petunjuk pengisian data pontren tp 2013-2014

Upload: erwan-david-setyiawan

Post on 16-Oct-2015

75 views

Category:

Documents


0 download

TRANSCRIPT

Petunjuk Pengisian Data Pondok Pesantren - TP 2013/2014

Petunjuk Pengisian Data Pondok Pesantren - TP 2013/2014 2013

PETUNJUK PENGISIAN DATA PONDOK PESANTRENTAHUN PELAJARAN 2013/2014

1. PETUNJUK UMUM1.1. Bacalah terlebih dahulu Petunjuk Pengisian Data Pondok Pesantren dengan cermat dan teliti, sebelum melakukan pengisian format data Pondok Pesantren Tahun Pelajaran 2013/2014.1.2. Setiap Pondok Pesantren diwajibkan untuk mengisi dan melengkapi 3 jenis data, yaitu Data Lembaga, Data Detil Personal (Daftar Pendidik dan Tenaga Kependidikan), dan Data Detil Santri secara benar, lengkap dan akurat.1.3. Data Lembaga, Data Detil Personal, dan Data Detil Santri yang diisikan adalah data kondisi Tahun Pelajaran 2013/2014.1.4. Untuk setiap kata yang mengandung karakter petik ( atau ), mohon diganti dengan menggunakan karakter ` (di bawah tombol Esc).1.5. Dilarang keras merubah format data Pondok Pesantren ini, baik dengan menambah kolom, menghapus kolom, memindahkan kolom, ataupun merubah judul kolom. Perubahan yang diperbolehkan hanyalah merubah lebar kolom (jika diperlukan).

2. PETUNJUK KHUSUS2.1.DETIL LEMBAGA PONDOK PESANTREN (FILE LEMBAGA PONTREN.XLS)2.1.1. Identitas Lembaga (Kolom A-L)1. NSPP (Kolom A)NSPP adalah Nomor Statistik Pondok Pesantren yang diterbitkan oleh Kemenag Kab./Kota setempat. Nomor Statistik ini terdiri dari 12 digit angka sesuai dengan Buku Panduan Nomor Statistik Pendidikan Islam Tahun 2008 yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama.Catatan : contoh NSPP yang sesuai dengan Buku Panduan Nomor Statistik Pendidikan Islam Tahun 2008 adalah 510311010007.

2. Nama Pondok Pesantren (Kolom B)Pada kolom ini tuliskan Nama Pondok Pesantren bersangkutan tanpa perlu diberi label PP atau Pontren. Huruf kapital ditulis hanya untuk setiap huruf pertama di setiap kata.Contoh pengisian : untuk Pesantren Al Hidayah, maka ditulis Al Hidayah.

3. Tipe (Kolom C)Kolom ini diisi dengan Tipe Pondok Pesantren dengan pilihan sebagai berikut :1 :Hanya Menyelenggarakan Kajian Kitab Kuning/Kutub Al-Turats2 :Menyelenggarakan Kajian Kitab Kuning/Kutub Al-Turats & Layanan Pendidikan lainnya

Contoh pengisian : Untuk Pondok Pesantren yang Menyelenggarakan Kajian Kitab Kuning/Kutub Al-Turats & layanan pendidikan lainnya, maka ditulis 2.

4. Alamat (Kolom D)Kolom ini diisi dengan alamat lengkap lokasi keberadaan Pondok Pesantren yang bersangkutan (bisa berupa nama jalan, nomor dan kota, atau nama kampung, RT/RW dan kelurahan/desa).Contoh pengisian : Jl. Raya Bogor Km. 11 No. 756 Cibinong Bogor atau Kp. Cikeusik RT. 002/01 Desa Sukmajaya.

5. Telepon (Kolom E)Kolom ini diisi dengan Kode Area dan Nomor Telepon kantor Pondok Pesantren yang bersangkutan (jika memiliki).Contoh pengisian : 021-34833235.

6. Kecamatan (Kolom F)Kolom ini diisi dengan Nama Kecamatan dimana lokasi Pondok Pesantren tersebut berada. Huruf kapital ditulis hanya untuk setiap huruf pertama di setiap kata.Contoh pengisian : Kluet Selatan.

7. Kab./Kota (Kolom G)Kolom ini diisi dengan Nama Kabupaten/Kota dimana lokasi Pondok Pesantren tersebut berada. Huruf kapital digunakan hanya untuk setiap huruf pertama di setiap kata.Contoh pengisian : untuk Kabupaten Bogor, ditulis Bogor. Sementara untuk Kota Bogor, ditulis Kota Bogor.

8. Provinsi (Kolom H)Kolom ini diisi dengan Nama Provinsi dimana lokasi Pondok Pesantren tersebut berada. Huruf kapital ditulis hanya untuk setiap huruf pertama di setiap kata.Contoh pengisian : DKI Jakarta.

2.1.2. Titik Koordinat (Kolom I-J)1. Latitude (Kolom I)Isikan letak titik koordinat bumi (Lintang Utara/Lintang Selatan) dari Pondok Pesantren yang bersangkutan dalam format angka desimal, bukan dalam format derajat, menit, dan detik. Catatan: Untuk Pondok Pesantren yang memiliki titik koordinat pada Lintang Selatan, jangan lupa diberi tanda minus (-). Penulisan tanda koma (,) harap diganti menjadi tanda titik (.). Contoh pengisian : 3,12345 LS, maka ditulis -3.12345.

2. Longitude (Kolom J)Isikan letak titik koordinat bumi (Bujur Timur) dari Pondok Pesantren yang bersangkutan dalam format angka desimal, bukan dalam format derajat, menit, dan detik. Catatan: penulisan tanda koma (,) harap diganti menjadi tanda titik (.). Contoh pengisian : 101,12345 BT, maka ditulis 101.12345.

2.1.3. Penyelenggara Program Wajar Dikdas Salafiyah (Kolom K-V)1. Lembaga Penyelenggaran Program Wajar Dikdas Salafiyah Ula (Kolom K)Isikan kolom ini dengan Ya jika menyelengarakan Program Wajar DIkdas Salafiyah Ula dan Tidak jika tidak menyelengarakan program Wajar DIkdas Salafiyah Ula.

2. Jumlah Santri Program Wajar Dikdas Salafiyah Ula (Kolom L)Isikan kolom ini dengan jumlah santri peserta Program Wajar Dikdas Salafiyah Ula.

3. Jumlah Pendidik pada Program Wajar Dikdas Salfiyah Ula Menurut Pendidikan a. Berpendidikan SMA/MA atau kurang (Kolom M)Isikan kolom ini dengan Jumlah Pendidik pada Program Wajar Dikdas Salafiyah Ula yang berpendidikan SMA/MA atau kurang.

b. Berpendidikan Diploma (Kolom N)Isikan kolom ini dengan Jumlah Pendidik pada Program Wajar Dikdas Salafiyah Ula yang berpendidikan Diploma (D1-D3).

c. Berpendidikan S1 (Kolom O)Isikan kolom ini dengan Jumlah Pendidik pada Program Wajar Dikdas Salafiyah Ula yang berpendidikan Sarjana (S1).

d. Berpendidikan S2 atau lebih (Kolom P)Isikan kolom ini dengan Jumlah Pendidik pada Program Wajar Dikdas Salafiyah Ula yang berpendidikan S2 atau lebih (S2-S3).

4. Lembaga Penyelenggaran Program Wajar Dikdas Salafiyah Wustha (Kolom Q)Isikan kolom ini dengan Ya jika menyelengarakan Program Wajar DIkdas Salafiyah Wustha dan Tidak jika tidak menyelengarakan program Wajar DIkdas Salafiyah Wustha.

5. Jumlah Santri Program Wajar Dikdas Salafiyah Wustha (Kolom R)Isikan kolom ini dengan jumlah santri peserta Program Wajar Dikdas Salafiyah Wustha.

6. Jumlah Pendidik Program Wajar Dikdas Salfiyah Wustha Menurut Pendidikan a. Berpendidikan SMA/MA atau kurang (Kolom S)Isikan kolom ini dengan Jumlah Pendidik pada Program Wajar Dikdas Salafiyah Wustha yang berpendidikan SMA/MA atau kurang.

b. Berpendidikan Diploma (Kolom T)Isikan kolom ini dengan Jumlah Pendidik pada Program Wajar Dikdas Salafiyah Wustha yang berpendidikan Diploma (D1-D3).

c. Berpendidikan S1 (Kolom U)Isikan kolom ini dengan Jumlah Pendidik pada Program Wajar Dikdas Salafiyah Wustha yang berpendidikan Sarjana (S1).

d. Berpendidikan S2 atau lebih (Kolom V)Isikan kolom ini dengan Jumlah Pendidik pada Program Wajar Dikdas Salafiyah Wustha yang berpendidikan S2 atau lebih (S2-S3).

2.1.4. Penyelenggara Program Paket (Kolom W-AN)1. Lembaga Penyelenggaran Program Paket A (Kolom W)Isikan kolom ini dengan Ya jika menyelengarakan Program Paket A dan Tidak jika tidak menyelengarakan program Program Paket A.

2. Jumlah Santri Program Paket A (Kolom X)Isikan kolom ini dengan jumlah santri peserta Program Paket A.

3. Jumlah Pendidik pada Program Paket A Menurut Pendidikan (Kolom Y-AB)a. Berpendidikan SMA/MA atau kurang (Kolom Y)Isikan kolom ini dengan Jumlah Pendidik pada Program Paket A yang berpendidikan SMA/MA atau kurang.

b. Berpendidikan Diploma (Kolom Z)Isikan kolom ini dengan Jumlah Pendidik pada Program Paket A yang berpendidikan Diploma (D1-D3).

c. Berpendidikan S1 (Kolom AA)Isikan kolom ini dengan Jumlah Pendidik pada Program Paket A yang berpendidikan Sarjana (S1).

d. Berpendidikan S2 atau lebih (Kolom AB)Isikan kolom ini dengan Jumlah Pendidik pada Program Paket A yang berpendidikan S2 atau lebih (S2-S3).

4. Lembaga Penyelenggaran Program Paket B (Kolom AC)Isikan kolom ini dengan Ya jika menyelengarakan Program Paket B dan Tidak jika tidak menyelengarakan program Program Paket B.

5. Jumlah Santri Program Paket B (Kolom AD)Isikan kolom ini dengan jumlah santri peserta Program Paket B.

6. Jumlah Pendidik pada Program Paket B Menurut Pendidikan (Kolom AE-AH)a. Berpendidikan SMA/MA atau kurang (Kolom AE)Isikan kolom ini dengan Jumlah Pendidik pada Program Paket B yang berpendidikan SMA/MA atau kurang.

b. Berpendidikan Diploma (Kolom AF)Isikan kolom ini dengan Jumlah Pendidik pada Program Paket B yang berpendidikan Diploma (D1-D3).

c. Berpendidikan S1 (Kolom AG)Isikan kolom ini dengan Jumlah Pendidik pada Program Paket B yang berpendidikan Sarjana (S1).

d. Berpendidikan S2 atau lebih (Kolom AH)Isikan kolom ini dengan Jumlah Pendidik pada Program Paket B yang berpendidikan S2 atau lebih (S2-S3).

7. Lembaga Penyelenggaran Program Paket C (Kolom AI)Isikan kolom ini dengan Ya jika menyelengarakan Program Paket C dan Tidak jika tidak menyelengarakan program Program Paket C.

8. Jumlah Santri Program Paket C (Kolom AJ)Isikan kolom ini dengan jumlah santri peserta Program Paket C.

9. Jumlah Pendidik pada Program Paket C Menurut Pendidikan (Kolom AK-AN)a. Berpendidikan SMA/MA atau kurang (Kolom AK)Isikan kolom ini dengan Jumlah Pendidik pada Program Paket C yang berpendidikan SMA/MA atau kurang.

b. Berpendidikan Diploma (Kolom AL)Isikan kolom ini dengan Jumlah Pendidik pada Program Paket C yang berpendidikan Diploma (D1-D3).

c. Berpendidikan S1 (Kolom AM)Isikan kolom ini dengan Jumlah Pendidik pada Program Paket C yang berpendidikan Sarjana (S1).

d. Berpendidikan S2 atau lebih (Kolom AN)Isikan kolom ini dengan Jumlah Pendidik pada Program Paket C yang berpendidikan S2 atau lebih (S2-S3).

2.1.5. Penyelenggara Program Muadalah (Kolom AO-AV)1. Tahun Berdiri Program Muadalah (Kolom AO)Isikan dengan Tahun Berdiri dalam Tahun Masehi. Contoh : 2005.

2. Pengakuan (Kolom AP)Isikan kolom ini dengan Instansi yang memberi pengakuan terhadap Program Muadalah tersebut, dengan pilihan : Kementerian Agama (Kemenag) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Al Azhar Lembaga LainContoh Pengisian : jika instansi yang member pengakuan adalah Kementerian Agama, maka ditulis Kemenag.

3. Jumlah Santri (Kolom AQ)Isikan kolom ini dengan jumlah santri peserta Program Muadalah.

4. Disetarakan (Kolom AR)Isikan dengan Jenjang Pendidikan Yang Disetarakan dengan Program Muadalah yang diselenggarakan, dengan pilihan : MI/SD, MTs/ SMP atau MA/SMA.5. Jumlah Pendidik pada Program Muadalah Menurut Pendidikan (Kolom AS-AV)a. Berpendidikan SMA/MA atau kurang (Kolom AS)Isikan kolom ini dengan Jumlah Pendidik pada Program Muadalah yang berpendidikan SMA/MA atau kurang.

b. Berpendidikan Diploma (Kolom AT)Isikan kolom ini dengan Jumlah Pendidik pada Program Muadalah yang berpendidikan Diploma (D1-D3).

c. Berpendidikan S1 (Kolom AU)Isikan kolom ini dengan Jumlah Pendidik pada Program Muadalah yang berpendidikan Sarjana (S1).

d. Berpendidikan S2 atau lebih (Kolom AV)Isikan kolom ini dengan Jumlah Pendidik pada Program Muadalah yang berpendidikan S2 atau lebih (S2-S3).

2.1.6. Penyelenggara Mahad Aly (Kolom AW-BE)1. Tahun Berdiri Mahad Aly (Kolom AW)Isikan dengan Tahun Berdiri dalam Tahun Masehi. Contoh : 2005.

2. Nama Mahad Aly (Kolom AX)Isikan kolom ini dengan Nama Mahad Aly sesuai dengan izin operasional.Contoh Pengisian : Ma`had Aly Nurul Fajar.

3. Nama Mudir (Kolom AY)Isikan kolom ini dengan Nama Mudir.

4. Takhasus (Kolom AZ)Isikan kolom ini dengan pilihan sebagai berikut : Fiqh-Tasawuf Hadits-Ilmu Falak/Hisab Tafsir-Tahfidzul Qur'an Bahasa-LainnyaContoh Pengisian : jika mengambil takhasus Hadits, maka ditulis Hadist.

5. Jumlah Santri (Kolom BA)Isikan kolom ini dengan jumlah santri yang belajar pada Mahad Aly.

6. Jumlah Pendidik pada Program Muadalah Menurut Pendidikan (Kolom BB-BE)a. Berpendidikan SMA/MA atau kurang (Kolom BB)Isikan kolom ini dengan Jumlah Pendidik pada Mahad Aly yang berpendidikan SMA/MA atau kurang.

b. Berpendidikan Diploma (Kolom BC)Isikan kolom ini dengan Jumlah Pendidik pada Mahad Aly yang berpendidikan Diploma (D1-D3).

c. Berpendidikan S1 (Kolom BD)Isikan kolom ini dengan Jumlah Pendidik pada Mahad Aly yang berpendidikan Sarjana (S1).

d. Berpendidikan S2 atau lebih (Kolom BE)Isikan kolom ini dengan Jumlah Pendidik pada Mahad Aly yang berpendidikan S2 atau lebih (S2-S3).

2.1.5. Sarana Pendukung Belajar (Kolom BF-CH)1. Luas Tanah (Kolom BF)Pada kolom ini isikan total luas seluruh tanah yang dimiliki oleh Pondok Pesantren bersangkutan dalam satuan meter persegi (m2).Contoh pengisian : Jika memiliki total luas tanah 3000 m2, maka ditulis 3000.

2. Luas Bangunan (Kolom BG)Pada kolom ini isikan total luas bangunan yang ada pada Pondok Pesantren bersangkutan dalam satuan meter persegi (m2).Contoh pengisian : Jika memiliki total luas bangunan 1000 m2, maka ditulis 1000.

3. Ruang Asrama Putra Baik (Kolom BH)Isikan jumlah unit ruang asrama putra dalam kondisi baik (layak pakai). Contoh pengisian : jika jumlah ruang asrama putra dalam kondisi baik ada 6 unit, maka ditulis 6.

4. Ruang Asrama Putra Rusak Ringan (Kolom BI)Isikan jumlah unit ruang asrama putra dalam kondisi rusak ringan. Kategori rusak ringan adalah terdapat kerusakan maksimal 45% dari kondisi baik bangunan. Contoh pengisian : jika jumlah ruang asrama putra dalam kondisi rusak ringan ada 2 unit, maka ditulis 2.

5. Ruang Asrama Putra Rusak Berat (Kolom BJ)Isikan jumlah unit ruang asrama putra dalam kondisi rusak berat. Kategori rusak berat adalah terdapat kerusakan antara 46% s/d 85% dari kondisi baik bangunan. Contoh pengisian : jika jumlah ruang asrama putra dalam kondisi rusak berat ada 1 unit, maka ditulis 1.

6. Ruang Asrama Putri Baik (Kolom BK)Isikan jumlah unit ruang asrama putri dalam kondisi baik (layak pakai). Contoh pengisian : jika jumlah ruang asrama putri dalam kondisi baik ada 6 unit, maka ditulis 6.

7. Ruang Asrama Putri Rusak Ringan (Kolom BL)Isikan jumlah unit ruang asrama putri dalam kondisi rusak ringan. Kategori rusak ringan adalah terdapat kerusakan maksimal 45% dari kondisi baik bangunan. Contoh pengisian : jika jumlah ruang asrama putri dalam kondisi rusak ringan ada 2 unit, maka ditulis 2.

8. Ruang Asrama Putri Rusak Berat (Kolom BM)Isikan jumlah unit ruang asrama putri dalam kondisi rusak berat. Kategori rusak berat adalah terdapat kerusakan antara 46% s/d 85% dari kondisi baik bangunan. Contoh pengisian : jika jumlah ruang asrama putri dalam kondisi rusak berat ada 1 unit, maka ditulis 1.

9. Ruang Pengajian Baik (Kolom BN)Isikan jumlah unit ruang pengajian dalam kondisi baik (layak pakai). Contoh pengisian : jika jumlah ruang pengajian dalam kondisi baik ada 6 unit, maka ditulis 6.

10. Ruang Pengajian Rusak Ringan (Kolom BO)Isikan jumlah unit ruang pengajian dalam kondisi rusak ringan. Kategori rusak ringan adalah terdapat kerusakan maksimal 45% dari kondisi baik bangunan. Contoh pengisian : jika jumlah ruang pengajian dalam kondisi rusak ringan ada 2 unit, maka ditulis 2.

11. Ruang Pengajian Rusak Berat (Kolom BP)Isikan jumlah unit ruang pengajian dalam kondisi rusak berat. Kategori rusak berat adalah terdapat kerusakan antara 46% s/d 85% dari kondisi baik bangunan. Contoh pengisian : jika jumlah ruang pengajian dalam kondisi rusak berat ada 1 unit, maka ditulis 1.

12. Ruang Kyai Baik (Kolom BQ)Isikan jumlah unit ruang kyai dalam kondisi baik (layak pakai). Contoh pengisian : jika jumlah ruang kyai dalam kondisi baik ada 1 unit, maka ditulis 1.

13. Ruang Kyai Rusak Ringan (Kolom BR)Isikan jumlah unit ruang kyai dalam kondisi rusak ringan. Kategori rusak ringan adalah terdapat kerusakan maksimal 45% dari kondisi baik bangunan. Contoh pengisian : jika jumlah ruang kyai dalam kondisi rusak ringan ada 1 unit, maka ditulis 1.

14. Ruang Kyai Rusak Berat (Kolom BS)Isikan jumlah unit ruang kyai dalam kondisi rusak berat. Kategori rusak berat adalah terdapat kerusakan antara 46% s/d 85% dari kondisi baik bangunan. Contoh pengisian : jika jumlah ruang kyai dalam kondisi rusak berat ada 1 unit, maka ditulis 1.

15. Ruang Ustadz Baik (Kolom BT)Isikan jumlah unit ruang ustadz dalam kondisi baik (layak pakai).Contoh pengisian : jika jumlah ruang ustadz dalam kondisi baik ada 2 unit, maka ditulis 2.

16. Ruang Ustadz Rusak Ringan (Kolom BU)Isikan jumlah unit ruang ustadz dalam kondisi rusak ringan. Kategori rusak ringan adalah terdapat kerusakan maksimal 45% dari kondisi baik bangunan. Contoh pengisian : jika jumlah ruang ustadz dalam kondisi rusak ringan ada 1 unit, maka ditulis 1.

17. Ruang Ustadz Rusak Berat (Kolom BV)Isikan jumlah unit ruang ustadz dalam kondisi rusak berat. Kategori rusak berat adalah terdapat kerusakan antara 46% s/d 85% dari kondisi baik bangunan. Contoh pengisian : jika jumlah ruang ustadz dalam kondisi rusak berat ada 1 unit, maka ditulis 1.

18. Ruang TU/Administrasi Baik (Kolom BW)Isikan jumlah unit ruang TU/Administrasi dalam kondisi baik (layak pakai). Contoh pengisian : jika jumlah ruang TU/Administrasi dalam kondisi baik ada 2 unit, maka ditulis 2.

19. Ruang TU/Administrasi Rusak Ringan (Kolom BX)Isikan jumlah unit ruang TU/Administrasi dalam kondisi rusak ringan. Kategori rusak ringan adalah terdapat kerusakan maksimal 45% dari kondisi baik bangunan. Contoh pengisian : jika jumlah ruang TU/Administrasi dalam kondisi rusak ringan ada 2 unit, maka ditulis 2.

20. Ruang TU/Administrasi Rusak Berat (Kolom BY)Isikan jumlah unit ruang TU/ Administrasi dalam kondisi rusak berat. Kategori rusak berat adalah terdapat kerusakan antara 46% s/d 85% dari kondisi baik bangunan. Contoh pengisian : jika jumlah ruang TU/Administrasi dalam kondisi rusak berat ada 1 unit, maka ditulis 1.

21. Ruang Perpustakaan Baik (Kolom BZ)Isikan jumlah unit ruang Perpustakaan dalam kondisi baik (layak pakai). Contoh pengisian : jika jumlah ruang Perpustakaan dalam kondisi baik ada 1 unit, maka ditulis 1.

22. Ruang Perpustakaan Rusak Ringan (Kolom CA)Isikan jumlah unit ruang Perpus dalam kondisi rusak ringan. Kategori rusak ringan adalah terdapat kerusakan maksimal 45% dari kondisi baik bangunan. Contoh pengisian : jika jumlah ruang Perpustakaan dalam kondisi rusak ringan ada 1 unit, maka ditulis 1.

23. Ruang Perpustakaan Rusak Berat (Kolom CB)Isikan jumlah unit ruang Perpus dalam kondisi rusak berat. Kategori rusak berat adalah terdapat kerusakan antara 46% s/d 85% dari kondisi baik bangunan. Contoh pengisian : jika jumlah ruang Perpustakaan dalam kondisi rusak berat ada 1 unit, maka ditulis 1.

24. Ruang Toilet Pegawai Baik (Kolom CC)Isikan jumlah unit ruang Toilet Pegawai dalam kondisi baik (layak pakai). Contoh pengisian : jika jumlah ruang Toilet Pegawai dalam kondisi baik ada 1 unit, maka ditulis 1.

25. Ruang Toilet Pegawai Rusak Ringan (Kolom CD)Isikan jumlah unit ruang Toilet Pegawai dalam kondisi rusak ringan. Kategori rusak ringan adalah terdapat kerusakan maksimal 45% dari kondisi baik bangunan. Contoh pengisian : jika jumlah ruang Toilet Pegawai dalam kondisi rusak ringan ada 1 unit, maka ditulis 1.

26. Ruang Toilet Pegawai Rusak Berat (Kolom CE)Isikan jumlah unit ruang Toilet Pegawai dalam kondisi rusak berat. Kategori rusak berat adalah terdapat kerusakan antara 46% s/d 85% dari kondisi baik bangunan. Contoh pengisian : jika jumlah ruang Toilet Pegawai dalam kondisi rusak berat ada 1 unit, maka ditulis 1.

27. Ruang Toilet Santri Baik (Kolom CF)Isikan jumlah unit ruang Toilet Santri dalam kondisi baik (layak pakai). Contoh pengisian : jika jumlah ruang Toilet Santri dalam kondisi baik ada 2 unit, maka ditulis 2.

28. Ruang Toilet Santri Rusak Ringan (Kolom CG)Isikan jumlah unit ruang Toilet Santri dalam kondisi rusak ringan. Kategori rusak ringan adalah terdapat kerusakan maksimal 45% dari kondisi baik bangunan. Contoh pengisian : jika jumlah ruang Toilet Santri dalam kondisi rusak ringan ada 2 unit, maka ditulis 2.

29. Ruang Toilet Santri Rusak Berat (Kolom CH)Isikan jumlah unit ruang Toilet Santri dalam kondisi rusak berat. Kategori rusak berat adalah terdapat kerusakan antara 46% s/d 85% dari kondisi baik bangunan. Contoh pengisian : jika jumlah ruang Toilet Santri dalam kondisi rusak berat ada 2 unit, maka ditulis 2.

30. Sumber Penerangan (Kolom CI)Pada kolom ini silahkan isikan Sumber Penerangan yang digunakan di Pondok Pesantren bersangkutan dengan pilihan sebagai berikut:1. PLN2. Diesel/Genset3. Lampu Minyak

Contoh : jika sumber penerangan menggunakan PLN, maka ditulis PLN.

2.2.DETIL PERSONAL PONDOK PESANTREN (FILE PERSONAL PONTREN.XLS)2.2.1. Identitas Pondok Pesantren Tempat Bertugas (Kolom A-G)1. NSPP (Kolom A)NSPP adalah Nomor Statistik Pondok Pesantren tempat bertugas yang diterbitkan oleh Kemenag Kab./Kota setempat. Nomor Statistik Madrasah ini terdiri dari 12 digit angka yang sesuai dengan Buku Panduan Nomor Statistik Pendidikan Islam Tahun 2008 yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama.Catatan : contoh NSPP yang sesuai dengan Buku Panduan Nomor Statistik Pendidikan Islam Tahun 2008 adalah 510311010007.

2. Nama Pondok Pesantren (Kolom B)Pada kolom ini cukup tuliskan Nama Pondok Pesantren tempat bertugas, tanpa perlu diberi label PP atau Pontren. Huruf kapital ditulis hanya untuk setiap huruf pertama di setiap kata.Contoh pengisian : PP Al Hidayah, maka ditulis Al Hidayah.

3. Alamat (Kolom C)Kolom ini diisi dengan alamat lengkap lokasi keberadaan Pondok Pesantren tempat bertugas (bisa berupa nama jalan, nomor dan kota, atau nama kampung, RT/RW dan kelurahan/desa).Contoh pengisian : Jl. Raya Bogor Km. 11 No. 756 Cibinong Bogor atau Kp. Cikeusik RT. 002/01 Desa Sukmajaya.

4. Kecamatan (Kolom D)Kolom ini diisi Nama Kecamatan sesuai lokasi alamat Pondok Pesantren tempat bertugas. Huruf kapital ditulis hanya untuk setiap huruf pertama di setiap kata.Contoh pengisian : Kluet Selatan.

5. Kab./Kota (Kolom E)Kolom ini diisi Nama Kabupaten/Kota sesuai lokasi alamat Pondok Pesantren tempat bertugas. Huruf kapital digunakan hanya untuk setiap huruf pertama di setiap kata.Contoh pengisian : untuk Kabupaten Bogor, ditulis Bogor. Sementara untuk Kota Bogor, ditulis Kota Bogor.

6. Provinsi (Kolom F)Kolom ini diisi Nama Provinsi sesuai lokasi alamat Pondok Pesantren tempat bertugas. Huruf kapital ditulis hanya untuk setiap huruf pertama di setiap kata.Contoh pengisian : Sumatera Barat.

2.2.2. Identitas Personal (Kolom G-N)1. NIP (Kolom G)Untuk personal yang berstatus PNS, kolom ini diisi dengan NIP (Nomor Induk Pegawai). Sementara untuk personal yang berstatus Non PNS, kolom ini diisi dengan No. KTP/NIK (sesuai yang tertera di KTP).

2. NUPTK (Kolom H)Isikan kolom ini dengan NUPTK dari personal yang bersangkutan secara lengkap. NUPTK ini adalah nomor unik pendidik dan tenaga kependidikan yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pengisian NUPTK tidak perlu menggunakan tanda titik (.).

3. Nama Lengkap (Kolom I)Isikan dengan Nama Lengkap dari personal yang bersangkutan berikut gelar akademik yang dimilikinya. Huruf kapital ditulis hanya untuk setiap huruf pertama di setiap kata.Contoh pengisian : Drs. Abdul Malik, M.Si.

4. NIK/No. KTP (Kolom J)Isikan dengan NIK atau Nomor KTP dari personal yang bersangkutan secara lengkap (sesuai dengan yang tertera di KTP). Pengisian NIK/No. KTP tidak perlu menggunakan tanda titik (.).

5. Tempat Lahir (Kolom K)Isikan dengan Tempat Lahir dari personal yang bersangkutan (sesuai dengan yang tertera di KTP).

6. Tanggal Lahir (Kolom L)Isikan dengan Tanggal Lahir dari personal yang bersangkutan dengan menggunakan format MM/DD/YYYY (bulan-tanggal-tahun). Contoh pengisian : tanggal 20 Agustus 1979 maka ditulis 08/20/1979.

7. Jenis Kelamin (Kolom M)Isikan dengan Jenis Kelamin dari personal yang bersangkutan dengan pilihan L (jika Laki-laki) atau P (jika perempuan).

8. Nama Ibu Kandung (Kolom N)Isikan dengan Nama Lengkap Ibu Kandung dari personal yang bersangkutan. Huruf kapital ditulis hanya untuk setiap huruf pertama di setiap kata.Contoh pengisian : Siti Aminah

2.2.3. Pendidikan Formal Terakhir (Kolom O-P)1. Jenjang (Kolom O)Isikan kolom ini dengan jenjang pendidikan formal terakhir yang sudah ditempuh oleh personal yang bersangkutan dengan pilihan sebagai berikut: