al-kautsar kanwil kemenag prov jambi · pdf file 2016. 10. 24. · al-kautsar kanwil...

Click here to load reader

Post on 07-Nov-2020

4 views

Category:

Documents

0 download

Embed Size (px)

TRANSCRIPT

  • Al-Kautsar Kanwil Kemenag Prov Jambi 5

  • 2 Al-Kautsar Kanwil Kemenag Prov Jambi

  • Hal 25 KaKanwil Pimpin Rapat PerdanaKaKanwil Pimpin Rapat PerdanaKaKanwil Pimpin Rapat PerdanaKaKanwil Pimpin Rapat PerdanaKaKanwil Pimpin Rapat Perdana

    Bersama Pejabat Eselon IIIBersama Pejabat Eselon IIIBersama Pejabat Eselon IIIBersama Pejabat Eselon IIIBersama Pejabat Eselon III

    Hal 52 ProfilProfilProfilProfilProfil Keluarga TKeluarga TKeluarga TKeluarga TKeluarga Teladaneladaneladaneladaneladan

    Al-Kautsar Kanwil Kemenag Prov Jambi 3

  • 4 Al-Kautsar Kanwil Kemenag Prov Jambi

    TEAM REDAKSI

    Penanggung Jawab : Drs. H.Mahbub Daryanto, M.Pd.I

    (Ka. Kanwil Kemenag Prov. Jambi)

    Redaktur : (Kabag Tata Usaha)

    Redaktur Pelaksana : Wahyudi Abdul Wahab, S.Ag, M.FIL.I

    (Kasubag Hukmas & KUB) Penyunting/ Editor :

    Hanafi, S.Ag.

    Desain Grafis : Arpani, S.Kom, MAB

    Suci Ramadhani, S.Kom Agustinus Ferianto, S.Kom

    Edwar Hardiansyah

    Sekretariat : Darmawati, SE

    Nevi Purbawati, S.I.Kom Paspihani, S.Sos Dwi Tarunaji, S.Ag Hj. Rosma Juita

    Darmayanti

    Alamat Sekretariat : Subbag Hukmas dan KUB

    Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi

    Al- Kautsar menerima tulisan/ Artikel dengan syarat :

    1 Asli, bukan plagiasi, bukan sekedar kompilasi, bukan rangkuman/ buku orang lain

    2 Belum pernah dimuat di Al-Kautsar atau penerbitan lain termasuk Blog, Mils, Website, dan tidak juga dikirim bersamaan dengan penerbitan lain.

    3 Topik yang diuraikan atau dibahas adalah sesuatu yang aktual dan relevan.

    4 Uraiannya bisa membuka pemahaman atau pemak naan baru atau inspirasi atas suatu masalah.

    5 Penyajian tidak berkepanjangan, menggunakan bahasa yang mudah ditangkap oleh pembaca, di ketik dalam program word.

    6 Opini/ Artikel dikirim ke Redaksi Al-Kautsar, Subbag Humas dan KUB Kanwil Kemenag Prov. Jambi

    Puji syukur kita sampaikan kehadirat Allah SWT, akhirnya Majalah Al-Kautsar Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi dapat diterbitkan, Penerbitan majalah ini merupakan wujud dari kerinduan akan adanya Media Publikasi dan Informasi yang dimiliki oleh Kanwil Kementerian Agama provinsi.

    Kebutuhan akan informasi merupakan hasrat dasar manusia dimanapun ia berada, apalagi terkait dengan informasi keagamaan yang sudah barang tentu akan berpengaruh terhadap peningkatan pemahaman dan pengamalan Agama pada Masyarakat.

    Salah satu tugas dari kementerian Agama adalah Meningkatan kualitas kehidupan beragama dengan menggunakan berbagai media yang ada, upaya tersebut sudah barang tentu dimulai dari peningkatan Kinerja pegawai di lingkungan Kementerian Agama Provinsi Jambi.

    Oleh karena itu Pada penerbitan perdana majalah Al-kautsar ini di fokuskan pada Program pembinaan Pegawai dan Penataan Pengelolaan Keuangan Negara, Program ini menjadi penting ditengah sorotan Publik yang mempertanyakan Kinerja PNS dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya serta pengaruhnya terhadap kesejahteraan masyarakat, masyarakat memiliki harapan yang cukup tinggi kepada Kinerja PNS, seiring dengan Kenaikan gaji PNS.

    Di sisi penataan Pengelolaan keuangan negara Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi berkepentingan untuk mendukung program Menteri Agama RI mewujudkan Opini Laporan Keuangan Wajar Tanpa pengecualian (WTP).

    Peluncuran Perdana Majalah Al-kautsar ini juga mempublikasikan berbagai kegiatan yang dilaksanakan baik di Lingkungan kanwil kementerian Agama Provinsi Jambi maupun di tingkat Kementerian Agama Kabupaten/Kota.

    Laksana bayi yang baru lahir tentu seluruh Tim Pengelola Majalah Al-kautsar sangat mengharapkan kritik konstruktif dari seluruh pembaca demi kesempurnaan media Ini.

    Ungkapan rasa terima kasih patut pula kami sampaikan kepada semua pihak khusunya kepada Bapak DR. H. Marwazi, MA (Ka. Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi) yang telah memberikan dukungan sehingga Majalah Al-kautsar dapat diluncurkan, semoga dengan penerbitan majalah ini berimplikasi pada Peningkatkan kebersamaan, wawasan, Motivasi, Ethos kerja dan Produktifitas Kerja insan Kemeneterian Agama Provinsi Jambi.

    Redaksi

  • Al-Kautsar Kanwil Kemenag Prov Jambi 5

    Al-Kautsar Jambi-Jum’at tanggal 25 Mei 2012 me- rupakan hari yang berse- jarah bagi Kantor Wilayah Kementerian Agama Pro- vinsi Jambi, tepatnya pukul 14.30 telah dilantik salah satu putra terbaik di jajaran Kementerian Agama pro- vinsi Jambi sebagai Ka. Kanwil yakni Drs. H. Mahbub Daryanto, M.Pd.I. meng- gantikan DR.H. Marwazi, MA.

    Dalam sambutannya pa- da saat pelantikan Ka.kan- wil Kementerian Agama Pro vinsi Jambi Menteri Agama RI Surya Dharma Ali meng- ingatkan bahwa “seorang Kakanwil bukan sekedar “kepala kantor” dalam pe- ngertian biasa, melainkan sebagai “pimpinan” bagi jajaran instansi Kemenag di daerah. Sebagai pimpinan kantor wilayah, mengemban tugas, amanah dan tang-

    Drs. H. Mahbub Daryanto, M.Pd.I

    Ka. Kanwil Termuda se-Indonesia

    gungjawab yang tidak ri- ngan. “Setiap amanah akan dipertanggungjawabkan di hadapan Allah SWT,” ujar- nya.

    Dalam kesempatan itu juga Menag berharap jajaran kakanwil Kemenag mem- perkuat fungsi pengenda- lian internal dan penge- lolaan anggaran. “kita harus mengarahkan seluruh upa- ya penguatan tata kelola organisasi dan keuangan secara transparan dan akuntabel sehingga meraih audit wajar tanpa penge- cualian (WTP).

    Drs.H. Mahbub Daryanto, M.Pd.I sesungguhnya meru- pakan wajah lama yang mendapat tugas baru se- bagai Ka.Kanwil, beliau merupakan pejabat karir di lingkungan Kementerian Agama Provinsi Jambi yang

    lahir pada tanggal 28 Agus- tus 1970. Beliau dibesarkan di lingkungan keluarga yang taat beragama yang dapat terlihat dalam keseharian beliau yang penuh kese- hajaan. Sejak kecil beliau sudah diajarkan prinsip serta nilai-nilai keagamaan, sehingga tidak heran se- telah tamat Sekolah Dasar beliau melanjutkan pen- didikan ke Madrasah Tsa- nawiyah Negeri Jambi se- lanjutnya ke PGAN Jambi setelah meyelesaikan pen- didikan di PGAN beliau me- lanjutkan ke IAIN STS Jambi fakultas Tarbiyah dan Pasca Sarjana IAIN STS Jambi program studi manajemen pendidikan islam.

    Kiprahnya di kementerian Agama Provinsi Jambi di mulai sejak tanggal 1 Maret 1991 sebagai Guru di MIN, kemudian menjadi Staf di

    Kanwil kementerian Agama Provinsi Jambi, menjadi Kasi, kabid Pontren dan pada tanggal 9 Januari 2009 diangkat menjadi Kabag TU dan selanjutnya pada tang- gal 25 Mei 2012 diama- nahkan oleh Menteri Agama sebagai Kepala Kantor Wi- layah Kementerian Agama Propinsi Jambi.

    Di lingkungan Kanwil Ke- menterian Agama Propinsi Jambi beliau dikenal se- bagai seorang pekerja ke- ras, memiliki visi kedepan dan berdedikasi tinggi, se- hingga tidaklah heran beliau pada tahun 2011 beliau mendapat penghargaan Satya Lencana Karya Satya masa pengabdian 20 tahun dari bapak Presiden RI Ba- pak Susilo Bambang Yu- dhoyono.

    Selain dikenal sebagai pejabat dilingkungan Kantor

    Menag : seorang Kakanwil bukan sekedar “kepala kantor” dalam pengertian biasa, melainkan sebagai “pimpinan” bagi jajaran instansi Kemenag di daerah. Sebagai pimpinan kantor wilayah, mengemban tugas, amanah dan tanggungjawab yang tidak ringan. “Setiap amanah akan dipertanggungjawabkan di hadapan Allah SWT,”

    Berita Utama

  • 6 Al-Kautsar Kanwil Kemenag Prov Jambi

    wilayah kementerian Agama Provinsi Jambi, beliau juga di kenal sebagai aktifis organisasi, beberapa jaba- tan penting pernah beliau emban sejak mahasiswa, diantaranya Ketua Umum Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) cabang Jambi, Wakil ketua PW GP Ansor Provinsi Jambi, Wakil Ketua KNPI Provinsi Jambi dan Sekretaris Tanfidziyah PWNU Provinsi Jambi.

    Dunia aktifis ikut andil dalam membentuk karakter kepribadiannya menjadi pemimpin yang memilki wawasan, supel, pekerja keras, pantang menyerah dan memilki jaringan yang sangat luas, beliau bergaul dengan semua kalangan mulai dari kyai dan tokoh agama, birokrat, mahasis- wa, wartawan dan masya- rakat biasa,sehingga tidak heran di usia 42 tahun be- liau telah menjabat sebagai Ka. Kanwil kementerian Agama Provinsi Jambi dan tercatat sebagai Ka. Kanwil termuda se-Indonesia. Ke- tika mengetahui dilantik

    menjadi Ka.kanwil Kemen- terian Agama Provinsi Jambi Jambi beliau dibanjiri uca- pan selamat dari berbagai pihak. Gebrakan pertama yang dilakukannya setelah menjabat sebagai Ka.- kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi adalah me- lakukan breafing kepada pejabat eselon III dan IV serta seluruh staf dan Kar- yawan untuk segera mela- kukan tugas dan fungsinya sesuai dengan aturanya yang berlaku.

    Dalam pengarahannya Ka. Kanwil menetapkan berbagai langkah Strategis diantaranya setiap pejabat harus membuat dan me- nandatangani penetapan ki- nerja tahun 2012, lakukan pemetaan tugas dan disiplin pegawai harus lebih diting- katkan”, ujar Ka.kanwil saat rapat terbatas dengan seluruh pejabat Eselon III dan IV.

    Sementara itu, Ka.Kanwil juga menekankan agar se- gera melakukan evaluasi dan pendataan terhadap kelulusan siswa Madrasah serta meningkatkan kualitas

    pendidikan di Madrasah. Ia juga meminta kepada pe- jabat agar menguragi kun- jungan kerja ke daerah.

    Dalam rangka mening- katkan kualitas keagamaan kepada masyarakat, Ka.- Kanwil menginstruksikan kepada Kepala Bidang Ura- is untuk melakukan penga- wasan terhadap Kantor Uru- san Agama (KUA) Se-Pro- vinsi Jambi, Ka.Kanwil juga meminta agar peran se- luruh komponen struktur Kementerian Agama di Ke- camatan agar lebih diting- katkan seperti penyuluh agama, penghulu dan pe- ngawas pendidikan.

    Beliau juga berharap agar seluruh jajaran Kemente- rian Agama l