achmad farajallah | vendi, ketam di jambi

Post on 13-Jan-2022

4 Views

Category:

Documents

0 Downloads

Preview:

Click to see full reader

TRANSCRIPT

Achmad Farajallah | <!--:en-->Vendi, Ketam di Jambi<!--:-->Copyright Achmad Farajallah achamad@ipb.ac.idhttps://achamad.staff.ipb.ac.id/vendi-ketam-di-jambi/

Vendi, Ketam di Jambi

Vendi Eko Susilo, Achmad Farajallah, Daisy Wowor. 2013. Keanekaragaman Kepiting Air Tawar (Ordo Decapoda:Brachyura) diKabupaten Batanghari dan Sorolongun Provinsi Jambi. Makalah Seminar PPs PS Biosains Hewan IPB.

ABSTRACT

            Kepiting air tawar dapat ditemukan di perairan tawar yang bersih, selain itu, mereka juga sukses beradaptasi menjadiorganisme semi terestrial dan terestrial. Alih fungsi lahan menjadi lahan pertanian di Kabupaten Batanghari dan SorolangunProvinsi Jambi mengakibatkan perubahan komposisi biota didalamnya termasuk ekosistem perairan tawar. Koleksi sampelsecara Purposive di delapan tipe habitat meggunakan bubu dan handnet. Hasil penelitian didapatkan 2 Genus (Parathelphusa dan Geosesarma) yang terdiri atas Parathelphusa tridentata, Parathelphusa batamensis, Parathlephusa maindroni,Parathlephusa maculata dan Geosesarma sp. Hasil penelitian mendapatkan indeks Keanekaragaman yang tertinggi padahabitat Jungle rubber sebesar 1,4 dan terendah pada oil palm campur dengan jungle rubber sebesar 0,5.

Key word : Decapoda: Brachyura, Parathelphusa, Geosesarma, Jambi

page 1 / 1

top related