kedudukan dan fungsi bahasa indonesia

Post on 01-Jan-2016

77 Views

Category:

Documents

2 Downloads

Preview:

Click to see full reader

DESCRIPTION

BAHASA

TRANSCRIPT

  • SEJARAH SINGKAT BAHASA INDONESIAAbad ke-7: B. Melayu dengan huruf Pallawa; dalam prasasti tertua masa kerajaan SriwijayaAbad ke-13 sampai abad ke-19: B. Melayu; huruf Arab (Tulisan Jawi)

    Ejaan latin untuk bahasa Melayu mulai ditulis oleh Pigafetta, selanjutnya oleh de Houtman, Casper Wiltens, Sebastianus Dancaert, dan Joannes Roman. 1901: ditetapkannya Ejaan Van Ophuijsen

  • SEJARAH SINGKAT BAHASA INDONESIAVan Ophuijsen 1901 : boekoe, malum, adil, mulai, masalah, tida, pende5. 28 Oktober 1928:Kongres Pemuda; Sumpah Pemuda:B. Indonesia.

    6. 1938: Kongres BI pertama di Solo.7. 1942: masa Jepang; pelarangan B. Belanda; dampak positif BI.8. 18 Agustus 1945: penetapan UUD45; B. Negara ialah BI pasal 36.

  • SEJARAH SINGKAT BAHASA INDONESIA9. 1947: Ejaan Soewandi atau Ejaan Republik,C/Soewandi : buku, maklum, adil, mulai, masalah, tidak, pendek 10. 1954: Kongres Bahasa Indonesia II di Medan. Mendikbud (Mr. Muh. Yamin)

    Hasilnya:1) ejaan sedapat-dapatnya menggambarkan satu fonem dengan satu huruf; 2) penetapan ejaan hendaknya dilakukan oleh satu badan yang kompeten; 3) ejaan itu hendaknya praktis tetapi ilmiah.

  • SEJARAH SINGKAT BAHASA INDONESIA11. 1956: kongres BI di Singapura (1956) yang menghasilkan suatu resolusi u/ menyatukan ejaan B. Melayu di Semenanjung Melayu dengan ejaan BI di Indonesia. Dihasilkan ejaan Melindo (Ejaan Melayu-Indonesia)

    12. 1962: mengalami kegagalan peresmian Melindo karena adanya konfrontasi antara Indonesia dan Malaysia.13. 1966 : Lembaga Bahasa dan Kesusastraan (LBK) membentuk panitia, diketuai oleh Anton M. Moeliono & mengusulkan konsep baru sebagai ganti konsep Melindo

  • SEJARAH SINGKAT BAHASA INDONESIA14. 1972, setelah melalui beberapa kali seminar, akhirnya konsep LBK menjadi konsep bersama Indonesia-Malaysia yang seterusnya menjadi Sistem Ejaan Baru yang disebut EYD. Mashuri (MENDIKBUD)

    15. 1975: Pedoman Umum Ejaan Yang Disempurnakan

  • SEJARAH SINGKAT BAHASA INDONESIAAda empat ejaan yang sudah diresmikan pemakaiannya yaitu : 1. Ejaan Van Ophuijsen (1901) 2. Ejaan Soewandi (1947) 3. Ejaan Yang Disempurnakan (1972) 4. Pedoman Umum EYD (1975) Sistem ejaan yang belum atau tidak sempat diresmikan oleh pemerintah adalah : 1. Ejaan Pembaharuan (1957) 2. Ejaan Melindo (1959) 3. Ejaan LBK (1966)

  • KEDUDUKAN DAN FUNGSI BAHASA INDONESIAA. BAHASA NASIONALFUNGSINYA SEBAGAI:lambang kebanggaan nasionallambang identitas nasionalalat pemersatu berbagai suku bangsaalat perhubungan antardaerah

    B. BAHASA NEGARAFUNGSINYA SEBAGAI:bahasa resmi kenegaraanbahasa pengantar dalam dunia pendidikanalat perhubungan nasional,kepentingan pembangunan dan pemerintahanalat pengembangan kebudayaan dan ipteks

  • Bahasa Indonesia Ragam IlmiahKarakteristik BI Ragam Ilmiahcendikia; menyampaikan hasil berpikir logislugas dan jelas; mengungkapkan gagasan langsung secara tepatbertolak dari gagasansifat formal dan objektif; kosa kata, bentuk kata, dan struktur kalimat formalringkas dan padat;

  • Ciri-ciri Kalimat EfektifKepaduan dan kesatuanmengandung satu ide pokok memiliki struktur yang baikmemiliki hubungan timbal balik antar unsurKesejajaran Bentukkontruksi/bentuk bahasa yang sama dipakai dalam susunan serialPenekanandapat dilakukan dengan menyusun posisi dalam kalimat, urutan logis, pengulangan kataKehematanhemat kata, hemat fraseKevariasianvariasi kompposisi kalimat ; pembuka kalimat dapat dimulai dengan subjek, predikat, frase, kata modalitas.

top related