laporan kerja bulanan juli 2010

9
LAPORAN KERJA UNIT BMTS-IT JUNI 2010

Upload: taman-siswa

Post on 23-Jun-2015

523 views

Category:

Documents


11 download

DESCRIPTION

Laporan singkat dengan dilengkapi foto-foto kegiatan

TRANSCRIPT

Page 1: Laporan Kerja Bulanan Juli 2010

LAPORAN KERJA UNIT BMTS-ITJUNI 2010

Page 2: Laporan Kerja Bulanan Juli 2010

DAFTAR ISI

Cover ……………………………………………………………….……1 Daftar isi ……………………………………………………………….…2 Pengantar ………………………………………………………….…… 3 Perbandingan antara rencana dengan realisasi ……………………3 Uraian kegiatan

a. Transportasi………………………………………………………… 4b. Aset tanah dan bangunan …………………………………………4c. Catering dan wisma …………………………………………..……5d. Personalia ………………………………………………………..…5e. Peningkatan kapasitas …………………………………………..…6

Lesson learned ……………………….…………………………………6 Perencanaan Agustus 2010 .………………………………..…………7

2

Page 3: Laporan Kerja Bulanan Juli 2010

Pengantar

Dokumen ini merupakan ringkasan kegiatan Unit BMTS-IT bulan Juli 2010. Berdasarkan rencana kerja tahunan yang ditetapkan dalam kegiatan evaluasi dan perencanaan, tidak terdapat kegiatan signifikan yang harus diselesaikan selama bulan Juli. Hal yang cukup menonjol adalah terselenggaranya dua kali peningkatan ketrampilan staf, yaitu bagi pengelola Toko Sidodadi dan bagi staf lapangan pengguna mobil dinas.

Sementara di bidang keamanan. Terdapat pengrusakan secara sengaja terhadap sejumlah alat-alat kelistrikan di bangunan Jagad Tani (JT) yang mengakibatkan alat penerangan tidak dapat berfungsi. Selain itu bangunan juga disalahgunakan untuk minum-minuman keras oleh sejumlah oknum pemuda dari wilayah sekitar. Kejadian ini menjadi pembelajaran bahwa pengelolaan asset, terutama dalam hal keamanannya perlu menjadi perhatian yang lebih serius.

Terkait dengan fasilitas gedung, regulator gas ukuran 12kg yang dipergunakan untuk pemanas air (reem) di wisma Hitchma rusak dan terbakar. Kejadian ini berlangsung saat ada kegiatan pelatihan CEFIL Intermediate. Meskipun tidak menimbulkan korban, namun kejadian tersebut mengingatkan agar cek dan ricek terhadap hal-hal yang berhubungan dengan perlengkapan gedung perlu terus menerus dilakuan.

Perbandingan Rencana dan Hasil

Rencana Realisasi

BMTS Service berkala sesuai buku

panduan Pembuatan SOP untuk perawatan

dan peminjaman kendaraan Pembersihan secara berkala Pembersihan kelas setiap habis

pelatihan Kamar mandi kamar dibersihkan

tiap hari

Service berkala kendaraan bermotor telah dilakukan pada Isuzu Panther dengan penggantian pada Kampas Kopling dan cross joint.

Sop peminjaman kendaraan akan disempurnakan

Pembersihan kelas setelah pelatihan dilakukan berkala

IT Training penggunaan database,

email, alfresco Tersedianya informasi tentang IT,

yang mendukung pekerjaan staf ( update antivirus )

Traing alfresco belum terlaksana Ada permintaan peralatan IT (printer)

dari Kadiv CB terpenuhi dengan menggunakan printer Ibu Esti.

Ada pemberitahuan kepada staf SATUNAMA melalui duwet mailing list tentang software/program yang berbahaya

3

Page 4: Laporan Kerja Bulanan Juli 2010

Pembukaan Toko sidodadi- secara resmi,SATUNAMA pada tgl 5 Juli 2010

Panther, reparasi pada komponen penerus daya-Kampas kopling dan kopel tgl 5 Juli 2010

Transportasi

Untuk mendukung kelancaran transportasi awal bulan Juli 2010, telah dilakukan penggantian kampas kopling dan crossjoint pada mobil Panther. Penggantian ini merupakan penggantian pertama kali sejak mobil dibeli pada tahun 2005. Pada saat penggantian odometer menunjukkan angka 120.000 km.

Pasca dilakukan perbaikan besar tersebut , mobil telah berfungsi dengan optimal. Pada perawatan rutin selanjutnya, perlu prioritas penggantian suspensi depan, karena lemahnya suspensi

mengakibatkan keausan ban depan dengan tidak merata.

Aset tanah dan bangunan

Bangunan galeri SATUNAMA dikembangankan menjadi unit usaha toko yang menyediakan kebutuhan lebih luas. Pilihan pada jenis usaha tersebut telah mempertimbangkan potensi SDM dan pengalaman yang dimiliki oleh staf BMTS.

Toko menyediakan layanan barang dan jasa bagi peserta pelatihan dan berpotensi dikembangkan untuk melayani kebutuhan staf SATUNAMA.

Adapun tujuan pendirian toko tersebut adalah untuk : Memperkenalkan dan membangun semangat kewirausahaan staf unit BMTS Memenuhi kebutuhan pribadi pengguna fasilitas SATUNAMA. Self finance unit BMTS pada masa yang akan datang.

Bangunan Jagad Tanipada tanggal 12 Juli 2010 ada sekelompok pemuda yang menyalahgunakan bangunan JT untuk minum minuman keras. Mereka kemudian diinterogasi di gedung PEP, dan kemudian diingatkan untuk tidak menggunakan bangunan JT untuk kegiatan mabuk-mabukan.

Kejadian sebelumnya adalah pengrusakan terhadap alat-alat kelistrikan di bangunan tersebut. Selain kasus tersebut tetangga kiri dan kanan juga pernah pada malam hari memergoki ada pasangan muda-mudi yang keluar dari gedung itu.

Terhadap kejadian tersebut BMTS mengambil tindakan sebagai berikut :

4

Page 5: Laporan Kerja Bulanan Juli 2010

Bocornya regulator tabung gas 12kg di Wisma Lotta,Hampir mengakibatkan kebakaran. Beruntung Kejadian tersebut segera di ketahui.

1. Mengintensifkan patroli siang dan malam hari2. Memagari bagian depan dan kanan gedung JT dengan Bambu3. Mengganti alat-alat penerangan (lampu-saklar) yang telah dirusak

Pengelolaan Sawah

Tingginya upah tenaga kerja dalam pengelolaan sawah sudah disadari sejak awal. Biaya untuk mengelola tanah dan tenaga kerja ternyata lebih tinggi dari yang diperkirakan. Sebelum ditanam pada tanggal 29 Juni 2010 diperkirakan biaya untuk mengelola tanah JT hanya membutuhkan Rp.500.000, namun hingga saat ini ( Agustus 2010) biaya yang sudah dikeluarkan telah mencapai Rp. 770.000. Tingginya biaya ini karena tanah sawah mengeras akibat lama tidak diolah/ ditanami. Oleh karenanya pengelolaan keuangan sawah dimasa datang perlu mengalokasikan secara khusus biaya tenaga kerja untuk pengolahan tanah.

.

Keamananan bangunan

Pada tanggal 29 Juli 2010, sekitar jam 09.15 terjadi insiden kebakaran regulator gas di Wisma Lotta. Saat sedang membersihkan ruangan kamar no.10 staf yang bertugas mencium bau karet terbakar, yang ternyata bersumber dari terbakarnya regulator tabung gas 12 Kg untuk pemanas air.

Regulator lama diduga mengalami kebocoran sehingga api dari pemanas air (rheem) menyambar tabung gas.Beruntung kejadian tersebut terdeteksi sehingga tidak ada dampak yang serius. Dengan adanya kejadian ini, maka kelayakan alat perlu dievaluasi secara berkala.

Setelah kejadian tersebut, petugas mengganti regulator lama dan secara keseluruhan perlu mengevaluasi semua perangkat yang berhubungan dengan gas

Catering dan wisma Selama bulan Juli 2010, catering dan wisma melayani dua kegiatan. Yaitu kegiatan untuk forum PRB Yogyakarta (15-16 Juli 2010) dan CEFIL Intermediate ( 26-31 Juli 2010) Jumlah peserta yang dilayani untuk masing-masing kegiatan Forum PRB 22 orang dan Peserta Cefil 25 Orang.

15 - 16 Juli F.PRB- Yogyakarta 2226 - 31 Juli CEFIL INTERMEDIATE 24

5

Page 6: Laporan Kerja Bulanan Juli 2010

Pelatihan mengemudi di medan offroad bagiStaf pengguna mobil kantor

Mempersiapkan pengelola Toko yang berkelanjutan

Peningkatan kapasitas

Bulan Juli 2010 ada dua kali kegiatan peningkatan ketrampilan bagi staf di Unit BMTS-IT untuk staf pengelola Toko Sidodadi dan ketrampilan mengemudi di

medan offroad bagi staf yang mengemudi mobil kantor.

Peningkatan kapasitas bagi pengelola toko berupa pelatihan pembukuan. Kegiatan ini berlangsung tanggal 5 Juli 2010 diikuti oleh pengelola toko yaitu , Dwi Setianingsih, Suwanto, Gusdiman, Sugiyanto dan Edy Purwaka. Fasilitator kegiatan adalah sdri. Kantri.

Dalam pelatihan singkat tersebut disampaikan materi tentang pencatatan persediaan toko. Dari pengamatan sekilas, hasil pelatihan memang belum sesuai dengan harapan hal ini terjadi karena peserta lebih mengharapkan pelatihan lebih ke segi-segi tehnis pengelolaannya saja.

Sementara itu pada tanggal 24 Juli 2010, unit mengadakan pelatihan keterampilan mengemudi di medan offroad bagi staf yang sering mengemudikan mobil kantor. Kegiatan bertempat di Lapangan Babusan, Cangkringan, Pakem, Sleman diikuti oleh 4 peserta, Dwi Setyaningsih, Kasi Mulyanto, Edy Purwaka dan Rahmanto.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan perawatan pra-berkendara dan sekaligus peningkatan ketrampilan mengemudi di medan offroad. Ketrampilan ini dibutuhkan agar staf dapat memfungsikan mobil secara optimal (dalam hal ini mobil lapangan- Taft Ranger) . Kegiatan berjalan dengan baik dan mencapai

tujuan yang diinginkan. Hal ini tampak dari meningkatnya pemahaman staf mengenai fungsi-fungsi penggerak ganda pada mobil lapangan dan mengenai macam-macam cairan/pelumas yang digunakan di mobil

Lesson learned - Unit BMTS-IT sebagian besar mengerjakan hal yang sama setiap harinya. Namun

demikian banyak SOP yang belum ditaati. Seperti pada masalah pemeliharaan lingkungan, pada saat bangunan tidak digunakan untuk pelatihan, kegiatan pemeliharaan/ pembersihan belum dilakukan dengan baik. Dalam hal ini adalah tugas supervisor untuk mengingatkan, namun apabila tidak ada yang mengingatkan banyak hal kembali kepada kebiasaan lama.

6

Page 7: Laporan Kerja Bulanan Juli 2010

- Peningkatan kapasitas/ketrampilan staf untuk mendukung pekerjaan perlu dilakukan secara sistematis dan terprogram serta didukung oleh rencana pembiayaan yang baik.

Perencanaan Agustus 2010

Kegiatan KeteranganKendaraan Service berkala sesuai buku

panduan

- Penggantian suspensi depan Panther- Perbaikan master rem Ranger

Melakukan Pengecekan kendaraan sebelum dan setelah digunakan

- Membeli Oli Power steering Netral- Membeli Minyak Rem

Bangunan Kantor dan PEP Pembersihan secara berkala

- Penggantian genteng untuk PEP

Bangunan Lotta, Hitschma, Nova dan Radio Kamar mandi kamar dibersihkan

tiap hari

Kamar mandi umum dan kantor dibersihkan tiap pagi dan setelah makan siang kebersihan, ketersediaan air, tissu, dll

Perbaikan saluran Air di Ruang Kerja Pembina – Nova.

- Telah dilakukan pemeriksaan awal dan diketahui penyebab kebocoran terletak pada pipa didalam tembok.

Pembelian perlengkapan tugas untuk patroli satpam ( Lampu senter ukuran besar )

IT

Kegiatan KeteranganPerawatan berkala terhadap barang IT Pengecekan berkala terhadap

desktop / laptop / LCD / monitor

Pengembangan Tersedianya informasi tentang IT,

yang mendukung pekerjaan staf ( update

antivirus ) Pelatihan Freemind, Picasa

dan Advance email untuk staf SATUNAMA

7