persentase geohidrologi

Click here to load reader

Post on 21-Jan-2016

38 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

  • Pembentukan Air Tanah

    Air tanah adalah semua air yang terdapat di bawah permukaan tanah pada lajur/zona jenuh air (zone ofsaturation).

    Air tanah terbentuk berasal dari air hujan dan air permukan, yang meresap (infiltrate) mula-mula ke zona tak jenuh (zone ofaeration) dan kemudian meresap makin dalam (percolate) hingga mencapai zonajenuh air dan menjadi air tanah.

  • Pengaliran dan Imbuhan Air Tanah

    Air tanahdapat terbentukatau mengalir terutama, secarahorisontal) dari titik/daerah imbuh (recharge ), seketika itu juga pada saat hujan turun, hingga membutuhkan waktu harian, mingguan, bulanan, tahunan, puluhan tahun, ratusan tahun, bahkan ribuan tahun, tinggal di dalam akuifer sebelum muncul kembali secara alami di titik/daerah luah (discahrge), tergantung dari kedudukan zonajenuh air, topografi, kondisi iklim dan sifat-sifat hidrolika akuifer.

  • Gerakan air tanah mengikuti hukum Darcy yang berbunyi volume air tanah yang melalui batuan berbanding lurusdengantekanandan berbandingterbalikdenganteballapisan(Utaya,1990:35)DEBIT AIR TANAH (Q)HUKUM DARCY

    Q = - K x (dh/dl) x A

    DIMANA : Q = debit airtanah (m3/hari) K = permeabilitas atau hydraulic conductivity ( m3/hari/meter2) Kemampuan batuan meloloskan sejumlah air (m3) per hari persatuan luas (m2) (dh/dl) = kemiringan muka airtanah A = luas penampang akuifer ( A = D x L) D = tebal akuifer ( meter) L = lebar akuifer ( meter)

  • PERMEABILITAS (HYDRAULIC CONDUCTIVITY)= K

    Permeabilitas: kemampuan batuan/tanah

    Koefisien permeabilitas:Kemampuan batuan meloloskan sejumlah air dalam gallon per hari melalui penampang akuifer dengan tebal 1 feet, lebar 1 mile dan gradien hidraulik 1 feet per 1 mile, pada suhu lapangan 1 gallon = 0,00379 m3; 1 m3 = 264 gallon.

    Rumus Darcy: Q = - K (dh/dl) APermeabilitas (K): K = Q per ((dh/dl) A)Satuan K : m3/hari/m2

    Koefisienpermeabilitasterutamatergantung padaukuranrata-rata pori yang dipengaruhi oleh distribusi ukuran partikel, bentuk partikel dan strukturtanah. Secara garis besar, makin kecil ukuran partikel, makin kecil pula ukuranpori dan makin rendah koefisien permeabilitasnya.

    Atas dasar nilai K, batuan dibedakan menjadi: Pervious ( permiabel)Semi pervious (semi permiabel)Impervious (impermeabel= kedap air)Permeabilitas ini merupakan suatu ukuran kemudahan aliran melalui suatu media porous.

  • GERAK DAN DEBIT AIRTANAH

  • KECEPATAN ALIRAN AIR TANAH

    Debit aliran saluran terbuka (Q): Q = V x A Karena airtanah melalui media porus, maka: Debit air Tanah (Q); Q = V x (A x ) Kecepatan aliran air tanah (V): Debit air tanah (Q): Q = -K x (dh/dl) x A. dimana (A= penampang akuifer) V x (A x ) = - K x (dh/dl) x A, maka: Kecepatan aliran airtanah: V = (-K x (dh/dl))1/

  • POROSITAS BATUAN ()

    Porositas () atau kesarangan batuan adalah rasio antara volume pori-pori batuan dengan total volume batuan dilambangkan dengan = volume pori2 / volume batuan Porositas primer : tergantung dari matrix batuan itu sendiri Porositas sekunder : karena proses solusional atau rekahan pada batuan Air tanah mengisi ruang rongga dalam akuifer, sehingga porositas jadi ukuran dari jumlah air persatuan volume akuifer Porositas menunjukkan ruangan yang terisi oleh udara atau air dalam batuan atausedimen, diungkapkan dalam persen dari jumlah total material.

  • a) Sedimen sortasi bagus, porositas besarb) Sortasi tidak bagus, porositas kecilc) Sortasi sedimen bagus, terisi oleh endapan yang porus, secara keseluruhan porositas bagusd) Sortasi sedimen bagus tetapi porositas berkurang karena deposit mineral yang tidak porus pada pori-porie) Porositas tinggi karena proses solusionalf) Porositas karena rekahan

  • Akifermerupakansuatulapisanbatuanyangmampumenyimpandan mengalirkan air.

    Secara hidrodinamik di alam ada 3 (tiga) tipe akifer, yaitu :

    1. Confined Aquifer (akifer tertekan)Merupakan suatu akifer yang bagian atas dan bawahnya dibatasi oleh lapisan bersifat akifug.

  • 2. Unconfined aquifer (akifer tidak tertekan)Akifer yang dibatasi oleh 1 lapisan impermeabel di bagian bawahnya (danpada bagian atasnya tidak ada lapisan penutup/impermeabel layer)

    3. Leaky aquifer (semi confined atau akifer bocor)Akifer yang dibatasi oleh lapisan semi permiabel / lapisan akitard (di atasdan atau dibawahnya)

  • STORAGE COEFFICIENT dan SPECIFIC YIELD

    Storage coefficient (S) adalah kapasitas hasil air dari akuifer tertekan. S adalah volume airtanah yang dilepas atau masuk per satuan luas permukaan akuifer. S = volume air (dalam cubic feet) yang dilepas oleh akuifer bila muka airtanah turun satu feet. Untuk akuifer bebas (unconfined aquifer): S = Sy Sy = Specific Yield

View more