bahan kuliah agama islam 19 oktober 2009

112
MEMELIHARA AQIDAH DI MEMELIHARA AQIDAH DI ERA GLOBALISASI ERA GLOBALISASI Dr.dr.H Zainal Arifin Adnan,SpPD-KR Dr.dr.H Zainal Arifin Adnan,SpPD-KR

Upload: riza-setya-agrensa

Post on 18-Jan-2016

235 views

Category:

Documents


1 download

DESCRIPTION

kijibghk

TRANSCRIPT

Page 1: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

MEMELIHARA AQIDAH DI MEMELIHARA AQIDAH DI ERA GLOBALISASIERA GLOBALISASI

Dr.dr.H Zainal Arifin Adnan,SpPD-KRDr.dr.H Zainal Arifin Adnan,SpPD-KR

Page 2: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

STUDI KRITIS STUDI KRITIS TERHADAP PENDIDIKAN TERHADAP PENDIDIKAN

ISLAM MASA KINIISLAM MASA KINI

I.I. Sistem Pendidikan TradisionaSistem Pendidikan Tradisional muslim l muslim adalah sistem pendidikan yang adalah sistem pendidikan yang menerapkan metode intelektual yang menerapkan metode intelektual yang merujuk pada metode yang telah merujuk pada metode yang telah diwariskan generasidiwariskan generasi22 Islam abad Islam abad pertengahan hijriyah yang telah mengalami pertengahan hijriyah yang telah mengalami polarisasi dan kristalisasi.polarisasi dan kristalisasi.

Page 3: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

Metode intelektual tlh mengakibatkan ajaran dan penge Islam mengalami Metode intelektual tlh mengakibatkan ajaran dan penge Islam mengalami pembagianpembagian2 2 dan pemecahandan pemecahan22 menjd beberapa sub ajaran dan penge yg menjd beberapa sub ajaran dan penge yg terpisah antara satu dengan yg lainnya.terpisah antara satu dengan yg lainnya.

Yang terkenal dari metode Intelektual adalah :Yang terkenal dari metode Intelektual adalah :

1. 1. Munculnya aliran mazhab fiqhMunculnya aliran mazhab fiqh

2.2. Munculnya aliran Teologi (Kalam)Munculnya aliran Teologi (Kalam)

3.3. Munculnya kelompokMunculnya kelompok22 sufi, sufi,

4.4. Munculnya kelompok sastra (adab)Munculnya kelompok sastra (adab)

5. 5. Munculnya kelompok ilmu-ilmu aqliyah non syar’iMunculnya kelompok ilmu-ilmu aqliyah non syar’i

6.6. Munculnya aliran mazhab filsafat rasionalis.Munculnya aliran mazhab filsafat rasionalis.

Hal ini disebabkan sebagai konsekwensi logis Hal ini disebabkan sebagai konsekwensi logis penyebaran Islam yang melewati berbagai bentuk penyebaran Islam yang melewati berbagai bentuk peradaban dan budaya dunia. peradaban dan budaya dunia.

Page 4: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

Proses Islamisasi di tengah masyarakat , maka melahirkan budaya dan Proses Islamisasi di tengah masyarakat , maka melahirkan budaya dan peradaban baru yang merupakan integrasi antara ajaran Islam dg budaya peradaban baru yang merupakan integrasi antara ajaran Islam dg budaya dan peradaban setempat, dg latar belakang dimensi proses :dan peradaban setempat, dg latar belakang dimensi proses :

1.1. Adanya kepentingan raja atau penguasa yang diktator utk Adanya kepentingan raja atau penguasa yang diktator utk memperkuat kedudukannya dg memperalat cendekiawan memperkuat kedudukannya dg memperalat cendekiawan yang cinta kedudukan. (Cont. penderitaan para Imam yang cinta kedudukan. (Cont. penderitaan para Imam Mazhab, dll).Mazhab, dll).

2.2. Semangat cinta ilmu yang kurang dari dasar aqidah, shg Semangat cinta ilmu yang kurang dari dasar aqidah, shg muncul ilmumuncul ilmu22 yang bertentangan dg aqidah dan mereka yang bertentangan dg aqidah dan mereka mabuk kepayang dg kenikmatan duniawimabuk kepayang dg kenikmatan duniawi

3.3. Lahir kelompok sufi sebagai protes terhadap point : 1 dan 2 Lahir kelompok sufi sebagai protes terhadap point : 1 dan 2 yang hanya mementingkan kenikmatan spritual dan yang hanya mementingkan kenikmatan spritual dan meninggalkan kenikmatan duniawi.meninggalkan kenikmatan duniawi.

4.4. Lahir kelompok cendekia ekstrim yang menutup pintu Lahir kelompok cendekia ekstrim yang menutup pintu ijtihad, dg dalih ingin melestarikan warisan intelektual ijtihad, dg dalih ingin melestarikan warisan intelektual Muslim, krn ummat Islam pada saat itu sdh stagnan akibat Muslim, krn ummat Islam pada saat itu sdh stagnan akibat serangan bangsa bar-bar ke Bagdad.serangan bangsa bar-bar ke Bagdad.

Page 5: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

Sistem Pendidikan Tradisional Di Indonesia semakin Sistem Pendidikan Tradisional Di Indonesia semakin mengkristal karena tekanan penjajah yang mengkristal karena tekanan penjajah yang menyebarkan ide skuler. Akibatnya muncul a.l. :menyebarkan ide skuler. Akibatnya muncul a.l. :

1.1. Berdirinya pondok pesantren, madrasah dsj.Berdirinya pondok pesantren, madrasah dsj.2.2. Ditanamkan sikap anti penjajah dan segala Ditanamkan sikap anti penjajah dan segala

sesuatu yang terkait dg penjajah, termasuk ilmusesuatu yang terkait dg penjajah, termasuk ilmu22 yang dimiliki penjajah yang awalnya didapat dari yang dimiliki penjajah yang awalnya didapat dari dunia Islam.dunia Islam.

3.3. Yang dipelajari hanya kitab yang dianggap tidak Yang dipelajari hanya kitab yang dianggap tidak terkontaminasi dg pemikiran skuler, termasuk tidak terkontaminasi dg pemikiran skuler, termasuk tidak belajar Ilmu kalam.belajar Ilmu kalam.

4.4. Penjajah mendirikan lembaga pendidikan skuler Penjajah mendirikan lembaga pendidikan skuler utk mendidik kaderutk mendidik kader22 dari kalangan pribumi. dari kalangan pribumi.

5.5. Akibatnya pasca kemerdekaan yang memegang Akibatnya pasca kemerdekaan yang memegang tampuk pemerintahan adalah alumni pendidikan tampuk pemerintahan adalah alumni pendidikan penjajah.penjajah.

Page 6: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

Sampai saat ini Sistem Pendidikan Tradisional dg metode Intelektual Sampai saat ini Sistem Pendidikan Tradisional dg metode Intelektual Tradional oleh sebagian besar kaum Muslimin tetap dipertahankan baik Tradional oleh sebagian besar kaum Muslimin tetap dipertahankan baik secara murni maupun dg tambahan sedikit materi Matematika, Fisika, secara murni maupun dg tambahan sedikit materi Matematika, Fisika, Biologi, Bhs Inggris, dll.Biologi, Bhs Inggris, dll.

1.1. Sisi KelemahannyaSisi Kelemahannyaa. Cenderung melahirkan cendekiawan yg a. Cenderung melahirkan cendekiawan yg teksbook; handal membahas kitab klasik teksbook; handal membahas kitab klasik tp tanpa inovasi, dia hanya mengulas tp tanpa inovasi, dia hanya mengulas (mensyarah) kitab yg sdh ada.(mensyarah) kitab yg sdh ada.b. Ulama dan Uztad yang terpinggir arus b. Ulama dan Uztad yang terpinggir arus

modernisasi dan globalisasi, krn tdk modernisasi dan globalisasi, krn tdk mampu menyelesaikan problem sosial mampu menyelesaikan problem sosial masy modern. masy modern.

Page 7: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

2.2. SisiSisi KelebihanKelebihan

a. a. Melahirkan generasi yg konsisten dan sangat Melahirkan generasi yg konsisten dan sangat menghormatimenghormati ajaranajaran Islam.Islam.

b.b. Rela mengorbankan harta dan nyawa demi Rela mengorbankan harta dan nyawa demi Islam.Islam.

c.c. Memiliki akhlaq mulia, tawadhu’, ahli ibadah.Memiliki akhlaq mulia, tawadhu’, ahli ibadah.d.d. Patriotik mencegah kemungkaran dan Patriotik mencegah kemungkaran dan kebatilan.kebatilan.e.e. Melahirkan pemikir-pemikir besar dunia dalam Melahirkan pemikir-pemikir besar dunia dalam

bidangnya masing-masing (Ilmu fiqh, Ilmu bidangnya masing-masing (Ilmu fiqh, Ilmu kalam, ilmu tafsir, ilmu tasawuf, ilmu hadits, dll)kalam, ilmu tafsir, ilmu tasawuf, ilmu hadits, dll)

Page 8: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

II.II. SistemSistem PendidikanPendidikan SekulerSekuler

Menggunakan metode dan landasan filsafat Barat yang Menggunakan metode dan landasan filsafat Barat yang sekuler dg tujuan utk mencetak kader-kader yang berwajah sekuler dg tujuan utk mencetak kader-kader yang berwajah pribumi (muslim) namun berpikiran Barat dan akan pribumi (muslim) namun berpikiran Barat dan akan dijadikan PEGAWAI/ ANTEK/ ALATdijadikan PEGAWAI/ ANTEK/ ALAT penjajah.penjajah.

SEMBOYAN PENJAJAH DATANG KE DUNIA ISLAM SEMBOYAN PENJAJAH DATANG KE DUNIA ISLAM ADALAH 3 G YAITU :ADALAH 3 G YAITU :

1. Glory1. Glory (kemenangan)(kemenangan)

2. Gold2. Gold (emas)(emas)

3. Gospel3. Gospel (penginjilan)(penginjilan)

Kesimpulannya : Utk menguasai negeri, merampok kekayaan Kesimpulannya : Utk menguasai negeri, merampok kekayaan dan menyebarkan paham mereka yang sekuler.dan menyebarkan paham mereka yang sekuler.

Page 9: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

Menurut Muh. Abduh : Pendidikan sekuler penjajah Menurut Muh. Abduh : Pendidikan sekuler penjajah hanya bertujuan untuk menjadi pegawai pemerintah.hanya bertujuan untuk menjadi pegawai pemerintah.

Menurut Fazlur Rahman Pendidikan sekuler di negaraMenurut Fazlur Rahman Pendidikan sekuler di negara22 Islam sat ini Islam sat ini cenderung hanya melanjutkan sistem pendidikan kolonial yang bertujuan cenderung hanya melanjutkan sistem pendidikan kolonial yang bertujuan utk menjadi pegawai pemerintah. Tidak memberikan dasar yang kuat utk menjadi pegawai pemerintah. Tidak memberikan dasar yang kuat dalam budaya tradisional dan tidak memberikan keterampilan yang ril utk dalam budaya tradisional dan tidak memberikan keterampilan yang ril utk melaksanakan tugas dan tanggung jawab kemasyarakatan sesuai dg melaksanakan tugas dan tanggung jawab kemasyarakatan sesuai dg tuntutan masy modern, bahkan cenderung telah melahirkan generasi tuntutan masy modern, bahkan cenderung telah melahirkan generasi tanggung dan serba salah.tanggung dan serba salah.

Cenderung kurang memiliki ruh keislaman.Cenderung kurang memiliki ruh keislaman.

Islam dipelajari sebatas pengetahuan, bukan utk diamalka.Islam dipelajari sebatas pengetahuan, bukan utk diamalka.

Islam tidak mengenal sistem pendidikan sekuler, yakni terpisah antara Islam tidak mengenal sistem pendidikan sekuler, yakni terpisah antara kepentingan dunia dengan pengamalan agama.kepentingan dunia dengan pengamalan agama.

Istilah sekuler lahir dari ajaran Kristen yang memisahkan Istilah sekuler lahir dari ajaran Kristen yang memisahkan dunia dg ajaran agama. dunia dg ajaran agama.

Page 10: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

SISTEM PENDIDIKAN GABUNGAN SISTEM PENDIDIKAN GABUNGAN TRADISIONAL DAN SEKULERTRADISIONAL DAN SEKULER

Sistem gabungan ini merupakan Sistem Pendidikan Sistem gabungan ini merupakan Sistem Pendidikan Alternatif yg dikemukakan oleh para cendekiawan Alternatif yg dikemukakan oleh para cendekiawan Islam akhir abad 18 dan awal abad 19.Islam akhir abad 18 dan awal abad 19.

Hasil yg diharapkan adalah cendekiawan yang Hasil yg diharapkan adalah cendekiawan yang memiliki pemahaman ajaran Islam dg baik dan memiliki pemahaman ajaran Islam dg baik dan konsekwen serta menguasai sains dan teknologi.konsekwen serta menguasai sains dan teknologi.

Fazlur Rahman membagi proses penggabungan ini Fazlur Rahman membagi proses penggabungan ini pada dua fase, yaitu : Modernisasi Klasik dan pada dua fase, yaitu : Modernisasi Klasik dan Modernisasi Kontemporer. Modernisasi Kontemporer.

Page 11: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

MODERNISASI KLASIKMODERNISASI KLASIK

Fase ini dunia Islam masih dalam kungkungan penjajah.Fase ini dunia Islam masih dalam kungkungan penjajah.Fase ini ditandai dg munculnya cendekiawan Muslim yang Fase ini ditandai dg munculnya cendekiawan Muslim yang memodernisasikan sistem tradisional yang diterapkan oleh lembaga memodernisasikan sistem tradisional yang diterapkan oleh lembaga pendidikan tradisional dg memasukkan sainspendidikan tradisional dg memasukkan sains22 modern yang diadopsi dari modern yang diadopsi dari Barat.Barat.Tokoh yg terkenal a.l. Sayyid Ahmad Khan dan Sayyid Amir Ali (India), Tokoh yg terkenal a.l. Sayyid Ahmad Khan dan Sayyid Amir Ali (India), Sayyid Jamaluddin Al-Afgani (Persia), Namik Kemal (Turki), Syaikh Muh. Sayyid Jamaluddin Al-Afgani (Persia), Namik Kemal (Turki), Syaikh Muh. Abduh (Mesir). Ini disebut dg Pan Islamisme.Abduh (Mesir). Ini disebut dg Pan Islamisme.Pada fase ini sebagian negara Islam masih terjajah.Pada fase ini sebagian negara Islam masih terjajah.Akibatnya Jamaluddin Al-Afgani dan Muh. Abduh diasingkan ke Perancis.Akibatnya Jamaluddin Al-Afgani dan Muh. Abduh diasingkan ke Perancis.Di Perancis keduanya menerbitkan majalah al-Urwatul Wutsqo, yg Di Perancis keduanya menerbitkan majalah al-Urwatul Wutsqo, yg berpengaruh lsg pada kebangkitan Ummat Islam di seluruh dunia.berpengaruh lsg pada kebangkitan Ummat Islam di seluruh dunia.Akademi Aligarh ysng didirikan th. 1881 oleh Sayyid Ahmad Khan adalah Akademi Aligarh ysng didirikan th. 1881 oleh Sayyid Ahmad Khan adalah salah satu PT yang mewakili sistem gabungan tradisional dan sekuler. salah satu PT yang mewakili sistem gabungan tradisional dan sekuler.

Page 12: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

PENYEBAB KEGAGALAN SISTEM PENYEBAB KEGAGALAN SISTEM GABUNGAN INI ANTARA LAIN :GABUNGAN INI ANTARA LAIN :

Kurang tersedianya tenaga pengajar Kurang tersedianya tenaga pengajar yang profesional di bidangnya.yang profesional di bidangnya.Kurangnya buku-buku referensiKurangnya buku-buku referensiKurangnya kesadaran dan tanggung Kurangnya kesadaran dan tanggung jawab para intelektual muslimjawab para intelektual muslimPublikasi kurikulum syariah yang Publikasi kurikulum syariah yang masih sangat terbatasmasih sangat terbatas

Page 13: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

MODERNISASI KONTEMPORERMODERNISASI KONTEMPORER

Fase ini negara Islam sudah MerdekaFase ini negara Islam sudah MerdekaAkan tetapi walaupun merdeka Kondisi Pendidikan Akan tetapi walaupun merdeka Kondisi Pendidikan Islam masih dalam keadaan sulit karena penguasa Islam masih dalam keadaan sulit karena penguasa baru banyak dikuasai oleh para Muslim yg sekuler.baru banyak dikuasai oleh para Muslim yg sekuler.Dalam posisi ini sistem pendidikan Islam selalu Dalam posisi ini sistem pendidikan Islam selalu dikebiri, agar tdk menjadi batu sandungan pejabat dikebiri, agar tdk menjadi batu sandungan pejabat sekuler.sekuler.Sebagai bahan kajian (bagaimana perbandingan Sebagai bahan kajian (bagaimana perbandingan perhatian pemerintah Indonesia terhadap sekolah perhatian pemerintah Indonesia terhadap sekolah umum dg sekolah agama). umum dg sekolah agama).

Page 14: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

SISTEM PENDIDIKAN ISLAMISASI SISTEM PENDIDIKAN ISLAMISASI PENGETAHUANPENGETAHUAN

- Sistem pendidikan Islam mengarah pada Sistem pendidikan Islam mengarah pada Islamisasi Pengetahuan (kurikulum syariah)Islamisasi Pengetahuan (kurikulum syariah)

- Kurikulum syariah adalah dengan memberikan Kurikulum syariah adalah dengan memberikan nuansa dan ruh keislaman pada setiap ilmu nuansa dan ruh keislaman pada setiap ilmu pengetahuan.pengetahuan.- Bagaimana mencetak seorang dokter - Bagaimana mencetak seorang dokter (profesi lain)(profesi lain) yang memiliki ruh keislaman yang memiliki ruh keislaman yang yang tinggi pada semua bidang ilmu tinggi pada semua bidang ilmu pengetahuan dan profesinya.pengetahuan dan profesinya.

Page 15: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

A.A. UrgensiUrgensi IslamisasiIslamisasi PengetahuanPengetahuan- Islamisasi pengetahuan diilhami oleh Sir Muhammad Iqbal- Islamisasi pengetahuan diilhami oleh Sir Muhammad Iqbal- Dibalik asumsi ttg kemajuan peradaban Barat, sebenarnya - Dibalik asumsi ttg kemajuan peradaban Barat, sebenarnya

ter selubung kegagalan total peradaban Barat ter selubung kegagalan total peradaban Barat baik secara baik secara teori maupun praktek.Hal ini teori maupun praktek.Hal ini terjadi karena azas filsafat terjadi karena azas filsafat berpikir berpikir peradaban Barat berangkat dari peradaban Barat berangkat dari keraguan/kebingungan dan skeptis serta berpijak pada keraguan/kebingungan dan skeptis serta berpijak pada

keyakinan alenktis, sehingga hasil peradaban bukannya keyakinan alenktis, sehingga hasil peradaban bukannya mendatangkan kedamaian manusia, akan mendatangkan kedamaian manusia, akan

tetapi justru tetapi justru mendatangkan kekacauan ummat mendatangkan kekacauan ummat manusia.manusia.- - Islamisasi pengetahuan (Islamization of Knowledge) mutlak Islamisasi pengetahuan (Islamization of Knowledge) mutlak

diperlukan dengan berangkat dari keyakinan apologis dan diperlukan dengan berangkat dari keyakinan apologis dan kebenarankebenaran dalildalil naqli. naqli.

Page 16: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

B. Aliran Islamisasi PengetahuanB. Aliran Islamisasi Pengetahuan1.1. Model Faruqi dan penerusnya yg didukung dg Model Faruqi dan penerusnya yg didukung dg The The

International Institute of Islamic Thought International Institute of Islamic Thought (IIIT)(IIIT) yg berpusat yg berpusat di Virginia AS.di Virginia AS.dg cara memberikan ruh keislaman pada sains modern dg cara memberikan ruh keislaman pada sains modern (menstranformasi pengetahuan yg tdk bertentangan dg (menstranformasi pengetahuan yg tdk bertentangan dg ajaran Islam, menyaring dan membuat kaedah ajaran Islam, menyaring dan membuat kaedah pengetahuan Islam). pengetahuan Islam).

2.2. Model Syed Muhammad Naquib al-attas yg didukung dg Model Syed Muhammad Naquib al-attas yg didukung dg International Institute of Islamic Thought and CivilizationInternational Institute of Islamic Thought and Civilization (ISTAC) di Kuala Lumpur.(ISTAC) di Kuala Lumpur.dg cara mengisolasi dan memindahkan segala sesuatu yg dg cara mengisolasi dan memindahkan segala sesuatu yg tdk Islami, dan memasukkan elementdk Islami, dan memasukkan elemen22 kunci Islam dan kunci Islam dan konsepkonsep22 Islam sesuai dg dalil naqli. Islam sesuai dg dalil naqli.

Page 17: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

C.C. Evaluasi thdp Sistem Pendidikan Islamisasi Evaluasi thdp Sistem Pendidikan Islamisasi Pengetahuan.Pengetahuan.

Diyakini bahwa saat ini ummat Islam dalam pengetahuan sdh Diyakini bahwa saat ini ummat Islam dalam pengetahuan sdh kehilangan jejak tradisi dan warisan dari cendekiawan Muslim kehilangan jejak tradisi dan warisan dari cendekiawan Muslim terdahulu sejak terjadinya pencerahan Eropa.terdahulu sejak terjadinya pencerahan Eropa.

Apakah mungkin mengislamisasikan pengetahuan Barat yang Apakah mungkin mengislamisasikan pengetahuan Barat yang jelas bertentangan dg ajaran Islam. Contoh seperti jelas bertentangan dg ajaran Islam. Contoh seperti Perbankan, seni dan olah raga, atau ilmu kedokteran yang Perbankan, seni dan olah raga, atau ilmu kedokteran yang menemukan sistem kloning genetik.menemukan sistem kloning genetik.

Islamisasi Pengetahuan Islam seharusnya tdk hanya Islamisasi Pengetahuan Islam seharusnya tdk hanya diarahkan pada perbaikan pengetahuan yg bersumber dari diarahkan pada perbaikan pengetahuan yg bersumber dari Barat, akan tetapi justru difokuskan pada penyusunan dan Barat, akan tetapi justru difokuskan pada penyusunan dan pengembangan teoripengembangan teori22 pengetahuan Baru Islam yang berbeda pengetahuan Baru Islam yang berbeda dari pengetahuan Barat.dari pengetahuan Barat.

Page 18: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

IKHWANUL MUSLIMINIKHWANUL MUSLIMINTokoh utamanya adalah : Hasan Al-BannaTokoh utamanya adalah : Hasan Al-Banna

Gerakannya adalah Dakwah melalui TarbiyahGerakannya adalah Dakwah melalui Tarbiyah

Tarbiyah mempunyai 3 akar kata :Tarbiyah mempunyai 3 akar kata :

- - Rabaa-yarbuu (bertambah/berkembang)Rabaa-yarbuu (bertambah/berkembang)

- - Rabiya-yarba (tumbuh dari kecil menjadi Rabiya-yarba (tumbuh dari kecil menjadi besar);besar);

-- Rabba-yarubbu (memperbaiki, Rabba-yarubbu (memperbaiki, menangani menangani urusannya, membimbing, urusannya, membimbing, memelihara dan memelihara dan menjaga);menjaga);

Page 19: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

Imam al-Baidhawi mengatakan Tarbiyah Imam al-Baidhawi mengatakan Tarbiyah adalah mengantarkan sesuatu kepada adalah mengantarkan sesuatu kepada kesempurnaannya sedikit demi sedikit;kesempurnaannya sedikit demi sedikit;

Ar-Raghib Al-Ashfahani mengatakan Tarbiyah Ar-Raghib Al-Ashfahani mengatakan Tarbiyah menumbuhkan sesuatu dari satu kondisi ke menumbuhkan sesuatu dari satu kondisi ke kondisi lain sampai ke tingkat sempurna.kondisi lain sampai ke tingkat sempurna.

Tarbiyah pengertiannya berbeda dengan Tarbiyah pengertiannya berbeda dengan PENDIDIKAN sebab pendidikan hanya PENDIDIKAN sebab pendidikan hanya mengarah pada proses pembelajaran dalam mengarah pada proses pembelajaran dalam koridor normatif pada aspek kognitif, afektif koridor normatif pada aspek kognitif, afektif dan psikomotorik.dan psikomotorik.

Page 20: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

LATAR BELAKANG TIMBULNYA KONSEP LATAR BELAKANG TIMBULNYA KONSEP TARBIYAH HASAN AL-BANNATARBIYAH HASAN AL-BANNA

Muatan Nasional yang lemah di dunia pendidikan (porsi Muatan Nasional yang lemah di dunia pendidikan (porsi sejarah yang dapat menimbulkan patriotisme);sejarah yang dapat menimbulkan patriotisme);

Politik pendidikan nasional yang tidak stabil (dipengaruhi oleh Politik pendidikan nasional yang tidak stabil (dipengaruhi oleh kepentingan Inggris);kepentingan Inggris);

Dualisme pendidikan dasar (perbedaan perlakuan kualitas Dualisme pendidikan dasar (perbedaan perlakuan kualitas antara sekolah di perkotaan dan pedesaan);antara sekolah di perkotaan dan pedesaan);

Kesempatan belajar yang tdk merata (adanya diskriminatif Kesempatan belajar yang tdk merata (adanya diskriminatif termasuk masalah biaya/beasiswa);termasuk masalah biaya/beasiswa);

Dualisme corak pendidikan (Lembaga Pendidikan Umum dan Dualisme corak pendidikan (Lembaga Pendidikan Umum dan Lembaga Pendidikan Agama).Lembaga Pendidikan Agama).

Page 21: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

PRINSIP-PRINSIP TARBIYAH PRINSIP-PRINSIP TARBIYAH IKHWANUL MUSLIM HASAN AL-BANNAIKHWANUL MUSLIM HASAN AL-BANNA

Prinsip Ideologis (menanamkan essensi Ketuhanan/ Prinsip Ideologis (menanamkan essensi Ketuhanan/ pemantapan aqidah);pemantapan aqidah);

Prinsip Sosial (Pembentukan masyarakat Muslim/ Prinsip Sosial (Pembentukan masyarakat Muslim/ Civil Society);Civil Society);

Prinsip Ekonomi dan Keadilan Sosial yang bermuara Prinsip Ekonomi dan Keadilan Sosial yang bermuara pada kebangkitan ekonomi Nasional;pada kebangkitan ekonomi Nasional;

Prinsip Politik yang mengarah pada pembebasan Prinsip Politik yang mengarah pada pembebasan bangsa dari pengaruh dan intervensi Negara asing;bangsa dari pengaruh dan intervensi Negara asing;

Page 22: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

KONSEP TARBIYAH HASAN AL-BANNAKONSEP TARBIYAH HASAN AL-BANNA

Tarbiyah AqidiyahTarbiyah Aqidiyah

-- Peserta didik diwajibkan membaca Al-Qur’an Peserta didik diwajibkan membaca Al-Qur’an setiap hari setiap hari minimal 1 Juz untuk memperoleh Ma’rifah;minimal 1 Juz untuk memperoleh Ma’rifah;

-- Peserta didik harus melakukan isolasi Peserta didik harus melakukan isolasi perasaan/uzlah perasaan/uzlah syu’uriyah syu’uriyah atau membentengi diri atau membentengi diri dari pengaruh konsepsi dari pengaruh konsepsi yang tdk yang tdk Islami;Islami;

-- Pembangunan tdk hanya dalam teori ttp hrs realistis menyentuh Pembangunan tdk hanya dalam teori ttp hrs realistis menyentuh kejiwaan;kejiwaan;

-- Membangun loyalitas Islami dg tdk memihak Membangun loyalitas Islami dg tdk memihak pada pada anasir anasir yang yang bertentangan dg nilai Islam;bertentangan dg nilai Islam;

-- Diharuskan merenungi makna wirid Qur’ani tertentu setiap Diharuskan merenungi makna wirid Qur’ani tertentu setiap minggu;minggu;

-- Mempelajari risalah dasar-dasar aqidah serta konsepsi Jama’ah Mempelajari risalah dasar-dasar aqidah serta konsepsi Jama’ah mengenai Aqidah serta syarahnya.mengenai Aqidah serta syarahnya.

Page 23: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

Tarbiyah RuhiyahTarbiyah Ruhiyah (Meningkatkan dimensi Spritual (Meningkatkan dimensi Spritual dengan Allah SWT)dengan Allah SWT)

-- Merasakan kebersamaan Allah dimana saja Merasakan kebersamaan Allah dimana saja berada;berada;

-- Lurus antara niat, kata dan perbuatan;Lurus antara niat, kata dan perbuatan;

-- Bercita-cita syahid atau hidup mulia;Bercita-cita syahid atau hidup mulia;

-- Berlomba-lomba dg kebaikan;Berlomba-lomba dg kebaikan;

-- Senantiasa melakukan Muhasabah,Senantiasa melakukan Muhasabah,

- - Memiliki sikap tawakkal, Rajaa dan Khauf yang Memiliki sikap tawakkal, Rajaa dan Khauf yang tinggi.tinggi.

Page 24: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

Tarbiyah Khuluqiyah (Pendidikan AkhlaqulTarbiyah Khuluqiyah (Pendidikan Akhlaqul Karimah)Karimah)

- - Memiliki nurani yang terjaga;Memiliki nurani yang terjaga;

-- Mempunyai moral yang kokoh;Mempunyai moral yang kokoh;

.. Tarbiyah Ijtima’iyah ( Pendidikan Sosial)Tarbiyah Ijtima’iyah ( Pendidikan Sosial)..

-- Mengokohkan solidaritas Sosial;Mengokohkan solidaritas Sosial;

-- Sosialisasi tradisi Islami;Sosialisasi tradisi Islami;

-- Pemberdayaan sosial (gotong royong Pemberdayaan sosial (gotong royong dsb)dsb)

Page 25: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

Tarbiyah JismiyahTarbiyah Jismiyah (Pendidikan pisik) (Pendidikan pisik)

-- Badan yang sehat dan kuat;Badan yang sehat dan kuat;

Tarbiyah AqliyahTarbiyah Aqliyah (Pendidikan Intelektual) (Pendidikan Intelektual)

Tarbiyah Siyasiyah Tarbiyah Siyasiyah (Pendidikan Politik)(Pendidikan Politik)

Page 26: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

MODERNISASI PENDIDIKAN TINGGI DI IRAN 1925-1979 : KEMUNCULAN MODERNISASI PENDIDIKAN TINGGI DI IRAN 1925-1979 : KEMUNCULAN UNIVERSITAS DAN KELOMPOK INTELEGENSIA.UNIVERSITAS DAN KELOMPOK INTELEGENSIA.

Modernisasi Pendidikan Tinggi di Iran berawal dari dinasti Modernisasi Pendidikan Tinggi di Iran berawal dari dinasti Pahlevi terutama oleh Riza Syah Pahlevi Tahun 1925 – 1941.Pahlevi terutama oleh Riza Syah Pahlevi Tahun 1925 – 1941.Sampai dengan Revolusi Iran Th. 1979 polarisasi modernisasi Sampai dengan Revolusi Iran Th. 1979 polarisasi modernisasi Pendidikan Tinggi tetap bergulir.Pendidikan Tinggi tetap bergulir.Nampak keberhasilan dari Modernisasi tsb adalah alumni-Nampak keberhasilan dari Modernisasi tsb adalah alumni-alumni perguruan tinggi yang berhasil di bidang swasta dan alumni perguruan tinggi yang berhasil di bidang swasta dan Kepemerintahan.Kepemerintahan.Kehadiran Perguruan Tinggi di Iran merupakan bagian dari Kehadiran Perguruan Tinggi di Iran merupakan bagian dari proses modernisasi dan westernisasi dan sekaligus menjadi proses modernisasi dan westernisasi dan sekaligus menjadi instrumen bagi upaya perubahan yang direncanakan oleh instrumen bagi upaya perubahan yang direncanakan oleh Pemerintah Dinasti Pahlevi.Pemerintah Dinasti Pahlevi.Setelah revolusi dan Iran kembali kepada sistem tradisional, Setelah revolusi dan Iran kembali kepada sistem tradisional, akan tetapi konsep modernisasi, westernisasi dan akan tetapi konsep modernisasi, westernisasi dan sekularisasi telah mempunyai akar yang kuat pada sistem sekularisasi telah mempunyai akar yang kuat pada sistem masyarakat Iran, sehingga kombinasi sistem pendidikan masyarakat Iran, sehingga kombinasi sistem pendidikan modern dan klasik tidak dapat dihindarkan.modern dan klasik tidak dapat dihindarkan.

Page 27: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

MUHAMMADIYAHMUHAMMADIYAH

Muhammadiyah (pengikut Muhammad/ Muhammadiyah (pengikut Muhammad/ Ummat muhammad) berdiri Tanggal: 8 Ummat muhammad) berdiri Tanggal: 8 Dzulhijjah/18 November 1912 oleh KH. Dzulhijjah/18 November 1912 oleh KH. Akhmad Dahlan.Akhmad Dahlan.Anggaran Dasar Muhammadiyah :Anggaran Dasar Muhammadiyah :- - Memajukan serta menggembirakan Memajukan serta menggembirakan pelajaran pelajaran dan dan pengajaran agama Islam pengajaran agama Islam dalam kalangan dalam kalangan sekutu-sekutunya;sekutu-sekutunya;-- Memajukan (tajdid) serta Memajukan (tajdid) serta menggembirakan hidup dalam ketaatan menggembirakan hidup dalam ketaatan beragama Islam beragama Islam

Page 28: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

LATAR BELAKANG BERDIRINYA MUHAMMADIYAHLATAR BELAKANG BERDIRINYA MUHAMMADIYAH

Masyarakat Islam yang belum sepenuhnya hidup sesuai dg Masyarakat Islam yang belum sepenuhnya hidup sesuai dg ajaran dan tuntunan Al-Qur’an Hadits (Bid’ah, khurafat dan ajaran dan tuntunan Al-Qur’an Hadits (Bid’ah, khurafat dan syirik);syirik);

Masyarakat Islam yang terjajah sehingga perkembangan Masyarakat Islam yang terjajah sehingga perkembangan politik, ekonomi, sosial budaya dan keagamaan terhambat;politik, ekonomi, sosial budaya dan keagamaan terhambat;

Masyarakat Islam dalam keadaan tidak bersatu dan kurang Masyarakat Islam dalam keadaan tidak bersatu dan kurang adanya ukhuwah Islamiyah;adanya ukhuwah Islamiyah;

Masyarakat Islam yang belum menjalankan sistem Masyarakat Islam yang belum menjalankan sistem pengajaran dan pendidikan yang sesuai dengan tuntutan pengajaran dan pendidikan yang sesuai dengan tuntutan kemajuan zaman;kemajuan zaman;

Kebijakan Belanda dalam hal keagamaan yang lebih banyak Kebijakan Belanda dalam hal keagamaan yang lebih banyak menguntungkan masyarakat di luar Islam.menguntungkan masyarakat di luar Islam.

Page 29: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

TUJUAN PENDIDIKAN MUHAMMADIYAHTUJUAN PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH

Mengembalikan dasar kepercayaan ummat Mengembalikan dasar kepercayaan ummat kepada tuntunan Al-Qur’an dan Hadits;kepada tuntunan Al-Qur’an dan Hadits;

Menafsirkan ajaran Islam secara modern;Menafsirkan ajaran Islam secara modern;

Mengamalkan ajaran Islam dalam amal Mengamalkan ajaran Islam dalam amal perbuatan yang berguna bagi masyarakat;perbuatan yang berguna bagi masyarakat;

Memperbaharui sistem pendidikan Islam Memperbaharui sistem pendidikan Islam secara modern sesuai dengan kehendak dan secara modern sesuai dengan kehendak dan kemajuan zaman.kemajuan zaman.

Page 30: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

KEBERADAANKEBERADAAN NU dan MUHAMMADIYAH NU dan MUHAMMADIYAH

K.H. Hasyim Ays’ari dan K.H. Ahmad Dahlan adalah K.H. Hasyim Ays’ari dan K.H. Ahmad Dahlan adalah sama-sama mahasiswa dari ulama besar Indonesia sama-sama mahasiswa dari ulama besar Indonesia yang mengajar di Mekkah Syekh Ahmad Khatib dan yang mengajar di Mekkah Syekh Ahmad Khatib dan Syekh Mahfudz.Syekh Mahfudz.

Berdirinya NU dan Muhammadiyah pada dasarnya Berdirinya NU dan Muhammadiyah pada dasarnya lebih banyak didorong oleh keprihatinan Teologis lebih banyak didorong oleh keprihatinan Teologis dan Sosial dari pada Ideologis.dan Sosial dari pada Ideologis.

Garapan pokok kedua organisasi tersebut adalah Garapan pokok kedua organisasi tersebut adalah Keagamaan dan Kemasyarakatan.Keagamaan dan Kemasyarakatan.

Page 31: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

AGENDA SEKULERISASI AGENDA SEKULERISASI BARAT DI DUNIA ISLAM BARAT DI DUNIA ISLAM

Page 32: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

I. MEMAHAMI POLITIK LUAR NEGERI ASI. MEMAHAMI POLITIK LUAR NEGERI AS

1. TUJUAN POLITIK LUAR NEGERI AS 1. TUJUAN POLITIK LUAR NEGERI AS Menyebarluaskan Ideologi Kapitalisme (sekulerisme, Menyebarluaskan Ideologi Kapitalisme (sekulerisme,

Demokrasi, HAM, Pluralisme, Pasar Bebas) di seluruh Demokrasi, HAM, Pluralisme, Pasar Bebas) di seluruh dunia dunia bagi bagi kepentingan nasional AS kepentingan nasional AS

2. METODE (THORIQOH) POLUGRI AS 2. METODE (THORIQOH) POLUGRI AS penjajahan dalam berbagai bentuk seperti ekonomi, politik, budaya, penjajahan dalam berbagai bentuk seperti ekonomi, politik, budaya, pendidikan , intervensi militer dan lain-lainpendidikan , intervensi militer dan lain-lain

3. GRAND STRATEGI 3. GRAND STRATEGI Membendung pesaing utama di pantas global Membendung pesaing utama di pantas global internasional internasional dan perkawasan dan perkawasan Pentagon pada Pebruari 1992 yang mempertegas Pentagon pada Pebruari 1992 yang mempertegas

kebijakan luar negeri AS untuk menghalangi kebijakan luar negeri AS untuk menghalangi munculnya pesaing munculnya pesaing baru Amerika darimanapun. “Our baru Amerika darimanapun. “Our first objective is to prevent the first objective is to prevent the re-re- emergence of a emergence of a new rival either on the territory of the new rival either on the territory of the former former Soviet Union or elsewhere, that poses a threat on Soviet Union or elsewhere, that poses a threat on the the order….”order….”

Page 33: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

Pasca Perang Dunia : menggeser pengaruh Pasca Perang Dunia : menggeser pengaruh Inggris dan Eropa sebagai penjajah lama Inggris dan Eropa sebagai penjajah lama

Era Perang Dingin : membendung penyebaran Era Perang Dingin : membendung penyebaran Ideologi komunisme (containment policy) Ideologi komunisme (containment policy)

Pasca Perang Dingin : membendung pengaruh Pasca Perang Dingin : membendung pengaruh (sisa ) komunisme, penyebaran pengaruh Cina (sisa ) komunisme, penyebaran pengaruh Cina dan Eropa, dan menghalangi potensi ideologi dan Eropa, dan menghalangi potensi ideologi Islam Islam

Page 34: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

II. ISLAM MUSUH NOMOR SATU II. ISLAM MUSUH NOMOR SATU

Potensi Ideologi : Islam (aqidah, syariah, Potensi Ideologi : Islam (aqidah, syariah, wa khilafah) wa khilafah)

Potensi kekayaan alam Potensi kekayaan alam

Potensi manusia (2,5 milyar) Potensi manusia (2,5 milyar)

Potensi Geo-politik Potensi Geo-politik

Latar Belakang perang salib II (GW Bush)Latar Belakang perang salib II (GW Bush)

Page 35: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

III. SASARAN TERHADAP UMAT ISLAM III. SASARAN TERHADAP UMAT ISLAM sasaran penghancuran : aqidah Islam, syariat Islam yang sasaran penghancuran : aqidah Islam, syariat Islam yang ditegakkan oleh Daulah Khilafah Islam, dan jihad. ditegakkan oleh Daulah Khilafah Islam, dan jihad.

Rumsfeld. Dia mengingatkan bahaya apa yang dia tuduh sebagai teroris: Rumsfeld. Dia mengingatkan bahaya apa yang dia tuduh sebagai teroris: Tujuan mereka (para ekstrimis) adalah menghancurkan pemerintahan Tujuan mereka (para ekstrimis) adalah menghancurkan pemerintahan yang ada di dunia, menegakkan khilafah, menjadikan dunia dibawah yang ada di dunia, menegakkan khilafah, menjadikan dunia dibawah tangan teroris, menentukan bagaimana tiap orang hidup.(thestar.com.my).tangan teroris, menentukan bagaimana tiap orang hidup.(thestar.com.my).

This Crusade, this war on terrorism, is going to take a along time(Perang This Crusade, this war on terrorism, is going to take a along time(Perang salib ini, perang melawan terorisme , akan memakan waktu yang lama) salib ini, perang melawan terorisme , akan memakan waktu yang lama) (Bush, BBC, 16/sept/2001). Sementara wakil menteri pertahanan urusan (Bush, BBC, 16/sept/2001). Sementara wakil menteri pertahanan urusan intelijen Letnan Jenderal William Boykin mengatakan: "the U.S. battle with intelijen Letnan Jenderal William Boykin mengatakan: "the U.S. battle with Islamic terrorists as a clash with the devil (bahwa perang melawan teroris Islamic terrorists as a clash with the devil (bahwa perang melawan teroris Islam sama dengan perang melawan setan) ."(VOA,22 oktober 2003)Islam sama dengan perang melawan setan) ."(VOA,22 oktober 2003)

Page 36: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

IV. AGENDA-AGENDA PENJAJAHAN AS IV. AGENDA-AGENDA PENJAJAHAN AS

1. POLITIK1. POLITIK Sekulerisasi, Demokratisasi dan liberalisasi dunia IslamSekulerisasi, Demokratisasi dan liberalisasi dunia Islam

- Goerge W. Bush. Dalam pidatonya pada Kamis 6/11/2003 di - Goerge W. Bush. Dalam pidatonya pada Kamis 6/11/2003 di depan The National Endowment for Democracy pada ulang tahun depan The National Endowment for Democracy pada ulang tahun badan itu yang keduapuluh , Bush kembali menekankan badan itu yang keduapuluh , Bush kembali menekankan pentingnya demokratisasi Timur Tengah.. Menurutnya, selama pentingnya demokratisasi Timur Tengah.. Menurutnya, selama kebebasan (freedom) belum tumbuh di Timur Tengah, kawasan kebebasan (freedom) belum tumbuh di Timur Tengah, kawasan itu akan tetap menjadi wilayah stagnan (jumud), ,peng’ekskpor’ itu akan tetap menjadi wilayah stagnan (jumud), ,peng’ekskpor’ kekerasan, termasuk menjadi tempat penyebaran senjata yang kekerasan, termasuk menjadi tempat penyebaran senjata yang membahayakan negara AS. membahayakan negara AS.

Page 37: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

“ “ Jika kita mau melindungi negara kita dalam jangka panjang, Jika kita mau melindungi negara kita dalam jangka panjang, hal terbaik yang dilakukan adalah menyebarkan kebebasan hal terbaik yang dilakukan adalah menyebarkan kebebasan dan demokrasi” (Kompas, 6/11/2004).dan demokrasi” (Kompas, 6/11/2004).

Proyek DisintegrasiProyek Disintegrasi Mendukung pemberontak (Sudan Selatan dan Mendukung pemberontak (Sudan Selatan dan

Barat, Aceh, Timor Timur, Papua, Ambon, dll) Barat, Aceh, Timor Timur, Papua, Ambon, dll) Menciptakan konflik perbatasan : Pakistan-Menciptakan konflik perbatasan : Pakistan-

Bangladesh, Iran-Irak, Irak-Kuwait, Philipina-Moro, Bangladesh, Iran-Irak, Irak-Kuwait, Philipina-Moro, Thailand-Pattani, Irak-Kurdi-Turki,Thailand-Pattani, Irak-Kurdi-Turki,

Menciptakan Negara Boneka : Afghanistan, IrakMenciptakan Negara Boneka : Afghanistan, Irak

War On Terrorism (WOT)War On Terrorism (WOT)Senjata Pemusnah Massal dan NuklirSenjata Pemusnah Massal dan Nuklir

Page 38: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

2.2. EKONOMIEKONOMI : Ekonomi : Liberalisasi, Privatisasi dan Hutang Luar : Ekonomi : Liberalisasi, Privatisasi dan Hutang Luar Negeri, pencabutan subsidi BBM dllNegeri, pencabutan subsidi BBM dll

3.3. SEKULERISASI PENDIDIKANSEKULERISASI PENDIDIKAN

Sekulerisasi kurikulum Sekulerisasi kurikulum

Intervensi kurikulum Pesantren Intervensi kurikulum Pesantren

Pengiriman buku propaganda Barat ke pesantren Pengiriman buku propaganda Barat ke pesantren

Seleksi terhadap khotib dan pengajarSeleksi terhadap khotib dan pengajar

4.4. BUDAYA DAN GAYA HIDUP BUDAYA DAN GAYA HIDUP • Hedonisme dan Permesivisme : budaya asing (natal, tahan baru, Hedonisme dan Permesivisme : budaya asing (natal, tahan baru,

velentine day); Globalisasi : musik, makanan, pakaian, olahragavelentine day); Globalisasi : musik, makanan, pakaian, olahraga

Page 39: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

5. 5. INVASI MILITER : IRAK, AFGHANISTAN , INVASI MILITER : IRAK, AFGHANISTAN ,

PALESTINA PALESTINA – Tidak maksimalnya agen-agen mereka Tidak maksimalnya agen-agen mereka – Penggantian rezim lama Penggantian rezim lama – Persaingan Eropa dan ASPersaingan Eropa dan AS

6. LIBERALISASI DAN SEKULERISASI PEMIKIRAN 6. LIBERALISASI DAN SEKULERISASI PEMIKIRAN – penghancuran aqidah dan syariah Islam. penghancuran aqidah dan syariah Islam. – mengaburkan aqidah Islam sebagai satu-satunya aqidah mengaburkan aqidah Islam sebagai satu-satunya aqidah

yang benaryang benar– Dialog Antar Umat beragama; ide persamaan agamaDialog Antar Umat beragama; ide persamaan agama

Page 40: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

Liberalisasi syariat Islam : Sementara syariah berupaya Liberalisasi syariat Islam : Sementara syariah berupaya dihancurkan dengan cara liberalisasi ajaran Islam (syariat) dihancurkan dengan cara liberalisasi ajaran Islam (syariat) , parsialisasi ajaran Islam, penyesatan, pengkaburan ide-, parsialisasi ajaran Islam, penyesatan, pengkaburan ide-ide syariat Islam. Syariah pun dikaburkan dengan ide syariat Islam. Syariah pun dikaburkan dengan melakukan dikotomi tekstual-kontekstual, tafsir melakukan dikotomi tekstual-kontekstual, tafsir hermeneutika, fiqh lintas agama dan lain-lain.hermeneutika, fiqh lintas agama dan lain-lain.

– Mendukung penuh proyek-proyek liberalisasi : The Asia Mendukung penuh proyek-proyek liberalisasi : The Asia Foundation, USAID dll Foundation, USAID dll

Salah satu hasilnya adalah draft Counter Legal Kompilasi Salah satu hasilnya adalah draft Counter Legal Kompilasi Hukum Islam yang sebagian besar isinya justru Hukum Islam yang sebagian besar isinya justru bertentangan dengan syariat Islam. bertentangan dengan syariat Islam.

Page 41: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

7.7. MEMBENTUK CITRA NEGATIF ISLAM MEMBENTUK CITRA NEGATIF ISLAM

– Rekomendasi Ariel Cohen, Ph.d yang diterbitkan oleh The Rekomendasi Ariel Cohen, Ph.d yang diterbitkan oleh The Heritage Foundation . Menurutnya AS harus menyediakan Heritage Foundation . Menurutnya AS harus menyediakan dukungan kepada media lokal untuk membeberkan dukungan kepada media lokal untuk membeberkan contoh-contoh negatif dari aplikasi syariat, seperti potong contoh-contoh negatif dari aplikasi syariat, seperti potong tangan untuk kejahatan ringan tau kepemilikan alkohol di tangan untuk kejahatan ringan tau kepemilikan alkohol di Chechnya, keadaan Afghanistan dibawah Taliban atau Chechnya, keadaan Afghanistan dibawah Taliban atau Saudi Arabia, dan tempat lainnya. Perlu juga diekspose Saudi Arabia, dan tempat lainnya. Perlu juga diekspose perang sipil yang dituduhkan kepada gerakan Islam di perang sipil yang dituduhkan kepada gerakan Islam di Aljazair. (Hizb ut-Tahrir: An Emerging Threat to U.S. Aljazair. (Hizb ut-Tahrir: An Emerging Threat to U.S. Interests in Central AsiaInterests in Central Asia ). ).

– Pencitraan Muslim Indonesia sebagai pengemban Pencitraan Muslim Indonesia sebagai pengemban amanah terorisamanah teroris

Page 42: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

– Cheryl Benard dalam yang diterbitkan oleh the Cheryl Benard dalam yang diterbitkan oleh the Rand Corporation. Usulannya ada beberapa ide Rand Corporation. Usulannya ada beberapa ide yang harus terus menerus diangkat untuk yang harus terus menerus diangkat untuk menjelekkan citra Islam : prihal demokrasi dan menjelekkan citra Islam : prihal demokrasi dan HAM, poligami, sanksi kriminal, keadilan Islam, HAM, poligami, sanksi kriminal, keadilan Islam, minoritas, pakaian wanita, dan kebolehan suami minoritas, pakaian wanita, dan kebolehan suami untuk memukul istri. (Civil democratic Islam, untuk memukul istri. (Civil democratic Islam, partners , resources, and strategies, halaman 1-partners , resources, and strategies, halaman 1-24). 24).

Page 43: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

8. MEMBUAT DIKOTOMI DALAM ISLAM 8. MEMBUAT DIKOTOMI DALAM ISLAM DAN DAN KELOMPOK ISLAM :KELOMPOK ISLAM : Fundamentalis-Modernist, Fundamentalis-Modernist, Kultural-Struktural, Militan-moderat dan lain-lain. Kultural-Struktural, Militan-moderat dan lain-lain. – terjadi pertentangan antara kelompok Islam, yang terjadi pertentangan antara kelompok Islam, yang

jelas akan menghambat bangkit dan bersatunya jelas akan menghambat bangkit dan bersatunya umat Islam. umat Islam.

– Konflik pemikiran yang ditururnkan dari dikotomi Konflik pemikiran yang ditururnkan dari dikotomi ini diharapkan menguras energi intelektual kaum ini diharapkan menguras energi intelektual kaum muslim dari pembahasan yang sebenarnya. muslim dari pembahasan yang sebenarnya.

– Umat Islampun diharapkan lupa musuh mereka Umat Islampun diharapkan lupa musuh mereka yang sebenarnya adalah Ideologi Kapitalisme yang sebenarnya adalah Ideologi Kapitalisme yang dipimpin AS. yang dipimpin AS.

Page 44: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

9.9. MEMBENDUNG PENJAJAHAN MEMBENDUNG PENJAJAHAN

– Bagaimanapun, Barat dengan kekuatan negaranya yang Bagaimanapun, Barat dengan kekuatan negaranya yang dibangun atas dasar ideologi kapitalisme yang dibangun atas dasar ideologi kapitalisme yang mengglobal, juga harus dilawan dengan kekuatan negara mengglobal, juga harus dilawan dengan kekuatan negara yang dibangun di atas ideologi yang juga mengglobal. yang dibangun di atas ideologi yang juga mengglobal. Negara tersebut adalah Daulah Khilafah Islam . Negara tersebut adalah Daulah Khilafah Islam .

Page 45: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

WAR ON TERRORISM:Antara Fakta dan Propaganda

Page 46: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

•Perang melawan teroris di Indonesia terkait dengan kampanye The Global War on Terrorism yang dilakukan Bush sesaat setelah tragedi 911 (penghancuran WTC dan Pentagon September 2001)

•Bush menyatakan: “either you are with us or with terrorist” “If you are not with us, you are againts us”

•Tragedi 911 diklaim Bush dilakukan oleh jaringan teroris al Qaida pimpinan Osama bin Laden

•Pertanyaan Penting: Benarkah Tragedi 911 dilakukan al Qaida????

Page 47: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

Keanehan Penghancuran WTCKeanehan Penghancuran WTC (The Real Truth – Hard Evidence Exposed (Jerry D. Gray, 2003)

• Mengapa CNN bisa siaran langsung? • Tidak ada penumpang Arab dalam

manifes

• 9 Orang yang dituduh membajak ternyata masih hidup dan hari itu tidak di AS

• Kemajuan teknologi barat, peluncuran pesawat tanpa awak merupakan kemungkinan terbesar yg mendasari fitnah WTC

Ledakan Menara Kembar WTC, Ledakan Menara Kembar WTC, 11/09/2001.11/09/2001.

Page 48: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

Marc BernbackMarc Bernback, staf , staf Fox News Fox News yang yang menayangkan langsung adegan ini menayangkan langsung adegan ini mengatakan, pesawat yang menyerang tower mengatakan, pesawat yang menyerang tower selatan itu tidak memiliki jendela. Berarti, itu selatan itu tidak memiliki jendela. Berarti, itu bukan pesawat penumpang, tapi pesawat bukan pesawat penumpang, tapi pesawat kargo. kargo. MarcMarc menggambarkan pesawat itu menggambarkan pesawat itu berwarna biru dengan logo bulat di depan berwarna biru dengan logo bulat di depan pesawat. pesawat. "Sepertinya pesawat itu bukan "Sepertinya pesawat itu bukan berasal dari bandara umum,"berasal dari bandara umum," tambahnya tambahnya sambil berspekulasi, bahwa sambil berspekulasi, bahwa “Pesawat itu “Pesawat itu mungkin berasal dari bandara militer.” mungkin berasal dari bandara militer.”

Ada Rudal menempel di perut bagian bawah Ada Rudal menempel di perut bagian bawah pesawatpesawat

Ledakan Menara Kembar WTC, Ledakan Menara Kembar WTC, 11/09/2001.11/09/2001.

Page 49: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

Ledakan Menara Kembar WTC, Ledakan Menara Kembar WTC, 11/09/2001.11/09/2001.

Para saksi menyebut ada demolisi sengajaPara saksi menyebut ada demolisi sengaja Dalam Dalam "The Film makers Commemorative "The Film makers Commemorative

Edition"Edition", yang mengisahkan tentang para , yang mengisahkan tentang para petugas pemadam kebakaran New York yang petugas pemadam kebakaran New York yang dibuat oleh dibuat oleh GedeonGedeon dan dan Jules NaudetJules Naudet, ada , ada petugas PMK yang membeberkan analisa petugas PMK yang membeberkan analisa tentang adanya bahan peledak dalam jumlah tentang adanya bahan peledak dalam jumlah besar yang ditanam di Menara Utara dan besar yang ditanam di Menara Utara dan Selatan. Selatan. "Lantai demi lantai satu persatu "Lantai demi lantai satu persatu rontok, ini biasanya terjadi jika bom itu rontok, ini biasanya terjadi jika bom itu dipasang dengan tujuan merontokkan dipasang dengan tujuan merontokkan bangunan itu”bangunan itu”

Para reporter memberikan laporan pandangan Para reporter memberikan laporan pandangan mata. mata. "Kami mendengar bunyi ledakan keras, "Kami mendengar bunyi ledakan keras, dan kini kami melaporkan ledakan kedua."dan kini kami melaporkan ledakan kedua.", , "Oh "Oh kini nampaknya ada empat ledakan, atap kini nampaknya ada empat ledakan, atap menara itu baru saja runtuh. menara itu baru saja runtuh. ““

Page 50: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

Gedung Pentagon, ditabrak Boeing 757?Gedung Pentagon, ditabrak Boeing 757?

Tidak ada kerusakan rumputTidak ada kerusakan rumput

Dimensi kerusakan gedung lebih kecil Dimensi kerusakan gedung lebih kecil daripada dimensi pesawatdaripada dimensi pesawat

Kerusakan hanya pada bangunan lapis Kerusakan hanya pada bangunan lapis luar dan sedikit bangunan lapis kedualuar dan sedikit bangunan lapis kedua

Komputer, kertas, buku, meja dan Komputer, kertas, buku, meja dan sebagainya di sisi bangunan yang hancur sebagainya di sisi bangunan yang hancur masih utuh. Bagaimana mungkin?masih utuh. Bagaimana mungkin?

Tidak ada bangkai pesawat, kursi, mayat Tidak ada bangkai pesawat, kursi, mayat manusia, barang-barang bagasimanusia, barang-barang bagasi

Apa yang sesungguhnya telah terjadi? Apa Apa yang sesungguhnya telah terjadi? Apa yang telah menimbulkan ledakan?yang telah menimbulkan ledakan?

Ledakan di Gedung Penta gon, Ledakan di Gedung Penta gon, 11 September 2001 M11 September 2001 M

Page 51: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

Dave von Kleist (editor In Plane Site, 2004) menyatakan:

• Bush telah membohongi Amerika dan dunia. Tragedi 911 tidak mungkin dihancurkan oleh teroris

• Ada keterlibatan militer AS dalam Tragedi 911 berkonspirasi dengan media massa (CNN, NBC, Fox News dll)

Jadi siapa sebenarnya pelaku tragedi 911? Osama atau malah Bush?

Page 52: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

The Global War on Terrorism adalah Propaganda Hitam (Black Propaganda): Kedok untuk menutupi maksud sesungguhnya: Perang Melawan Islam!!

Page 53: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

BUKTI:BUKTI: – Lebih 90% dari daftar Lebih 90% dari daftar Foreign Terrorist Organization Foreign Terrorist Organization (FTO) yang (FTO) yang

mereka buat adalah orang dan kelompok Islam;mereka buat adalah orang dan kelompok Islam;– Definisi terorisme hanya ditujukan kepada kelompok Islam. AS, Definisi terorisme hanya ditujukan kepada kelompok Islam. AS,

Inggeris, Australia, Israel serta Bush, Blair, Howard, Ariel Sharon yang Inggeris, Australia, Israel serta Bush, Blair, Howard, Ariel Sharon yang melakukan kekerasan di Irak, Afganistan, Palestina tidak disebut melakukan kekerasan di Irak, Afganistan, Palestina tidak disebut teroris.teroris.

– Bila Imam Samudra yang telah membom sepenggal jalan di Legian - Bila Imam Samudra yang telah membom sepenggal jalan di Legian - Bali, mengakibatkan ratusan orang tewas, ratusan luka-luka, ratusan Bali, mengakibatkan ratusan orang tewas, ratusan luka-luka, ratusan bangunan hancur disebut teroris. Lantas apa sebutan yang layak untuk bangunan hancur disebut teroris. Lantas apa sebutan yang layak untuk Bush yang bukan hanya menghancurkan sepenggal jalan di Baghdad Bush yang bukan hanya menghancurkan sepenggal jalan di Baghdad tapi seluruh kota. Bahkan bukan hanya Baghdad tapi seluruh Irak, tapi seluruh kota. Bahkan bukan hanya Baghdad tapi seluruh Irak, yang menimbulkan bukan hanya ratusan tapi puluhan ribu tewas?yang menimbulkan bukan hanya ratusan tapi puluhan ribu tewas?

– Imam Samudra mengaku keliru sasaran, dan untuk kekeliruannya itu Imam Samudra mengaku keliru sasaran, dan untuk kekeliruannya itu ia dihukum mati. Bush menyerang Irak katanya untuk menghancurkan ia dihukum mati. Bush menyerang Irak katanya untuk menghancurkan WMD, tapi nyatanya tidak ada. Jadi Bush keliru. Dan apa hukuman WMD, tapi nyatanya tidak ada. Jadi Bush keliru. Dan apa hukuman untuk kekeluran itu? Tidak ada!!!untuk kekeluran itu? Tidak ada!!!

Page 54: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

War on War on Terrorism: Terrorism:

War on War on Islamic Islamic

IdeologyIdeology

Presiden AS, George W Bush, 6/10/2005 Presiden AS, George W Bush, 6/10/2005 menyamakan perang melawan terorisme saat ini menyamakan perang melawan terorisme saat ini dengan perang melawan komunisme. Baginya, dengan perang melawan komunisme. Baginya, ideologi pembunuh Islam radikal adalah ideologi pembunuh Islam radikal adalah tantangan terbesar dari abad baru kita.tantangan terbesar dari abad baru kita.

Deputi Menhan AS, Paul Wolfowitz, Deputi Menhan AS, Paul Wolfowitz, ''Saat ini, kita ''Saat ini, kita sedang bertempur melawan teror-perang yang akan sedang bertempur melawan teror-perang yang akan kita menangkan. Perang yang lebih besar yang kita kita menangkan. Perang yang lebih besar yang kita hadapi adalah perang pemikiran. Jelas suatu hadapi adalah perang pemikiran. Jelas suatu tantangan, tapi juga harus kita menangkan.'‘ tantangan, tapi juga harus kita menangkan.'‘ (sumber: (sumber: Bridging the Dangerous Gap between the West and Bridging the Dangerous Gap between the West and the Muslim worldthe Muslim world, U.S. Defense: 2002), U.S. Defense: 2002)

Donald Rumsfeld, Menhan AS, Donald Rumsfeld, Menhan AS, '‘'‘Jika tentara AS Jika tentara AS keluar dari Irak segera, Irak akan menjadi surga bagi keluar dari Irak segera, Irak akan menjadi surga bagi teroris dan menjadi basis penyebaran Negara adidaya teroris dan menjadi basis penyebaran Negara adidaya Islam yang akan mengancam dunia.... Irak akan Islam yang akan mengancam dunia.... Irak akan menjadi basis negara Khilafah yang baru yang akan menjadi basis negara Khilafah yang baru yang akan meluas ke Timur Te-ngah…meluas ke Timur Te-ngah…(sumber: (sumber: Washingtonpost.comWashingtonpost.com, 5 Desem-ber 2005), 5 Desem-ber 2005)

Page 55: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

Islam disebut PM Inggeris, Tony Blair, di Islam disebut PM Inggeris, Tony Blair, di hadapan Konggres Partai Buruh, sebagai hadapan Konggres Partai Buruh, sebagai ideologi iblis (ideologi iblis (BBC NewsBBC News,, 16 Juli 2005). 16 Juli 2005).

Ada 4 kriteria ideologi IblisAda 4 kriteria ideologi Iblis::

Ingin mengeliminasi Israel;Ingin mengeliminasi Israel;Mengenyahkan dominasi Barat dari Dunia Mengenyahkan dominasi Barat dari Dunia Islam;Islam;Menjadikan syariat Islam sebagai sumber Menjadikan syariat Islam sebagai sumber hukum, di bawah satu kekhilafahan untuk hukum, di bawah satu kekhilafahan untuk seluruh dunia; seluruh dunia; Bertentangan dengan nilai-nilai liberal Bertentangan dengan nilai-nilai liberal (Barat)(Barat)

Islam Disebut

Ideologi Setan

Dalam Dalam The Clash of CivilizationThe Clash of Civilization (1996) Huntington (1996) Huntington menyatakan, menyatakan, “Bagi Barat, yang menjadi musuh “Bagi Barat, yang menjadi musuh utama bukanlah fundamentalisme Islam, tapi Islam utama bukanlah fundamentalisme Islam, tapi Islam itu sendiri.itu sendiri.””

Page 56: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

Barat Barat MembidiMembidik Islamk Islam::

Presiden Israel Herzog di depan Knesset Presiden Israel Herzog di depan Knesset menyatakanmenyatakan, , “Penyakit (Islam fundamentalis) “Penyakit (Islam fundamentalis) sedang menyebar secara cepat dan merupakan sedang menyebar secara cepat dan merupakan sebuah bahaya tidak hanya untuk masyarakat sebuah bahaya tidak hanya untuk masyarakat Yahudi, tapi juga bagi kemanusiaan secara umum”Yahudi, tapi juga bagi kemanusiaan secara umum” (The Guardian, 19 Juni 1992).(The Guardian, 19 Juni 1992).

PM Simon Peres, PM Simon Peres, “Setelah tumbangnya komunisme, “Setelah tumbangnya komunisme, fundamentalisme telah menjadi bahaya paling besar fundamentalisme telah menjadi bahaya paling besar bagi kita”. bagi kita”.

Samuel P Huntington, dalam bukunya Samuel P Huntington, dalam bukunya Who Are We?Who Are We? (2004): (2004): Islam militan telah menggantikan posisi Uni Islam militan telah menggantikan posisi Uni Soviet sebagai musuh utama ASSoviet sebagai musuh utama AS..

Allah berfirman: Allah berfirman: “Mereka tidak henti-hentinya “Mereka tidak henti-hentinya memerangi kamu sampai mereka (dapat) memerangi kamu sampai mereka (dapat) mengembalikan kamu dari agamamu (kepada mengembalikan kamu dari agamamu (kepada kekafiran), seandainya mereka sanggup.”kekafiran), seandainya mereka sanggup.” (Q.s. al-(Q.s. al-Baqarah [02]: 217)Baqarah [02]: 217)

Page 57: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

Bukti Lain: Bukti Lain: Dokumen Dokumen

Penting AS Penting AS Pasca 11 Pasca 11

SeptemberSeptember

17 September 2002, setahun pasca peristiwa 11 17 September 2002, setahun pasca peristiwa 11 September 2001, Gedung Putih mengeluarkan September 2001, Gedung Putih mengeluarkan dokumen penting setebal 31 halaman, dokumen penting setebal 31 halaman, The National The National Security Strategy of the United States of Security Strategy of the United States of America America (Sumber: (Sumber: Foreign Affairs, September-Oktober Foreign Affairs, September-Oktober 20022002). ).

Isinya AS ingin menjadi polisi dunia dan akan Isinya AS ingin menjadi polisi dunia dan akan bertindak bertindak unilateralunilateral dalam menghadapi ancaman dalam menghadapi ancaman teroris serta senjata pemusnah massal, bila negara- teroris serta senjata pemusnah massal, bila negara- negara lain tidak bersedia diajak serta. AS juga akan negara lain tidak bersedia diajak serta. AS juga akan menggunakan kekuatan militernya untuk mengatur menggunakan kekuatan militernya untuk mengatur tatanan global.tatanan global.

Grand strategyGrand strategy baru AS yang dicanangkan sejak baru AS yang dicanangkan sejak berakhirnya Perang Dingin ini memiliki tujuh elemen. berakhirnya Perang Dingin ini memiliki tujuh elemen. Lima dari tujuh elemen itu adalah: Lima dari tujuh elemen itu adalah:

– PertamaPertama, mempertahankan dunia , mempertahankan dunia unipolarunipolar, dan , dan harus mencegah munculnya kompetitor baru di harus mencegah munculnya kompetitor baru di Eropa dan Asia.Eropa dan Asia.

– KeduaKedua, , terorismeterorisme merupakan ancaman baru. merupakan ancaman baru.

Page 58: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

– KetigaKetiga, mengganti konsep pencegahan (, mengganti konsep pencegahan (deterrencedeterrence) Perang ) Perang Dingin. Saat ini, pencegahan, kedaulatan, dan perimbangan Dingin. Saat ini, pencegahan, kedaulatan, dan perimbangan kekuatan harus berjalan bersama. Karena ancaman saat ini kekuatan harus berjalan bersama. Karena ancaman saat ini bukan negara adikuasa, tapi jaringan teroris transnasional.bukan negara adikuasa, tapi jaringan teroris transnasional.

– KeempatKeempat, memaknai ulang arti kedaulatan. Karena , memaknai ulang arti kedaulatan. Karena kelompok-kelompok teroris tidak dapat ditangkal. AS harus kelompok-kelompok teroris tidak dapat ditangkal. AS harus disiapkan untuk melakukan intervensi di mana-mana, kapan disiapkan untuk melakukan intervensi di mana-mana, kapan saja bertindak lebih dahulu menghancurkan ancaman. saja bertindak lebih dahulu menghancurkan ancaman.

– KelimaKelima, AS perlu memainkan peran langsung dan leluasa , AS perlu memainkan peran langsung dan leluasa untuk memusnahkan ancaman.untuk memusnahkan ancaman.

George W Bush sendiri sudah menyatakan, serangan 11 George W Bush sendiri sudah menyatakan, serangan 11 September 2001 telah memaksa AS mengeluarkan konsep September 2001 telah memaksa AS mengeluarkan konsep keamanan nasional baru, yang dikenal dengan keamanan nasional baru, yang dikenal dengan Preemptive strikePreemptive strike..

Jadi, Peristiwa 11 September sengaja direka untuk Jadi, Peristiwa 11 September sengaja direka untuk menjadi justifikasi lahirnya doktrin politik luar negeri baru menjadi justifikasi lahirnya doktrin politik luar negeri baru AS, yaitu AS, yaitu Preemptive StrikePreemptive Strike..Sebagai alat untuk menekan Dunia IslamSebagai alat untuk menekan Dunia IslamGuna melanggengkan dominasi Barat Guna melanggengkan dominasi Barat

Page 59: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

Mengapa Mengapa Barat Barat

MembidikMembidikIslam?Islam?

Negeri Islam adalah wilayah yang kaya sumber Negeri Islam adalah wilayah yang kaya sumber daya alam dan strategis secara geopolitisdaya alam dan strategis secara geopolitis

Lebih 70% cadangan minyak dunia yang Lebih 70% cadangan minyak dunia yang sangat vital itu ada di dunia Islam sangat vital itu ada di dunia Islam

Belum lagi sumber daya alam lain (emas, Belum lagi sumber daya alam lain (emas, timah, tembaga, batubara, dan sebaganya)timah, tembaga, batubara, dan sebaganya)

Posisi negeri Islam (wilayah timur tengah, Asia Posisi negeri Islam (wilayah timur tengah, Asia Tenggara, Asia Tengah, Asia Selatan) berada Tenggara, Asia Tengah, Asia Selatan) berada pada titik-titik penting secara geografis, pada titik-titik penting secara geografis, ekonomi dan militer. ekonomi dan militer.

Menguasai dunia Islam berarti menguasai Menguasai dunia Islam berarti menguasai pasokan energi dan SDA lain serta menguasi pasokan energi dan SDA lain serta menguasi posisi strategis duniaposisi strategis dunia

Karenanya harus terus dikuasai!Karenanya harus terus dikuasai!

Page 60: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

Mengapa Mengapa Islam Islam

Dibidik?Dibidik?

Islam juga adalah peradaban (Islam juga adalah peradaban (hadharahhadharah) yang ) yang lebih unggul (Samuel P Huntingtonlebih unggul (Samuel P Huntington, , the Clash the Clash of Civilizationof Civilization: 1996);: 1996);

Peradaban Islam mempunyai konsepsi Peradaban Islam mempunyai konsepsi kehidupan yang khas dan unikkehidupan yang khas dan unik;; berbeda berbeda dengan Sosialisme maupun Kapitalisme, baik dengan Sosialisme maupun Kapitalisme, baik di bidang politik, pemerintahan, ekonomi, di bidang politik, pemerintahan, ekonomi, sosial, budaya, pendidikan, pertahanan, sosial, budaya, pendidikan, pertahanan, keamanan, maupun yang lain.keamanan, maupun yang lain.

Islam adalah satu-satunya agama dan Islam adalah satu-satunya agama dan ideologi yang sesuai dengan fitrah maideologi yang sesuai dengan fitrah ma--nusia, nusia, memuaskan akal dan menentememuaskan akal dan menente--ramkan jiwa. ramkan jiwa. Karena diturunkan oleh Dzat yang Maha Tahu Karena diturunkan oleh Dzat yang Maha Tahu akan fitrah, akal dan jiwa ciptaan-Nya.akan fitrah, akal dan jiwa ciptaan-Nya.

Page 61: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

Mengapa Mengapa Islam Islam

Dibidik?Dibidik?

Dengan sumber daya manusia yang sangat Dengan sumber daya manusia yang sangat besar (lebih dari 1,4 milyar), lebih besar dari besar (lebih dari 1,4 milyar), lebih besar dari pemeluk agama manapunpemeluk agama manapun

Dengan sumberdaya alam yang sangat Dengan sumberdaya alam yang sangat melimpah lebih dari wilayah manapunmelimpah lebih dari wilayah manapun

Dengan posisi geografis yang sangat Dengan posisi geografis yang sangat strategis secara ekonomi, politik dan militerstrategis secara ekonomi, politik dan militer

Dengan Islam sebagai pandangan hidup yang Dengan Islam sebagai pandangan hidup yang sempurna dan basis ideologi serta sistem sempurna dan basis ideologi serta sistem politik yang khaspolitik yang khas

Maka Islam dan Dunia Islam bakal menjadi Maka Islam dan Dunia Islam bakal menjadi rival potensial yang akan mengancam rival potensial yang akan mengancam dominasi Barat di masa mendatang pasca era dominasi Barat di masa mendatang pasca era perang dinginperang dingin

Page 62: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

Mengapa Mengapa Islam Islam

Dibidik?Dibidik?

Maka sebelum membesar harus dipukul dulu. Maka sebelum membesar harus dipukul dulu. Dengan cara melemahkan dunia Islam:Dengan cara melemahkan dunia Islam:Kekayaan sumberdaya alam dihisap (minyak Kekayaan sumberdaya alam dihisap (minyak didikuasai, emas diangkut, dan sebagainya)didikuasai, emas diangkut, dan sebagainya)Wilayah Islam diduduki atau dipasang Wilayah Islam diduduki atau dipasang penguasa yang mau tunduk kpd merekapenguasa yang mau tunduk kpd merekaUmat Islam diadudomba dengan politik belah Umat Islam diadudomba dengan politik belah bambu (dikotomi Islam radikal – Islam bambu (dikotomi Islam radikal – Islam moderat dsb)moderat dsb)Pemikiran disimpangkan, disesatkan, diracuni Pemikiran disimpangkan, disesatkan, diracuni melalui penyebaran virus pemikiran melalui penyebaran virus pemikiran sekularisme, liberalisme, dan pluralisme. sekularisme, liberalisme, dan pluralisme. Semua tindakan mereka dilegitimasi atas Semua tindakan mereka dilegitimasi atas nama demokratisasi, penegakan HAM, nama demokratisasi, penegakan HAM, kebebasan (liberalisme) dan perang melawan kebebasan (liberalisme) dan perang melawan teroristerorisIslam didiskreditkanIslam didiskreditkan

Page 63: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

AksiTerorisme di

Indonesia: Jihad melawan

AS?

Semakin banyak bom, semakin aneh. Bila itu dikatakan sebagai perlawanan terhadap AS, tapi tak satupun bom yang mengenai instalasi penting AS di Indonesia

Ada operasi besar yang melakukan 5 i (infiltrasi, radikalisasi, provokasi, aksi dan stigmatisasi)Infiltrasi ke dalam kelompok Islam yang memiliki semangat perlawananDibuat radikal atau lebih radikal dengan doktrin jihad yang diselewengkanDiprovokasi untuk melakukan Aksi disertai pengelabuhan informasi (tentang Bali, hotel Marriot dsb)Sehingga tercipta stigmatisasi negatif (ada terorisme di Indonesia, terkait dengan Islam, khususnya Jihad, alumni pesantren dsb)Semua diperlukan sebagai alat justifikasi untuk membuat UU Antiteroris, UU Intelijen, pengawasan pesantren, perubahan kurikulum, penekanan terhadap kelompok yang dianggap radikal dsbGuna melemahkan umat Islam

Page 64: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

Apa Ideologi SetanApa Ideologi SetanSebenarnya?Sebenarnya?

Intervensi Barat ke negara lain antara 1798-1895 M sebanyak 103 Intervensi Barat ke negara lain antara 1798-1895 M sebanyak 103 kali; 1896-1945 sebanyak 57 kali; 1945-2001 sebanyak 218 kali.kali; 1896-1945 sebanyak 57 kali; 1945-2001 sebanyak 218 kali.

Otak Kudeta Berdarah di: Iran (1953), Guatemala (1954), Kuba Otak Kudeta Berdarah di: Iran (1953), Guatemala (1954), Kuba (1961 dan 1971), Brazil (1964), Indonesia (1965), Yunani (1967), (1961 dan 1971), Brazil (1964), Indonesia (1965), Yunani (1967), Chili (1973), Angola (1974-1975), Jamaika (1975), Grenada (1983), Chili (1973), Angola (1974-1975), Jamaika (1975), Grenada (1983), Nikaragua (sejak 1984). Nikaragua (sejak 1984).

Pendukung Pemerintahan Represif di: Honduras (1954), Libanon Pendukung Pemerintahan Represif di: Honduras (1954), Libanon (1958), Thailand (1959), Laos (1959-1969), Ethopia (1960), Korsel (1958), Thailand (1959), Laos (1959-1969), Ethopia (1960), Korsel (1960), Guyana (1963), Vietnam (1964), Republik Dominika (1960), Guyana (1963), Vietnam (1964), Republik Dominika (1962), Kambodia (1970), Elsavador (sejak 1980).(1962), Kambodia (1970), Elsavador (sejak 1980).

Ideologi Barat, Kapitalisme, ideologi setan, penebar perang, Ideologi Barat, Kapitalisme, ideologi setan, penebar perang, penghisap kekayaan, penjajah..penghisap kekayaan, penjajah.. (Sumber: Jamil Salmi, (Sumber: Jamil Salmi, violence violence and democatic society, and democatic society, p. 71-72)p. 71-72)

Page 65: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

Ideologi setan, Kapitalisme, menghisap kekaIdeologi setan, Kapitalisme, menghisap keka--yaan yaan penduduk dunia, sehingga menghasilkanpenduduk dunia, sehingga menghasilkan (Sumber: (Sumber: Jamil Salmi, Jamil Salmi, violence and democatic society, violence and democatic society, p. 131-141)p. 131-141)::

1 Milyar orang miskin di Dunia Ketiga;1 Milyar orang miskin di Dunia Ketiga;

650 Juta orang di dunia berada dalam kondisi 650 Juta orang di dunia berada dalam kondisi kelaparan;kelaparan;

250.000 anak meninggal dunia/minggu, atau 1 juta jiwa 250.000 anak meninggal dunia/minggu, atau 1 juta jiwa anak meninggal/bulan akibat kurang gizi atau gizi buruk anak meninggal/bulan akibat kurang gizi atau gizi buruk (malnutrisi);(malnutrisi);

Tahun 1955: Pendapatan perkapita Negara Industri USD Tahun 1955: Pendapatan perkapita Negara Industri USD 4940, sedangkan Dunia Ketiga hanya USD 340. Tahun 4940, sedangkan Dunia Ketiga hanya USD 340. Tahun 1980: Pendapatan perkapita Negara Industri USD 1980: Pendapatan perkapita Negara Industri USD 17,080 sementara Dunia Ketiga hanya USD 750.17,080 sementara Dunia Ketiga hanya USD 750.

Tahun 2003: AS mengeruk minyak dunia sebanyak 360 Tahun 2003: AS mengeruk minyak dunia sebanyak 360 Juta barel/bulan untuk menutupi kebutuhan-nya Juta barel/bulan untuk menutupi kebutuhan-nya (sumber: (sumber: US Department of EnergyUS Department of Energy: 1999).: 1999).

Page 66: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

Islam Rahmat Islam Rahmat Bagi Sekalian Bagi Sekalian Alam, Bukan Alam, Bukan

Ideologi Ideologi SetanSetan

Islam agama yang Islam agama yang kaffah; kaffah; berisi akidah dan syariah. berisi akidah dan syariah. Darinya, lahir peradaban yang agung dan mulia, Darinya, lahir peradaban yang agung dan mulia, dengan tatanan politik, pemerintahan, hukum, dengan tatanan politik, pemerintahan, hukum, ekonomi, sosial, budaya, pendidikan, pertahanan dan ekonomi, sosial, budaya, pendidikan, pertahanan dan keamanan yang unik dan khas. keamanan yang unik dan khas.

Dunia penuh kedamaian di bawah naungan peradaban Dunia penuh kedamaian di bawah naungan peradaban yang agung ini sepanjang 14 abad, setelah peradaban yang agung ini sepanjang 14 abad, setelah peradaban ini membebaskan dunia dari perbudakan, eksploitasi ini membebaskan dunia dari perbudakan, eksploitasi dan penindasan sepandan penindasan sepan--jang berabad-abad.. jang berabad-abad..

Terorisme dan Terorisme Negara sama-sama di-Terorisme dan Terorisme Negara sama-sama di-haramkan Islam. haramkan Islam. Terorisme bukan jihad, dan jihad juga Terorisme bukan jihad, dan jihad juga bukan terorisme. Islam mengajarkan jihad ---bahkan bukan terorisme. Islam mengajarkan jihad ---bahkan menetapkannya sebagai mahkota Islam (menetapkannya sebagai mahkota Islam (dzarwah dzarwah sanamsanam)--- dan mengharamkan teroris)--- dan mengharamkan teroris--me.me.

Page 67: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

Jihad, menurut syariat Islam, adalah Jihad, menurut syariat Islam, adalah Qital al-Qital al-Kuffar fi sabilillah li I’lai kalimati-LlahKuffar fi sabilillah li I’lai kalimati-Llah, yang , yang memiliki hukum dan akhlak yang muliamemiliki hukum dan akhlak yang mulia (sumber: (sumber: al-Jazairi, al-Jazairi, al-Fiqih ‘ala al-Madzahib al-Arba’ahal-Fiqih ‘ala al-Madzahib al-Arba’ah). ).

Jihad adalah perang di jalan Allah; sasarannya orang Jihad adalah perang di jalan Allah; sasarannya orang Kafir yang memusuhi dan menghalangi Islam; Kafir yang memusuhi dan menghalangi Islam; motivasinya untuk menjunjung kalimah Allah.motivasinya untuk menjunjung kalimah Allah.

Jihad merupakan langkah terakhir setelah:Jihad merupakan langkah terakhir setelah:– Dakwah untuk memeluk Islam yang disampaikan Dakwah untuk memeluk Islam yang disampaikan

kepada mereka ditolak;kepada mereka ditolak;– Dakwah untuk bersedia hidup dalam naungan Islam, Dakwah untuk bersedia hidup dalam naungan Islam,

dengan tetap memeluk agama dan keyakinannya dengan tetap memeluk agama dan keyakinannya mereka tolak; mereka tolak;

– Jika kedua alternatif tadi mereka terima, maka Jika kedua alternatif tadi mereka terima, maka mereka mereka haramharam diperangi; diperangi;

– Atau ketika umat Islam diperangi secara fisik, Atau ketika umat Islam diperangi secara fisik, seperti di Palestina, Afganistan, dan Irak;seperti di Palestina, Afganistan, dan Irak;

Page 68: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

Islam tidak mengajarkan umatnya memusuhi bangsa Islam tidak mengajarkan umatnya memusuhi bangsa atau etnis, karena semuanya merupakan fitrah yang atau etnis, karena semuanya merupakan fitrah yang diciptakan oleh Allah diciptakan oleh Allah (Q.s. al-Hujurat [49]: 13). (Q.s. al-Hujurat [49]: 13).

Islam hanya memusuhi pandangan Kufur yang Islam hanya memusuhi pandangan Kufur yang dipaksakan kepada umatnya, dan umat lain, sehingga dipaksakan kepada umatnya, dan umat lain, sehingga menolak kebenaran ilahi (Islam). menolak kebenaran ilahi (Islam). Maka, penolakan umat Maka, penolakan umat Islam pada ideologi setan dan nilai-nilai Barat adalah Islam pada ideologi setan dan nilai-nilai Barat adalah aspirasi intelektual dan politik yang sah dari setiap aspirasi intelektual dan politik yang sah dari setiap Muslim, karena bertentangan dengan identitas dan Muslim, karena bertentangan dengan identitas dan peradaban Islam. peradaban Islam. Sebagaimana mereka sendiri juga Sebagaimana mereka sendiri juga menolak penjajahan, globalisasi dan perang, karena menolak penjajahan, globalisasi dan perang, karena bertentangan dengan nilai kemanusiaan..bertentangan dengan nilai kemanusiaan..

Page 69: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

Dalam berjihad, Dalam berjihad, diharamkan diharamkan membunuh anak-anak, membunuh anak-anak, wanita, orang tua, merusak bangunan, rumah ibadah, wanita, orang tua, merusak bangunan, rumah ibadah, pohon, dll.. pohon, dll..

Bandingkan dengan invasi AS, Inggeris dan Bandingkan dengan invasi AS, Inggeris dan sekutunya. Di Irak:sekutunya. Di Irak:– Ratusan ribu anak-anak, wanita, orang tua dan Ratusan ribu anak-anak, wanita, orang tua dan

penduduk sipil lain tewas; penduduk sipil lain tewas; – Ribuan anak-anak lahir cacat, akibat radiasi senjata Ribuan anak-anak lahir cacat, akibat radiasi senjata

pemusnah masal yang mereka gunakan;pemusnah masal yang mereka gunakan;– Ribuan bangunan hancur dan porak-poranda; kesucian Ribuan bangunan hancur dan porak-poranda; kesucian

al-Qur’an dan masjid diinjak-injak, kehormatan wanita al-Qur’an dan masjid diinjak-injak, kehormatan wanita dicabuli.. dicabuli..

Inikah peradaban sampah yang mereka agung-Inikah peradaban sampah yang mereka agung-agungkan, dan hendak dijual di negeri kaum MUslim?agungkan, dan hendak dijual di negeri kaum MUslim?

Jadi, siapa Teroris Sebenarnya?Jadi, siapa Teroris Sebenarnya?Jihad adalah untuk menang dan Jihad adalah untuk menang dan kemuliaan, bukan untuk terbunuh atau kemuliaan, bukan untuk terbunuh atau membunuh.membunuh.

Page 70: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

Yang Harus Yang Harus Dilakukan Dilakukan

Umat Islam Umat Islam SekarangSekarang

Mewujudkan persatuan dan kesatuan umat yang Mewujudkan persatuan dan kesatuan umat yang solidsolid: Jangan sampai dipecah belah. Islam hanya : Jangan sampai dipecah belah. Islam hanya satu; satu; Islam is IslamIslam is Islam..

Umat Islam harus memiliki kesadaran yang sahih Umat Islam harus memiliki kesadaran yang sahih tentang Islam, dan kesadaran politik yang tinggi.tentang Islam, dan kesadaran politik yang tinggi.

Metode dakwah untuk melakukan perubahan Metode dakwah untuk melakukan perubahan adalah: adalah: fikriyahfikriyah (intelektual), (intelektual), siyasiyyah siyasiyyah (politis), (politis), la madiyah la madiyah (non-kekerasan) dalam jamaah yang (non-kekerasan) dalam jamaah yang solid …solid …

Alhamdulillahi rabbil al-’alamin, Alhamdulillahi rabbil al-’alamin,

Page 71: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

MUI SURAKARTAMUI SURAKARTA

Dakwah dan jihad fikirDakwah dan jihad fikir

Melawan terorisme dalam bentuk apapunMelawan terorisme dalam bentuk apapun

Menyatakan kepada dunia bahwa :Menyatakan kepada dunia bahwa :

UMAT ISLAM MEMBERITAHU DUNIAUMAT ISLAM MEMBERITAHU DUNIA

bahwabahwa

TERORISME BUKAN ISLAMTERORISME BUKAN ISLAMTabligh Akbar, 25 September 2009

Page 72: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

Kerangka Mancur Olson.Kerangka Mancur Olson.

Di tingkat global: berakhirnya sistem bipolar.Di tingkat global: berakhirnya sistem bipolar.

Di tingkat nasional: berakhirnya sistem Di tingkat nasional: berakhirnya sistem otoriter.otoriter.

Page 73: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

Analisis atas reformasi di Rusia: pasar bebas Analisis atas reformasi di Rusia: pasar bebas dan demokrasi.dan demokrasi.

Perubahan dari “Perubahan dari “stationary bandits” stationary bandits” ke ke “roving bandits.” “roving bandits.”

Stationary bandit = tidak pindah tempat, Stationary bandit = tidak pindah tempat, memeras tetapi tidak menguras.memeras tetapi tidak menguras.

Roving bandit = pindah-pindah tempat, Roving bandit = pindah-pindah tempat, memeras dan sekaligus juga menguras. memeras dan sekaligus juga menguras.

Page 74: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

Dua kutub: Barat dan TimurDua kutub: Barat dan Timur

Dua Dua stationary banditsstationary bandits

Masing-masing kutub menjaga dan Masing-masing kutub menjaga dan melindungi wilayahnya.melindungi wilayahnya.

Page 75: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

Banyak Banyak roving banditsroving bandits

Multinational Corporations (MNC) Multinational Corporations (MNC)

Tiga organisasi internasional (IMF, World Tiga organisasi internasional (IMF, World Bank, WTO)Bank, WTO)

Amerika Serikat, Uni Eropa, Jepang, KanadaAmerika Serikat, Uni Eropa, Jepang, Kanada

Tapi SATU ideologi: free market and Tapi SATU ideologi: free market and democracy. democracy.

Page 76: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

Banyak macam aktorBanyak macam aktor

Satu ideologi yang dipaksakan.Satu ideologi yang dipaksakan.

Washington Consensus!Washington Consensus!

AKIBAT OLAH FIKIR MANUSIA UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN

DAN KEPENTINGANNYA, BANGKITNYA KEMAJUAN

TEKNOLOGI DI SEGALA BIDANG.

Page 77: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

Diktator sebagai “stationary bandits”Diktator sebagai “stationary bandits”

Didukung oleh pengikut dan antek-antekDidukung oleh pengikut dan antek-antek

Memeras tetapi tidak mengurasMemeras tetapi tidak menguras

Walaupun tidak juga memajukan / Walaupun tidak juga memajukan / menyejahterakan menyejahterakan

Page 78: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

Muncul ratusan “roving bandits”:Muncul ratusan “roving bandits”:

Ribuan “politisi busuk” yang memasuki Ribuan “politisi busuk” yang memasuki eksekutif dan legislatif lewat pemilu dan eksekutif dan legislatif lewat pemilu dan pilkada.pilkada.

Muncul ratusan “pengusaha hitam” Muncul ratusan “pengusaha hitam” beroperasi dalam pasar bebas dan beroperasi dalam pasar bebas dan perdagangan bebas. perdagangan bebas.

Page 79: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009
Page 80: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009
Page 81: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

Indonesia mirip Rusia: reformasi malah Indonesia mirip Rusia: reformasi malah menghasilkan menghasilkan roving bandits roving bandits

Pengusaha hitam dan politisi busuk, saling Pengusaha hitam dan politisi busuk, saling menggandeng.menggandeng.

““Roving bandits” global memasuki negara, Roving bandits” global memasuki negara, memanfaatkan kesempatan.memanfaatkan kesempatan.

Page 82: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

Negara dipinggirkanNegara dipinggirkan

Warganegara tanpa proteksi dari negaraWarganegara tanpa proteksi dari negara

Demokrasi hanya sebatas prosedural. Demokrasi hanya sebatas prosedural.

Page 83: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

Menyelamatkan “negara”Menyelamatkan “negara”

Menyelamatkan “demokrasi”Menyelamatkan “demokrasi”

Dari Dari roving banditsroving bandits

Page 84: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

RUMOR ISLAM DAN RUMOR ISLAM DAN UMAT ISLAM SAAT UMAT ISLAM SAAT

INI INI

Page 85: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

1. PENDAHULUAN1. PENDAHULUAN

•Umat Islam sentiasa terusik dengan pelbagai Umat Islam sentiasa terusik dengan pelbagai tuduhan dan ancaman dari waktu ke waktu. Ia tuduhan dan ancaman dari waktu ke waktu. Ia meliputi aspek akidah,syariah, akhlak, politik, meliputi aspek akidah,syariah, akhlak, politik, ekonomi, sosial, pendidikan, pertahan dan ekonomi, sosial, pendidikan, pertahan dan ketertinggalanketertinggalan•Islam mendapat stigmata “AGAMA YANG Islam mendapat stigmata “AGAMA YANG LEBIH BURUK DARI FAHAM KOMUNISME”LEBIH BURUK DARI FAHAM KOMUNISME”•Pencitraan buruk bahwa pondok pesantren Pencitraan buruk bahwa pondok pesantren merupakan pencetak kader terorismerupakan pencetak kader teroris

Page 86: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

Firman Allah yang bermaksud: Firman Allah yang bermaksud:

““Allah menjadikan hidup dan mati manusia itu Allah menjadikan hidup dan mati manusia itu bertujuan untuk menguji siapa yang di bertujuan untuk menguji siapa yang di antara kamu lebih baik amalannya”. antara kamu lebih baik amalannya”.

Surah al-Mulk (67):2Surah al-Mulk (67):2

Page 87: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

“ “ Dan sesiapa berpaling dari peringatanKu , Dan sesiapa berpaling dari peringatanKu , maka sesungguhnya baginya penghidupan maka sesungguhnya baginya penghidupan yang sempit dan kami akan yang sempit dan kami akan menghimpunkannya pada Hari Qiamat dalam menghimpunkannya pada Hari Qiamat dalam keadaan buta” Surah Toha (20):124keadaan buta” Surah Toha (20):124

Page 88: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

2. KONFLIK UMAT ISLAM2. KONFLIK UMAT ISLAM

2.12.1 Faktor Intern:Faktor Intern: Aqidah yang rapuhAqidah yang rapuh Hawa nafsu yang melampaui batas.Hawa nafsu yang melampaui batas. Kelemahan dalam penguasaan ilmu Kelemahan dalam penguasaan ilmu

pengetahuan.pengetahuan. Mementingkan kehidupan duniawi.Mementingkan kehidupan duniawi. Rasa sombong, bohong dan dengki.Rasa sombong, bohong dan dengki. Keras hati.Keras hati.

Page 89: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

Sambungan…Sambungan…

Mementingkan jabatan.Mementingkan jabatan. Kurang menghayati agama.Kurang menghayati agama. Pemikiran bebas tanpa landasan Pemikiran bebas tanpa landasan

syarak, keberanian mengoreksi ayat syarak, keberanian mengoreksi ayat Qur’an dan amandemen SunnahQur’an dan amandemen Sunnah

Gangguan mental dan emosi akibat Gangguan mental dan emosi akibat tekanan.tekanan.

Page 90: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

2.2. 2.2. Faktor EksternFaktor Ekstern

Usaha merusak kesatuan umat Usaha merusak kesatuan umat Islam.Islam.

Kebencian orang munafik.Kebencian orang munafik. Ancaman musuh Islam.Ancaman musuh Islam. Keluarga dan masyarakatKeluarga dan masyarakat Banyak berlaku kesyirikan.Banyak berlaku kesyirikan.

Page 91: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

Sambungan…Sambungan…

Manusia yang berpaling dari jalan Manusia yang berpaling dari jalan dakwah dan menolak usaha-usaha dakwah dan menolak usaha-usaha dakwah.dakwah.

Pergaulan bebas.Pergaulan bebas. Pengaruh makanan dan minuman Pengaruh makanan dan minuman

haram dan syubhat.haram dan syubhat. Bertuhan akal di atas ketaatan Bertuhan akal di atas ketaatan

kepada Allah dan RasulNyakepada Allah dan RasulNya

Page 92: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

3.1 Aspek Akidah3.1 Aspek Akidah

Ajaran SesatAjaran Sesat Ancaman agama-agama lain.Ancaman agama-agama lain. Globalisasi.Globalisasi. Pemikiran baru.Pemikiran baru. Isu murtad.Isu murtad. Khurafat dan bid’ah.Khurafat dan bid’ah.

3. BENTUK ISU-ISU SEMASA3. BENTUK ISU-ISU SEMASA

Page 93: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

3.2. Aspek Syariah3.2. Aspek Syariah

Salahfaham konsep fardhu ain Salahfaham konsep fardhu ain dan fardhu kifayah.dan fardhu kifayah.

Materialisme.Materialisme. Hedonisme.Hedonisme. Kejumudan.Kejumudan. Kemiskinan.Kemiskinan.

Page 94: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

3.3. Aspek Akhlak3.3. Aspek Akhlak

Gejala sosial.Gejala sosial. Perpecahan dan perselisihan Perpecahan dan perselisihan

pendapat.pendapat. Budaya barat: WesternisasiBudaya barat: Westernisasi Pengaruh WPengaruh Women Liberationomen Liberation.. Mementingkan diri sendiri.Mementingkan diri sendiri.

Page 95: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

Sambungan…Sambungan…

Kegoyahan institusi Kegoyahan institusi kekeluargaan dan perkahwinan.kekeluargaan dan perkahwinan.

Kebanjiran bahan media yang Kebanjiran bahan media yang lucah dan tidak bermorallucah dan tidak bermoral Penghijrahan (migrasi): kejutan Penghijrahan (migrasi): kejutan budaya.budaya.

Tiada contoh teladan (Tiada contoh teladan (Qudwah Qudwah HasanahHasanah).).

Page 96: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

3.4 Aspek Keselamatan Negara3.4 Aspek Keselamatan Negara

Terrorisme (Islam militan ?).Terrorisme (Islam militan ?). Pendatang gelap (tanpa izin).Pendatang gelap (tanpa izin). Penyalahgunaan narkoba.Penyalahgunaan narkoba.

Page 97: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

Sambungan…Sambungan…

Konflik intern umat Islam dan Konflik intern umat Islam dan antar agama dan antar bangsaantar agama dan antar bangsa

MAKIN MENJAUH MUSLIM DARI AL MAKIN MENJAUH MUSLIM DARI AL QUR’AN.QUR’AN.

Serangan Serangan cybercyber Ancaman embargo ekonomi dan Ancaman embargo ekonomi dan

pertahananpertahanan

Page 98: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

TUGAS YANG PERLU TUGAS YANG PERLU DILAKSANAKAN OLEH UMAT DILAKSANAKAN OLEH UMAT

ISLAM MASAKINIISLAM MASAKINI

1.1. Mantapkan iman dan keyakinan.Mantapkan iman dan keyakinan.

2.2. Perkasakan ilmu pengetahuan Perkasakan ilmu pengetahuan (intelek) dan daya fikir (kepakaran).(intelek) dan daya fikir (kepakaran).

3.3. Tingkatkan sikap berani dan yakin Tingkatkan sikap berani dan yakin pada diri.pada diri.

Page 99: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

Sambungan…Sambungan…

4.4. Teguhkan daya usaha dan daya kerja.Teguhkan daya usaha dan daya kerja.

5.5. Mampankan taraf ekonomi atau hasil Mampankan taraf ekonomi atau hasil pendapatan.pendapatan.

6.6. Sentiasa bersyukur menikmati nikmat Sentiasa bersyukur menikmati nikmat dan bersabar dilanda musibah.dan bersabar dilanda musibah.

Page 100: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

Sambungan…Sambungan…

7.7. Laksanakan keadilan.Laksanakan keadilan.

8.8. Kekalkan keamanan yang stabil dan Kekalkan keamanan yang stabil dan mantap.mantap.

9. Kenali ancaman musuh dan 9. Kenali ancaman musuh dan berusaha mengatasinya.berusaha mengatasinya.

Page 101: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

Akidah Islamiyah Akidah Islamiyah

Page 102: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

Akidah IslamiyahAkidah Islamiyah

Akidah ‘Aqliyah

Akidah Siyasiyah

Akidah ‘Ruhiyah

Proses

Landasan

Aturan

Page 103: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

Akidah Islam Akidah ‘Aqliyah

◙Sebab, kajian ‘aqliyahlah yang mengharuskan mengambil dan tunduk pada akidah Islam

◙Akidah tersebut menyajikan bagi manusia penafsiran tentang hakikat mereka dan sekitarnya

◙Tafsiran itu dibangun di atas argumen dan bukti yang pasti

Page 104: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

Akidah Islam Akidah Ruhiyah

◙Sebab, penafsiran hakikat tersebut tegak di atas iman kepada Allah Swt dan perkara gaib

◙Tegak di atas keyakinan bahwa materi dan hal-hal terindra tidak azaliy, diciptakan dari tidak ada oleh Allah Swt

◙Allah jugalah yang menciptakan makhluk lain yang tak terindra seperti sorga, neraka,malaikat,syaithan

◙Dialah yang memerintahkan mentaati dan tunduk kepada-Nya

Page 105: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

Akidah Islam Akidah Siyâsiyah

◙Sebab, Hubungan penciptaan dari tidak ada bukanlah hubungansatu-satunya antara makhluk dengan al-Khaliq

◙Terdapat risalah yang dibawa Muhammad saw kepada manusia dengan memerintah dan melarang mereka serta turut mengatur semua urusan hidup mereka: gerak dan diamnya, individu danmasyarakat; aspeknya

◙Mencakup akidah dan aturan untuk menjalankan kehidupan (ibadah, interaksi sesama manusia, pemerintahan,pengadilan, dan mengembandakwah)

Page 106: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

ISLAMISLAM

Pemikiran

Akidah Islam

Penyelesaian

masalah hidup

Metode

Metode Menerapkan Islam

Metode mempertahankan Islam

Metode menyebarkan Islam

Iman kpd Allah, Mlkt, Kitab, asul,

Kiamat,Qadla-Qadar

Ibdh, akhlak,sosial,

Ekonomi,peradilan,

Politik, dll.

Khilafah

Hukuman dan

Khilafah

Dakwah, Jihad,

Dan Khilafah

Page 107: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

MUSLIM KAFFAHMUSLIM KAFFAH

HANYA MENGIKU-TI HUKUM

ALLAH

BERPIKIR

BERPOLA JIWA

BERTINDAK

DENGANLANDASAN

IMAN/AQIDAH ISLAM

Konsekuensi Memeluk

Akidah Islamiyah (Zhahir)

Page 108: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

Perbuatan Perbuatan Muslim …….Muslim …….

Wajib sesuai dengan hukum Allah SWTWajib sesuai dengan hukum Allah SWT “… “… Apa saja yang dibawa/diperintahkan oleh rasul (berupa Apa saja yang dibawa/diperintahkan oleh rasul (berupa hukum) kepadamu maka terimalah dia. Dan apa saja yang hukum) kepadamu maka terimalah dia. Dan apa saja yang dilarangnya bagimu maka tinggalkanlah..” dilarangnya bagimu maka tinggalkanlah..” (Qs Al Hasyr 7)(Qs Al Hasyr 7)

Bukti Iman dengan ketundukan dan kepatuhan pada Bukti Iman dengan ketundukan dan kepatuhan pada keputusan Allah SWTkeputusan Allah SWT""Maka demi Tuhanmu, mereka (pada hakekatnya) tidak Maka demi Tuhanmu, mereka (pada hakekatnya) tidak beriman hingga mereka menjadikan kamu (Muhammad) beriman hingga mereka menjadikan kamu (Muhammad) sebagai hakim dalam perkara yang mereka perselisihkan, sebagai hakim dalam perkara yang mereka perselisihkan, kemudian mereka tidak merasa keberatan dalam hati kemudian mereka tidak merasa keberatan dalam hati mereka terhadap keputusan yang kamu berikan, dan mereka terhadap keputusan yang kamu berikan, dan mereka menerima dengan sepenuhnyamereka menerima dengan sepenuhnya." (QS. An Nisaa' 65)." (QS. An Nisaa' 65)

Page 109: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

TSIQAH BI WA’DILLAH

MA’IYATULLAH &MURAQABATULLAH

MAHABBAH & RIDHA

TA’ATULLAH & TAWAKKAL

‘ALALLAH

IBADAHIBADAH

MU’AMALATUQUBAT

MU’AMALATUQUBAT

MAKANAN,MINUMAN,PAKAIAN,AKHLAQ

MAKANAN,MINUMAN,PAKAIAN,AKHLAQ

MUSLIM KAFFAHISTIQAMAH

MARDLATILLAH

JANNAH

(Batin)

Page 110: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

Dialah yang mengutus Rasul-Nya dengan petunjuk dan dien

kebenaran untuk dimenangkan atas semua dien sekalipun orang

kafir tidak menyukainya

BERTAQWALAH,

JANGAN SEKALI-KALI MATI KECUALI DALAM ISLAM

Page 111: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

KESIMPULANKESIMPULAN

1.1. Umat Islam sentiasa menghadapi cobaan Umat Islam sentiasa menghadapi cobaan dan ujian dalam menjalani kehidupan ini.dan ujian dalam menjalani kehidupan ini.

2.2. Bentuk cobaan semakin berat dan rumit Bentuk cobaan semakin berat dan rumit di era globalisasi ini.di era globalisasi ini.

3.3. Umat Islam perlu memperkuat ukhuwahUmat Islam perlu memperkuat ukhuwah

4.4. Akidah dan ibadah mempunyai Akidah dan ibadah mempunyai kedudukan dan makna yang tetap sampai kedudukan dan makna yang tetap sampai akhir zamanakhir zaman

Page 112: Bahan Kuliah Agama Islam 19 Oktober 2009

INSYA ALLAH MENANGINSYA ALLAH MENANGWASSALAMWASSALAM