11 definisi operasional [121127]

Upload: senja-tsamrotul

Post on 14-Oct-2015

77 views

Category:

Documents


1 download

TRANSCRIPT

  • DEFINISI OPERASIONAL VARIABELArie J. Pitono2012

  • Variabel-variabel penelitian sebenarnya merupakan kumpulan konsep mengenai fenomena yang diteliti. Pada umumnya, karena rumusan variabel masih bersifat konseptual, maka maknanya masih sangat abstrak walaupun mungkin secara intuitif sudah dapat dipahami maksudnya.

  • Dalam pelaksanaan penelitian, batasan atau definisi suatu variabel tidak dapat dibiarkan memiliki makna ganda, atau tidak menunjukkan indikator yang jelas. Hal ini disebabkan data mengenai variabel yang bersangkutan akan diambil lewat suatu prosedur pengukuran.Pengukuran yang valid hanya dapat dilakukan terhadap atribut yang sudah didefinisikan secara tegas dan operasional. Variabel yang masih berupa konsep teoritis, belum dapat diukur.

  • Definisi operasional adalah pengertian suatu variabel yang dirumuskan berdasarkan karakteristik-karakteristik variabel tersebut yang dapat diamati (observable) atau dapat diukur (measurable) dan bersifat spesifik (tidak berinterpretasi ganda).

  • Definisi operasional dapat dibuat dalam bentuk tabel yang mencakup :Nama variabelDefinisi variabelCara ukur Hasil ukur / Kategori Skala pengukuran

  • Dalam banyak hal, definisi operasional mengacu pada pustaka yang ada, akan tetapi diperkenankan untuk membuat definisi sendiri sejauh dapat dipertanggungjawabkan.

  • Suatu konsep mengenai variabel yang sama dapat saja memiliki definisi operasional yang lebih dari satu dan berbeda-beda antara penelitian yang satu dan yang lainnya. Penelitilah yang memilih dan menentukan definisi operasional yang paling relevan bagi variabel yang ditelitinya.

  • ContohVariabel PengetahuanDefinisi konseptual :kepandaian ; segala sesuatu yang diketahui berkenaan dengan hal tertentu.Definisi operasional :

    NamaVariabelDefinisi OperasionalAlat UkurHasil Ukur / KategoriSkala PengukuranPengetahuanJawaban responden tehadap pertanyaan yang diajukanKuesioner0. Baik (Jawaban benar 60 %)1. Kurang Baik (Jawaban benar < 60 %)Ordinal

  • ContohVariabel PengetahuanDefinisi konseptual :kepandaian ; segala sesuatu yang diketahui berkenaan dengan hal tertentu.Definisi operasional :

    NamaVariabelDefinisi OperasionalAlat UkurHasil Ukur / KategoriSkala PengukuranPengetahuanJawaban responden tehadap pertanyaan yang diajukanKuesionerNilai antara 0 s.d. 100Rasio

  • ContohVariabel Diabetes MellitusDefinisi konseptual :penyakit menahun dan progresif ditandai dengan kenaikan kadar gula darah terus menahun yang disebabkan oleh kekurangan hormon insulin, baik secara relatif maupun absolut di dalam tubuh.Definisi operasional :

    NamaVariabelDefinisi OperasionalAlat UkurHasil Ukur / KategoriSkala PengukuranDiabetes MellitusKeadaan gangguan kesehatan pasien yeng ditetapkan oleh dokter mengalami Diabetes MellitusRekam Medik0. Ya (Diagnosis Diabetes Mellitus)1. Tidak (Diagnosis bukan Diabetes Mellitus)Nominal

  • Perlu ditegaskan bahwa definisi operasional yang telah ditetapkan harus digunakan secara taat asas dalam keseluruhan penelitian.

  • Menyusun & MengevaluasiDefinisi OperasionalBayangkan diri anda sebagai orang lain, kemudian baca kembali definisi operasional yang anda telah susun, perhatikan :Apakah mungkin akan terdapat perbedaan interpretasi bagi saya sebagai orang lain?Apakah ada informasi lain yang bisa memperjelas dan mengurangi bias pemahaman? (ukuran, tempat, hasil yang diharapkan)Apakah mungkin akan ada pertanyaan yang timbul dari pernyataan ini yang meminta penjelasan tambahan?Apakah definisi operasional ini terlalu lengkap sehingga memberikan efek balik yaitu membingungkan?

  • Menyusun & MengevaluasiDefinisi OperasionalAjaklah lebih dari satu rekan anda untuk menyusun definisi operasional bersama-sama untuk mengurangi dominasi pendapat anda sendiri.Ajaklah lebih dari satu rekan anda (disarankan yang tidak ikut menyusun definisi operasional) untuk membaca definisi operasional, kemudian konfirmasikan apakah dia mendapatkan maksud yang sama seperti yang anda maksudkan.

  • KepustakaanPratiknya AW. 2011. Dasar-dasar Metodologi Penelitian Kedokteran dan Kesehatan. Jakarta : Rajawali Press.

    *