laporan praktikum grafika komp. modul 1_puji aditiya pamungkas ti b 2011

Upload: pujiaditiyapamungkas

Post on 18-Jan-2016

77 views

Category:

Documents


6 download

DESCRIPTION

indahnya berbagi

TRANSCRIPT

LAPORAN PRAKTIKUMGRAFIKA KOMPUTERMODUL 1

Disusun Oleh :

Nama: Puji Aditiya PamungkasNim: 2011081102Prodi: Teknik Informatika B 2011

LABORATORIUM KOMPUTERFAKULTAS ILMU KOMPUTERUNIVERSITAS KUNINGAN2013

MODUL 1MENGAKSES PIXELProperties dan Events untuk pengaturan komponen Tampilan desain TImage dengan name(deklarasi)Image1 Komponen TImage pd kelompokAdditional Code Program Utama dan Unit Komponen EditGbr-1.1 . Tampilan dialog Delphi ver. 7 Komponen SpeedButton dan yang samping komponen BitBtn.

Berdasarkan gambar desain form diatas, ada 5 kompnen yang digunakan yaitu1. Edit ada 3 komponen dengan deklarasi Edit1 s/d Edit32. Label ada 4 komponen dengan deklarasi Label1 s/d Label43. Image ada 1 komponen4. SpeedButton ada 1 komponen5. Bitbtn ada 1 komponen Semuanya terdeklarasi dicode program type TForm1 = class(TForm) Image1: TImage; Edit1: TEdit; Label1: TLabel; Label2: TLabel; Edit2: TEdit; Label3: TLabel; Label4: TLabel; Edit3: TEdit; SpeedButton1: TSpeedButton; BitBtn1: TBitBtn;

Praktikum :

1. Mengambil dan mengubah warna pixel, Prak1a.dpr dan Prak1b.dpr

Untuk membuat seperti gambar di atas maka langkah-langkahnya sebagai berikut :1. Jalankan Delphi2. Setelah berada diruang Delphi, maka klik tombol save all atau file => save all untuk menyimpan project dan unit. Buat atau cari folder praktikum. Simpan nama unit dengan Modul1 dan nama project Prak1a, Prak1b.3. Ambil komponen TImage sebagai image1 pada kelempok additional

4. Ambil komponen label sebagai label1 pada kelompok standard

5. Kemudian isi Caption dengan Nilai Koordinat ,buat lagi label isi Caption dengan Warna, buat lagi label isi Caption dengan X, buat lagi label isi Caption dengan Y.

6. Ambil komponen MaskEdit sebagai Edit1 pada kelompok Additional

7. Kemudian hapus tesks yang ada pada MaskEdit

8. Ambil komponen SpeedButton sebagai SpeedButton1 pada kelompok Additional

9. Kemudian isi Caption dengan Ambil Pixel dan masukan gambar dengan cara pilih Glyph pada object inspector lalu pilih gambar yang sesuai kebutuhan.

10. Ambil komponen Bitbtn sebagai Bitbtn1 pada kelompok Additional

11. Kemudian isikan Caption dengan Keluar dan rubah fungsi tombol sesuai dengan yang diinginkan dengan cara pilih Kind pada object inspector lalu pilih fungsi yang diinginkan. Contoh disini Keluar maka fungsi yang dipilih bkClose.

12. Kemudian Buat kode program dengan cara double klik pada SpeedButton1 dan masuk kode program dibawah ini

Maka hasilnya jiga x diisi 25 dan y diisi 19 dengan warna diisi biru = $00FF0101