p1 gerak andara

Post on 07-May-2015

740 Views

Category:

Education

3 Downloads

Preview:

Click to see full reader

DESCRIPTION

Untuk siswa kelas 1 SMP (VII)

TRANSCRIPT

IPA FISIKA Andara dzulqarnain meldiawan

A.Besaran-besaran satuan

1. Kedudukan 2. Gerak bersifat relatif 3. Perpindahan dan Jarak 4. Kelajuan 5. Kelajuan rata-rata

1. Kedudukan

Kedudukan adalah letak suatu benda diukur dari benda lain. Benda lain yang kita jadikan patokan untuk mengukur letak benda disebut ACUAN.

5. Kelajuan Rata-rata

Kelajuan benda tidak selalu sama selama bendaitu bergerak. Mobil yang bergerak dijalan rayaakan munguragi kalajuan daerah rawan macet.Kiteka sudah didalam tol kecepatan mobil kita juga dijaga agar tidak terjadi kecelakaan.

2. Gerak Bersifat Relatif

• Kamu pasti pernah menaiki Bus atau kereta api bukan? Ketika kereta atau bus sedang melaju kamu melihat pepohonan yang bergerak. Keadaan dimana sebuah benda bergerak disebut GERAK SEMU.

3. Perpindahan dan Jarak

kamu tentu telah mengetahui arti pindah. Jika kamu disuruh pindah dari bangkumu, kamu akan bangkit dan berjalan mencari tempat duduk yang baru. Jika kedudukan benda suatu acuan mengalami PERPINDAHAN.

Kelajuan

Untuk berpindah sejauh 10m bagi orang dan bagi siput tentu saja memerlukan waktu yang berbeda. Seseorang mungkin hanya memerlukan waktu 5 s,tetapi bagi siput barangkali diperlukan waktu 5 jam.

Kelajuan didefinisikan sebagai perbandingan antara jarak yang di tempuh benda dengan selang waktu yang diperlukan untuk menempuh jarak itu. Kelajuan= Jarak:Selang waktu

rumus: v=kelajuan s= jarak tempuh t= waktu

Kelajuan rata-rata = Jarak total:Waktu total. Kelajuan rata-rata dirumuskan sebagai

-Pembacaan spedometer behubungan berhubungan dengan perputaran roda kendaraaan dan selama itu juga spedometer mobil kita berputar-putar. Selama perubahan kelajuan kendaraan dilakukan secara bertahap.

top related