bab 1 2007

3
BAB I PENDAHULUAN 1.1 TINJAUAN UMUM Pompa adalah jenis mesin yang berfungsi untuk memindahkan fluida melalui pipa dari suatu tempat ke tempat lain. Spesifikasi pompa menyatakan dengan jumlah fluida yang dapat dialirkan per satu-satuan waktu dan tinggi energi angkat. Dalam fungsinya tersebut pompa mengubah energi gerak poros untuk menggerakkan sudu-sudu menjadi energi gerak dan tekanan pada fluida. Pada umumnya pompa digunakan untuk menaikan fluida subuah reservoit, pengairan, pengisi katel, dan sebagainya. Dalam hal ini pelaksanaan oprasionalnya dapat bekerja secara tunggal, seri, dan peralel yang kesemuannya tergantung pada kebutuhan sertan yang peralatan yang ada. Dalam perancanaan instalasi pompa, harus dapat diketahui karakteristik pompa tersebut untuk mendapatkan system yang optimum. Inilah manfaat praktikum yaitu mendapat pengalaman pengujian instalasi pompa. Refrigerasi adalah proses pengambilan kalor atau panas dari suatu benda atau ruang untuk menurunkan temperaturnya. Kalor adalah salah satu

Upload: dani-ermawan

Post on 11-Nov-2015

222 views

Category:

Documents


2 download

DESCRIPTION

file

TRANSCRIPT

1-3

BAB IPENDAHULUAN1.1 TINJAUAN UMUM

Pompa adalah jenis mesin yang berfungsi untuk memindahkan fluida melalui pipa dari suatu tempat ke tempat lain. Spesifikasi pompa menyatakan dengan jumlah fluida yang dapat dialirkan per satu-satuan waktu dan tinggi energi angkat. Dalam fungsinya tersebut pompa mengubah energi gerak poros untuk menggerakkan sudu-sudu menjadi energi gerak dan tekanan pada fluida.

Pada umumnya pompa digunakan untuk menaikan fluida subuah reservoit, pengairan, pengisi katel, dan sebagainya. Dalam hal ini pelaksanaan oprasionalnya dapat bekerja secara tunggal, seri, dan peralel yang kesemuannya tergantung pada kebutuhan sertan yang peralatan yang ada.

Dalam perancanaan instalasi pompa, harus dapat diketahui karakteristik pompa tersebut untuk mendapatkan system yang optimum. Inilah manfaat praktikum yaitu mendapat pengalaman pengujian instalasi pompa. Refrigerasi adalah proses pengambilan kalor atau panas dari suatu benda atau ruang untuk menurunkan temperaturnya. Kalor adalah salah satu bentuk dari energi, sehingga mengambil kalor suatu benda ekuivalen dengan mengambil sebagian energi dari molekul-molekulnya. Pada aplikasi tata udara (air conditioning), kalor yang diambil berasal dari udara. Untuk mengambil kalor dari udara, maka udara harus bersentuhan dengan suatu bahan atau material yang memiliki temperatur yang lebih rendah. Suatu mesin refrigerasi akan memiliki tiga sistem terpisah yakni:

1. Sistem refrigerasi

2. Sumberdaya untuk menggerakkan kompresor, yang berupa motor listrik

3. Sistem kontrol untuk menjaga suhu benda atau ruangan seperti di inginkan.

Mesin refrigerasi dapat berupa lemari es pada rumah tangga, mesin pembeku (freezer), pendingin sayur dan buah-buahan pada supermarket, mesin pembeku daging dan ikan, dan sebagainya.

Peralatan ini dapat dijumpai mulai dari skala kecil pada rumah tangga hingga skala besar pada aplikasi komersial dan industri.

Di samping itu, sistem refrigerasi komputer uap jugga digunakan pada aplikasi tata udara. Pada aplikasi tata udara untuk hunian manusia, mesin yang digunakan dapat ditemui mulai dari skala kecil seperti AC window dan AC split, sampai dengan skala menengah dan besar seperti packaget rooftop air conditioner, water-cooled chiller, dan air-cooled chiller.

1.2 MAKSUD & TUJUANPENGUJIAN POMPA SENTRIFUGAL (Tunggal, Seri, dan Paralel)

1. Mendapatkan diagram H vs Q pada putaran konstan untuk 2 (dua) pompa yang bekerja secara bersama :

a) Tunggal

b) Seri

c) ParallelSISTEM REFRIGERASI DAN PENGKONDISIAN UDARA

1. Memahami prinsip-prinsip sistem pengkondisian udara.2. Mengenal proses-proses pengkondisian udara.

3. Dapat menggambar proses perubahan kondisi udara pada diagram psychrometrik.1-3