupuk Rambak di Desa Gesikan, Gantiwarno,

2614-2929/2/2/Oktober 2019

Page 63: LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

60 INSTITUT SAINS & TEKNOLOGI AKPRIND YOGYAKARTA

Paramita Dwi Sukmawati, ST, MEng

Klaten, Rancang Bangun Alat Pengaduk Adonan dan Pengiris Serta Penerapan Produksi Bersih untuk Meningkatkan Kapasitas Produksi dan Kualitas Lingkungan Sekitar

45 Dra. Arifah Budhyaty Mz, MPd Drs. Syukri, MHum Wahyu Utomo Aji

Pola Dakwah di Era Revolusi Industri 4.0 dan Tantangannya Terhadap Pemahaman Keagamaan Generasi Muda

2086-1303/2657-0521/11/1/Januari 2020

46 Dr. Ir. Toto Rusianto, MT

Pompa Air dengan Penggerak Kincir Angin untuk Pengairan di Dusun Bugel 2, Kelurahan Bugel, Kecamatan Panjatan, Kabupaten Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta

2406-8365/5/4

47 Fivry Wellda Maulana, ST, MT

Potential Aquifer of Eromoko Village Area, Eromoko District, Wonogiri Regency, Central Java Province Based on Geoelectric Data

1/2/Oktober 2019

48 Dr. Suwanto Raharjo, SSi, MKom

Pregnancy Monitoring and Mapping Using Integrated Mobile Application and Geographic Information System

2278-3091/8/6

49 Dr. Suwanto Raharjo, SSi, MKom

Profiling Analysis of DISC Personality Traits Based

1319-1578/0/0

on Twitter Posts in Bahasa Indonesia

50 Prof. Dr. Ir Sudarsono, MT Yuli Purwanto, ST, MEng Hadi Prasetyo Suseno, ST, MSi

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Pembuatan Alat Pengering Ramah Lingkungan untuk Kelompok Industri Kerupuk Rambak di Dusun Bayanan, Gesikan, Gantiwarno, Klaten

2614-2929/2/2

51 Ir. Joko Waluyo, MT Ir. Adi Purwanto, MT

Proses Milling CNC Sinumetris 808D pada Material Acrylic untuk Mendapatkan Kualitas yang Optimum dengan Mengunakan Parameter Tebal Pemakanan, Voeding dan Kecepatan Potong

2686-312X/13/2

52 Dr. Suwanto Raharjo, SSi, MKom

Query Optimization : A Metaheuristics Approach Using Modified Memetics Algorithm (MMA)

1742-6596/1254/1

53 Ir. Gatot Santoso, MT Dr Samuel Kristiyana, ST, MT Slamet Hani, ST, MT Achmad Miradani Mujahidin

Rancang Bangun Sistem Monitoring Suhu dan Kelembaban pada Ruang Server Berbasis IoT (Internet of Things)

1979-8415/11/2/Februari 2019

54 Dina Tania, ST, MT Perkembangan Lingkungan Pengendapan dari Formasi Sambipitu Ke Formasi Wonosari Daerah Jelok, Desa Beji,

1979-8415/11/2/Februari 2019

Page 64: LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

61LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

Paramita Dwi Sukmawati, ST, MEng

Klaten, Rancang Bangun Alat Pengaduk Adonan dan Pengiris Serta Penerapan Produksi Bersih untuk Meningkatkan Kapasitas Produksi dan Kualitas Lingkungan Sekitar

45 Dra. Arifah Budhyaty Mz, MPd Drs. Syukri, MHum Wahyu Utomo Aji

Pola Dakwah di Era Revolusi Industri 4.0 dan Tantangannya Terhadap Pemahaman Keagamaan Generasi Muda

2086-1303/2657-0521/11/1/Januari 2020

46 Dr. Ir. Toto Rusianto, MT

Pompa Air dengan Penggerak Kincir Angin untuk Pengairan di Dusun Bugel 2, Kelurahan Bugel, Kecamatan Panjatan, Kabupaten Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta

2406-8365/5/4

47 Fivry Wellda Maulana, ST, MT

Potential Aquifer of Eromoko Village Area, Eromoko District, Wonogiri Regency, Central Java Province Based on Geoelectric Data

1/2/Oktober 2019

48 Dr. Suwanto Raharjo, SSi, MKom

Pregnancy Monitoring and Mapping Using Integrated Mobile Application and Geographic Information System

2278-3091/8/6

49 Dr. Suwanto Raharjo, SSi, MKom

Profiling Analysis of DISC Personality Traits Based

1319-1578/0/0

on Twitter Posts in Bahasa Indonesia

50 Prof. Dr. Ir Sudarsono, MT Yuli Purwanto, ST, MEng Hadi Prasetyo Suseno, ST, MSi

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Pembuatan Alat Pengering Ramah Lingkungan untuk Kelompok Industri Kerupuk Rambak di Dusun Bayanan, Gesikan, Gantiwarno, Klaten

2614-2929/2/2

51 Ir. Joko Waluyo, MT Ir. Adi Purwanto, MT

Proses Milling CNC Sinumetris 808D pada Material Acrylic untuk Mendapatkan Kualitas yang Optimum dengan Mengunakan Parameter Tebal Pemakanan, Voeding dan Kecepatan Potong

2686-312X/13/2

52 Dr. Suwanto Raharjo, SSi, MKom

Query Optimization : A Metaheuristics Approach Using Modified Memetics Algorithm (MMA)

1742-6596/1254/1

53 Ir. Gatot Santoso, MT Dr Samuel Kristiyana, ST, MT Slamet Hani, ST, MT Achmad Miradani Mujahidin

Rancang Bangun Sistem Monitoring Suhu dan Kelembaban pada Ruang Server Berbasis IoT (Internet of Things)

1979-8415/11/2/Februari 2019

54 Dina Tania, ST, MT Perkembangan Lingkungan Pengendapan dari Formasi Sambipitu Ke Formasi Wonosari Daerah Jelok, Desa Beji,

1979-8415/11/2/Februari 2019

Page 65: LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

62 INSTITUT SAINS & TEKNOLOGI AKPRIND YOGYAKARTA

Kecamatan Patok, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

55 Arie Noor Rakhman, ST, MT Dr. Muchlis, MSc Bayu Ade Septyawan

Rekayasa Vegetasi untuk Konservasi Lahan Rawan Longsor di Lembah Sungai Cengkehan, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul

1979-8415/12/2/Februari 2020

56 Erna Kumalasari Nurnawati, ST, MT Dr. Edhy Sutanta, ST, MKom Fikar Tri Putra Lumaksono

Representasi Kampung Prajurit Kraton Yogyakarta dalam Aplikasi Berbasis Perangkat Bergerak

1979-8415/12/1/Agustus 2019

57 Dr. Ir. Amir Hamzah, MT Sentiment Analysis for Assessment of Hotel Services Review Using Feature Selection Approach Based-on Decision Tree

2088-8708/10/1

58 Dra. Dina Andayati, MT Sistem Informasi Produksi untuk Meningkatkan Kualitas Sistem Manufaktur dan Jasa

12/1

59 Ir. Gatot Santoso, MT Slamet Hani, ST, MT Subandi, ST, MT

Sistem Monitoring Detak Jantung Menggunakan Mikrokontroler

1979-8415//12/1/Agustus 2019

60 Ir. Muhammad Suyanto, MT Drs. Petrus Wisnubroto, MSi

Sistem Operasi Saklar Otomatis (ATS) 1 Fasa 2200 Watt Melayani Sumber PLN dan Genset

1979-3405/12/1/2019

61 Uning Lestari, ST, MKom

Sistem Pemesanan Parkir Berbasis Mobile

2476-9754/263-0429

Erfanti Fatkhiyah, ST, MCs

62 Prita Haryani, SPd, MEng

Sosialisasi E-Safety Parenting Sebagai Smart Solution dalam Pendampingan Penggunaan Gadget pada Anak

2599-0764/3/1/2019

63 Angge Dhevi Warisaura S.T, M.Eng

Studi Stabilitas Sistem Sub Surface Flow Constructed Wetland (SSF-CW) Menggunakan Tanaman Melati Air dan Media Tanam Zeolit dalam Menurunkan Logam Hg

2686-6137/2686-6145/1/1/2019

64 Ir. Murni Yuniwati, MT Teknologi Pengolahan dan Pemanfatan Limbah Minyak Goreng Bekas Bagi Masyarakat Dusun Ngoto Kelurahan Bangunharjo, Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul

2614-2929/2/2/Oktober 2019

65 Dr. Edhy Sutanta, ST, MKom Erna Kumalasari Nurnawati, ST, MT

The Design of Relational Database for Multipurpose WebGIS Applications

1413 (2019) 012029

66 Sri Rahayu Gusmawarni, ST, MT

Uji Laboratorium Efektivitas Biosurfaktan "U-Champ" dalam Bioremediasi Oil Spill

2549-7197

67 Dr. Sri Mulyaningsih, ST, MT Dr. Muchlis, MSc Nur Widi Astanto Agus Tri Heriyadi, ST, MT Desi Kiswiranti, SSi, MSc

Volcanism in The Pre-Semilir Formation At Giriloyo Region; Allegedly as Source of Kebo - Butak Formation in The Western

2541-5794/2503-216X/04/03/2019

Page 66: LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

63LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

Kecamatan Patok, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

55 Arie Noor Rakhman, ST, MT Dr. Muchlis, MSc Bayu Ade Septyawan

Rekayasa Vegetasi untuk Konservasi Lahan Rawan Longsor di Lembah Sungai Cengkehan, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul

1979-8415/12/2/Februari 2020

56 Erna Kumalasari Nurnawati, ST, MT Dr. Edhy Sutanta, ST, MKom Fikar Tri Putra Lumaksono

Representasi Kampung Prajurit Kraton Yogyakarta dalam Aplikasi Berbasis Perangkat Bergerak

1979-8415/12/1/Agustus 2019

57 Dr. Ir. Amir Hamzah, MT Sentiment Analysis for Assessment of Hotel Services Review Using Feature Selection Approach Based-on Decision Tree

2088-8708/10/1

58 Dra. Dina Andayati, MT Sistem Informasi Produksi untuk Meningkatkan Kualitas Sistem Manufaktur dan Jasa

12/1

59 Ir. Gatot Santoso, MT Slamet Hani, ST, MT Subandi, ST, MT

Sistem Monitoring Detak Jantung Menggunakan Mikrokontroler

1979-8415//12/1/Agustus 2019

60 Ir. Muhammad Suyanto, MT Drs. Petrus Wisnubroto, MSi

Sistem Operasi Saklar Otomatis (ATS) 1 Fasa 2200 Watt Melayani Sumber PLN dan Genset

1979-3405/12/1/2019

61 Uning Lestari, ST, MKom

Sistem Pemesanan Parkir Berbasis Mobile

2476-9754/263-0429

Erfanti Fatkhiyah, ST, MCs

62 Prita Haryani, SPd, MEng

Sosialisasi E-Safety Parenting Sebagai Smart Solution dalam Pendampingan Penggunaan Gadget pada Anak

2599-0764/3/1/2019

63 Angge Dhevi Warisaura S.T, M.Eng

Studi Stabilitas Sistem Sub Surface Flow Constructed Wetland (SSF-CW) Menggunakan Tanaman Melati Air dan Media Tanam Zeolit dalam Menurunkan Logam Hg

2686-6137/2686-6145/1/1/2019

64 Ir. Murni Yuniwati, MT Teknologi Pengolahan dan Pemanfatan Limbah Minyak Goreng Bekas Bagi Masyarakat Dusun Ngoto Kelurahan Bangunharjo, Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul

2614-2929/2/2/Oktober 2019

65 Dr. Edhy Sutanta, ST, MKom Erna Kumalasari Nurnawati, ST, MT

The Design of Relational Database for Multipurpose WebGIS Applications

1413 (2019) 012029

66 Sri Rahayu Gusmawarni, ST, MT

Uji Laboratorium Efektivitas Biosurfaktan "U-Champ" dalam Bioremediasi Oil Spill

2549-7197

67 Dr. Sri Mulyaningsih, ST, MT Dr. Muchlis, MSc Nur Widi Astanto Agus Tri Heriyadi, ST, MT Desi Kiswiranti, SSi, MSc

Volcanism in The Pre-Semilir Formation At Giriloyo Region; Allegedly as Source of Kebo - Butak Formation in The Western

2541-5794/2503-216X/04/03/2019

Page 67: LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

64 INSTITUT SAINS & TEKNOLOGI AKPRIND YOGYAKARTA

Southern Mountains 68 Argaditia Mawadati, ST,

MSc Analyzing and Modelling Pharmacy Queue System Using Simulation

2580-5649/20/1

69 Muhammad Sholeh, ST, MT

Bimbingan Teknis Pengenalan Sistem Informasi UMKM Bantul pada Kelompok Informasi Masyarakat Kabupaten Bantul

9/2/2019/Desember 2019

70 Dra. Yuli Pratiwi, MSi Development of Jackfruit Peel Waste as Biomass Energy: Case Study for Traditional Food Center in Yogyakarta

1309-0127/9/4

71 Arie Noor Rakhman, ST, MT

Selidik Cepat Ciri Air Tanah yang Tercemar (Kawruh Tirta) di Forum Komunikasi Warga Budaya Jawa Ngudi Kawruh Jawa, Mranggen, Sewon, Bantul

2614-2929/3/1/April 2020

72 Argaditia Mawadati, ST, MSc Muhammad Albar Dharmasakti Afan Tulus Satria

Pembuatan Database untuk Pengelolaan Perpustakaan Desa

2614-2929/3/1/April 2020

73 Mega Inayati Rif'ah, ST, MSc Hendra Saputra Idham Alfassyakur

Strategi Rantai Pasokan Buku untuk Pemberdayaan Perpustakaan Dusun Ketandan, Desa Madurejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman

2614-2929/3/1/April 2020

74 Endang Widuri Asih ST, Ergonomic Design for doi:10.1088/1757-

MT Argaditia Mawadati, ST, MSc, Nidia Lestari, ST, M.Eng

Tempe Production Tool Based on User Voice

899X/807/1/012037

75 Andrean Emaputra, ST, M.Sc Taufiq Hidayat, ST, M.Eng Argaditia Mawadati, ST, MSc

Design of Ergonomic Dust Collector Room for Coating Process Using Quality Function Deployment

doi:10.1088/1757-899X/807/1/012047

76 Denny Hardiyanti, ST, M.Eng Muhammad Sholeh, ST, MT R.R. Yuliana Rachmawati, ST, MT

Optimization of Information Technology Utilization Based on Geography Information System as a Marketing Media for Micro, Small, and Medium Enterprises to Improve Competitiveness in Bantul Regency, Indonesia

doi:10.1088/1757-899X/807/1/012010

77 Saiful Huda, ST, MT, MA Ellyawan Setyo Arbintarso, ST, MSc, PhD Joko Waluyo, ST, MT

Grain Refinement in Aluminium 1xxx Series as Effect of Vibration Torch Welding

doi:10.1088/1757-899X/807/1/012009

78 Catur Iswahyudi, S.Kom, SE, M.Cs Muhammad Andang Novianta, ST, MT Dr. Muchlis, SP, MSc Hadi Prasetyo Suseno, ST, Msi

Application of Greenhouse Gas Monitoring System Using General Packet Radio Service on GSM Network

doi:10.1088/1757-899X/807/1/012013

79 Erna Kumalasari Nurnawati, ST, MT Dr. Edhy Sutanta, ST, M.Kom

Improvement of Teacher's Ability to Make IT-Based Teaching and Evaluation Materials Using Scribe,

doi:10.1088/1757-899X/807/1/012014

Page 68: LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

65LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

Southern Mountains 68 Argaditia Mawadati, ST,

MSc Analyzing and Modelling Pharmacy Queue System Using Simulation

2580-5649/20/1

69 Muhammad Sholeh, ST, MT

Bimbingan Teknis Pengenalan Sistem Informasi UMKM Bantul pada Kelompok Informasi Masyarakat Kabupaten Bantul

9/2/2019/Desember 2019

70 Dra. Yuli Pratiwi, MSi Development of Jackfruit Peel Waste as Biomass Energy: Case Study for Traditional Food Center in Yogyakarta

1309-0127/9/4

71 Arie Noor Rakhman, ST, MT

Selidik Cepat Ciri Air Tanah yang Tercemar (Kawruh Tirta) di Forum Komunikasi Warga Budaya Jawa Ngudi Kawruh Jawa, Mranggen, Sewon, Bantul

2614-2929/3/1/April 2020

72 Argaditia Mawadati, ST, MSc Muhammad Albar Dharmasakti Afan Tulus Satria

Pembuatan Database untuk Pengelolaan Perpustakaan Desa

2614-2929/3/1/April 2020

73 Mega Inayati Rif'ah, ST, MSc Hendra Saputra Idham Alfassyakur

Strategi Rantai Pasokan Buku untuk Pemberdayaan Perpustakaan Dusun Ketandan, Desa Madurejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman

2614-2929/3/1/April 2020

74 Endang Widuri Asih ST, Ergonomic Design for doi:10.1088/1757-

MT Argaditia Mawadati, ST, MSc, Nidia Lestari, ST, M.Eng

Tempe Production Tool Based on User Voice

899X/807/1/012037

75 Andrean Emaputra, ST, M.Sc Taufiq Hidayat, ST, M.Eng Argaditia Mawadati, ST, MSc

Design of Ergonomic Dust Collector Room for Coating Process Using Quality Function Deployment

doi:10.1088/1757-899X/807/1/012047

76 Denny Hardiyanti, ST, M.Eng Muhammad Sholeh, ST, MT R.R. Yuliana Rachmawati, ST, MT

Optimization of Information Technology Utilization Based on Geography Information System as a Marketing Media for Micro, Small, and Medium Enterprises to Improve Competitiveness in Bantul Regency, Indonesia

doi:10.1088/1757-899X/807/1/012010

77 Saiful Huda, ST, MT, MA Ellyawan Setyo Arbintarso, ST, MSc, PhD Joko Waluyo, ST, MT

Grain Refinement in Aluminium 1xxx Series as Effect of Vibration Torch Welding

doi:10.1088/1757-899X/807/1/012009

78 Catur Iswahyudi, S.Kom, SE, M.Cs Muhammad Andang Novianta, ST, MT Dr. Muchlis, SP, MSc Hadi Prasetyo Suseno, ST, Msi

Application of Greenhouse Gas Monitoring System Using General Packet Radio Service on GSM Network

doi:10.1088/1757-899X/807/1/012013

79 Erna Kumalasari Nurnawati, ST, MT Dr. Edhy Sutanta, ST, M.Kom

Improvement of Teacher's Ability to Make IT-Based Teaching and Evaluation Materials Using Scribe,

doi:10.1088/1757-899X/807/1/012014

Page 69: LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

66 INSTITUT SAINS & TEKNOLOGI AKPRIND YOGYAKARTA

Rokhana Dwi Bekti, Ssi, Msi

Camtasia, and Quiz Creator (Case Study in SMK Negeri 1 Tembarak, Temanggung, Central Java, Indonesia)

80 Aji Pranoto, SPd, MPd Ir. Adi Purwanto, MT

Optimization of Fuel Savers Preheater Water System (PWS) for Diesel Fuel

doi:10.1088/1757-899X/807/1/012006

81 Drs. Yudi Setyawan, MS, MSc Rokhana Dwi Bekti, Ssi, Msi Firman Isarlin

Application of SKATER and Ward's Methods in Grouping Indonesian Provinces Based on Monthly Expenditure per Capita of Food Commodity Groups

doi:10.1088/1757-899X/807/1/012017

82 Eka Sulistyaningsih, SSi, MSc Nidia Lestari, ST, M.Eng

Coating of Polyaniline-Titanium Dioxide (Pani-TiO2) Composite for Corrosion Protection in Low Carbon Steel

doi:10.1088/1757-899X/807/1/012046

83 Ir. Muhammad Suyanto, MT Dr. Ir. Toto Rusianto, MT Subandi, ST, MT

Development of a Household Solar Power Plant: System Using Solar Panels

doi:10.1088/1757-899X/807/1/012007

84 Syafriyudin, ST, MT Mujiman, ST, MT Ir. Irawadi Buyung, MT

Design of Low Speed Generator 1 Phase Using Permanent Magnetic Type Neodymium

doi:10.1088/1757-899X/807/1/012012

6.3. Paten dan HKI (Tahun 2019/2020 per 10 April 2020)

No. NAMA DOSEN

JUDUL NOMOR Jenis STATUS

1 Arie Noor Rakhman, ST, MT

Geotoksikologi: Usaha Mencegah Keracunan Akibat Bencana Geologi Dengan Studi Kasus Timbal (Pb), Mercuri (Hg), Tembaga (Cu), Cadmium (Cd), Arsen (As), Dan Chromium (Cr)

EC00201852499

Hak Cipta

Granted

2 Beny Firman, ST, MEng

Penerapan Internet of Thing (IoT) Pada Aplikasi Sistem Parkir Cerdas Berbasis Mobile Menggunakan Sensor Vehicle Loop Detector

000166959

Hak Cipta

Granted

3 Denny Hardiyanto, ST, MEng

Desain Dan Implementasi Basis Data Sistem Informasi UKM Bantul

000155672

Hak Cipta

Granted

4 Dina Tania, ST, MT

Desain Geowisata Gunung Api Purba Gunung Ireng

S22201909800

Paten Sederha

na

Terdaftar

Page 70: LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

67LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

Rokhana Dwi Bekti, Ssi, Msi

Camtasia, and Quiz Creator (Case Study in SMK Negeri 1 Tembarak, Temanggung, Central Java, Indonesia)

80 Aji Pranoto, SPd, MPd Ir. Adi Purwanto, MT

Optimization of Fuel Savers Preheater Water System (PWS) for Diesel Fuel

doi:10.1088/1757-899X/807/1/012006

81 Drs. Yudi Setyawan, MS, MSc Rokhana Dwi Bekti, Ssi, Msi Firman Isarlin

Application of SKATER and Ward's Methods in Grouping Indonesian Provinces Based on Monthly Expenditure per Capita of Food Commodity Groups

doi:10.1088/1757-899X/807/1/012017

82 Eka Sulistyaningsih, SSi, MSc Nidia Lestari, ST, M.Eng

Coating of Polyaniline-Titanium Dioxide (Pani-TiO2) Composite for Corrosion Protection in Low Carbon Steel

doi:10.1088/1757-899X/807/1/012046

83 Ir. Muhammad Suyanto, MT Dr. Ir. Toto Rusianto, MT Subandi, ST, MT

Development of a Household Solar Power Plant: System Using Solar Panels

doi:10.1088/1757-899X/807/1/012007

84 Syafriyudin, ST, MT Mujiman, ST, MT Ir. Irawadi Buyung, MT

Design of Low Speed Generator 1 Phase Using Permanent Magnetic Type Neodymium

doi:10.1088/1757-899X/807/1/012012

6.3. Paten dan HKI (Tahun 2019/2020 per 10 April 2020)

No. NAMA DOSEN

JUDUL NOMOR Jenis STATUS

1 Arie Noor Rakhman, ST, MT

Geotoksikologi: Usaha Mencegah Keracunan Akibat Bencana Geologi Dengan Studi Kasus Timbal (Pb), Mercuri (Hg), Tembaga (Cu), Cadmium (Cd), Arsen (As), Dan Chromium (Cr)

EC00201852499

Hak Cipta

Granted

2 Beny Firman, ST, MEng

Penerapan Internet of Thing (IoT) Pada Aplikasi Sistem Parkir Cerdas Berbasis Mobile Menggunakan Sensor Vehicle Loop Detector

000166959

Hak Cipta

Granted

3 Denny Hardiyanto, ST, MEng

Desain Dan Implementasi Basis Data Sistem Informasi UKM Bantul

000155672

Hak Cipta

Granted

4 Dina Tania, ST, MT

Desain Geowisata Gunung Api Purba Gunung Ireng

S22201909800

Paten Sederha

na

Terdaftar

Page 71: LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

68 INSTITUT SAINS & TEKNOLOGI AKPRIND YOGYAKARTA

5 Dr. Edhy Sutanta, ST, MKom

ALGORITME: Modifikasi Model Schema Matching Gabungan Contstraint-Based Method Dan Instance-Based Method Untuk Meningkatkan Efisiensi Proses

000153378

Hak Cipta

Granted

6 Dr. Edhy Sutanta, ST, MKom

Program Komputer: BREGODO: Aplikasi Berbasis Perangkat Bergerak Kampung Prajurit Kraton Yogyakarta

000174984

Hak Cipta

Granted

7 Dr. Emy Setyaningsih, SSi, MKom

Algoritme Pengamanan Citra Warna Menggunakan Model Kriptosistem Terintegrasi Dengan Pendistribusian Kunci Simetris Menggunakan EoF

000153218

Hak Cipta

Granted

8 Dr. Ir. Amir Hamzah, MT

Model Sentiment Analysis Penilaian Pelayanan Hotel Menggunakan Decision Tree Berbasis Feature Selection

000150001

Hak Cipta

Granted

9 Dr. Ir. Amir Hamzah, MT

Model Sentiment Analysis Penilaian Pelayanan Hotel Menggunakan Decision Tree Berbasis Feature Selection

000150001

Hak Cipta

Granted

10 Dr. Ir. Sri Mulyaningsih, MT

Sistem Konstruksi Penguatan Lahan Bergerak pada Geokonservasi Gunung Api Purba Gunung Ireng

S22201909800

Paten Sederha

na

Terdaftar

11 Dr. Ir. Toto Rusianto, MT

Desain Industri (Granted) Cetakan

A22201802832

Desain Industri

Granted

12 Dr. Suwanto Raharjo, SSi, MKom

ABOTA : Aplikasi Pembobotan Kata

000171622

Hak Cipta

Granted

13 Dr. Suwanto Raharjo, SSi, MKom

Aplikasi Mobile Smart Birth Untuk Monitoring Ibu Hamil

000162302

Hak Cipta

Granted

14 Dr. Suwanto Raharjo, SSi, MKom

Pregnant Women Mapping Dan Monitoring Geographic Information System Application “Smart Birth Web Apps

EC00201979793

Hak Cipta

Granted

15 Fivry Wellda Maulana, ST, MT

Buku Mengenal Mineral Secara Megaskopis: Petunjuk Praktis Untuk Geolog Pemula dan Ilmuwan Ilmu Kebumian

000128160

Hak Cipta

Granted

16 Ir. Adi Purwanto, MT

Mesin Produksi Gula Semut Dengan Teknik Vakum Dan Pemanasan Uap

HKI-3-HI.05.02.02.p00201201184-

TL

Paten Sederha

na

Terdaftar

17 Muhammad Andang Novianta, ST, MT

Sistem Pemantau Pencemaran Udara (Gas SO2, NO2, CO, PM Dan O3) Berbasis Internet of Things (IOT)

IDS000002450

Paten Sederha

na

Terdaftar

18 Muhammad Sholeh, ST, MT

Desain dan Implementasi Basis Data Sistem Informasi UKM Bantul

000155672

Hak Cipta

Granted

19 Muhammad Sholeh, ST, MT

Desain dan Implemntasi Basis Data Sistem Informasi Sekolah

000157729

Hak Cipta

Granted

20 Muhammad Sholeh, ST, MT

Sistem Informasi UKM Bantul 000155416

Hak Cipta

Granted

21 Nur Widi Astanto Agus Tri Heriyadi, ST, MT

Desain Geowisata Gunung Api Purba Gunung Ireng

S22201909800

Paten Sederha

na

Terdaftar

22 Prof. Dr. Ir. Sudarsono, MT

Sistem Pemantau Pencemaran Udara (Gas SO2, NO2, CO, PM Dan O3) Berbasis Internet of Things (IOT)

IDS000002450

Hak Cipta

Granted

Page 72: LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

69LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

5 Dr. Edhy Sutanta, ST, MKom

ALGORITME: Modifikasi Model Schema Matching Gabungan Contstraint-Based Method Dan Instance-Based Method Untuk Meningkatkan Efisiensi Proses

000153378

Hak Cipta

Granted

6 Dr. Edhy Sutanta, ST, MKom

Program Komputer: BREGODO: Aplikasi Berbasis Perangkat Bergerak Kampung Prajurit Kraton Yogyakarta

000174984

Hak Cipta

Granted

7 Dr. Emy Setyaningsih, SSi, MKom

Algoritme Pengamanan Citra Warna Menggunakan Model Kriptosistem Terintegrasi Dengan Pendistribusian Kunci Simetris Menggunakan EoF

000153218

Hak Cipta

Granted

8 Dr. Ir. Amir Hamzah, MT

Model Sentiment Analysis Penilaian Pelayanan Hotel Menggunakan Decision Tree Berbasis Feature Selection

000150001

Hak Cipta

Granted

9 Dr. Ir. Amir Hamzah, MT

Model Sentiment Analysis Penilaian Pelayanan Hotel Menggunakan Decision Tree Berbasis Feature Selection

000150001

Hak Cipta

Granted

10 Dr. Ir. Sri Mulyaningsih, MT

Sistem Konstruksi Penguatan Lahan Bergerak pada Geokonservasi Gunung Api Purba Gunung Ireng

S22201909800

Paten Sederha

na

Terdaftar

11 Dr. Ir. Toto Rusianto, MT

Desain Industri (Granted) Cetakan

A22201802832

Desain Industri

Granted

12 Dr. Suwanto Raharjo, SSi, MKom

ABOTA : Aplikasi Pembobotan Kata

000171622

Hak Cipta

Granted

13 Dr. Suwanto Raharjo, SSi, MKom

Aplikasi Mobile Smart Birth Untuk Monitoring Ibu Hamil

000162302

Hak Cipta

Granted

14 Dr. Suwanto Raharjo, SSi, MKom

Pregnant Women Mapping Dan Monitoring Geographic Information System Application “Smart Birth Web Apps

EC00201979793

Hak Cipta

Granted

15 Fivry Wellda Maulana, ST, MT

Buku Mengenal Mineral Secara Megaskopis: Petunjuk Praktis Untuk Geolog Pemula dan Ilmuwan Ilmu Kebumian

000128160

Hak Cipta

Granted

16 Ir. Adi Purwanto, MT

Mesin Produksi Gula Semut Dengan Teknik Vakum Dan Pemanasan Uap

HKI-3-HI.05.02.02.p00201201184-

TL

Paten Sederha

na

Terdaftar

17 Muhammad Andang Novianta, ST, MT

Sistem Pemantau Pencemaran Udara (Gas SO2, NO2, CO, PM Dan O3) Berbasis Internet of Things (IOT)

IDS000002450

Paten Sederha

na

Terdaftar

18 Muhammad Sholeh, ST, MT

Desain dan Implementasi Basis Data Sistem Informasi UKM Bantul

000155672

Hak Cipta

Granted

19 Muhammad Sholeh, ST, MT

Desain dan Implemntasi Basis Data Sistem Informasi Sekolah

000157729

Hak Cipta

Granted

20 Muhammad Sholeh, ST, MT

Sistem Informasi UKM Bantul 000155416

Hak Cipta

Granted

21 Nur Widi Astanto Agus Tri Heriyadi, ST, MT

Desain Geowisata Gunung Api Purba Gunung Ireng

S22201909800

Paten Sederha

na

Terdaftar

22 Prof. Dr. Ir. Sudarsono, MT

Sistem Pemantau Pencemaran Udara (Gas SO2, NO2, CO, PM Dan O3) Berbasis Internet of Things (IOT)

IDS000002450

Hak Cipta

Granted

Page 73: LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

70 INSTITUT SAINS & TEKNOLOGI AKPRIND YOGYAKARTA

23 Renna Yanwastika Ariyana, ST, MKom

Puzzle Game Tokoh Wayang Punakawan

000157623

Hak Cipta

Granted

24 Rr. Yuliana Rachmawati Kusumaningsih, ST, MT

Desain dan Implementasi Basis Data Sistem Informasi UKM Bantul

EC00201972475

Hak Cipta

Granted

25 Uning Lestari, ST, MKom

IoT pada Aplikasi Sistem Parkir Cerdas Berbasis Mobile Menggunakan Vehicle Loop Detector

EC00201971538

Hak Cipta

Granted

26 Dra. Harmastuti, MKom

Aplikasi Batikpedia Berbasis Android

000181048

Hak Cipta

Granted

27 Erna Kumalasari Nurnawati, ST, MT

ALGORITME: Modifikasi Model Schema Matching Gabungan Contstraint-Based Method Dan Instance-Based Method Untuk Meningkatkan Efisiensi Proses

000153378

Hak Cipta

Granted

28 Erna Kumalasari Nurnawati, ST, MT

Bregodo:Aplikasi Perangkat Bergerak Prajurit Kraton Yogyakarta

EC00202000648/000174984

Hak Cipta

Granted

6.4. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat 6.4.1. Profil PkM Skema IST AKPRIND

No Nama Judul PkM Prodi

1 Dr. Sri Mulyaningsih, ST, MT

Identifikasi Jelajah Wisata Geologi Gunung Api Purba Gunung Ireng: Sisi Lain Gunung Api Purba Nglanggeran, Gunungkidul

Teknik Geologi

2 Hadi Prasetyo Suseno, ST, MSi

Pkm Program Penghijauan, Pengelolaan Sampah, Dan Ruang Belajar Anak Ramah Lingkungan Bagi Rt 37 Malangan, Kota Yogyakarta Untuk Mewujudkan Lingkungan Yang Sehat

Teknik Lingkungan

3 Agus Hindarto Wibowo, ST, MSc

Pelatihan Technopreneurship Untuk Pengelolaan Bank Sampah

Teknik Industri

4 Angge Dhevi Warisaura S.T, M.Eng

Pencegahan Pencemaran Air Tanah Di Dusun Salakan Potorono

Teknik Lingkungan

5 Ani Purwanti, ST, MEng

Pelatihan Penggunaan Plastik Sebagai Kemasan Pangan Di Dusun Potorono, Potorono, Banguntapan, Bantul

Teknik Kimia

6 Argaditia Mawadati, ST, MSc

Pembuatan Database Untuk Pengelolaan Perpustakaan Desa

Teknik Industri

7 Arie Noor Rakhman, ST, MT

Pengenalan Siaga Gempa Sejak Dini Di Majelis Taklim Teras Al Muyamman, Dusun Malangan UH7/476B, Kelurahan Giwangan, Kecamatan Umbulharjo, Yogyakarta

Teknik Geologi

8 Arie Noor Rakhman, ST, MT

Kearifan Lokal Perkembangan Peradaban Di Daerah Rawan Bencana Alam Geologi

Teknik Geologi

9 Bambang Kusmartono, ST, MT

Pelatihan Pembuatan Pelet Ikan Teknik Kimia

Page 74: LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

71LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

23 Renna Yanwastika Ariyana, ST, MKom

Puzzle Game Tokoh Wayang Punakawan

000157623

Hak Cipta

Granted

24 Rr. Yuliana Rachmawati Kusumaningsih, ST, MT

Desain dan Implementasi Basis Data Sistem Informasi UKM Bantul

EC00201972475

Hak Cipta

Granted

25 Uning Lestari, ST, MKom

IoT pada Aplikasi Sistem Parkir Cerdas Berbasis Mobile Menggunakan Vehicle Loop Detector

EC00201971538

Hak Cipta

Granted

26 Dra. Harmastuti, MKom

Aplikasi Batikpedia Berbasis Android

000181048

Hak Cipta

Granted

27 Erna Kumalasari Nurnawati, ST, MT

ALGORITME: Modifikasi Model Schema Matching Gabungan Contstraint-Based Method Dan Instance-Based Method Untuk Meningkatkan Efisiensi Proses

000153378

Hak Cipta

Granted

28 Erna Kumalasari Nurnawati, ST, MT

Bregodo:Aplikasi Perangkat Bergerak Prajurit Kraton Yogyakarta

EC00202000648/000174984

Hak Cipta

Granted

6.4. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat 6.4.1. Profil PkM Skema IST AKPRIND

No Nama Judul PkM Prodi

1 Dr. Sri Mulyaningsih, ST, MT

Identifikasi Jelajah Wisata Geologi Gunung Api Purba Gunung Ireng: Sisi Lain Gunung Api Purba Nglanggeran, Gunungkidul

Teknik Geologi

2 Hadi Prasetyo Suseno, ST, MSi

Pkm Program Penghijauan, Pengelolaan Sampah, Dan Ruang Belajar Anak Ramah Lingkungan Bagi Rt 37 Malangan, Kota Yogyakarta Untuk Mewujudkan Lingkungan Yang Sehat

Teknik Lingkungan

3 Agus Hindarto Wibowo, ST, MSc

Pelatihan Technopreneurship Untuk Pengelolaan Bank Sampah

Teknik Industri

4 Angge Dhevi Warisaura S.T, M.Eng

Pencegahan Pencemaran Air Tanah Di Dusun Salakan Potorono

Teknik Lingkungan

5 Ani Purwanti, ST, MEng

Pelatihan Penggunaan Plastik Sebagai Kemasan Pangan Di Dusun Potorono, Potorono, Banguntapan, Bantul

Teknik Kimia

6 Argaditia Mawadati, ST, MSc

Pembuatan Database Untuk Pengelolaan Perpustakaan Desa

Teknik Industri

7 Arie Noor Rakhman, ST, MT

Pengenalan Siaga Gempa Sejak Dini Di Majelis Taklim Teras Al Muyamman, Dusun Malangan UH7/476B, Kelurahan Giwangan, Kecamatan Umbulharjo, Yogyakarta

Teknik Geologi

8 Arie Noor Rakhman, ST, MT

Kearifan Lokal Perkembangan Peradaban Di Daerah Rawan Bencana Alam Geologi

Teknik Geologi

9 Bambang Kusmartono, ST, MT

Pelatihan Pembuatan Pelet Ikan Teknik Kimia

Page 75: LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

72 INSTITUT SAINS & TEKNOLOGI AKPRIND YOGYAKARTA

10 Beny Firman, ST, MEng

Pemrograman Robot Line Follower Robot (Lfr) Programmable Berbasis Platform Arduino Nano Bagi Siswa Smk Tmk Teknik Purworejo

Teknik Elektro

11 Beny Firman, ST, MEng

Pemrograman Robot Soccer Dan Aplikasi Android Sebagai Media Kendali Robot Soccer

Teknik Elektro

12 Catur Iswahyudi, SKom, SE, MCs, MTA

Pendampingan Optimasi Dan Artistik Website https://Tangkilan.Com

Teknik Informatika

13 Catur Iswahyudi, SKom, SE, MCs, MTA

Program Peningkatan Kapasitas Dan Kemampuan Sumber Daya Manusia Guru Di Bidang Sains & Teknologi Di SMKN 2 Magelang

Teknik Informatika

14 Cyrilla Indri Parwati, ST, MT

Pengembangan Ketrampilan Kader Dasa Wisma Desa Wonosari Menuju Ekonomi Kreatif

Teknik Industri

15 Desi Kiswiranti, SSi, MSc

Sosialisasi Tentang Potensi Bencana Geologi Dan Lingkungan

Teknik Geologi

16 Dewi Wahyuningtyas, ST, MEng

Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik Padat Dari Kotoran Hewan Dengan Penambahan Effective Microorganism 4 (EM4) Bagi Warga Dukuh Potorono, Desa Potorono, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta

Teknik Kimia

17 Dina Tania, ST, MT Sosialisasi Bencana Alam Sejak Dini (Tema: Bencana Alam)

Teknik Geologi

18 Dr. Edhy Sutanta, ST, MKom

Program Peningkatan Kapasitas Dan Kemampuan Sumber Daya Manusia Guru Di Bidang Sains & Teknologi Di Smkn 2 Magelang (Kegiatan Pendampingan Penulisan Publikasi Ilmiah Jurnal Nasional Untuk Guru SMK N 2 Magelang)

Teknik Informatika

19 Dr. Edhy Sutanta, ST, MKom

Pendampingan Pengelolaan Website Padukuhan Tangkilan, Sidoarum, Gamping, Sleman, DIY-Pengelolaan Tampilan Website)

Teknik Informatika

20 Dr. Emy Setyaningsih, SSi, MKom

Peran Ibu Dalam Menghadapi Era Digital Terhadap Tumbuh Kembang Anak

Sietem Komputer

21 Dr. Hadi Saputra, ST, MEng

Pelatihan Design Mesin Pengayak Pasir Bagi Warga Rt 04 Padukuhan Salakan Bangunharjo Sewon Bantul Diy

Teknik Mesin

22 Dr. Sri Mulyaningsih, ST, MT

Disain Geowisata Dan Pengelolaan Geologi Gunung Api Purba Gunung Ireng

Teknik Geologi

23 Dr. Ir. Titin Isna Oes, MM

Penerapan Apd Di Bagian Proses Produksi

Teknik Industri

24 Dr. Ir. Toto Rusianto, MT

Sosialisasi Dan Pendampingan Program Kotaku 2019 Instalasi Sistem Perpiaan Untuk Pembuangan Air Limbah Rumah Tangga

Teknik Mesin

25 Dr. Kartiko, MSi Pelatihan Persiapan Menghadapi Test Potensi Akademik : Padanan Kata Analogi Bagi Siswa Kelas Xii Di Man 3 Kulon Progo

Statistik

26 Dr. Samuel Kristiyana, ST, MT

Pelatihan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sub Kejuruan Desain Grafis Dengan Tema "Rancangan Desain Dan Advertising Id Card"

Teknik Elektro

27 Dr. Samuel Kristiyana, ST, MT

Pelatihan Sistem Komunikasi Dan Teknik Interprestasi Data Early Warning System Kebencanaan Bagi Masyarakat Di Daerah Istimewa Yogyakarta Dan Jawa Tengah

Teknik Elektro

28 Dr. Suwanto Raharjo, SSi, MKom

Program Peningkatan Kapasitas Dan Kemampuan Sumber Daya Manusia Guru Di Bidang Sains & Teknologi Di SMKN 2 Magelang

Teknik Informatika

Page 76: LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

73LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

10 Beny Firman, ST, MEng

Pemrograman Robot Line Follower Robot (Lfr) Programmable Berbasis Platform Arduino Nano Bagi Siswa Smk Tmk Teknik Purworejo

Teknik Elektro

11 Beny Firman, ST, MEng

Pemrograman Robot Soccer Dan Aplikasi Android Sebagai Media Kendali Robot Soccer

Teknik Elektro

12 Catur Iswahyudi, SKom, SE, MCs, MTA

Pendampingan Optimasi Dan Artistik Website https://Tangkilan.Com

Teknik Informatika

13 Catur Iswahyudi, SKom, SE, MCs, MTA

Program Peningkatan Kapasitas Dan Kemampuan Sumber Daya Manusia Guru Di Bidang Sains & Teknologi Di SMKN 2 Magelang

Teknik Informatika

14 Cyrilla Indri Parwati, ST, MT

Pengembangan Ketrampilan Kader Dasa Wisma Desa Wonosari Menuju Ekonomi Kreatif

Teknik Industri

15 Desi Kiswiranti, SSi, MSc

Sosialisasi Tentang Potensi Bencana Geologi Dan Lingkungan

Teknik Geologi

16 Dewi Wahyuningtyas, ST, MEng

Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik Padat Dari Kotoran Hewan Dengan Penambahan Effective Microorganism 4 (EM4) Bagi Warga Dukuh Potorono, Desa Potorono, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta

Teknik Kimia

17 Dina Tania, ST, MT Sosialisasi Bencana Alam Sejak Dini (Tema: Bencana Alam)

Teknik Geologi

18 Dr. Edhy Sutanta, ST, MKom

Program Peningkatan Kapasitas Dan Kemampuan Sumber Daya Manusia Guru Di Bidang Sains & Teknologi Di Smkn 2 Magelang (Kegiatan Pendampingan Penulisan Publikasi Ilmiah Jurnal Nasional Untuk Guru SMK N 2 Magelang)

Teknik Informatika

19 Dr. Edhy Sutanta, ST, MKom

Pendampingan Pengelolaan Website Padukuhan Tangkilan, Sidoarum, Gamping, Sleman, DIY-Pengelolaan Tampilan Website)

Teknik Informatika

20 Dr. Emy Setyaningsih, SSi, MKom

Peran Ibu Dalam Menghadapi Era Digital Terhadap Tumbuh Kembang Anak

Sietem Komputer

21 Dr. Hadi Saputra, ST, MEng

Pelatihan Design Mesin Pengayak Pasir Bagi Warga Rt 04 Padukuhan Salakan Bangunharjo Sewon Bantul Diy

Teknik Mesin

22 Dr. Sri Mulyaningsih, ST, MT

Disain Geowisata Dan Pengelolaan Geologi Gunung Api Purba Gunung Ireng

Teknik Geologi

23 Dr. Ir. Titin Isna Oes, MM

Penerapan Apd Di Bagian Proses Produksi

Teknik Industri

24 Dr. Ir. Toto Rusianto, MT

Sosialisasi Dan Pendampingan Program Kotaku 2019 Instalasi Sistem Perpiaan Untuk Pembuangan Air Limbah Rumah Tangga

Teknik Mesin

25 Dr. Kartiko, MSi Pelatihan Persiapan Menghadapi Test Potensi Akademik : Padanan Kata Analogi Bagi Siswa Kelas Xii Di Man 3 Kulon Progo

Statistik

26 Dr. Samuel Kristiyana, ST, MT

Pelatihan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sub Kejuruan Desain Grafis Dengan Tema "Rancangan Desain Dan Advertising Id Card"

Teknik Elektro

27 Dr. Samuel Kristiyana, ST, MT

Pelatihan Sistem Komunikasi Dan Teknik Interprestasi Data Early Warning System Kebencanaan Bagi Masyarakat Di Daerah Istimewa Yogyakarta Dan Jawa Tengah

Teknik Elektro

28 Dr. Suwanto Raharjo, SSi, MKom

Program Peningkatan Kapasitas Dan Kemampuan Sumber Daya Manusia Guru Di Bidang Sains & Teknologi Di SMKN 2 Magelang

Teknik Informatika

Page 77: LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

74 INSTITUT SAINS & TEKNOLOGI AKPRIND YOGYAKARTA

29 Dra. Bernadetta Eko Putranti, MHum

Pelatihan Mengeja Kosa Kata Dalam Bahasa Inggris Menggunakan Flash Cards

Teknik Mesin

30 Dra. Dwi Setyowati, MT

Sosialisasi Penggunaan Internet Sehat Dan Aman Untuk Pkk Rt 19/Rw04 Janturan Yogyakarta

Sietem Komputer

31 Dra. Harmastuti, MKom

Manfaat Internet Untuk Ibu-Ibu Masyarakat Dusun Kedulan Tirtomartani Kalasan Sleman Yogyakarta

Sietem Komputer

32 Dra. Nuniek Herawati, MKom

Pemanfaatan Internet Untuk Promosi Home Industry Disampaikan Pada Masyarakat Dusun Kedulan Rw 29, Tirtomartani Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman Yogyakarta

Sietem Komputer

33 Dra. Sri Sunarsih, MSi

Peduli Sampah Sejak Dini Teknik Lingkungan

34 Dra. Uminingsih, MKom

Dampak Penggunaan Gadget Untuk Balita

Sietem Komputer

35 Dra. Yuli Pratiwi, MSi

Sosialisasi Dan Pendampingan Program Kotaku 2019 (Proses Pembuatan Dan Perawatan Pengolahan Limbah Rumah Tangga

Teknik Lingkungan

36 Dra. Dina Andayati, MT

Manfaat Bawang Hitam (Black Garlic) Dan Cara Pembuatannya

Teknik Mesin

37 Dra. Noeryanti, MSi Tes Potensi Akademik (Tpa) Dengan Tema Menghitung Barisan Dan Deret Arithmatika Pada Madrasah Aliyah Negeri 3 Kulonprogo Yogyakarta 13 Desember 2019

Statistik

38 Dra. Winarni, MM Peran Ibu Dalam Manajemen Keluarga Teknik Industri

39 Drs. Ignatius Suraya, MCs

Pemanfaatan Dan Perawatan Listrik Rumah Tangga

Sietem Komputer

40 Drs. Petrus Wisnubroto, MSi

Program Kemitraan Masyarakat 2019 Teknik Industri

41 Drs. Khairul Muhajir, MT

Pendampingan Program Kotaku 2019 (Sistem Pengolahan Air Limbah Rumah Tangga)

Teknik Mesin

42 Drs. Syukri, MHum Kewajiban Bekerja Dan Beribadah Dalam Islam

Teknik Mesin

43 Drs. Yudi Setyawan, MS, MSc

Pelatihan Persiapan Menghadapi Test Potensi Akademik Untuk Siswa Kelas Xii Madrasah Aliyah Negeri 3 Kulon Progo, Tema: Tes Sininom Dan Antonim

Statistik

44 Eka Sulistyaningsih, SSi, MSc

Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengolahan Emping Yang Sehat Di Desa Brajan, Paambanan, Klaten, Jawa Tengah

Teknik Industri

45 Endang Widuri Asih, ST, MT

Pengelolaan Bank Sampah Untuk Produk Bersih Di Dusun Ketandan, Desa Madurejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman

Teknik Industri

46 Erfanti Fatkhiyah, ST, MCs

Manfaat Penggunaan ICT (Digital Marketing Melalui Media Sosial)

Teknik Informatika

47 Erma Susanti, SKom, MCs

Pelatihan Penggunaan Dan Pengelolaan Aplikasi Android Desa

Teknik Informatika

48 Erna Kumalasari Nurnawati, ST, MT

Pendampingan Pengelolaan Website Padukuhan Tangkilan, Sidoarum, Gamping, Sleman, DIY

Teknik Informatika

49 Erna Kumalasari Nurnawati, ST, MT

Bijak Menjadi Orang Tua Di Era Digital Teknik Informatika

50 Hadi Prasetyo Suseno, ST, MSi

Pemanfaatan Minyak Jlantah Bekas Penggorengan Rambak Menjadi Sabun Cuci

Teknik Lingkungan

51 Imam Sodikin, ST, MT

Tata Ruang Ergonomi Untuk Mengantisipasi Bahaya Dan Risiko Kecelakaan

Teknik Industri

Page 78: LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

75LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

29 Dra. Bernadetta Eko Putranti, MHum

Pelatihan Mengeja Kosa Kata Dalam Bahasa Inggris Menggunakan Flash Cards

Teknik Mesin

30 Dra. Dwi Setyowati, MT

Sosialisasi Penggunaan Internet Sehat Dan Aman Untuk Pkk Rt 19/Rw04 Janturan Yogyakarta

Sietem Komputer

31 Dra. Harmastuti, MKom

Manfaat Internet Untuk Ibu-Ibu Masyarakat Dusun Kedulan Tirtomartani Kalasan Sleman Yogyakarta

Sietem Komputer

32 Dra. Nuniek Herawati, MKom

Pemanfaatan Internet Untuk Promosi Home Industry Disampaikan Pada Masyarakat Dusun Kedulan Rw 29, Tirtomartani Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman Yogyakarta

Sietem Komputer

33 Dra. Sri Sunarsih, MSi

Peduli Sampah Sejak Dini Teknik Lingkungan

34 Dra. Uminingsih, MKom

Dampak Penggunaan Gadget Untuk Balita

Sietem Komputer

35 Dra. Yuli Pratiwi, MSi

Sosialisasi Dan Pendampingan Program Kotaku 2019 (Proses Pembuatan Dan Perawatan Pengolahan Limbah Rumah Tangga

Teknik Lingkungan

36 Dra. Dina Andayati, MT

Manfaat Bawang Hitam (Black Garlic) Dan Cara Pembuatannya

Teknik Mesin

37 Dra. Noeryanti, MSi Tes Potensi Akademik (Tpa) Dengan Tema Menghitung Barisan Dan Deret Arithmatika Pada Madrasah Aliyah Negeri 3 Kulonprogo Yogyakarta 13 Desember 2019

Statistik

38 Dra. Winarni, MM Peran Ibu Dalam Manajemen Keluarga Teknik Industri

39 Drs. Ignatius Suraya, MCs

Pemanfaatan Dan Perawatan Listrik Rumah Tangga

Sietem Komputer

40 Drs. Petrus Wisnubroto, MSi

Program Kemitraan Masyarakat 2019 Teknik Industri

41 Drs. Khairul Muhajir, MT

Pendampingan Program Kotaku 2019 (Sistem Pengolahan Air Limbah Rumah Tangga)

Teknik Mesin

42 Drs. Syukri, MHum Kewajiban Bekerja Dan Beribadah Dalam Islam

Teknik Mesin

43 Drs. Yudi Setyawan, MS, MSc

Pelatihan Persiapan Menghadapi Test Potensi Akademik Untuk Siswa Kelas Xii Madrasah Aliyah Negeri 3 Kulon Progo, Tema: Tes Sininom Dan Antonim

Statistik

44 Eka Sulistyaningsih, SSi, MSc

Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengolahan Emping Yang Sehat Di Desa Brajan, Paambanan, Klaten, Jawa Tengah

Teknik Industri

45 Endang Widuri Asih, ST, MT

Pengelolaan Bank Sampah Untuk Produk Bersih Di Dusun Ketandan, Desa Madurejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman

Teknik Industri

46 Erfanti Fatkhiyah, ST, MCs

Manfaat Penggunaan ICT (Digital Marketing Melalui Media Sosial)

Teknik Informatika

47 Erma Susanti, SKom, MCs

Pelatihan Penggunaan Dan Pengelolaan Aplikasi Android Desa

Teknik Informatika

48 Erna Kumalasari Nurnawati, ST, MT

Pendampingan Pengelolaan Website Padukuhan Tangkilan, Sidoarum, Gamping, Sleman, DIY

Teknik Informatika

49 Erna Kumalasari Nurnawati, ST, MT

Bijak Menjadi Orang Tua Di Era Digital Teknik Informatika

50 Hadi Prasetyo Suseno, ST, MSi

Pemanfaatan Minyak Jlantah Bekas Penggorengan Rambak Menjadi Sabun Cuci

Teknik Lingkungan

51 Imam Sodikin, ST, MT

Tata Ruang Ergonomi Untuk Mengantisipasi Bahaya Dan Risiko Kecelakaan

Teknik Industri

Page 79: LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

76 INSTITUT SAINS & TEKNOLOGI AKPRIND YOGYAKARTA

52 Ir. Dwi Indah Purnamawati, MSi

Cara Mengelola Sampah Plastik Di Lingkungan Rumah Tangga Agar Tetap Tercipta Kelestarian Lingkungan

Teknik Geologi

53 Ir. Hary Wibowo, MT

Pendampingan Program Kotaku 2019 (Sistem Instalasi Air Bersih Swamandiri Bagi Warga Masyarakat)

Teknik Mesin

54 Ir. Adi Purwanto, MT

Pkm Pengadaan Sarana Produksi Kebutuhan Ruang Terbuka Hijau (Rth) Di Desa Wisata Agro Pilahan, Rejowinangun, Kotagede, Yogyakarta

Teknik Mesin

55 Ir. Ganjar Andaka, PhD

Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik Cair Teknik Kimia

56 Ir. Joko Susetyo, MT Kebakaran Dan Manajemen Tanggap Darurat

Teknik Industri

57 Ir. Joko Waluyo, MT Proses Pemasangan Pipa Dan Perawatan Pipa Pada Sistem Saluran Limbah Rumah Tangga

Teknik Mesin

58 Ir. Joko Waluyo, MT Sosialisasi Dan Pendampingan Program Kotaku (Proses Pemasangan Dan Perawatan Pipa Pada Sistem Saluran Limbah Rumah Tangga

Teknik Mesin

59 Ir. Muhammad Suyanto, MT

Proteksi Sistem Kelistrikkan Akibat Arus Hubung Singkat Pada Rumah Tinggal

Teknik Elektro

60 Ir. Muhammad Yusuf, MT

Pemanfaatan Botol Plastik Bekas Sebagai Pot Tanaman

Teknik Industri

61 Ir. Murni Yuniwati, MT

Pelatihan Pembuatan Minyak Kelapa Tanpa Pemanasan

Teknik Kimia

62 Ir. Risma A. Simanjuntak, MT

Lingkungan Kerja Yang Ergonomis Teknik Industri

63 Ir. Saiful Huda, MT, ME

Unit Produksi Kebutuhan Ruang Terbuka Hijau (Rth) Di Desa Wisata Agro Pilahan, Rejowinangun, Kotagede Yogyakarta

Teknik Mesin

64 Ir. Sumarni, MS Penggunaan Bahan Tambahan Dalam Makanan

Teknik Kimia

65 Ir. Wiwik Handajadi, MEng

Pemilihan Cerdasjenis Luminer Pada Rumah Tinggal Dengan Teknologi Yang Ada

Teknik Mesin

66 Joko Triyono, SKom, MCs

Bimbingan Teknis Pengenalan Teknologi Informasi Dan Pemanfaatan Sistem Informasi Marketplace Bagi Kelompok Informasi Masyarakat (Kim) Kabupaten Bantul Sub Tema : Digital Marketing Sebagai Sarana Promosi Produk Ukm Bantul

Teknik Informatika

67 Kartinasari Ayuhikmatin Sekarjati, ST, MSc

Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin (5R) Teknik Industri

68 Kris Suryowati, SSi, MSi

Pendampingan Dan Memotivasi Siswa Dalam Rangka Persiapan Osn Bidang Matematika Pada Siswa Sma N I Wangon , Banyumas Jateng

Statistik

69 Maria Titah Jatipaningrum, SSi, MSc

Pembuatan Grafik Dengan Microsoft Excel

Statistik

70 Mega Inayati Rif'ah, ST, MSc

Strategi Rantai Pasokan Buku Untuk Pemberdayaan Perpustakaan Dusun Ketandan, Desa Madurejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman

Teknik Industri

71 Muhammad Andang Novianta, ST, MT

Perakitan Elektronik Dan Mekanik Robot Line Follower (Lfr) Analog Bagi Siswa Smk

Teknik Elektro

72 Muhammad Sholeh, ST, MT

Bimbingan Tekniks Pengenalan Teknologi Nformasi Dan Pemanfaatan Sistem Informasi Market Place Bagi Kelompok Informasi Masyarakat Kabupaten Bantul Sub Tema : Sistem Informasi Umkm Kabupaten Bantul

Teknik Informatika

Page 80: LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

77LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

52 Ir. Dwi Indah Purnamawati, MSi

Cara Mengelola Sampah Plastik Di Lingkungan Rumah Tangga Agar Tetap Tercipta Kelestarian Lingkungan

Teknik Geologi

53 Ir. Hary Wibowo, MT

Pendampingan Program Kotaku 2019 (Sistem Instalasi Air Bersih Swamandiri Bagi Warga Masyarakat)

Teknik Mesin

54 Ir. Adi Purwanto, MT

Pkm Pengadaan Sarana Produksi Kebutuhan Ruang Terbuka Hijau (Rth) Di Desa Wisata Agro Pilahan, Rejowinangun, Kotagede, Yogyakarta

Teknik Mesin

55 Ir. Ganjar Andaka, PhD

Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik Cair Teknik Kimia

56 Ir. Joko Susetyo, MT Kebakaran Dan Manajemen Tanggap Darurat

Teknik Industri

57 Ir. Joko Waluyo, MT Proses Pemasangan Pipa Dan Perawatan Pipa Pada Sistem Saluran Limbah Rumah Tangga

Teknik Mesin

58 Ir. Joko Waluyo, MT Sosialisasi Dan Pendampingan Program Kotaku (Proses Pemasangan Dan Perawatan Pipa Pada Sistem Saluran Limbah Rumah Tangga

Teknik Mesin

59 Ir. Muhammad Suyanto, MT

Proteksi Sistem Kelistrikkan Akibat Arus Hubung Singkat Pada Rumah Tinggal

Teknik Elektro

60 Ir. Muhammad Yusuf, MT

Pemanfaatan Botol Plastik Bekas Sebagai Pot Tanaman

Teknik Industri

61 Ir. Murni Yuniwati, MT

Pelatihan Pembuatan Minyak Kelapa Tanpa Pemanasan

Teknik Kimia

62 Ir. Risma A. Simanjuntak, MT

Lingkungan Kerja Yang Ergonomis Teknik Industri

63 Ir. Saiful Huda, MT, ME

Unit Produksi Kebutuhan Ruang Terbuka Hijau (Rth) Di Desa Wisata Agro Pilahan, Rejowinangun, Kotagede Yogyakarta

Teknik Mesin

64 Ir. Sumarni, MS Penggunaan Bahan Tambahan Dalam Makanan

Teknik Kimia

65 Ir. Wiwik Handajadi, MEng

Pemilihan Cerdasjenis Luminer Pada Rumah Tinggal Dengan Teknologi Yang Ada

Teknik Mesin

66 Joko Triyono, SKom, MCs

Bimbingan Teknis Pengenalan Teknologi Informasi Dan Pemanfaatan Sistem Informasi Marketplace Bagi Kelompok Informasi Masyarakat (Kim) Kabupaten Bantul Sub Tema : Digital Marketing Sebagai Sarana Promosi Produk Ukm Bantul

Teknik Informatika

67 Kartinasari Ayuhikmatin Sekarjati, ST, MSc

Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin (5R) Teknik Industri

68 Kris Suryowati, SSi, MSi

Pendampingan Dan Memotivasi Siswa Dalam Rangka Persiapan Osn Bidang Matematika Pada Siswa Sma N I Wangon , Banyumas Jateng

Statistik

69 Maria Titah Jatipaningrum, SSi, MSc

Pembuatan Grafik Dengan Microsoft Excel

Statistik

70 Mega Inayati Rif'ah, ST, MSc

Strategi Rantai Pasokan Buku Untuk Pemberdayaan Perpustakaan Dusun Ketandan, Desa Madurejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman

Teknik Industri

71 Muhammad Andang Novianta, ST, MT

Perakitan Elektronik Dan Mekanik Robot Line Follower (Lfr) Analog Bagi Siswa Smk

Teknik Elektro

72 Muhammad Sholeh, ST, MT

Bimbingan Tekniks Pengenalan Teknologi Nformasi Dan Pemanfaatan Sistem Informasi Market Place Bagi Kelompok Informasi Masyarakat Kabupaten Bantul Sub Tema : Sistem Informasi Umkm Kabupaten Bantul

Teknik Informatika

Page 81: LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

78 INSTITUT SAINS & TEKNOLOGI AKPRIND YOGYAKARTA

73 Muhammad Sholeh, ST, MT

Pendampingan Kegiatan Pengelolaan Arsip Digital Dengan Aplikasi Arteri Bagi Staff Tata Usaha Sd Muhammdiyah Pandes, Pleret Bantul

Teknik Informatika

74 Noviana Pratiwi, SSi, MSc

Pelatihan Tpa Di Man 3 Kulon Progo Statistik

75 Nurul Dzakiya, SSi, MSc

Peran Geofisika Dalam Kegiatan Eksplorasi Dan Peluang Kerjanya Bagi Warga Dusun Sambilegi Lor RT 01/RW 53 Kecamatan Depok Kabupaten Sleman Di Yogyakarta

Teknik Geologi

76 Paramita Dwi Sukmawati, ST, MEng

Penerapan Produksi Bersih Teknik Lingkungan

77 Paramita Dwi Sukmawati, ST, MEng

Teknologi Tepat Guna Teknik Lingkungan

78 Prita Haryani, SPd, MEng

Digital Marketing Sebagai Sarana Optimalisasi Pemasaran Barang Dan Jasa

Teknik Informatika

79 Prof. Dr. Ir. Sudarsono, MT

Pendampingan Program Kotaku 2019 (Perawatan Pipa Pada Sistem Salurah Limbah Rumah Tangga)

Teknik Mesin

80 Purnawa, ST, MEng Nara Sumber Workshop Mengelola Lingkungan Hidup Dan Mengawal Pembangunan Ibu Kota Berkelanjutan

Teknik Lingkungan

81 Radhitya Adzan Hidayah, ST, MEng

Sosialisasi Pengenalan Dan Aplikasi Geologi Sejak Dini Untuk Masyarakat Kepada Warga Rt 01 Rw 53 Dusun Sambilegi Lor Desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Sleman

Teknik Geologi

82 Rahayu Khasanah, ST, MEng

Pemilahan Sampah Dan Pengolahan Sampah Rumah Tangga Menjadi Pupuk Organik Untuk Lingkungan Yang Lebih Bersih Dan Sehat

Teknik Industri

83 Renna Yanwastika Ariyana, ST, MKom

Bimbingan Tekniks Pengenalan Teknologi Informasi Dan Pemanfaatan Sistem Informasi Market Place Bagi Kelompok Informasi Masyarakat (Kim) Kabupaten Bantul. Sub Tema: Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Ukm Bantul

Teknik Informatika

84 Rokhana Dwi Bekti, SSi, MSi

Pelatihan Survei Dan Wawancara Bagi Surveyor Di Cv. Multilisensi

Statistik

85 Rosalia Arum Kumalasanti, ST, MT

Pelatihan Penggunaan Dan Pengelolaan Website Desa

Teknik Informatika

86 Rr. Yuliana Rachmawati Kusumaningsih, ST, MT

Bimtek Tik Sistem Informasi Marketplace Teknik Informatika

87 Rr. Yuliana Rachmawati Kusumaningsih, ST, MT

Bimtek Pengelolaan Konten Sistem Informasi

Teknik Informatika

88 Sigit Priyambodo, ST, MT

Pelatihan Robot Soccer Berbasis Platform Arduino Nano V3.0

Teknik Elektro

89 Siti Saudah, SPd, MHum

Penyuluhan Tentang Mengenal Bahasa Simbol Pada Kemasan Plastik Menuju Hidup Sehat Bagi Warga Dusun Sendari, Tirtoadi, Mlati, Sleman

Teknik Industri

90 Slamet Hani, ST, MT Pkm Pengolahan Air Bersih Guna Menurunkan Kadar Kapur (Kesadahan) Menggunakan Tenaga Surya (Solar Cell) Untuk Mengurangi Resiko Terkena Batu Ginjal Pada Masyarakat Desa Sumberwungu, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta

Teknik Elektro

91 Sri Hastutiningrum, St, MSi

Penyuluhan Tentang Pembuatan Brambang Goreng Renyah

Teknik Lingkungan

Page 82: LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

79LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

73 Muhammad Sholeh, ST, MT

Pendampingan Kegiatan Pengelolaan Arsip Digital Dengan Aplikasi Arteri Bagi Staff Tata Usaha Sd Muhammdiyah Pandes, Pleret Bantul

Teknik Informatika

74 Noviana Pratiwi, SSi, MSc

Pelatihan Tpa Di Man 3 Kulon Progo Statistik

75 Nurul Dzakiya, SSi, MSc

Peran Geofisika Dalam Kegiatan Eksplorasi Dan Peluang Kerjanya Bagi Warga Dusun Sambilegi Lor RT 01/RW 53 Kecamatan Depok Kabupaten Sleman Di Yogyakarta

Teknik Geologi

76 Paramita Dwi Sukmawati, ST, MEng

Penerapan Produksi Bersih Teknik Lingkungan

77 Paramita Dwi Sukmawati, ST, MEng

Teknologi Tepat Guna Teknik Lingkungan

78 Prita Haryani, SPd, MEng

Digital Marketing Sebagai Sarana Optimalisasi Pemasaran Barang Dan Jasa

Teknik Informatika

79 Prof. Dr. Ir. Sudarsono, MT

Pendampingan Program Kotaku 2019 (Perawatan Pipa Pada Sistem Salurah Limbah Rumah Tangga)

Teknik Mesin

80 Purnawa, ST, MEng Nara Sumber Workshop Mengelola Lingkungan Hidup Dan Mengawal Pembangunan Ibu Kota Berkelanjutan

Teknik Lingkungan

81 Radhitya Adzan Hidayah, ST, MEng

Sosialisasi Pengenalan Dan Aplikasi Geologi Sejak Dini Untuk Masyarakat Kepada Warga Rt 01 Rw 53 Dusun Sambilegi Lor Desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Sleman

Teknik Geologi

82 Rahayu Khasanah, ST, MEng

Pemilahan Sampah Dan Pengolahan Sampah Rumah Tangga Menjadi Pupuk Organik Untuk Lingkungan Yang Lebih Bersih Dan Sehat

Teknik Industri

83 Renna Yanwastika Ariyana, ST, MKom

Bimbingan Tekniks Pengenalan Teknologi Informasi Dan Pemanfaatan Sistem Informasi Market Place Bagi Kelompok Informasi Masyarakat (Kim) Kabupaten Bantul. Sub Tema: Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Ukm Bantul

Teknik Informatika

84 Rokhana Dwi Bekti, SSi, MSi

Pelatihan Survei Dan Wawancara Bagi Surveyor Di Cv. Multilisensi

Statistik

85 Rosalia Arum Kumalasanti, ST, MT

Pelatihan Penggunaan Dan Pengelolaan Website Desa

Teknik Informatika

86 Rr. Yuliana Rachmawati Kusumaningsih, ST, MT

Bimtek Tik Sistem Informasi Marketplace Teknik Informatika

87 Rr. Yuliana Rachmawati Kusumaningsih, ST, MT

Bimtek Pengelolaan Konten Sistem Informasi

Teknik Informatika

88 Sigit Priyambodo, ST, MT

Pelatihan Robot Soccer Berbasis Platform Arduino Nano V3.0

Teknik Elektro

89 Siti Saudah, SPd, MHum

Penyuluhan Tentang Mengenal Bahasa Simbol Pada Kemasan Plastik Menuju Hidup Sehat Bagi Warga Dusun Sendari, Tirtoadi, Mlati, Sleman

Teknik Industri

90 Slamet Hani, ST, MT Pkm Pengolahan Air Bersih Guna Menurunkan Kadar Kapur (Kesadahan) Menggunakan Tenaga Surya (Solar Cell) Untuk Mengurangi Resiko Terkena Batu Ginjal Pada Masyarakat Desa Sumberwungu, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta

Teknik Elektro

91 Sri Hastutiningrum, St, MSi

Penyuluhan Tentang Pembuatan Brambang Goreng Renyah

Teknik Lingkungan

Page 83: LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

80 INSTITUT SAINS & TEKNOLOGI AKPRIND YOGYAKARTA

92 Sri Rahayu Gusmawarni, ST, MT

Pelatihan Pembuatan Yoghurt Dari Susu Kedelai Lokal

Teknik Kimia

93 Subandi, ST, MT Pemanfaatan Solar Cell Sebagai Pembangkit Listrik Rumah Tinggal

Teknik Mesin

94 Syafriyudin, ST, MT Pelaksanaan Pemasangan Dan Pengawasan Instalasi Pembangkit Solar Panel Untuk Solar Home System Dan Solar Street System Bagi Tenaga Pengawas Pelaksana Pekerjaan ( Level Iv)

Teknik Elektro

95 Uning Lestari, ST, MKom

Sosilisasi Penerapan Teknologi Informasi Dalam Upaya Peningkatan Penjualan Produk Umkm Emping Melinjo Dusun Siten Kab. Bantul

Teknik Informatika

96 Windyaning Ustyannie, SSi, MCs

Peran Ibu Dalam Menghadapi Era Digital Untuk Peningkatan Ekonomi Keluarga

Sistem Komputer

6.4.2. Profil PkM Skema Kemenristekdikti

No Nama Judul PkM Jenis

PkM 1 Muhammad Sholeh,

ST, MT Suraya, Ssi, Mkom Drs. Ignatus Suraya, MCs

IbM Guru-guru SMK di Magelang dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi untuk Pembuatan Bahan Ajar dan Soal Ujian Online

IbM

2 Imam Sodikin, ST, MT Ir. Joko Waluyo, MT Dra. Yuli Pratiwi, Msi

IbM Padukuhan Karangasem dan Karasan (Kawasan Pengrajin Alat-alat Pertanian) Membangun Tungku Pemanas untuk Pande Besi yang Ramah Lingkungan Guna Meningkatkan Kapasitas Produksi Alat-alat Pertanian

IbM

3 Syafriyudin, ST, MT Joko Triyono, Skom, MCs Siti Saudah, SPd, MHum

Pemanfaatan Getah Kakao, Serbuk Gergaji dan Tempurung Kelapa Sebagai Briket Bahan Bakar Dapur Pemanas Alat Pengering Simplisia pada Asosiasi Tanaman Herbal Assyfa Farma Desa Ringin Anom Kecamatan Tempuran Kabupaten Magelang

IbM

4 Endang Widuri Asih, ST, MT Dra. Sri Sunarsih, Msi Rr Yuliana Rachmawati Kusumaningsih, ST, MT

Membangun Fasilitas dan Layout Kerja yang Ergonomis dan Ramah Lingkungan Guna Meningkatkan Produktivitas Hasil Kerajinan Perak

IbM

Page 84: LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

81LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

92 Sri Rahayu Gusmawarni, ST, MT

Pelatihan Pembuatan Yoghurt Dari Susu Kedelai Lokal

Teknik Kimia

93 Subandi, ST, MT Pemanfaatan Solar Cell Sebagai Pembangkit Listrik Rumah Tinggal

Teknik Mesin

94 Syafriyudin, ST, MT Pelaksanaan Pemasangan Dan Pengawasan Instalasi Pembangkit Solar Panel Untuk Solar Home System Dan Solar Street System Bagi Tenaga Pengawas Pelaksana Pekerjaan ( Level Iv)

Teknik Elektro

95 Uning Lestari, ST, MKom

Sosilisasi Penerapan Teknologi Informasi Dalam Upaya Peningkatan Penjualan Produk Umkm Emping Melinjo Dusun Siten Kab. Bantul

Teknik Informatika

96 Windyaning Ustyannie, SSi, MCs

Peran Ibu Dalam Menghadapi Era Digital Untuk Peningkatan Ekonomi Keluarga

Sistem Komputer

6.4.2. Profil PkM Skema Kemenristekdikti

No Nama Judul PkM Jenis

PkM 1 Muhammad Sholeh,

ST, MT Suraya, Ssi, Mkom Drs. Ignatus Suraya, MCs

IbM Guru-guru SMK di Magelang dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi untuk Pembuatan Bahan Ajar dan Soal Ujian Online

IbM

2 Imam Sodikin, ST, MT Ir. Joko Waluyo, MT Dra. Yuli Pratiwi, Msi

IbM Padukuhan Karangasem dan Karasan (Kawasan Pengrajin Alat-alat Pertanian) Membangun Tungku Pemanas untuk Pande Besi yang Ramah Lingkungan Guna Meningkatkan Kapasitas Produksi Alat-alat Pertanian

IbM

3 Syafriyudin, ST, MT Joko Triyono, Skom, MCs Siti Saudah, SPd, MHum

Pemanfaatan Getah Kakao, Serbuk Gergaji dan Tempurung Kelapa Sebagai Briket Bahan Bakar Dapur Pemanas Alat Pengering Simplisia pada Asosiasi Tanaman Herbal Assyfa Farma Desa Ringin Anom Kecamatan Tempuran Kabupaten Magelang

IbM

4 Endang Widuri Asih, ST, MT Dra. Sri Sunarsih, Msi Rr Yuliana Rachmawati Kusumaningsih, ST, MT

Membangun Fasilitas dan Layout Kerja yang Ergonomis dan Ramah Lingkungan Guna Meningkatkan Produktivitas Hasil Kerajinan Perak

IbM

Page 85: LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

82 INSTITUT SAINS & TEKNOLOGI AKPRIND YOGYAKARTA

5 Subandi, ST, MT Slamet Hani, ST, MT

Peningkatan kapasitas solar cell sebagai penggerak pompa air untuk peningkatan pelayanan penyiraman kebun salak di desa Bangunkerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, Yogyakarta

IbM

6 Ir. Muhammad Yusuf, MT Muhammad Sholeh, ST, MT Aji Pranoto, SPd, MPd

Ipteks bagi Kewirausahaan (IbK) di Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta

IbK

7 Muhammad Sholeh, ST, MT Ir. Joko Susetyo, MT Prita haryani, SPd, MEng

IbM Guru-Guru di SMA Negeri 2 Playen Gunung Kidul dan SMA Muhammadiyah Wonosari Gunung Kidul untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Melalui Pendampingan Penulisan Karya Tulis Ilmiah dan Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi

IBM

8 Muhammad Yusuf, ST, MT Beny Firman, MEng

Ipteks bagi Kewirausahaan (IbK) di Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta

IbK

9 Muhammad Yusuf, ST, MT Beny Firman, MEng

Ipteks bagi Kewirausahaan (IbK) di Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta

IbK

10 Ir. Joko waluyo, MT Dra. Yuli Pratiwi, Msi Cyrilla Indri Parwati, MT

PKM Kelompok Pande Besi Di Desa Gilangharjo Dan Palbapang Kecamatan Pandak Kabupaten Bantul Membangun Mesin Tempa Alat Alat Pertanian Yang Ramah Lingkungan

PKM

11 Ir. Gatot Santoso, MT Slamet Hani, ST, MT

Pengolahan Air Minum Dengan Tenaga Surya (Solar Cell) Guna Mengurangi Kandungan Kadar Kesadahan (Kapur) Untuk Megurangi Resiko Terkena Penyakit Batu Ginjal Pada Masyarakat Desa Sumberwungu, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta

PKM

12 Andrean Emaputra Agus Hindarto Wibowo Eka Sulistyaningsih

Pemberdayaan Potensi Pemuda Pemudi Kalijeruk melalui Budidaya Ikan Air Tawar

PKMS

13 Eka Sulistyaningsih, SSi, MSc Nidia Lestari, ST, Meng

Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengolahan Emping Jagung Yang Sehat Di Desa Brajan, Kecamatan Prambanan, Klaten, Jawa Tengah

PKM

14 Dr. Sri Mulyaningsih, ST, MT Dina Tania, ST, MT Nur Widi Astanto Agus Tri Heriyadi, ST, MT

Master Plan Pengelolaan Geowisata Dan Museum Geologi Gunung Api Purba Gunung Ireng

PPDM

15 Ir. Saiful Huda, MT, ME Ir. Muhammad Yusuf, MT Ir. Adi Purwanto, MT

Pengadaan Sarana Produksi Kebutuhan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Di Desa Wisata Agro Pilahan, Rejowinangun, Kotagede, Yogyakarta

PKM

16 Prof. Dr. Ir. Sudarsono, MT Yuli Purwanto, ST, MEng

Rancang Bangun Alat Pengering Kerupuk Rambak Yang Ramah Lingkungan Dan Pengolahan Limbah Minyak Goreng Di Dusun Bayanan, Gesikan, Gantiwarno, Klaten

PKM

17 Suraya, SSi, Mkom Erfanti Fatkhiyah, ST, MCs Hadi Prasetyo Suseno, ST, MSi

Peningkatan Kualitas Guru Dan Sekolah SD Muhammadiyah Pandes Kabupaten Bantul Dengan Memanfaatkan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Serta Program Penghijauaan Lingkungan Sekolah Sebagai Upaya Mewujudkan Sekolah Bermutu Dan Berwawasan Lingkungan

PKM

18 Yuli Purwanto, ST, MEng Maria Titah Jatipaningrum, SSi, MSc

Kelompok Pembuat Kerupuk Rambak Di Desa Gesikan, Gantiwarno, Klaten, Rancang Bangun Alat Pengaduk Adonan Dan Pengiris Serta Penerapan Produksi Bersih Untuk Meningkatkan Kapasitas Produksi Dan Kualitas Lingkungan Sekitar

PKM

Page 86: LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

83LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

5 Subandi, ST, MT Slamet Hani, ST, MT

Peningkatan kapasitas solar cell sebagai penggerak pompa air untuk peningkatan pelayanan penyiraman kebun salak di desa Bangunkerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, Yogyakarta

IbM

6 Ir. Muhammad Yusuf, MT Muhammad Sholeh, ST, MT Aji Pranoto, SPd, MPd

Ipteks bagi Kewirausahaan (IbK) di Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta

IbK

7 Muhammad Sholeh, ST, MT Ir. Joko Susetyo, MT Prita haryani, SPd, MEng

IbM Guru-Guru di SMA Negeri 2 Playen Gunung Kidul dan SMA Muhammadiyah Wonosari Gunung Kidul untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Melalui Pendampingan Penulisan Karya Tulis Ilmiah dan Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi

IBM

8 Muhammad Yusuf, ST, MT Beny Firman, MEng

Ipteks bagi Kewirausahaan (IbK) di Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta

IbK

9 Muhammad Yusuf, ST, MT Beny Firman, MEng

Ipteks bagi Kewirausahaan (IbK) di Institut Sains & Teknologi AKPRIND Yogyakarta

IbK

10 Ir. Joko waluyo, MT Dra. Yuli Pratiwi, Msi Cyrilla Indri Parwati, MT

PKM Kelompok Pande Besi Di Desa Gilangharjo Dan Palbapang Kecamatan Pandak Kabupaten Bantul Membangun Mesin Tempa Alat Alat Pertanian Yang Ramah Lingkungan

PKM

11 Ir. Gatot Santoso, MT Slamet Hani, ST, MT

Pengolahan Air Minum Dengan Tenaga Surya (Solar Cell) Guna Mengurangi Kandungan Kadar Kesadahan (Kapur) Untuk Megurangi Resiko Terkena Penyakit Batu Ginjal Pada Masyarakat Desa Sumberwungu, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta

PKM

12 Andrean Emaputra Agus Hindarto Wibowo Eka Sulistyaningsih

Pemberdayaan Potensi Pemuda Pemudi Kalijeruk melalui Budidaya Ikan Air Tawar

PKMS

13 Eka Sulistyaningsih, SSi, MSc Nidia Lestari, ST, Meng

Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengolahan Emping Jagung Yang Sehat Di Desa Brajan, Kecamatan Prambanan, Klaten, Jawa Tengah

PKM

14 Dr. Sri Mulyaningsih, ST, MT Dina Tania, ST, MT Nur Widi Astanto Agus Tri Heriyadi, ST, MT

Master Plan Pengelolaan Geowisata Dan Museum Geologi Gunung Api Purba Gunung Ireng

PPDM

15 Ir. Saiful Huda, MT, ME Ir. Muhammad Yusuf, MT Ir. Adi Purwanto, MT

Pengadaan Sarana Produksi Kebutuhan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Di Desa Wisata Agro Pilahan, Rejowinangun, Kotagede, Yogyakarta

PKM

16 Prof. Dr. Ir. Sudarsono, MT Yuli Purwanto, ST, MEng

Rancang Bangun Alat Pengering Kerupuk Rambak Yang Ramah Lingkungan Dan Pengolahan Limbah Minyak Goreng Di Dusun Bayanan, Gesikan, Gantiwarno, Klaten

PKM

17 Suraya, SSi, Mkom Erfanti Fatkhiyah, ST, MCs Hadi Prasetyo Suseno, ST, MSi

Peningkatan Kualitas Guru Dan Sekolah SD Muhammadiyah Pandes Kabupaten Bantul Dengan Memanfaatkan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Serta Program Penghijauaan Lingkungan Sekolah Sebagai Upaya Mewujudkan Sekolah Bermutu Dan Berwawasan Lingkungan

PKM

18 Yuli Purwanto, ST, MEng Maria Titah Jatipaningrum, SSi, MSc

Kelompok Pembuat Kerupuk Rambak Di Desa Gesikan, Gantiwarno, Klaten, Rancang Bangun Alat Pengaduk Adonan Dan Pengiris Serta Penerapan Produksi Bersih Untuk Meningkatkan Kapasitas Produksi Dan Kualitas Lingkungan Sekitar

PKM

Page 87: LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

84 INSTITUT SAINS & TEKNOLOGI AKPRIND YOGYAKARTA

19 Rokhana Dwi Bekti, SSi, MSi Hadi Prasetyo Suseno, ST, MSi Kris Suryowati, Ssi, Msi

Program Penghijauan, Pengelolaan Sampah, dan Ruang Belajar Anak Ramah Lingkungan bagi RT 37 Malangan, Kota Yogyakarta untuk Mewujudkan Lingkungan yang Sehat

PKM

20 Dr. Sri Mulyaningsih, ST, MT Nur Widi Astatnto Agus Tri Heriyadi, ST, MT Dina Tania, ST, MT Ir. Suhartono, MT

Master Plan Pengelolaan Geowisata dan Museum Geologi Gunung Api Purba Gunung Ireng

PPDM

6.5. Realisasi Kerjasama

No. Nama Mitra Tanggal Pelaksanaan

Unit Kerja Relevansi

Implementasi Kerjasama

1 Training Center Indonesia Profesional (TCIPRO)

09-Sep-19 Teknik Kimia Kegiatan Rekognisi Dosen

2 Sekolah Tinggi Teknologi Ronggolawe Cepu - Blora

11-Sep-19 FTI Pengenalan Program Studi dan Kampus di STTR Cepu

3 Unugha Cilacap 16-Okt-19 Teknik Mesin

Pelaksaan Praktikum Pengujian Material bagi mahasiswa Unugha

4 Pemerintah Kabupaten Bantul

21-Okt-19 Institut Kegiatan Pengabdian Masyarakat di Wilayah Pemda Bantul

5 Dinas Kominfo Bantul

21-Okt-19 Teknik Elektro

Kegiatan Penerapan Teknologi dan Komunikasi Untuk Mendukung Kesejahteraan Masyarakat di Kab.

Bantul

6 Universitas Wahid Hasyim Semarang

24-Okt-19 Institut Kunjungan Studi Banding oleh Universitas Wahid Hasyim Semarang

7 Sekolah Tinggi Manajemen Informatika & Komputer DCI

24-Okt-19 Institut Penjajagan pertukaran mahasiswa dengan prodi Teknik Informatika

8 Institut Teknologi & Bisnis ASIA Malang

24-Okt-19 Institut Kunjungan dan perintisan kerjasama pendidikan dan penelitian

9 PT Ngampooz Pintar Sejahtera

24-Okt-19 Institut Pengenalan Aplikasi Ngampooz untuk seminar dan workshop

10 SMK Negeri 2 Magelang

31-Okt-19 Teknik Informatika

Pelatihan dan pengabdian masyarakat oleh dosen IST AKPRIND

11 PT. Gama Semesta Konsultindo

20-Nov-19 TUK IST AKPRIND

Kesepakatan Kerjasama Bidang Sertifikasi

12 Universiti Teknikal Malaysia Melaka

18-Des-19 FTI Visiting Dean of Faculty of Mechanical and Manufacturing Engineering Technology

13 Universiti Teknikal Malaysia Melaka

19-Des-19 Teknik Mesin

General Lecture Visiting Professor Dr. Umar Al-Amani bin Haji Azlan, Ceng. MIET. - UteM

14 Universiti Teknikal Malaysia Melaka

19-Des-19 FTI General Lecture Visiting Professor Dr. Umar Al-Amani bin Haji Azlan, Ceng. MIET. - UteM

Page 88: LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

85LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

19 Rokhana Dwi Bekti, SSi, MSi Hadi Prasetyo Suseno, ST, MSi Kris Suryowati, Ssi, Msi

Program Penghijauan, Pengelolaan Sampah, dan Ruang Belajar Anak Ramah Lingkungan bagi RT 37 Malangan, Kota Yogyakarta untuk Mewujudkan Lingkungan yang Sehat

PKM

20 Dr. Sri Mulyaningsih, ST, MT Nur Widi Astatnto Agus Tri Heriyadi, ST, MT Dina Tania, ST, MT Ir. Suhartono, MT

Master Plan Pengelolaan Geowisata dan Museum Geologi Gunung Api Purba Gunung Ireng

PPDM

6.5. Realisasi Kerjasama

No. Nama Mitra Tanggal Pelaksanaan

Unit Kerja Relevansi

Implementasi Kerjasama

1 Training Center Indonesia Profesional (TCIPRO)

09-Sep-19 Teknik Kimia Kegiatan Rekognisi Dosen

2 Sekolah Tinggi Teknologi Ronggolawe Cepu - Blora

11-Sep-19 FTI Pengenalan Program Studi dan Kampus di STTR Cepu

3 Unugha Cilacap 16-Okt-19 Teknik Mesin

Pelaksaan Praktikum Pengujian Material bagi mahasiswa Unugha

4 Pemerintah Kabupaten Bantul

21-Okt-19 Institut Kegiatan Pengabdian Masyarakat di Wilayah Pemda Bantul

5 Dinas Kominfo Bantul

21-Okt-19 Teknik Elektro

Kegiatan Penerapan Teknologi dan Komunikasi Untuk Mendukung Kesejahteraan Masyarakat di Kab.

Bantul

6 Universitas Wahid Hasyim Semarang

24-Okt-19 Institut Kunjungan Studi Banding oleh Universitas Wahid Hasyim Semarang

7 Sekolah Tinggi Manajemen Informatika & Komputer DCI

24-Okt-19 Institut Penjajagan pertukaran mahasiswa dengan prodi Teknik Informatika

8 Institut Teknologi & Bisnis ASIA Malang

24-Okt-19 Institut Kunjungan dan perintisan kerjasama pendidikan dan penelitian

9 PT Ngampooz Pintar Sejahtera

24-Okt-19 Institut Pengenalan Aplikasi Ngampooz untuk seminar dan workshop

10 SMK Negeri 2 Magelang

31-Okt-19 Teknik Informatika

Pelatihan dan pengabdian masyarakat oleh dosen IST AKPRIND

11 PT. Gama Semesta Konsultindo

20-Nov-19 TUK IST AKPRIND

Kesepakatan Kerjasama Bidang Sertifikasi

12 Universiti Teknikal Malaysia Melaka

18-Des-19 FTI Visiting Dean of Faculty of Mechanical and Manufacturing Engineering Technology

13 Universiti Teknikal Malaysia Melaka

19-Des-19 Teknik Mesin

General Lecture Visiting Professor Dr. Umar Al-Amani bin Haji Azlan, Ceng. MIET. - UteM

14 Universiti Teknikal Malaysia Melaka

19-Des-19 FTI General Lecture Visiting Professor Dr. Umar Al-Amani bin Haji Azlan, Ceng. MIET. - UteM

Page 89: LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

86 INSTITUT SAINS & TEKNOLOGI AKPRIND YOGYAKARTA

15 Universiti Teknikal Malaysia Melaka

20-Des-19 Teknik Elektro

General Lecture Visiting Professor Dr. Umar Al-Amani bin Haji Azlan, Ceng. MIET. - UteM

16 Universiti Teknikal Malaysia Melaka

20-Des-19 Teknik Industri

General Lecture Visiting Professor Dr. Umar Al-Amani bin Haji Azlan, Ceng. MIET. - UteM

17 PT. Wilmax Control Systems

15-Jan-20 Institut Studi banding dan pembahasan magang di PT. Wilmax Control System, Batam oleh Warek III, Dekan FTI dan Tim BP2K.

18 Universiti Teknologi Mara

28-Jan-20 FTI Paparan kerjasama riset bidang Analisa dan Validasi Dinamika Struktur oleh Dr. M Norhisham Abdul Rani, UiTM, Malaysia

19 Universiti Teknologi Mara (UiTM), Malaysia

29-Jan-20 Teknik Mesin

Research Collaboration Workshop by Dr. M Norhisham Abdul Rani, Ir. Dr. Mohd Azmi Yunus, and team SDAV (Fakulti Kejuruteraan Mekanikal, UiTM), Structural Dynamics Analysis and Validation Research to Jurusan Teknik Mesin, IST AKPRIND

20 CV. Amigo Mangesti Utomo

03-Feb-20 Statistika Riset Pasar di CV. Amigo Mangesti Utomo Tahun 2020

21 SMA Negeri 1 Prambanan

09-Mar-20 Teknik Lingkungan

Pendampingan Sekolah Berwawasan Lingkungan dalam Rangka Menuju Sekolah Adiwiyata

22 Universiti Malaysia Pahang (UMP), Malaysia

29-Jun-20 FTI Webinar General Lecture by Dr. Luhur Bayuaji (Faculty of Computing - UMP), Cyber Security The network Defender to Jurusan Teknik Informatika, IST AKPRIND.

23 Universiti Teknologi Melaka (UTeM), Malaysia

08-Jul-20 Institut Webinar General Lecture by Rahayu Khasanah (Teknik Industri - IST AKPRIND), Flexible Manufacturing and Its Recent Development and Research to Fakulti Teknologi Kejuruteraan Mekanikal dan Pembuatan, UTeM, Malaysia.

24 Universiti Malaysia Pahang (UMP), Malaysia

09-Jul-20 Teknik Mesin

Global Classroom Program, Guest Lecture in Shearing Stresses in Beams and Thin-Walled Members collaboration between Dr. Ellyawan Arbintarso (IST AKPRIND, Indonesia) and Dr. Januar P Siregar (UMP, Malaysia)

Page 90: LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

87LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

15 Universiti Teknikal Malaysia Melaka

20-Des-19 Teknik Elektro

General Lecture Visiting Professor Dr. Umar Al-Amani bin Haji Azlan, Ceng. MIET. - UteM

16 Universiti Teknikal Malaysia Melaka

20-Des-19 Teknik Industri

General Lecture Visiting Professor Dr. Umar Al-Amani bin Haji Azlan, Ceng. MIET. - UteM

17 PT. Wilmax Control Systems

15-Jan-20 Institut Studi banding dan pembahasan magang di PT. Wilmax Control System, Batam oleh Warek III, Dekan FTI dan Tim BP2K.

18 Universiti Teknologi Mara

28-Jan-20 FTI Paparan kerjasama riset bidang Analisa dan Validasi Dinamika Struktur oleh Dr. M Norhisham Abdul Rani, UiTM, Malaysia

19 Universiti Teknologi Mara (UiTM), Malaysia

29-Jan-20 Teknik Mesin

Research Collaboration Workshop by Dr. M Norhisham Abdul Rani, Ir. Dr. Mohd Azmi Yunus, and team SDAV (Fakulti Kejuruteraan Mekanikal, UiTM), Structural Dynamics Analysis and Validation Research to Jurusan Teknik Mesin, IST AKPRIND

20 CV. Amigo Mangesti Utomo

03-Feb-20 Statistika Riset Pasar di CV. Amigo Mangesti Utomo Tahun 2020

21 SMA Negeri 1 Prambanan

09-Mar-20 Teknik Lingkungan

Pendampingan Sekolah Berwawasan Lingkungan dalam Rangka Menuju Sekolah Adiwiyata

22 Universiti Malaysia Pahang (UMP), Malaysia

29-Jun-20 FTI Webinar General Lecture by Dr. Luhur Bayuaji (Faculty of Computing - UMP), Cyber Security The network Defender to Jurusan Teknik Informatika, IST AKPRIND.

23 Universiti Teknologi Melaka (UTeM), Malaysia

08-Jul-20 Institut Webinar General Lecture by Rahayu Khasanah (Teknik Industri - IST AKPRIND), Flexible Manufacturing and Its Recent Development and Research to Fakulti Teknologi Kejuruteraan Mekanikal dan Pembuatan, UTeM, Malaysia.

24 Universiti Malaysia Pahang (UMP), Malaysia

09-Jul-20 Teknik Mesin

Global Classroom Program, Guest Lecture in Shearing Stresses in Beams and Thin-Walled Members collaboration between Dr. Ellyawan Arbintarso (IST AKPRIND, Indonesia) and Dr. Januar P Siregar (UMP, Malaysia)

Page 91: LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

C A T A T A N

Page 92: LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

C A T A T A N

Page 93: LAPORAN TAHUNAN REKTOR TAHUN 2020

C A T A T A N