171159847 perkembangan evolusi komputer dari eniac sampai mikroprosesor2003

Upload: ferry-wijaya

Post on 17-Oct-2015

12 views

Category:

Documents


0 download

DESCRIPTION

eniac

TRANSCRIPT

TUGAS ARSITEKTUR KOMPUTERSEJARAH EVOLUSI KOMPUTER

Nama : Yogi Duta Hartas

Nim : 09111001018

Kelas : SK4A

PERKEMBANGAN EVOLUSI KOMPUTER DARI ENIAC SAMPAI MIKROPROSESORBerdasarkan perkembangan teknologi komputer, perkembangannya dapat dibagi menjadi 5 Generasi :

1. Generasi Pertama (1940 - 1959)

2. Generasi Kedua (1959 - 1964)

3. Generasi Ketiga (1964 - 1970)

4. Generasi Keempat (Sejak 1970)

5. Generasi Kelima (Sekarang)

6. Generasi Keenam (Masa Depan)I. KOMPUTER GENERASI PERTAMAKomputer generasi pertama banyak digunakan untuk tujaun saintifik. Oleh karena ukurannya yang amat besar, ketidaktepatan pemrosesan data dan harganya yang tinggi, banyak yang menganggap komputer akan menjadi alat yang digunakan untuk tujuan saintifik saja selamanya, bukan untuk kegunaan umum. Komputer generasi pertama ini menggunakan tabung vakum untuk memproses dan menyimpan data, sehingga menjadi cepat panas dan mudah terbakar. Oleh karena itu diperlukan beribu-ribu tabung vakum untuk menjalankan operasi keseluruhan komputer. Selain itu juga memerlukan banyak tenaga elektrik yang dapat menyebabkan gangguan elektrik di kawasan sekitarnya. Komputer generasi pertama ini 100% elektronik dan membantu para ahli dalam menyelesaikan masalah perhitungan dengan cepat dan tepat.Komputer generasi pertama mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :

1. Komponen yang dipergunakan adalah tabung hampa udara (vacuum tube) untuk sirkuitnya.

2. Program hanya dapat dibuat dengan bahasa mesin / assembler.

3. Ukuran fisik komputer besar sehingga memerlukan ruangan yang luas.

4. Cepat panas.

5. Proses kurang cepat.

6. Memerlukan daya listrik yang besar.

7. Orientasi pada aplikasi bisnisBeberapa contoh komputer generasi pertama :

1.ENIAC( Electronic Numerical And Calculator)Perkembangan komputer lain pada masa ini adalah Electronic Numerical Integrator And Computer (ENIAC), yang dibuat oleh kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania. Terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder, dengan berat 27 ton dan mengambil luas sekitar 167 m, Komputer tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang mengkonsumsi daya sebesar 160kW. Komputer ini dirancang oleh John Presper Eckert (1919-1995) dan John W. Mauchly (1907-1980), ENIAC merupakan komputer serbaguna (general purpose computer) yang bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan Mark I. Pada pertengahan tahun 1940-an, John von Neumann (1903-1957) bergabung dengan Tim University of Pennsylvania dalam usaha membangun konsep desain komputer yang hingga 40 tahun mendatang masih dipakai dalam teknik komputer.

2.EDVAC( Electronic Discrete Variable Automatic Computer)Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuah memori untuk menampung baik program ataupun data. Teknik ini memungkinkan komputer untuk berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali. Kunci utama arsitektur von Neumann adalah unit pemrosesan sentral (CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal.Pada Tahun 1951, UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) yang dibuat oleh Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur von Neumann tersebut. Baik Badan Sensus Amerika Serikat dan General Electric memiliki UNIVAC. Salah satu hasil mengesankan yang dicapai oleh UNIVAC adalah keberhasilannya dalam memprediksi kemenangan Dwilight D. Eisenhower dalam pemilihan presiden tahun 1952. Penggunaan tabung vakum sudah mulai dikurangi dalam perancangan komputer EDVAC ini, dimana proses perhitungan menjadi lebih cepat disbanding ENIAC.

3.EDSAC( Electronic Delay Storage Automatic Calculator )Mulai memperkenalkan penggunaan raksa (merkuri) dalam tabung untuk menyimpan data.

4.UNIVAC I( Universal Automatic Calculator)Dirancang pada tahun 1951 oleh Dr. Mauchly dan Eckert. Komputer ini merupakan komputer pertama yang digunakan untuk memproses data perdagangan. Digunakan untuk kalkulasi sensun 1950an oleh US Bureau of Sensus .

5.UNIVAC IIPabrik pembuatnya Sperry Rand-Univac. Dipasarkan akhir tahun 1950an dengan kelebihan lebih cepat dari UNIVAX 1 dan kepasitas memori bertambah.

6.Datamatic 1000Pabrik pembuatnya Honeywell

7.Mark II, Mark III, IBM 702, IBM 704, IBM 709Pabrik pembuatnya International Business Machine

8.CRC, NCR 102A, NCR 102DPabrik pembuatnya National Cash register

9.BIZMAC I, BIZMAC IIPabrik pembuatnya RCA

II. KOMPUTER GENERASI IIPada tahun 1948, penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tube vakum yang ada pada televisi,radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis. Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai sejak tahun 1956. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC. Komputer-komputer ini, yang dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah besar data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom. Mesin tersebut sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi bisnis, sehingga membatasi kepopulerannya. Hanya ada dua LARC yang pernah dipasang dan digunakan : satu di Lawrence Radiation Labs di Livermore, California, dan yang lainnya di US Navy Research and Development Center di Washington D.C. Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa Assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singkatan untuk menggantikan kode biner.

Pada awal tahun 1960-an, mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, di Universitas, dan di pemerintahan. Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan Komputer pada saat ini : printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program. Salah satu contoh penting komputer pada masa ini adalah IBM 1401 yang diterima secara luas di kalangan industri. Pada tahun 1965,hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua untuk memproses informasi keuangan.

Program yang tersimpan di dalam komputer dan bahasa pemrograman yang ada di dalamnya memberikan fleksibilitas kepada komputer. Fleksibilitas ini meningkatkan kinerja dengan harga yang pantas bagi penggunaan bisnis. Dengan konsep ini, komputer dapat mencetak faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan desain produk atau menghitung daftar gaji. Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat,dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Hal ini memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengatur komputer. Berbagai macam karir baru bermunculan (programmer,analyst,dan ahli sistem komputer). Industri piranti lunak juga mulai bermunculan dan berkembang pada masa komputer generasi kedua ini.

Secara umum komputer generasi kedua mempunyai ciri-ciri sebagai berikut : 1. Sirkuitnya berupa transistor.

2. Program dapat dibuat dengan bahasa tingkat tinggi (high level language), seperti FORTRAN, COBOL, ALGOL.

3. Kapasitas memori utama sudah cukup besar.4. Ukuran fisik komputer lebih kecil disbanding komputer generasi pertama.

5. Proses operasi sudah cepat.6. Membutuhkan lebih sedikit daya listrik.

7. Berorientasi pada bisnis dan teknik.

Komputer Generasi Kedua Diantaranya :1959.PDP-1Perusahaan DEC (Didital Equipment Corporation) dengan pendirinya Ken Olsen dengan saudaranya Stan Olsen dan Harlan Anderson mendemonstrasikan komputer PDP-1. Komputer generasi kedua lainnya dikenalkan pada tahun 1959 adalah Honeywell 400.

1961.VIRTUAL MEMORY YANG PERTAMAMetode virtual memory diusulkan oleh suatu group Di Manchester London dan kira-kira mulai awal tahun 1970 banyak komputer yang menerapkannya.

1963.KOMPUTER MINI KOMERSIAL YANG PERTAMAPerusahaan DEC mulai menjual komputer mini yaitu PDP-5, kemudian diikuti oleh PDP-8 yang dianggap sebagai kompouter mini yang sukses.

Komputer generasi kedua lainnya yaitu :1. UNIVAC III, UNIVAC SS80, UNIVAC SS90, UNIVAC 1107.2. Burroughs 2003. IBM 7070, IBM 7080, IBM 1400, IOBM 16004. NRC 3005. Honeywell 400, Honeywell 8006. CDC 1604, CDC 106A.7. GE 635, GE 645, 6E 200

UNIVAC IIIDirancang sebagai perbaikantransistorizedpenggantitabung vakumUNIVAC IdanII UNIVACkomputer, diperkenalkan pada bulan Juni 1962.Ia dirancang agar kompatibel untuk semua format data. Namun ukuran kata dan set instruksi benar-benar berbeda; ini disajikan kesulitan yang signifikan karena semua program harus ditulis ulang, begitu banyak pelanggan beralih ke vendor yang berbeda daripada peningkatan UNIVACs ada.

III. KOMPUTER GENERASI KETIGAWalaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC:integrated circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Para ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang berfungsi untuk memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.

Jenis family komputer terkecil, yaitu mikrokomputer muncul dalam generasi ini. Banyak bahasa pemrograman muncul seperti BASIC, Pascal dan PL/1. Diantara bahasa-bahasa tersebut, BASIC menjadi bahasa pemrograman yang paling popular pada mikrokomputer.

Mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:1. Komponen yang dipergunakan adalah IC (Integrated Cicuits) yang bebentuk hybrid intgrated circuits dan monolithic intgrated circuits.

2. Peningkatan dari softwarenya.

3. Lebih cepat dan tepat bahkan 10000 kali lebih cepat dari komputer generasi pertama.

4. Kapasitas memory komputer lebih besar, dapat menyimpan ratusan ribu karakter.

5. Menggunakan penyimpan luar yang bersifat random access.

6. Penggunaan listrik lebih hemat dibandingkan komputer generasi sebelumnya.

7. Memungkinkan untuk melakukan multiprocessing.

8. Pengembangan dari alat input-output yang menggunakan visual display terminal yang bisamenampilkan gambar serta grafik.

9. Harga semakin murah dibandingkan dengan komputer generasi sebelumnya.

10. Kemampuan melakukan komunikasi data dari suatu komputer dengan komputer lain.1964.KOMPUTER GENERASI KETIGA YANG PERTAMAPada tanggal 7 April 1964 IBM mengumumkan sebuah komputer yaitu IBM S/360 atau IBM System 360 menggunakan komponen IC.

1969.KOMPUTER MINI 16 BIT PERTAMAKomputer mini 16 bit pertama dijual pada tahun 1969 dengan nama NOVA yang dikembangkan sejak tahun 1968 oleh perusahaan Data General Corporation.Komputer-komputer generasi ketiga lainnya adalah :

1. UNIVAC 1108, UNIVAC 9000

2. URROUGHS 5700, BURROUGHS 6700, BURROUGHS 7700

3. NCR seri Century.

4. GE 600, GE 235.

5. CDC 3000, CDC 6000, CDC 7000

6. PDP-8, PDP-11

IBM System/360 (S/360)sebuah komputer mainframesistem keluarga diumumkan oleh IBMpada tanggal 7 April 1964.Itu adalah keluarga pertama komputer dirancang untuk menutupi lengkap aplikasi, dari kecil hingga besar, baik secara komersial dan ilmiah.TDesain membuat perbedaan yang jelas antara arsitekturdan implementasi, yang memungkinkan IBM untuk merilis suite yang kompatibel dengan harga desain yang berbeda.

IV. KOMPUTER GENERASI KEEMPATSetelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas yaitu mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip.Pada tahun1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal. Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukuran setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan juga kehandalan komputer. Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil. Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik. Sekarang, sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan. Tidak lama kemudian, setiap perangkat rumah tangga seperti microwave oven, televisi, dan mobil dengan electronic fuel injection dilengkapi dengan mikroprosesor.

Perkembangan yang demikian memungkinkan orang-orang biasa untuk menggunakan komputer biasa. Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaan-perusahaan besar atau lembaga pemerintah. Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum. Komputer-komputer ini, yang disebut minikomputer, dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Piranti lunak yang paling populer pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet. Pada awal 1980-an, video game seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih canggih dan dapat diprogram. Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit pada tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit pada tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian, 65 juta PC digunakan. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop).

IBM PC bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer. Apple Macintosh menjadi terkenal karena mempopulerkan sistem grafis pada komputernya, sementara saingannya masih menggunakan komputer yang berbasis teks. Macintosh juga mempopulerkan penggunaan piranti mouse.

Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaianCPU : IBM PC/486,Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon,dsb. Ini semua masuk dalam golongan komputer generasi keempat. Seiring dengan menjamurnya penggunaan komputer di tempat kerja, cara-cara baru untuk menggali potensi terus dikembangkan. Seiring dengan bertambah kuatnya suatu komputer kecil, komputer-komputer tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori, piranti lunak, informasi, dan juga untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Komputer jaringan memungkinkan komputer tunggal untuk membentuk kerjasama elektronik untuk menyelesaikan suatu proses tugas.Dengan menggunakan perkabelan langsung,yang disebut juga Local Area Network(LAN), atau kabel telepon, jaringan ini dapat berkembang menjadi sangat besar.

KOMPUTER GENERASI KEEMPAT YANG PERTAMAIBM 370telah menggunakan LSI yang merupakan komputer generasi keempat yang pertama.

1971.MICROPROCESSOR YANG PERTAMAAhli-ahli teknik di perusahaan Intel Corporation telah berhasil mengembangkan Chip Mikroprocessor yang disebut dengan 4004. Perusahaan Intel menyebut 4004 sebagai Microprogramable Computer on a Chip.

1974.KOMPUTER MIKRO KOMERSIAL YANG PERTAMAPerusahaan Micro Instrumentation and Telemetry System (MITS) Corporation memproduksi komputer mikro altair yang dijual komersial pertama dalam bentuk kit seharga $400. Komputer mikro ini menggunakan 8080 microprocessor buatan perusahaan Intel.

1975.KOMPUTER SUPER KOMERSIAL PERTAMAKomputer Cray-I dikirim ke Los Alamos Laboratories yang merupakan komputer super (supercomputer) komersial yang pertama.

1977.LOCAL AREA NETWORK YANG PERTAMAPerusaahan Datapoint Corporation mengumumkan ARCNET yang merupakan Local Area Network. LAN adalah jaringan komputer yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya yang dihubungkan dengan kabel dalam satu area yang lokal.

1977.PERSONAL KOMPUTER YANG PERTAMASejak tahun 1977 komputer mikro merupakan perkembangan yang sangat penting dalam dunia komputer. Komputer mikro sejak tahun ini mempunyai bentuk fisik yang yangkecil dan harganya yang murah dapat terjangkau oleh masyarakat sehingga disebut dengan nama komputer personal. Pada tahun 1977 telah beredar komputer personal di pasaran yaitu Apple II Computer, Radio shack dan Commodore. Komputer Apple II dikembangkan dari Komputer Apple I sejak tahun 1976. Sampai tahun 1979 sudah terjual kira-kira 400000 unit personal komputer dan telah ratusan perusahaan yang memproduksi personal dengan nama perusahaan A sampai Z yaitu : Apple, Altos, Altari, Basic Four Corporation, Casio, Coomodore Bussiness Machines, Compaq, Dynabyte, Epson, GRiD System Corporation, heath, Hewlett Packard, IBM, Intel Corporation, Kypro, Mattel Mis Corporation, Nipon Electronic Company, north Star, Ohio Scientific Instruments, Osborne, Processor Technologhy, Sinclair Trandy Corporation/Radio Shack, Televideo, Texas Instrument, Vector Graphics, Victor, Wang Laboratories, Xerox, Xenith dan lainnya.

1978.KOMPUTER SISTEM WINDOW DAN MENGGUNAKAN MOUSE YANG PERTAMAXerox Corporation memperkenalkan komputer diatas meja yang dapat menampilkan beberapa bentuk di layar sekaligus dalam bentuk jendela (window) dan menggunakan alat mouse pertama. Sekarang sistem-sistem yang terbaru banyak mernggunakan ide tersebut.

1981.KOMPUTER IBM PC YANG PERTAMAPada tahun 1981, IBM memperkenalkan komputer mikro yang disebut dengan komputer personal IBM. Komputer ini sukses besar di pasaran. Sampai pada akhir tahun 1982, sejumlah 835000 IBM PC terjual. IBM PC yang pertama dikenalkan ini diberi seri XT, sehingga dikenal dengan nama IBM PC/XT. Komputer ini menggunakan microprocessor buatan pabrik Intel yaitu Intel 8088 dengan kecepatan sampai 8 MHz. Besarnya RAM yang digunakan adalah sebesar 128 Kb sampai dengan 640 Kb dengan hardisk dengan kapasitas 10 Mb dan 5 disket berkapasitas 360 Kb. Sistem operasi yang digunakan untuk komputer ini adalah MS. DOS atau PC DOS.

1984.IBM PC/ATIBM PC/AT (advanced Technology) yang dikenalkan merupakan seri kelanjutan dari IBM PC/XT. IBM PC/AT menggunakan micropocessor Intel 80286 dengan kecepatan 8 Mhz, RAM sebesar 256 Kb sampai dengan 3 Mb, harddisk dengan kapasitas 20 Mb,disket berukuran diameter 5 berkapasitas 1,2 Mb dan menggunakan sistem operasi PC DOS atau MS DOS.

1984.MACHINTOSH DAN GUI PERTAMAPerusahaan komputer Apple memperkenalkan produk yang bernama Apple Macintosh pada tahun 1984. Komputer ini menjadi komputer yanf terkenal karena sangat mudah digunakan dan menggunakan konsep GUI ( menggunakan interface WIMP yaitu menggunakan sistem windows dengan pointing device misalnya mouse) untuk memilih pilihan yang ada di menu-menu pilihan atau dalam bentuk icons.

1987.IBM PS/2Dikenalkan pada tahun 1987 menggunakan microprocessor Intel 8086 dengan kecepatan 10 MHz.

1988.IBM PC/386 KOMPUTER 32 BIT YANG PERTAMASeri selanjutnya dari IBM PC/AT adalah IBM PC/386 yang menggunakan microprocesor Intel 80386 yang merupakan komputer 32 bit pertama.1990.IBM PC/486Komputer ini menggunakan microprocessor Intel 80486 dengan kecepatan 25 sampai 66 MHz.

1997.PENTIUM IIPada bulan mei 1997 perusahaan Intel memperkenalkan microprocessor pentium II sebagai kelanjutan dari seri pentium. Pentium II mempunyai seri Intel 233 MHz, Intel Pentium 266 MHz, Intel Pentium 300 mhz.

1998.AMD K6 3DPesaing Intel yaitu AMD yang meluncurkan AMD K6 3D pada tahun 1998. Processor ini memopunyai kemampuan proses aplikasi grafik 3 dimensi dengan lebih cepat dibandingkan processor sebelumnya.

IBM Personal Computer XT,sering disingkatIBM XT, PC XT,atau hanyaXT,adalah yang penerus IBM ke original IBM PC.Album ini dirilis sebagai nomor produk IBM5160pada tanggal 8 Maret 1983, dan datang standar dengan hard drive.Hal ini didasarkan pada arsitektur dasarnya sama dengan PC yang asli, dengan hanya perbaikan tambahan, sebuah arsitektur bus-bit 16 baru akan mengikuti di AT.XT ini terutama dimaksudkan sebagai mesin ditingkatkan untuk penggunaan bisnis, dan sesuaiPC 3270yang menampilkan 3270 terminalemulasi dirilis kemudian pada bulan Oktober 1983.XT stands forX-tendedTechnology.Singkatan XTX-cenderung Technology.

V. GENERASI KELIMA

Komputer pada zaman sekarang ini sudah lebih canggih baik dalam segi Kemampuan yang sudah berkembang sangat signifikan, Bentuk yang sudah semakin di sesuaikan sesuai dengan kebutuhan dan sudah diperlukan di berbagai aspek baik untuk bisnis maupun untuk kepentingan edukasi. Dengan Teknologi Komputer yang ada saat ini,agak sulit untuk dapat membayangkan bagaimana komputer masa depan.Dengan teknologi yang ada saat ini saja kita seakan sudah dapat menggenggam dunia.Dari sisi teknologi beberapa ilmuwan komputer meyakini suatu saat tercipta apa yang disebut dengan biochip yang dibuat dari bahan protein sitetis.Robot yang dibuat dengan bahan ini kelak akan menjadi manusia tiruan.Sedangkan teknologi yang sedang dalam tahap penelitian sekarang ini yaitu mikrooptik serta input-output audio yang mungkin digunakan oleh komputeryang akan datang.Ahli-ahli sains komputer sekarang juga sedang mencoba merancang komputer yang tidak memerlukan penulisan dan pembuatan program oleh pengguna.Komputer tanpa program (programless computer) ini mungkin membentuk ciri utama generasi komputer yang akan datang.Pada generasi ini komputer sudah mempunyai bentuk umum yaitu terdiri dari :1. CPU (central processing unit)

2. Monitor baik berupa LCD (liquid crystal digital) maupun CRT (Cathode Ray Tube)

3. Keyboard

4. Mouse

Secara umum seperti itulah bentuk komputer pada generasi kelima atau pada masa kini. Namun karena kebutuhan yang dimiliki manusia semakin lama semakin kompleks dan untuk itu dibutuhkan jenis komputer yang sesuai dengan kebutuhan, untuk itu kebanyakan komputer pada generasi kelima ini dikembangkan fokus kepada hardware yang terdapat pada CPU agar bisa menyesuaikan dengan program atau sofware yang dibutuhkan, namun tidak berarti bentuk dari sebuah Pesonal Komputer itu sendiri tidak berkembang banyak juga yang sudah mengeambangkan sebuah personal komputer agar mobilitasnya dapat menyesuaikan kebutuhan kita.seperti yang dijelaskan diatas perkembangan sebuah komputer pada saat ini menyesuaikan dengan kebutuhan banyak orang tidak seperti dahulu yang hanya dapat digunakan oleh beberapa orang. secara umum perkembangan komputer masa kini dapat di lihat dari berkembangnya komponen mikroprosesornya.

Berikut perkembangan mikroprosesor yang ada pada saat ini :Pentium IIProcessor utama ini memiliki fitur :1. Kecepatan berkisar antara 233MHz sampai 450MHz (di tahun 1999)

2. Cocok untuk workstations maupun servers

3. Menggunakan single edge contact cartridge, 242 pins.

4. Termasuk 512KB level two cache.\

5. 32KB dari level one cache dibagi menjadi 16KB data dan 16KB instruksi cache

Pentium ProRangkaian Prosessor ini sesuai untuk high-end servers yang membutuhkan sampai 4 processor. Fitur yang dimilikinya :1. sesuai untuk high end workstations dan servers

2. kecepatannya 150, 166, 180 dan 200MHz

3. dapat diskalakan sampai 4 processors dalam sistem multiprocessor

4. dioptimalkan sampai dapat menjalankan aplikasi 32 bit.

5. 8K/8K data terpisah dan instruksi level one cache

Cerelon ProcessorProcessor Cerelon didesain untuk pemakaian pasar konsumen di rumahan. Processor ini memiliki fitur :1. kecepatan berkisar dari 266 sampai 500MHz (di tahun 1999)

2. Mirip dengan Pentium II processor

3. Versi 300 dan 333MHz termasuk 128K dari level two cache

4. level one cache 32K (terdiri dari 16K instruksi dan 16K data)

5. meliputi teknologi MMX

Pentium III ProcessorBerdasarkan pada mikro arsitektur P6, merupakan media Intel MMX yang ditingkatkan dengan penyediaan Streaming SIMD Extensions. Diaman terdapat 70 instruksi baru yang memungkinkan penggambaran image tingkat lanjut, grafik 3D, audio dan video, dan pengenalan percakapan. Fitur barunya adalah processor serial number, yaitu suatu nomer elektronik yang ditambahkan ke setiap Processor Pentium III, yang dapat digunakan oleh departement IT untuk manajemen informasi/asset.Processor ini memiliki fitur :1. kecepatan berkisar 450MHz, 500MHz, 550MHz dan 600MHz (di tahun 1999)

2. 70 Instruksi baru

3. Intel Processor Serial Number

4. P6 Microarchitecture

5. 100MHz system bus

6. 512K Level Two Cache

7. Intel 440BX chipset

Intel Pentium 4 Family and next generationBiasa disebut Pentium 4. Meski dalam satu keluarga namun memiliki kecepatan yang berbeda-beda. Demikian juga dengan socket yang digunakan. Versi terbanyak yang digunakan Pentium 4 adalah menggunakan socket 478. Pada versi terbarunya telah menggunakan socket LGA 775 untuk mendukung beberapa motherboard keluaran terbaru. Merupakan generasi pertama Pentium 4 yang memiliki 1 MB L2 cache dan memiliki kecepatan 3,8 GHz. Namun, pada processor ini memiliki kendala yang cukup signifikan, yaitu memiliki panas yang cukup tinggi. Dan processor ini belum mendukung operating system dan aplikasi 64-bit. Segi baiknya, processor ini memang memiliki kinerja yang baik untuk menunjang kebutuhan multiaplikasi dan gaming.Pentium 4 Extreme EditionMerupakan jajaran processor premium dari Intel, untuk CPU desktop PC. Yang terbaru juga telah menggunakan socket LGA 775 dan berjalan di atas 3,46 GHz dengan fitur 512 K L2 cache ditambah dengan 2 MB L3 cache dan FSB sebesar 1066 MHz. Ia juga tersedia dalam versi 64-bit CPU.

Pentium DKeluarga CPU Intel yang memiliki arsitektur dual-core. Beberapa seri yang sudah tersedia, di antaranya Pentium D 840, 830, dan 820 yang memiliki clock dari 2,80 sampai 3,20 GHz dengan FSB 800 MHz. Dengan L2 cache yang dimilikinya 21 Mb. Dengan dual-core, diharapkan mampu melakukan pemrosesan data dengan waktu yang lebih singkat. Selain itu, processor ini telah dilengkapi dengan EMT64T (Extended Memory 64 Technology) yang mendukung operating system dan aplikasi 64-bit.

Dual CorePada tahun 2005 Intel menjual produk Dual-Core pertamanya. Dari namanya kita dapat ambil kesimpulan bahwa procesor jenis ini bekerja dengan dua inti processor di dalam satu processor. Setiap inti ini kecepatannya sama dengan processor sebelumnya, akan tetapi semua proses hitungan dibagi kepada dua inti tersebut, sehingga proses hitungan jadi lebih cepat.

Intel Core 2 DuoPada pertengahan 2006 Intel merilis Intel Core 2 Duo. Pada saat itu bernama Conroe dan Allendale. Sistem pengoperasiannya sama seperti Intel Dual Core, akan tetapi letak perbedaannya adalah di jumlah transistornya. Hal inilah yang menjadikan Intel Core 2 Duo lebih cepat dibandingkan dengan Intel Dual Core. Dan Intel Core 2 Duo jauh lebih efisien dibandingkan dengan seri sebelumnya dalam hal mengeksekusi intruksi.

intel Core 2 Quad Q6600Processor untuk type desktop dan digunakan pada orang yang ingin kekuatan lebih dari komputer yang ia miliki memiliki 2 buah core dengan konfigurasi 2.4GHz dengan 8MB L2 cache (sampai dengan 4MB yang dapat diakses tiap core ), 1.06GHz Front-side bus, dan thermal design power (TDP).

Intel Quad-core Xeon X3210/X3220Processor yang digunakan untuk tipe server dan memiliki 2 buah core dengan masing-masing memiliki konfigurasi 2.13 dan 2.4GHz, berturut-turut, dengan 8MB L2 cache ( dapat mencapai 4MB yang diakses untuk tiap core ), 1.06GHz Front-side bus, dan thermal design power (TDP).

AMD Athlon 64 FamilyAMD memiliki tiga jenis processor dengan performa yang berbeda. Yaitu, Athlon 64 dan FX Series, juga Sempron. Meski dari ketiganya memiliki basic teknologi yang sama, namun beberapa fitur dan harga yang ditawarkan memiliki perbedaan yang cukup berarti.Pada dasarnya, processor AMD Athlon 64 mampu menghasilkan kecepatan yang tinggi terhadap aplikasi yang menggunakan banyak floating point dan kebutuhan bandwidth yang besar.AMD Athlon 64Pada processor ini memiliki dua versi. Versi yang pertama yang masih menggunakan memory single-channel. Yaitu Athlon 64 yang menggunakan socket 75. Sedangkan yang kedua menggunakan socket 939 dan sudah memiliki teknologi memory dual-channel. Untuk harga, sudah barang tentu Athlon 64 754 memiliki harga yang lebih murah dibanding 939. Keduanya memiliki L2 cache sebesar 1 MB, sedangkan untuk kecepatan yang ditawarkan beragam, mulai dari 2,4 GHz sampai dengan 3,0 GHz.

Athlon 64 FXProcessor ini merupakan processor yang paling tepat untuk menunjang para gamer, karena selain dilengkapi dengan L2 cache sebesar 1 MB dengan kecepatan terendah yang ditawarkan sebesar 2,6 GHz. Processor keluaran AMD baik Athlon 64 ataupun Athlon 64 FX sudah mendukung aplikasi dan operating system 64-bit. Dan kini AMD telah mengeluarkan processor dualcore, yaitu AMD Athlon 64 X2, masih menggunakan socket 939+.

Intel Core i3The Core I3 ini dimaksudkan untuk menjadi prosesor entry-level baru dari Intel, setelah pensiun dari Core 2.Teras pertama I3 prosesor diluncurkan pada 7 Januari 2010.dengan terintegrasi GPUdan dua core.The same processor will also be available as Core i5 and Pentium, with slightly different configurations.Prosesor yang sama juga akan tersedia sebagai Core i5 dan Pentium, dengan sedikit konfigurasi yang berbeda.

The I3-3xxM prosesor Core didasarkan pada Arrandale, versi mobile dari prosesor desktop Clarkdale.Mereka akan mirip dengan seri 4xx i5-Core tetapi berjalan pada kecepatan clock yang lebih rendah dan tanpa Turbo boost. Menurut beberapa sumber, ada Core 2 prosesor berdasarkan Yorkfield,Wolfdaledan Penyrinjuga bisa mendapatkan rebranded untuk Core I3

Core i5didasarkan pada Nehalemmikroarsitektur.The Core i5 pertama diperkenalkan pada tanggal 8 September 2009 dan merupakan sebuah varian utama dari i7, awalnya hanya inti-inti prosesor desktop quad berdasarkan Lynnfield, dengan dual-core mobile (Arrandale) dan prosesor desktop ( Clarkdale) setelah pada tahun 2010.

Core i7Pada tahun 2009, Core i7 baru model berdasarkan Lynnfieldquad-core prosesor desktop dan Clarksfieldquad-core mobile yang ditambahkan, dan model berdasarkan Arrandale-core mobile dual prosesor yang telah diumumkan.Penambahan enam-core pertama lineup prosesor Core akan dengan Gulftownprosesor, yang diluncurkan pada tanggal 16 Maret 2010.

VI. GENERASI KEENAM

Generasi keenam adalah generasi masa depan dimana ciri-ciri komputer masa mendatang di antaranya adalah lebih canggih dan lebih murah serta memiliki kemampuan diantaranya melihat, mendengar, berbicara, dan berpikir serta mampu membuat kesimpulan seperti manusia. Ini berarti komputer memiliki kecerdasan buatan yang mendekati kemampuan dan prilaku manusia. Kelebihannya lagi, komputer memiliki kecerdasan untuk memprediksi sebuah kejadian yang akan terjadi, bisa berkomunikasi langsung dengan manusia, dan bentuknya semakin kecil. Yang jelas komputer masa depan akan lebih menakjubkan dari komputer yang ada dihadapan Anda saat ini.